c_adhi_k wrote:bapakesyamil wrote:Thanks Bro
1. Bro andaikata point no. 1 (mobil sempet 'diakalin' oleh yang ngejual dengan cara dikasi oli gardan yang sae90) itu terjadi apa efek langsungnya dan apa yang harus dilakukan?
2. Kalo poin no 4 (Ada akal akalan curang, ngasi freon AC asli tapi palsu. Awalnya dingiiin banget. Tapi habis itu, anget deh) apa yang harus dilakukan?
3. katerkaitan antara belt2 tsb dengan AC apa ya? (hubungan langsungnya)
ane bener2 butuh info bengkel spesialis twincam niy. please yang tau infokan..
terimakasih.
nubie bantu jawab
1. biasanya kalau diakalai kayak gitu karena mesin ngebul putih , harus turun mesin,kalau dikasi oli kental kan yang ikut terbakar lebih sedikit, jadi pas di check bisa lolos
2. nunggu om vans aja
3. menurut ane maksudnya om vans itu lebih baik ganti timming belt dan yang berhubungan langsung dengan mesin daripada ngurus ac dan pernak pernik lainnya, karena kalau pernak-pernik keren tapi mobil mogok kan percuma. mobil yang paling penting mesin, sistem penggerak dan pengereman sehat dulu. kayak perbaikan AC dll bisa menyusul menyesuaikan bujet
IMALY yah
Betul, bro...!
yang point kedua, yaa satu satunya cara, buang freon palsu itu, ganti yang asli di authorized workshop, atau bisa kontek2 member2 SM disini, pasti ada yang punya langganan tetap bengkel AC.
yang point tiga, mungkin lebih tepat ke arah V-belt. Timing belt juga perlu BANGET dicek. Vital malah..
Begini, sekalian ngecek rembesan oli yang mungkin keluar dari seal kruk as, bisa sekalianin cek timing belt, karena sekalian membuka pulley pulley, v-belt, timingbelt cover.
Jadi kegiatan cek timing belt itu satu rangkaian dengan membongkar v-belt, pulley dan timingbelt cover. Setelah terbuka, lihat timing belt. Retak halus, segera ganti. Ongkos ngebongkar cover timingbelt yang ribet itu ngga sebanding dengan kerugian Anda akibat mengabaikan retak halus di timingbelt. Hancur semua itu nanti klep klep dan stang piston. Tabrakan semua itu di kecepatan mengemudi.
Beres Timingbelt, cek seal kruk as. Ada rembes oli, ganti. Nggada rembes, cek paking bak oli. Nggada rembes, pasang pulley pulley. Setelah pasang pulley, cek v-belt yang menghubungkan kruk as dengan alternator, P/S, AC, dll. Kalau retak , ganti baru. Selesai
Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.. Begitu kira2 maksudnya...
