ttg Toyota... TAM, Toyota Motor Corp & afiliasinya

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Re: ttg Toyota... TAM, Toyota Motor Corp & afiliasinya

Post by M-90 »

DOHC wrote:
M-90 wrote:



tp tetep.... jauhhh di lubuk hati ane plg dalem... ane lebi demen honda sehh... toyota reliable banget itu ane stuju, tp karena mobil itu kita pake tiap ari, apalagi kita setir tiap ari... tentu perlu ada something more than reliable donk... yaitu driving sensation nya donk... nahh kalo dari merek jepang yg uda ane rasain sehh, utk honda masi ane tempatin nomor 1 di hati ane...

mau ngalahin toyota ?? belajar lahh dari cara toyota jualan barang...
no offence..

Setuju Bro, Honda lebih fun dibanding Toyota dlm hal driving experience.
Dari pengalaman pribadi ane yg saat ini lg punya Honda & Toyota. Dalam hal pelayanan kepada konsumen, Honda mesti banyak belajar dari Toyota. :big_smoking:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: ttg Toyota... TAM, Toyota Motor Corp & afiliasinya

Post by kompresorz »

bagi saya selain driving model honda juga rata2 lebih bagus dr toyota..cm onda kalah fitur n harga lebih mahal jg
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: ttg Toyota... TAM, Toyota Motor Corp & afiliasinya

Post by ZombiEE »

Jadi kenapa ya?
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: ttg Toyota... TAM, Toyota Motor Corp & afiliasinya

Post by maskopat »

ZombiEE wrote:Jadi kenapa ya?
apanya yang jadi kenapa?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: ttg Toyota... TAM, Toyota Motor Corp & afiliasinya

Post by ZombiEE »

Kenapa jadi sasaran?
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: ttg Toyota... TAM, Toyota Motor Corp & afiliasinya

Post by Deasegara »

VanzMatic wrote:
Deasegara wrote:
VanzMatic wrote:Ane pribadi siih, kan nyari yang sudah terbukti dan teruji... bukan yang masih coba coba...
Buat keluarga kok coba coba...? Ogahh... :mky_03:
Weleh-weleh pak Vanz, sayapun juga sama membeli yg sudah teruji dan ternyata bener-bener bisa membuat uang yg saya belikan sangat berharga dengan barang yg saya dapat dan sesuai dg expectasi saya, saya juga puas, tetapi saya tidak membebek, itu bedanya. (Saya gak ketawa lo ya...) :big_peace:
Saya justru lebih puas lagi, om, dengan duit yng saya spent, dapet layanan purna jual yang wokeh, kendaraan reliable, hampir semua bengkel bisa (hampir, karena saya ga bakal masukin ke bengkel yang khusus mobil2 'antik' berharga jasa mencekik leher tapi belum tentu beres kerjaannya), spare parts gampang nyarinya ngga harus indent. Skali keluarga dateng semua, hayuk aja, toh bukan mobil buat road racer.
Buat ngejar ekonomis bisa, buat temen nyari duit, bisa.

Toh, nyaman ngga keujanan kepanasan, nyaman karena hati tenang, nyaman karena hemat dan terbukti reliable. Mau dimodif kayak apa juga, hajar bleh, karena parts modif juga mengikuti populasi mobilnya kan?

Justru dengan fitur yang sederhana tapi tampil reliable, lebih memudahkan kita untuk mengupgrade kan?
Mau jor joran audio, oke. Mau jor joran vip style, hayuk aja. Malah ngga ribet, karena elektrikal gampang, ngga ribet kayak merk sebelah yang hanya ganti HU aja langsung nyala Engine check..
Walaaah...ini kan malah ngerepotin?
:wkkk:
:mky_01:
Pak Vanz, kalo saya justru nyari yg fiturnya OK (karena kalo gak OK sering dikritik tuh sama reviewer handal alias om VIDJAY he..he..) tapi juga reliable. Kalopun matic paling tidak pilih yg tiptronic (kalo bukan tiptronic juga dikritik tuh ma Reviewer handal alias om VIDJAY contoh :matic MAZDA Biante dibilang PURBA gara-gara bukan Tiptronic he..he..) padahal Fortie dll juga bukan Tiptronic, tidak salah dong kalo saya bilang juga matic PURBA sesuai dg kata-kata om VIDJAY. Mobil yg kaya fitur, reliable, fun akan membuat kita nyaman.....4 tahun sudah membuktikan reliability sebuah product mobil dan setelahnya nunggu ganti for the next G, bukan begitu pak Vanz ? (saya gak ketawa lo ya ) :big_peace:
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: ttg Toyota... TAM, Toyota Motor Corp & afiliasinya

Post by Deasegara »

ZombiEE wrote:Kenapa jadi sasaran?
Weleh pak Zombiee, ini trit kan khusus buat nembak TOYOTA supaya dibaca orang TAM dan gak pelit lagi fitur dan juga teknologi biar jangan dikatain SPEC PURBA he...he...heee... :mky_07:

:2gunfire: TOYOTA :frm_snipper: Jangan bikin product LOYO lagi dong ! Jangan keluarin spec purba lagi dong he...he...he.... mentang-mentang disini banyak yg suka LOYO ya....... :mky_07:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: ttg Toyota... TAM, Toyota Motor Corp & afiliasinya

Post by AD74YA »

Sejak kapan awak jadi inspektur India...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: ttg Toyota... TAM, Toyota Motor Corp & afiliasinya

Post by Deasegara »

AD74YA wrote:Sejak kapan awak jadi inspektur India...
Wah maaf pak AD74YA....iya....ya ....saya salah tulis inspektur India he...he...he..... :big_peace: padahal saya gak suka film India. Sekali lagi maaf...... :frm_salut:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: ttg Toyota... TAM, Toyota Motor Corp & afiliasinya

Post by ZombiEE »

Deasegara wrote:
ZombiEE wrote:Kenapa jadi sasaran?
Weleh pak Zombiee, ini trit kan khusus buat nembak TOYOTA supaya dibaca orang TAM dan gak pelit lagi fitur dan juga teknologi biar jangan dikatain SPEC PURBA he...he...heee... :mky_07:

:2gunfire: TOYOTA :frm_snipper: Jangan bikin product LOYO lagi dong ! Jangan keluarin spec purba lagi dong he...he...he.... mentang-mentang disini banyak yg suka LOYO ya....... :mky_07:
Ooo...mulai dimengerti, jd mnrt anda karena spek nya loyo dan purba, makanya dijadikan sasaran tembak?

Masuk akal juga ..
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: ttg Toyota... TAM, Toyota Motor Corp & afiliasinya

Post by Deasegara »

ZombiEE wrote:
Deasegara wrote:
ZombiEE wrote:Kenapa jadi sasaran?
Weleh pak Zombiee, ini trit kan khusus buat nembak TOYOTA supaya dibaca orang TAM dan gak pelit lagi fitur dan juga teknologi biar jangan dikatain SPEC PURBA he...he...heee... :mky_07:

:2gunfire: TOYOTA :frm_snipper: Jangan bikin product LOYO lagi dong ! Jangan keluarin spec purba lagi dong he...he...he.... mentang-mentang disini banyak yg suka LOYO ya....... :mky_07:
Ooo...mulai dimengerti, jd mnrt anda karena spek nya loyo dan purba, makanya dijadikan sasaran tembak?

Masuk akal juga ..
PERFECT ! :off_good_job:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: ttg Toyota... TAM, Toyota Motor Corp & afiliasinya

Post by ZombiEE »

Nah....kalau mnrt bang segar yang memenuhi ekspektasi itu produk kaya gimana ya?ga pa pa nyebut merk sih...anggap saja komparasi, misalkan saya tangkap dari postingan diatas2 ex-pengguna fortuner kan..keluhannya loyo..jadi yg kira2 memenuhi ekspektasi seperti apa bang?ehehe
Dan ngomong, mnrt anda ini trit khusus buat nembak toyota ya?ehehe
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: ttg Toyota... TAM, Toyota Motor Corp & afiliasinya

Post by VanzMatic »

Deasegara wrote: Pak Vanz, kalo saya justru nyari yg fiturnya OK (karena kalo gak OK sering dikritik tuh sama reviewer handal alias om VIDJAY he..he..) tapi juga reliable. Kalopun matic paling tidak pilih yg tiptronic (kalo bukan tiptronic juga dikritik tuh ma Reviewer handal alias om VIDJAY contoh :matic MAZDA Biante dibilang PURBA gara-gara bukan Tiptronic he..he..) padahal Fortie dll juga bukan Tiptronic, tidak salah dong kalo saya bilang juga matic PURBA sesuai dg kata-kata om VIDJAY. Mobil yg kaya fitur, reliable, fun akan membuat kita nyaman.....4 tahun sudah membuktikan reliability sebuah product mobil dan setelahnya nunggu ganti for the next G, bukan begitu pak Vanz ? (saya gak ketawa lo ya ) :big_peace:
Reliable jelas akan berbeda kalau harus berhadapan dengan fitur terkini.

Mazda Biante, kalau dilihat dari konsep awal penciptaan kendaraan, jelas bukan untuk medan non aspal (bukan medan lumpur loh.). Biante, konsep awalnya adalah kenyamanan sebuah kendaraan yang pure diciptakan sebagai kendaraan keluarga. Harus dicari pembanding yang apple to apple dengannya.

Kalau mau bandingin matic nya Fortuner sebagai kendaraan kelas REAL SUV (bukan suv banci), bandingkan dengan Triton Fullcabin donk. Jangan dengan Biante. Bandingin juga jangan dengan Suv banci yang Fwd. Ga nyambung. Bandingin, misal sama Everest. Kalau mbandingin dengan Biante, ini sama aja seperti misalnya anda membandingkan sebuah motor RGR dengan KRR, ente yang bakal diketawain, bukan ente yang ketawa emang.. :mrgreen:

BTT. Kalau mau bandingin Fortie, bandingin juga dengan Triton Fullcab. Bandingin, bandingkan juga dengan Fortie yang sekarang sudah dijual di Thailand. Momod Turbo udah pernah ulas kan? Itu, IMHO, lebih logis dan wajar.

Kalau bandingin Biante, bandingin dengan yang jenis nya sama. Misal.. C24? :mrgreen: Don't ask me, karena saya ngga pelajari kendaraan kayak gitu. Cari aja ndiri. Tapi, pengamtsalan nya kayak di atas paragraf ini.

:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Re: ttg Toyota... TAM, Toyota Motor Corp & afiliasinya

Post by M-90 »

ZombiEE wrote:Nah....kalau mnrt bang segar yang memenuhi ekspektasi itu produk kaya gimana ya?ga pa pa nyebut merk sih...anggap saja komparasi, misalkan saya tangkap dari postingan diatas2 ex-pengguna fortuner kan..keluhannya loyo..jadi yg kira2 memenuhi ekspektasi seperti apa bang?ehehe
Dan ngomong, mnrt anda ini trit khusus buat nembak toyota ya?ehehe
Nggak ngaruh Bang Jemb,
Dulu si Toyotaman sdh nembakin TAM bertubi-tubi, mulai pakai ketapel s/d bazooka :2gunfire: :snipersmile:

Tetap aja Toyota No. 1 :big_smoking:
Selama fitur minim aja laku ngapain ngasih yg lengkap. :wkkk:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: ttg Toyota... TAM, Toyota Motor Corp & afiliasinya

Post by ZombiEE »

Waaahhh oom m-90 saya pribadi gak berharap sejauh TAM akan merubah policy nya dgn ditembak2 disini..eheehehe
Cuman pengen menyelami saja kekecewaan bbrp teman2 disini...ada alasan spesifik tertentu apa..gitu aja sih, anggap saja kongkow2.
Whenever suatu produk di-cap dgn sebutan tertentu, tentu ada pembanding nya kan..cmiiw
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: ttg Toyota... TAM, Toyota Motor Corp & afiliasinya

Post by maskopat »

diskusi silahkan dilanjutkan dengan sehat dan santun
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: ttg Toyota... TAM, Toyota Motor Corp & afiliasinya

Post by campoeran »

ooow . Barisan sakit hati toyota toh rupanya hihihi.
ya monggo dicurahin semua rasa kecewa benci anda disini .
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: ttg Toyota... TAM, Toyota Motor Corp & afiliasinya

Post by VanzMatic »

M-90 wrote:
ZombiEE wrote:Nah....kalau mnrt bang segar yang memenuhi ekspektasi itu produk kaya gimana ya?ga pa pa nyebut merk sih...anggap saja komparasi, misalkan saya tangkap dari postingan diatas2 ex-pengguna fortuner kan..keluhannya loyo..jadi yg kira2 memenuhi ekspektasi seperti apa bang?ehehe
Dan ngomong, mnrt anda ini trit khusus buat nembak toyota ya?ehehe
Nggak ngaruh Bang Jemb,
Dulu si Toyotaman sdh nembakin TAM bertubi-tubi, mulai pakai ketapel s/d bazooka :2gunfire: :snipersmile:

Tetap aja Toyota No. 1 :big_smoking:
Selama fitur minim aja laku ngapain ngasih yg lengkap. :wkkk:
Yaa... mosok produk mobil keluarga yang engga nyampe harga 180 jutaan, dikasih matik yang pake paddleshift dan bertarikan gahar bin ganas plus jago zigzag?
Mo mbawa diri sendiri atau mbawa keluarga?
Kan udah beda peruntukkannya...
:mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: ttg Toyota... TAM, Toyota Motor Corp & afiliasinya

Post by ZombiEE »

VanzMatic wrote:
M-90 wrote:
ZombiEE wrote:Nah....kalau mnrt bang segar yang memenuhi ekspektasi itu produk kaya gimana ya?ga pa pa nyebut merk sih...anggap saja komparasi, misalkan saya tangkap dari postingan diatas2 ex-pengguna fortuner kan..keluhannya loyo..jadi yg kira2 memenuhi ekspektasi seperti apa bang?ehehe
Dan ngomong, mnrt anda ini trit khusus buat nembak toyota ya?ehehe
Nggak ngaruh Bang Jemb,
Dulu si Toyotaman sdh nembakin TAM bertubi-tubi, mulai pakai ketapel s/d bazooka :2gunfire: :snipersmile:

Tetap aja Toyota No. 1 :big_smoking:
Selama fitur minim aja laku ngapain ngasih yg lengkap. :wkkk:
Yaa... mosok produk mobil keluarga yang engga nyampe harga 180 jutaan, dikasih matik yang pake paddleshift dan bertarikan gahar bin ganas plus jago zigzag?
Mo mbawa diri sendiri atau mbawa keluarga?
Kan udah beda peruntukkannya...
:mky_01:
Kalau memang didapatkan sig syukur2 aja...punya tenaga cadangan yg disposable is always a good thing...seperti di dunia audio disebut headroom kira2...CMIIW
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: ttg Toyota... TAM, Toyota Motor Corp & afiliasinya

Post by AD74YA »

maskopat wrote: ane gak ngerti soal toyota way. tapi tentang LFA, apakah sudah ada penjelasan dari pihak toyota tentang kematian chief project LFA yang menabrak bmw? dengan kejadian ini, ane meragukan statement bahwa Karena nggak ada supercar lain yang begitu memperhatikan detail seperti LFA

kenapa toyota lebih lama memproduksi LFA daripada ferrari yang mengeluarkan 599? ane rasa bukan karena toyota memikirikan detail, tapi lebih karena pengalaman yang kurang tentang supercar. apa sih supercar toyota sebelumnya? paling si supra, celica... itu pun belum termasuk super car apalagi hypercar...

satu hal yang ane takutkan dengan cara toyota tentang research mereka, adalah ketika mereka terlambat masuk ke pasar. sekarang mungkin masih belum masalah, tetapi untuk 5, 10 thn lagi? sekarang bisnis elektronik jepang mulai turun yang sudah dikuasai oleh korea yang lebih cepat dalam mendeliver produknya. entah nanti gimana di otomotif?
The Legend aka Naruse, terakhir belum saya temukan hasil investigasi resmi penyebab kecelakaannya..

LFA yang digunakan merupakan Nurburgring edition yang sedang melalui tahap tuning suspensi final sebelum di rilis.

Lokasi kecelakaan juga bukan berada di Nurburgring nya, tetapi di dekat track nya.. L94 di area Booser Doppelmaar.. Lokasi tempat workshop Toyota basis nurburgring berada. Jadi The Legend saat itu baru keluar dari markas Toyota menuju ke the Ring. Jalannya 2 arah.

Kecelakaan disebabkan karena LFA nya keluar jalur ketika belok dengan blind spot sehingga mengambil jalur berlawanan. Akhirnya menabrak BMW seri 3 yang datang dari arah berlawanan di kecepatan yang diperkirakan sekitar 100kpj.

Unique facts: di BMW nya 4 airbags keluar, di LFA hanya 1 airbags yang keluar yaitu di setir. Usut punya usut ternyata LFA yang di test memang cuma punya 2 airbags, dan jika penumpang tidak ada, maka airbags penumpang tidak tebuka. Safety feature lain the legend pakai seatbelt 4 titik dan helm putih full face.

Perkiraan investigasi: terakhir yang diperkirakan the Legend meninggal seketika karena shock (faktor kesehatan dan usia yang sudah 66 tahun).

Untuk kesalahan mobil, belum ada berita resmi yang mengindikasikan ada system failure di mobilnya, karena kondisi kabin tetap intact, airbag deploy, dan seatbelt bekerja optimal.. Hanya sistemnya yang saya belum dapet report resminya apalah ada kesalahan atau tidak, tapi hasil CCTV sementara membuat semua berasumsi kalau the Legend salah ambil jalur.

Pengemudi BMW? Sekarat juga cidera parah...tapi tidak sampai meninggal..

Mengenai LFA, awalnya Toyota tidak niat bener-bener untuk dirilis... LFA cuman sebagai latihan pembuktian Toyota untuk membuat mobil sport seringan mungkin, itu target utamanya..

Tapi sejalan dengan perkembangannya, Toyoda malah menyuruh chief engineeringnya, Takahashi, untuk merealisasikan LFA untuk di produksi tanpa syarat dan batasan dana. Takahashi mengambil kesempatan ini nggak setengah-setengah.. Dia pengen bikin benchmark hypercar.. Nah disini mulai menarik ceritanya...

Hypercar identik dengan mobil yang nggak ergonomis, mggak enak disetir, dan berbahaya untuk pengendaranya karena kencang dan susah di kontrol. LFA targetnya adalah mengubah semua itu dengan menciptakan Hypercar yang bisa di pakai sehari-hari... Dan itulah yang susah ketika mengembangkan hypercar..

599 2 tahun itu kalau dibanding ngembangin LFA nggak ada apa2nya... Ferrari cuman butuh tuning mesin yang udah ada, tuning chassis, elektronik, udah kelar... Sedangkan LFA, karena targetnya gampang dipakai sehari-hari.. Maka mesin nggak boleh diletakkan di tengah, harus didepan, agar tersedia space untuk akomodasi... Nahh.. Disini tantangan terbesar.. Distribusi bobotnya ditarget harus seimbang 50:50, dan dengan mesin di depan itu super tidak mudah... Mereka harus menempatkan transmisi di dekat roda belakang.. Semua parts seperti ecu dan tempat fluid washer dan tanki bensinnya diletakkan di tempat yang sebelahan tepat dibawah jok di tengah mobil untuk menjaga center pf gravity.. Dan itupun nggak cukup.. Mereka sampai harus ngembangin mesin sendiri.. Dan hasilnya, coba bayangkan, mereka berhasil membuat mesin V10, dengan ukuran lebih kecil dari V8, dan seringan mesin V6. Ini achievement yang gak bisa diraih dengan gampang, even Lamborghini bikin V12 baru aja butuh waktu 12 tahun... Toyota bisa bikin under 8 years.. Luar biasa....

Itu belum lagi target Toyota, agar mobil ini bisa involve driver sepenuhnya di pengendaraan, hal ini dipikirkan sangat serius oleh Toyota dimana mereka pada akhirnya mengembangkan gearbox sequential dan mesin yang punya kapabilitas untuk revving tanpa jeda, jadi respon mesin keluar disaat bersamaan dengan kaki menyentuh pedal... Saking kencang dan extreme nya kemampuan untuk naik turun RPM, LFA harus pakai jarum RPM digital, karena jarum analog nggak bisa mengimbangi kecepatan mesinnya untuk naik turun RPM..

Wah capek saya ngetik pakai hape...

Saya belum cerita mengenai pemgembangan bodynya yang 3 kali ganti bahan... Sampai lexus harus bikin mesin pemintalan Carbon Fiber sendiri FRP yang di dunia cuma ada 2, di lexus dan di NASA.

Belum lagi exhaustnya di tuning oleh Yamaha tanpa prosesor suara tapi harus memiliki tone tertentu yang menurut psikolog merupakan frekuensi mobil balap yang paling membangkitkan adrenalin manusia..

Belum lagi cerita ngembangin audio system nya

Belum lagi ngembangin aerodinamisnya

Belum lagi pengembangan suspensinya

Belum lagi pengembangan ban dan velg nya

Wah bisa sepanjang malam saya cerita....

Intinya adalah, bukan karena kurang pengalaman Toyota lama bikin LFA, tapi karena mereka mengincar untuk membuat mobil dengan segala parameter yang paling sempurna untuk dikendarai... Bukan yang terkencang, bukan yang paling nyaman, tapi yang paling sempurna di segala sisi...

Fiuh... Jari dah sengklek ngetik di iphone... Gimana oom kopat?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: ttg Toyota... TAM, Toyota Motor Corp & afiliasinya

Post by ZombiEE »

AD74YA wrote:
maskopat wrote: ane gak ngerti soal toyota way. tapi tentang LFA, apakah sudah ada penjelasan dari pihak toyota tentang kematian chief project LFA yang menabrak bmw? dengan kejadian ini, ane meragukan statement bahwa Karena nggak ada supercar lain yang begitu memperhatikan detail seperti LFA

kenapa toyota lebih lama memproduksi LFA daripada ferrari yang mengeluarkan 599? ane rasa bukan karena toyota memikirikan detail, tapi lebih karena pengalaman yang kurang tentang supercar. apa sih supercar toyota sebelumnya? paling si supra, celica... itu pun belum termasuk super car apalagi hypercar...

satu hal yang ane takutkan dengan cara toyota tentang research mereka, adalah ketika mereka terlambat masuk ke pasar. sekarang mungkin masih belum masalah, tetapi untuk 5, 10 thn lagi? sekarang bisnis elektronik jepang mulai turun yang sudah dikuasai oleh korea yang lebih cepat dalam mendeliver produknya. entah nanti gimana di otomotif?
The Legend aka Naruse, terakhir belum saya temukan hasil investigasi resmi penyebab kecelakaannya..

LFA yang digunakan merupakan Nurburgring edition yang sedang melalui tahap tuning suspensi final sebelum di rilis.

Lokasi kecelakaan juga bukan berada di Nurburgring nya, tetapi di dekat track nya.. L94 di area Booser Doppelmaar.. Lokasi tempat workshop Toyota basis nurburgring berada. Jadi The Legend saat itu baru keluar dari markas Toyota menuju ke the Ring. Jalannya 2 arah.

Kecelakaan disebabkan karena LFA nya keluar jalur ketika belok dengan blind spot sehingga mengambil jalur berlawanan. Akhirnya menabrak BMW seri 3 yang datang dari arah berlawanan di kecepatan yang diperkirakan sekitar 100kpj.

Unique facts: di BMW nya 4 airbags keluar, di LFA hanya 1 airbags yang keluar yaitu di setir. Usut punya usut ternyata LFA yang di test memang cuma punya 2 airbags, dan jika penumpang tidak ada, maka airbags penumpang tidak tebuka. Safety feature lain the legend pakai seatbelt 4 titik dan helm putih full face.

Perkiraan investigasi: terakhir yang diperkirakan the Legend meninggal seketika karena shock (faktor kesehatan dan usia yang sudah 66 tahun).

Untuk kesalahan mobil, belum ada berita resmi yang mengindikasikan ada system failure di mobilnya, karena kondisi kabin tetap intact, airbag deploy, dan seatbelt bekerja optimal.. Hanya sistemnya yang saya belum dapet report resminya apalah ada kesalahan atau tidak, tapi hasil CCTV sementara membuat semua berasumsi kalau the Legend salah ambil jalur.

Pengemudi BMW? Sekarat juga cidera parah...tapi tidak sampai meninggal..

Mengenai LFA, awalnya Toyota tidak niat bener-bener untuk dirilis... LFA cuman sebagai latihan pembuktian Toyota untuk membuat mobil sport seringan mungkin, itu target utamanya..

Tapi sejalan dengan perkembangannya, Toyoda malah menyuruh chief engineeringnya, Takahashi, untuk merealisasikan LFA untuk di produksi tanpa syarat dan batasan dana. Takahashi mengambil kesempatan ini nggak setengah-setengah.. Dia pengen bikin benchmark hypercar.. Nah disini mulai menarik ceritanya...

Hypercar identik dengan mobil yang nggak ergonomis, mggak enak disetir, dan berbahaya untuk pengendaranya karena kencang dan susah di kontrol. LFA targetnya adalah mengubah semua itu dengan menciptakan Hypercar yang bisa di pakai sehari-hari... Dan itulah yang susah ketika mengembangkan hypercar..

599 2 tahun itu kalau dibanding ngembangin LFA nggak ada apa2nya... Ferrari cuman butuh tuning mesin yang udah ada, tuning chassis, elektronik, udah kelar... Sedangkan LFA, karena targetnya gampang dipakai sehari-hari.. Maka mesin nggak boleh diletakkan di tengah, harus didepan, agar tersedia space untuk akomodasi... Nahh.. Disini tantangan terbesar.. Distribusi bobotnya ditarget harus seimbang 50:50, dan dengan mesin di depan itu super tidak mudah... Mereka harus menempatkan transmisi di dekat roda belakang.. Semua parts seperti ecu dan tempat fluid washer dan tanki bensinnya diletakkan di tempat yang sebelahan tepat dibawah jok di tengah mobil untuk menjaga center pf gravity.. Dan itupun nggak cukup.. Mereka sampai harus ngembangin mesin sendiri.. Dan hasilnya, coba bayangkan, mereka berhasil membuat mesin V10, dengan ukuran lebih kecil dari V8, dan seringan mesin V6. Ini achievement yang gak bisa diraih dengan gampang, even Lamborghini bikin V12 baru aja butuh waktu 12 tahun... Toyota bisa bikin under 8 years.. Luar biasa....

Itu belum lagi target Toyota, agar mobil ini bisa involve driver sepenuhnya di pengendaraan, hal ini dipikirkan sangat serius oleh Toyota dimana mereka pada akhirnya mengembangkan gearbox sequential dan mesin yang punya kapabilitas untuk revving tanpa jeda, jadi respon mesin keluar disaat bersamaan dengan kaki menyentuh pedal... Saking kencang dan extreme nya kemampuan untuk naik turun RPM, LFA harus pakai jarum RPM digital, karena jarum analog nggak bisa mengimbangi kecepatan mesinnya untuk naik turun RPM..

Wah capek saya ngetik pakai hape...

Saya belum cerita mengenai pemgembangan bodynya yang 3 kali ganti bahan... Sampai lexus harus bikin mesin pemintalan Carbon Fiber sendiri FRP yang di dunia cuma ada 2, di lexus dan di NASA.

Belum lagi exhaustnya di tuning oleh Yamaha tanpa prosesor suara tapi harus memiliki tone tertentu yang menurut psikolog merupakan frekuensi mobil balap yang paling membangkitkan adrenalin manusia..

Belum lagi cerita ngembangin audio system nya

Belum lagi ngembangin aerodinamisnya

Belum lagi pengembangan suspensinya

Belum lagi pengembangan ban dan velg nya

Wah bisa sepanjang malam saya cerita....

Intinya adalah, bukan karena kurang pengalaman Toyota lama bikin LFA, tapi karena mereka mengincar untuk membuat mobil dengan segala parameter yang paling sempurna untuk dikendarai... Bukan yang terkencang, bukan yang paling nyaman, tapi yang paling sempurna di segala sisi...

Fiuh... Jari dah sengklek ngetik di iphone... Gimana oom kopat?
Joyoooo :cupss:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: ttg Toyota... TAM, Toyota Motor Corp & afiliasinya

Post by maskopat »

thanks om helm, info yang cukup lengkap dan detail... kalo ada informasi resmi tentang hasil investigasi kecelakaan itu, tolong dishare ya..

hmm... jadi LFA ditargetkan mendapat nilai rata2 tertinggi untuk setiap kriteria penilaian? pantes LFA tidak mendapatkan nilai kencang dengan cost yang rendah... :big_peace:

tentang mesin, bukannya yamaha ikut ngembangin mesin LFA ini ya, bukan sekedar di exhaust? cmiiw.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
fur10usx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01

Re: ttg Toyota... TAM, Toyota Motor Corp & afiliasinya

Post by fur10usx »

gilee nagih saya bacanya.. gpp la om helm lom sengklek kn jarinya? trusin aja hihihi...
nice om dongeng nya...
User avatar
barzul
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Tue Jul 26, 2011 4:49

Re: ttg Toyota... TAM, Toyota Motor Corp & afiliasinya

Post by barzul »

AD74YA wrote:
maskopat wrote: ane gak ngerti soal toyota way. tapi tentang LFA, apakah sudah ada penjelasan dari pihak toyota tentang kematian chief project LFA yang menabrak bmw? dengan kejadian ini, ane meragukan statement bahwa Karena nggak ada supercar lain yang begitu memperhatikan detail seperti LFA

kenapa toyota lebih lama memproduksi LFA daripada ferrari yang mengeluarkan 599? ane rasa bukan karena toyota memikirikan detail, tapi lebih karena pengalaman yang kurang tentang supercar. apa sih supercar toyota sebelumnya? paling si supra, celica... itu pun belum termasuk super car apalagi hypercar...

satu hal yang ane takutkan dengan cara toyota tentang research mereka, adalah ketika mereka terlambat masuk ke pasar. sekarang mungkin masih belum masalah, tetapi untuk 5, 10 thn lagi? sekarang bisnis elektronik jepang mulai turun yang sudah dikuasai oleh korea yang lebih cepat dalam mendeliver produknya. entah nanti gimana di otomotif?
The Legend aka Naruse, terakhir belum saya temukan hasil investigasi resmi penyebab kecelakaannya..

LFA yang digunakan merupakan Nurburgring edition yang sedang melalui tahap tuning suspensi final sebelum di rilis.

Lokasi kecelakaan juga bukan berada di Nurburgring nya, tetapi di dekat track nya.. L94 di area Booser Doppelmaar.. Lokasi tempat workshop Toyota basis nurburgring berada. Jadi The Legend saat itu baru keluar dari markas Toyota menuju ke the Ring. Jalannya 2 arah.

Kecelakaan disebabkan karena LFA nya keluar jalur ketika belok dengan blind spot sehingga mengambil jalur berlawanan. Akhirnya menabrak BMW seri 3 yang datang dari arah berlawanan di kecepatan yang diperkirakan sekitar 100kpj.

Unique facts: di BMW nya 4 airbags keluar, di LFA hanya 1 airbags yang keluar yaitu di setir. Usut punya usut ternyata LFA yang di test memang cuma punya 2 airbags, dan jika penumpang tidak ada, maka airbags penumpang tidak tebuka. Safety feature lain the legend pakai seatbelt 4 titik dan helm putih full face.

Perkiraan investigasi: terakhir yang diperkirakan the Legend meninggal seketika karena shock (faktor kesehatan dan usia yang sudah 66 tahun).

Untuk kesalahan mobil, belum ada berita resmi yang mengindikasikan ada system failure di mobilnya, karena kondisi kabin tetap intact, airbag deploy, dan seatbelt bekerja optimal.. Hanya sistemnya yang saya belum dapet report resminya apalah ada kesalahan atau tidak, tapi hasil CCTV sementara membuat semua berasumsi kalau the Legend salah ambil jalur.

Pengemudi BMW? Sekarat juga cidera parah...tapi tidak sampai meninggal..

Mengenai LFA, awalnya Toyota tidak niat bener-bener untuk dirilis... LFA cuman sebagai latihan pembuktian Toyota untuk membuat mobil sport seringan mungkin, itu target utamanya..

Tapi sejalan dengan perkembangannya, Toyoda malah menyuruh chief engineeringnya, Takahashi, untuk merealisasikan LFA untuk di produksi tanpa syarat dan batasan dana. Takahashi mengambil kesempatan ini nggak setengah-setengah.. Dia pengen bikin benchmark hypercar.. Nah disini mulai menarik ceritanya...

Hypercar identik dengan mobil yang nggak ergonomis, mggak enak disetir, dan berbahaya untuk pengendaranya karena kencang dan susah di kontrol. LFA targetnya adalah mengubah semua itu dengan menciptakan Hypercar yang bisa di pakai sehari-hari... Dan itulah yang susah ketika mengembangkan hypercar..

599 2 tahun itu kalau dibanding ngembangin LFA nggak ada apa2nya... Ferrari cuman butuh tuning mesin yang udah ada, tuning chassis, elektronik, udah kelar... Sedangkan LFA, karena targetnya gampang dipakai sehari-hari.. Maka mesin nggak boleh diletakkan di tengah, harus didepan, agar tersedia space untuk akomodasi... Nahh.. Disini tantangan terbesar.. Distribusi bobotnya ditarget harus seimbang 50:50, dan dengan mesin di depan itu super tidak mudah... Mereka harus menempatkan transmisi di dekat roda belakang.. Semua parts seperti ecu dan tempat fluid washer dan tanki bensinnya diletakkan di tempat yang sebelahan tepat dibawah jok di tengah mobil untuk menjaga center pf gravity.. Dan itupun nggak cukup.. Mereka sampai harus ngembangin mesin sendiri.. Dan hasilnya, coba bayangkan, mereka berhasil membuat mesin V10, dengan ukuran lebih kecil dari V8, dan seringan mesin V6. Ini achievement yang gak bisa diraih dengan gampang, even Lamborghini bikin V12 baru aja butuh waktu 12 tahun... Toyota bisa bikin under 8 years.. Luar biasa....

Itu belum lagi target Toyota, agar mobil ini bisa involve driver sepenuhnya di pengendaraan, hal ini dipikirkan sangat serius oleh Toyota dimana mereka pada akhirnya mengembangkan gearbox sequential dan mesin yang punya kapabilitas untuk revving tanpa jeda, jadi respon mesin keluar disaat bersamaan dengan kaki menyentuh pedal... Saking kencang dan extreme nya kemampuan untuk naik turun RPM, LFA harus pakai jarum RPM digital, karena jarum analog nggak bisa mengimbangi kecepatan mesinnya untuk naik turun RPM..

Wah capek saya ngetik pakai hape...

Saya belum cerita mengenai pemgembangan bodynya yang 3 kali ganti bahan... Sampai lexus harus bikin mesin pemintalan Carbon Fiber sendiri FRP yang di dunia cuma ada 2, di lexus dan di NASA.

Belum lagi exhaustnya di tuning oleh Yamaha tanpa prosesor suara tapi harus memiliki tone tertentu yang menurut psikolog merupakan frekuensi mobil balap yang paling membangkitkan adrenalin manusia..

Belum lagi cerita ngembangin audio system nya

Belum lagi ngembangin aerodinamisnya

Belum lagi pengembangan suspensinya

Belum lagi pengembangan ban dan velg nya

Wah bisa sepanjang malam saya cerita....

Intinya adalah, bukan karena kurang pengalaman Toyota lama bikin LFA, tapi karena mereka mengincar untuk membuat mobil dengan segala parameter yang paling sempurna untuk dikendarai... Bukan yang terkencang, bukan yang paling nyaman, tapi yang paling sempurna di segala sisi...

Fiuh... Jari dah sengklek ngetik di iphone... Gimana oom kopat?
detail sekali penjelasan pengembangan LFA nya om :off_good_job:

note: soal kecelakaan LFA, isunya simpang siur, ada yg bilang serangan jantung, sempet baca pula karena ada benda2 didalam kabin LFA yg menghantam si test driver waktu kecelakaan (mobil test, didalem nya ada alat2 test barangkali :ungg: )
Dream, Believe, Make It Happen
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: ttg Toyota... TAM, Toyota Motor Corp & afiliasinya

Post by Nightster Guy »

AD74YA wrote:- CUT -

Hypercar identik dengan mobil yang nggak ergonomis, mggak enak disetir, dan berbahaya untuk pengendaranya karena kencang dan susah di kontrol. LFA targetnya adalah mengubah semua itu dengan menciptakan Hypercar yang bisa di pakai sehari-hari... Dan itulah yang susah ketika mengembangkan hypercar..

- CUT -

Dan hasilnya, coba bayangkan, mereka berhasil membuat mesin V10, dengan ukuran lebih kecil dari V8, dan seringan mesin V6. Ini achievement yang gak bisa diraih dengan gampang, even Lamborghini bikin V12 baru aja butuh waktu 12 tahun... Toyota bisa bikin under 8 years.. Luar biasa....

- CUT -

Intinya adalah, bukan karena kurang pengalaman Toyota lama bikin LFA, tapi karena mereka mengincar untuk membuat mobil dengan segala parameter yang paling sempurna untuk dikendarai... Bukan yang terkencang, bukan yang paling nyaman, tapi yang paling sempurna di segala sisi...

- CUT -
yg tersisa dr yg ane quote di atas, bener2 penghormatan level maniac dr toyota buat 2 tagline terakhir lexus ya om:

- pursuit of perfection

- engineering the impossible


:frm_salut: :frm_salut:

makanya ane salute ama 'nilai' toyota dr dulu. brand ini, walau 'massal', tp punya filosofo sedemikian mendalam.
Das Beste oder nichts.