iya nih om sya setuju banget.... sepertinya standar mobil di sebut tangguh saya dan bpk FM ini sangat berbeda.jd diskusinya tdk nyambung....firawan6275 wrote: Sorry ya Om2 semua, saya cuma coba menengahi.
Agar diskusi kita lebih membangun dan lebih terarah, sebaiknya kita tetapkan dulu kriteria SUV Badak/tangguh/durable itu apa definisi,ukuran2 dan batasan-batasannya dulu sehingga kita ngomongin dalam standard dan pengertian yang sama. klo nggak diskusinya nggak akan menghasilkan apa2.
SUV tangguh bukan bearti SUV nyaman yah.
klw d benak sya bgtu mendengar sebutan SUV yg tangguh, maka akan terpikir :
1. SUV tangguh itu harus offroad capable.
lalu disini maknanya luas,offroad di indonesia dgn di luarnegeri blm tentu sama baik trek maupun alamnya.d indo mw nikmat minimal harus 4x4 d negara lain offroad 4x2 jg bisa nikmat, klw kta tester asing mobil X bagus d negaranya, blm tentu hasilnya bagus juga dgn alam tropis indonesia.
bgtu juga HUMMER
first saya tidak pernah BILANG HUMMER TDK BISA OFFROAD apa-apa!gila aja 3difflok kontrol traksi ban gambot, lowratio masa di bilang ga bisa apa-apa? crv 4x4 aja bisa di ajak oprut g mungkin hummer kalah ama crv donk?pasti jauh lebih baik.. para tester itu pun BENAR bilang hummer layak d perhitungkan dan bukan sekedar mobil seleb. yg jd masalah apakah ada mobil lain yg lebih baik?apakah hummer akan tetap jago di segala medan apa lgi di alam indonesia?apakah fitur yg diberi pabrik sesuai dgn peruntukan alam indonesia?dan apakah tester asing itu akan tetep memberi nilai yg sama saat d test di alam indonesia?apakah tester sdh mencoba ketahanan komponennya? baca review tester kemudian pahami konstruksi teknisnya setelah itu dengarkan review konsumen. sukur2 bisa testdrive sendiri.
2. SUV tangguh itu harus simple dan mudah di perbaiki
kta tangguh bearti ga ngerepotin... dri bandelnya hingga kemudahan mengganti komponen yg rusak.
smakin banyak komponen dan fitur canggih bearti semakin banyak kemungkinan rusak. semakin kompleks mobil maka semakin sulit perawatan terlebih saat darurat. klw yg di sebutnya LC100+200 dgn berat hati sulit masuk standar saya.katagorinya adalah suv mewah banyak piranti lux yg blm tentu perlu saat offroad dan bisa jd malah menghambat.blm lg saat btulin blm tentu bisa dilakukan dgn alat seadanya.
di sini gw suka jeep , setiap bagian mudah seklai di lepas dan di pasang. klw mobil lain saat patah as, harus melibatkan mesin press agar asnya bisa terpasang, maka Jeep cukup modal kunci2+palu....
3. SUV tangguh itu harus kuat, namanya jg yg "ideal" sehingga klw bisa tidak ada bagian yg jadi kelemahan.
semua harus kuat, mulai dari kaki hingga atap mobil. no 1 kaki2 bearti harus kuat di wakili oleh axle rigid dgn suspensi leaf atw coil, sasis ladder atw monokok tdk penting asalkan ada rollbar yang akan sangat berpengaruh kekekuatan rangka. mesin canggih skrng tetap bisa di pakai asalkan sparepart bnayak dan mudah dbtulin maka tdk masalah.
4. SUV tangguh itu harus punya Komponen material dan konstruksi yg Kuat
ini sih spesialis SUV toyota dri dulu selalu terkenal kekuatan materialnya ukuran sasis besar, as roda besar dll tpi masalahnya sekuat apapun materialnya klw lemah secara konstruksi kekuatannya jd terbatas. bisa aja toyota bikin LC200 dgn konstruksi IFS bermaterial no 1 lalu klw memang bisa sekuat rigid knp LC70nya tdk jd pke IFS aja? klw rigid axle pke material terbaik maka akan jadi lebih kuat juga kan?
5. SUV itu harus gampang di modifikasi dan di tingkatkan performanya.
hobby otomotif itu dynamis, modifikasi itu never end.... alangkah nikmatnya klw ada mobil yang "manut" d ajak bandel.. "manut" d oprek sana sini walau statusnya "coba-coba". ga langusng break klw ada kesalahan. dan performanya bisa meningkat jauh klw di modifikasi. biasanya sarat ini terpenuhi oleh SUV AS dmn modifikasi custom sudah jd budaya mereka. tpi ada yg butuh usaha dan budget ekstra saat ningkatin performa, ada juga yg mudah n hasil memuaskan dgn effort minim dan low budget. biasanya kejadiin ini di kontroversi kaki2..
bgtu kira kriteria saya tentang SUV badak, mohon maaf klw tdk sechanel dgn tuan2 sekalian...
LC100-200 Hummer dll genk SUV mewah diatas semuanya sebuah SUV sejati, punya kemampuan offroad di atas rata2. tpi market segmentnya sebagai mobil mewahkan?terus lineup toyota yg layak d sebut tangguh kan LC70?LC200 dgn LC70 sama2 pke Ladder gak mungkin sama tangguhnya?Prado dgn LC70 tangguh mana? klw sama tangguhnya ga bakal ada yang beli tu LC70.. rangerover +discovery dgn defender tangguh mana? grandcherokee WK dgn wrangler JK tangguh mana?Jadi, LANDCRUISER 200 bukan mobil tough? Landcruiser 100 juga bukan? Saya nyerah udah. Berarti yang sejenisnya Patrol, Pajero, Touareg, Cayenne, Range Rover...gak ada yang tough juga dong yaYang tough hanya mobil jaman dulu saja...atau hanya Jeep saja
? Kalo Jeep Grand Cherokee tough gak?
LC200 dkk bagi sya adalah suv mewah yg bisa di ajak main2 offroad, namun tentu bukan suv tangguh yg layak siksa.
mengapa menilai durabilty dari sasis Laddernya? sebesar apa kontribusi sebuah ladder dibanding kontribusi kaki2 yg kuat kepada durablitas dan kaki yang lentur kepada performa?
MENGAPA anda tdk menilai dari AXLEnya? padahal hampir SEMUA SUV baru yang Pake RIGID axle pasti PAKE LADDER?dan semuanya dipastikan berada d segmen thought SUV?
Ladder frame saja blm cukup untuk d bilang tangguh d krteria yg saya pahami, masih ada point lain yg lebih penting klw kaki IFS ingin dmodifikasi jd kuat dan punya flexybelitas layaknya rigid maka mau ga mau harus d swap ke rigid axle. sedangakan sasis pure unibody ingin jadi sekuat Ladder masih bisa di lakukan reinforce,reinforcenya bukan bearti menambah frame ladder d kolong,cara ini kurang efektif karena jadi berat dan meninggikan mobil. cara yang lebih baik justru memasang RollBar d dlm kabin, yang akan langsung memperkuat struktur body, dan tdk menambah berat terlalu banyak. cara ini sering d aplikasikan d sedan2 rally dan balap lainnya agar bisa tetap ceper dan ringan namun kuat d ajak terbang dan aman.
rolbar yg baik seharus bukan hanya berguna untuk melindungin kabin saat terbalik, tpi juga menambah rigiditas dan ketahanan konstruksi sasis dri impact dan benturan.
gtu gan....
bikin post gini 3 jam uiihh..... cape
