2010 Toyota 4Runner

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

firawan6275 wrote: Sorry ya Om2 semua, saya cuma coba menengahi.

Agar diskusi kita lebih membangun dan lebih terarah, sebaiknya kita tetapkan dulu kriteria SUV Badak/tangguh/durable itu apa definisi,ukuran2 dan batasan-batasannya dulu sehingga kita ngomongin dalam standard dan pengertian yang sama. klo nggak diskusinya nggak akan menghasilkan apa2.
iya nih om sya setuju banget.... sepertinya standar mobil di sebut tangguh saya dan bpk FM ini sangat berbeda.jd diskusinya tdk nyambung....

SUV tangguh bukan bearti SUV nyaman yah.

klw d benak sya bgtu mendengar sebutan SUV yg tangguh, maka akan terpikir :
1. SUV tangguh itu harus offroad capable.
lalu disini maknanya luas,offroad di indonesia dgn di luarnegeri blm tentu sama baik trek maupun alamnya.d indo mw nikmat minimal harus 4x4 d negara lain offroad 4x2 jg bisa nikmat, klw kta tester asing mobil X bagus d negaranya, blm tentu hasilnya bagus juga dgn alam tropis indonesia.
bgtu juga HUMMER
first saya tidak pernah BILANG HUMMER TDK BISA OFFROAD apa-apa!gila aja 3difflok kontrol traksi ban gambot, lowratio masa di bilang ga bisa apa-apa? crv 4x4 aja bisa di ajak oprut g mungkin hummer kalah ama crv donk?pasti jauh lebih baik.. para tester itu pun BENAR bilang hummer layak d perhitungkan dan bukan sekedar mobil seleb. yg jd masalah apakah ada mobil lain yg lebih baik?apakah hummer akan tetap jago di segala medan apa lgi di alam indonesia?apakah fitur yg diberi pabrik sesuai dgn peruntukan alam indonesia?dan apakah tester asing itu akan tetep memberi nilai yg sama saat d test di alam indonesia?apakah tester sdh mencoba ketahanan komponennya? baca review tester kemudian pahami konstruksi teknisnya setelah itu dengarkan review konsumen. sukur2 bisa testdrive sendiri.

2. SUV tangguh itu harus simple dan mudah di perbaiki
kta tangguh bearti ga ngerepotin... dri bandelnya hingga kemudahan mengganti komponen yg rusak.
smakin banyak komponen dan fitur canggih bearti semakin banyak kemungkinan rusak. semakin kompleks mobil maka semakin sulit perawatan terlebih saat darurat. klw yg di sebutnya LC100+200 dgn berat hati sulit masuk standar saya.katagorinya adalah suv mewah banyak piranti lux yg blm tentu perlu saat offroad dan bisa jd malah menghambat.blm lg saat btulin blm tentu bisa dilakukan dgn alat seadanya.
di sini gw suka jeep , setiap bagian mudah seklai di lepas dan di pasang. klw mobil lain saat patah as, harus melibatkan mesin press agar asnya bisa terpasang, maka Jeep cukup modal kunci2+palu....

3. SUV tangguh itu harus kuat, namanya jg yg "ideal" sehingga klw bisa tidak ada bagian yg jadi kelemahan.
semua harus kuat, mulai dari kaki hingga atap mobil. no 1 kaki2 bearti harus kuat di wakili oleh axle rigid dgn suspensi leaf atw coil, sasis ladder atw monokok tdk penting asalkan ada rollbar yang akan sangat berpengaruh kekekuatan rangka. mesin canggih skrng tetap bisa di pakai asalkan sparepart bnayak dan mudah dbtulin maka tdk masalah.

4. SUV tangguh itu harus punya Komponen material dan konstruksi yg Kuat
ini sih spesialis SUV toyota dri dulu selalu terkenal kekuatan materialnya ukuran sasis besar, as roda besar dll tpi masalahnya sekuat apapun materialnya klw lemah secara konstruksi kekuatannya jd terbatas. bisa aja toyota bikin LC200 dgn konstruksi IFS bermaterial no 1 lalu klw memang bisa sekuat rigid knp LC70nya tdk jd pke IFS aja? klw rigid axle pke material terbaik maka akan jadi lebih kuat juga kan?

5. SUV itu harus gampang di modifikasi dan di tingkatkan performanya.
hobby otomotif itu dynamis, modifikasi itu never end.... alangkah nikmatnya klw ada mobil yang "manut" d ajak bandel.. "manut" d oprek sana sini walau statusnya "coba-coba". ga langusng break klw ada kesalahan. dan performanya bisa meningkat jauh klw di modifikasi. biasanya sarat ini terpenuhi oleh SUV AS dmn modifikasi custom sudah jd budaya mereka. tpi ada yg butuh usaha dan budget ekstra saat ningkatin performa, ada juga yg mudah n hasil memuaskan dgn effort minim dan low budget. biasanya kejadiin ini di kontroversi kaki2..

bgtu kira kriteria saya tentang SUV badak, mohon maaf klw tdk sechanel dgn tuan2 sekalian...
Jadi, LANDCRUISER 200 bukan mobil tough? Landcruiser 100 juga bukan? Saya nyerah udah. Berarti yang sejenisnya Patrol, Pajero, Touareg, Cayenne, Range Rover...gak ada yang tough juga dong ya :P Yang tough hanya mobil jaman dulu saja...atau hanya Jeep saja :mrgreen:? Kalo Jeep Grand Cherokee tough gak?
LC100-200 Hummer dll genk SUV mewah diatas semuanya sebuah SUV sejati, punya kemampuan offroad di atas rata2. tpi market segmentnya sebagai mobil mewahkan?terus lineup toyota yg layak d sebut tangguh kan LC70?LC200 dgn LC70 sama2 pke Ladder gak mungkin sama tangguhnya?Prado dgn LC70 tangguh mana? klw sama tangguhnya ga bakal ada yang beli tu LC70.. rangerover +discovery dgn defender tangguh mana? grandcherokee WK dgn wrangler JK tangguh mana?

LC200 dkk bagi sya adalah suv mewah yg bisa di ajak main2 offroad, namun tentu bukan suv tangguh yg layak siksa.

mengapa menilai durabilty dari sasis Laddernya? sebesar apa kontribusi sebuah ladder dibanding kontribusi kaki2 yg kuat kepada durablitas dan kaki yang lentur kepada performa?

MENGAPA anda tdk menilai dari AXLEnya? padahal hampir SEMUA SUV baru yang Pake RIGID axle pasti PAKE LADDER?dan semuanya dipastikan berada d segmen thought SUV?

Ladder frame saja blm cukup untuk d bilang tangguh d krteria yg saya pahami, masih ada point lain yg lebih penting klw kaki IFS ingin dmodifikasi jd kuat dan punya flexybelitas layaknya rigid maka mau ga mau harus d swap ke rigid axle. sedangakan sasis pure unibody ingin jadi sekuat Ladder masih bisa di lakukan reinforce,reinforcenya bukan bearti menambah frame ladder d kolong,cara ini kurang efektif karena jadi berat dan meninggikan mobil. cara yang lebih baik justru memasang RollBar d dlm kabin, yang akan langsung memperkuat struktur body, dan tdk menambah berat terlalu banyak. cara ini sering d aplikasikan d sedan2 rally dan balap lainnya agar bisa tetap ceper dan ringan namun kuat d ajak terbang dan aman.
rolbar yg baik seharus bukan hanya berguna untuk melindungin kabin saat terbalik, tpi juga menambah rigiditas dan ketahanan konstruksi sasis dri impact dan benturan.

gtu gan....

bikin post gini 3 jam uiihh..... cape

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

saya TIDAK ngebela KUBU monokok atw Ladder yah.. saya realistis aja karena bagi saya tidak haram dia Ladder atw puremonokok sekalipun.
dan saya tidak setuju cara melihat SUV itu durable atw tdk dgn berpatokan sasis.

kekuatan Ladder berpusat di kolong mobil karena berbetuk tulang yang kokoh memiliki towing capacty lebih baik lebih tahan banting mudah d perbaiki, namun TIDAK ada tulang dari sasis yang berhubunngan ke body pilar2 serta atap mobil yg kualitasnya setara frame sasis monokok. sehingga klw mobil itu kebalik body tampa tulang konstruksi utama ini akan lebih mudah hancur karna body tdik di rancang untuk untuk menahan beban layaknya struktur monokok. sehingga d perlukan rollbar untuk menjaga setiap pilar d body dan harus MENYATU ke sasis agar kuat dan mencegah body tidak lepas dari sasis.

sedangkan puremonokok bnyk yang beranggapan lemah karena tidak ada tulang di kolongnya. tapi JUSTRU sebagai penggantinya mulai dari kontruksi d kolong mobil setiap pilar di body mobil hingga ke atap mobil menjadi Frame utama yang saling memperkuat. sehingga dri sisi safety ke passanger monokok bisa lebih aman.karena bodynya yg lentur akan meredam energi bila terjadi kecelakaan.ini knp d foto XJ terbalik kemarin bagian atap yg nyium tanah minim yg penyok, walau misalnya frame "ala" laddernya di cabut juga karena tu frame hanya ngelindungin impact d kolong bukan atap apa lgi klw kebalik..
kelemahannya pure unibody, jelas tdk akan tahan d bawa terbang2 monokok jg sulit dbtulkan klw sampe rusak dan towing capacity lebih rendah. agar monokok tdk mudah rusak maka d perlukan juga fabrikasi tubular di dalam body



keduanya punya kelebihan di sisi kekuatan, ladder tdk mutlak kuat segalanya, monokok tdk mutlak lemah segalanya...
keduanya bisa di modifikasi agar bisa menutup kelemahan masing2 dgn mereinforce atw memasang rollbar tubular frame.

M-Class, GL-Class, Touareg, Cayenne, Q7.. mana tw ane om.. om FM aja yg slalu tahu n update tiap artikel n review di internet g tw, apa lgia ane yg cuma bisa nguping dan noong doank...
klw toureg versi dakar sih monokok tubular frame bukan pke rangka ladder yah........klw versi aspal monokok murni tangguh tdk? ntah yah, klw kta sya kendalanya di kaki2.

toh unibody klw mau kuat tdk mesti pke rangka ladder, dri konstruksinya sudah berpotensi menjadi kuat karena tiap sisi body bisa d rancang menjadi sasis... tinggal pemilihan bahanya saja, yg berpotensi menaikan harga klw d suv mahal gini sih masuk akal.
klw seandainya semua rangka di sini di buat dgn material terbaik dan enginer terbaik, maka bukan tdk mungkin jadi lebih kuat dri ladder, dan tetap streetlegal dan nyaman tdk seperti pke tubular frame.
Image

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

Ternyata saya baca...Hummer jagoan juga. Skrg Landcruiser 200 dibilang bukan SUV tangguh hanya karena pake suspensi independent....saya tinggal baca review professional aja, dan reputasi LC sudah jelas badak/tangguh/durable. Sama dengan Land Rover Range Rover/Discovery, tinggal baca aja review2nya - ternyata masih jagoan. Gak perlu kan saya hancur2in LC 200 atau Range Rover dulu :P Pendapat pribadi OK juga, kalau unsur sentimen/tidak suka-tanpa-alasan/fanatisme bisa disingkirkan.
duh sya dri dulu g pernah fanatis merek apapun... pke jeep klw tu jeep jelek ya jelek kya patriot compass dkk... pke taft dari dulu klw ada yg ngecewain ya ga ragu2 gw komplain n ngasih peringatan yg lain agar kekecewaan gw tdk terulang sma orang lain lalu diskusi mencari solusinya kemudian d share rame-rame.. dan sya jg mengahrapkan hal itu dri orang lain.

professional tester itu kan tidak akan mengetesnya d tempat yg "gak masuk akal"dan di luar kapasitas FISS/IFS dan kelas SUVnya sehingga batasan dri suspensinya ga akan pernah tergali, juga akan memberi penilaian berdasarkan kelas SUVnya itu sendiri mungkin untuk SUVmewah yg dibilang jago bisa jadi lebih rendah kadar "jago"nya dgn SUV kerja ... lalu bagaimana cara tester menguji mobil itu bandel atau tdk?

idealnya baca review-pahami konstruksi teknis-dgrkan review user-sukur2 bisa coba langsung.

kata "jagoan" juga masih mengandung banyak arti. sejago apa sih sebenarnya?sekali lagi mungkin indikator jagonya s A dan s B bisa beda... klw s A terbiasa tinggal di pedalaman terbiasa dgn tanjakan terjal berlumpur sedangkan s B biasa main d mall... terlebih s C biasa ikut compete oprut kreteria sebuah mobil itu JAGO pasti jadi beda.

bergantung reputasi ancestor juga kurang pas.... mengingat dari LC80 sampe LC200 komponen yg sama sangatlah dikit, satu-satunya jaminan tinggal bisa tdk toyota memegang komitmennya.
klw sya sih jauh lebih percaya toyota d banding rangie

seengaknya blm ada user toyota yg nekat kya gini
http://adagencyconfessional.blogspot.co ... meets.html
Image

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

billyd1773dz wrote:MENGAPA anda tdk menilai dari AXLEnya? padahal hampir SEMUA SUV baru yang Pake RIGID axle pasti PAKE LADDER?dan semuanya dipastikan berada d segmen tough SUV?
Karena bukan ini topik pembicaraannya :P Kekuatan chassis adalah salah satu komponen yg membuat sebuah SUV tough, bukan satu2nya komponen. Dan silahkan baca sendiri di google, chassis model mana yang lebih cocok buat heavy duty use.

Landcruiser 200 bukan layak siksa? 100 juga bukan? Tuh banyak di Afrika, Middle East lalu lalang di padang pasir, di pake di medan perang, pasukan PBB. kalo mau SUV jadul doang yg dianggep tough, pake LC hardtop aja...simpel kan tuh :P Professional review juga bilang dia layak siksa dan reliable...so, percaya ama siapa ya hmmmm

Kalo udah LC 200 di bilang bukan SUV tough...ya sudah saya mau bilang apa lagi. Patrol baru juga nggak dong, Pajero baru juga nggak, Range Rover juga nggak, Hummer juga nggak. Maap aja saya gak percaya, tapi ya silahkan pake LC/Jeep thn bahlak terus....bebas2 saja kan :mrgreen:
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

billyd1773dz wrote:kata "jagoan" juga masih mengandung banyak arti. sejago apa sih sebenarnya?sekali lagi mungkin indikator jagonya s A dan s B bisa beda... klw s A terbiasa tinggal di pedalaman terbiasa dgn tanjakan terjal berlumpur sedangkan s B biasa main d mall... terlebih s C biasa ikut compete oprut kreteria sebuah mobil itu JAGO pasti jadi beda.

bergantung reputasi ancestor juga kurang pas.... mengingat dari LC80 sampe LC200 komponen yg sama sangatlah dikit, satu-satunya jaminan tinggal bisa tdk toyota memegang komitmennya.
Tinggal baca aja kan, apa LC200 itu tough/jagoan atau tidak? http://www.autoblog.com/2008/10/15/auto ... r-vs-humm/ - kalo sudah semua professional review, dan banyak user lain juga bilang LC ini jagoan - yah, gimana ya...

Reputasi ancestor itu sebagai alat bantu prediksi, apa generasi ini akan kuat atau tidak. Karena semua sudah tau standar Toyota dengan Landcruisernya. Komponennya memang lain semua (iya lah, beda brp tahun tuh?...masa mau sama terus :mrgreen:), tapi tujuan dan target market LC 80 dan 200 ya sama...standarnya sama atau bahkan lebih baik.
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by agathos »

hehe seru nih diskusi-nya, gak mau manas2-in cumang mau nambahin info aja, kalo bahkan LC100 series (specifically yang diesel 1HD-FT) independent suspension-nya bermasalah untuk hard off-roading tapi harusnya sudah teratasi di 200 series. Its not really a major issue for in-town use. info ini di quote dari https://www.mynrma.com.au/cps/rde/xchg/ ... d_test.htm. as an addition waktu itu juga pernah ngobrol sama pak iwan sugi dari 4x4 spesialis di tanjung duren, dia juga attest kalo banyak LC100 series kalo di ajak offorad agak keras bermasalah dengan independent-suspension-nya :p to solve this problem, many people opted to reinforce the 100 series independent suspension atau bahkan konversi ke rigid axle. the same problem is also seen in australia and was a topic at LCooL and Ih8Mud.

untuk nambahin komentar bos billy, saya setuju kalo mau melihat ketangguhan SUV harus lihat kondisi dan peruntukan juga dari kendaraan SUV tersebut. LC 100, range rover memang tangguh dan kuat untuk soft-medium off-road/terrain tapi untuk hard terrain mungkin tidak esp. untuk test jangka panjang. plus gizmo dan gadged-nya juga bisa jadi problematic untuk hard use, just for a second imagine... kalo lagi hill climbing tiba2 air suspension-nya rusak atau ada electrical malfunction (i.e. hill decent control - it happened to a friend freelander 2 once) that would constitute a problem wouldn't it,, not to say bahwa sebuah SUV tanpa elektronik dan fitur lux gak mungkin rusak pada saat hard event, tapi in my personal opinion, less electronic and less gadget mean less things to break as simple as that, dan justru semakin mudah di perbaiki semakin baik suatu SUV untuk medan tangguh/hard terrain :) contoh paling sederhana adalah hi-lux yang di test sama top-gear, setelah tenggelam di laut dengan modal cleaner obeng dan tang bisa start lagi mobinya wouldn't that what you will call tough. coba LC100 atau bahkan 105 kaya punya gw di rendem di laut kaya gitu langsung koit deh heheheheh :)

LC-100 series yang banyak di pake oleh militer, UN dan oil company pun sebenernya adalah LC105 series dengan solid axle dan versi paling standard tanpa gadged dan gizmo yang aneh2 seperti active height control/air-sus atau HDC, again simplicity matters here.

as for every generation of LC, memang harus di-akuin bahwa LC tangguh but there is also a subjectivity in that opinion, it generalized all LC's, sementara diantara penggemar LC sendiri pun terdapat banyak differences of opinion. for the smallest example ada yang mengatakan bahwa LC 100 IFS tidak lagi setangguh LC 80 karena sudah tidak pakai Rigid Axle. to a certain extent this is true, i.e. cases of breaking IFS in LC-100.

all in all, baik LC 100/105, LC 200, RR maupun touareg, X5 are all capable car and tough/ tanggung for any use both in town, and medium offroad, tapi kalo hard-offroad, i wouldn't vouch for them without any modification and tweak or even pemeretelan gadged dan gizmo. tapi kalo jeeP CJ/TJ/YJ, 70 series, atau defender hehehe I'll take them anywhere :D

g dulu pernah baca di thread Ih8Mud/Lcool bahwa banyak orang2 yang mencopot Air sus mereka di LC100 just for the sake going hard off-road, they just don't want the hassle of it breaking down in the middle of the road.

tapi boss billy tanya dunks kan Humvee H1 juga independent tuh, tapi kok kayaknya gak ada matinya yah di pake buat hard offroad baahkan perang di irak :p kayaknya reinforce IFS-nya gila2an yah tuh

well thats just my oppinion sih :ungg:
Last edited by agathos on Wed Sep 30, 2009 15:19, edited 4 times in total.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by zweifellos »

om agathos profesional reviewer bukan?
om sugi dari 4x4 spesialis di tanjung duren profesional reviewer bukan om?

:big_slap: :big_slap: :big_slap:

just kidding ya om. :big_peace:

salam kenal om, senang ngeliat para mastah 4x4 turun gunung. :beer:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by agathos »

^
salam kenal juga bos :big_peace:

whehehehe ampuuuuuuun ane buka professional reviewer hanya sekedar LC enthusiast, kalo pak iwan sugi sih pemilik toko dan expert 4x4 udah heheheh :D saya gak ada apa2-nya dibanding dia ato bahkan bos billy :ungg:
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

Masalahnya yang di bahas skrg itu bukan ttg axle nya...tapi ttg kemampuan unibody murni (tanpa frame reinforcement) dijadikan SUV tangguh. Kalo mau ngomongin semua komponen, masih banyak lagi - kelistrikan yg handal, kekuatan/kehandalan mesin, steering system. Mau diomongin semua? :D

Soal sistem suspensi itu komponen lain (penting juga, tapi not in this discussion)...Independent suspension mungkin saja kalah kuat sama rigid, tapi on-road performancenya jauh lebih OK - dan off-road juga tetap OK. Kan ini membuat utilitynya lebih bagus. SUV tangguh itu bukan hanya off-road, tapi go anywhere. Kalo tema "go anywhere" dipake, lebih OK yg di semua habitat bisa perform baik kan? Kemampuan off-road extreme dikurangi sedikit, on-road jauh lebih baik. Makanya ada yang kombinasi rigid sama independent, ada yg full independent tergantung philosophy yg bikin aja - apa itu bikin LC 200, Hummer, Pajero dll jadi "bukan" tough SUV? Ada advantage memakai independent suspension, dan saya akui rigid lebih kuat. Boleh kembali ke diskusi konstruksi chasis?

Skrg balik ke komponen konstruksi mobil, ladder frame murni vs unibody murni...mana lebih kuat - mana yang lebih sering dipake heavy duty vehicle, buat towing?

Mobil jadul ya memang lebih simple, rendem sana sini jalan lagi. Kereta kuda lebih simpel lagi. Why use any technology? Bawa palu sama paku, beres :mrgreen:
Last edited by FortunerMan on Wed Sep 30, 2009 15:46, edited 2 times in total.
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by agathos »

this is a good discussion about IFS vs. RFS just for reference

http://forum.ih8mud.com/100-series-crui ... ughts.html

also a picture of an IFS doing extreme stunt heheh (pic taken from IH8MUD - kalo gak salah yang punya usernamenya shotts)

Image

this is a 4.7L petrol which supposedly wasn't much affected by the IFS issue.

in addition for toughness/ketangguhan there is also the question of endurance/longevity of an SUV, for this one I'll vouch for LC100 all the way :D
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by Abu2 »

alamak, ane bisa nangis kalo mobil ane di gituin....... :e-doh:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by jalu »

foto LC diatas kok ban nya masih nggantung...? suspensi masih sutandar ya ? :e-think:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by agathos »

FortunerMan wrote:Masalahnya yang di bahas skrg itu bukan ttg axle nya...tapi ttg kemampuan unibody murni (tanpa frame reinforcement) dijadikan SUV tangguh. Kalo mau ngomongin semua komponen, masih banyak lagi - kelistrikan yg handal, kekuatan/kehandalan mesin, steering system. Mau diomongin semua? :D

Soal sistem suspensi itu komponen lain (penting juga, tapi not in this discussion)...Independent suspension mungkin saja kalah kuat sama rigid, tapi on-road performancenya jauh lebih OK - dan off-road juga tetap OK. Kan ini membuat utilitynya lebih bagus. SUV tangguh itu bukan hanya off-road, tapi go anywhere. Kalo tema "go anywhere" dipake, lebih OK yg di semua habitat bisa perform baik kan? Kemampuan off-road extreme dikurangi sedikit, on-road jauh lebih baik. Makanya ada yang kombinasi rigid sama independent, ada yg full independent tergantung philosophy yg bikin aja - apa itu bikin LC 200, Hummer, Pajero dll jadi "bukan" tough SUV? Ada advantage memakai independent suspension, dan saya akui rigid lebih kuat. Hilux, Triton...skrg depannya independent semua - bukan tough truck lagi kah?

Skrg balik ke komponen konstruksi mobil, ladder frame murni vs unibody murni...mana lebih kuat - mana yang lebih sering dipake heavy duty vehicle, buat towing?

Mobil jadul ya memang lebih simple, rendem sana sini jalan lagi. Kereta kuda lebih simpel lagi. Why use any technology? Bawa palu sama paku, beres :mrgreen:

wheheheh ampuunnn bos FM hehhe berarti ada difftences of opinion di definisi tangguh yah om, kalo dari stand view om tangguh adalah "SUV tangguh itu bukan hanya off-road, tapi go anywhere. Kalo tema "go anywhere" dipake, lebih OK yg di semua habitat bisa perform baik kan?" definisi tangguh dari sudut pandang saya adalah bisa go any where, tidak mudah rusak dan praktis dalam perbaikan.

kalo dilihat di KBLI tangguh itu adalah sukar dikalahkan dan kuat. komponen sukar dikalah kan dan kuat dapat memuat banyak elemen, yang dalam hal ini misalnya Go any where, tidak mudah rusak, praktis, nyaman, aman, maka pertanyaan berikutnya adalah ketangguhan apa? nah ini menjawab pertanyaan of FM, kalo ketangguhan dari segi chasis secara khusus dalam peruntukannya di on-road (towing) dan hard offroad, maka jawabannya adalah ladder frame.

"A uni-body is safer in a collision (to a point) due to the fact that it is made to fail and crush absorbong the impact energy and transfering it along the "cage" that is designed around the passanger compartment. A full frame is stronger anyday of the week, but the energy of an impact is transfered more directly to the passanger compartment making it not as safe from a soft tissue injury standpoint. For off road, a full frame is going to be better every day of the week over a uni-body. It will also allow more flex in the way the frame is designed to twist (ever look at a FJ40 front end? The fenders are made to slide past each other and the grill has a center mount to pivot."

quoted from http://www.yotatech.com/f2/ladder-frame ... ody-11010/

hehe to answer the question "Why use any technology? Bawa palu sama paku, beres" adalah kembali pada purpose dari kendaraan tersebut, kalo di tujukan untuk kenyamanan sematkanlah teknologi sebanyak mungkin apa lagi kalo mau di pakai di kota besar banyak bengkel kalo rusak, tapi kalo di gurun pasir di tengah2 perang gimana? for some purposes, i.e. long range mountain touring for days, less technology is better that is also the reason kenapa 70 series di buat se-sederhaana mungkin oleh toyota :D

hehe soal IFS tadi specifically sebenernya mengarah kepada toyota LC 100 series, untuk triton, navara atau pajero i have no idea, but the more parts put in the easier it is to break :D
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

agathos wrote:"A uni-body is safer in a collision (to a point) due to the fact that it is made to fail and crush absorbong the impact energy and transfering it along the "cage" that is designed around the passanger compartment. A full frame is stronger anyday of the week, but the energy of an impact is transfered more directly to the passanger compartment making it not as safe from a soft tissue injury standpoint. For off road, a full frame is going to be better every day of the week over a uni-body. It will also allow more flex in the way the frame is designed to twist (ever look at a FJ40 front end? The fenders are made to slide past each other and the grill has a center mount to pivot."
quoted from http://www.yotatech.com/f2/ladder-frame ... ody-11010/
Nah yg merah itu dr kemaren point saya ini, malah merambah ke suspension :P Saya gak mempermasalahkan suspension...mau rigid, mau independent - itu lain diskusi altogether. Yang di bahas dr depan soal frame. Bukannya saya bilang ladder frame lebih bagus segalanya dr unibody...tidak. Dari depan saya sudah bilang...ada kerugian ladder frame. Tapi buat heavy duty use...ya seperti yg saya kasi warna merah di atas.
agathos wrote:nah ini menjawab pertanyaan of FM, kalo ketangguhan dari segi chasis secara khusus dalam peruntukannya di on-road (towing) dan hard offroad, maka jawabannya adalah ladder frame.
Betul lagi, dari segi chasis secara khusus. Kenapa merambat ke suspension system? Gak tau :D
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by mandala1 »

ane kaga berani OOT disini deh...... :ngacir:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by jalu »

hmm..pakar2 sasis lg ngumpul disini rupanya.... (termasuk om mandala) :big_weee:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by agathos »

^

heheh mungkin ada miss com masalah definisi ketangguhan bos yang dimulai dari kata "SUV Badak", karena memang kalo bicara tangguh banyak element-nya dan itu adalah kata yang mempunya definisi luas, dibenak beberapa orang, termasuk saya, tangguh untuk SUV menurut saya tidak terbatas pada chassis-nya saja dan saya yakin om FM sepaham juga kan :big_peace:

heheh tapi again, kalo bicara chasiss saya harus setuju bahwa chasis basically pure monocoque vs. chasis ladder, ladder is the winner for heavy duty works. tapiiiiii yah itu tadi, an SUV toughness is not limited to its cassis only biar pun chasiss nya ladder frame, tapi kalo gak disupport element suspension yang bagus, it will be rendered useless kan :) hehehe
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

agathos wrote:^

heheh mungkin ada miss com masalah definisi ketangguhan bos yang dimulai dari kata "SUV Badak", karena memang kalo bicara tangguh banyak element-nya dan itu adalah kata yang mempunya definisi luas, dibenak beberapa orang, termasuk saya, tangguh untuk SUV menurut saya tidak terbatas pada chassis-nya saja dan saya yakin om FM sepaham juga kan :big_peace:

heheh tapi again, kalo bicara chasiss saya harus setuju bahwa chasis basically pure monocoque vs. chasis ladder, ladder is the winner for heavy duty works. tapiiiiii yah itu tadi, an SUV toughness is not limited to its cassis only biar pun chasiss nya ladder frame, tapi kalo gak disupport element suspension yang bagus, it will be rendered useless kan :) hehehe
Betul bos, masa HANYA chassis - gak mungkin toh. Masih banyak lagi komponen yang bisa dibahas...electrical system, steering, suspensi,...belon bahas mesin, transmisi. Kalo dibahas semua sekaligus bisa puyeng :D
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by agathos »

jalu wrote:foto LC diatas kok ban nya masih nggantung...? suspensi masih sutandar ya ? :e-think:
kayaknya sih udah di reinforce deh dan bukan yang versi dengan AHC, but let me check, lagi ngubek2 IH8Mud lagi nih buat cari data on this car.

nih tambahain lagi deh aksi LC100 series lagi towing kakanya dan perahu heheh

Image

Image

:beer:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by jalu »

sorry OOT Om, entah kenapa kok saya yang awam lbh cenderung berpendapat kalo LC yang dibawah ini lbh badak dibanding LC100. BTW ini LC seri berapa ya ? :e-think:

Image

pernah pake jadi mbl ops di timteng, terus terang memang gak senyaman LC100, bantingannya keras, badan terasa diobrak-abrik tapi mobilnya terasa jauh lbh solid, ini dia fotonya waktu diworksite :

Image
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by maskopat »

it's a matter how the engineer designed the structures...
bisa aja monokok lebih kuat. seperti pernah di bahas, di kendaraan khusus yang bukan SUV, seperti tank dan panser, mereka pake plat baja tebal sebagai body dan chassis.. plat ini bahkan lebih tebal daripada chassis SUV "tangguh"..

sebenernya bukan issue besar apakah monokok atau ladder.. saat ini mungkin yang favorite untuk tangguh masih pake ladder.. tapi beberapa pabrikan mulai pake hibrid antara monokok dan ladder... walau ane masih nganggap hibrid ini masih monokok karena body menempel dekat dengan kerangkanya..

yang serius off roader masih belum mau pake air suspenssion dan FISS di kendaraannya.. sekarang.. entah 10 tahun lagi ketika teknologi yang kuat makin lebih murah..

lihat aja di RR, disco, pajero.. pajero deh yang ane tahu.. gen 1 masih pake full rigid.. gen 2 IFS, gen 3 dan 4 udah FISS.. engineer mitsu mungkin sudah memperhitungkan kekuatan struktur gen 3, 4 vs gen 1.. tapi kompensasinya dengan biaya yang lebih mahal di pembuatan dan perawatan.

kita gak tahu 10,20 tahun ke depan.. mungkin SUV "tangguh" ini akan pake full monokok, air suspenssion.. teknologi material masih berkembang koq.. tapi mungkin yang ladder dan full rigid akan sangat lebih tangguh...

structure engineering itu kan tentang penghematan biaya vs kebutuhan akan kekuatan struktur... kalau tanpa ada penghematan biaya, akan lebih mudah lagi membuat struktur yang amat sangat super tangguh.. :mrgreen: :mrgreen:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by GTR »

billyd1773dz wrote: wah kurang tahu ya om maksudnya gmn mungkin yang lain bisa lebih tahu... :e-think: :e-think: ane angkat tangan...

definisi badak nya apa sih? bwat oprut extrime terbang2 loncat2 gtu?ladder tampa di tambah reinforce dari tubular atw PLAT(klw frame dibilang pembentuk LADDER, maka PLAT adalah pembentuk monokok) juga di jamin lama2 bengkok... apalgi monokok....
bwat di pake kerja wira-wiri ngangkut sayur? hmmmmm.... kyanya bukan fungsi SUV deh... apalgi SUV kota yg umumnya "pure" monokok..
minim perawatan?hmmmmm.... g cocok juga Ladder harus ganti bushing klw uda pecah monokok kaga....
durable n long live... hmmmm... jgn kan suv monokok sedan jadul aja masih pada jalan n lurus2 asal bukan abis tabrakan..
:beer:
bro bil, kalo liat cuma buat wara wiri gitu; umumnya blazer/escudo dgn CRV, bisa2 masih lebih 'badak' si CRV.

IMO, material & teknologi tinggi juga sangat berperan. Kebanyakan SUV monokok misal harier / CRV pun, sudah direinforced dgn bahan2 & teknologi khusus untuk menyesuaikan kebutuhan konsumen pada umumnya;
dgn kombinasikan porsi high/higher/highest-strenght tensile steel dan laser/plasma/MAG weld lebih banyak, cara ini untuk membuatnya lebih ringan tentu juga dgn konsekuensi2 cost material.
bukan just seperti fortuner lepas ladder, lantas 'standard steel & spot weld body' tersebut langsung dipasang ke suspensi.

Daripada sifat keunggulan longitudinal torsional bend seperti body-on-frame; sebagai trade-off ini, umumnya monokok yg rigid juga mempunyai sifat keunggulan terhadap torsi transversal karena keseluruhan rangkaian struktur dirancang saling berhubungan seolah lebih menyatu.

Salah satu contoh Monokok yg pernah dibikin sangat2 rigid paling tidak pada jaman itu (tapi jadi sangat mahal, konon cost produksi masih jauh lebih tinggi dari setiap harga jual),
lagi2 oleh porsche di 959 yg essentially adalah mobil sport, tapi sekaligus offroad capable. 1986, 959 turun nearly identic dgn production model termasuk suspensi dan AWD kecuali beda mesin; menang dgn posisi 1,2, & 5 di paris-dakar (& ke-3 kalo mobil ke-4 tidak dipake sebagai service car 2 mobil pertama).
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by agathos »

jalu wrote:sorry OOT Om, entah kenapa kok saya yang awam lbh cenderung berpendapat kalo LC yang dibawah ini lbh badak dibanding LC100. BTW ini LC seri berapa ya ? :e-think:

Image

pernah pake jadi mbl ops di timteng, terus terang memang gak senyaman LC100, bantingannya keras, badan terasa diobrak-abrik tapi mobilnya terasa jauh lbh solid, ini dia fotonya waktu diworksite :

Image
whehehe itu 70 series model baru kan dengan mesin Diesel 4.5L V8 1VD-FT, yeppp itu di claim by many to be tougher dari LC100 dan memang suspensinya masih full rigid suspension.
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by abrof »

om FM punya definisi SUV tangguh ya cuman dibatasi di chasis....jelas ladder frame paling kuat...truck pake ini juga....artinya kuat dalam membawa beban dan dan ditimpa beban...cukup disitu titik. Artinya kendaraan barang sasisnya pasti kuat. Walaupun di medan berat belum tentu bisa lewat.....
Sedangkan yang lain itu definisi tangguh itu bisa menjelajah ke segala medan berat...dan gampang di perbaiki dan diupgrade serta kaki2 juga kuat dan lentur.... :big_smoking: :big_smoking:

Halah sok teu.. :big_slap:
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

abrof wrote:om FM punya definisi SUV tangguh ya cuman dibatasi di chasis....jelas ladder frame paling kuat...truck pake ini juga....artinya kuat dalam membawa beban dan dan ditimpa beban...cukup disitu titik. Artinya kendaraan barang sasisnya pasti kuat. Walaupun di medan berat belum tentu bisa lewat.....
Sedangkan yang lain itu definisi tangguh itu bisa menjelajah ke segala medan berat...dan gampang di perbaiki dan diupgrade serta kaki2 juga kuat dan lentur.... :big_smoking: :big_smoking:

Halah sok teu.. :big_slap:
Baca lagi yg teliti di atas atas - tuh si om Agathos ngerti cepet - chassis yg kuat adalah salah satu komponen SUV tangguh. Masih banyak komponen lain, suspensi, mesin, steering system, dll. Mau di bahas semua sekaligus? :mrgreen:

Nih tak cuplikin...
agathos wrote:
"A uni-body is safer in a collision (to a point) due to the fact that it is made to fail and crush absorbong the impact energy and transfering it along the "cage" that is designed around the passanger compartment. A full frame is stronger anyday of the week, but the energy of an impact is transfered more directly to the passanger compartment making it not as safe from a soft tissue injury standpoint. For off road, a full frame is going to be better every day of the week over a uni-body. It will also allow more flex in the way the frame is designed to twist (ever look at a FJ40 front end? The fenders are made to slide past each other and the grill has a center mount to pivot."
quoted from http://www.yotatech.com/f2/ladder-frame ... ody-11010/

Nah yg merah itu dr kemaren point saya ini, malah merambah ke suspension :P Saya gak mempermasalahkan suspension...mau rigid, mau independent - itu lain diskusi altogether. Yang di bahas dr depan soal frame. Bukannya saya bilang ladder frame lebih bagus segalanya dr unibody...tidak. Dari depan saya sudah bilang...ada kerugian ladder frame. Tapi buat heavy duty use...ya seperti yg saya kasi warna merah di atas.

agathos wrote:
nah ini menjawab pertanyaan of FM, kalo ketangguhan dari segi chasis secara khusus dalam peruntukannya di on-road (towing) dan hard offroad, maka jawabannya adalah ladder frame.
Betul lagi, dari segi chasis secara khusus. Kenapa merambat ke suspension system? Gak tau :D