Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by zweifellos »

sori sebelumnya, bukan mo bela produk mitsubishi cuman memang lagi tertarik nyari-nyari info tentang mobil Pajero Sport.

di youtube pernah nemu crash test Pajero Sport tapi versi lama (2001 kayanya): http://www.youtube.com/watch?v=8buF19dxq9I

kalo dari versi sesudahnya nemu yang versi 2004 : http://autos.msn.com/research/vip/safet ... ro%20Sport

tapi lagi-lagi tentu ga sama versi yang dulu ama yang sekarang. apa mungkin gara2 PS yang versi terbaru itu baru keluar? kira2 kapan sih suatu badan pengetes itu melakukan crash test (sesudah produknya masuk banyak ke wilayah negara badan pengetes tersebut atau gimana ya)?

oh iya, di web PS juga diberikan penjelasan singkat tentang safety dari mobil PS: http://www.ktb.co.id/pajerosport/flash/safety.html
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
FortunerMan

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by FortunerMan »

zweifellos wrote:oh iya, di web PS juga diberikan penjelasan singkat tentang safety dari mobil PS: http://www.ktb.co.id/pajerosport/flash/safety.html
Penjelasannya cuman ttg ladder framenya...which is the same as the Triton. Fortuner juga sama dgn Hilux ladder framenya, yg dapet 4 stars di crash test. Akhirnya...still no crash test...sama seperti Everest, no crash test.

Jadi semua ladder frame SUV sekelas yg dijual di Indonesia gak ada crash test nya, the best info tetap crash test trucknya. Kalo saya sih cukup dengan lihat crash test trucknya, Triton dan juga pendahulunya L200 (ayah Pajero Sport generasi sebelumnya) memang cukup bagus - 4 stars seperti Hilux.

Pelit kah Mitsubishi dan Ford (ini pertanyaan buat si Captivated)? Kalo Toyota kan overpriced dan pelit, nah Pajero Sport harganya 11-12 sama Fortuner...berarti pelit juga. Ford lebih murah sedikit, no crash test....pelit juga gak?
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by GTR »

zweifellos wrote:sori sebelumnya, bukan mo bela produk mitsubishi cuman memang lagi tertarik nyari-nyari info tentang mobil Pajero Sport.

di youtube pernah nemu crash test Pajero Sport tapi versi lama (2001 kayanya): http://www.youtube.com/watch?v=8buF19dxq9I

kalo dari versi sesudahnya nemu yang versi 2004 : http://autos.msn.com/research/vip/safet ... ro%20Sport

tapi lagi-lagi tentu ga sama versi yang dulu ama yang sekarang. apa mungkin gara2 PS yang versi terbaru itu baru keluar? kira2 kapan sih suatu badan pengetes itu melakukan crash test (sesudah produknya masuk banyak ke wilayah negara badan pengetes tersebut atau gimana ya)?

oh iya, di web PS juga diberikan penjelasan singkat tentang safety dari mobil PS: http://www.ktb.co.id/pajerosport/flash/safety.html
mungkin SUV kelas2 ini kurang populer di negara2 yg terlalu ketat ratingnya..

kalo liat2 dari google, memang truck based ini average nya kalah dari sedan based.
tapi, paling tidak sejak 2000/2001, mereka bikin terobosan dari 1 bintang sebelumnya, jadi 3/4 bintang, mirip awal 90an di sedan2 jepang yg kalo ga salah wkt itu banyak poor crashtestnya. mungkin ke depan makin improve.
FortunerMan

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by FortunerMan »

Di Eropa jelas tidak populer truck-based passenger vehicle, mereka doyannya small hatchbacks yg irit rit rit. Kalo di Amerika sih, doyan bener...ada Chevy Tahoe, Cadillac Escalade, Nissan Pathfinder, Toyota 4Runner....dll dll....malah small hatchbacks di cibir mobil miskin. Ya perbedaan harga bensin dan ruang gerak juga...Amerika bensin murah dan lots and lots of open space.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by GTR »

ini beberapa rating "large SUV":
- - - - MAKE.MODEL - - - - - - - YR - - - - - - AIRBAGS - - - RATING TEST BY MASS(kg)
ACCURA MDX (US) 2001 on Front+side airbags **** IIHS 1970
BMW X5(LHD) June 2003 on Front+side+head airbags ***** ENCAP 2090
BMW X5(LHD) 2002 to 2003 Front+side+head airbags **** ENCAP 2090
BMW X5(US) 2000 on Front+side+head airbag **** IIHS 2120
BUICK RENDEZVOUS(US) 2002 on Front+side+head airbags *** IIHS 1900
CHEV BLAZER(US) 1995 to 2000 Dual front airbags * IIHS 1862
CHEV TRAILBLAZ(US) 2002 on Front+side airbags *** IIHS 2060
DODGE DURANGO(US) 1998 on Dual front airbags *** IIHS 2200
FORD EXPLORER(US) 1995 to 2001 Dual front airbags *** IIHS 1930
FORD EXPLORER(US) 2002 on Dual front airbags **** IIHS 2050
HOLDEN JACKEROO 1998 on Dual front airbags *** ANCAP 2000
HONDA PASSPORT(US) 1996 to 1997 Dual front airbags * IIHS 1890
HONDA PASSPORT(US) 2000 to 2001 Dual front airbags * IIHS 1820
HONDA PASSPORT(US) 2002 on Dual front airbags ** IIHS 1830
ISUZU AXIOM(US) 2002 on Dual front airbags *** IIHS 1870
ISUZU RODEO (US) 2000 on Dual front airbags * IIHS 1860
ISUZU TROOPER(US) 2000 on Dual front airbags *** IIHS 2000
JEEP CHEROKEE(LHD) Aug03 on Dual front airbags **** ENCAP 1800
JEEP CHEROKEE(US) 1997 on Dual front airbags ** IIHS 1440
JEEP GRAND CHEROKEE(US) 1996 to 1998 Dual front airbags ** IIHS 1800
JEEP GRAND CHEROKEE(US) 1999 on Dual front airbags ** IIHS 1730
JEEP LIBERTY (US) 2002 on Dual front airbags ** IIHS 1860
KIA SORENTO(LHD) 2003 on Dual front airbags **** ENCAP 2120
LANDROVER DISCOVERY 1993 to 1997 - ** # ANCAP 1962
LANDROVER DISCOVERY(US) 1994 to 1998 Dual front airbags *** IIHS 2140
LANDROVER DISCOVERY(US) 1999 on Dual front airbags *** IIHS 2075
LANDROVER RANGE ROVER(E) 2002 on Front+side+head airbags **** ENCAP 2540
LEXUS RX300(US) 1999 on Dual front airbags **** IIHS 1800
MERCEDES M-CLASS(LHD) 2002 on Front+side+head airbags **** ENCAP 2100
MERCEDES M-CLASS(US) 1999 on Front+side airbags **** IIHS 2020
MITSUBISHI MONT.SPORT(US) 1997 to 2000 Dual front airbags * IIHS 1890
MITSUBISHI MONT.SPORT(US) 2001 on Dual front airbags **** IIHS 1890
MITSUBISHI MONTERO(US) 1996 to 2000 Dual front airbags *** IIHS 2000
MITSUBISHI MONTERO(US) 2000 on Front+side airbags *** IIHS 2170
MITSUBISHI PAJERO 1993 to 1997 - ** # ANCAP 1864
NISSAN PATROL 1992 to 1997 - * # ANCAP 2177
NISSAN PATROL 1998 on Driver airbag ** ANCAP 2410
NISSAN XTERRA(US) 2000 on Dual front airbags *** IIHS 1890
PONTIAC AZTEK(US) 2001 on Front+side+head airbags **** IIHS 1860
SUZUKI GRAND VITARA(E) 2002 on Dual front airbags *** ENCAP 2100
SUZUKI GRAND VITARA(US) 2001 on Dual front airbags *** IIHS 1670
TOYOTA 4RUNNER(US) 1995 to 1997 Dual front airbags *** IIHS 1870
TOYOTA 4RUNNER(US) 1998 on Dual front airbags **** IIHS 1800
TOYOTA LANDCRUISER 1992 to 1997 - ** # ANCAP 2255
TOYOTA LANDCRUISER 1998 on Dual front airbags **** ANCAP 2450
TOYOTA PRADO 1997 to 2001 - ** ANCAP 2020
VOLVO XC90(LHD DIESEL) 2003 on Front+side+head airbags ***** ENCAP 2120
VOLVO XC90(US) 2003 on Front+side+head airbags **** IIHS 2100
VW TOUAREG(LHD) 2005 on Front+side+head airbags ***** ENCAP 2250

Key:[Excellent/*****][Good/****][Acceptable/***] [Marginal/**][Poor/*]
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by GTR »

"Small/medium SUV" :

- - - - MAKE.MODEL - - - - - - - YR - - - - - - AIRBAGS - - - RATING TEST BY MASS(kg)
FORD ESCAPE 2001 on Dual front airbags **** ANCAP 1580
FORD ESCAPE(US) 2001 to 2003 Dual front airbags ** IIHS 1550
HONDA CR-V 1999 to 2001 Dual front airbags **** ANCAP 1500
HONDA CR-V 2002 on Dual front airbags **** ANCAP 1500
HONDA CR-V(E) 2002 on Front+side airbags **** ENCAP 1500
HONDA CR-V(J) 2001 on Dual front airbags **** JNCAP 1460
HONDA CR-V(US) 1997 to 2001 Dual front airbags ** IIHS 1460
HONDA CR-V(US) 2002 on Dual front airbags **** IIHS 1520
HONDA ELEMENT(US) 2003 on Dual front airbags **** IIHS 1590
HYUNDAI SANTE FE 2002 on Dual front airbags **** ENCAP 1790
HYUNDAI SANTE FE(US) Late 2002 on Front+side+head airbags **** IIHS 1740
ISUZU AMIGO(US) 1998 on Dual front airbags * IIHS 1630
JEEP WRANGLER(US) 1998 on Dual front airbags *** IIHS 1470
KIA SPORTAGE 1996 to mid 99 - * ANCAP 1510
KIA SPORTAGE(US) 1998 on Dual front airbags ** IIHS 1520
LANDROVER FREELANDER(US) 2002 on Dual front airbags *** IIHS 1610
LANDROVER FREELANDER+ 2002 on Dual front airbags *** ENCAP 1490
MAZDA TRIBUTE 2001 to 2003 Dual front airbags **** ANCAP 1580
MAZDA TRIBUTE 2004 on Front+side+head airbags **** ANCAP 1580
MAZDA TRIBUTE(US) 2004 on Dual front airbags *** IIHS 1630
MITSUBISHI OUTLANDER 2003 on Dual front airbags **** ANCAP 1550
MITSUBISHI OUTLANDER(US) 2003 on Dual front airbags **** IIHS 1560
MITSUBISHI PININ(LHD) 2003 on Front+side airbags *** ENCAP 1300
NISSAN PATHFIND(US) 1997 on Dual front airbags ** IIHS 1790
NISSAN X-TRAIL 2002 on Dual front airbags **** ANCAP 1440
NISSAN X-TRAIL(J) 2001 on Dual front airbags **** JNCAP 1400
NISSAN X-TRAIL(LHD) 2002 on Front+side+head airbags **** ENCAP 1440
SATURN VUE(US) 2002 on Dual front airbags **** IIHS 1610
SUBARU FORESTER 1998 to 2002 Dual front airbags **** ANCAP 1400
SUBARU FORESTER Jul 04 on Front+side+head airbags ***** ANCAP 1420
SUBARU FORESTER Feb 2003 on Dual front airbags **** ANCAP 1420
SUBARU FORESTER 2002 to Jan 2003 Dual front airbags **** ANCAP 1420
SUBARU FORESTER XS-LP Feb 2003 on Front+side+head airbags ***** ANCAP 1420
SUBARU FORESTER XT(J) 2002 on Dual front airbags ***** JNCAP 1410
SUBARU FORESTER(US) 1999 to 2002 Dual front airbags **** IIHS 1440
SUBARU FORESTER(US) 2003 on Front+side+head airbags **** IIHS 1450
SUBARU OUTBACK 2004 on Dual front airbags ***** ANCAP 1440
SUBARU OUTBACK (CURTAIN) 2004 on Front+side+head airbags ***** ANCAP 1440
SUBARU OUTBACK(E) 2002 on Front+side airbags **** ENCAP 1550
SUZUKI VITARA JX 1991 to 1995 - * # ANCAP 1203
SUZUKI VITARA(US) 1999 to 2000 Dual front airbags *** IIHS 1460
TOYOTA HIGHLANDER(US) 2001 on Dual front airbags **** IIHS 1760
TOYOTA RAV4 1997 to 2000 - ** ANCAP 1330
TOYOTA RAV4 2002 on Dual front airbags **** ANCAP 1380
TOYOTA RAV4 (CURT) 2002 on Front+side+head airbags **** ANCAP 1380
TOYOTA RAV4(J) 2001 on Dual front airbags **** JNCAP 1330
TOYOTA RAV4(US) 1996 to 2000 Dual front airbags ** IIHS 1360
TOYOTA RAV4(US) 2001 on Dual front airbags *** IIHS 1410

Key:[Excellent/*****][Good/****][Acceptable/***] [Marginal/**][Poor/*]
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by GTR »

Pick-ups/Utilities/Vans:

- - - - MAKE.MODEL - - - - - - - YR - - - - - - AIRBAGS - - - RATING TEST BY MASS(kg)
CHEV S-10(US) 1998 Dual front airbags ** IIHS 1360
DODGE DAKOTA(US) 1998 on Dual front airbags * IIHS 1510
DODGE RAM 1500(US) 2002 on Front+side+head airbags **** IIHS 2260
DODGE RAM(US) 1998 to 2001 Dual front airbags * IIHS 2240
DODGE SILVERADO(US) 1999 on Dual front airbags ** IIHS 2140
FORD F150(US) 1997 to 2003 Dual front airbags * IIHS 2030
FORD F150(US) 2004 on Dual front airbags **** IIHS 2360
FORD FALCON UTILITY (AU2) 2001 to 2003 Driver airbag **** ANCAP 1630
FORD RANGER(US) 1998 on Dual front airbags *** IIHS 1430
HOLDEN COMM UTILITY (VU2) Mar 2002 to 2003 Driver airbag **** ANCAP 1550
HOLDEN RODEO 1995 to 1999 - * ANCAP 1332
HOLDEN RODEO (2WD) 1999 to 2002 - **+ ANCAP 1490
MAZDA B2600 1995 - * ANCAP 1350
MAZDA BRAVO (2WD) 1999 - **+ ANCAP 1380
MITSUBISHI TRITON 1995 - * ANCAP 1250
NISSAN FRONTIER(US) 1998 on Dual front airbags * IIHS 1320
NISSAN TITAN(US) 2004 on Dual front airbags **** IIHS 2180
TOYOTA HILUX (2WD) Sep 2001 to 2003 - **+ ANCAP 1360
TOYOTA HILUX2X4 1995 - * ANCAP 1280
TOYOTA HILUX4X4 1995 - * ANCAP 1530
TOYOTA PROBOX-DX(J) 2003 on Dual front airbags ***** JNCAP 1040
TOYOTA TACOMA(US) 1998 on Dual front airbags *** IIHS 1170
TOYOTA TUNDRA(US) 2000 on Dual front airbags **** IIHS 1980

Key:[Excellent/*****][Good/****][Acceptable/***] [Marginal/**][Poor/*]
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by GTR »

FortunerMan wrote:Di Eropa jelas tidak populer truck-based passenger vehicle, mereka doyannya small hatchbacks yg irit rit rit. Kalo di Amerika sih, doyan bener...ada Chevy Tahoe, Cadillac Escalade, Nissan Pathfinder, Toyota 4Runner....dll dll....malah small hatchbacks di cibir mobil miskin. Ya perbedaan harga bensin dan ruang gerak juga...Amerika bensin murah dan lots and lots of open space.
SUV bermesin "sangar" & turbo2, di eropa populer juga loh...
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by mandala1 »

Hebat di jakarta dong yah.....sampe Hummer Limo ajah ada..... :mrgreen:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27644
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by DOHC »

buset bro GTR... ampe segitu detail nya, diketik satu2 tuh bro... mantappp....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sonicc
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Fri Oct 03, 2008 10:31

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by sonicc »

Freehahawawa wrote: juga navara buktikan satu hal : mobil besar truck based belum tentu pasti jago hasil uji tabrakannya. seperti saya bilang, telor ketemu batu kecil pasti kalah.
pentingnya sebelum beli mobil mending tau dulu uji tabrakannya seperti apa. takutnya fortuner juga seperti navara, gede, jangkung, tapi malah uji tabrakannya kalah ama grand livina atau freed.
kalau ternyata fortuner seperti navara nanti tabrakan ama xtrail atau crv atau worse, mpv kecil macam gl / freed dan kalah apakah ngak malu maluin ? mending kalau selamat.
Mobil kecil punya rating crash test yg bagus hanya jika dilakukan pada single crash test.
Pada tabrakan head-on ataupun crash test mobil vs mobil, maka yg menang adalah yg lebih besar, berat, tinggi dan kuat.

Gw bukannya belain mr.fortunerman, cuman tergelitik utk memberikan opini aja...

Kadang2 ada orang yg beranggapan makin tinggi rating crash testnya berarti makin aman suatu mobil...
Pada kenyataannya, tabrakan fatal di jalan adalah melawan kendaraan yg lebih berat, lebih besar, lebih tinggi dan lebih kuat.

Juga masalah ini udah pernah gw alamin sendiri waktu tabrakan beruntun di tol,
gw pake Rocky ban besar, full bullbar, gak rusak sedikitpun, cuman lecet2 aja bull barnya (depan belakang). Yg laen hancur mina... masuk bengkel berminggu2 mungkin berbulan2.

Please see, tulisan gw, gw copy dari thread sebelah, soalnya di thread exora gak sesuai.... :mrgreen:

Kalo vs tembok jelas frame mobil tsb akan menghantam tembok n meredam benturan, so crumple zone (atau apapun namanya), airbag, dll akan bekerja maksimal.

Tapi kalo mobil vs mobil, banyak hal lain yg berperan, misal, bobot masing2 kendaraan, tinggi frame, kekuatan frame apalagi kalo plus bull bar...

misalnya, Honda Fit pd crash test individual memperoleh bintang 5 dari NHTSA (score tertinggi)
Image

Dan, Toyota Hilux memperoleh 4 stars...

http://www.ltsa.govt.nz/vehicles/ancap/ ... -2005.html

Namun, pada crash test vs kendaraan lain Honda Accord vs Honda Fit, Honda Fit memperoleh rating poor. See http://autos.canada.com/news/story.html?id=1515120

Image

Apalagi kalo vs SUVs atau Pickup Trucks??

Menurut gw, if terjadi head-on collision antara Toyota Fortuner vs Honda Freed, jelas lebih aman Toyota Fortuner karena faktor bobot, tinggi dan kekuatan frame.
Kecuali, kalau Toyota Fortunernya dilibas Honda Freed, trus kaget banting setir n terguling, ya itu laen ceritanya... :mrgreen:

Honda Freed
Image

Toyota Fortuner plus ARB Bullbar Image

Kalau terjadi tabrakan adu kambing,

Hasilnya gak akan jauh dari...

Image

atau

Image


Juga sebaliknya kalau SUV sekelas Hummer menabrak bus...

Image

Image

Kesimpulannya semakin Tinggi, Berat n Kuat suatu kendaraan, maka makin aman... :mrgreen:

Crumple zone, airbag, collapse steering collumn, dll berfungsi maksimal ketika lawan sama tinggi dan tidak berbeda jauh dalam bobot.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by imsus2c »

^^^

kesimpulannya...kalo bepergian di darat naik kendaraan paling aman tentunya GE CC202 atau GE CC203....:mrgreen: hayo....siapa brani adu kambing sama mereka? :ungg:
kayak saya nih, seminggu sekali PP pasti naik GE CC202 atau GE CC203 :upss:


kaburrrrr.............................. :ngacir: :glodak:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27644
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by DOHC »

penjelasan yg sangat bagus dari bro sonicc... :e-clap: :e-clap:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by GTR »

kalo liat contoh2 begitu tentu kita bicara ke arah 18-wheeler vehicle yg paling bagus.

Kalo dulu hanya bagi penumpang; Teknologi otomotif modern sudah design ke arah safety for everyone, berbagi; safety bukan milik salahsatu pihak.
Setiap mobil diupayakan meminimalkan efek injury maupun life-threatening lebih fatal juga pada obyek; pedestarian, pengendara motor maupun sepeda, dll semua obyek..
Atau sama saja tanggung jawab nya kalo berakibat lebih fatal bagi pihak korban.

Terlebih biar kendaraan berfungsi sebagai alat transportasi essential bukan alat intimidasi obyek lain di jalan.

Makanya mobil modern pun (SUV khususnya) mulai menerapkan bumper knock-down, bahan plastik, kap mesin mudah bengkok, dll. tidak seperti mobil atau SUV jaman dulu dgn bumper besi tebal.

Mobil2 seperti ini kurang populer di negara2 yg terlalu ketat standar safety nya misal eropa atau jepang.

sonicc wrote:
Freehahawawa wrote: juga navara buktikan satu hal : mobil besar truck based belum tentu pasti jago hasil uji tabrakannya. seperti saya bilang, telor ketemu batu kecil pasti kalah.
pentingnya sebelum beli mobil mending tau dulu uji tabrakannya seperti apa. takutnya fortuner juga seperti navara, gede, jangkung, tapi malah uji tabrakannya kalah ama grand livina atau freed.
kalau ternyata fortuner seperti navara nanti tabrakan ama xtrail atau crv atau worse, mpv kecil macam gl / freed dan kalah apakah ngak malu maluin ? mending kalau selamat.
Mobil kecil punya rating crash test yg bagus hanya jika dilakukan pada single crash test.
Pada tabrakan head-on ataupun crash test mobil vs mobil, maka yg menang adalah yg lebih besar, berat, tinggi dan kuat.

Gw bukannya belain mr.fortunerman, cuman tergelitik utk memberikan opini aja...

Kadang2 ada orang yg beranggapan makin tinggi rating crash testnya berarti makin aman suatu mobil...
Pada kenyataannya, tabrakan fatal di jalan adalah melawan kendaraan yg lebih berat, lebih besar, lebih tinggi dan lebih kuat.

Juga masalah ini udah pernah gw alamin sendiri waktu tabrakan beruntun di tol,
gw pake Rocky ban besar, full bullbar, gak rusak sedikitpun, cuman lecet2 aja bull barnya (depan belakang). Yg laen hancur mina... masuk bengkel berminggu2 mungkin berbulan2.

Please see, tulisan gw, gw copy dari thread sebelah, soalnya di thread exora gak sesuai.... :mrgreen:

Kalo vs tembok jelas frame mobil tsb akan menghantam tembok n meredam benturan, so crumple zone (atau apapun namanya), airbag, dll akan bekerja maksimal.

Tapi kalo mobil vs mobil, banyak hal lain yg berperan, misal, bobot masing2 kendaraan, tinggi frame, kekuatan frame apalagi kalo plus bull bar...

misalnya, Honda Fit pd crash test individual memperoleh bintang 5 dari NHTSA (score tertinggi)
Image

Dan, Toyota Hilux memperoleh 4 stars...

http://www.ltsa.govt.nz/vehicles/ancap/ ... -2005.html

Namun, pada crash test vs kendaraan lain Honda Accord vs Honda Fit, Honda Fit memperoleh rating poor. See http://autos.canada.com/news/story.html?id=1515120

Image

Apalagi kalo vs SUVs atau Pickup Trucks??

Menurut gw, if terjadi head-on collision antara Toyota Fortuner vs Honda Freed, jelas lebih aman Toyota Fortuner karena faktor bobot, tinggi dan kekuatan frame.
Kecuali, kalau Toyota Fortunernya dilibas Honda Freed, trus kaget banting setir n terguling, ya itu laen ceritanya... :mrgreen:

Honda Freed
Image

Toyota Fortuner plus ARB Bullbar Image

Kalau terjadi tabrakan adu kambing,

Hasilnya gak akan jauh dari...

Image

atau

Image


Juga sebaliknya kalau SUV sekelas Hummer menabrak bus...

Image

Image

Kesimpulannya semakin Tinggi, Berat n Kuat suatu kendaraan, maka makin aman... :mrgreen:

Crumple zone, airbag, collapse steering collumn, dll berfungsi maksimal ketika lawan sama tinggi dan tidak berbeda jauh dalam bobot.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by GTR »

DOHC wrote:buset bro GTR... ampe segitu detail nya, diketik satu2 tuh bro... mantappp....
kagak lha yao... copas dari tempat lain... :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27644
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by DOHC »

^^
kirain... kuat tuh jari kalo ampe ketik satu2...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sonicc
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Fri Oct 03, 2008 10:31

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by sonicc »

GTR wrote:kalo liat contoh2 begitu tentu kita bicara ke arah 18-wheeler vehicle yg paling bagus.

Kalo dulu hanya bagi penumpang; Teknologi otomotif modern sudah design ke arah safety for everyone, berbagi; safety bukan milik salahsatu pihak.
Setiap mobil diupayakan meminimalkan efek injury maupun life-threatening lebih fatal juga pada obyek; pedestarian, pengendara motor maupun sepeda, dll semua obyek..
Atau sama saja tanggung jawab nya kalo berakibat lebih fatal bagi pihak korban.

Terlebih biar kendaraan berfungsi sebagai alat transportasi essential bukan alat intimidasi obyek lain di jalan.

Makanya mobil modern pun (SUV khususnya) mulai menerapkan bumper knock-down, bahan plastik, kap mesin mudah bengkok, dll. tidak seperti mobil atau SUV jaman dulu dgn bumper besi tebal.

Mobil2 seperti ini kurang populer di negara2 yg terlalu ketat standar safety nya misal eropa atau jepang.
Bener bro, gw setuju... cuman maksud gw, kita jgn terbuai oleh promosi safety crumple zone, air bags, collapsable steering column, dll...
Even, gw pernah baca kalau feature2 diatas hanya bisa melindungi iutk satu kali benturan bukan berkali2... (kayak di film Final Destination 2)

Apalagi kalau beranggapan makin tinggi rating crash test makin aman, n dgn mengendarai mobil kecil yg memperoleh full rating crash test trus "feel" strong? Think again...

Karena sampai saat ini, yg makin aman adalah kendaraan yg makin tinggi, kuat dan berat.
Masalahnya kendaraan2 tsb mudah terguling kalo dikemudikan agresif, juga umumnya harganya lebih mahal.

Karena dalam bbrp uji crash test mobil vs mobil tahun 2009, td ada satupun mobil kecil yg masuk kriteria aman, semuanya poor...

Honda Accord vs Honda Fit
Image

Toyota Camry vs Toyota Vios
Image

Mercedes C Class vs Smart for two
Image

Audi Q7 vs Fiat 500
Image

So, no matter what, bigger, heavier, stronger, and taller is safer.... :mrgreen:

Cuman, mahal, boros bensin, susah parkir, tdk gesit, dll...
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by Captivated »

FortunerMan wrote: Overpriced menurut anda, kenyataan dari angka penjualan banyak yg bilang worth it. Saya sih gak merasa overpriced, biasa aja. Dapet mobil tangguh seharga crossover biasa menurut saya worth it sekali.

Dan seperti saya sudah sering bilang, mobil sekelas seperti Everest dan Pajero Sport juga belum ada crash test nya...Ford dan Mitsubishi pelit juga gak? Captiva yg sama2 pendatang baru di sabet pamornya ama Pajero Sport, kasian bener.
ford pelit utk everest, mitsu pelit utk ps, tyta pelit utk fortie dan ipah
tp ps dan evie ga pake sunat2an, power dan torsi ok punya... lah fortie 2.5d???

BENERRR??? :mrgreen:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by maskopat »

Captivated wrote:
FortunerMan wrote: Overpriced menurut anda, kenyataan dari angka penjualan banyak yg bilang worth it. Saya sih gak merasa overpriced, biasa aja. Dapet mobil tangguh seharga crossover biasa menurut saya worth it sekali.

Dan seperti saya sudah sering bilang, mobil sekelas seperti Everest dan Pajero Sport juga belum ada crash test nya...Ford dan Mitsubishi pelit juga gak? Captiva yg sama2 pendatang baru di sabet pamornya ama Pajero Sport, kasian bener.
ford pelit utk everest, mitsu pelit utk ps, tyta pelit utk fortie dan ipah
tp ps dan evie ga pake sunat2an, power dan torsi ok punya... lah fortie 2.5d???

BENERRR??? :mrgreen:
maksud TAM nyunat power dan torsi fortie, biar fortie makin dewasa.. anak2 cowok kan biasanya disunat, berarti udah besar.... :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:









































.................. :ngacir: :ngacir: :ngacir: :glodak:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
FortunerMan

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by FortunerMan »

Captivated wrote:
FortunerMan wrote: Overpriced menurut anda, kenyataan dari angka penjualan banyak yg bilang worth it. Saya sih gak merasa overpriced, biasa aja. Dapet mobil tangguh seharga crossover biasa menurut saya worth it sekali.

Dan seperti saya sudah sering bilang, mobil sekelas seperti Everest dan Pajero Sport juga belum ada crash test nya...Ford dan Mitsubishi pelit juga gak? Captiva yg sama2 pendatang baru di sabet pamornya ama Pajero Sport, kasian bener.
ford pelit utk everest, mitsu pelit utk ps, tyta pelit utk fortie dan ipah
tp ps dan evie ga pake sunat2an, power dan torsi ok punya... lah fortie 2.5d???

BENERRR??? :mrgreen:
OK jadi anda sudah setuju Ford dan Mitsubishi juga pelit soal crash testing. Saya harap anda jujur lain kali kalo ngomongin Fortuner tanpa crash test, make sure bilang saingan sekelasnya, Everest dan PS, juga gak ada crash test.

Namanya market leader pasti lebih pelit - di kelas crossover CR-V bandingkan sama X-Trail, ya Honda pelit. Apalagi bandingkan Captiva, X-trail pun pelit - tp kalo ada yg bilang mendingan Captiva drpada CR-V/X-Trail saya sih ketawa aja.

Kalo udah pake Everest dengan AC manualnya dan rem tangan tarik seperti Kijang LGX dan suspensi daun baru ngerasa. Kalo udah pake Pajero Sport trus AC double blower hanya di baris ketiga dan jahitan jok kasar baru kerasa..bahwa semuanya ada plus minusnya baik di atas kertas maupun setelah actual pemakaian.

Lagian punya saya bensin kok, dapet mesin dan transmisi setara kelas LC, harga mur-mer. Overpriced? I don't think so.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by GTR »

sonicc wrote:
GTR wrote:kalo liat contoh2 begitu tentu kita bicara ke arah 18-wheeler vehicle yg paling bagus.

Kalo dulu hanya bagi penumpang; Teknologi otomotif modern sudah design ke arah safety for everyone, berbagi; safety bukan milik salahsatu pihak.
Setiap mobil diupayakan meminimalkan efek injury maupun life-threatening lebih fatal juga pada obyek; pedestarian, pengendara motor maupun sepeda, dll semua obyek..
Atau sama saja tanggung jawab nya kalo berakibat lebih fatal bagi pihak korban.

Terlebih biar kendaraan berfungsi sebagai alat transportasi essential bukan alat intimidasi obyek lain di jalan.

Makanya mobil modern pun (SUV khususnya) mulai menerapkan bumper knock-down, bahan plastik, kap mesin mudah bengkok, dll. tidak seperti mobil atau SUV jaman dulu dgn bumper besi tebal.

Mobil2 seperti ini kurang populer di negara2 yg terlalu ketat standar safety nya misal eropa atau jepang.
Bener bro, gw setuju... cuman maksud gw, kita jgn terbuai oleh promosi safety crumple zone, air bags, collapsable steering column, dll...
Even, gw pernah baca kalau feature2 diatas hanya bisa melindungi iutk satu kali benturan bukan berkali2... (kayak di film Final Destination 2)

Apalagi kalau beranggapan makin tinggi rating crash test makin aman, n dgn mengendarai mobil kecil yg memperoleh full rating crash test trus "feel" strong? Think again...

Karena sampai saat ini, yg makin aman adalah kendaraan yg makin tinggi, kuat dan berat.
Masalahnya kendaraan2 tsb mudah terguling kalo dikemudikan agresif, juga umumnya harganya lebih mahal.

Karena dalam bbrp uji crash test mobil vs mobil tahun 2009, td ada satupun mobil kecil yg masuk kriteria aman, semuanya poor...

So, no matter what, bigger, heavier, stronger, and taller is safer.... :mrgreen:
cuma dangerous juga buat obyek lain, makanya mereka yg bigger ini pun berbenah banyak setiap model dibikin maksimal bagian penyerap benturan.
coba bandingkan struktur bumper mobil sekarang, termasuk SUV dgn bumper taon 80an, apalagi taon 60an dst.

mobil kokoh pun yg minim crumple zones pun tidak selalu lebih baik saat tabrakan dengan obyek yg sama, kerusakan/kemiringan struktur bisa lebih luas sampai bagian2 lain.
ibarat, kalo tulang kita beradu dengan tulang, daripada ada daging diantaranya.

crash test ini bukan sekedar promosi koq, bukan semacam sertifikasi helm SNI di indo.
mereka bertanggung jawab atas penurunan angka2 injury / life akibat kecelakaan dalam jangka panjang / perlindungan untuk konsumen di negaranya.

udah terbukti, standar rating safety crash yang diberikan mereka bagaimana pun juga pasti yang paling ideal mewakili dari berbagai faktor. or nanti mereka bikin ini cuma isapan jempol dan dituntut oleh berbagai produsen.
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by Captivated »

@fm
jok ps ga bagus? 370jt dikasih kulit loh
hp/torsi jauh diatas fortie, ac jg duingin sampe sampe row 2
kl evie emg ga ngerti knp msh pake rem tangan tarik, per daun pulak

btw, kyknya ga enak ngomong bgini di tred ini... agak oot ama judul tred
ada tred fortie vs ps vs evie ga yak?
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by campoeran »

:) mgkn maksudnya om FM itu kualitas jahitannya itu

Lagian dimana2 market leader selalu kek gitu
liat aja CRV
kalo dibanding ama captiva dan xtrail , jauh kan tp kenapa org ttp banyak milih CRV ?

ndak usah jelek2in merek dah, sensi :).
milih mobil ndak tergantung dr fitur juga kok, ada orang yg beli mmg karena merek juga
ironis memang, tapi itulah keadaan market. Dimana2 marketleader selalu jual lbh tinggi dan mgkn dengan fitur yg sama bahkan lbh bawah dr kompetitor.

kalo suruh milihpun dr PS, Evie dan fortie , ane milih fortie. masalah perfomance ...
saya rasa ndak terlalu penting di mata awam .
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by mandala1 »

Captivated wrote:ada tred fortie vs ps vs evie ga yak?
yuuuukkkk dibikin.....dibikin........ :e-dance: :mrgreen:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by GTR »

campoeran wrote:Lagian dimana2 market leader selalu kek gitu
liat aja CRV
kalo dibanding ama captiva dan xtrail , jauh kan tp kenapa org ttp banyak milih CRV ?

ndak usah jelek2in merek dah, sensi :).
milih mobil ndak tergantung dr fitur juga kok, ada orang yg beli mmg karena merek juga
ironis memang, tapi itulah keadaan market. Dimana2 marketleader selalu jual lbh tinggi dan mgkn dengan fitur yg sama bahkan lbh bawah dr kompetitor.

kalo suruh milihpun dr PS, Evie dan fortie , ane milih fortie. masalah perfomance ...
saya rasa ndak terlalu penting di mata awam .
betul, ada segi subyektif untuk market leader terutama di indo.
tapi bisa juga saling bahas faktor2 obyektif nya...