Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
papinski wrote: Thu Mar 15, 2018 13:24
Dear SMers,
Mau tanya, aki mobil saya type basah, MF merk Amaron 90 mA
Beli bulan Februari 2014, sampai hari ini umur 4 tahun lebih indikatormya masih hijau.
Dipasang di sedan matic, setiap hari jalan terus, setiap stater tokcer terus, kelistrikan tape dan lampu2 standar.
Pertanyaanya, kalau udah 4 tahun gitu, mengingat mobil matic, perlu ganti aki baru gak ya? berpengaruh ke ECU mesin gak ya?
thanks
Gak kok.
Kalo mau ditest kesehatannya bisa ditest pake alatnya buat ngukur konduktivitas (internal resistance dr aki tsb). Kalo mau lebih ok lagi, beli charger yang bagus buat kadang dicharge sampai full. Di Ace terakhir kali liat harganya 1jt lbh dikit.
Aki sedan saya sudah 7 tahun masih ok-ok aja di bagasi). Kalo akinya di kap mesin, ya kalo bisa lebih dari 4 tahun mantep dah.
Beli cable jumper saja. Biar jika mogok bisa jumper.
Mobil matic wajib sedia cable jumper.
Jgn beli aki portable yg bs buat jumper, percuma saja.
Belum di pakai sudah keburu soak.
Dana 1 aki portable bs beli beberapa set cable jumper
tutorial paling sederhana menguras aki:
- buang air aki
- isi dengan air hangat, kocok2 dan buang (beberapa kali sampai kotoran hilang)
- tiriskan beberapa jam
- isi lagi dengan aki zuur yang bagus
- charging
daftar wrote: Fri Mar 16, 2018 3:42
kalo nggak yakin dikuras aja,
tutorial paling sederhana menguras aki:
- buang air aki
- isi dengan air hangat, kocok2 dan buang (beberapa kali sampai kotoran hilang)
- tiriskan beberapa jam
- isi lagi dengan aki zuur yang bagus
- charging
lumayan bisa nambah usia aki
Sy pernah coba
Lumayan nambah 2 mingguan
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
daftar wrote: Fri Mar 16, 2018 3:42
kalo nggak yakin dikuras aja,
tutorial paling sederhana menguras aki:
- buang air aki
- isi dengan air hangat, kocok2 dan buang (beberapa kali sampai kotoran hilang)
- tiriskan beberapa jam
- isi lagi dengan aki zuur yang bagus
- charging
lumayan bisa nambah usia aki
Sy pernah coba
Lumayan nambah 2 mingguan
saya pernah lakukan di aki yang drop, sampai 9 bulan saya pakai masih jreng. bersihinnya pake cairan karbol. iseng aja dulu, gataunya bisa
Kalo suka servis di bengkel resmi atau bengkel yg alat2nya lengkap, coba aja minta skalian cek aki. Kalo bengkelnya lengkap, ada alatnya khusus. Nanti hasilnya kira2 begini
IMG_20180316_202736.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
danielkt wrote: Fri Mar 16, 2018 10:51
Dicek dulu om, kalau punya multimeter bisa sendiri.
Kondisi mesin mati tegangan mesti > 12.5 V, setelah mesin nyala mesti > 13 dan < 14.5.
Kalau di beres, mereka cek waktu starter juga, voltasenya mesti > 9V kalau ga salah... ini tergantung merek mobil & kapasitas aki juga
btw, aki mobil sy malah ada yg > 10 tahun malah belum ganti.. bisa awet begitu karena lokasi aki nya di bagasi (less heat)
Tes multimeter awal yang baik.
Tapi dia ga ada load test yang hitung ketika dikasih beban motor starter. Shop n Drive dan kroninya punya, kalo cek doang ga dikenai biaya.