W210 - W140 - W123
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 285
- Joined: Fri Mar 13, 2015 4:14
W210 - W140 - W123
Hi all, lagi timbang2 untuk coba "invest" ambil merc untuk weekend car nih.....budget sekitar 100-200jt sudah termasuk repair
Ada 3 hal yang jadi kriteria utama:
1. Driving pleasure
Karena wiken jadi akan di setir sendiri, fokus utama saya bukan di speed, tapi lebih di feel dan kenyamanan. Tampilan juga jadi nilai plus, rencana sih paling akan ganti velg pake 19".
2. Low maintenance / high reliability,
Saya ngga banyak waktu dan ngga suka ngebengkel sering2....kalo hanya untuk ngerapiin pertama sih masih ok lah. Makin gampang dirawat dan makin murah harga parts nya akan makin baik.
3. Future value
Mobil mungkin akan dimiliki untuk jangka waktu cukup lama (5 tahun plus), apakah dari ketiga opsi itu harga masih akan turun jauh? ataukah malah ada kemungkinan untuk appreciate?
Ada 3 kandidat juga (mulai dari paling tua):
1. W123 (280E)
Secara model sih sebetulnya paling kurang suka, tapi untuk kriteria no.3 mungkin paling ok ya? Saya baca di thread lain katanya sasisnya banyak yang sudah rekondisi?
Harga kalo lihat di OLX bervariasi banget mulai dari 40jt - 150jt, apakah memang begitu?
2. W140 (S320)
Secara kenyamanan harusnya akan jadi paling ok ya....tapi agak concern dengan kriteria no.2, seberapa susah dan mahal kah ngerawat mobil ini? Harga di web juga bervariasi mulai dari 100jt-180jt
3. W210 (E320)
Secara model saya paling suka ini sih, tapi temen bilang dibawanya biasa aja, jauh sama W140. Untuk kriteria no.2 apakah ada yang bisa kasih opini untuk W210 ini?
Terus terang dari ketiga mobil ini belum pernah ada yang saya coba, pengalaman saya setir mobil Jerman semuanya BMW (kebetulan om ada yang hobi)
Yang ingin saya tanyakan:
1. Menurut rekan2 dari 3 seri di atas yang manakah yang paling ok berdasarkan 3 kriteria saya? Lalu type manakah dari seri tersebut yang paling recommended?
2. Berhubung ini mobil untuk main2, jadi sama sekali ngga ada urgensi nya karena untuk harian kebetulan sudah ada 2 mobil lain.....andaikan saya bisa spare sekitar 100jt per tahun untuk tambahan dana main2, apakah lebih baik saya nabung sebentar lagi dan ambil W212 (E300) atau W212 coupe (E350)?
Ada 3 hal yang jadi kriteria utama:
1. Driving pleasure
Karena wiken jadi akan di setir sendiri, fokus utama saya bukan di speed, tapi lebih di feel dan kenyamanan. Tampilan juga jadi nilai plus, rencana sih paling akan ganti velg pake 19".
2. Low maintenance / high reliability,
Saya ngga banyak waktu dan ngga suka ngebengkel sering2....kalo hanya untuk ngerapiin pertama sih masih ok lah. Makin gampang dirawat dan makin murah harga parts nya akan makin baik.
3. Future value
Mobil mungkin akan dimiliki untuk jangka waktu cukup lama (5 tahun plus), apakah dari ketiga opsi itu harga masih akan turun jauh? ataukah malah ada kemungkinan untuk appreciate?
Ada 3 kandidat juga (mulai dari paling tua):
1. W123 (280E)
Secara model sih sebetulnya paling kurang suka, tapi untuk kriteria no.3 mungkin paling ok ya? Saya baca di thread lain katanya sasisnya banyak yang sudah rekondisi?
Harga kalo lihat di OLX bervariasi banget mulai dari 40jt - 150jt, apakah memang begitu?
2. W140 (S320)
Secara kenyamanan harusnya akan jadi paling ok ya....tapi agak concern dengan kriteria no.2, seberapa susah dan mahal kah ngerawat mobil ini? Harga di web juga bervariasi mulai dari 100jt-180jt
3. W210 (E320)
Secara model saya paling suka ini sih, tapi temen bilang dibawanya biasa aja, jauh sama W140. Untuk kriteria no.2 apakah ada yang bisa kasih opini untuk W210 ini?
Terus terang dari ketiga mobil ini belum pernah ada yang saya coba, pengalaman saya setir mobil Jerman semuanya BMW (kebetulan om ada yang hobi)
Yang ingin saya tanyakan:
1. Menurut rekan2 dari 3 seri di atas yang manakah yang paling ok berdasarkan 3 kriteria saya? Lalu type manakah dari seri tersebut yang paling recommended?
2. Berhubung ini mobil untuk main2, jadi sama sekali ngga ada urgensi nya karena untuk harian kebetulan sudah ada 2 mobil lain.....andaikan saya bisa spare sekitar 100jt per tahun untuk tambahan dana main2, apakah lebih baik saya nabung sebentar lagi dan ambil W212 (E300) atau W212 coupe (E350)?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1052
- Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
- Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Re: W210 - W140 - W123
kalo ane bilang, kalo mau motuba merc, starterpack ya W124 aja, 300E atau 320E Sport Line (bisa masterpiece lebih bagus), 220E borosny kata bbrp beti ama 300E, tenaga beda jauh, kalo lebih niat lagi ya 300CE soalnya ane liat ts kalo nabung bisa dapet W212
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2022 Mitsubishi Xpander Cross CVT
2022 Mitsubishi Xpander Cross CVT
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 285
- Joined: Fri Mar 13, 2015 4:14
Re: W210 - W140 - W123
Boros buat saya ngga terlalu masalah sih karena hanya dipake untuk wiken....
Kalo 300CE rasanya sudah tinggi banget ya harganya....untuk coba2 masih agak takut budget nya....
Kalo 300CE rasanya sudah tinggi banget ya harganya....untuk coba2 masih agak takut budget nya....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: W210 - W140 - W123
yg bertahan dr 3 itu ya w140 dan w123 asal :
- originalitas nya bs dipertanggung jawabkan (jok jgn di retrim, fitur msh berfungsi smua, blm ad keropos, matic bukan rombakan, tdk dimodif yg salah aliran)
- Agak males kebengkel ? ini yg repot trutama kalau mau w123 ini butuh ketelatelan ngerawatnya dan part juga sdh masuk classic merc yg hrg nya kadang g masuk akal walaupun msh mudah didapat
W210 buat invest bagus kalau tipe wagon (dan smua tipe wagon mercy hrgnya bertahan rata2).
w140 hrgnya bertahan compare sama tipe setelahnya w220 yg skrg turun trus hrgnya, msh byk simpenan yg kondisinya sangat apik untuk w140. Kalau mau simple rawatannya ambil s320 engine M104, kalau berani sekalian nyebur yg v12 s600L dijamin kl dpt barang superb puas.
- originalitas nya bs dipertanggung jawabkan (jok jgn di retrim, fitur msh berfungsi smua, blm ad keropos, matic bukan rombakan, tdk dimodif yg salah aliran)
- Agak males kebengkel ? ini yg repot trutama kalau mau w123 ini butuh ketelatelan ngerawatnya dan part juga sdh masuk classic merc yg hrg nya kadang g masuk akal walaupun msh mudah didapat
W210 buat invest bagus kalau tipe wagon (dan smua tipe wagon mercy hrgnya bertahan rata2).
w140 hrgnya bertahan compare sama tipe setelahnya w220 yg skrg turun trus hrgnya, msh byk simpenan yg kondisinya sangat apik untuk w140. Kalau mau simple rawatannya ambil s320 engine M104, kalau berani sekalian nyebur yg v12 s600L dijamin kl dpt barang superb puas.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 285
- Joined: Fri Mar 13, 2015 4:14
Re: W210 - W140 - W123
Untuk engine M104 ini yang keluaran tahun berapa ya pak? Saya lihat rata2 jual barang ATPM tahun 97-98 sih yah....marama wrote: Mon Mar 05, 2018 4:04 yg bertahan dr 3 itu ya w140 dan w123 asal :
- originalitas nya bs dipertanggung jawabkan (jok jgn di retrim, fitur msh berfungsi smua, blm ad keropos, matic bukan rombakan, tdk dimodif yg salah aliran)
- Agak males kebengkel ? ini yg repot trutama kalau mau w123 ini butuh ketelatelan ngerawatnya dan part juga sdh masuk classic merc yg hrg nya kadang g masuk akal walaupun msh mudah didapat
W210 buat invest bagus kalau tipe wagon (dan smua tipe wagon mercy hrgnya bertahan rata2).
w140 hrgnya bertahan compare sama tipe setelahnya w220 yg skrg turun trus hrgnya, msh byk simpenan yg kondisinya sangat apik untuk w140. Kalau mau simple rawatannya ambil s320 engine M104, kalau berani sekalian nyebur yg v12 s600L dijamin kl dpt barang superb puas.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3058
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: W210 - W140 - W123
malah sy blm pernah denger w123 rekonsisi sasis, yg sasis di rekondisi itu W115/W114 mercy mini
kalau untuk W123 280E buat future invest ya lebih enak cari yg matic, interior wool, cuma ada tahun 86. mau bemper lampu amrik dll ga terlalu peduli asal barang bagus.. belum lama 1-2 tahun kmrn ada org bali angkut tiger matic 86 jok palomino wool km 100rb, mulush bgt 375jt.. enak di bawa sendiri mbl ini dan ga terlalu pusing masalah elektrik.
kalau untuk W140 bisa aja buat invest harga ga turun2 bgt, tp cari mbl ini harus pelan2 cari yg full option. mau aman cr S320L tp tenaga yaudah, enak kl bs dpt S500L, pusing bensin kalo cr yg S600L. enakan disupirin dan bobo aja di belakang kl naik mbl ini.
kalau untuk W210 E320, harga masih bisa jatuh lg, mbl enak daleman luas, tp bawanya emang biasa aja. mbl masih enak dibawa sendiri, kalo emg mau cari W210 rumusnya sih cari mesin besar (320 cukup), trim avantgarde full option atau seengakny opsi banyak, standaran. kalo bs cr yg facelift (2000-2001 keatas)
kalo mau serius sih di indo mau invest mercy ya cari station wagon, coupe/cabrio atau G-class.
kalau untuk W123 280E buat future invest ya lebih enak cari yg matic, interior wool, cuma ada tahun 86. mau bemper lampu amrik dll ga terlalu peduli asal barang bagus.. belum lama 1-2 tahun kmrn ada org bali angkut tiger matic 86 jok palomino wool km 100rb, mulush bgt 375jt.. enak di bawa sendiri mbl ini dan ga terlalu pusing masalah elektrik.
kalau untuk W140 bisa aja buat invest harga ga turun2 bgt, tp cari mbl ini harus pelan2 cari yg full option. mau aman cr S320L tp tenaga yaudah, enak kl bs dpt S500L, pusing bensin kalo cr yg S600L. enakan disupirin dan bobo aja di belakang kl naik mbl ini.
kalau untuk W210 E320, harga masih bisa jatuh lg, mbl enak daleman luas, tp bawanya emang biasa aja. mbl masih enak dibawa sendiri, kalo emg mau cari W210 rumusnya sih cari mesin besar (320 cukup), trim avantgarde full option atau seengakny opsi banyak, standaran. kalo bs cr yg facelift (2000-2001 keatas)
kalo mau serius sih di indo mau invest mercy ya cari station wagon, coupe/cabrio atau G-class.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: W210 - W140 - W123
M104 kl bicara di indonesia kluar mulai th 93stealthy wrote: Mon Mar 05, 2018 4:36
Untuk engine M104 ini yang keluaran tahun berapa ya pak? Saya lihat rata2 jual barang ATPM tahun 97-98 sih yah....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1624
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: W210 - W140 - W123
kalau mau kumpul2 nambah 100jt / th w212 coupe kayaknya susah buat turun ke range 300an tahun depan, kecuali nabung 2 th nambah 200 lg mungkin 2 th lagi bisa ketemu budgetnya saat pasarannya 400an
buat budget kyk gini ini sy lbh prefer ke generasi mercy kotak kyk w124 sportline , w140 ,c124 kalau mau yg enak buat nyetir weekend ya jgn lirik w140
buat budget kyk gini ini sy lbh prefer ke generasi mercy kotak kyk w124 sportline , w140 ,c124 kalau mau yg enak buat nyetir weekend ya jgn lirik w140
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 163
- Joined: Tue Jul 19, 2016 15:22
Re: W210 - W140 - W123
Kenapa ga w124 om? Kalo dibandingkan w210 lebih simpel dan spare part juga murah. W124 juga kuat diisi premium lho
. Sepertinya budget segitu bisa dapet top of the linenya, yaitu e320 sportline masterpiece. Kalo budgetnya ditambahin dikit (nabung dulu), 300ce yang gantengnya timeless dan harganya nahan banget bisa dapet.

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 285
- Joined: Fri Mar 13, 2015 4:14
Re: W210 - W140 - W123
oo malah banyak yang nyaranin W124 ya.....
entah kenapa kok buat saya pribadi kurang kepengen W124 aja....ngga ada penjelasan yang logis sih.....mungkin karena di generasi yang sama saya comparenya ke W140 ya....
entah kenapa kok buat saya pribadi kurang kepengen W124 aja....ngga ada penjelasan yang logis sih.....mungkin karena di generasi yang sama saya comparenya ke W140 ya....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 413
- Joined: Mon Jun 18, 2012 7:22
Re: W210 - W140 - W123
W140. Kok ane yakin untuk future value w140 bakal lebih tinggi dari w123 ya. Tinggal item perawatannya aja nih yv masih tanda tanya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 617
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: W210 - W140 - W123
Mau aman main 140 siapin aja budget 200an mas, jadi ngebangunnya enak dan makenya puas. S320l enak kok, sekedar jakarta-semarang mah enak, perhatiin part slow moving aja. Nyarinya susah, mesen dari luar capek, pengalaman ketabrak motor spion kanan tilpun sana sini ga ada yg nyetok he he
Kalo perawatannya ya he he he juga he he he
Kalo perawatannya ya he he he juga he he he
Ron Asheton Forever
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11868
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: W210 - W140 - W123
imo, punya merkedes itu cukup satu saja. tidak usah berlebihan.
satu unit w210.
satu unit w140.
satu unit w 123.
satu unit w124.
satu unit w126.
satu unit w210.
satu unit w140.
satu unit w 123.
satu unit w124.
satu unit w126.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3058
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: W210 - W140 - W123
Kalo ada dana main tambahan 100 jt pertahun ambil w212 atau w207 ga akan appreciated in value nurut ane karena hari gini beli mercy coupe cabrio gampang, punya uang tinggal ke dealer, ready stock bs jadi
Beda sama merc coupe cabrio zaman dulu, ada duit blm tentu ready um..
Kalo ada dana tambahan segitu sih.. mendig ambil c250 w204.. harga jg kalo turun ga akan banyak2 bgt sih malah 2 taun belakangan agak stagnan
Beda sama merc coupe cabrio zaman dulu, ada duit blm tentu ready um..
Kalo ada dana tambahan segitu sih.. mendig ambil c250 w204.. harga jg kalo turun ga akan banyak2 bgt sih malah 2 taun belakangan agak stagnan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1052
- Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
- Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Re: W210 - W140 - W123
siap bosmarmut wrote: Mon Mar 05, 2018 15:16 imo, punya merkedes itu cukup satu saja. tidak usah berlebihan.
satu unit w210.
satu unit w140.
satu unit w 123.
satu unit w124.
satu unit w126.

2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2022 Mitsubishi Xpander Cross CVT
2022 Mitsubishi Xpander Cross CVT
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 235
- Joined: Tue Nov 18, 2014 1:58
Re: W210 - W140 - W123
Kalo saran Hammond, salah satu future classic ya W201. Saya setuju sih, mobil cantik nih
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7655
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: W210 - W140 - W123
apapun bole asalkan coupe ...... kalo wang blm cukup skrg ini ya di cukupin dulu jgn paksa n nantinya malah kecewa sendiri ..... maksut mau tanam pohon wang malah dpt pohon mangga
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Fri May 13, 2016 2:22
- Location: Bekasi
Re: W210 - W140 - W123
W124 Coupe, 300 CE
Kayanya masuk bujetnya
Kayanya masuk bujetnya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Wed Dec 28, 2016 14:30
Re: W210 - W140 - W123
kalo mau investasi mercedes sih rumusnya ambil yg pintunya dikit (coupe/convertible) atau yang jendelanya banyak (wagon)... jangan digabung soalnya nanti malah jadi bus akap. atau kalau adanya 4 door ya ambil yang jarang banget macam w201 atau w202 c36 amg misalnya.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 285
- Joined: Fri Mar 13, 2015 4:14
Re: W210 - W140 - W123
farizfsa wrote: Mon Mar 05, 2018 15:27 Kalo ada dana main tambahan 100 jt pertahun ambil w212 atau w207 ga akan appreciated in value nurut ane karena hari gini beli mercy coupe cabrio gampang, punya uang tinggal ke dealer, ready stock bs jadi
Beda sama merc coupe cabrio zaman dulu, ada duit blm tentu ready um..
Kalo ada dana tambahan segitu sih.. mendig ambil c250 w204.. harga jg kalo turun ga akan banyak2 bgt sih malah 2 taun belakangan agak stagnan
Saya multi quote om Fariz & om NR yah.....saya juga pikir kalo coupe harganya akan nahan, tapi kok agak setuju juga dengan comment om Fariz soal sekarang gampang beli coupe, apakah harganya juga akan nahan kaya "coupe jaman dulu?"newrubble wrote: Mon Mar 05, 2018 20:09 apapun bole asalkan coupe ...... kalo wang blm cukup skrg ini ya di cukupin dulu jgn paksa n nantinya malah kecewa sendiri ..... maksut mau tanam pohon wang malah dpt pohon mangga
Contoh case:
1. Boxster atau Cayman tua rasanya tetep turun harganya, 500jt sudah bisa dapet yang model 986....apakah seri 981 akan bernasib sama?
2. BMW M3 E92 kalo ada yang jual masih di harga 1.4M an, harga yang sama bisa dapet M4 yang lebih baru dan lebih baik dalam segala hal (except reliability mungkin?)
Dari 2 contoh di atas, apakah sekarang rumusnya jadi bukan hanya coupe, tapi harus cari juga yang unit nya sedikit ya? Kalo iya, mungkin mendingan nabung E350 coupe W207 kali ya? lebih jarang unitnya.
Dulu temen bokap pernah beli 300CE yang 24 valve.....sekarang 300CE yang 12 valve aja masih pada jual 250jt....ga kebayang berapa duit yang 24 valve nya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3058
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: W210 - W140 - W123
cmiiwstealthy wrote: Tue Mar 06, 2018 3:38farizfsa wrote: Mon Mar 05, 2018 15:27 Kalo ada dana main tambahan 100 jt pertahun ambil w212 atau w207 ga akan appreciated in value nurut ane karena hari gini beli mercy coupe cabrio gampang, punya uang tinggal ke dealer, ready stock bs jadi
Beda sama merc coupe cabrio zaman dulu, ada duit blm tentu ready um..
Kalo ada dana tambahan segitu sih.. mendig ambil c250 w204.. harga jg kalo turun ga akan banyak2 bgt sih malah 2 taun belakangan agak stagnanSaya multi quote om Fariz & om NR yah.....saya juga pikir kalo coupe harganya akan nahan, tapi kok agak setuju juga dengan comment om Fariz soal sekarang gampang beli coupe, apakah harganya juga akan nahan kaya "coupe jaman dulu?"newrubble wrote: Mon Mar 05, 2018 20:09 apapun bole asalkan coupe ...... kalo wang blm cukup skrg ini ya di cukupin dulu jgn paksa n nantinya malah kecewa sendiri ..... maksut mau tanam pohon wang malah dpt pohon mangga
Contoh case:
1. Boxster atau Cayman tua rasanya tetep turun harganya, 500jt sudah bisa dapet yang model 986....apakah seri 981 akan bernasib sama?
2. BMW M3 E92 kalo ada yang jual masih di harga 1.4M an, harga yang sama bisa dapet M4 yang lebih baru dan lebih baik dalam segala hal (except reliability mungkin?)
Dari 2 contoh di atas, apakah sekarang rumusnya jadi bukan hanya coupe, tapi harus cari juga yang unit nya sedikit ya? Kalo iya, mungkin mendingan nabung E350 coupe W207 kali ya? lebih jarang unitnya.
Dulu temen bokap pernah beli 300CE yang 24 valve.....sekarang 300CE yang 12 valve aja masih pada jual 250jt....ga kebayang berapa duit yang 24 valve nya.
nurut ane hampir setiap mbl pasti akan depreciate in value. sampe ke titik terendah, bisa jadi stagnan atau naik kl mbl tersebut di kalangan umum di anggep bagus dan rare. kalo ga salah 300CE dulu itu salah satu mbl termahal yg dijual resmi di Indonesia. ekonomi jg biasa2 aja jd yg beli mbl begituan sugih.
kalo memang lg pas waktunya dan hype ya harga mbl nya naik ga karuan
contoh G-class 5-8 tahun lalu, siapa yg mau beli? 280GE laku 100 jt jg alhamdulillah.. skrg yg biasa2 aja udah 200-250, kalo yg G300 gausah omong, mahal bgt hehe
SL-class R129 dulu masih bisa 300, skrg 600-700, udah lebih mahal drpd SL R230 yg skrg "cuma" 500an tp sy yakin SL R230 akan naik beberapa tahun kedepan.
ada sih mbl-mobil biasa yg harganya naik ga karuan, contohnya holden premiere dan statesman, dulu 10-15 juta juga dapet, skrg 10x lipetnya.
tp kalo cuma pilihannya diatas ane pilih mercy tiger 280e matic tahun 86. lady gaga aja pake wkwkk setir sendiri lg
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36
Re: W210 - W140 - W123
Wajar kalau mobil baru/modern (walaupun coupe) ada depresiasi
mau porsche, bmw, merc, atau ordinary ferrari (f458 italia, california T, dll) pasti ada depresiasi
Tapi mobil2 aneh tersebut punya harga bertahannya masing2, berdasarkan rarity dan lain2
Misalnya kita ga akan nemu porsche di bawah 100jt
Bahkan suv seperti cayenne 2004 pun sy lihat pasarannya ga turun, masih sekitar 300-400jt
mau porsche, bmw, merc, atau ordinary ferrari (f458 italia, california T, dll) pasti ada depresiasi
Tapi mobil2 aneh tersebut punya harga bertahannya masing2, berdasarkan rarity dan lain2
Misalnya kita ga akan nemu porsche di bawah 100jt
Bahkan suv seperti cayenne 2004 pun sy lihat pasarannya ga turun, masih sekitar 300-400jt
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7655
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: W210 - W140 - W123
dlm menyimpan coupe tua maupun yg tdk tua tua skali itu spt main saham ...... akan alami fluctuation n harga akan abis dulu sampai dianggap tdk ada harganya ....
sy thn 90 pernah jual w113 (pagoda) 1969 230sl seharga rp 18juta krn wkt itu cuma sgitu (kalo tdk percaya ya tdk apa) atau c114 (250c)'thn 90 cuma ada di harga rp 2.5 juta n sy tdk jual pd thn sgitu tapi pd thn 2000 (rp 75 juta) ..... w460 lwb thn 2005 kalo ada yg bs jual kondisi biasa sj seharga rp 90 juta sdh hebat skali krn byk yg jual dlm range rp 50 juta - 75 juta sementara swb sdh rp 250 juta
kalo tdk sanggup bgt lbh baik jangan
tinggal skrg silakan tanya diri sendiri ......
mau beli benz u keep lama sbg investment
atau
mau beli bekas benz yg murah n skali kali di pake tdk peduli future value brapa
sy thn 90 pernah jual w113 (pagoda) 1969 230sl seharga rp 18juta krn wkt itu cuma sgitu (kalo tdk percaya ya tdk apa) atau c114 (250c)'thn 90 cuma ada di harga rp 2.5 juta n sy tdk jual pd thn sgitu tapi pd thn 2000 (rp 75 juta) ..... w460 lwb thn 2005 kalo ada yg bs jual kondisi biasa sj seharga rp 90 juta sdh hebat skali krn byk yg jual dlm range rp 50 juta - 75 juta sementara swb sdh rp 250 juta
kalo tdk sanggup bgt lbh baik jangan
tinggal skrg silakan tanya diri sendiri ......
mau beli benz u keep lama sbg investment
atau
mau beli bekas benz yg murah n skali kali di pake tdk peduli future value brapa
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7655
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: W210 - W140 - W123
smua holden hj hq dan apapun brand itu sampe thn 2005 bgt byk yg brahir di injak injak bigfoots nya yuma (kec holden monaro dan torana gt sy blm pernah liat atau dengar yuma ratakan dgn bigfoots)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 285
- Joined: Fri Mar 13, 2015 4:14
Re: W210 - W140 - W123
[/quote]
cmiiw
nurut ane hampir setiap mbl pasti akan depreciate in value. sampe ke titik terendah, bisa jadi stagnan atau naik kl mbl tersebut di kalangan umum di anggep bagus dan rare. kalo ga salah 300CE dulu itu salah satu mbl termahal yg dijual resmi di Indonesia. ekonomi jg biasa2 aja jd yg beli mbl begituan sugih.
kalo memang lg pas waktunya dan hype ya harga mbl nya naik ga karuan
contoh G-class 5-8 tahun lalu, siapa yg mau beli? 280GE laku 100 jt jg alhamdulillah.. skrg yg biasa2 aja udah 200-250, kalo yg G300 gausah omong, mahal bgt hehe
SL-class R129 dulu masih bisa 300, skrg 600-700, udah lebih mahal drpd SL R230 yg skrg "cuma" 500an tp sy yakin SL R230 akan naik beberapa tahun kedepan.
ada sih mbl-mobil biasa yg harganya naik ga karuan, contohnya holden premiere dan statesman, dulu 10-15 juta juga dapet, skrg 10x lipetnya.
tp kalo cuma pilihannya diatas ane pilih mercy tiger 280e matic tahun 86. lady gaga aja pake wkwkk setir sendiri lg
[/quote]
Setuju om Fariz.....makanya justru lagi coba menimba ilmu nih kira2 dari 3 opsi di atas itu....balancing antara kenikmatan pemakaian, potensi untuk naik (atau at least udah mentok harganya), dan juga yang ngga bikin pusing perawatannya.
E350 coupe W207 saya sudah ngikutin harga bekas nya memang cenderung stabil di 500an sih.....tapi ya kalo memang stabil disitu mudah2an yang facelift nya akan steadily depreciating mendekati angka itu sambil nunggu nanti duit main2 nya cukup....atau ya kalo bisa beli dulu sekarang yang di harga 100-200 dan sudah mentok depresiasinya, nanti kan kalo ada budget tinggal dijual untuk upgrade.
Gitu sih kurang lebih pemikirannya.
cmiiw
nurut ane hampir setiap mbl pasti akan depreciate in value. sampe ke titik terendah, bisa jadi stagnan atau naik kl mbl tersebut di kalangan umum di anggep bagus dan rare. kalo ga salah 300CE dulu itu salah satu mbl termahal yg dijual resmi di Indonesia. ekonomi jg biasa2 aja jd yg beli mbl begituan sugih.
kalo memang lg pas waktunya dan hype ya harga mbl nya naik ga karuan
contoh G-class 5-8 tahun lalu, siapa yg mau beli? 280GE laku 100 jt jg alhamdulillah.. skrg yg biasa2 aja udah 200-250, kalo yg G300 gausah omong, mahal bgt hehe
SL-class R129 dulu masih bisa 300, skrg 600-700, udah lebih mahal drpd SL R230 yg skrg "cuma" 500an tp sy yakin SL R230 akan naik beberapa tahun kedepan.
ada sih mbl-mobil biasa yg harganya naik ga karuan, contohnya holden premiere dan statesman, dulu 10-15 juta juga dapet, skrg 10x lipetnya.
tp kalo cuma pilihannya diatas ane pilih mercy tiger 280e matic tahun 86. lady gaga aja pake wkwkk setir sendiri lg
[/quote]
Setuju om Fariz.....makanya justru lagi coba menimba ilmu nih kira2 dari 3 opsi di atas itu....balancing antara kenikmatan pemakaian, potensi untuk naik (atau at least udah mentok harganya), dan juga yang ngga bikin pusing perawatannya.
E350 coupe W207 saya sudah ngikutin harga bekas nya memang cenderung stabil di 500an sih.....tapi ya kalo memang stabil disitu mudah2an yang facelift nya akan steadily depreciating mendekati angka itu sambil nunggu nanti duit main2 nya cukup....atau ya kalo bisa beli dulu sekarang yang di harga 100-200 dan sudah mentok depresiasinya, nanti kan kalo ada budget tinggal dijual untuk upgrade.
Gitu sih kurang lebih pemikirannya.