Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
PRBS wrote: Thu Mar 01, 2018 7:44
Lebih tricky lagi buat mobil yg handbrakenya di kaki (footbrake) such as freed, camry, serena, etc..
Kalo serena, udah sistemnya footbrake, ga punya HSA pula hahaha.. kalau posisi lagi dikemang (ada tanjakan curam yg menuju antasari), dan posisi lagi berhenti.. wah sangat ribet..
Injek pedal footbrake -> ubah posisi N untuk masuk ke gear D/L - (sambil dirasa mobil bergerak maju) - baru lepas footbrake..
Ribet.
hmm..kbtln sy dsni lg pk mbl yg menganut foot brake..
kl sy sih mlh lbh konsen ya, krn tiap bagian dah jelas fungsinya..tgn kiri cm buat gear, kaki kiri cmn buat foot brake, kaki kanan gas& rem.
jd flow nya : tgn kiri pindahin gear k D -> kaki kiri mulai injak footbrake unutk lepas lock = kaki kanan mulai injak gas dikit -> kaki kiri lepas..
ya ini mslh kbiasaan aja sih..kl dah biasa ya sma aja..
Yes yes yes.
Maksud saya seperti itu sequencenya.. cuma kesannya kaki kiri dan kanan sibuk bgt hahaha.. dulu 2015 awal2 pakai mobil sistem footbrake, agak lucu aja.
Apalagi serena kalau footbrake di unlock, ada bunyi “CEKLEEKK” lumayan kenceng. Jadi terlihat ramai..
momodgalakk wrote:
IMHO
HSA cocok buat yg baru belajar nyetir mobil, membantu sekali. tapi klo profesional driver ga begitu butuh, lebih menantang maen kecepatan kaki dari rem ke gas
Mantap om..
Cuma kayaknya kalo professional driver tidak akan ambil resiko yang tidak perlu. Lebih baik tarik hand brake dan lepas pelan2 sambil gas dan lepas kopling..
Kalo pamer driver mungkin perlu pamer kecepatan kaki dan tangan sih..
yes sepakat, banyak caranya tanpa bantuan HSA. tapi ANT lepas stengah kopling dah mayan bantu kok buat berenti di tanjakan, ga perlu hand breake, kecuali curam banget ya
Bukannya profesional driver seharusnya justru mengerti kegunaan dari piranti yang ada di mobil om.
Fungsi kopling adalah penerus daya dari mesin ke penggerak/roda, bukan sebagai penahan berat beban mobil.
Nah berguna banget tuh kalo mobil ujian SIM nya udah ada HSA.
Pas dulu ogut bikin SIM, mobil ujiannya APV, disuruhnya berenti di tanjakan trs maju lg, karena kebetulan udah kebiasaan Heel n toe, jd ngga pake handbrake deh waktu itu. injek rem trs pindahin ke netral, lepas injekan kopling.
Pas mau jalan lg ya injek kopling, masukin gear 1, langsung heel n toe deh.
Petugas ujiannya malah nanya belajar Heel n toe darimana.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Nah berguna banget tuh kalo mobil ujian SIM nya udah ada HSA.
Pas dulu ogut bikin SIM, mobil ujiannya APV, disuruhnya berenti di tanjakan trs maju lg, karena kebetulan udah kebiasaan Heel n toe, jd ngga pake handbrake deh waktu itu. injek rem trs pindahin ke netral, lepas injekan kopling.
Pas mau jalan lg ya injek kopling, masukin gear 1, langsung heel n toe deh.
Petugas ujiannya malah nanya belajar Heel n toe darimana.
Beda ya. Kalau dulu saya berhenti, handbrake, dan mesin dimatikan. Kedua kaki harus lepas dari pedal dan angkat kedua tangan dulu.
Baru lanjut hidupkan mobil dan jalan lagi.
Wistuwis wrote: Fri Mar 02, 2018 4:27
Bukannya profesional driver seharusnya justru mengerti kegunaan dari piranti yang ada di mobil om.
Fungsi kopling adalah penerus daya dari mesin ke penggerak/roda, bukan sebagai penahan berat beban mobil.
Ini buat kondisi kalo berentinya sebentar2 sih om, misal padat merayap di tanjakan. Kalo berhenti agak lama ya tetep pake rem tangan om
papinski wrote: Thu Mar 01, 2018 1:59
Berikut kutipan tentang Hill Start Assist menurut Kompas.com:
"HSA adalah sebuah fitur yang membantu mobil agar tidak mundur saat tengah menanjak. Lahirnya fitur ini dilatarbelakangi kasus mobil yang tiba-tiba mundur ke belakang saat berhenti di tanjakan."
pertanyaannya, kalau untuk mobil transmisi Matic, buat apa fitur ini ya?
karena kalau maticnya sehat, di tanjakanpun dari N ke D harusnya kendaraan tidak mundur ke belakang kan?
mohon pemahaman dari senior2
Kalau di Diesel (dgn torsi besar) memang bener Om, malah kalau tanjakan gaq gitu curam, ANF saya lepas rem lgsg maju atau yg extreme banget nahan. CMIIW di diesel jd gak guna.
Beda kalau saya pake mobil bensin (tanpa HSA), lepas rem kalau curam pasti mundur.
papinski wrote: Thu Mar 01, 2018 1:59
Berikut kutipan tentang Hill Start Assist menurut Kompas.com:
"HSA adalah sebuah fitur yang membantu mobil agar tidak mundur saat tengah menanjak. Lahirnya fitur ini dilatarbelakangi kasus mobil yang tiba-tiba mundur ke belakang saat berhenti di tanjakan."
pertanyaannya, kalau untuk mobil transmisi Matic, buat apa fitur ini ya?
karena kalau maticnya sehat, di tanjakanpun dari N ke D harusnya kendaraan tidak mundur ke belakang kan?
mohon pemahaman dari senior2
Kalau di Diesel (dgn torsi besar) memang bener Om, malah kalau tanjakan gaq gitu curam, ANF saya lepas rem lgsg maju atau yg extreme banget nahan. CMIIW di diesel jd gak guna.
Beda kalau saya pake mobil bensin (tanpa HSA), lepas rem kalau curam pasti mundur.
paling seru klo ditanjakan melingkar kaya CP, ambas,neo soho dan kawan2nya.
terus padat merayap ganteng, skill driver baru maen tuh,apalagi klo manual, jos tenan mantap
Nah berguna banget tuh kalo mobil ujian SIM nya udah ada HSA.
Pas dulu ogut bikin SIM, mobil ujiannya APV, disuruhnya berenti di tanjakan trs maju lg, karena kebetulan udah kebiasaan Heel n toe, jd ngga pake handbrake deh waktu itu. injek rem trs pindahin ke netral, lepas injekan kopling.
Pas mau jalan lg ya injek kopling, masukin gear 1, langsung heel n toe deh.
Petugas ujiannya malah nanya belajar Heel n toe darimana.
Beda ya. Kalau dulu saya berhenti, handbrake, dan mesin dimatikan. Kedua kaki harus lepas dari pedal dan angkat kedua tangan dulu.
Baru lanjut hidupkan mobil dan jalan lagi.
[/quote]
Waktu itu sih perintahnya cuma disuruh berenti, dinetralin, trs jalan lg. berkali2 sih.
Kalo gak salah waktu itu 3x disuruh berenti-jalan.
Ya karena udah belajar mobil dari 5 tahun sebelumnya, pas bikin SIM sih ngga ngerasa terbeban, rileks aja
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Kalau di Diesel (dgn torsi besar) memang bener Om, malah kalau tanjakan gaq gitu curam, ANF saya lepas rem lgsg maju atau yg extreme banget nahan. CMIIW di diesel jd gak guna.
Beda kalau saya pake mobil bensin (tanpa HSA), lepas rem kalau curam pasti mundur.
paling seru klo ditanjakan melingkar kaya CP, ambas,neo soho dan kawan2nya.
terus padat merayap ganteng, skill driver baru maen tuh,apalagi klo manual, jos tenan mantap
Nah waktu itu ogut pernah nyetirin volvo 960 nya temen, memang ECU mobilnya lg bermasalah.
Pas lg nanjak mau masuk parkiran mall Artha Gading Jakarta, tiba-tiba mesin mati, untung posisi persneling di 1, lg langsung lepas kopling aja tuh mobil kekunci di tanjakan. Nah temen baru inget kalo kabel handbrake nya lg putus.
Langsung ancang2 injek rem sekuatnya, pas nginjek kopling ternyata mobil tetep melorot, rem nya ngga pakem.
Alhasil, sambil nginjek rem kuat2, buru-buru nginjek kopling sambil starter mobil, trs heel n toe nginjek gas pol sambil ngelepas kopling.
Itu pengalaman paling mengesankan sih, masalahnya kalo melorot, amit2 bisa tinggal nama tuh.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
papinski wrote: Thu Mar 01, 2018 1:59
Berikut kutipan tentang Hill Start Assist menurut Kompas.com:
"HSA adalah sebuah fitur yang membantu mobil agar tidak mundur saat tengah menanjak. Lahirnya fitur ini dilatarbelakangi kasus mobil yang tiba-tiba mundur ke belakang saat berhenti di tanjakan."
pertanyaannya, kalau untuk mobil transmisi Matic, buat apa fitur ini ya?
karena kalau maticnya sehat, di tanjakanpun dari N ke D harusnya kendaraan tidak mundur ke belakang kan?
mohon pemahaman dari senior2
Kalau di Diesel (dgn torsi besar) memang bener Om, malah kalau tanjakan gaq gitu curam, ANF saya lepas rem lgsg maju atau yg extreme banget nahan. CMIIW di diesel jd gak guna.
Beda kalau saya pake mobil bensin (tanpa HSA), lepas rem kalau curam pasti mundur.
paling seru klo ditanjakan melingkar kaya CP, ambas,neo soho dan kawan2nya.
terus padat merayap ganteng, skill driver baru maen tuh,apalagi klo manual, jos tenan mantap
Tapi kalau CP n neo soho,jalannya masih rada lebar,om.. biar berkelok2 masih ga sulit... Yg parah tuh parkiran metro atom pasar baru... Buset.. jalannya sempit bener,mepet kanan kiri...
Pengalaman berhenti di tanjakan paling serem di bandung (gandog arah ciumbeleuit).. lampumerah, eh mobil temen kaga bisa pakai handbrake.. tuh kopling ampe bau bener dah
"Straight roads are for fast cars, turns are for fast drivers"
Colin McRae
Nah berguna banget tuh kalo mobil ujian SIM nya udah ada HSA.
Pas dulu ogut bikin SIM, mobil ujiannya APV, disuruhnya berenti di tanjakan trs maju lg, karena kebetulan udah kebiasaan Heel n toe, jd ngga pake handbrake deh waktu itu. injek rem trs pindahin ke netral, lepas injekan kopling.
Pas mau jalan lg ya injek kopling, masukin gear 1, langsung heel n toe deh.
Petugas ujiannya malah nanya belajar Heel n toe darimana.
saya tadi belajar heel and toe mundurin mobil ke garasi. kebetulan garasi nya sedikit nanjak. yaaa lumayan lah heheheh. sebelumnya gak pernah paham soal heel and toe. thx om evanbngdor
evanbngdor wrote: Fri Mar 02, 2018 4:42
Pas dulu ogut bikin SIM, mobil ujiannya APV, disuruhnya berenti di tanjakan trs maju lg, karena kebetulan udah kebiasaan Heel n toe, jd ngga pake handbrake deh waktu itu. injek rem trs pindahin ke netral, lepas injekan kopling.
Pas mau jalan lg ya injek kopling, masukin gear 1, langsung heel n toe deh.
Petugas ujiannya malah nanya belajar Heel n toe darimana.
saya tadi belajar heel and toe mundurin mobil ke garasi. kebetulan garasi nya sedikit nanjak. yaaa lumayan lah heheheh. sebelumnya gak pernah paham soal heel and toe. thx om evanbngdor
Harus sering-sering latihan om biar lemes, kalo ngga sih bakalan sakit tuh pergelangan kaki. Ogut jg awalnya sakit, sampe pernah salah urat, tp lama2 ya udah tau triknya mesti gimana posisi kakinya.
Faktor motivasi jg sih waktu itu nyokap ogut komentarnya "masa gitu aja ngga bisa, kalah sama cewek yg ukuran kakinya cuma 38", jd ya langsung deh ogut makin bertekad.
Kebetulan ogut dulu belajar dari yg paling basic dulu sih teknik mengemudinya. sempet iri jg sama temen2 sebaya yg lain udah dibolehin belajar mobil&nyetir kemana2 tanpa SIM, ogut masih belajar teori dasar.
Bahkan sebelum mulai belajar menjalankan mobil, udah harus paham dulu bagian-bagian mesin dan tindakan pertama apabila ada masalah-masalah, atau kayak perawatan basic kayak ganti ban, ngecek air radiator, air wiper, cek dipstik oli, minyak rem, dll.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Ini Boil memang Badak kaki2nya, punya saya Rush 2008 aja masih kuat banget, dulu sempat pakai kerja PP surabaya - gempol, sampai naik2 ke tanggul lapindo gara2 jalan macet parah, lewat jalan alternatif apa masih ga pernah bermasalah, sekarang sudah 10 tahun lebih masih kuat memang ga pernah ganti dan ga pernah rewel Kaki2nya
evanbngdor wrote: Fri Mar 02, 2018 10:19
Harus sering-sering latihan om biar lemes, kalo ngga sih bakalan sakit tuh pergelangan kaki. Ogut jg awalnya sakit, sampe pernah salah urat, tp lama2 ya udah tau triknya mesti gimana posisi kakinya.
Faktor motivasi jg sih waktu itu nyokap ogut komentarnya "masa gitu aja ngga bisa, kalah sama cewek yg ukuran kakinya cuma 38", jd ya langsung deh ogut makin bertekad.
Kebetulan ogut dulu belajar dari yg paling basic dulu sih teknik mengemudinya. sempet iri jg sama temen2 sebaya yg lain udah dibolehin belajar mobil&nyetir kemana2 tanpa SIM, ogut masih belajar teori dasar.
Bahkan sebelum mulai belajar menjalankan mobil, udah harus paham dulu bagian-bagian mesin dan tindakan pertama apabila ada masalah-masalah, atau kayak perawatan basic kayak ganti ban, ngecek air radiator, air wiper, cek dipstik oli, minyak rem, dll.
Om, kalo boleh tau mobilnya apa ya? Saya dirumah pakenya agya manual, susah bener kalo mau heel n toe, krn kalo saya perhatikan pedal gasnya kecil & agak jauh dari pedal rem..
Selama ini saya pake rev match biasa, niatnya sih mau belajar heel n toe
Gan minta pendapatnya dong, ane baru meminang All New Terios R A/T Hitam, tapi ane ga sreg sama grill chrome di depannya. menurut agan2 modifikasi sederhana yang keren kayak gimana ya?
[SPOILER=Modifikasi Grill][/SPOILER]
1. All Chrome (Original Terios)
2. All Black (Kayak Rush atau Terios Tipe X)
3. Middle Chrome (Agak mirip HR-V gak sih?)
4. Top Chrome (Mirip Xenia-Avanza)
rzrizaldy wrote: Sun Mar 04, 2018 23:25
Gan minta pendapatnya dong, ane baru meminang All New Terios R A/T Hitam, tapi ane ga sreg sama grill chrome di depannya. menurut agan2 modifikasi sederhana yang keren kayak gimana ya?
[SPOILER=Modifikasi Grill][/SPOILER]
1. All Chrome (Original Terios)
2. All Black (Kayak Rush atau Terios Tipe X)
3. Middle Chrome (Agak mirip HR-V gak sih?)
4. Top Chrome (Mirip Xenia-Avanza)
Minta pendapatnya yaa, thank you gann
Pakai plastidip om, dia macam Pylox ,kalau sudah di semprot,keringnya berbentuk karet,ntar mau di lepas lagi bisa.
rzrizaldy wrote: Sun Mar 04, 2018 23:25
Gan minta pendapatnya dong, ane baru meminang All New Terios R A/T Hitam, tapi ane ga sreg sama grill chrome di depannya. menurut agan2 modifikasi sederhana yang keren kayak gimana ya?
[SPOILER=Modifikasi Grill][/SPOILER]
ok
1. All Chrome (Original Terios)
2. All Black (Kayak Rush atau Terios Tipe X)
3. Middle Chrome (Agak mirip HR-V gak sih?)
4. Top Chrome (Mirip Xenia-Avanza)