Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Om2 urgent nih
Oli diesel yg oke untuk bersihin sludge mesin bensin apa ya??
Baru dapat mobil seken mesin isinya sludge semua sampe dipstick bersludge jg
Kyknya pemilik sebelumnya jarang ganti oli nih
Apa mesti top overhaul ya??
Jambangan wrote: βThu Feb 22, 2018 23:44
Om2 urgent nih
Oli diesel yg oke untuk bersihin sludge mesin bensin apa ya??
Baru dapat mobil seken mesin isinya sludge semua sampe dipstick bersludge jg
Kyknya pemilik sebelumnya jarang ganti oli nih
Apa mesti top overhaul ya??
Kalau dah jelas2 sludge sih baikan bersihkan dengan buka top...ampe dipstick dah ada sludge, jeroannya bs lebih parah sih. Pake oli diesel rasanya kurang efektif kalau dah banyak juga ya endapannya. Cmiiw.
Jambangan wrote:Om2 urgent nih
Oli diesel yg oke untuk bersihin sludge mesin bensin apa ya??
Baru dapat mobil seken mesin isinya sludge semua sampe dipstick bersludge jg
Kyknya pemilik sebelumnya jarang ganti oli nih
Apa mesti top overhaul ya??
wah kalo dah parah banget ya engine flush dulu aja deh
kasi oli SAE 30 / 40 drum + engine flush + filter oli murah, idle 40 menit
Buang oli & filter nya
tuang 1 - 2 oli Mesrab buat dorong sisa2 oli kotor
masukkin oli Diesel API CI-4 high SAPS utk pake 2000 - 3000 km
Jambangan wrote:Om2 urgent nih
Oli diesel yg oke untuk bersihin sludge mesin bensin apa ya??
Baru dapat mobil seken mesin isinya sludge semua sampe dipstick bersludge jg
Kyknya pemilik sebelumnya jarang ganti oli nih
Apa mesti top overhaul ya??
wah kalo dah parah banget ya engine flush dulu aja deh
kasi oli SAE 30 / 40 drum + engine flush + filter oli murah, idle 40 menit
Buang oli & filter nya
tuang 1 - 2 oli Mesrab buat dorong sisa2 oli kotor
masukkin oli Diesel API CI-4 high SAPS utk pake 2000 - 3000 km
Tadi bawa ke beres minta ganti oli + filternya sebelumnya saya suruh kasih engine flush dulu sebelum buang oli lamanya
Ternyata cek history servis di beres pernah telat ganti oli 2,5 tahun
Kyknya sumber sludge nya dari situ
Trus mobil cuma dipake jarak dekat. Oli belum sempat panas, mesin udah dimatikan
Kemungkinan sih gitu om
Abis ini saya coba short OCI sekitar 1000 KM ganti oli + filternya selama 5000 KM mudah2an dgn gitu bisa bersihin endapannya
Jambangan wrote: βThu Feb 22, 2018 23:44
Om2 urgent nih
Oli diesel yg oke untuk bersihin sludge mesin bensin apa ya??
Baru dapat mobil seken mesin isinya sludge semua sampe dipstick bersludge jg
Kyknya pemilik sebelumnya jarang ganti oli nih
Apa mesti top overhaul ya??
Kalau dah jelas2 sludge sih baikan bersihkan dengan buka top...ampe dipstick dah ada sludge, jeroannya bs lebih parah sih. Pake oli diesel rasanya kurang efektif kalau dah banyak juga ya endapannya. Cmiiw.
Iya om parah bgt
Sebenernya saya pengen buka valve covernya untuk liat seberapa parah sludgenya tapi kata SA beresnya ga usah dulu dicoba pake EF dulu katanya
Ya mudah2an masih bisa terselamatkan lah ini mesin
Kalo suara sih masih halus. Ga tau ntar2 gmn hahahaha...
Btw baru kali ini punya mobil mesinnya bersludge
Selama ini di mobil2 lain selalu ganti oli + filternya 5000 KM/6-8 bulan ga ada masalah
Padahal oli selalu gonta ganti merek n viskositas tapi mesin bersih liat di lubang pengisian oli n dipstick
Dulu pernah pake terios 2007 5 tahun 69k KM mesin bersih padahal oli gonta ganti merek terus
Kadang heran org yg ga care ama mobil sendiri
danisnug wrote: βSun Feb 18, 2018 9:28
Mau tanya, amsoil ss 5w-30 selain toda beli dimana yah? Biasanya beli di graha sakti, terakhir kali kesana udah gak stock lagi (sept'17).
Bisa beli langsung dari dist. resmi kayak aisin gak ya?
di cakra ada om, ada di DTMF, Taman Ratu, & Taman Surya.
Ke bengkel
Mau ganti oli matic
Dicek dipstick oli maticnya masih bening ga kotor
Disaranin ga usah kuras dulu masih bagus
Nah terus dicek dip stic oli mesin
Udah kotor, disuruh ganti aja olinya
Padahal olinya baru ganti 2500km yg lalu
Nah pertanyaan saya yg bkin bingung
1. Emangnya ganti oli matic mesti liat dipstick dulu kotor apa ga? Udah 5tahun 50000 km padahal
2. Oli mesin baru 2500, udah hitam banget, perlu diganti?
Bukannya aturan ganti oli liat km atau bulan ya?
Salvanost wrote: βFri Feb 23, 2018 5:10
Ke bengkel
Mau ganti oli matic
Dicek dipstick oli maticnya masih bening ga kotor
Disaranin ga usah kuras dulu masih bagus
Nah terus dicek dip stic oli mesin
Udah kotor, disuruh ganti aja olinya
Padahal olinya baru ganti 2500km yg lalu
Nah pertanyaan saya yg bkin bingung
1. Emangnya ganti oli matic mesti liat dipstick dulu kotor apa ga? Udah 5tahun 50000 km padahal
2. Oli mesin baru 2500, udah hitam banget, perlu diganti?
Bukannya aturan ganti oli liat km atau bulan ya?
Itu om oli mesin terakhir ganti kapan ya? Kalo udah 6 bulan atau lebih dan kondisi oli nya item harus ganti om. Lbh dari 6 bulan setau sy juga kekentalan nya mulai beda om
Salvanost wrote: βFri Feb 23, 2018 5:10
Ke bengkel
Mau ganti oli matic
Dicek dipstick oli maticnya masih bening ga kotor
Disaranin ga usah kuras dulu masih bagus
Nah terus dicek dip stic oli mesin
Udah kotor, disuruh ganti aja olinya
Padahal olinya baru ganti 2500km yg lalu
Nah pertanyaan saya yg bkin bingung
1. Emangnya ganti oli matic mesti liat dipstick dulu kotor apa ga? Udah 5tahun 50000 km padahal
2. Oli mesin baru 2500, udah hitam banget, perlu diganti?
Bukannya aturan ganti oli liat km atau bulan ya?
1. Secara umur sudah harus ganti. Mau bilang bening mending ganti
2. pakai oli sudah berapa lama? mobilnya apa? hitam belum tentu indikasi oli harus ganti.
Salvanost wrote:Ke bengkel
Mau ganti oli matic
Dicek dipstick oli maticnya masih bening ga kotor
Disaranin ga usah kuras dulu masih bagus
Nah terus dicek dip stic oli mesin
Udah kotor, disuruh ganti aja olinya
Padahal olinya baru ganti 2500km yg lalu
Nah pertanyaan saya yg bkin bingung
1. Emangnya ganti oli matic mesti liat dipstick dulu kotor apa ga? Udah 5tahun 50000 km padahal
2. Oli mesin baru 2500, udah hitam banget, perlu diganti?
Bukannya aturan ganti oli liat km atau bulan ya?
Jambangan wrote: βFri Feb 23, 2018 2:31
Tadi bawa ke beres minta ganti oli + filternya sebelumnya saya suruh kasih engine flush dulu sebelum buang oli lamanya
Ternyata cek history servis di beres pernah telat ganti oli 2,5 tahun
Kyknya sumber sludge nya dari situ
Trus mobil cuma dipake jarak dekat. Oli belum sempat panas, mesin udah dimatikan
Kemungkinan sih gitu om
Abis ini saya coba short OCI sekitar 1000 KM ganti oli + filternya selama 5000 KM mudah2an dgn gitu bisa bersihin endapannya
Saya aja dapet oli asli juga ngesludge dalam waktu 2000km. Oli yang sama ngesludge juga di mesin lain dalam interval yang agak lama.
Itu mendingan buka aja cover klep om terus dibersihin pelan-pelan, mobil apa ya ini?
Kalau saya sih buka cover klep terus cek dulu seberapa parah. Kalo parah banget (tapi mesin halus) ya mendingan tuang kerosene lewat dipstick biar turun ke oil pan sampe penuh. Terus juga dari lubang oil filter tuang kerosene juga. Bagian cam si kalo bisa ya dilap/semprot pake carb cleaner/dcs supaya rontok ke bawah. Setelah 30 menitan baru buang kerosene dari oil pan drain bolt dan bilas pake oli murah dari dipstick, bagian cam cover dan lubang oli filter. Silakan diulang apabila belon bersih, kalo dah bersih dan ok boleh deh tuh cover klep pasang lagi (kalo pake gasket ya biarin sampe keras/24jam) dan baru deh isi oli yang bagus terus nyalain mesin. Tapi ya kudu rajin dan telaten dikit si daripada tuang oli bagus doank.
Saya kemarin dibawain MMO dan Seafoam dari teman. MMO ternyata lumayan bisa ngebersihin walaupun cepet nguap, Seafoam masih belon kepake.
Jambangan wrote: βFri Feb 23, 2018 2:31
Tadi bawa ke beres minta ganti oli + filternya sebelumnya saya suruh kasih engine flush dulu sebelum buang oli lamanya
Ternyata cek history servis di beres pernah telat ganti oli 2,5 tahun
Kyknya sumber sludge nya dari situ
Trus mobil cuma dipake jarak dekat. Oli belum sempat panas, mesin udah dimatikan
Kemungkinan sih gitu om
Abis ini saya coba short OCI sekitar 1000 KM ganti oli + filternya selama 5000 KM mudah2an dgn gitu bisa bersihin endapannya
Saya aja dapet oli asli juga ngesludge dalam waktu 2000km. Oli yang sama ngesludge juga di mesin lain dalam interval yang agak lama.
Itu mendingan buka aja cover klep om terus dibersihin pelan-pelan, mobil apa ya ini?
Kalau saya sih buka cover klep terus cek dulu seberapa parah. Kalo parah banget (tapi mesin halus) ya mendingan tuang kerosene lewat dipstick biar turun ke oil pan sampe penuh. Terus juga dari lubang oil filter tuang kerosene juga. Bagian cam si kalo bisa ya dilap/semprot pake carb cleaner/dcs supaya rontok ke bawah. Setelah 30 menitan baru buang kerosene dari oil pan drain bolt dan bilas pake oli murah dari dipstick, bagian cam cover dan lubang oli filter. Silakan diulang apabila belon bersih, kalo dah bersih dan ok boleh deh tuh cover klep pasang lagi (kalo pake gasket ya biarin sampe keras/24jam) dan baru deh isi oli yang bagus terus nyalain mesin. Tapi ya kudu rajin dan telaten dikit si daripada tuang oli bagus doank.
Saya kemarin dibawain MMO dan Seafoam dari teman. MMO ternyata lumayan bisa ngebersihin walaupun cepet nguap, Seafoam masih belon kepake.
Mobilnya sirion 2012 om
Btw si om pake oli apa tuh ampe bisa sludge??