Recovery captiva korban solar busuk

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: b8099ok, F 272, ChZ, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
aray17a
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 24 Feb 2017, 22:39
Location: jateng
Daily Vehicle: captiva

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by aray17a » 15 Aug 2017, 22:02

sangat berguna share menu bergizinya

aray17a
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 24 Feb 2017, 22:39
Location: jateng
Daily Vehicle: captiva

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by aray17a » 15 Aug 2017, 22:15

wahh ..ada sobat di semarang nih..lam kenal suhu Mc2..

marthen
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 30 Dec 2017, 08:22
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Captiva

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by marthen » 30 Dec 2017, 08:40

Salam kenal suhu2....saya punya captiva diesel fl 2014. Kondisi sebelumnya: pake solar busuk trus dan ada asap hitam keluar dr knalpot dan pada saat tanjakan sdh loss power. Udah coba discan hasilnya ada alarm turbo, fuel presurre to low dan injection pump fuel low. Kondisi saat ini sdh tdk mau distater. Mohon petunjuknya suhu

yhtwd
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 02 Jan 2018, 07:38
Location: Depok
Daily Vehicle: Captiva

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by yhtwd » 02 Jan 2018, 07:51

[emo-mark-F] samal kenal untuk semuanya. Mau tanya stockist control valve untuk injector captiva delphi th 2015. Mungkin ada yg bisa bantu? Terima kasih

mc2
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 27 Nov 2016, 16:06

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by mc2 » 03 Feb 2018, 01:08

Share mengenai injector captiva nih..setelah mencoba spt yang om judi posting

Pada Januari 2017 saya mulai dari beli control valve (langsung beli 4 biji) sialnya barangnya ga ada yg bisa di pakai, padahal part numbernya sama..

Jadi deh nyerah beli 1 injector baru..bongkar pasang sendiri dan Hore sukses nyala..(ya iya lah kan injector baru)

Selanjutnya ada 2 injector lagi yg saya ganti, kali ini bukan krn rusak tapi krn return bahan bakarnya ga sebagus yg saya beli baru, rentang waktunya kira2 6 bulan per injector, yang 2 ini saya ga beli baru tapi saya rekondisi di PT.Fakta Jaya Motor ( Googling aja), Harga? Kalau full repair alias macet total harus ganti nozzle, control valve dan selenoid nya bayar 2.8jt..tergantung kerusakannya..hasil? Very satisfying, kembali baru dengan hasil test lab nya lengkap. Dan, gak bikin kantong jebol sejebol beli baru.

Mau lebih irit bisa coba apa yg Om Judi lakukan, saya sudah coba cuma belum berhasil dan give up!! Anak istri mesti di urusin juga :)

Oh ya, jangan pelihara injector jelek, ntar boringnya cepat ngantong..indikasinya oli berkurang terus..indikator oli nyala di speedo, saya coba mencegah pakai oli additive merek bardahl untuk melumasi extra dinding blok mesin dan piston..hasilnya lumayan oli gak berkurang drastis.

Now tarikan captiva saya..jambak abis, bau kecut bahan bakar ga ada lagi (mungkin krn bahan bakar terbakar dengan baik).

Semoga membantu

mc2
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 27 Nov 2016, 16:06

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by mc2 » 03 Feb 2018, 01:15

aray17a wrote:
15 Aug 2017, 22:15
wahh ..ada sobat di semarang nih..lam kenal suhu Mc2..
Salam kenal Bro..

mc2
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 27 Nov 2016, 16:06

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by mc2 » 03 Feb 2018, 01:22

marthen wrote:
30 Dec 2017, 08:40
Salam kenal suhu2....saya punya captiva diesel fl 2014. Kondisi sebelumnya: pake solar busuk trus dan ada asap hitam keluar dr knalpot dan pada saat tanjakan sdh loss power. Udah coba discan hasilnya ada alarm turbo, fuel presurre to low dan injection pump fuel low. Kondisi saat ini sdh tdk mau distater. Mohon petunjuknya suhu
Mobil bro marthen performance turun, bisa krn banyak faktor

1. Injector : cek return outlet & scan
2. Selang turbo : cek fisik-biasanya yg atas
3. Turbo kotor : copot & bersihkan di bengkel
4. Maf sensor kotor : bersihkan
5. Intake kotor : bongkar & bersihkan

Kalau sampai ga bisa stater bisa jadi memang fuel pumpnya..tapi ada baiknya scan di BERES aja jadi lebih pasti.

ic3m4ns
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 24 Jan 2018, 17:11
Daily Vehicle: BMW

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by ic3m4ns » 16 Feb 2018, 19:31

sangat berguna tritnya, thanks buat TS udah mau sharing

sefkaz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 14 Feb 2018, 11:31
Location: Depok
Daily Vehicle: Mio

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by sefkaz » 17 Feb 2018, 21:46

Wah tritnya berguna banget TS, gue baca dari awal sampe akhir... semoga gue ngga kejadian.

User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2594
Joined: 07 May 2008, 21:47

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by roadtrain99 » 22 Feb 2018, 23:12

efact wrote:
02 Aug 2017, 10:12
wuih..

babeh pakai captiva disel 2008, sejak baru sampe sekarang odometer 220 ribuan belom pernah nenggak yang namanya pertadex, selalu bio solar, dan beruntungnya, belum pernah ada maslaah berarti di fuel system maupun performa mesinnya, keliatannya semua normal2 saja..
hanya rutin ganti filter tiap 15 / 20 rb km, brrti bersyukur dapet unit yg tahan solar busuk ahahaha :mky_03:
mantap..220k...itu jalan terus ? boleh dishare perawatannya?

nfl 2008 sy sudah 130k masih lancar jaya, kebanyakkan bio solar, kadang diracunin sekali sekali..tapi gak boleh sering soalnya racunnya keras ke karet karet selang. dikasih dex full pernah, dexlite full pernah, shell/total full pernah, mix pernah..tarikan gak jauh beda sama bio.
sy ganti filter solar nya tiap ganti oli mesin...tiap 7500km, untung ada oem nya.

omozy
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 01 Jan 2018, 03:16
Location: tegal
Daily Vehicle: ertiga

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by omozy » 22 Feb 2018, 23:48

ngeri ngeri sedap baca trit ini buat beli diesel crdi yak. dex pun masih termasuk tinggi 300ppm. huffff

efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 471
Joined: 12 Jan 2017, 09:11

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by efact » 23 Feb 2018, 08:42

roadtrain99 wrote:
22 Feb 2018, 23:12
efact wrote:
02 Aug 2017, 10:12
wuih..

babeh pakai captiva disel 2008, sejak baru sampe sekarang odometer 220 ribuan belom pernah nenggak yang namanya pertadex, selalu bio solar, dan beruntungnya, belum pernah ada maslaah berarti di fuel system maupun performa mesinnya, keliatannya semua normal2 saja..
hanya rutin ganti filter tiap 15 / 20 rb km, brrti bersyukur dapet unit yg tahan solar busuk ahahaha :mky_03:
mantap..220k...itu jalan terus ? boleh dishare perawatannya?

nfl 2008 sy sudah 130k masih lancar jaya, kebanyakkan bio solar, kadang diracunin sekali sekali..tapi gak boleh sering soalnya racunnya keras ke karet karet selang. dikasih dex full pernah, dexlite full pernah, shell/total full pernah, mix pernah..tarikan gak jauh beda sama bio.
sy ganti filter solar nya tiap ganti oli mesin...tiap 7500km, untung ada oem nya.
Perawatan ringan doang om.. cuma ganti oli sama filter rutin aja.. stelah post ini kmren ga lama mobilnya kejual sih.. jd ga tau lg skrg nasib nya kaya apa haha..
Cuman ya itu.. baca2 banyak juga yg ngeluh durability nya.. jd kaya untung2an :e-wall:

lakentungkeo
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 10 Oct 2014, 17:12

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by lakentungkeo » 03 Apr 2018, 15:59

Baru nimang2 mau nambah unit 7 seat karena udah nambah anggota keluarga, preferred ya si badak ini..
Eh..nemu thread ini, jadi tambah semangat deh ngulik si badak

lakentungkeo
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 10 Oct 2014, 17:12

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by lakentungkeo » 07 Apr 2018, 07:16

Judi wrote:
02 Oct 2016, 00:39
Maaf jika tulisan ini belepotan krn ini posting pertama saya untuk berbagi pengalaman.

Menceritakan pengalaman recovery captiva 2013 akibat mengkonsumsi solar busuk, mobil ini sy pakai sebagai mobil harian bergantian dengan ertiga sebagai backup, mulai baru menggunakan dex sebagai prioritas dan sesekali pakai bio jika tdk mendapat dex.
Awal masalah timbul pd saat sy melakukan perjalanan rutin ke bbrp kota di sepanjang pantura jatim dan tertarik mencoba solar A*R, pagi berangkat dr surabaya jarum indikator bbm kurang dr setengah dan sy isi solar A*R full di lamongan dan lanjut perjalanan ke tuban dan bojonegoro, sore balik ke surabaya dan besoknya lanjut ke pasuruan dan isi solar A*R di perbatasan pasuruan-probolinggo, saat itu indikator bbm menunjukkan setengan dan sy isi full dan melanjutkan perjalanan ke probolinggo dan sorenya lanjut ke lumajang dan malam hari balik ke surabaya, total ±600 km.
Masalah timbul pagi harinya, pada saat sy start mesin susah hidup coba 2x dan start agak panjang mesin bisa hidup dan dalam sehari itu mesin selalu susah start butuh start panjang utk bisa hidup.
Karena ada tugas ke atambua mobil tdk dipakai selama 4 hari dan setelah balik dari atambua mobil bisa di start tetapi tidak bisa hidup.
Kemudian sy cek fuel pump dengan membuka cover di bawah jok tengah dan mendengarkan suaranya sptnya msh normal, selanjutnya bongkar dan bersihkan fuel filter dan coba start engine hasilnya tetap tdk mau hidup.
Kemudian sy buka cover engine dan melepas semua selang di outled fuel return injektor dan dari outled fuel return injector sy sambungkan selang untuk mengalirkan solar ke gelas air mineral dan start engine hasilnya........
solar ngocor di injector no 2&3 ......wah gawat.....krn ini menandakan bahwa injector 2&3 bermasalah.
Untuk memastikan kerusakan sy menghubungi teman untuk meminjam diagnostic scanner dan ternyata teman sy masih di luar kota, akhirnya call beres minta untuk kirim mekanik dan dijanjikan datang siang dengan biaya 400rb.
Setelah mekanik datang dan dilakukan engine scanning, hasilnya memang injector 2&3 bermasalah.
Karena mobil masih dalam masa garansi maka sy mengajukan klaim penggantian injector dan ternyata.....injector tdk digaransi dan utk penggantian partnya harus indent dengan harga perkiraan 7-8jt per pcs.
Mekanik dari beres menawarkan injektor bekas seharga 3.5jt per pcs tetapi sy tolak karena untung-untungan, kalau bagus ya untung ngak ya buang duit.

Postingan selanjutnya akan sy share bgmn cara recovery dengan cara DIY dan murah

Perbandingan solar: kiri dex, kanan solar A*R dan injector yg bermasalah
Om Judi mau nanya soal control valve yang delphi itu (yang di ganti di video nya) itu cara kerjanya sistem mekanis atau elektronik ya?
Kalo mekanis (berdasarkan tekanan dll) apakah memungkinkan jika kita lakukan perbaikan DIY juga? Misalnya dengan menyemprotkan cairan pembersih bertekanan.
Tapi kalo elektronik (ada arus yang mengontrol buka-tutupnya) mungkin kita bisa check lebih detail menggunakan AVO meter apakah control valve tersebut masih layak pakai atau tidak.
Sehingga DIY service yang kita lakukan terhadap fuel injector ini benar-benar efektif dan efisien, maksudnya kita lebih tau detail apakah "ketidak beresan" fuel injector ini memang dari control valve yang harus ganti atau hanya ada sumbatan-sumbatan kecil saja.

Oiya..saya nemu ini nih di youtube; [youtube]https://youtu.be/ttWHmetjTYU[/youtube]
Apa cara ini juga bisa dilakukan pada injector captiva?

Thanks in advance

marwansyah
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 23 Jul 2018, 15:47
Daily Vehicle: Chevrolet Captiva AWD Diesel

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by marwansyah » 23 Jul 2018, 20:50

Trimakasih pencerahannya mas Yudi, trit ini sangat-sangat bermutu dan sangat membantu sekali dengan ditambahkannya video yg d upload ke yutub. Sy sdh like dan subscribe, menunggu video2 yg lain yg pastinya berguna jg.

Post Reply

Return to “SUV (2WD/4WD) Types”