Recovery captiva korban solar busuk
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Fri Feb 24, 2017 15:39
- Location: jateng
- Daily Vehicle: captiva
Re: Recovery captiva korban solar busuk
sangat berguna share menu bergizinya
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Fri Feb 24, 2017 15:39
- Location: jateng
- Daily Vehicle: captiva
Re: Recovery captiva korban solar busuk
wahh ..ada sobat di semarang nih..lam kenal suhu Mc2..
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sat Dec 30, 2017 1:22
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Captiva
Re: Recovery captiva korban solar busuk
Salam kenal suhu2....saya punya captiva diesel fl 2014. Kondisi sebelumnya: pake solar busuk trus dan ada asap hitam keluar dr knalpot dan pada saat tanjakan sdh loss power. Udah coba discan hasilnya ada alarm turbo, fuel presurre to low dan injection pump fuel low. Kondisi saat ini sdh tdk mau distater. Mohon petunjuknya suhu
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Tue Jan 02, 2018 0:38
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Captiva
Re: Recovery captiva korban solar busuk
![Mark F [emo-mark-F]](./images/smilies/2017-scoreF.gif)
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Sun Nov 27, 2016 9:06
Re: Recovery captiva korban solar busuk
Share mengenai injector captiva nih..setelah mencoba spt yang om judi posting
Pada Januari 2017 saya mulai dari beli control valve (langsung beli 4 biji) sialnya barangnya ga ada yg bisa di pakai, padahal part numbernya sama..
Jadi deh nyerah beli 1 injector baru..bongkar pasang sendiri dan Hore sukses nyala..(ya iya lah kan injector baru)
Selanjutnya ada 2 injector lagi yg saya ganti, kali ini bukan krn rusak tapi krn return bahan bakarnya ga sebagus yg saya beli baru, rentang waktunya kira2 6 bulan per injector, yang 2 ini saya ga beli baru tapi saya rekondisi di PT.Fakta Jaya Motor ( Googling aja), Harga? Kalau full repair alias macet total harus ganti nozzle, control valve dan selenoid nya bayar 2.8jt..tergantung kerusakannya..hasil? Very satisfying, kembali baru dengan hasil test lab nya lengkap. Dan, gak bikin kantong jebol sejebol beli baru.
Mau lebih irit bisa coba apa yg Om Judi lakukan, saya sudah coba cuma belum berhasil dan give up!! Anak istri mesti di urusin juga
Oh ya, jangan pelihara injector jelek, ntar boringnya cepat ngantong..indikasinya oli berkurang terus..indikator oli nyala di speedo, saya coba mencegah pakai oli additive merek bardahl untuk melumasi extra dinding blok mesin dan piston..hasilnya lumayan oli gak berkurang drastis.
Now tarikan captiva saya..jambak abis, bau kecut bahan bakar ga ada lagi (mungkin krn bahan bakar terbakar dengan baik).
Semoga membantu
Pada Januari 2017 saya mulai dari beli control valve (langsung beli 4 biji) sialnya barangnya ga ada yg bisa di pakai, padahal part numbernya sama..
Jadi deh nyerah beli 1 injector baru..bongkar pasang sendiri dan Hore sukses nyala..(ya iya lah kan injector baru)
Selanjutnya ada 2 injector lagi yg saya ganti, kali ini bukan krn rusak tapi krn return bahan bakarnya ga sebagus yg saya beli baru, rentang waktunya kira2 6 bulan per injector, yang 2 ini saya ga beli baru tapi saya rekondisi di PT.Fakta Jaya Motor ( Googling aja), Harga? Kalau full repair alias macet total harus ganti nozzle, control valve dan selenoid nya bayar 2.8jt..tergantung kerusakannya..hasil? Very satisfying, kembali baru dengan hasil test lab nya lengkap. Dan, gak bikin kantong jebol sejebol beli baru.
Mau lebih irit bisa coba apa yg Om Judi lakukan, saya sudah coba cuma belum berhasil dan give up!! Anak istri mesti di urusin juga

Oh ya, jangan pelihara injector jelek, ntar boringnya cepat ngantong..indikasinya oli berkurang terus..indikator oli nyala di speedo, saya coba mencegah pakai oli additive merek bardahl untuk melumasi extra dinding blok mesin dan piston..hasilnya lumayan oli gak berkurang drastis.
Now tarikan captiva saya..jambak abis, bau kecut bahan bakar ga ada lagi (mungkin krn bahan bakar terbakar dengan baik).
Semoga membantu
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Sun Nov 27, 2016 9:06
Re: Recovery captiva korban solar busuk
Salam kenal Bro..
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Sun Nov 27, 2016 9:06
Re: Recovery captiva korban solar busuk
Mobil bro marthen performance turun, bisa krn banyak faktormarthen wrote: Sat Dec 30, 2017 1:40 Salam kenal suhu2....saya punya captiva diesel fl 2014. Kondisi sebelumnya: pake solar busuk trus dan ada asap hitam keluar dr knalpot dan pada saat tanjakan sdh loss power. Udah coba discan hasilnya ada alarm turbo, fuel presurre to low dan injection pump fuel low. Kondisi saat ini sdh tdk mau distater. Mohon petunjuknya suhu
1. Injector : cek return outlet & scan
2. Selang turbo : cek fisik-biasanya yg atas
3. Turbo kotor : copot & bersihkan di bengkel
4. Maf sensor kotor : bersihkan
5. Intake kotor : bongkar & bersihkan
Kalau sampai ga bisa stater bisa jadi memang fuel pumpnya..tapi ada baiknya scan di BERES aja jadi lebih pasti.
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Wed Jan 24, 2018 10:11
- Daily Vehicle: BMW
Re: Recovery captiva korban solar busuk
sangat berguna tritnya, thanks buat TS udah mau sharing
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Wed Feb 14, 2018 4:31
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Mio
Re: Recovery captiva korban solar busuk
Wah tritnya berguna banget TS, gue baca dari awal sampe akhir... semoga gue ngga kejadian.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: Recovery captiva korban solar busuk
mantap..220k...itu jalan terus ? boleh dishare perawatannya?efact wrote: Wed Aug 02, 2017 3:12 wuih..
babeh pakai captiva disel 2008, sejak baru sampe sekarang odometer 220 ribuan belom pernah nenggak yang namanya pertadex, selalu bio solar, dan beruntungnya, belum pernah ada maslaah berarti di fuel system maupun performa mesinnya, keliatannya semua normal2 saja..
hanya rutin ganti filter tiap 15 / 20 rb km, brrti bersyukur dapet unit yg tahan solar busuk ahahaha![]()
nfl 2008 sy sudah 130k masih lancar jaya, kebanyakkan bio solar, kadang diracunin sekali sekali..tapi gak boleh sering soalnya racunnya keras ke karet karet selang. dikasih dex full pernah, dexlite full pernah, shell/total full pernah, mix pernah..tarikan gak jauh beda sama bio.
sy ganti filter solar nya tiap ganti oli mesin...tiap 7500km, untung ada oem nya.
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sun Dec 31, 2017 20:16
- Location: tegal
- Daily Vehicle: ertiga
Re: Recovery captiva korban solar busuk
ngeri ngeri sedap baca trit ini buat beli diesel crdi yak. dex pun masih termasuk tinggi 300ppm. huffff
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Recovery captiva korban solar busuk
Perawatan ringan doang om.. cuma ganti oli sama filter rutin aja.. stelah post ini kmren ga lama mobilnya kejual sih.. jd ga tau lg skrg nasib nya kaya apa haha..roadtrain99 wrote: Thu Feb 22, 2018 16:12mantap..220k...itu jalan terus ? boleh dishare perawatannya?efact wrote: Wed Aug 02, 2017 3:12 wuih..
babeh pakai captiva disel 2008, sejak baru sampe sekarang odometer 220 ribuan belom pernah nenggak yang namanya pertadex, selalu bio solar, dan beruntungnya, belum pernah ada maslaah berarti di fuel system maupun performa mesinnya, keliatannya semua normal2 saja..
hanya rutin ganti filter tiap 15 / 20 rb km, brrti bersyukur dapet unit yg tahan solar busuk ahahaha![]()
nfl 2008 sy sudah 130k masih lancar jaya, kebanyakkan bio solar, kadang diracunin sekali sekali..tapi gak boleh sering soalnya racunnya keras ke karet karet selang. dikasih dex full pernah, dexlite full pernah, shell/total full pernah, mix pernah..tarikan gak jauh beda sama bio.
sy ganti filter solar nya tiap ganti oli mesin...tiap 7500km, untung ada oem nya.
Cuman ya itu.. baca2 banyak juga yg ngeluh durability nya.. jd kaya untung2an

2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Fri Oct 10, 2014 10:12
Re: Recovery captiva korban solar busuk
Baru nimang2 mau nambah unit 7 seat karena udah nambah anggota keluarga, preferred ya si badak ini..
Eh..nemu thread ini, jadi tambah semangat deh ngulik si badak
Eh..nemu thread ini, jadi tambah semangat deh ngulik si badak
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Fri Oct 10, 2014 10:12
Re: Recovery captiva korban solar busuk
Om Judi mau nanya soal control valve yang delphi itu (yang di ganti di video nya) itu cara kerjanya sistem mekanis atau elektronik ya?Judi wrote: Sat Oct 01, 2016 17:39 Maaf jika tulisan ini belepotan krn ini posting pertama saya untuk berbagi pengalaman.
Menceritakan pengalaman recovery captiva 2013 akibat mengkonsumsi solar busuk, mobil ini sy pakai sebagai mobil harian bergantian dengan ertiga sebagai backup, mulai baru menggunakan dex sebagai prioritas dan sesekali pakai bio jika tdk mendapat dex.
Awal masalah timbul pd saat sy melakukan perjalanan rutin ke bbrp kota di sepanjang pantura jatim dan tertarik mencoba solar A*R, pagi berangkat dr surabaya jarum indikator bbm kurang dr setengah dan sy isi solar A*R full di lamongan dan lanjut perjalanan ke tuban dan bojonegoro, sore balik ke surabaya dan besoknya lanjut ke pasuruan dan isi solar A*R di perbatasan pasuruan-probolinggo, saat itu indikator bbm menunjukkan setengan dan sy isi full dan melanjutkan perjalanan ke probolinggo dan sorenya lanjut ke lumajang dan malam hari balik ke surabaya, total ±600 km.
Masalah timbul pagi harinya, pada saat sy start mesin susah hidup coba 2x dan start agak panjang mesin bisa hidup dan dalam sehari itu mesin selalu susah start butuh start panjang utk bisa hidup.
Karena ada tugas ke atambua mobil tdk dipakai selama 4 hari dan setelah balik dari atambua mobil bisa di start tetapi tidak bisa hidup.
Kemudian sy cek fuel pump dengan membuka cover di bawah jok tengah dan mendengarkan suaranya sptnya msh normal, selanjutnya bongkar dan bersihkan fuel filter dan coba start engine hasilnya tetap tdk mau hidup.
Kemudian sy buka cover engine dan melepas semua selang di outled fuel return injektor dan dari outled fuel return injector sy sambungkan selang untuk mengalirkan solar ke gelas air mineral dan start engine hasilnya........
solar ngocor di injector no 2&3 ......wah gawat.....krn ini menandakan bahwa injector 2&3 bermasalah.
Untuk memastikan kerusakan sy menghubungi teman untuk meminjam diagnostic scanner dan ternyata teman sy masih di luar kota, akhirnya call beres minta untuk kirim mekanik dan dijanjikan datang siang dengan biaya 400rb.
Setelah mekanik datang dan dilakukan engine scanning, hasilnya memang injector 2&3 bermasalah.
Karena mobil masih dalam masa garansi maka sy mengajukan klaim penggantian injector dan ternyata.....injector tdk digaransi dan utk penggantian partnya harus indent dengan harga perkiraan 7-8jt per pcs.
Mekanik dari beres menawarkan injektor bekas seharga 3.5jt per pcs tetapi sy tolak karena untung-untungan, kalau bagus ya untung ngak ya buang duit.
Postingan selanjutnya akan sy share bgmn cara recovery dengan cara DIY dan murah
Perbandingan solar: kiri dex, kanan solar A*R dan injector yg bermasalah
Kalo mekanis (berdasarkan tekanan dll) apakah memungkinkan jika kita lakukan perbaikan DIY juga? Misalnya dengan menyemprotkan cairan pembersih bertekanan.
Tapi kalo elektronik (ada arus yang mengontrol buka-tutupnya) mungkin kita bisa check lebih detail menggunakan AVO meter apakah control valve tersebut masih layak pakai atau tidak.
Sehingga DIY service yang kita lakukan terhadap fuel injector ini benar-benar efektif dan efisien, maksudnya kita lebih tau detail apakah "ketidak beresan" fuel injector ini memang dari control valve yang harus ganti atau hanya ada sumbatan-sumbatan kecil saja.
Oiya..saya nemu ini nih di youtube; [youtube]https://youtu.be/ttWHmetjTYU[/youtube]
Apa cara ini juga bisa dilakukan pada injector captiva?
Thanks in advance
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Mon Jul 23, 2018 8:47
- Daily Vehicle: Chevrolet Captiva AWD Diesel
Re: Recovery captiva korban solar busuk
Trimakasih pencerahannya mas Yudi, trit ini sangat-sangat bermutu dan sangat membantu sekali dengan ditambahkannya video yg d upload ke yutub. Sy sdh like dan subscribe, menunggu video2 yg lain yg pastinya berguna jg.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Mon Dec 07, 2015 7:11
Re: Recovery captiva korban solar busuk
Om Judi kalo utk captiva nfl 2010, apakah sama juga cara diy nya? Utk valve controlnya apakah sama juga?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sat Sep 02, 2017 6:31
- Location: indonesia
- Daily Vehicle: honda
Re: Recovery captiva korban solar busuk
Terimakasih Banyak...trit yang sangat bermanfaat
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Mon Jan 16, 2017 5:05
Re: Recovery captiva korban solar busuk
Kalau tidak sampai mengganti control valvenya apakah bisa ?
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Tue Oct 23, 2018 9:08
- Location: bandung
- Daily Vehicle: captiva
Re: RE: Re: RE: Re: Recovery captiva korban solar busuk
o pantesan, udh login jg tpi gk bsa liat gambar hehe..... nubieMujtaba wrote: Tue Oct 18, 2016 16:40Oow pantesan aja om.. Udah cobain pake install apps nya jg tetap gak bisa lihat gambar.. Thanks info nya, mesti semangat dulu nih posting sampe 10x di mari [emoji120]t0mc4t wrote:Hallo, gambar baru dapat terlihat setelah mencapai level newbie (10 post)Boosterman wrote: Udah login kok tetep blm bisa liat gambar yaa?
Sent from my Redmi Note 3 using Seraya Motor mobile app
Terima kasih.
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Thu Nov 08, 2018 2:22
- Location: DKI Jakarta
- Daily Vehicle: Chevrolet Spin
Re: Recovery captiva korban solar busuk
berguna banget tips nya, sempet ragu minang captiva karena ini nih, tpi berkat si om, ada diy nya jadi yakin nih, thx om
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Tue Feb 06, 2018 1:36
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Chevrolet_captiva_2010
Re: Recovery captiva korban solar busuk
Ijin nyimak om..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 113
- Joined: Fri Dec 14, 2018 2:52
- Location: Jakarta
Re: Recovery captiva korban solar busuk
sorry OOT, kalau turbo kotor suara turbo nya berisik gak karuan ya om kalau di kickdown? dan kalau idle ada suara desing tipis2mc2 wrote: Fri Feb 02, 2018 18:22Mobil bro marthen performance turun, bisa krn banyak faktormarthen wrote: Sat Dec 30, 2017 1:40 Salam kenal suhu2....saya punya captiva diesel fl 2014. Kondisi sebelumnya: pake solar busuk trus dan ada asap hitam keluar dr knalpot dan pada saat tanjakan sdh loss power. Udah coba discan hasilnya ada alarm turbo, fuel presurre to low dan injection pump fuel low. Kondisi saat ini sdh tdk mau distater. Mohon petunjuknya suhu
1. Injector : cek return outlet & scan
2. Selang turbo : cek fisik-biasanya yg atas
3. Turbo kotor : copot & bersihkan di bengkel
4. Maf sensor kotor : bersihkan
5. Intake kotor : bongkar & bersihkan
Kalau sampai ga bisa stater bisa jadi memang fuel pumpnya..tapi ada baiknya scan di BERES aja jadi lebih pasti.
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Tue Jan 01, 2019 4:11
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: captiva
Re: Recovery captiva korban solar busuk
saya punya masalah yang sama. captiva tahun 2014 setelah pake bio solar sekarang posisi tidak bias di starter …. untuk di Surabaya harus bi bawa kemana ya ….. (selain dealer resmi) saat ini posisi mobil mogok di Lamongan .. terimakasih .. mohon informasi kawan kawan semua
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Recovery captiva korban solar busuk
serahu saya oom TS juga berlokasi di Lamongan atau Gresik.arifsahl2019 wrote:saya punya masalah yang sama. captiva tahun 2014 setelah pake bio solar sekarang posisi tidak bias di starter …. untuk di Surabaya harus bi bawa kemana ya ….. (selain dealer resmi) saat ini posisi mobil mogok di Lamongan .. terimakasih .. mohon informasi kawan kawan semua
coba hub aja beliau oom
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Tue Jan 01, 2019 4:11
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: captiva
Re: Recovery captiva korban solar busuk
Om Ginting punya kontak Ts ? karena mau konsultasi langsung.. sukur syukur bias dibantu dan dipandu