nah orang biasanya lebih mikir initial costnya "gile harus ngisi pertamax turbo, tekor bos", "gile harus ngisi pertamina dex".Tats wrote: Mon Feb 19, 2018 4:23 Sy pernah cerita di thread lain ttg ini tp sy cerita ulang deh hehe
Dulu sy pakai sx4 diisi bensin oktan 92 (harga 8000an) selalu ngisi 300rb setiap 2 minggu
Skr sy pakai trax diisi bensin oktan 98 (harga 9250-9650an) selalu ngisi 250rb setiap 2 minggu
Keduanya sy selalu isi saat tangki bensin tinggal menunjukan 2 bar
Ternyata malah sy lebih irit pakai mobil yg butuh perta turbo drpd pertamax hahaha
Contoh lainnya jazz gk5 di tol cruising 100-120 kmh bisa dapet sekitar 14-15km/l pakai oktan 92
Nah di saat yg sama civic turbo pakai oktan 98 bisa dapet 18-20 km/l
Silahkan itung lebih irit di dompet yg mana, bandingin biaya bensinnya ya jgn harga mobilnya hahahaha
Kalau sy sih berharap si tnga ini benar dikembangkan utk produk disini om
Karena teknologi yg advance emang bener2 terasa lebih baik dari mesin2 mainstream di sini
Khususnya dari sisi konsumsi bbm (walau konsekuensinya harus pakai oktan 98)
Buat ane siii kalo mobilnya memang minta 98 apalagi berturbo pastinya tanpa babibu harusnya dah pada nyadar kudu ngisi perta turbo...
tapi theoritically Turbo memang untuk saat ini teknologi yang sangat efisien... ningkatin performa dan konsumsi bahan bakar sekaligus.
yang sulit adalah masyarakat kita, sorry to say, gak pernah mengapresiasi teknologi. Spt yang ane bilang... cuma siap dengan Kijang EFI dan Isuzu Panther... tinggal di kota besar, sanggup beli mobil 300 juta ngisi 92 aja masih nawar-nawar pertalit atau premium... bwat ane ngisi BBM bagus itu apresiasi teknologi...
jangan nyalahin ATPM gak mau masukin Diesel canggih dan mesin direct injection kesini. bwat ane TAM cukup realistis dan beralasan sih masukin mesin jadul dan spec-down.
Selain itu yang repot mekanik bengkel resmi kebanyakan anak STM baru lulus... di training (maaf) otaknya blom sampe... krn di sekolah diajarinnya mentok juga Kijang EFI dan Isuzu Panther, boro-boro Turbo, VVT dan GDI aja msh bingung...
dosa lainnya, BBM bagus nggak well-distributed sampe pelosok...
intinya ya masyarakatnya yang gak siap (perush minyak kan jg masyarakat indo toh? hehehe) semua involved sih.