kenalin ane nubie mau nyoba2 sharing hasil owning experience Honda BRV E MT 2016 akhir. Ini adalah mobil hibah dari ortu ane karena ane udah ada 2 buntut tapi masih tetep nangkring sama mertua. Kata ortu ane biar ane gak malu-maluin udah numpang, trus bawa mobil punya bini ke mana2, ane harus punya mobil sendiri. Padahal ane juga gak ngerasa butuh mobil kedua di keluarga kecil ane. Jadinya ya di syukurin aja; masih banyaaaaaaak banget orang mau makan aja susah, boro2 punya 2 mobil...

BTT. Jadi BRV ini kan ada 4 trim ya: S MT (terendah), E MT (punya ane), E CVT, Prestige CVT (tertinggi). Sebenarnya mobil ini sudah ada beberapa trit review, tapi yg udah ada review E CVT ke atas doang kayaknya. Kalo yang manual kayaknya blum ada.
Ane di Makassar waktu Des 2016 itu dikasih pricelist 250.6jt buat E MT (beda 15an juta kayaknya ama pricelist Jakarta). Minta diskon mentok di 234.5. Ya udah ortu udah ngebet liat mobil baru angkut aja deh…

EKSTERIOR
Karena exterior hampir gak ada beda antara E CVT dengan E MT kecuali badge CVT di belakang. Kalo di punya ane cuma badge E aja. Bedanya sama E MT sama Prestige agak banyak di interior sama eksterior, tapi beda harganya juga agak banyak, jadi waktu itu ane pikir ya udah ambil yg manual aja soalnya waktu itu blum tau pentingnya VSC yang cuma ada di Prestige.


Lagian pas ane tanya menkeu, dia juga lebih milih manual aja. Kalo waktu bisa diputar sih ane milih Prestige, soalnya udah belajar di SM bahwa mending ambil trim tertinggi kalo keuangan memungkinkan. Urusan ama menkeu mah suruh belajar aja. Tapi ya udah terjadi, apa boleh buat…
Yang ane lebih demen pada E MT yang punya ane skarang daripada punya Prestige salah satunya adalah velg, soalnya polanya yg berkelok kelihatan lebih dinamis daripada pola palang 5 lurus punya Prestige. Muffler cutter E MT juga lebih simpel daripada Prestige yg ber krom. Ntah kenapa menurut ane Prestige agak lebay soal krom2an ini, soalnya selain di muffler cutter, di lis antara lampu juga ada. Kalo di trim selain Prestige lis nya merah aja dan terus terang, ane lebih demen yg merah daripada krom krn garisnya lebih menyatu dengan warna lampu. Di lain pihak, sayap di atas pintu belakang sama shark fin antenanya emang lebih keren punya Prestige sih. Bisa aja ane pasang sendiri di E MT ane tapi males, mending duitnya buat beli BBM. Lagian sayap itu pasti nambah massa total mobil. Ini soal selera, jadi subjektif aja sih, no offense buat yg beda selera… O ya, soal kaca film ane di wanti2 ama ortu harus yang V-K**l. Masalahnya itu cuma ada di Prestige, sementara harga Prestige di kota ane agak overbudget. Jadinya ane suruh kaca film yg *uper **tik bawaan diganti total dgn V-K**l. Kena deh ane 5.7jt buat semobil, padahal kalo ane tau kaca film bawaannya gak jelek2 amat, gak bakalan ane ganti. Maklum nubitoltoltoltol, waktu itu blum ngarti parameter kualitas kaca film macam TSER, VLT, dll.
Masa-masa itu juga ane keburu napsu masang ceramic coating. Setelah iseng nanya di 2 tempat (Sona* & S*uto), ane nekat pilih Sona*. Katanya ceramic coating bagus biar mobil gampang dicuci & debu gak gampang nempel. Pas diliatin efek daun talas kalo disiram gitu yg bisa tahan sampe 1 tahun, kemakan rayuan deh ane. Pasang coating gituan 1 mobil kena 4.8 jt. Mana tahannya cuman 6 bulanan lagi, pas bulan ke 7 udah mulai gak ada tuh efek daun talas. Gak lagi deh coating2 segala. Mending cuci aja yang bener tiap kotor, keringin pake microfiber, kalo perlu sarungin pake sarung mobil yg rada mahalan di A*E hardware.
Abis itu, ane liat ban serepnya di kolong mobil sering kotor kalo musin hujan. Jadinya ane pesen sarung ban serep yang bisa ditutup total di toko reparasi tas & sepatu. Ini kena 400rb. Ini juga nih yang sedikit bikin adem sama BRV ane; ban serepnya full size jadi gak kentara2 amat kalo lagi dipasang. Cuman, ban bawaanya Dun**p Ehnasip ane gak demen. Baru 3 bulanan dipake udah bolong 2 kali di ban yang sama, padahal rute ane rumah-kantor-mall aja paling. Dibandingin ban BS di X-Over bini, kualitas beda banget dari segi durabilitas, noise, & respon setir. Mau ganti, udah kempes kantong ane gara2 coating & pasang vk**l. Aaaaaapeeeesss.
![Yes / No [emo-yesno]](./images/smilies/2017-yesno.gif)
![Yes / No [emo-yesno]](./images/smilies/2017-yesno.gif)
![Yes / No [emo-yesno]](./images/smilies/2017-yesno.gif)
INTERIOR
Interior ini salah satu kelemahan terbesar BRV & Ahond jaman 2015 ke atas secara umum. Di BRV ane, kualitasnya lebih jelek dibandingkan X-Over bini, City GD8 2007 adek, bahkan Avanza gen 1 2004 punya bokap. This feel preposterously cheap.
Yang paling ane gak suka adalah handle pembuka pintu dalam yang kayak plastik mainan anak murahan yg dijual di pinggir jalan. NVH (noise, vibration & harshness) juga lebih kasar daripada X-Over. Ane inget kesan pertama ane ini mobil bensin tapi kok bunyi mesinnya macam panter kotak sohib kuliah ane…
Itu tuas buat milih aliran udara luar ato aliran udara sirkulasi udah patah gara2 ditendang anak bayi ane pas dipangku di depan. Tendangan pertama lepas doang. Tendangan kedua patah bener deh. Mo di lem gak bisa soalnya tipis banget. Ya udah biarin aja.
Trus itu plastik hitam di bibir pintu depan kiri kanan bunyi keriyet2 mampus sampe mo lepas kalo diinjek pas ane mau ngelap atap mobil bagian depan. Gila, sejelek2nya Avanza bokap yg sampe skarang udah 14 tahun aja gak pernah tuh bunyi ginian. Trus bagian belakang rel jok depan gak tertutup plastik, jadi penumpang di baris tengah kalo kakinya kepentok ke rel tersebut bakal langsung ngadu sama besi; nyeri, nyeri deh…
Yang ngeselin juga adalah laci dashboard. Ini harus dibanting biar nutup rapat. Tiap kali ane nutup laci dashboard X-Over punya bini dengan elegannya, ane keinget betapa beda prinsip desain sizuka ama ahond. Si S kotak prinsipnya gak banyak ngejreng tapi elegan & fungsional. Si H ngejreng sana sini, krom sana sini, bedakin sana sini, isinya ya gitu deh… Makan tuh duit!
Hal ketiga yang ane gak suka adalah jok sopir yg rendah & gak ada seat height adjuster. Ane demen posisi tinggi yang minimal bisa ngeliat sedikit kap mesin. Nah di BRV ini rendah banget bikin ane frustrasi sampe ane beli bantal memory foam buat diselipin di bawah sarung jok. Bantal memory foamnya lumayan membantu tapi pas bokap liat, bokap cuman geleng2 kepala. Akhirnya ane nekat ke toko variasi, minta nambahin busa biar tinggi sekalian pasang jok kulit asli Nappa tapi khusus buat jok sopir aja. Ane kena 4.5jeti buat satu jok itu doang tapi serius, ane puasssssss banget ngerasain Nappa leather di atas jok tinggi soalnya punggung ane jadi gak basah. Skarang2 ini kalo bawa mobil lain ane betul2 nyadar punggung ane basah kalo habis bawa mobil yg jok supirnya dilapis kulit ACDC alias semisintetis gitu. Nah, kalo jok selain sopir tetap aja ane pakein mbte*h termurah yang ada d toped (1.3jt + ongkir 0.3 jt di toped).
Napsu variasi ane masih berlanjut, maklum baru sekali ini punya mobil yg bebas mo diapa2in, hehehe. Di toko variasi yang sama, ane pasang sensor parkir depan (350rb), tambah kain peredam di lantai mobil (400rb) , sama ganti karpet dasarnya dengan yg lebih tebel (800rb). Ane juga beli karet balon pintu sepaket buat BRV (lagi-lagi di toped, 900rb) trus dipasangin di toko variasi itu (tip doang, kasih 100rb buat dibagi2 ke instalaturnya). Setelah jok kulit, sensor parkir depan, & karpet dasar baru terpasang, ane ngerasa mobil ini udah mulai hampir “jadi”.
Di saat ini ane baru nyadar kalo segala duit tabungan ane lari ke mobil doang, padahal anak pertama mau sekolah & uang pangkal playgroup/ TK jaman sekarang sodara2, buset dah ngalahin SPP kuliah ane dulu… Jadi buru2 ane hentikan menatap trit2 racun di forum2, termasuk di SM ini. Eeehhh, namanya malang tak dapat ditolak, sekali waktu pas abis nyuci di salon mobil, udah kinclong abis, ane mo keluar parkiran mundur belok rada nanjak, ehhh ada pick up busuk parkir di pinggir jalan gak ane liat. Bokong BRV ane nyosor bak tuh pick up karna ane baru belajar senteran nih mobil, padahal tuh sensor parkir udah bipbipbip, ada kamera mundur pula; dasar nubitoltoltol.
Hasilnya mika lampu kanan ane pecah (untung gak sampe bolong ke dalam ruang balon lampunya). Panel sudut kanan belakang codet berat. Pintu bagasi juga codet ringan & agak meleyot ke dalam. Ane cek tuh pickup se*an gapapa, ya iyalah bak besi gitu lawan plastik & mika. Karna ane orangnya rada penyakit jiwa yg namanya OCD & perfectionism, ane segera meluncur ke dealer minta digantiin lampu belakang & panelnya. Pintu bagasinya akhirnya ane diemin aja krn catnya dikiiiit banget yg nglupas, kira2 1 mm persegi doang. Meleyot nya pun gak keliatan amat sama mata awam. Total kena hampir 4 juta lagi buat ganti itu semua krn ane gak pake asuransi. Habis itu ane teringet kalo ane ada kewajiban ama Yang Di Atas yang ane tunda2 mulu, makanya ane ditegor dengan musibah ini. Sampe sekarang Alhamdulillah ane aman di jalan setelah urusan ama Yang Di Atas ane kelarin.
MESIN
Kalo ada sisi positif dari BRV, ane pikir mesinnya adalah salah satu poin utama. Setelah make setahun diisi pertamax mulu (pernah pertabo, tapi gak pernah di bawah pertamax), ane bisa dapet 1:13an kecil which is sangat hemat dibandingkan X-Over yang mentok di 1:11an. Ini tercapai dengan penuh perjuangan seluruh anggota badan ane. Kaki kanan & kiri ane sekolah tinggi. Gas & rem ane usahakan sehalus mungkin. Target ane supaya rpm selalu antara 1000-1500 rpm. Kalopun ane harus akselerasi dikit, ane lakuin dengan mindahin giginya di-skip. Misalnya kalo mau nyalip, dari gigi 4 langsung ke 6. Kadang malah kalo lagi buru2, dari gigi 2 bejek sampe 2000 rpm trus langsung ke gigi 5 biar gak lama2 di rpm tinggi. Sedapat mungkin ane injek kopling full (bukan stengah kopling yg merusak kampas kopling) atau gak sekalian coasting/ meluncur di gigi netral.
Supaya ane bisa melakukan ini semua, ane selalu buka alas kaki kalo bawa mobil biar feel pedal bisa sangat presisi. Selain itu, ane pasang tekanan ban 2 psi lebih tinggi dari standar pabrik. Masang AC pun hanya bila bener2 panas kalo ane sendiri atau kalo pas ada orang lain di mobil. Kalo ane buka kaca jendela, ane buka silang (sisi sopir sama sisi penumpang kiri belakang). Trik2 hypermiling ini ane coba, tapi ya emang ada yg belum sempat dicoba misalnya pake oli 0W-20 yang mahal tapi katanya bisa menghemat SEDIKIT. Trik ecomodding seperti menutup ban belakang sampe bawah biar lebih aerodinamis juga gak ane lakuin, soalnya ane lebih mentingin kondisi standar se-standar2nya, kecuali sangat diperlukan, misalnya jok kulit custom tadi itu.
Mesin BRV yang 1.5 L ini juga ane rasain lebih bertenaga daripada mesin 1.5 L di X-Over. Selain karena peak power & peak torque yg lebih tinggi, bobot BRV juga lebih ringan daripada X-Over. Di sinilah ane mulai menerima kekurangan2 BRV ane. Kata bule, it is an acquired taste. Waktu bulan2 awal, saking gendeknya ama noh mobil, ane udah mo jual aja sebelum ultah pertamanya. Tapi ngeliat depresiasi mobil ini yang lebih tinggi (12an % per tahun) daripada X-Over & mobil2 lain di keluarga besar ane yg cuma 9-10an% pertahun, ane tahan2 deh napsu ini. Ini bukan pekerjaan mental yang ringan sodara2, ditambah adanya Xpander, Confero, dll yang bikin mupeng diberbagai forum & channel, ane galau berbulan2 sodara2. Syukurlah ane masih tahan godaan2 itu karena BRV ane betul2 perlahan tapi pasti mulai kena di hati ane.
Sekarang ini ane lagi eksperimen dengan BBM. Kalo pada umur 0-14 bulan, BRV ane nenggak pertamax dengan konsumsi seperti di atas, sekarang ane ngoplos pertabo 20L + premium 18 + sisa pertamax di tangki kayaknya 4 L. Hasilnya ane dapet RON 93an kecil. Efeknya, tarikan lebih enak sedikit.
Ane bisa pindah gigi di rpm 1100an, kalo pake pertamax murni bisanya di 1200-1300an (jalan datar). MID juga nunjukin 1:14. Tapi berhubung ini baru dilakuin 2 mingguan, ntar ane update lagi deh setelah pake oplosan ini beberapa bulan. Alasan ane ngoplos simpel: urusan duit. Kalo ngoplos pertabo+premium 1:1, hasilnya ane dapat RON 93 dengan Rp. 8625/L dibanding pertamax RON 92 doang harga lebih tinggi Rp.8800 (harga Makassar per 20 Jan 2018). Yeah, it’s not much, I know. Tapi ane aja yang jarang keluar rumah ngisi bensin 3x sebulan. Itungan kasar ane penghematannya “cuma” 500ribuan setahun. Tapi lumayan banget lah, itung2 nambah2an buat biaya pajak yang kena Rp.2950rb di tahun pertama (ini total, bukan PKB doang).
O ya, soal perawatan rutin, ane waktu beli mobil sekalin beli paket cermat yg katanya lebih murah jatuh2nya. Ane beli yang 3 tahun seharga Rp.3850rb. Ane udah 2 kali bawa ke bengkel waktu km 1000/ bulan pertama sama km 10.000/ bulan ke enam. Nah, masalahnya kalo nunggu km nya gak bakalan sampe krn pemakaian ane sangat minim, sekitar 8300an km doan setaun (standar pabrik 20ribu km/thn!). Jadi ya udah, ane ganti oli dll ngikutin waktu aja. Ane pikir dengan merawat mesin sesuai standar pabrik, secara long term menguntungkan ane juga kok ujung2nya. Cuman, dasar dealer mo cuan gede mulu , ane baru tau pas datang kedua kali bahwa penggantian filter oli yg ngambil paket cermat itu TIDAK dilakukan tiap kali ganti oli, melainkan 2 kali ganti oli baru ganti filter. Oh my goodness, gillaaaaakkkkkkk mo meleduk kepala ane saking keselnya. Soalnya sejak beli, mulai dari sales, SA-SA sbelumnya, bahkan kepala bengkel gak ada yang nyebut2 hal ini.
![Mark F [emo-mark-F]](./images/smilies/2017-scoreF.gif)
![Mark F [emo-mark-F]](./images/smilies/2017-scoreF.gif)
![Mark F [emo-mark-F]](./images/smilies/2017-scoreF.gif)
Ane sempet tergoda mau tega2an ngasih prebus ke BRV ane, tapi inget prinsip standar se-standar2nya, ane stick to the f***king manual book. Bukan apa2, soal tarikan pas mo nyalip + kesehatan mesin jangka panjang menurut ane lebih penting. Ane rencana tahan nih mobil sampe sekuat2nya ane ngerawat. Syukur2 bisa 20 tahun, jadi ane bisa ngajarin anak nyetir pake mobil ini, aamiiinn. Avanza gen 1 bokap aja keluaran 2004 masih dipake jadi mobil perang; kenapa ini nggak? Ane nubitolotoltol nyadar kalo kerjaan ane belum memungkinkan buat beli mobil se"mahal" ini, jadi yg bisa ane lakuin cuma memastikan mobil ini terawat sesuai atau bahkan melebihi standarnya biar bisa dipake selama mungkin.
Sekian deh review one year owning experience ane. 19 more to go, hehehe.