Saya malah wkt odo 5000 buka penutup pengisian oli intip ke dalam sekilas liat metalnya mulai2 ada endapan oli (sgo botol emas) langsung buru2 cekokin dxa 10w30 gunakan sampai umur odo 5000
Baru ganti ke fullsyn
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Saya malah wkt odo 5000 buka penutup pengisian oli intip ke dalam sekilas liat metalnya mulai2 ada endapan oli (sgo botol emas) langsung buru2 cekokin dxa 10w30 gunakan sampai umur odo 5000
lohlightarmy10 wrote:Om turbo , kemarin ganti oli kendall 0w20 120rb/ ltr di tirezone anugrah ban bsd.. cuman kemasannya masih warna merah , tdk acdc kan om?
numpang sharing..marmut wrote: ↑Mon Feb 12, 2018 12:54bahan bakar pake oktan berapa?
*note :
kalau sampai ada kerak oli di piston, sudah bisa dipastikan ada kebocoran cukup parah diantara ring piston, seal klep, atau bos klep. dan dari ujung knalpot pasti keluar asap terus menerus disertai berkurangnya jumlah oli mesin plus ukung knalpot basah oli.
andaikata oli tidak berkurang dan tidak ada asap keluar dari ujung knalpot tapi piston berkerak, kemungkinannya hanya pemakaian bahan bakar oktan rendah secara terus menerus, atau sering kena macet, atau kombinasi keduanya.
Hasil lab dah keluar.
Bahaya bener yaexflowly wrote:Hasil lab dah keluar.
Delvac 1 Jerigen 5L Oli Terang : TBN di bawah 4. Uedannnn..... Dapet oli flushing 5L nih
Delvac 1 Jerigen 5L Oli Gelap : Asli mestinya, tapi Trakindo bilang caution karena TBN dibawah spec Mobil website US, TBN cuman 11 padahal mestinya 12..... Ca 25XX Zinc 11XX P dll levelnya ok. Downgrade buat pasar Indo kali yak.
Delvac 1 di mesin yang udah di drain: TBN masih 6,8 setelah 5000km tapi Zinc cuman 432... kayaknya aspal, tapi dapet tbnnya bagusan dikit.
Kemarin jerigen Delvac yang TBNnya 11 ciri-ciri olinya: gelap/kuning kecoklatan, bau olinya agak beraroma alkohol sedikit.
Untuk yang dituang ke mesin sampe full kemarin si Delvac gelap....
Sekarang si toko ngakunya hanya jual oli asli. Malah ngakunya jual oli asli lebih gampang karena ada diskon kalo ngambil banyak.
Parah deh...
ga masalahDat510 wrote:Om-om mau tanya dong, tadi ke TODA saya cari shell helix ultra 5-40, disana ada tapi tanggal produksi nya Juli-2015, TODA harus nya asli lah ya, saya lihat juga di satu rak itu batch number sama semua. Itilah nya New Old stock lah.
Kalo oli produksi lama gitu apa performa nya seperti seharsusnya ngga si om? atau ada penurunan?
Kemarin dapet kabar burung selentingan, konon penjual oli terbesar itu beli Shell bukan dari Shell Indonesia. Lalu Shell Indo tau dan ngenain denda yang lumayan.... karena mestinya si penjual oli ini ngambilnya HARUS dari Shell Indonesia untuk oli Shell. Oli yang dibeli bukan dari Shell Indo ini juga produksi Shell, tapi bukan dari Shell Indo.Dat510 wrote: ↑Thu Feb 15, 2018 4:48 Om-om mau tanya dong, tadi ke TODA saya cari shell helix ultra 5-40, disana ada tapi tanggal produksi nya Juli-2015, TODA harus nya asli lah ya, saya lihat juga di satu rak itu batch number sama semua. Itilah nya New Old stock lah.
Kalo oli produksi lama gitu apa performa nya seperti seharsusnya ngga si om? atau ada penurunan?
Betul om Turbo. Jadi gatel juga mau main ke tempatnya Ko Amin dan cek Delvacnya dia.
Buat mesin tuwir M54 Om.
Betul om, TODA sebelumnya ambil Shell produksi eropa, salesnya bilang ke saya, di botol yg kemarin saya beli pun made in EU. Kayanya lagi ngabisin stok yg EU dulu baru yg shell made in indonesia nya dipajang, soalnya beberapa udah made in indonesia yg ada sticker anticounterfeit nya itu (HX8, HX5), sementara SHU dan HX7 masih yg made in EU.exflowly wrote: ↑Thu Feb 15, 2018 17:22
Kemarin dapet kabar burung selentingan, konon penjual oli terbesar itu beli Shell bukan dari Shell Indonesia. Lalu Shell Indo tau dan ngenain denda yang lumayan.... karena mestinya si penjual oli ini ngambilnya HARUS dari Shell Indonesia untuk oli Shell. Oli yang dibeli bukan dari Shell Indo ini juga produksi Shell, tapi bukan dari Shell Indo.
Monggo boleh dicek kebenarannya, kalo ternyata hoax alias cuman kabar burung ya sudah... tapi kalo bener, yah begitulah. Sejauh pengetahuan saya (dan pengalaman sendiri) oli yang dijual di Toda si oli asli.
Betul om Turbo. Jadi gatel juga mau main ke tempatnya Ko Amin dan cek Delvacnya dia.
Terus terang walaupun dapet yang aspal, suara mesin 2KD jadi lebih alus.... dibandingin pake Pertamina Fastron atau Toyota 15w40.
Buat info yang beli Delvac jerigen, yang palsu kemarin itu kode produksinya J551186, tgl produksi 2015 05 26 WA, baik di botol maupun di jerigen.
Nah, ini yang nyebelin ni : oli yang layak pakai itu, kode produksi dan tanggal produksinya juga sama..... J551186, tgl produksi 2015 05 26 WA.
Segel tutup dan segel aluminum di leher botol dua-duanya rapih dan ngebukanya sama persis, gak ada yang lebih keras dan gak ada yang lebih lengket/susah/bocor duluan.
Mudah-mudahan gak ada distributor yang nakal dan main tuang Bimoli aja ke botol Mobil Delvac 1...
waduh gawat kalo misal beneran oli acdc udah masuk beres jugamarmut wrote: ↑Fri Feb 16, 2018 2:01
baru keinget,
menjelang akhir tahun kemarin ada ayla dateng ke workshop saya mau beli oli mesin untuk nambah karena kurang. saya cek dipstik memang beneran kurang banyak. setelah tutup pengisian oli dibuka, saya lihat kok olinya mengental hampir seperti grease warnanya hitam kecoklatan pekat dan penambahan olinya hampir 2 liter.
suara mesin sebelum dan sesudah ditambah oli sangat normal tidak ada perubahan menurut telinga saya. entah jika menggunakan alat ukur.
menurut yang punya mobil kondisi seperti ini semenjak ganti oli di BeRes dan sudah berjalan lebih dari 2000 KM.
kesimpulan saya pribadi, oli acdc jaman sekarang sangat canggih. tidak membuat suara mesin menjadi kasar apalagi merontokkan jeroan mesin dalam waktu singkat seperti 20 tahun lalu.
Setuju ama pendapat om marmut, oli acdc sekarang " makin canggih " dan mungkin saja secara kualitas bisa mendekati oli asli tapi siapa yg mau nanggung resikonya ? Pengalaman saya pribadi pernah kena dengan oli aspal merk Mot*l CRDI, biasanya ane selalu langganan ganti oli sama salah satu trusted seller di dtm fatmawati yg sering disebutkan disini..nah karena iseng dpt voucher salah satu onlineshop dan direkomendasi sama temen akhirnya cobain beli online si Motu* tsb dengan harga jauh dibawah pasaran tentunya..beli 7 liter trus ganti oli filter pasang sendiri..nah awal2nya 2000km pertama tidak ada perbedaan sama sekali malah cenderung suara mesin lebih halus dibanding q8..dalam pikiran saya ini oli emang bagus..tapi yg membedakan adalah penguapan olinya, per 2000km saya biasanya cek dipstick dan paling nambah 100 s,d 200 ml sampe ke max limit..tapi ini sampe >300 ml lebih jadi sisa pas beli oli hamir kepake semua dan baru 90% max ( msh ada 0,1 ltr sisa oli yg diduga aspal ini )marmut wrote: ↑Fri Feb 16, 2018 2:01
baru keinget,
menjelang akhir tahun kemarin ada ayla dateng ke workshop saya mau beli oli mesin untuk nambah karena kurang. saya cek dipstik memang beneran kurang banyak. setelah tutup pengisian oli dibuka, saya lihat kok olinya mengental hampir seperti grease warnanya hitam kecoklatan pekat dan penambahan olinya hampir 2 liter.
suara mesin sebelum dan sesudah ditambah oli sangat normal tidak ada perubahan menurut telinga saya. entah jika menggunakan alat ukur.
menurut yang punya mobil kondisi seperti ini semenjak ganti oli di BeRes dan sudah berjalan lebih dari 2000 KM.
kesimpulan saya pribadi, oli acdc jaman sekarang sangat canggih. tidak membuat suara mesin menjadi kasar apalagi merontokkan jeroan mesin dalam waktu singkat seperti 20 tahun lalu.
Saya mah pasti ambil yang made in EU kemana-mana daripada yang dari Indo, apalagi SHU. Biasanya buat pasar kita kan kena downspec...Dat510 wrote: ↑Fri Feb 16, 2018 2:05 Betul om, TODA sebelumnya ambil Shell produksi eropa, salesnya bilang ke saya, di botol yg kemarin saya beli pun made in EU. Kayanya lagi ngabisin stok yg EU dulu baru yg shell made in indonesia nya dipajang, soalnya beberapa udah made in indonesia yg ada sticker anticounterfeit nya itu (HX8, HX5), sementara SHU dan HX7 masih yg made in EU.
Mekanik beres skrg banyak yang nakal dan punya oli stock "sendiri" buat isiin oli asli yang di bagian spareparts. Sompret dah...marmut wrote: ↑Fri Feb 16, 2018 2:01
suara mesin sebelum dan sesudah ditambah oli sangat normal tidak ada perubahan menurut telinga saya. entah jika menggunakan alat ukur.
menurut yang punya mobil kondisi seperti ini semenjak ganti oli di BeRes dan sudah berjalan lebih dari 2000 KM.
kesimpulan saya pribadi, oli acdc jaman sekarang sangat canggih. tidak membuat suara mesin menjadi kasar apalagi merontokkan jeroan mesin dalam waktu singkat seperti 20 tahun lalu.
Kemarin ada juga teman ganti oli Motul di toko oli terkenal di Kelapa Gading (dan saya sering ke sana, kenal ownernya juga, olinya ambil dari distributor dan asli) dan ternyata setelah ganti suara mesin kasar dan baru sembuh pas diflush dengan oli Motul beli di tempat lain setelah 1000km.
Om, noack, astm d 5800 kan? Itu bukannya berkaitan dengan penguapan aja ya? Atau emg ada kaitan kalau di atas 15% bisa sekalian ninggalin residu?exflowly wrote: ↑Fri Feb 16, 2018 8:57Saya mah pasti ambil yang made in EU kemana-mana daripada yang dari Indo, apalagi SHU. Biasanya buat pasar kita kan kena downspec...Dat510 wrote: ↑Fri Feb 16, 2018 2:05 Betul om, TODA sebelumnya ambil Shell produksi eropa, salesnya bilang ke saya, di botol yg kemarin saya beli pun made in EU. Kayanya lagi ngabisin stok yg EU dulu baru yg shell made in indonesia nya dipajang, soalnya beberapa udah made in indonesia yg ada sticker anticounterfeit nya itu (HX8, HX5), sementara SHU dan HX7 masih yg made in EU.
Mekanik beres skrg banyak yang nakal dan punya oli stock "sendiri" buat isiin oli asli yang di bagian spareparts. Sompret dah...marmut wrote: ↑Fri Feb 16, 2018 2:01
suara mesin sebelum dan sesudah ditambah oli sangat normal tidak ada perubahan menurut telinga saya. entah jika menggunakan alat ukur.
menurut yang punya mobil kondisi seperti ini semenjak ganti oli di BeRes dan sudah berjalan lebih dari 2000 KM.
kesimpulan saya pribadi, oli acdc jaman sekarang sangat canggih. tidak membuat suara mesin menjadi kasar apalagi merontokkan jeroan mesin dalam waktu singkat seperti 20 tahun lalu.
Nah ini mobil saya juga pake oli asli merk tertentu 2 dan katanya mengandung PAO mesin jadi coklat kuning parah padahal baru dibersihin dalam waktu 10 dan 4 ribu km. Virgin Oil Analysis dari oli ini juga ok... kandungan dan etc ok. Hanya mungkin kudu test NOACK supaya tau kenapa dia bikin sludge parah....
Used oil analysis pake oli aspal juga gak ada yang caution di 2KD, kecuali satu : fuel dilution, tapi di bawah 4%. Saya mikir karena rute sering macet ya terbilang normal. Dan ngeliat TBNnya masih 6,8 setelah 5000km sih sebenernya ni oli Delvac aspal pake full sampe 7500-8000km mestinya si ok. Fe cuman 7 di 4-5000km... taruh lah ganti di 8-10k kaliin 2 kali dapet 14 tambahin 2 ya dapet 16. Hebat bener dah...
Sekarang pakai Delvac TBN 11 di 2KD suara mesin tetep alus juga si.... dashyat deh. Sekarang di 2KD yang lebih kedengeran halus atau enggak tuh solarnya. Solar Pertamina jelek banget ya sekarang... wajib additive.
Kemarin ada juga teman ganti oli Motul di toko oli terkenal di Kelapa Gading (dan saya sering ke sana, kenal ownernya juga, olinya ambil dari distributor dan asli) dan ternyata setelah ganti suara mesin kasar dan baru sembuh pas diflush dengan oli Motul beli di tempat lain setelah 1000km.
Ya betul penguapan om. Sepengetahuan saya kalo noacknya kecil ya berarti olinya makin bagus (dan logikanya nggak ninggalin sludge).
exflowly wrote: ↑Fri Feb 16, 2018 8:57Saya jg ogah shell indoDat510 wrote: ↑Fri Feb 16, 2018 2:05 Betul om, TODA sebelumnya ambil Shell produksi eropa, salesnya bilang ke saya, di botol yg kemarin saya beli pun made in EU. Kayanya lagi ngabisin stok yg EU dulu baru yg shell made in indonesia nya dipajang, soalnya beberapa udah made in indonesia yg ada sticker anticounterfeit nya itu (HX8, HX5), sementara SHU dan HX7 masih yg made in EU.
Pengalaman dulu sebelum populer bgt langganan shell helix plus / hx7
Sampai berganti ke hx7 masih dapat blend singapore masih enak , sempet 1x hx7 blend indo tuang di hyundai getz rasanya ga enak bgt
Ada pengalaman mesin jadi kasar dan ngelitik wkt berat wkt start awal jalan terutama jika kondisi cuaca panas + macet parah, wkt itu umur oli 2200km 2 bln
Krn curiga bahan bakar ya diisi pertamax ngelitik juga ujungnya , tes lagi petronas 92 eh ngelitik jg jika di rpm bawah dan awal start jalan
Akhirnya curiga oli mulai drop , saya ganti ke caltex havoline langsung ilang ngelitik parahnya itu
Dan yakin bgt tu oli bukan acdc krn langsung ngambil sama temen yg kerja di distributor medan
Saya sebenarnya ingin suka sama produk Shell, hanya kenyataan ternyata berkata lain. Shell Helix Ultra AB (sebelum ganti botol) 5w30 saya pikir cocok di M52, tapi ternyata olinya cepet nguap dan juga kalau hari cuaca panas dan macet jadi turun viscositasnya. Keliatan dari oil pressure light yang flicker di dashboard pas bermacet ria, padahal mestinya tahan karena ACEA A3/B3/B4 spec.fernando_lim wrote: ↑Sat Feb 17, 2018 12:16
Saya jg ogah shell indo
Pengalaman dulu sebelum populer bgt langganan shell helix plus / hx7
Sampai berganti ke hx7 masih dapat blend singapore masih enak , sempet 1x hx7 blend indo tuang di hyundai getz rasanya ga enak bgt
Ada pengalaman mesin jadi kasar dan ngelitik wkt berat wkt start awal jalan terutama jika kondisi cuaca panas + macet parah, wkt itu umur oli 2200km 2 bln
Krn curiga bahan bakar ya diisi pertamax ngelitik juga ujungnya , tes lagi petronas 92 eh ngelitik jg jika di rpm bawah dan awal start jalan
Akhirnya curiga oli mulai drop , saya ganti ke caltex havoline langsung ilang ngelitik parahnya itu
Dan yakin bgt tu oli bukan acdc krn langsung ngambil sama temen yg kerja di distributor medan
Distro menurut web amsoil ada Dynamic Auto...n doi ada onlinenya both Blibli n toped