Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
17Herdy wrote: Thu Feb 01, 2018 17:03
Gak enak om. Sempit, gak ada senderan kepala.
Row 2 aja lumayan sempit mirip habanja.
Mobil 5 m kurang dikit kepanjangan idung
i don't think so coy,..............punya ente bajakan kali ?
17Herdy wrote: Thu Feb 01, 2018 17:03
Gak enak om. Sempit, gak ada senderan kepala.
Row 2 aja lumayan sempit mirip habanja.
Mobil 5 m kurang dikit kepanjangan idung
i don't think so coy,..............punya ente bajakan kali ?
17Herdy wrote: Thu Feb 01, 2018 17:03
Gak enak om. Sempit, gak ada senderan kepala.
Row 2 aja lumayan sempit mirip habanja.
Mobil 5 m kurang dikit kepanjangan idung
i don't think so coy,..............punya ente bajakan kali ?
Soal oil strainer matic hdj80..............itu ada jadwal penggantian atau cukup dibersihkan ?
Kalo harus diganti kendalanya............susah cari barangnya termasuk di toko langganan.
Ada dua di OL satu di DN satu lagi di ebay,...............merk transpeed dan boshi yang jelas keduanya produk china.
Ane gak tau barang orinya produk mana, umumnya kalo saringan oli atau solar merknya ND/Denso.
Apakah Transpeed atau boshi produk yg direkomendasikan ? takutnya, karet ring dan boltnya gak presisi sehingga oli kotor nyampur.
Atau
Ada yg kasih rekomen toko yg masih sedia oli strainer,................syukur alhamdulillah kalo rekomendasinya cuma dibersihkan.
Kebetulan ane liat di acara TV Wheelers Dealers, mekaniknya memang bilang bisa dibersihkan atau diganti................tapi diacaranya sendiri itu mekanik malah pilih ganti...............khan bingung jadinya............
basah wrote:gan minta bantuannya dan opininya...............
Soal oil strainer matic hdj80..............itu ada jadwal penggantian atau cukup dibersihkan ?
Kalo harus diganti kendalanya............susah cari barangnya termasuk di toko langganan.
Ada dua di OL satu di DN satu lagi di ebay,...............merk transpeed dan boshi yang jelas keduanya produk china.
Ane gak tau barang orinya produk mana, umumnya kalo saringan oli atau solar merknya ND/Denso.
Apakah Transpeed atau boshi produk yg direkomendasikan ? takutnya, karet ring dan boltnya gak presisi sehingga oli kotor nyampur.
Atau
Ada yg kasih rekomen toko yg masih sedia oli strainer,................syukur alhamdulillah kalo rekomendasinya cuma dibersihkan.
Kebetulan ane liat di acara TV Wheelers Dealers, mekaniknya memang bilang bisa dibersihkan atau diganti................tapi diacaranya sendiri itu mekanik malah pilih ganti...............khan bingung jadinya............
ikutan nyimak
punya saya sempat dibongkar oil pan aj, dr bawah
gak liat jg, karna dtaro d bengkel
kayaknya cuma dibersihkan aj, karena ad ganti part d nota
sempat disirkulasi juga olinya, habis belasan liter, tapi tetap aja ada hentakan pas dari 1 ke 2
basah wrote:gan minta bantuannya dan opininya...............
Soal oil strainer matic hdj80..............itu ada jadwal penggantian atau cukup dibersihkan ?
Kalo harus diganti kendalanya............susah cari barangnya termasuk di toko langganan.
Ada dua di OL satu di DN satu lagi di ebay,...............merk transpeed dan boshi yang jelas keduanya produk china.
Ane gak tau barang orinya produk mana, umumnya kalo saringan oli atau solar merknya ND/Denso.
Apakah Transpeed atau boshi produk yg direkomendasikan ? takutnya, karet ring dan boltnya gak presisi sehingga oli kotor nyampur.
Atau
Ada yg kasih rekomen toko yg masih sedia oli strainer,................syukur alhamdulillah kalo rekomendasinya cuma dibersihkan.
Kebetulan ane liat di acara TV Wheelers Dealers, mekaniknya memang bilang bisa dibersihkan atau diganti................tapi diacaranya sendiri itu mekanik malah pilih ganti...............khan bingung jadinya............
ikutan nyimak
punya saya sempat dibongkar oil pan aj, dr bawah
gak liat jg, karna dtaro d bengkel
kayaknya cuma dibersihkan aj, karena ad ganti part d nota
sempat disirkulasi juga olinya, habis belasan liter, tapi tetap aja ada hentakan pas dari 1 ke 2
utk yg dibold saya udah nyerah om................kadang ada delay dan ada hentakan naik ke gear 2, sudah sampe ricardo segala..............mungkin ini bawaan mobil kali ya.
Sesuai anjuran ricardo matic cross joint sempet diganti, hasilnya hentakan jauh berkurang.............tinggal delay yang masih ada.
Delay kalo baru ganti oli mendingan, makin mendekati jadwal ganti oli makin kerasa delaynya apalagi kondisi stop n go.
Tapi kalo kondisi laju (tdk stop n go) delay ilang.
kalo dari namanya oli strainer.............setau saya bahannya dari anyaman stainless steel, nah logikanya harusnya cukup dibersihkan pake pelarut oli dan wax disemprot dari arah dalem untuk bersihkan sisa oli dan kotoran gum.
Tapi kalo mengandung bahan kertas atau yg vulner, berarti harus ada jadwal ganti..............susahnya di kramat motor atrium sampe sunter gak ada stock.
Om turbo pm ane katanya sih disuruh cari merk TKK
basah wrote:gan minta bantuannya dan opininya...............
Soal oil strainer matic hdj80..............itu ada jadwal penggantian atau cukup dibersihkan ?
Kalo harus diganti kendalanya............susah cari barangnya termasuk di toko langganan.
Ada dua di OL satu di DN satu lagi di ebay,...............merk transpeed dan boshi yang jelas keduanya produk china.
Ane gak tau barang orinya produk mana, umumnya kalo saringan oli atau solar merknya ND/Denso.
Apakah Transpeed atau boshi produk yg direkomendasikan ? takutnya, karet ring dan boltnya gak presisi sehingga oli kotor nyampur.
Atau
Ada yg kasih rekomen toko yg masih sedia oli strainer,................syukur alhamdulillah kalo rekomendasinya cuma dibersihkan.
Kebetulan ane liat di acara TV Wheelers Dealers, mekaniknya memang bilang bisa dibersihkan atau diganti................tapi diacaranya sendiri itu mekanik malah pilih ganti...............khan bingung jadinya............
ikutan nyimak
punya saya sempat dibongkar oil pan aj, dr bawah
gak liat jg, karna dtaro d bengkel
kayaknya cuma dibersihkan aj, karena ad ganti part d nota
sempat disirkulasi juga olinya, habis belasan liter, tapi tetap aja ada hentakan pas dari 1 ke 2
utk yg dibold saya udah nyerah om................kadang ada delay dan ada hentakan naik ke gear 2, sudah sampe ricardo segala..............mungkin ini bawaan mobil kali ya.
Sesuai anjuran ricardo matic cross joint sempet diganti, hasilnya hentakan jauh berkurang.............tinggal delay yang masih ada.
Delay kalo baru ganti oli mendingan, makin mendekati jadwal ganti oli makin kerasa delaynya apalagi kondisi stop n go.
Tapi kalo kondisi laju (tdk stop n go) delay ilang.
kalo dari namanya oli strainer.............setau saya bahannya dari anyaman stainless steel, nah logikanya harusnya cukup dibersihkan pake pelarut oli dan wax disemprot dari arah dalem untuk bersihkan sisa oli dan kotoran gum.
Tapi kalo mengandung bahan kertas atau yg vulner, berarti harus ada jadwal ganti..............susahnya di kramat motor atrium sampe sunter gak ada stock.
Om turbo pm ane katanya sih disuruh cari merk TKK
siap om
penyakit bawaan berarti
sekalian mau tanya
itu pompa solar yg ada filternya, ada sistem vakumnya kah?
karena di rpm tinggi, mesinnya brebet trus mati
sudah ganti pompa, selang, filter, masih sama
MAB wrote: Wed Apr 18, 2018 0:19
siap om
penyakit bawaan berarti
sekalian mau tanya
itu pompa solar yg ada filternya, ada sistem vakumnya kah?
karena di rpm tinggi, mesinnya brebet trus mati
sudah ganti pompa, selang, filter, masih sama
kalo rpm rendah lancar, tetapi kalo rpm tinggi mbrebet, betulkah ?
menurut ane sih sebanarnya gak ada yg bocor karena di rpm rendah mulus, kalo ada kebocoran harusnya mau rendah mau tinggi mbrebet walaupun tingkat mbrebetnya akan menaik ketika rpm tinggi.
Nah kalo rpm tinggi mbrebet berarti ada kemungkinan debit supply sollar < dari yang dibutuhkan. Coba cek om selang supply solar ID-nya sama dengan standar apa nggak ?
Setau saya di ruang mesin.........selang masuk ke pompa solar sekitar 12mm sedangkan dari pompa ke injector pump 10 mm. Dulu ane pernah pake selang yg IDnya cuma 6mm dampaknya ancur abis sampe jebol bilah pompanya kekurangan pelumasan.
Yang kedua si om pake 1 filter atau 2 filter ?
ini berpengaruh sama kerja injector pump meingkat om karena hambatan fluidanya naik.
Mungkin sementara itu om identifikasi dari ane, siapa tau yang lain punya pengalaman yg lain.
Ada yang pernah ganti selang (return hose) power steering HDJ80 ?
Ane kesulitan cari barang ori, cuma kalo pake yg universal high pressure < 8.3 MPa agak susah cari yg ukurannya 15mm. Bridgestone Pascalart ukurannya 15.9 mm dijamin kendor ke fittingnya.
Mohon infonya ya,..............maklum mobil tua butuh perawatan.............
rpm tinggi yang mbrebet om
ID = inner diameter?
sepertinya masih om selangnya
saya pake 1 filter saja
bisa sharing prinsip kerja pompa solar yang ada filternya?
apakah di pompa tersebut, sudah menggunakan vakum?
pernah tau cara kerja 2ndary tank nya?
bagaimana hubungan tombol yang dipencet di dash board dengan pembagian pangambilan solar dari main tank dan 2nd tank?
makasi om
basah wrote: Wed Apr 18, 2018 9:44
kalo rpm rendah lancar, tetapi kalo rpm tinggi mbrebet, betulkah ?
menurut ane sih sebanarnya gak ada yg bocor karena di rpm rendah mulus, kalo ada kebocoran harusnya mau rendah mau tinggi mbrebet walaupun tingkat mbrebetnya akan menaik ketika rpm tinggi.
Nah kalo rpm tinggi mbrebet berarti ada kemungkinan debit supply sollar < dari yang dibutuhkan. Coba cek om selang supply solar ID-nya sama dengan standar apa nggak ?
Yang kedua si om pake 1 filter atau 2 filter ?
yance wrote:selamat siang para suhu dan senior...
perkenalkan saya yance, newbi...
saya pemakai serie 80 serie GX 24 valve.
kemaren saya baru ganti per OME, tapi perbedaan ketinggian body depan belakang kok jadi besar? kira2 6 cm.
apa memang harusnya seperti itu?
terimkasih banyak,
salam
yance.
salken om
apakah per ome yg dipasang it emang udah beda tingginya sebelum dipasang?
maksudnya apakah untuk kondisi standar atau untuk lift
punya saya malah agak nungging yg belakang, karena mau bw rooftoptent, genset am peralatan lenong buat camping
sy udah pake per keong ome yg buat lift 2in di belakang, shock ome sport
depan per standar, shock bilstein, ban 285 75 r16
kalo pas fully load dia 1 level, jarak ban ke fender, depan blakang kira2 sama
saran saya bw ke bengkel spesialis, tanya2 dan diskusi ......
kata anak LC tulen, emang vx biasanya nungging blakangnya
btw, mobilnya langka it om, 24valve
pernya lift up 2 inch om
kapan hari saya sempet coba per itu di vx teman saya, dan perbedaannya tidak terlalu besar (selisih depan belakang mungkin sekitar 2-3 cm).
apa mungkin karena perbedaan beban belakang? (fyi. type mobil saya yang van bukan wagon, jadi tidak ada jok baris ketiga).
pengen nyoba yang belakang pake per yang lift-up 1" (kalau ada) dan depan dibiarkan pakai yg lift 2".... heheheh
untuk ban saya pakai BF 285x70x17 dengan velg prado 17".
terimakasih banyak om.
salam dari bali.
MAB wrote: Wed Apr 18, 2018 11:06
rpm tinggi yang mbrebet om
ID = inner diameter?
sepertinya masih om selangnya
saya pake 1 filter saja
bisa sharing prinsip kerja pompa solar yang ada filternya?
apakah di pompa tersebut, sudah menggunakan vakum?
pernah tau cara kerja 2ndary tank nya?
bagaimana hubungan tombol yang dipencet di dash board dengan pembagian pangambilan solar dari main tank dan 2nd tank?
makasi om
pompa di atas filter solar berfungsi mendorong solar ke injector pump dan menarik solar dari tank. Solar bisa naik dari tank ke filter solar karena perbedaan tekanan akibat vacuum yg ditimbulkan pompa. Bila mesin dimatikan dan selama vacuum bekerja alias tidak ada kebocoran maka solar tertahan dan gak balik ke tank. Itu modelnya seperti air dalam sedotan dimana sedotan dipermukaan di tutup rapat.
soal sub tank..............itu adalah tank cadangan kapasitasnya kalo gak salah 50 Lt. Cara mengaktifkan sub tank dengan menekan tombol "SUB" di dashboard. BIla aktif maka valve yang bekerja sehingga solar yg ada di sub tank yang akan tersedot ke mesin dan valve selang balik juga memindahkan arus balik solar dari main ke sub.
Sebaliknya bila sub di non aktifkan maka valve juga non aktif sehngga main tank yang menjadi sumber pengambilan solar dan menjadi tank tempat arus balik solarnya. Kalo gak salah didalam perangkat valve itu ada kumparan yang mengaktifkan magnet sehingga valve bekerja buka tutup. Bentuknya seperti botol kecil dan sebaiknya secara rutin dibersihkan karena kotoran dari gel solar dan kotoran lainnya bisa mengganjal valve sehingga tidak menutup sempurna.
Letaknya di kolong diantara main tank dan sub tank, kalo lepas selang harus hati-hati apalin jalurnya kalo nggak nanti solar gak balik ke tank dimana solar itu diambil............tau-tau bingung kehabisan solar di main tank tapi malah tumpah melimpah di sub.
basah wrote:
utk yg dibold saya udah nyerah om................kadang ada delay dan ada hentakan naik ke gear 2, sudah sampe ricardo segala..............mungkin ini bawaan mobil kali ya.
Sesuai anjuran ricardo matic cross joint sempet diganti, hasilnya hentakan jauh berkurang.............tinggal delay yang masih ada.
Delay kalo baru ganti oli mendingan, makin mendekati jadwal ganti oli makin kerasa delaynya apalagi kondisi stop n go.
Tapi kalo kondisi laju (tdk stop n go) delay ilang.
kalo dari namanya oli strainer.............setau saya bahannya dari anyaman stainless steel, nah logikanya harusnya cukup dibersihkan pake pelarut oli dan wax disemprot dari arah dalem untuk bersihkan sisa oli dan kotoran gum.
Tapi kalo mengandung bahan kertas atau yg vulner, berarti harus ada jadwal ganti..............susahnya di kramat motor atrium sampe sunter gak ada stock.
Om turbo pm ane katanya sih disuruh cari merk TKK
om, kaitan ama jeduk ....
kemarin vxr saya masuk ke bengkel di daerah tangerang, karena problem alternator
ama yang punya dibejek lepas bejek lepas, sampe rpm dekat 4rb, lupa di posisi P atau N, trus muncul tanda OD Off di panel, trus dia ganti ada part 800k yang ada tulisan Denso di atas Bosch pump
setelah itu tanda OD Off gak muncul lagi dan perpindahan gigi terasa lebih halus ... kerasa jeduk baru 1x setelah 2 bulan sejak diganti ....
basah wrote: Thu Apr 19, 2018 9:16
pompa di atas filtee solar berfungsi mendorong solar ke injector pump dan menarik solar dari tank.
soal sub tank..............itu adalah tank cadangan kapasitasnya kalo gak salah 50 Lt. Cara mengaktifkan sub tank dengan menekan tombol "SUB" di dashboard. BIla aktif maka valve yang bekerja sehingga solar yg ada di sub tank yang akan tersedot ke mesin dan valve selang balik juga memindahkan arus balik solar dari main ke sub.
rupanya masalah karena salah penggunaan di saya om
pas lg dipake tombol sub masih on, padahal solar dah habis
beberapa kali engine off otomatis, tetapi tetap dipaksa hidupkan lagi, beberapa kali pula
alhasil, ad kotoran yg nyumbat dan mesti kalibrasi lagi dan lumayan biayanya
ada beberapa part dalam bosch pump yg diganti dan nozzle tip ama injector ring juga diganti
dan suspect problem di valve pembagi ke sub tank, tidak terbukti
sekarang sudah normal dan bisa kick down sampe dekat rpm 4k
basah wrote: Wed Apr 18, 2018 9:53
Ada yang pernah ganti selang (return hose) power steering HDJ80 ?
Ane kesulitan cari barang ori
udah coba ke sakura motor?
biasanya dia ada part ori, apalagi kalo om punya no partnya
akhirnya pake pascalart om, baik utk setelah rumah stir maupun yg menuju reservoir
Hose dari reservoir ke P/S pump juga pake pascalart jepang.........belinya di LTC Glodok. Karena getas maka ketika stir dibelokkan sering ada dengung dan getar, setelah ganti ilang sih.............mungkin efek hidrolik pumpnya bekerja efektif gak bocor krn getas.
Yang belum diganti yg high pressure............sejauh ini belum rembes, padahal rubber hose yg lain udah pada getas dan rembes.
Kayaknya sih rubber hose untuk mobil 97 sudah waktunya diganti baik saluran udara, air dan oli (solar). Mobil ane masih bawaan mobil makanya sudah mulai nagih satu-satu..............
nurwidyanto wrote: Thu Aug 09, 2018 3:36
om oli mesin buat vxr turbo apa yang enak ya?baru dapet rawatan dari om ane,kapasitas oli 9 liter kah?
ya 9 lt dan tambah dikit bila ganti filter
Kalo ane mah yg jelasnya spec olinya 15w-40 kalo soal merk bisa pake meditran sx, rimula, valvoline atas mobil 1 dll.
Kalo ente beli sx, rimula di outlet resmi (SPBU juga ada) biasanya kejamin mutunya ..........harganya emang tinggian dr yg dipasaran.
kevienwijaya wrote: Thu Sep 13, 2018 4:34
Halo para master LC..
Perkenalkan saya kevien,mohon info adakah bengkel khusus land cruiser di semarang yang recomend?
Terimakasih para master
Jam jam segini pawang Land Cruiser lagi pada makan nasi timbel kayaknya, oom
sebentar saya panggil dulu ya,..itu mereka lagi pada ngariung mereka di saung..
Semarang ya.. Sy taunya bengkel anak2 hardtop yg biasa modif offroad.. Coba nanya ke rekan2 SJCo atau TLCI om.. Kalo dulu sih mereka nongkrongnya di bengkel di jalan semeru.. Tp kalo sekarang sy agak kurang update
Mobil ane LC Vx-R80 tahun 98 Matic bos lagi di bengkel.., lagi nyari sparepart torconverter, Brake Piston no 1, Brake Piston no 2, sama kampas kopling... keliling ane cari ga ada gan, barangkali ada yang punya info tempat atau toko yang ada barangnya gan?
Mohon bantuannya... maaf ane masih newbee gan, mobil baru dipegang 1 tahun jadi masih minim pengetahuan...
sukerdan02 wrote: Thu Sep 13, 2018 6:17
Semarang ya.. Sy taunya bengkel anak2 hardtop yg biasa modif offroad.. Coba nanya ke rekan2 SJCo atau TLCI om.. Kalo dulu sih mereka nongkrongnya di bengkel di jalan semeru.. Tp kalo sekarang sy agak kurang update
hahahahaha... Iya nih om,saya kebetulan masih newbee jadi belum ada contact ke rekan2 TLCI om... Jalan semeru itu yang akpol tu ya om? apakah bengkel yang dimaksud yang ada tempat cucian mobilnya itu? Terimakasih