ESEMKA GARUDA 1
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: ESEMKA GARUDA 1
Foday Lanfu alias Landfort
Bbrp bulan lalu ane pernah posting di SM
akhirnya bener masuk
Nah kalo mobil2 buatan Foday ini termasuk mobil China yg patut dipertanyakan, scr di China sendiri sgt tidak populer / penjualan sgt minim
Bisnis si Foday di sana yg gede itu = mensupply body parts utk pabrikan mobil besar di sana
Bbrp bulan lalu ane pernah posting di SM
akhirnya bener masuk
Nah kalo mobil2 buatan Foday ini termasuk mobil China yg patut dipertanyakan, scr di China sendiri sgt tidak populer / penjualan sgt minim
Bisnis si Foday di sana yg gede itu = mensupply body parts utk pabrikan mobil besar di sana
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20
Re: ESEMKA GARUDA 1
ngeliat mereknya jadi termindset mbl ini buatan pasar asemka
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: ESEMKA GARUDA 1
Sptnya sy sih lbh optimis sm mobil kiat mahesa drpd ini
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1220
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: ESEMKA GARUDA 1
bedanya jaman simbah dulu internet belom berkembang, makanya setelah sekian lama (cmiiw) baru tau kalau itu sebuah kia.
lah sekarang jamannya internet hitungan menit aja dah tau asal usulnya....
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 188
- Joined: Fri Nov 20, 2015 7:26
- Location: pekanbaru riau
- Daily Vehicle: Ertiga
Re: ESEMKA GARUDA 1
Bukan ny gak mau optimis..
Tapi yo tetep aja pesimis..
Nah loh...
Tapi yo tetep aja pesimis..
Nah loh...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1602
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: ESEMKA GARUDA 1
paragraf2 akhir isinya super sekali
https://m.detik.com/oto/mobil/d-3842846 ... a-garuda-1
yg dulu katanya inden sampai 7000 unit
https://m.detik.com/oto/mobil/d-3842846 ... a-garuda-1
yg dulu katanya inden sampai 7000 unit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 324
- Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49
Re: ESEMKA GARUDA 1
Sebenaenya namanya cukup mentereng & menjual.. Garuda 1. Sayang generasi kijang pelan2 dihabisi nama indonya. Tinggal innova saja.. dulu iklannya masih disebut2 kijang.
memang negara romusha itu tidak pernah berubah. Angin surga mulu kasih harapan2 palsu alih teknologi mobil nasional.. wkwkw..
memang negara romusha itu tidak pernah berubah. Angin surga mulu kasih harapan2 palsu alih teknologi mobil nasional.. wkwkw..
-
- SM Specialist
- Posts: 15573
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: ESEMKA GARUDA 1
Mobil nasional klo cuma buat adu gengsi buat apa sih sebenernya ? Saya malah jadi bingung sendiri...
Mau bersaing sama merek luar TKO duluan... Tapi gak bikin mobil yang sesuai sama kebutuhan...
Kurikulum S-1 teknik mesin dan SMK emang apaan aja ? Masih aja bahas karburator dan diesel non-CRD sih mimpi jauuuuuuuuh sekali saat kita skrg udah jamannya forced induction dan teknologi canggih lainnya... anak SMK ngebenerin mobil Jepang aja bingung... ee ini mau bikin mobil sendiri...
Bikin deh tuh pickup sayur jual di desa-desa harga 30-40jt dengan kredit bunga rendah dan tax free... baru mobil nasional... bantu rakyat kecil pasarin hasil kebun dan pertanian. Negara agraris tapi sektor agraria gak digarap serius...
Udahlah, banyak negara gak bikin mobil juga survive... emang harus Indonesia bikin mobil ndiri... ? Prasaan mobil dari dulu ya itu-itu ae toh... Jepang Eropa Korea Cina Amriki... India juga lakunya buat locals aja... yang laris di global cuma Jepang Korea Eropa Amriki... Rusia bikin Lada juga jago kandang akhirnya buat dipake rakyatnya sendiri.
Mau bersaing sama merek luar TKO duluan... Tapi gak bikin mobil yang sesuai sama kebutuhan...
Kurikulum S-1 teknik mesin dan SMK emang apaan aja ? Masih aja bahas karburator dan diesel non-CRD sih mimpi jauuuuuuuuh sekali saat kita skrg udah jamannya forced induction dan teknologi canggih lainnya... anak SMK ngebenerin mobil Jepang aja bingung... ee ini mau bikin mobil sendiri...
Bikin deh tuh pickup sayur jual di desa-desa harga 30-40jt dengan kredit bunga rendah dan tax free... baru mobil nasional... bantu rakyat kecil pasarin hasil kebun dan pertanian. Negara agraris tapi sektor agraria gak digarap serius...
Udahlah, banyak negara gak bikin mobil juga survive... emang harus Indonesia bikin mobil ndiri... ? Prasaan mobil dari dulu ya itu-itu ae toh... Jepang Eropa Korea Cina Amriki... India juga lakunya buat locals aja... yang laris di global cuma Jepang Korea Eropa Amriki... Rusia bikin Lada juga jago kandang akhirnya buat dipake rakyatnya sendiri.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: ESEMKA GARUDA 1
Zaman skg bikin bisnis Passenger vehicle bukannya tergolong bisnis berisiko tinggi ya
pasar Global udah Red Ocean
Pemain lama aja banyak yg tumbang
Sama kayak zaman dulu bahwa "Negara harus punya airline as national flag carrier".......nyata nya di zaman skg banyak flag carrier empot2 an (termasuk SQ) krn persaingan dgn LCC........
pasar Global udah Red Ocean
Pemain lama aja banyak yg tumbang
Sama kayak zaman dulu bahwa "Negara harus punya airline as national flag carrier".......nyata nya di zaman skg banyak flag carrier empot2 an (termasuk SQ) krn persaingan dgn LCC........
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 247
- Joined: Thu Aug 06, 2015 6:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: CM5
Re: ESEMKA GARUDA 1
bukan buat adu gengsi sih kayanya....soalnya selalu nongol kalo mau deket2 pemilu doang...ngerti lah mestinya buat apa toh :p
Past : G100 CB-23 '87, DanGan 4G15 '90, Fj 40 '82, TBR541 LS At '00, T32 QR25DE '16, C24 QR20DE '11, F30 330i, GK 5 MT '15, C11 MR18DE '06
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: ESEMKA GARUDA 1
Setuju. Tuh SMK di kampung sy prakteknya pk Kijang 4K bekas angkot....ChZ wrote: ↑Thu Feb 01, 2018 2:50 Mobil nasional klo cuma buat adu gengsi buat apa sih sebenernya ? Saya malah jadi bingung sendiri...
Mau bersaing sama merek luar TKO duluan... Tapi gak bikin mobil yang sesuai sama kebutuhan...
Kurikulum S-1 teknik mesin dan SMK emang apaan aja ? Masih aja bahas karburator dan diesel non-CRD sih mimpi jauuuuuuuuh sekali saat kita skrg udah jamannya forced induction dan teknologi canggih lainnya... anak SMK ngebenerin mobil Jepang aja bingung... ee ini mau bikin mobil sendiri...
Bikin deh tuh pickup sayur jual di desa-desa harga 30-40jt dengan kredit bunga rendah dan tax free... baru mobil nasional... bantu rakyat kecil pasarin hasil kebun dan pertanian. Negara agraris tapi sektor agraria gak digarap serius...
Udahlah, banyak negara gak bikin mobil juga survive... emang harus Indonesia bikin mobil ndiri... ? Prasaan mobil dari dulu ya itu-itu ae toh... Jepang Eropa Korea Cina Amriki... India juga lakunya buat locals aja... yang laris di global cuma Jepang Korea Eropa Amriki... Rusia bikin Lada juga jago kandang akhirnya buat dipake rakyatnya sendiri.
Makanya sy pikie kalo mau bikin mobnas ya yg sederhana aja. Kiat Mahesa itu udh cukup masuk akal strateginya. Mobil buat orang kampung, mesinnya pk traktor quick 1 silinder. Yg beginian kan gk ush mikirin persaingan dagang sm astra, indomobil, ktb...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Thu Feb 01, 2018 3:27
Re: ESEMKA GARUDA 1
Ini mah cuma utk menuh2in list prestasi :3
-
- SM Specialist
- Posts: 15573
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: ESEMKA GARUDA 1
Makanya oom... bikin mobil klo mau saingan ama global brand mah ngapain yak... udah TKO sebelum mulai. Saingan mobil sekarang udah susah. Krn beda dengan japan/US/EU/Korea, Indo masih developed country dan kekuatannya Indo bukan di industrial...coklatMetalik wrote: ↑Thu Feb 01, 2018 3:19
Setuju. Tuh SMK di kampung sy prakteknya pk Kijang 4K bekas angkot....
Makanya sy pikie kalo mau bikin mobnas ya yg sederhana aja. Kiat Mahesa itu udh cukup masuk akal strateginya. Mobil buat orang kampung, mesinnya pk traktor quick 1 silinder. Yg beginian kan gk ush mikirin persaingan dagang sm astra, indomobil, ktb...
Nggak perlu lah bikin yang begitu2. Strengthnya bukan di situ. Marketnya Indonesia bukan mobil. Indo tetep berjaya di luar tanpa harus bikin mobil kok.
Yup bwat keperluan angkut-angkut logistik aja sebenernya ... orang desa selama ini kesusahannya kadang slippery roads dan mereka mesti bawa motor bebek... bebek loh bukan triseda gitu2... Bawa logistik pake motor bebek. Klo kebijakan yang menguntungkan rakyat ya realistis aja, bikin SUV apalagi rebadge sih cm pure gengsi dan politik.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11035
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: ESEMKA GARUDA 1
isinya BeRes dari sabang sampe merauke kan lulusan SMK......ChZ wrote: ↑Thu Feb 01, 2018 2:50
-
Kurikulum S-1 teknik mesin dan SMK emang apaan aja ? Masih aja bahas karburator dan diesel non-CRD sih mimpi jauuuuuuuuh sekali saat kita skrg udah jamannya forced induction dan teknologi canggih lainnya... anak SMK ngebenerin mobil Jepang aja bingung... ee ini mau bikin mobil sendiri...
-
jadi kalo mobil keluar dari BeRes terjadi sesuatu ya ikhlaskan saja.
-
- SM Specialist
- Posts: 15573
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: ESEMKA GARUDA 1
Makanya gw di trit sebelah jg menyampaikan demikian (klo gak mau berurusan sama ATPM ye cuek aja servis di luar)
malah dibilang ngebela Honda gak berimbang dll... lha piye toh...
Dah ngerti isinya anak SMK semua dan PR modal bacot ya masih aje pada percaya garansi-garansian...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: ESEMKA GARUDA 1
hmm gitu kah? saya taunya ini pesawat pernah jadi mockup 30th lalu dengan nama XT400 atau LT200 saya lupa.. Copyright yang bag. mana?newrubble wrote: ↑Wed Jan 31, 2018 13:32 indo nantinya punya manufacturing policy a'la zhonghua
reverse engineering
out of topic ..... bgt byk org bangga ptdi bikin n219 sampe tiba tiba ada 1 patent attorney dr londo telefoon sy (3 thn lalu) n bilang:
dia represented let n.p czech n bilang ada copyright issue dgn let-410 aircraft
nah lo ...... tapi sy bilang sy tdk mainan yg bgitu n cegat sj di global certification spy tdk bs jualan global level
Gak masalah toh kalau mau reverse, China bisa buat macam2 juga karena reverse. Sekali naik mobil disana yang desain comot sana sini dengan girbox 3AT nya yang super nendang (baca endut2an) sekarang bisa buat macam2 berangkat padahal dari kendaraan roda 3 yang baru di gas udah standing..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: ESEMKA GARUDA 1
Btw mengingat ada yang bahas Kiat Mahesa..
Mobil ini lebih masuk akal untuk di kembangkan atau bahkan produksi masal..
Kenapa?
Easy to operate, tanpa teknologi muluk yang bikin ribet..
Kedua, dengan ukuran kompak begitu akan lebih mudah masuk jalanan pedesaan yang mana memang tujuan kendaraan eperti ini selain bisa digunakan untuk pribadi juga untuk kerja dan mudah untuk dirawat karena montir dadakan juga bisa benerin..
Kok berpikiran begitu?
Easy, karena kita kan selalu dibilang berpatokan dengan teknologi Jepang, tapi kenapa gak pelajari juga gimana pertanian atau sifat penduduk sub-urban nya? Mereka punya ladang sepetak2 mau itu padi ataupun sayuran, jalanan kecil2tapi mulus, punya keicar macam Himax or even Mira buat angkut jualan mereka kepasar atau konbini tanpa perlu ribet masuk bulog dll~
Ini mobil buatan Kiat Mahesa bener2 multipurphose vehicle, mesin nya modif jadi penggiling padi juga bisa, gak perlu lagi bawa traktor ketengah jalan..
Jadi apa saya setuju sama Garuda? Hmm ndak untuk saat ini..
Subsidi aja udah salah sasaran (itu LCGC yang beli bukan orang yang baru punya mobil tapi orang yang udah punya 2-3 mobil tapi mau beli satu lagi buat jalan2 di kota) Kalau beginiann di subsidi juga dan yang beli juga gak ada pemerataan alias infrastruktur belum rata selain luar Jawa mampus penuh dengan mobil jalan raya kita.. Terlalu muluk, leap nya juga terlalu tinggi dan lebih tepatnya tidak dibutuhkan..
Mobil ini lebih masuk akal untuk di kembangkan atau bahkan produksi masal..
Kenapa?
Easy to operate, tanpa teknologi muluk yang bikin ribet..
Kedua, dengan ukuran kompak begitu akan lebih mudah masuk jalanan pedesaan yang mana memang tujuan kendaraan eperti ini selain bisa digunakan untuk pribadi juga untuk kerja dan mudah untuk dirawat karena montir dadakan juga bisa benerin..
Kok berpikiran begitu?
Easy, karena kita kan selalu dibilang berpatokan dengan teknologi Jepang, tapi kenapa gak pelajari juga gimana pertanian atau sifat penduduk sub-urban nya? Mereka punya ladang sepetak2 mau itu padi ataupun sayuran, jalanan kecil2tapi mulus, punya keicar macam Himax or even Mira buat angkut jualan mereka kepasar atau konbini tanpa perlu ribet masuk bulog dll~
Ini mobil buatan Kiat Mahesa bener2 multipurphose vehicle, mesin nya modif jadi penggiling padi juga bisa, gak perlu lagi bawa traktor ketengah jalan..
Jadi apa saya setuju sama Garuda? Hmm ndak untuk saat ini..
Subsidi aja udah salah sasaran (itu LCGC yang beli bukan orang yang baru punya mobil tapi orang yang udah punya 2-3 mobil tapi mau beli satu lagi buat jalan2 di kota) Kalau beginiann di subsidi juga dan yang beli juga gak ada pemerataan alias infrastruktur belum rata selain luar Jawa mampus penuh dengan mobil jalan raya kita.. Terlalu muluk, leap nya juga terlalu tinggi dan lebih tepatnya tidak dibutuhkan..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: ESEMKA GARUDA 1
motor roda 3 itu harganya 30 juta an laku padahal cuman maks 200cc, buat nanjak nggak kuat,, seandainya mau bikin pickup mini 800cc untuk angkut hasi bumi seharga dibawah 60jt pasi laku,, atau mobil mesin giling padi dan sebagainya.,
di jatim tata pickup diesel juga laku banyak toko bangunan punya,
tapi di pikiran pejabat mana ada gengsinya?
di jatim tata pickup diesel juga laku banyak toko bangunan punya,
tapi di pikiran pejabat mana ada gengsinya?
-
- SM Specialist
- Posts: 15573
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: ESEMKA GARUDA 1
Bener, klo saya liat di desa-desa itu jalannya bahkan nggak capable untuk motor roda 3...daftar wrote: ↑Thu Feb 01, 2018 4:47 motor roda 3 itu harganya 30 juta an laku padahal cuman maks 200cc, buat nanjak nggak kuat,, seandainya mau bikin pickup mini 800cc untuk angkut hasi bumi seharga dibawah 60jt pasi laku,, atau mobil mesin giling padi dan sebagainya.,
di jatim tata pickup diesel juga laku banyak toko bangunan punya,
tapi di pikiran pejabat mana ada gengsinya?
Yang penting dijual berapapun jangan sampe kreditnya bikin bangkrut petani... 40-50juta dengan bunga rendah atau tanpa bunga sama sekali disubsidi ama pemerintah...
Subsidi BBM, LCGC, semua salah sasaran... hahahhaha... Dah taunan kok masih aja salah melulu...Subsidi aja udah salah sasaran (itu LCGC yang beli bukan orang yang baru punya mobil tapi orang yang udah punya 2-3 mobil tapi mau beli satu lagi buat jalan2 di kota) Kalau beginiann di subsidi juga dan yang beli juga gak ada pemerataan alias infrastruktur belum rata selain luar Jawa mampus penuh dengan mobil jalan raya kita.. Terlalu muluk, leap nya juga terlalu tinggi dan lebih tepatnya tidak dibutuhkan..
LCGC skrg gak bisa dibilang murah juga, 150jutaan...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: ESEMKA GARUDA 1
1 yg sy agak ragu; apakah mesin traktor quick yg dipake kiat mahesa itu bs lulus emisi euro 2....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 260
- Joined: Wed Jun 18, 2014 3:07
- Location: kolong langit
- Daily Vehicle: supra fit
Re: ESEMKA GARUDA 1
politik itu memang kejam
lebih kejam dari selingkuhan pacar
lebih kejam dari selingkuhan pacar
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7377
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: ESEMKA GARUDA 1
lawyer nya yg tau ....... sy tdk pernah jadi lawyer representing prusahaan itu tapi let410 pertama x inauguration itu 1969-1970
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: ESEMKA GARUDA 1
hal yg aneh di merek E ini
dimana2 tuh biasanya mobil yg belom launching kalo dibawa itu ditutup rapat / kasih sticker kamuflase, mobil polos tanpa emblem sama sekali
selubung baru dibuka saat launching resmi
lha ini mah hebat......showroom gak jelas........harga gak jelas.......tapi saat dibawa dibiarkan polos terbuka lengkap dgn emblem dan badge type nya ......kayak IU bawa mobil baru
dimana2 tuh biasanya mobil yg belom launching kalo dibawa itu ditutup rapat / kasih sticker kamuflase, mobil polos tanpa emblem sama sekali
selubung baru dibuka saat launching resmi
lha ini mah hebat......showroom gak jelas........harga gak jelas.......tapi saat dibawa dibiarkan polos terbuka lengkap dgn emblem dan badge type nya ......kayak IU bawa mobil baru
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Sun Jun 23, 2013 2:17
Re: ESEMKA GARUDA 1
Bener banget om turbo, ini baru boleh dibilang political marketing NDESO.......Turboman wrote: ↑Thu Feb 01, 2018 14:06 hal yg aneh di merek E ini
dimana2 tuh biasanya mobil yg belom launching kalo dibawa itu ditutup rapat / kasih sticker kamuflase, mobil polos tanpa emblem sama sekali
selubung baru dibuka saat launching resmi
lha ini mah hebat......showroom gak jelas........harga gak jelas.......tapi saat dibawa dibiarkan polos terbuka lengkap dgn emblem dan badge type nya ......kayak IU bawa mobil baru
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 789
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: ESEMKA GARUDA 1
kan biar HITS oomAjo Ori wrote: ↑Thu Feb 01, 2018 14:21Bener banget om turbo, ini baru boleh dibilang political marketing NDESO.......Turboman wrote: ↑Thu Feb 01, 2018 14:06 hal yg aneh di merek E ini
dimana2 tuh biasanya mobil yg belom launching kalo dibawa itu ditutup rapat / kasih sticker kamuflase, mobil polos tanpa emblem sama sekali
selubung baru dibuka saat launching resmi
lha ini mah hebat......showroom gak jelas........harga gak jelas.......tapi saat dibawa dibiarkan polos terbuka lengkap dgn emblem dan badge type nya ......kayak IU bawa mobil baru
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R