PR dari mobkas ertiga 2012-2015 apa aja ya??
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Aug 14, 2017 3:45
- Location: Malang
- Daily Vehicle: GK8
PR dari mobkas ertiga 2012-2015 apa aja ya??
Berawal dr inden xp yg panjang dan lama, ane gak betah kalo cmn menanti tanpa kepastian kapan datangnya xp, jd ane mengambil keputusan untuk membeli mobkas dlu, pilihan ane jatuh kpada ertiga 2012-2015.. agan2 SM yg baik hati, tolong sharing dong apa PR yg hrus dikerjakan kalau beli mobkas ertiga tahun segitu?? Thanks all
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Aug 21, 2013 17:22
Re: PR dari mobkas ertiga 2012-2015 apa aja ya??
Coba om ubek2 ka*ku*/ertiga...disitu udah ada yang ganti shock, steering rack, engine mounting..
happy hunting.
happy hunting.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Aug 14, 2017 3:45
- Location: Malang
- Daily Vehicle: GK8
Re: PR dari mobkas ertiga 2012-2015 apa aja ya??
oke gan.. coba q liat2 d sebelah.. thanks infonya ganMastermax wrote: Sun Jan 28, 2018 10:25 Coba om ubek2 ka*ku*/ertiga...disitu udah ada yang ganti shock, steering rack, engine mounting..
happy hunting.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: PR dari mobkas ertiga 2012-2015 apa aja ya??
Numpang share pengalaman saya selama pake ertiga om (gx mt 2013, gx matic 2014), terutama apa saja yang udah pernah diganti:
- steering rack (kalau udah diganti warranty aman, penyakit khas suzuki). Gejalanya gluduk2 ngga jelas walaupun km masih rendah. Untung punya saya yg matic sampe hari ini belum kena, kl kata bengkel kaki2 langganan saya unt steering rack garansi suzuki 1th (ngga diberitahu sama dealer ini).
- rear axle beam (unit random, waktu saya pake yg jaman double blower 2013 kena, klaim garansi). Gejalanya kalau belok ke tanjakan (spt di gedung parkir mall) ada bunyi "cetek" dr bag. belakang. Kl ngga garansi serem harganya, bs 6jt
-engine mounting (biasanya yang kena bagian kanan, rata2 odo 50-60k mulai turun engine mountingnya spt punya saya yg matic, odo 55k). Hrgnya 700an, jasa 200an.
- driveshaft kanan yg matic punya saya pernah kena (sepertinya kepentok sesuatu). Gejalanya waktu belok kanan patah ada bunyi "kretek2". Hrgnya 1,8jt waktu itu.
- steering rack (kalau udah diganti warranty aman, penyakit khas suzuki). Gejalanya gluduk2 ngga jelas walaupun km masih rendah. Untung punya saya yg matic sampe hari ini belum kena, kl kata bengkel kaki2 langganan saya unt steering rack garansi suzuki 1th (ngga diberitahu sama dealer ini).
- rear axle beam (unit random, waktu saya pake yg jaman double blower 2013 kena, klaim garansi). Gejalanya kalau belok ke tanjakan (spt di gedung parkir mall) ada bunyi "cetek" dr bag. belakang. Kl ngga garansi serem harganya, bs 6jt
-engine mounting (biasanya yang kena bagian kanan, rata2 odo 50-60k mulai turun engine mountingnya spt punya saya yg matic, odo 55k). Hrgnya 700an, jasa 200an.
- driveshaft kanan yg matic punya saya pernah kena (sepertinya kepentok sesuatu). Gejalanya waktu belok kanan patah ada bunyi "kretek2". Hrgnya 1,8jt waktu itu.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11869
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: PR dari mobkas ertiga 2012-2015 apa aja ya??
namanya PR nggak bisa dipukul rata begitu saja, harus dilihat dulu kondisi mobilnya bagaimana?
yang pasti, penggantian semua pelumas dan cairan (air radiator dan minyak rem).
paling aman, bawa ke bengkel resmi untuk pemeriksaan menyeluruh, atau kalau ada kenalan mekanik/bengkel yang dipercaya silahkan saja minta tolong untuk periksa.
yang pasti, penggantian semua pelumas dan cairan (air radiator dan minyak rem).
paling aman, bawa ke bengkel resmi untuk pemeriksaan menyeluruh, atau kalau ada kenalan mekanik/bengkel yang dipercaya silahkan saja minta tolong untuk periksa.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Aug 14, 2017 3:45
- Location: Malang
- Daily Vehicle: GK8
Re: PR dari mobkas ertiga 2012-2015 apa aja ya??
wuaduh bnyk jg ya gan pnykit khas ertiga, kalo steering rack gt biaya perbaikan/penggantian brapa gan?erwinign wrote: Sun Jan 28, 2018 13:38 Numpang share pengalaman saya selama pake ertiga om (gx mt 2013, gx matic 2014), terutama apa saja yang udah pernah diganti:
- steering rack (kalau udah diganti warranty aman, penyakit khas suzuki). Gejalanya gluduk2 ngga jelas walaupun km masih rendah. Untung punya saya yg matic sampe hari ini belum kena, kl kata bengkel kaki2 langganan saya unt steering rack garansi suzuki 1th (ngga diberitahu sama dealer ini).
- rear axle beam (unit random, waktu saya pake yg jaman double blower 2013 kena, klaim garansi). Gejalanya kalau belok ke tanjakan (spt di gedung parkir mall) ada bunyi "cetek" dr bag. belakang. Kl ngga garansi serem harganya, bs 6jt
-engine mounting (biasanya yang kena bagian kanan, rata2 odo 50-60k mulai turun engine mountingnya spt punya saya yg matic, odo 55k). Hrgnya 700an, jasa 200an.
- driveshaft kanan yg matic punya saya pernah kena (sepertinya kepentok sesuatu). Gejalanya waktu belok kanan patah ada bunyi "kretek2". Hrgnya 1,8jt waktu itu.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Aug 14, 2017 3:45
- Location: Malang
- Daily Vehicle: GK8
Re: PR dari mobkas ertiga 2012-2015 apa aja ya??
iya gan, sy cmn pingin tau penyakit khasnya ertiga aja, setuju tuh, biar aman mending general check up ke beres suzuki ya.. hehemarmut wrote: Sun Jan 28, 2018 14:09 namanya PR nggak bisa dipukul rata begitu saja, harus dilihat dulu kondisi mobilnya bagaimana?
yang pasti, penggantian semua pelumas dan cairan (air radiator dan minyak rem).
paling aman, bawa ke bengkel resmi untuk pemeriksaan menyeluruh, atau kalau ada kenalan mekanik/bengkel yang dipercaya silahkan saja minta tolong untuk periksa.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: PR dari mobkas ertiga 2012-2015 apa aja ya??
Mertua pakai ertiga GL 2014 tidak ada masalah yang disebutin diatas.
Hanya saja yang sudah diganti memang engine mounting, tensioner bearing ama ban yang pecah pecah bawaan pabrik.
Axle beam tahun 2014 sudah diperbaiki dari pabrik dan steering rack sampe hari ini sama sekali tidak ada masalah.
Ga pernah claim warranty sedikitpun ke suzuki.
Bawa aja mekanik independen, biasanya cukup ngerti karena ertiga mobilnya cukup simple. Kalau ke beres agak lama urusnya, kerjanya beres agak lemot.
Sama jangan lupa cek history service, rutin ga.
Thanks
Hanya saja yang sudah diganti memang engine mounting, tensioner bearing ama ban yang pecah pecah bawaan pabrik.
Axle beam tahun 2014 sudah diperbaiki dari pabrik dan steering rack sampe hari ini sama sekali tidak ada masalah.
Ga pernah claim warranty sedikitpun ke suzuki.
Bawa aja mekanik independen, biasanya cukup ngerti karena ertiga mobilnya cukup simple. Kalau ke beres agak lama urusnya, kerjanya beres agak lemot.
Sama jangan lupa cek history service, rutin ga.
Thanks
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: PR dari mobkas ertiga 2012-2015 apa aja ya??
Saya ud 2x beli r3, gx sb 2013 dan gx db 2015, dua2nya g ad keluhan teknis selain kaki2 karena pemakaian, wajar karena jalan yg dilewatin proyek abadi sepanjang masa. Oia karena interior warna cerah sangat mudah cepat kotor, solusinya lapis jok dan sering2 ke salon interior.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: PR dari mobkas ertiga 2012-2015 apa aja ya??
Punya saya gx AT '15 odo 20rb km..
Beli dr baru belom ada masalah..
Belom pernah klaim garansi apapun..
Cm ganti oli & service normal saja di beres..
Jadi saran beli yg odonya masih under 20rb saja..
Nanti kalo udah 50rb jual, ganti xpander..
Beli dr baru belom ada masalah..
Belom pernah klaim garansi apapun..
Cm ganti oli & service normal saja di beres..
Jadi saran beli yg odonya masih under 20rb saja..
Nanti kalo udah 50rb jual, ganti xpander..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26
Re: PR dari mobkas ertiga 2012-2015 apa aja ya??
unit kantor gx matik tahun 2014, aman aja.. cuma tenaga aja agak kurang tapi terbayarkan dengan jarang mampirnya mobil ke spbu.. ohya tahun ini malah mau beli 5 unit ertiga diesel, cuma masih wait n see dulu soalnya yg baru katanya ada versi matiknya..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: PR dari mobkas ertiga 2012-2015 apa aja ya??
Satu lagi om, kl nyari ertiga th2 itu (12-15) biasanya lampu rem belakang yg atas udah pada mati. Biasa antara bulb nya (masi bulb biasa) putus ato rangkaian lampunya antara kepanasan terus melepuh (plastik penutup rangkaiannya retak/korosi). Memang bukan sesuatu juga hal ini om, harga part nya pun ngga seberapa juga (bulb 10k/pc, stop lamp assy 150k) cuma ya saya sampein ke om biar waktu ngecek unit yg dipilih bisa notice juga. tks
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 262
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:36
Re: PR dari mobkas ertiga 2012-2015 apa aja ya??
sy ada gx 2013 sejauh ini tdk ada masalah, odo mmg baru 35an krn sy kl ngantor jalan.... ada sih masalah di doortrim, gara2 kainnya dilapis sama mbtech, dan balikinnya agak kurang bener. jd kalo dpt unit er3, bisa dicek doortrimnya, sebaiknya yg masih ori, ori is guud....
|ertelu gx 13||miras glx 14|
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 76
- Joined: Sat May 14, 2016 9:07
Re: PR dari mobkas ertiga 2012-2015 apa aja ya??
Ane pengguna ertiga gx 2014... Secara umum ertiga ga rewel mobilnya... Yg uda ganti paling :
1. Engine mounting depan [ lupa kiri ato kanan]
2. Shock breaker depan kiri dan kanan
3. Ganti kompressor ac [ klaim garansi]
4. Bohlam lampu rem cepat putus
1. Engine mounting depan [ lupa kiri ato kanan]
2. Shock breaker depan kiri dan kanan
3. Ganti kompressor ac [ klaim garansi]
4. Bohlam lampu rem cepat putus
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Tue Mar 29, 2016 10:02
- Location: DKI Jakarta
- Daily Vehicle: Ertiga
Re: PR dari mobkas ertiga 2012-2015 apa aja ya??
Ikut nimbrung juga om, sekalian tanya2 :
saya juga pengguna Erti GX DB 2014, odo udah 42k, selama ini belum ada keluhan signifikan, hanya saja beberapa hal yg saya temui :
- Klo mobil baru nyala <5 menit dan masuk gigi mundur, fan / kompressor AC mati hidup terus dengan jeda per 1 detik (ini gejala uda dari awal), tp dibawa ke bengkel kaga kedetect kenapa, dan sampai sekarang juga kaga terjadi masalah yg serius, ada yg pernah ngalamin ga ?
- Sekarang2 ini sering ada bunyi "tek" klo misal ke parkiran mall pas tikungan sambil nanjak, ini kira2 kenapa ya ?
- Disini kok banyak yg bilang engine mounting bermasalah setelah odo 50k atau kisaran 3 tahun, gejala engine mounting rusak itu gimana ya?
Thanks
saya juga pengguna Erti GX DB 2014, odo udah 42k, selama ini belum ada keluhan signifikan, hanya saja beberapa hal yg saya temui :
- Klo mobil baru nyala <5 menit dan masuk gigi mundur, fan / kompressor AC mati hidup terus dengan jeda per 1 detik (ini gejala uda dari awal), tp dibawa ke bengkel kaga kedetect kenapa, dan sampai sekarang juga kaga terjadi masalah yg serius, ada yg pernah ngalamin ga ?
- Sekarang2 ini sering ada bunyi "tek" klo misal ke parkiran mall pas tikungan sambil nanjak, ini kira2 kenapa ya ?
- Disini kok banyak yg bilang engine mounting bermasalah setelah odo 50k atau kisaran 3 tahun, gejala engine mounting rusak itu gimana ya?
Thanks
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1381
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: PR dari mobkas ertiga 2012-2015 apa aja ya??
bunyi tek2 sambil di gas waktu belok patah itu bunyi cv joints / drive shaft nya, jgn repot2 di servis (digemukin ulang) lgsg ganti baru aja, percuma di buka terus di kasih gemuk, cm tahan 1-2 minggusoerya0711 wrote: Tue Jan 30, 2018 1:26 Ikut nimbrung juga om, sekalian tanya2 :
saya juga pengguna Erti GX DB 2014, odo udah 42k, selama ini belum ada keluhan signifikan, hanya saja beberapa hal yg saya temui :
- Klo mobil baru nyala <5 menit dan masuk gigi mundur, fan / kompressor AC mati hidup terus dengan jeda per 1 detik (ini gejala uda dari awal), tp dibawa ke bengkel kaga kedetect kenapa, dan sampai sekarang juga kaga terjadi masalah yg serius, ada yg pernah ngalamin ga ?
- Sekarang2 ini sering ada bunyi "tek" klo misal ke parkiran mall pas tikungan sambil nanjak, ini kira2 kenapa ya ?
- Disini kok banyak yg bilang engine mounting bermasalah setelah odo 50k atau kisaran 3 tahun, gejala engine mounting rusak itu gimana ya?
Thanks
harga cv joints nya sebiji 1.8 jutaan di beres, di bengkel umum malah lebih mahal, dan biasa nya 2-2 nya yg kena, jd sekali ganti hampir 4 juta sama ongkos pasang (ada disc 10% klo booking dl sblm ke beres), ini buat matic
klo manual nya lebih mahal malah 2.4 jutaan per pcs
kalo manual liat aja tongkat persneling nya, klo geter2 waktu netral kemungkinan besar harus diganti,
klo matic biasa di N ngga gitu berasa, masuk D sambil tahan rem aja, berasa pasti klo getaran nya jd lebih kasar dibanding yg EM nya masih normal
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Tue Mar 29, 2016 10:02
- Location: DKI Jakarta
- Daily Vehicle: Ertiga
Re: PR dari mobkas ertiga 2012-2015 apa aja ya??
Thanks om kenop info nya, kalau misalnya kena drive shaft,andai didiemin aja tanpa diganti, efek jangka lama nya apa ya? karena sekarang2 ini gak berasa ganggu jadi kayaknya masih sayang buat diganti.kenop wrote: Tue Jan 30, 2018 5:32bunyi tek2 sambil di gas waktu belok patah itu bunyi cv joints / drive shaft nya, jgn repot2 di servis (digemukin ulang) lgsg ganti baru aja, percuma di buka terus di kasih gemuk, cm tahan 1-2 minggusoerya0711 wrote: Tue Jan 30, 2018 1:26 Ikut nimbrung juga om, sekalian tanya2 :
saya juga pengguna Erti GX DB 2014, odo udah 42k, selama ini belum ada keluhan signifikan, hanya saja beberapa hal yg saya temui :
- Klo mobil baru nyala <5 menit dan masuk gigi mundur, fan / kompressor AC mati hidup terus dengan jeda per 1 detik (ini gejala uda dari awal), tp dibawa ke bengkel kaga kedetect kenapa, dan sampai sekarang juga kaga terjadi masalah yg serius, ada yg pernah ngalamin ga ?
- Sekarang2 ini sering ada bunyi "tek" klo misal ke parkiran mall pas tikungan sambil nanjak, ini kira2 kenapa ya ?
- Disini kok banyak yg bilang engine mounting bermasalah setelah odo 50k atau kisaran 3 tahun, gejala engine mounting rusak itu gimana ya?
Thanks
harga cv joints nya sebiji 1.8 jutaan di beres, di bengkel umum malah lebih mahal, dan biasa nya 2-2 nya yg kena, jd sekali ganti hampir 4 juta sama ongkos pasang (ada disc 10% klo booking dl sblm ke beres), ini buat matic
klo manual nya lebih mahal malah 2.4 jutaan per pcs
kalo manual liat aja tongkat persneling nya, klo geter2 waktu netral kemungkinan besar harus diganti,
klo matic biasa di N ngga gitu berasa, masuk D sambil tahan rem aja, berasa pasti klo getaran nya jd lebih kasar dibanding yg EM nya masih normal