Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
fl4b1e wrote: Wed Jan 24, 2018 16:27
Kalau tuk mobil pertama dan ga pengen jajan lebih baik baru.
Tp kalau saya pribadi dibanding lcgc lebih baik cari second taun muda yg perawatannya mudah. Misalnya:
1. Suzuki swift 2014-2015an. Pilih yg tipe gx yg fiturnya lengkap. Tapi mungkin bujet harus naik ke 130-140juta. Mobil ini nyaman, lumayan irit, perawatan mudah, fitur lengkap, desain oke dan tarikannya ga malu2in kalau dibawa keluar kota.
2. Kalau mau yg lebih lapang ya bisa coba nissan grand livina 2014-2015. Tapi bujet ya mungkin 135-140jutaan. Mobil ini nyaman dan lebih lega dibanding swift kok. Perawatan nissan juga ga susah kalau di jakarta.
Ya itu pendapat pribadi saya ya. Semoga membantu.
swift konon katanya belakang sempit banget hehe, bakal ga jarang naek ramean soalnya sama temen temen, untuk livina lagi coba liat liat
daftar wrote: Wed Jan 24, 2018 16:53
Temen saya baru dapat gran livina x-gear 2014 seharga 126jt tanpa PR karena beli dari temennya yg montir beres nissan (milik pribadi).
Untuk sedan saya juga setuju ambil vios or altis harga udah mirip2 dan terbukti bandel, atau neo baleno jg murah tapi agak susah carinya. Gimanapun tetep lebih enak ketimbang LCGC.
tapi kembali pada TS sendiri, ada waktu nggak buat hunting unitnya karena cari mobil second nggak bisa 1-2x langsung dapet unit yg bagus kecuali emang ditawarin orang yg udah dikenal (temen/sodara)
enak ya kalo dapet dari kenalan gitu tenang kayanya, iya kayanya mau coba hunting altis tapi kayanya susah ya ga banyak tadi cari cari di mobil123, lebih banyak neo baleno malah dari pada altis
farizfsa wrote: Wed Jan 24, 2018 17:11
Dengan asumsi budget 120, untuk mbl pertama dan sehari2 coret semua bmw.
Bisa beli altis (kembalian banyak)
Nissan latio (kembalian banyak mbl enak cbu japan, cobain dulu aja baru komen)
Atau camry xv40 (nambah dikit)
Bs jg ke nissan teana
udah pernah coba latio gan ? tadi liat liat sih harganya enak di kantong hahaha
imanoff wrote: Wed Jan 24, 2018 17:34
Teman saya, perempuan, pakai Kia Rio. Lumayan enak juga. Modelnya manis, subjektif ya, compared to LCGC. Katanya nggak rewel. Cukup bandel, karena dia nggak gitu ngerti mobil juga. Hanya pakai ngantor, belanja, antar jemput, dsb. Lebih dari cukup untuk dalam kota. Ini contoh reviewnya: https://www.youtube.com/watch?v=vxryG4vAz2I
Sekedar nambah pandangan aja sis, mungkin honda city GM2 bisa masuk kriteria.. Ane sering naik pny temen yang GM2 rasanya pas buat wanita. Interiornya lumayan lega, jok belakang lebih enak dari vios, kopling enteng. Dasbor n model exteriornya menurut pandangan ane lebi bagus dari vios gen2. Temen ane pernah punya dari kilometer 6rb sampai terjual di 110rb an tidak ada masalah berarti. Dijual bukan karena rusak tapi karena naik kelas.
seneng banget nanya di forum ini hahaha, setelah dapat banyak masukan dari forum ini kesimpulan yg mau saya ambil
bakalan coba hunting pake autospector / ada saran lain buat yg ga paham mobil kaya saya ? sekarang sudah saya persempit
pertama mau coba hunting toyota altis neo baleno ( altis karna bokap saranin toyota, jadi ya biar kesannya nurut, trus baca baca sparepartnya gampang banget ya altis dan lumayan kembaliannya hehe) tapi kalo beberapa kali nyamperin altis/neo baleno ga dapet dapet yg bagus pasrah dah pindah ke lainnya, lumayan juga bayar autospector kan kalo ga dapet dapet hehe
kedua cari lcgc, kepengen brio sih tinggal bingung mau yg S atau E, minimal tahun berapa ya biar ga rawan ? *pastinya yg terbaru/unit baru ya kan tapi ya kenapa harus yg baru baru dengan harga lebih tinggi kalo bisa dapet harga yang lebih murah tapi kondisi kaya baru hehe. sama paling agya/ayla atau calsig karena tipenya lebih banyak jadi lebih bingung haha, intinya yauda ga mikirin gengsi banget asal valuenya aja dulu antara brio, agya, ayla, calya, sigra yg bisa memenuhi liburan jauh bawa temen/keluarga dan dalam kota nyaman, kalo ini minta pengalaman dan pengetahuannya ya om om semua dan tolong minta di vote salah 1 dari yg terbaik beserta tipenya
ketiga brand korea, ga ada yg nyaranin hyundai avega ya baca dia hatcback sebenernya tapi kaya sedan haha ? bentukan biasa aja sih tapi murah banget dah yg 2012 aja masih bisa di bilang murah
keempat karna civic FD masih kemahalan hiks jadi turun ke civic vtis gimana ya kira kira kalo dari bentuk jelas berkurang manisnya hehe ?
sekali lagi terimakasih banyak, komen komennya sangat membantu sekali
krn sis TS gak nyebutin berapa budget secara gamblang, saya asumsi di 120 jt yah. Dan krn di jabodetabek, sy asumsi harus yg matic.
Nah kalo kayak gini sis perlu cari yg harga mobil maksimal di 110 aja, krn biar gimanapun tetep perlu ngerapiin yg bekas, minimal ganti segala oli & cairan. Belum lagi kalo ada komponen penting yg baru ketahuan harus ganti setelah bbrp bulan dipake.
Kalo soal merek, ambil jepangan aja. Kalo suka Honda, ada City & CityZ juga selain Civic. (tp yg sy pengalaman pake cuma City thn 2007 manual krn punya ortu).
On the other note, welcome to SM sis... di sini bisa belajar banyaaaak banget. Saya aja yg taun 2016 buta total ttg mobil skrg lumayan bisalah ngobrol nyambung sm mekanik gr2 sering baca2 SM
idlamahilang wrote: Wed Jan 24, 2018 18:22
Sekedar nambah pandangan aja sis, mungkin honda city GM2 bisa masuk kriteria.. Ane sering naik pny temen yang GM2 rasanya pas buat wanita. Interiornya lumayan lega, jok belakang lebih enak dari vios, kopling enteng. Dasbor n model exteriornya menurut pandangan ane lebi bagus dari vios gen2. Temen ane pernah punya dari kilometer 6rb sampai terjual di 110rb an tidak ada masalah berarti. Dijual bukan karena rusak tapi karena naik kelas.
tipe E yg udah i-vtec itu ya ? harga nya mirip mirip civic FD
newrubble wrote: Wed Jan 24, 2018 18:34
coba jalan ke mobil88 deh ..... mmg harga ada di atas dikit market level tapi sebanding dgn satisfaction warranty yg mrk kasih
mrk jualan juga non-astra products hasil traded-in a2000 customers
kalo beli mobil bekas pake fihak lain itu (di indo ya) focus ke kondisi unit n usahakan toyota kalo bentar pake trus 1 sampe 3 thn mo jual lg
ada nih mobil88 deket rumah di tangerang, ada niatan jg pulang kuliah kesana liat liat, biasanya ada garansi lagi ga sih seken kalo dari mobil88? atau dia jamin kondisi ok aja ?
qushay20019 wrote: Wed Jan 24, 2018 18:40
krn sis TS gak nyebutin berapa budget secara gamblang, saya asumsi di 120 jt yah. Dan krn di jabodetabek, sy asumsi harus yg matic.
Nah kalo kayak gini sis perlu cari yg harga mobil maksimal di 110 aja, krn biar gimanapun tetep perlu ngerapiin yg bekas, minimal ganti segala oli & cairan. Belum lagi kalo ada komponen penting yg baru ketahuan harus ganti setelah bbrp bulan dipake.
Kalo soal merek, ambil jepangan aja. Kalo suka Honda, ada City & CityZ juga selain Civic. (tp yg sy pengalaman pake cuma City thn 2007 manual krn punya ortu).
On the other note, welcome to SM sis... di sini bisa belajar banyaaaak banget. Saya aja yg taun 2016 buta total ttg mobil skrg lumayan bisalah ngobrol nyambung sm mekanik gr2 sering baca2 SM
iya betul sekitar segitu kak, jujur city yg vtec/idsi itu kurang suka banget bentuknya entah kenapa, cityZ baru banget baca di forum ini banyak yg puas banget sama powernya ya, jadi ini saya baru join langsung betah baca baca ampe tengah malem hahaha
iya makasih kak, minimal bisa dapet mobil yg sesuai kebutuhan dan ga overprice/berbanding lurus dengan fitur
Kalo saran dari ane :
Lcgc ambil brio. IMHO modelnya paling manis buat cewe, ride quality pun rasanya paling gak murahan dibanding lcgc lain.
2nd car sedan coba cari altis tahun 2009an. Di daerah ane altis tahun segitu udah di kisaran 120-130. Desain masih cantik kalo dipake cewe.
Happy hunting sis!
geofreyap wrote: Wed Jan 24, 2018 14:18
Mungkin pilihan ini sedikit over budget, tapi jauh lebih sensible menurut oe.
Ada vios G TRD CVT 2017 sisa 2 unit warna black, diskonnya lumayan besar.
Jadi daripada uangnya habis buat maintain mobil 2nd, mending buat nyicil mobil baru.
Sedan, check.
Bandel, check.
Irit, check.
Worry free, check.
Otherwise, go for civic.
Jgn european kalau blm paham soal mobil.
Just my 2cents
tadi langsung coba liat vios g trd cvt, keren sih apalagi 4 point yang disebutin itu tapi harga 200an lebih banyak ya hehe
makasih banyak sarannya kak
Kalau memang belum ada budget segitu, ambil 2nd, tapi kelasnya minimal compact sedan (civic, altis, cruze, dst).
Kalau ambil kelas sub-compact sedan percuma. Harga tidak beda jauh, tapi rasa & utilitas beda jauh.
nadyahendrianj wrote: Wed Jan 24, 2018 13:37
Permisi sebelumnya om om semua, saya minta bantuan dong untuk pilih mobil pertama saya
Karena saya perempuan dan ga terlalu ngerti mobil, jadi maunya mobilnya yg bandel/jarang jajan atau bisa dibilang bandel, kalo servis rutin atau ganti ganti part yg emang harus diganti ga masalah om
Pemakaian paling sering jabotabek, dan sesekali di bawa liburan ke jateng dan jatim
Biaya jajan ga masalah kalo aga mahal dikit asal ga sering bermasalah, tapi tetep kalo bisa jajan murah dan jarang bermasalah hehehe
Piliham mobil saya :
Bmw 318i triptonic tahun 2003 liat ada yg 85jt
Bmw 328i tahun 2000 liat ada yg 95jt
Bmw 520i tahun 2004 99jt
Civic tahun 2006/7 120jtan
Atau mobil lcgc tahun 2016/17?
Oia saya suka mobil sedan makanya hampir semua pilihannya sedan kecuali lcgc hehe
Mohon saran dan bimbingannya hehe, makasih sebelumnya
Jangan pernah kepikiran ambil mobil seken kalo bener2 ga ngerti mobil, apalagi mobil2 Eropa, jajannya bisa berkali2 lipat gara2 dikibulin bengkel nakal atau mungkin "berasa" dikibulin sama bengkel saking biaya servisnya mahal banget (kalo emang harganya segitu ya apa boleh buat). Udah, nabung dikit buat ambil LCGC baru aja. Pertama mobil baru pasti bebas masalah, kecuali produk gagal, kedua masih dijamin garansi sama gratis servis awal2, jadi buat penyesuaian pengetahuan seputar mobil selagi masih servis diawal2. Waktu Penyerahan Mobil ke konsumen, tanya2 tuh montir yg ngeceknya seputar mobil, dia pasti mau jelasin kok
Ambil Datsun Go aja. Mayoritas keluarga kecil baru ato orang yg mau punya mobil biasanya ambil mobil ini. Komennya sih mesinnya ga rewel, trus setau saya servisnya di Nissan (waktu masih pake Juke) Datsun ini ga pernah sampe lebih dari 1 jutaan. Mungkin mirip2 juga sama Agya-Ayla. Jangan Brio Satya, soalnya jauh lebih sempit daripada ketiga model diatas kalo mau cari yg legaan jok belakangnya. Dan harganya Brio Satya line tertingginya paling mahal diantara ketiga LCGC tadi. Boleh juga Karimun Wagon, saya naksir modelnya karena mobil jepun abisss (ala Kei Car jepang), dan irit juga tuh, dalkot bisa 1:14an
nadyahendrianj wrote: Wed Jan 24, 2018 13:37
Permisi sebelumnya om om semua, saya minta bantuan dong untuk pilih mobil pertama saya
Karena saya perempuan dan ga terlalu ngerti mobil, jadi maunya mobilnya yg bandel/jarang jajan atau bisa dibilang bandel, kalo servis rutin atau ganti ganti part yg emang harus diganti ga masalah om
Pemakaian paling sering jabotabek, dan sesekali di bawa liburan ke jateng dan jatim
Biaya jajan ga masalah kalo aga mahal dikit asal ga sering bermasalah, tapi tetep kalo bisa jajan murah dan jarang bermasalah hehehe
Piliham mobil saya :
Bmw 318i triptonic tahun 2003 liat ada yg 85jt
Bmw 328i tahun 2000 liat ada yg 95jt
Bmw 520i tahun 2004 99jt
Civic tahun 2006/7 120jtan
Atau mobil lcgc tahun 2016/17?
Oia saya suka mobil sedan makanya hampir semua pilihannya sedan kecuali lcgc hehe
Mohon saran dan bimbingannya hehe, makasih sebelumnya
Jangan pernah kepikiran ambil mobil seken kalo bener2 ga ngerti mobil, apalagi mobil2 Eropa, jajannya bisa berkali2 lipat gara2 dikibulin bengkel nakal atau mungkin "berasa" dikibulin sama bengkel saking biaya servisnya mahal banget (kalo emang harganya segitu ya apa boleh buat). Udah, nabung dikit buat ambil LCGC baru aja. Pertama mobil baru pasti bebas masalah, kecuali produk gagal, kedua masih dijamin garansi sama gratis servis awal2, jadi buat penyesuaian pengetahuan seputar mobil selagi masih servis diawal2. Waktu Penyerahan Mobil ke konsumen, tanya2 tuh montir yg ngeceknya seputar mobil, dia pasti mau jelasin kok
Ambil Datsun Go aja. Mayoritas keluarga kecil baru ato orang yg mau punya mobil biasanya ambil mobil ini. Komennya sih mesinnya ga rewel, trus setau saya servisnya di Nissan (waktu masih pake Juke) Datsun ini ga pernah sampe lebih dari 1 jutaan. Mungkin mirip2 juga sama Agya-Ayla. Jangan Brio Satya, soalnya jauh lebih sempit daripada ketiga model diatas kalo mau cari yg legaan jok belakangnya. Dan harganya Brio Satya line tertingginya paling mahal diantara ketiga LCGC tadi. Boleh juga Karimun Wagon, saya naksir modelnya karena mobil jepun abisss (ala Kei Car jepang), dan irit juga tuh, dalkot bisa 1:14an
Iyaa jangan deh ambil seken untuk mobil pertama apalagi pengennya jarang jajan.
Asumsi budget 120-150 juta mending buat ambil baru lcgc aja. Kelas Brio, agya Ayla atau Ignis. Cuman Brio Satya yang manual dan Ayla dan agya belum ada rem ABS ya kecuali agya 1.2 trd ,Ignis yang sudah ada rem abs manual nya.
Di antara itu udah pilihan paling pas lah untuk Jabodetabek. Usahakan ambil matic, jangan manual.
Tergantung tipe yang pake, mau pake BMW bekas sebagai mobil pertama atau engga, sama willing to spend more on parts and labor. Karena bmw labor cost bagian yang sama lebih mahal dari say mobil binatang binatangan (kijang kuda zebra). Saya juga mobil pertama yang saya beli (di luar mobil keluarga dan kantor), baling baling bambu tua pake banget. 3 tahun dipake repairnya separo harga beli dan dijual depresiasinya 30%. Beli lagi baling baling tapi kali ini beda umur 5 tahun, repair cost dua tahun separo juga. Depresiasinya hampir 40% karena malas betulin kaca retak kena wiper sama modul central lock mati. Kalo dibetulin paling depresiasi 15% diluar part dan labor.
318i mesin N46 secara umum reliable. 528i, saya assume salah tulis karena 328i tahun 2000 ga akan dapat di bawah 2 digit, itu juga robust dengan basis mesin M52. 520i 2004 juga robust dengan basis mesin M54. Belanja bensin dan kakinya terutama seri 5 yang bakal menguras kantong meskipun awet. Karena E39 bodi dan electricity pake basis seri 7.
Karena papa pesan beli toyota (saya pikir maksudnya any japanese brand yang engg merepotkan), lebih baik ikuti saran om nr pergi ke mobil88. Di atas ada mobil incaran harga tertinginya 120. Win win solution belanjakan saja maks 80 untuk beli say Vios. Mobilnya taro di rumah. Setelah itu beli bekas bmw e30, cari harga 30juta. Simpan 10juta untuk kalo butuh tune up dan towing. Masukkan garasi dan jadikan mobil 365. 300hari di runah, 60 hari di bengkel, 5 hari dipake dalam setahun. Im sure your daddy will be very proud of you.
nadyahendrianj wrote: Wed Jan 24, 2018 18:55
ada nih mobil88 deket rumah di tangerang, ada niatan jg pulang kuliah kesana liat liat, biasanya ada garansi lagi ga sih seken kalo dari mobil88? atau dia jamin kondisi ok aja ?
mobil88 kalau ga salah ada garansi 30 hari atau 2 bulan gitu, cmiiw.
tapi mengingat umur mobil yaa bisa aja ada parts jebol kemakan usia ga lama setelah itu.
kalau sudah kekeuh harus sedan yaa mending vios atau altis, ngga ada penyakit khusus dan ahli n sukucadang banyak, populasi jg banyak jadi bisa cari yg sehat. kemarin jual ke bakul Vios G AT 2008 laku 65jt, mungkin harga beli end user ada di 70-80an masi banyak sisa buat rekondisi.
kalau ga harus sedan, mungkin LCGC baru atau bekas muda bisa dilirik. Sigra menurut gw lumayan kok buat mobil pertama, lebih oke daripada avanza generasi 1
Kalo untuk cewek biasanya cari yang imut & simple tapi nggam juga ding kapan hari dimall liat cewek abg bawa hilux, pernah juga liat bawa pajero kenapa gak nyari njass, yaris,atau march. Kalo mau merk usa bisa coba aveo or fiesta. bisa dapat harga yang lumayan jatuh, ada tetangga udah emak2 sich pake fiesta 1.6 matic tahun 2009 dia beli seken taun 2013 sampe sekarang masih aman juga, nggak rewel.sekedar saran yach
izin ngasih saran. kalo bajet segitu mau minim perawatan , safety lengkap , fitur lengkap , bensin irit , ngerawat gampang & murah bisa ambil vios G AT 2010/11/12 . soalnya sy make vios alhamdulillah puas ga ada masalah aneh2 selama make . utk bagian 2nd row sih buat duduk lama emng bikin pegel soalnya posisi duduk rd tegak . tp engga sampe bikin mual. untuk tulisan diatas mau beralih cari dr civic fd ke civic vtis ( civic es ) ini rd susah dipasaran & harga nya agak gelap sesuai kondisi kalo mau cr yg model fl terakhir ( 2004 - 2006 awal ) modelnya plg cakep . kalo mau cari es sisain dana 10jt utk perbaikan di kaki2 , mesin , power steering , dandanin . soalnya pengalaman dulu pake civic vtis yg dibenerin bagian itu . tp enaknya buat nyetir sendiri itu msh enak bgt
kalau sama sedan non eropa saya paling ngeh sama accord cm5 perawatan dan BBM gak beda2 amat sama civic atau bahkan city vtec nyaman dan rasa solid lebih dapet dimensi emang lumayan tapi dashboard dan "hidung" yg rendah gak bikin kikuk saat parkir plus bentuk exterior dan interior blm terasa kuno dan dg 100jt an bakal dpt brg yg super mulus buatan th 2005
nadyahendrianj wrote: Wed Jan 24, 2018 18:55
tipe E yg udah i-vtec itu ya ? harga nya mirip mirip civic FD
Betul Sis.. Harga masih 140jt keatas sih.. Cuma bedanya kalau civic fd murah mungkin rata2 ex modif, kalau city masih seger kondisinya, maklum taun muda.
Ato pandangan lain seperti suhu2 diatas, altis 2nd gen yang 1.8G AT. Interior bnyk tempat penyimpanan, kekedapan kabin terhitung bagus utk hrg 120jtan. Altis ini parts modifnya ga sebanyak civic, jadi harusnya masih banyak yang kondisi orisinil.
Jan07 wrote: Wed Jan 24, 2018 14:45
Kalo dpt FD ya vote FD deh,Tapi kalau boleh ngasih saran saya mau saranin vios Gen 2 kyknya masih dapet deh tahun 2008-2010
Atau klo mau barusan saya liat iklan modcom ada yg jual kia pride nik 2011 beli di 2014 ga sampe 100 jt dia jual . Boleh dilirik tuh kayanya
iya juga sih hahaha, kalo kia itu gimana ya servis nya gampang ga ya brand korea ?
[/quote]
kebetulan beli ane beli kia pride 2011 second d thn 2014. krn budget di bawah 100jt.dan ngk doyan lcgc.
servis part utk mesin dan kaki2 masih ada yg jual. thn lalu cuma ganti part link stabiliser dpn dan master kopling atas utk slow moving.
Prons nya 2nd row lega, temen aja geser kursi depan sampai full ke belakang. kaki penumpang belakang masih ngk ke pentok. & suka sama driving positionnya.
cons : spare part bodi susah di cari kalo ada rusak, suspensi style Rigid kalo jlan rusak kerasa banget keras tapi kalo jalan mulus handlingnya manteb.