Pasang Saklar Rahasia
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 707
- Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49
Pasang Saklar Rahasia
Bro2 yg ahli..
Mo tanya dunk..
Motor saya Supra-X 125D, pengen saya pasangin saklar rahasia.. yah biar agak2 aman dari pencurian.. Biar bisa di kontak,tapi ga bisa di starter..
Cuman kemaren sabtu udah ke AHASS Lancar di Galur Jakpus.
Bilangnya orang sana (Kayaknya kepala mekanik sana), pake saklar rahasia gitu ga bagus buat pengapian dan kelistrikan. Soalnya Rawan korsleting.. trus lagi pengapiannya sistem DC-CDI jadi agak bahaya..
Kalo korslet, CDI jadi korban..
Nah.. apa betul yg kayak gitu?
Trus bilangnya dia, udah banyak motor SupraX-125 dan juga Kharisma yg bermasalah gara2 saklar rahasia gitu..
Nah.. apa bener juga yg kayak gitu?
Mohon pencerahannya. .
Terima kasih..
Mo tanya dunk..
Motor saya Supra-X 125D, pengen saya pasangin saklar rahasia.. yah biar agak2 aman dari pencurian.. Biar bisa di kontak,tapi ga bisa di starter..
Cuman kemaren sabtu udah ke AHASS Lancar di Galur Jakpus.
Bilangnya orang sana (Kayaknya kepala mekanik sana), pake saklar rahasia gitu ga bagus buat pengapian dan kelistrikan. Soalnya Rawan korsleting.. trus lagi pengapiannya sistem DC-CDI jadi agak bahaya..
Kalo korslet, CDI jadi korban..
Nah.. apa betul yg kayak gitu?
Trus bilangnya dia, udah banyak motor SupraX-125 dan juga Kharisma yg bermasalah gara2 saklar rahasia gitu..
Nah.. apa bener juga yg kayak gitu?
Mohon pencerahannya. .
Terima kasih..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Thu Sep 01, 2005 10:41
- Location: Bandung
Re: Pasang Saklar Rahasia
wah bro...diboongin tuh...itumah mekaniknya aja males ngerjain...
aman2 aja kok, wong cuman mutusin kabel ke cdi, kalo putus berarti ga bisa idup, kalo nyambung berarti idup...bisa konslet dari hongkong....?!
aman2 aja kok, wong cuman mutusin kabel ke cdi, kalo putus berarti ga bisa idup, kalo nyambung berarti idup...bisa konslet dari hongkong....?!
ZEXELGRIFONE wrote:Bro2 yg ahli..
Mo tanya dunk..
Motor saya Supra-X 125D, pengen saya pasangin saklar rahasia.. yah biar agak2 aman dari pencurian.. Biar bisa di kontak,tapi ga bisa di starter..
Cuman kemaren sabtu udah ke AHASS Lancar di Galur Jakpus.
Bilangnya orang sana (Kayaknya kepala mekanik sana), pake saklar rahasia gitu ga bagus buat pengapian dan kelistrikan. Soalnya Rawan korsleting.. trus lagi pengapiannya sistem DC-CDI jadi agak bahaya..
Kalo korslet, CDI jadi korban..
Nah.. apa betul yg kayak gitu?
Trus bilangnya dia, udah banyak motor SupraX-125 dan juga Kharisma yg bermasalah gara2 saklar rahasia gitu..
Nah.. apa bener juga yg kayak gitu?
Mohon pencerahannya. .
Terima kasih..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 707
- Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49
Makasih reply-nya bro semua..
Ya akhirnya kemaren itu saya ga jadi pasang saklar rahasia..
biayanya kalo ndak salah kena 25rb.. (udah termasuk peralatan).
Mungkin mekaniknya itu bilang korslet kalo kena air kali ya?
Mungkin kehujanan atau kebanjiran..
Nah, sebaiknya tempat yg aman penempatannya dimana yak?
Ga banyak orang tau.. aman dari maling, trus aman dari air dan banjir..
Ya akhirnya kemaren itu saya ga jadi pasang saklar rahasia..
biayanya kalo ndak salah kena 25rb.. (udah termasuk peralatan).
Mungkin mekaniknya itu bilang korslet kalo kena air kali ya?
Mungkin kehujanan atau kebanjiran..
Nah, sebaiknya tempat yg aman penempatannya dimana yak?
Ga banyak orang tau.. aman dari maling, trus aman dari air dan banjir..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 707
- Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49
Menurut saya, bermasalah sih enggak bro..
cuman mungkin mereka menyarankan biar ga pasang. MUngkin terkait dengan garansi kelistrikan HOnda yg 1th..
Sebenernya kalo mau nekad pasang AHASSnya juga mau koq pak..
Cuman ada mekanik (setelah tanya sama salesnya ternyata yg nyaranin ga dipasang itu adalah kepala mekanik situ) yg nyaranin jangan dipasang itu tadi..
Ya akhirnya saya ga jadi pasang..
Dan lagi, bilangnya, masang kayak gitu itu mutus/motong kabel asli ya?
Saya sih pengennya kabel CDI itu ga maen dipotong, jadi masih tetep orisinil.. dan sewaktu-waktu saklar rahasia itu bisa dilepas dengan mudah..
Mohon pencerahan...
cuman mungkin mereka menyarankan biar ga pasang. MUngkin terkait dengan garansi kelistrikan HOnda yg 1th..
Sebenernya kalo mau nekad pasang AHASSnya juga mau koq pak..
Cuman ada mekanik (setelah tanya sama salesnya ternyata yg nyaranin ga dipasang itu adalah kepala mekanik situ) yg nyaranin jangan dipasang itu tadi..
Ya akhirnya saya ga jadi pasang..
Dan lagi, bilangnya, masang kayak gitu itu mutus/motong kabel asli ya?
Saya sih pengennya kabel CDI itu ga maen dipotong, jadi masih tetep orisinil.. dan sewaktu-waktu saklar rahasia itu bisa dilepas dengan mudah..
Mohon pencerahan...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
- Location: JABOTABEK
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 707
- Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Thu Sep 01, 2005 10:41
- Location: Bandung
hehe...pokoknya yang jelas cara itu aman sekali, ga ada alasan apapun buat dikhawatirkan...kalo soal kena bajir mah ga pake saklar rahasia juga emg berbahaya, bisa pada konslet, wong kerendem gitu...
lagian kita jangan terlalu percaya omongan mekanik 100%, banyak mekanik yang wawasan didunia otomotifnya minim banget, gw sering nanya ini itu sama mekanik, eh malah dijawabnya ngaler ngidul...kaga nyambung...
namanya juga modifikasi bro...pasti ada yang dirubah, yang penting pas bikin saklar rahasia ntu...dibikin rapih, trus dibikin socket lagi pas motong kabelnya, biar ntar kalo dicabut/kaga pake sklar rahasia lagi gampang, tinggal cabut aja, ga usah lepas selotip/sambungan kabel segala macem...

lagian kita jangan terlalu percaya omongan mekanik 100%, banyak mekanik yang wawasan didunia otomotifnya minim banget, gw sering nanya ini itu sama mekanik, eh malah dijawabnya ngaler ngidul...kaga nyambung...
namanya juga modifikasi bro...pasti ada yang dirubah, yang penting pas bikin saklar rahasia ntu...dibikin rapih, trus dibikin socket lagi pas motong kabelnya, biar ntar kalo dicabut/kaga pake sklar rahasia lagi gampang, tinggal cabut aja, ga usah lepas selotip/sambungan kabel segala macem...
ZEXELGRIFONE wrote:Menurut saya, bermasalah sih enggak bro..
cuman mungkin mereka menyarankan biar ga pasang. MUngkin terkait dengan garansi kelistrikan HOnda yg 1th..
Sebenernya kalo mau nekad pasang AHASSnya juga mau koq pak..
Cuman ada mekanik (setelah tanya sama salesnya ternyata yg nyaranin ga dipasang itu adalah kepala mekanik situ) yg nyaranin jangan dipasang itu tadi..
Ya akhirnya saya ga jadi pasang..
Dan lagi, bilangnya, masang kayak gitu itu mutus/motong kabel asli ya?
Saya sih pengennya kabel CDI itu ga maen dipotong, jadi masih tetep orisinil.. dan sewaktu-waktu saklar rahasia itu bisa dilepas dengan mudah..
Mohon pencerahan...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 707
- Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Fri Feb 08, 2008 7:16
- Location: Solo - Cilegon
- Daily Vehicle: Nissan - Grand Livina
Re: Pasang Saklar Rahasia
sori ikut2 ya moderator..
gw sarannin sih dibawah jok.sebab gw juga kaya gitu, tapi sakalarnya khusus gw lupa namanya, pokoknya saklarnya tu kaya baut mur gitu lah..klo kita pengen nyalain motor, si baut (istilahnya) ditempelin di mur (istilahnya) yang cocok..pokoknya gitu deh, masalahnya g gak tau namanya sih..pokoknya ajip deh saklar yang gw pake ini..
gw sarannin sih dibawah jok.sebab gw juga kaya gitu, tapi sakalarnya khusus gw lupa namanya, pokoknya saklarnya tu kaya baut mur gitu lah..klo kita pengen nyalain motor, si baut (istilahnya) ditempelin di mur (istilahnya) yang cocok..pokoknya gitu deh, masalahnya g gak tau namanya sih..pokoknya ajip deh saklar yang gw pake ini..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1643
- Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15
Re: Pasang Saklar Rahasia
Gw dulu waktu masih tinggal di luar negri jg pernah masang di mobil accord gw, merek Ravelco.
Ini ada linknya: http://www.ravelco.com
Ga tau di Indonesia ada distributornya ga, kalo ada, gw sih recommend pake ravelco ini, banyak merek lain yg jg niru niru ravelco, ga tau apakah kualitas merek lain tsb jg sama dgn kualitas punya ravelco.
Ini ada linknya: http://www.ravelco.com
Ga tau di Indonesia ada distributornya ga, kalo ada, gw sih recommend pake ravelco ini, banyak merek lain yg jg niru niru ravelco, ga tau apakah kualitas merek lain tsb jg sama dgn kualitas punya ravelco.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1643
- Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15
Re: Pasang Saklar Rahasia
Dr pengalaman gw, gw dulu dikasih tau oleh pihak ravelco kalo setiap mobil itu lokasi pemasangan saklarnya biasanya ga slalu sama, utk mencegah para pencuri menghafal lokasi alat anti theft ravelco tsb.
Jd kalo you orang masang saklar rahasia ini, sebaiknya lokasi pemasangannya jgn kalian kasih tau ke org lain, lokasi pemasangan alatnya bukan sesuatu yg utk dipamer pamerkan, ini menyangkut keamanan mobil / motor you. Percuma namanya 'saklar rahasia', kalo ternyata lokasi pemasangan saklar tsb sdh tdk menjadi rahasia lg.
Jd kalo you orang masang saklar rahasia ini, sebaiknya lokasi pemasangannya jgn kalian kasih tau ke org lain, lokasi pemasangan alatnya bukan sesuatu yg utk dipamer pamerkan, ini menyangkut keamanan mobil / motor you. Percuma namanya 'saklar rahasia', kalo ternyata lokasi pemasangan saklar tsb sdh tdk menjadi rahasia lg.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 347
- Joined: Mon Apr 30, 2007 5:20
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re:
Didalam elektrik emang rawan memutus suatu hubungan elektrik dengan memakai saklar, memang beberapa AHASS tidak merekomendasikan hal itu karena saklar merupakan hambatan yg nantinya akan berpengaruh dengan pengapian motor.calvin99 wrote:iya bro, tuh mekaniknya males tuh... minta ditabok duit dulu kali baru mau ngerjain..
gw pasang di mobil, ud 5 taon baek2 aj tuh..apalagi mobil yg jelas2 ud pake ECU segala.. gpp tuh
Gw rasa bukan masalah duit, ada beberapa mekanik yg mau kok, tapi sebelumnya merekomendasi untuk tidak diputus dari koil atau CDI.
G punya pengalaman memutus langsung dari CDI, setelah sebulan pake (Pas lagi musim2 hujan dan keseringan nyuci), motor g ngadat dan g terpaksa dorong sampe kerumah. Ternyata setelah dicek terjadi korsleting diseputar kabel dan saklar.
Mungkin laen hal kalo dipasang dimobil yg d iinstal dibawah dashboard, pasti aman dari air dan tangan-tangan jahil diparkiran.
Direkomendasikan untuk memakai anti maling aftermarket yg banyak dijual di toko aksesories motor, dan usahakan kabel dan saklar diperhatikan agar terbebas dari air hujan dan sewaktu mencuci.
CMIIW....
Get home safe, respect road rules !
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Pasang Saklar Rahasia
Sekedar nambahin informasi, bukan mo promosi. Ini aku co-pas dari milist S2W. Nama alatnya Gap Raptor. Mungkin ada yang bisa kasih review:
Posted by: "cah sapiladahitam" [email protected]
Mon Feb 18, 2008 10:34 pm (PST)
coba gw rangkum yah :
1. Bisa untuk motor2 laen selain matic and bebek standar?
jawab : sangat bisa.
2. harga?
190ribu utk anggota utama s2w dan 200ribu utk umum ( sudah termasuk
ongkos pasang )
3. barangnya kayak apa?
raptor bekerja bukan dgn bikin saklar tambahan men...kalo saklar mah
gampang ketauan, alatnya bekerja dgn sistem sensor yg berfungsi memutus
aliran listrik dr accu yg di motor standar biasanya dinyalain dgn memutar
kunci kontak pada posisi ON, dgn media di motornya adlh baut2 body ( yg
penting dr bahan logam ) dan kita hanya perlu menyentuh sensor tsb dgn
tangan spy koneksi dr kunci kontak ke accu bisa tersambung lagi ( harus kena
kulit yah...kalo pake sarung tangan full mah kagak nyala2 ntar...hehehehehe
), posisi baut sensor bisa ente modifikasi sendiri sesuai keinginan, kira2
yg plg aman ada dmn tuh...kalo gw nyaranin sih di baut manifold knalpot aja
men....hwehehehehe...kidding men...jadi ibaratnya, selama sensornya gak
disentuh, walau kunci kontak udh di posisi ON, motor ente gak bakalan nyala,
walau pake kick starter sekalipun atau dgn sistem "underbone" ( didorong
kayak nyalain mobil mogok ), tetep aja gak bisa nyala...
any further question ato mgkn jawaban gw kurang jelas?? please contact me @
021-98013341/081310224664 ato temen gw ( Boy ) @ 08170977727
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Thu Dec 28, 2006 15:02
Re: Pasang Saklar Rahasia
bro... gw mau pasang juga nih saklar begini di mio gw. biasanya, selain motong kabel CDI, motong kabel apa lagi ya?
kl CDI berarti mutus sambungan dari CDI ke apa nih?
gw rencana motong kabel buat fuse aja, artinya sama kaya cabut fuse nya.
ada masukan bro?
kl CDI berarti mutus sambungan dari CDI ke apa nih?
gw rencana motong kabel buat fuse aja, artinya sama kaya cabut fuse nya.
ada masukan bro?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Sat May 03, 2008 9:46
- Location: no where
Re: Pasang Saklar Rahasia
konslet memang benar bisa terjadi klo yg dipotong kabel cdi yg dialiri arus listrik, klo gak percaya silahkan coba ...
yg paling aman memutus kabel massa cdi ato ngakalin kabel di kontak...trik iini udah banyak diterapkan dan aman...klo main potong kabel arus CDI ya itu tadi resiko, tp klo kabel masa paling mentok motor gak mau nyala doang...
bengkel eces aja bro pasang beginian...
tp klo masalah garansi kelistrikan memang rumit...klo gak mau resiko angus garansi pasang gembok aja yg bagus yg 'hardened', bsa pasang di cakram depan sama belakang....

yg paling aman memutus kabel massa cdi ato ngakalin kabel di kontak...trik iini udah banyak diterapkan dan aman...klo main potong kabel arus CDI ya itu tadi resiko, tp klo kabel masa paling mentok motor gak mau nyala doang...
bengkel eces aja bro pasang beginian...
tp klo masalah garansi kelistrikan memang rumit...klo gak mau resiko angus garansi pasang gembok aja yg bagus yg 'hardened', bsa pasang di cakram depan sama belakang....