Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
iritpoll wrote: ↑Mon Jan 22, 2018 2:19
Sekedar sharing, pas cek 30KM untuk T32 di beres, tanya ama SA krn baru kali ini pake CVT, mas itu cara ngecek oil CVTnya gimana? kan nggak ada dip sticknya. Trus berapa KM harus diganti? Jawab SA, oil CVT harus dicek pakai alat khusus kemudian oil CVT diganti setelah 100K point bukan 100K KM. Menghitung pointnya ambil data pake komputer ke TCM.
Wah nggak tau nih... info yg disampaikan bener atau nggak....
Dulu pernah ganti oil AT pertama di Freed 5AT sekitar 40KM di non beres, ada mur yang dibuka, dan memang semua kotoran numpuk di mur tersebut. Kotoran seperti bubuk logam (gram), dan ternyata mur tersebut memang didesain ada Magnetnya untuk nangkap gram tersebut...
gearbox matic honda geared jg ad filter om... ntuh mur bermagnet di smua mobil ampir ad..
arfs wrote: ↑Mon Jan 22, 2018 1:09
@om klep: terpisah om... Strainer di bagian bawah... Tepat dibawah nya body valve...
Filter nya ada di samping lokasi nya... Seperti di gambar no 5.
bearti beneran mirip ama gearbox matic ahonnd donk om.. atau jgn2 pabrik nya sama...
iritpoll wrote:Sekedar sharing, pas cek 30KM untuk T32 di beres, tanya ama SA krn baru kali ini pake CVT, mas itu cara ngecek oil CVTnya gimana? kan nggak ada dip sticknya. Trus berapa KM harus diganti? Jawab SA, oil CVT harus dicek pakai alat khusus kemudian oil CVT diganti setelah 100K point bukan 100K KM. Menghitung pointnya ambil data pake komputer ke TCM.
Wah nggak tau nih... info yg disampaikan bener atau nggak....
Dulu pernah ganti oil AT pertama di Freed 5AT sekitar 40KM di non beres, ada mur yang dibuka, dan memang semua kotoran numpuk di mur tersebut. Kotoran seperti bubuk logam (gram), dan ternyata mur tersebut memang didesain ada Magnetnya untuk nangkap gram tersebut...
Wah kalau di ganti pas CVTF Deterioration 100.000 points syukur dah tuh SA masih bener... Soalnya kalau liat di maintenance table cost dan service manual resmi nissin nya disuruh ganti pas 210.000 points loh... Kecuali gk ada alat consult nya baru disarankan ganti pas 100.000km
*Nissan Rouge NAM nama Xtrail T32 di USA.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
DOHC wrote:
bearti beneran mirip ama gearbox matic ahonnd donk om.. atau jgn2 pabrik nya sama...
Search Jatco JF015E... Lipindut, juke, mirage pake itu... Kalo ahond punya gk tau... Tp bukan nya selama ini ahond selalu pakai gearbox inhouse... [emoji55]
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Dengan keadaan di Indonesia ini sebetulnya agak gak relevan menggunakan patokan dari buku Jepang yang di translate (saya dulu di gituin, ini patokan buku dari Nissan Jepang pak) dan pada akhirnya jebol =D
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
NYoman wrote:Dengan keadaan di Indonesia ini sebetulnya agak gak relevan menggunakan patokan dari buku Jepang yang di translate (saya dulu di gituin, ini patokan buku dari Nissan Jepang pak) dan pada akhirnya jebol =D
Yang b@#$@t itu nissin suruh nya ganti di saat odo meter ud habis garansi nya... jadi pas jebol mau claim kagak bisa. WKWKWKWKWK...
Inti nya kalau mau pake nissin bentar trus jual gpp lah bodo amat sama CVTF nya...
Tapi kalau mau dipakai lama lebih baik CVTF, filter, dan strainer nya di ganti jauh lebih awal.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
DOHC wrote: ↑Mon Jan 22, 2018 7:23
sejauh ini sehh setau ane gearbox matic jadul atoyot yg lmayan robust...
inhouse ahond malah perna ad track record kurang bagus utk accord sblom generasi CM5
Setau awak GB matic milik Honda yang pernah masalah cuma milik Jazz GD sih.. Itupun karena salah asuh dari beres nya sendiri
Bukan nya perusahaan2 jepang pakai Aisin semua ya untuk GB
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
Kalau saya pribadi karena gak pernah ngalamin power loss atau limp mode selama pake mobil dg CVT ini, mau jln jarak pendek atau jarak jauh dgn berbagai macam kondisi jln dan berbagai tingkat kecepatan serta kondisi panas terik atau hujan lebat jadi saya malah mikir lumayanlah still original factory fluid due to never change it for 3 and half years but still smooth no strange noise and vibration but if i hear strange noise or vibration that i Will be worry, dibanding mobil operasional atau non operasional tempat saya kerja yg pake transmisi manual atau AT umur pake yg sama tapi saat sopir sopir nya bawa saya yg duduk samping atau di belakang sopir ada beberapa mobil yg udh lag dan suara lbh kasar saja.
lemonadelovers wrote: ↑Mon Jan 22, 2018 10:42
Om itu caranya gmn? Beli oli cvt d beres kan drum2an, trus beli filter cvt, cover strainer n packing/gasket oil pan cvt ada semua d beres?
CVTF ogut pake Aisin CFEx,
Strainer dan packing/gasket beli di E-Mobil Parts Batam (kontak WA 0811693826)
CVTF oil Filter dan cover rumah nya beli di beres (ke bagian spare part, harus indent karena barang nya ada di Pusat Karawang).
*info dari kawan, kalau mau murah bisa beli seal cover rumah CVTF Oil filter nya Mitsubishi Mirage. Karena kalau di Nissan tidak bisa beli seal nya saja harus beli satu set sama rumah filter nya
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
DOHC wrote: ↑Mon Jan 22, 2018 7:23
sejauh ini sehh setau ane gearbox matic jadul atoyot yg lmayan robust...
inhouse ahond malah perna ad track record kurang bagus utk accord sblom generasi CM5
Setau awak GB matic milik Honda yang pernah masalah cuma milik Jazz GD sih.. Itupun karena salah asuh dari beres nya sendiri
Bukan nya perusahaan2 jepang pakai Aisin semua ya untuk GB
Saya sempet punya problem 5at honda, di freed yg hibernasi lalu tiba2 dipakai, selama 2009-2015 jalan 17rb km, lalu 2016 sy pakai 10rb km, mendadak di inst cluster bagian persneleng tiap cold start maupun kadang lagi jalan, simbol "D" nya kedip kedip (tdk ada perubahan perform atau apapun tapi..)
Solusinya waktu itu iseng saya kuras atf z-1 di toda lalu sembuh total smp sekarang.. berarti kenapa ya itu? Sampe skrg saya mikirnya atfnya basi
DOHC wrote: ↑Mon Jan 22, 2018 7:23
sejauh ini sehh setau ane gearbox matic jadul atoyot yg lmayan robust...
inhouse ahond malah perna ad track record kurang bagus utk accord sblom generasi CM5
Setau awak GB matic milik Honda yang pernah masalah cuma milik Jazz GD sih.. Itupun karena salah asuh dari beres nya sendiri
Bukan nya perusahaan2 jepang pakai Aisin semua ya untuk GB
ohh kl yg accord itu kasus nya emg ga ampe sbanyak GD punya gearbox..
nahh kl ahond punya jg emg rada binggung om.. kmungkinan bener inhouse.. gugel2 ama yutub jg rata2 kayanya inhouse
lemonadelovers wrote: ↑Mon Jan 22, 2018 10:42
Om itu caranya gmn? Beli oli cvt d beres kan drum2an, trus beli filter cvt, cover strainer n packing/gasket oil pan cvt ada semua d beres?
CVTF ogut pake Aisin CFEx,
Strainer dan packing/gasket beli di E-Mobil Parts Batam (kontak WA 0811693826)
CVTF oil Filter dan cover rumah nya beli di beres (ke bagian spare part, harus indent karena barang nya ada di Pusat Karawang).
*info dari kawan, kalau mau murah bisa beli seal cover rumah CVTF Oil filter nya Mitsubishi Mirage. Karena kalau di Nissan tidak bisa beli seal nya saja harus beli satu set sama rumah filter nya
Herman7103 wrote:Kalau saya pribadi karena gak pernah ngalamin power loss atau limp mode selama pake mobil dg CVT ini, mau jln jarak pendek atau jarak jauh dgn berbagai macam kondisi jln dan berbagai tingkat kecepatan serta kondisi panas terik atau hujan lebat jadi saya malah mikir lumayanlah still original factory fluid due to never change it for 3 and half years but still smooth no strange noise and vibration but if i hear strange noise or vibration that i Will be worry, dibanding mobil operasional atau non operasional tempat saya kerja yg pake transmisi manual atau AT umur pake yg sama tapi saat sopir sopir nya bawa saya yg duduk samping atau di belakang sopir ada beberapa mobil yg udh lag dan suara lbh kasar saja.
Mencegah lebih baik daripada mengobati *(memperbaiki/mengganti CVT assy nya).
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Herman7103 wrote:Kalau saya pribadi karena gak pernah ngalamin power loss atau limp mode selama pake mobil dg CVT ini, mau jln jarak pendek atau jarak jauh dgn berbagai macam kondisi jln dan berbagai tingkat kecepatan serta kondisi panas terik atau hujan lebat jadi saya malah mikir lumayanlah still original factory fluid due to never change it for 3 and half years but still smooth no strange noise and vibration but if i hear strange noise or vibration that i Will be worry, dibanding mobil operasional atau non operasional tempat saya kerja yg pake transmisi manual atau AT umur pake yg sama tapi saat sopir sopir nya bawa saya yg duduk samping atau di belakang sopir ada beberapa mobil yg udh lag dan suara lbh kasar saja.
Mencegah lebih baik daripada mengobati *(memperbaiki/mengganti CVT assy nya).
Pendapat om arfs sesuai dgn pola pikir saya juga cuma berhubung belum ada yg aneh dgn transmisinya toh juga odo blm nyentuh 45 ribu km msh jauh dari 100 ribu dan udah test jln bareng SPV mekanik beresnya 23 Des 2017 lalu, ya nanti di odo yg lbh tinggi dr sekarang baru ganti oli CVT tapi sebelum nyentuh 100 ribu km, selain itu jg sdh bicara dgn teman bagian preventive pabrik nyarankan jgn cari penyakit kalau transmisi dak ada yg aneh baik noise atau vibration kita ganti fluidnya sangat jauh sebelum deteriode time kecuali udh mencapai 80 percent baru make sense.
PRBS wrote: ↑Wed Dec 06, 2017 15:06
Iya, lebih baik keluar uang sebesar 1.150.000 (ini kalo flushing serena di beres), dibanding tiba2 harus keluar kocek puluhan juta.
Lebih bagus lagi skalian flushing oli mesin dan cvt seperti yg saya lakukan, mobil sangat kerasa bedanya..
Terus terang bro baru denger kalau flushing oli mesin. Ilmu baru nih hahaha
NYoman wrote: ↑Thu Dec 07, 2017 11:32
Yg diganti ATF itu Jazz om itu beres yang ganti dan yang ngalamin bukan cuma saya..
Kalau di T31 gak pernah pakai selain CVTF nya dr dealer.. Nissan saya selain itu GL 1.8 dan Serena C23 semua MT..
35rb km padahal ya....
sedangkan yang matic 4AT biasa, dikuras total per 40rb km
apa bukan krn defect om ? atau memang cvt jadwalnya lebih cepet dari yang matic 4AT ?
regards,
singachu
Kalau menurut logika nubitol saya. Oli Transmisi di mobil matik FWD pasti umur nya lebih pendek dibanding mobil matik RWD.
Karena di mobil FWD oli matik nya kan melumasi gardan nya juga.
Tidak seperti mobil RWD umum nya yang gardan nya terpisah.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Penasaran aja, misal banyak yang ngikutin omongan beres kalau CVTF ga perlu ganti sampe 100k km...
sepertinya kan akan cukup banyak yang ngikutin omongan beres....
kira2 rame ga di 100k banyak yang rusak ?
Eh yang CVT jazz idsi banyak yang jebol ya ? itu kok kayaknya ga rame ya ? ga kedengeran soalnya
Boleh nanya Om semua. Kalo oli tramsmisi Livina M/T bagusnya di km berapa ganti? Dulu pas service 5k padahal odo baru 4.2k sama SA gam usah. Kira2 habis berapa liter ya? Mobil ANGL 2014
Simpelnya saya sih.. kalau mau ikuti anjuran beres (100rb km or ikuti detoration) ya monggo.. tapi kalau mau ganti sebelum 100rb km (let say kasus saya 62rb km udah saya ganti) sebenernya ya ga ada negatifnya ya..
Setuju dengan om arfs, mencegah lebih baik daripada mengobati hehe..
Changing fluid sebelum waktunya ga ada efek negatif kok as long dilakukan dengan benar dan ditempat yg terpercaya. (Tapi ya jarak gantinya jangan trlalu sering.. atau sering buka tutup)
singachu wrote:
SX4 yang lama kan 4AT FWD ya, sepertinya banyak yang pakai patokan 40rb km baru kuras total.... Apa itu masih terhitung terlalu panjang ?
Yup SX4 1st gen saya pakai matic 4 speed a/t FWD (Aisin AW 80-40LE) .
Kalau di maintenance book SX4 saya memang saat 40rb km disuruh ganti ATF nya. Dan dulu memang sempat saya drain yg di oil pan nya saja di 30rb km.
Boleh om monggo silahkan di share. [emoji120]
Last edited by arfs on Fri Jan 26, 2018 8:24, edited 2 times in total.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
singachu wrote:Penasaran aja, misal banyak yang ngikutin omongan beres kalau CVTF ga perlu ganti sampe 100k km...
sepertinya kan akan cukup banyak yang ngikutin omongan beres....
kira2 rame ga di 100k banyak yang rusak ?
Eh yang CVT jazz idsi banyak yang jebol ya ? itu kok kayaknya ga rame ya ? ga kedengeran soalnya
regards,
singachu
Njezz GD sama City dulu kan sering jebol gearbox nya karena banyak bengkel dulu ngira oli CVT sama oli ATF matic konvensional sama. Jadi dikira pake ATF matic konvensional bisa.
Jadi pas ud diisi ATF matic conventional yah jebol lah CVT nya, karena bukan peruntukan nya. Haha
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
PRBS wrote:Simpelnya saya sih.. kalau mau ikuti anjuran beres (100rb km or ikuti detoration) ya monggo.. tapi kalau mau ganti sebelum 100rb km (let say kasus saya 62rb km udah saya ganti) sebenernya ya ga ada negatifnya ya..
Setuju dengan om arfs, mencegah lebih baik daripada mengobati hehe..
Changing fluid sebelum waktunya ga ada efek negatif kok as long dilakukan dengan benar dan ditempat yg terpercaya. (Tapi ya jarak gantinya jangan trlalu sering.. atau sering buka tutup)
Sama kalo boleh nambah satu lagi, ingat garansi kendaraan nissin itu habis nya di saat odo 100rb km atau 3 tahun mana yg tercapai terlebih dahulu...
Jd jangan kaget kalo jebol trus mau claim di tolak walau sblm 3 tahun mobil ud nempuh/pas di odo 100rb km.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.