Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
mohon masukkan dan infonya..saya sedang tertarik dengan bmw 7 series E38..mobil ini bukan menjadi mobil utama karena untuk daily dan family car kebetulan saya sudah ada..rencananya mobil ini hanya pure untuk weekend car or at least once in weekdays.
To be honest saya belum memahami secara mendalam mengenai bmw E38 ini, saya tertarik karena bentuknya .
Karena itu saya minta masukkan berdasarkan pengalaman para suhu di sini tentang E38, dengan budget max 100 juta yang ada apakah bmw E38 ini worth to buy atau tidak bagi saya? apa saja pro cons nya, penyakit yang umum ada di seri ini, dan hal apa yang harus jadi concern saat mau meminang mobil ini.
Saya belum pernah piara E38, cuman kalo mengamati pros and cons di Google (kesan dan keluh di Indo dan luar negeri), sepertinya perlu spare 50-100 jt u maintenance di awal. Kalau pun dapet mint (harga dah gak umum) perlu paling tidak 10-20jt
100jt an sudah cukup kalau sepengalaman saya cari aja unit yg masih terasa enak gak ada yg nyala di indikator dan gk ada gejala aneh2
Sebenarnya e38 kalau urusan mesin meski pake V8 m60/62 dan transmisi masih reliable kyk bmw2 lain
paling problem yg khas cuma airsus bawaan yg naik turun itu kalau rusak dan ganti dg sistem yg sama bisa habis 30-40jt tp ada yg model suspensi biasa yg cuma 5 jt sepasang kyk mobil saya dulu
ni mobil nyaman bgt sgt sesuai kelasnya dia elect. seat dpn belakang , double glass, damper dan peredaman yg sgt enak ..... minusnya paling bbm lmyn haus dalkot 1:5an, tuneup dan ganti oli mahal dikit dan oli hidroliknya musti pake chf11 yg harganya agak lain plus musti hati hati ini mobil gede yg terasa kecil , 2x saya nyenggol motor krn "kepedean "
Mobil hobby gak ada worth atau tidak
Apalagi ini mobil udah berumur (yg paling muda aja udah pasti di atas 15 tahun) dan fiturnya wah sekali. Jadi kalau jajan kayaknya kemungkinan besar mahal.
Mending nurut uangnya om aja, kalau kira kira cukup hajar aja, kalau enggak ya jangan om.
Daripada ntr di paksain malah jengkel sendiri.
Cmiiw
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
wah sama nih sama Om....saya juga kesengsem berat sama E38 ini buat weekend.
cari yang interior dan exterior masih beneran mint om. mesin atau lainnya masih bisa diperbaiki asal "siap"
interior walaupun "siap", belum tentu bisa beres hehehe...
tapi kalo Om Miejohn gak terlalu penting detail, 100 masih dapet kok om.
tempo hari liat beberapa yang range 70-90juta
dsign1990 wrote: Fri Jan 19, 2018 3:07
100jt an sudah cukup kalau sepengalaman saya cari aja unit yg masih terasa enak gak ada yg nyala di indikator dan gk ada gejala aneh2
Sebenarnya e38 kalau urusan mesin meski pake V8 m60/62 dan transmisi masih reliable kyk bmw2 lain
paling problem yg khas cuma airsus bawaan yg naik turun itu kalau rusak dan ganti dg sistem yg sama bisa habis 30-40jt tp ada yg model suspensi biasa yg cuma 5 jt sepasang kyk mobil saya dulu
ni mobil nyaman bgt sgt sesuai kelasnya dia elect. seat dpn belakang , double glass, damper dan peredaman yg sgt enak ..... minusnya paling bbm lmyn haus dalkot 1:5an, tuneup dan ganti oli mahal dikit dan oli hidroliknya musti pake chf11 yg harganya agak lain plus musti hati hati ini mobil gede yg terasa kecil , 2x saya nyenggol motor krn "kepedean "
Kebetulan sudah cari beberapa unit yang masuk dalam range budget, dan shock nya sudah diganti dengan punya 5 series E39..memang bisa swap seperti itu ya om? Konstruksi kaki2 nya samakah?
satrialiar69 wrote: Fri Jan 19, 2018 3:47
wah sama nih sama Om....saya juga kesengsem berat sama E38 ini buat weekend.
cari yang interior dan exterior masih beneran mint om. mesin atau lainnya masih bisa diperbaiki asal "siap"
interior walaupun "siap", belum tentu bisa beres hehehe...
tapi kalo Om Miejohn gak terlalu penting detail, 100 masih dapet kok om.
tempo hari liat beberapa yang range 70-90juta
Wah sama dong om kita kalo cari yang mint, masih above 100 juta om, memang benar sih ada harga ada rupa,hehehe..di range 70-90 juta masalah yang saya banyak temui itu pajaknya pada telat hitungan bulan atau tahun malahan
dsign1990 wrote: Fri Jan 19, 2018 3:07
100jt an sudah cukup kalau sepengalaman saya cari aja unit yg masih terasa enak gak ada yg nyala di indikator dan gk ada gejala aneh2
Sebenarnya e38 kalau urusan mesin meski pake V8 m60/62 dan transmisi masih reliable kyk bmw2 lain
paling problem yg khas cuma airsus bawaan yg naik turun itu kalau rusak dan ganti dg sistem yg sama bisa habis 30-40jt tp ada yg model suspensi biasa yg cuma 5 jt sepasang kyk mobil saya dulu
ni mobil nyaman bgt sgt sesuai kelasnya dia elect. seat dpn belakang , double glass, damper dan peredaman yg sgt enak ..... minusnya paling bbm lmyn haus dalkot 1:5an, tuneup dan ganti oli mahal dikit dan oli hidroliknya musti pake chf11 yg harganya agak lain plus musti hati hati ini mobil gede yg terasa kecil , 2x saya nyenggol motor krn "kepedean "
Kebetulan sudah cari beberapa unit yang masuk dalam range budget, dan shock nya sudah diganti dengan punya 5 series E39..memang bisa swap seperti itu ya om? Konstruksi kaki2 nya samakah?
yg saya tau yg murmer 5jt sepasang itu suspensi non EDC buat e38 versi standar sebenarnya itu part buat market luar dan e38 728 swb yg ada dijual ATPM sini
kalau sama punya nya e39 sy krg tau tp kayaknya ntar bikin lemah dampingnya krn bobot beda lumayan antara e38 dan e39 apalagi kalau budget 100jtan kan dapetnya 735/730iL yg lwb ya notabene pasti makin berat lagi
Ke W140 aja om, buat saya pada jaman nya masih lbh enak W140 gara2 reliable dan populasinya (mungkin) lbh banyak dr E38. Saya pernah numpang 740i e38 th 94 ac nya panas (spt hair dryer) dan wkt itu head unitnya yg problem (mati2 sendiri ga jelas). Saya jg pernah naik W140 s600, mobil ini jauh lbh enak, lbh lega dr e38 dan unit yg saya naikin masih bener2 sehat, hny problem minor spt panel interior bbrp udah jelek sama vacuum door di satu pintu ga jalan (th 97). Dua mobil itu km nya sama2 60rban, dan yg bagus dengan umur segitu kekedapan masih oke, dashboard2 masih ngga bunyi.
dsign1990 wrote: Fri Jan 19, 2018 3:07
100jt an sudah cukup kalau sepengalaman saya cari aja unit yg masih terasa enak gak ada yg nyala di indikator dan gk ada gejala aneh2
Sebenarnya e38 kalau urusan mesin meski pake V8 m60/62 dan transmisi masih reliable kyk bmw2 lain
paling problem yg khas cuma airsus bawaan yg naik turun itu kalau rusak dan ganti dg sistem yg sama bisa habis 30-40jt tp ada yg model suspensi biasa yg cuma 5 jt sepasang kyk mobil saya dulu
ni mobil nyaman bgt sgt sesuai kelasnya dia elect. seat dpn belakang , double glass, damper dan peredaman yg sgt enak ..... minusnya paling bbm lmyn haus dalkot 1:5an, tuneup dan ganti oli mahal dikit dan oli hidroliknya musti pake chf11 yg harganya agak lain plus musti hati hati ini mobil gede yg terasa kecil , 2x saya nyenggol motor krn "kepedean "
Kebetulan sudah cari beberapa unit yang masuk dalam range budget, dan shock nya sudah diganti dengan punya 5 series E39..memang bisa swap seperti itu ya om? Konstruksi kaki2 nya samakah?
Punya teman, shock pakai sedan accord atau corolla lama, velg R20.
Pernah juga ketemu E38 pakai coilover, gak pakai lagi shock aslinya
Dummy wrote: Fri Jan 19, 2018 10:16
Setuju sama om vp, prefer w140. Memang lebih bapak bapak daripada e38 sih exteriornya. Tp menurut saya lebih exclusive, istimewa
erwinign wrote: Fri Jan 19, 2018 13:45
Ke W140 aja om, buat saya pada jaman nya masih lbh enak W140 gara2 reliable dan populasinya (mungkin) lbh banyak dr E38. Saya pernah numpang 740i e38 th 94 ac nya panas (spt hair dryer) dan wkt itu head unitnya yg problem (mati2 sendiri ga jelas). Saya jg pernah naik W140 s600, mobil ini jauh lbh enak, lbh lega dr e38 dan unit yg saya naikin masih bener2 sehat, hny problem minor spt panel interior bbrp udah jelek sama vacuum door di satu pintu ga jalan (th 97). Dua mobil itu km nya sama2 60rban, dan yg bagus dengan umur segitu kekedapan masih oke, dashboard2 masih ngga bunyi.
Bisa dibilang w140 secara reliabilitynya lebih ok ya om dibanding E38? Memang bener kata om dummy w140 ini modelnya sangat bapak-bapak sekali..kurang sreg di hati
dsign1990 wrote: Fri Jan 19, 2018 3:07
100jt an sudah cukup kalau sepengalaman saya cari aja unit yg masih terasa enak gak ada yg nyala di indikator dan gk ada gejala aneh2
Sebenarnya e38 kalau urusan mesin meski pake V8 m60/62 dan transmisi masih reliable kyk bmw2 lain
paling problem yg khas cuma airsus bawaan yg naik turun itu kalau rusak dan ganti dg sistem yg sama bisa habis 30-40jt tp ada yg model suspensi biasa yg cuma 5 jt sepasang kyk mobil saya dulu
ni mobil nyaman bgt sgt sesuai kelasnya dia elect. seat dpn belakang , double glass, damper dan peredaman yg sgt enak ..... minusnya paling bbm lmyn haus dalkot 1:5an, tuneup dan ganti oli mahal dikit dan oli hidroliknya musti pake chf11 yg harganya agak lain plus musti hati hati ini mobil gede yg terasa kecil , 2x saya nyenggol motor krn "kepedean "
Kebetulan sudah cari beberapa unit yang masuk dalam range budget, dan shock nya sudah diganti dengan punya 5 series E39..memang bisa swap seperti itu ya om? Konstruksi kaki2 nya samakah?
Punya teman, shock pakai sedan accord atau corolla lama, velg R20.
Pernah juga ketemu E38 pakai coilover, gak pakai lagi shock aslinya
Wah..pake shock sedan accord/corrola? Emang bisa om?? Apa rasanya masih tetep enak dinaikin E38 nya?
Worth2 aja, asalkan:
- Sabar buat dapet unit yg seger dan mint condition
- Punya kenalan bengkel spesialis mobil eropa diluar beres
- Siap dengan perawatannya karena kelas dan tahun ga bohong