Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
martinnn wrote: Thu Jan 11, 2018 6:42
yang ogut amati dari munculnya mobil baru adalah menjamurnya klub klubnya....
wuling jakarta club
wuling indonesia club
confero jabodetabek
confero tangerang dst
confero club indonesia
hobi banget berorganisasi apa karena pengen eksis doank
OOT dulu:
Saya pernah coba gabung sebuah klub mobil yang saya punya beberapa tahun lalu karena penasaran apa sih yang biasa dilakukan klub mobil. Kebetulan mobilnya saat itu masih termasuk yg fresh model baru. Yang dikejar anggota2nya saat itu adalah:
1. Diskon-an member ke suatu bengkel, biasanya jok, foglamp atau aksesoris2 lainnya
2. Sekali doang pernah kopdar, yang kopdar malah obrol2 di luar otomotif seringnya. Yang gawenya sales suatu produk jasa/barang malah sekalian jualan disitu.
3. Banding2in diskon pas beli --> menurut saya ini paling aneh, udah beli yaudah lah ya nikmatin aja
4. Pamer foto mobil dengan stiker2 jumbo-nya atau pun swafoto bersama mobilnya.
Singkat cerita saya cuman aktif 2 bulan-an, selebihnya udah jadi SR aja di milis n FB page sampe mobil dijual. Tahun pun berjalan, setelah 6 tahunan coba liat2 lagi FB page udah jadi hutan rimba alias sepi. hahahaha. Tapi saya cukup setuju dengan kata om yang "pengen eksis doank", soalnya ada yang terlihat bangga sekali.
5. Nge-fanboy dan ngehina - hina merek pesaing. Contoh konkritnya ya di k*s**s... kan banyak tuh trit - trit begitu. Dah jadi front pembela merek masing - masing.
Dari yang awalnya rajin lama - lama juga males posting
Biasanya kayak grup grup gini itu ciri khasnya : mobil penuh dengan stiker dan aksesoris dan lampu - lampuan... No offense ya, kenyataan di lapangan memang begitu... Liat mobil dengan stiker klub tertentu pasti aksesorisnya rame...
Tapi faktanya bener kok, saya pernah join di salah satu klub malah akhirnya merger ke klub lain soalnya tiap kopdar dah pada sepi dan mobilnya udah pada ganti (termasuk saya)
Tambahan, biasanya mobil yg penuh stiker klub sampe ada stiker tiap chapter itu rata2 (rata2 loh yaa) pasti ada strobonya. Hehe.
Dan entah kenapa suka nyetir nyundul2 kalo kita didepan dia.. (kek kebelet suruh siapapun didepannya untuk minggir).
Ini berdasarkan pengalaman sendiri diseputaran BSD.. soalnya ada bsd autoparts disitu, jadi banyak nih pengendara2 unik macam ini..
Barusan liat cortez mantap buanget dan value of moneymya itu ruar binaza
Fitur jok elektrik jok sopir dan penumpang depan sunroof naksir jadinya buat ganti gl ane
speedfreak wrote: Fri Jan 12, 2018 2:00
Just wondering..
Beberapa pabrikan lain sebelum meluncurkan mobilnya kan melakukan roadtest berpuluh ribu km dulu tuh 1 atau 2 tahun sebelum mobilnya dilaunch.
Misalkan ANKI dulu pernah ada spyshotnya pas dipake jalan di pantura.
Expander dites macem2 baik di indonesia maupun di jepang sana.
Bahkan pabrikan eropa macam mercedes ngetes mobilnya sampai di berbagai benua utk mengetahui kehandalan produknya menghadapi berbagai iklim dan medan nantinya.
Nah klo produk wuling macam confero dan cortez gini apakah ada long test gitu juga apa enggak ya? Barangkali ada yang tau?
Jadi pas mobil di launch itu defect2 sudah diketahui oleh pabriknya minimal bisa diperbaiki sebelum launch walaupun itu atoyot masih aja kecolongan dengan putu jedug nya..
Dan calon buyer juga jadi gak ragu2 dengan mesin kopian altis ini utk case wuling..
standarnya atau minimal berapa lama waktu & panjang jarak roadtest sebuah mobil itu sebelum dilepas ke pasaran, ada yang tau?
untuk lokal market disini saya belum pernah lihat beritanya (misal tyt/dai) di test dijalanan dengan waktu yang lama & jarak tempuh yang cukup panjang. (mungkin cuma satu dua spyshoot & nggak berapa lama langsung keluar aja mobilnya dipasaran) atau memang saya miss beritanya ataukah mobil dengan lokal market disini dijual tanpa melewati roadtest beratus ribu km seperti wuling convero ini? (1,5 tahun)
sedikit spesifikasi dari engine cortez, kenapa bore x stroke nya mengingatkan kepada 1ZZ-FE ya. pontiac vibe ? toyota corolla ?
Gara2 info ni ane jadi browsing2 ttg mesin baojun 730,
Nemu artikel di web china yg bilang itu mesin memang basisnya 1ZZ-FE
Dan ada saudara kembarnya, Geely JL4G18 yg sama2 ambil basis dari 1ZZ-FE Source (pake google translate aj)
Lalu untuk transmisi AMTnya, AF52 buatan aisin china (Tangshan Aisin Gear Co.,Ltd)
Yang manual F618A gak nemu infonya.. ada jga Aisin yg mirip2 kodenya, F621, yah mungkin F618A versi untuk Baojun 730/Cortez ??? Source
Itu mesin byk dipake di lineup 1.8Lnya baojun, 530, 560, 630, 730... mestinya sih reliable yah
hahaha... stuju ama point2 nya tuh.. join club rata2 pd ngincer gtuan smua..
btw ane dl perna iseng join sala satu club mobil batu makam, ampe daftar resmi sgala, ikut kopdar sgala... ehh buset dahh itu isi nya fans diehard smua.. ampe ad yg brani nyinggung kekurangan nya dikit aj lgs di bantai abis2an... konyol nya lg ntuh jaman sh1tlord dibela2 mentang2 ngomong bagus batu makam doank.. sgala user yg komen negatif dikit aj ttg batu makam lgs di serang macam si presidium alumni itu tuh.. bener2 sinting
selang brapa taon, toh faktanya kliatan kualitas mobil tsb, kaki2 ringkih, RV nyungsep, dann skrg penjualan baru nya aj nnyungsep... entah tuh club jadi apa skrg.. blom lagi chapter2 nya..
martinnn wrote: Thu Jan 11, 2018 6:42
yang ogut amati dari munculnya mobil baru adalah menjamurnya klub klubnya....
wuling jakarta club
wuling indonesia club
confero jabodetabek
confero tangerang dst
confero club indonesia
hobi banget berorganisasi apa karena pengen eksis doank
OOT dulu:
Saya pernah coba gabung sebuah klub mobil yang saya punya beberapa tahun lalu karena penasaran apa sih yang biasa dilakukan klub mobil. Kebetulan mobilnya saat itu masih termasuk yg fresh model baru. Yang dikejar anggota2nya saat itu adalah:
1. Diskon-an member ke suatu bengkel, biasanya jok, foglamp atau aksesoris2 lainnya
2. Sekali doang pernah kopdar, yang kopdar malah obrol2 di luar otomotif seringnya. Yang gawenya sales suatu produk jasa/barang malah sekalian jualan disitu.
3. Banding2in diskon pas beli --> menurut saya ini paling aneh, udah beli yaudah lah ya nikmatin aja
4. Pamer foto mobil dengan stiker2 jumbo-nya atau pun swafoto bersama mobilnya.
Singkat cerita saya cuman aktif 2 bulan-an, selebihnya udah jadi SR aja di milis n FB page sampe mobil dijual. Tahun pun berjalan, setelah 6 tahunan coba liat2 lagi FB page udah jadi hutan rimba alias sepi. hahahaha. Tapi saya cukup setuju dengan kata om yang "pengen eksis doank", soalnya ada yang terlihat bangga sekali.
PRBS wrote: Fri Jan 12, 2018 4:12
Tambahan, biasanya mobil yg penuh stiker klub sampe ada stiker tiap chapter itu rata2 (rata2 loh yaa) pasti ada strobonya. Hehe.
Dan entah kenapa suka nyetir nyundul2 kalo kita didepan dia.. (kek kebelet suruh siapapun didepannya untuk minggir).
Ini berdasarkan pengalaman sendiri diseputaran BSD.. soalnya ada bsd autoparts disitu, jadi banyak nih pengendara2 unik macam ini..
Stikernya kaca aja gak muat, mesti sampe bodi... nyetirnya pake iman
nah setuju tuh kayaknya starter kit buat a$$h*le club member itu stiker bejibun, full accessories, dan lampu strobo plus LED segudang... dan nyetir gak bisa nyantai.
DOHC wrote: Fri Jan 12, 2018 7:35
hahaha... stuju ama point2 nya tuh.. join club rata2 pd ngincer gtuan smua..
btw ane dl perna iseng join sala satu club mobil batu makam, ampe daftar resmi sgala, ikut kopdar sgala... ehh buset dahh itu isi nya fans diehard smua.. ampe ad yg brani nyinggung kekurangan nya dikit aj lgs di bantai abis2an... konyol nya lg ntuh jaman sh1tlord dibela2 mentang2 ngomong bagus batu makam doank.. sgala user yg komen negatif dikit aj ttg batu makam lgs di serang macam si presidium alumni itu tuh.. bener2 sinting
selang brapa taon, toh faktanya kliatan kualitas mobil tsb, kaki2 ringkih, RV nyungsep, dann skrg penjualan baru nya aj nnyungsep... entah tuh club jadi apa skrg.. blom lagi chapter2 nya..
tu dia kadang malesnya gaul ma anak kleb... rasanya mobil dia serba perfect gak ada cacatnya...
dan biasanya (... biasanya) yang paling militan ya yang modifnya paling norak... ude kayak sales mobilnya aja klo ngebacot.
ChZ wrote: Fri Jan 12, 2018 8:57
Stikernya kaca aja gak muat, mesti sampe bodi... nyetirnya pake iman
nah setuju tuh kayaknya starter kit buat a$$h*le club member itu stiker bejibun, full accessories, dan lampu strobo plus LED segudang... dan nyetir gak bisa nyantai.
tu dia kadang malesnya gaul ma anak kleb... rasanya mobil dia serba perfect gak ada cacatnya...
dan biasanya (... biasanya) yang paling militan ya yang modifnya paling norak... ude kayak sales mobilnya aja klo ngebacot.
ini kan emang khasnya orang indo, barang mahal dikit pasti ada aja fanboy club-nya. heran dan anehnya ya gitu: biasanya ada yang militan dan super norak, ada yang baperan apalagi kalau ada yang nanya problem ini itu dsb, ada lagi yang die harder sampe kaya dibayar sama itu produk. mulai dari mobil ke gadget sampe ke tas wanita... kayanya si gw rasa itu kolor merek rider juga ada die hardernya...
Di forum sebelah tentang konstruksi juga gitu, Meikarta habis dibully.
Diforum sebelahnya lagi forum saham juga gitu, yang saham-saham gocap kena bully, kasihan yg pegang saham udah uang nyangkut dibuly pula dan sewaktu saham itu naik tetep aja di buly ....... hahahahaaa
kunaskun wrote: Fri Jan 12, 2018 9:48
ini kan emang khasnya orang indo, barang mahal dikit pasti ada aja fanboy club-nya. heran dan anehnya ya gitu: biasanya ada yang militan dan super norak, ada yang baperan apalagi kalau ada yang nanya problem ini itu dsb, ada lagi yang die harder sampe kaya dibayar sama itu produk. mulai dari mobil ke gadget sampe ke tas wanita... kayanya si gw rasa itu kolor merek rider juga ada die hardernya...
Emang susah ya klo bawaan udah baperan... mslhnya banyak orang baperan pol...
lagi seneng honeymoon sama mobilnya jadi fanboy... giliran masalah komplen jadi hater militan lebay banget komplennya...
Mau mobil, mau motor (ngonda vs yamihul), mau henpon (fanboy apel kroak vs fanboy robot), mau kamera (conan vs nokin)... kelakuan mirip semua
dua spesies yang sama-sama ngeselin dan ironisnya terkadang kedua spesies ini adalah orang yang sama...
kadang kan gini , merasa udah cape-cape nabung kerja buat beli tuh barang, jadi baper dan emosional... lah ini mobil kan gue beli pake duit gue... jadi ini yang paling perfect. Ada kekurangan (ya kadang ngerasa kok mereka ada kekurangan) pun jadinya denial ... ah enggak ah gak ada kekurangan kok... kan belinya pake duit gue hasil cape cape nabung...
vipere wrote: Fri Jan 12, 2018 8:18
Wuling...mobil yang cocok buat mertua.hehehe
kasian kalo sampe mertua di belikan bginian ....... ada unsur colongan (anggap sj bgt) di dlm nya (say, engine)
mnrt sy ...... spt kasih mrk tv wide screen tapi kable nya terpotong ujung nya
atau kasih mrk mobil yg idupin mesin nya pake obeng
knapa yg bginian bs masuk legal di indo ...... krn colong colong di indo itu culture
sama spt africa n 3rd world lain nya
ha ha ha .........
Kalo opini oe Om, masalah nyolong teknologi itu masalah sudut pandang n sebuah hal yg lumrah d industri, android bagi Jobs nyolong design n idenya iphone, padahal konsep iphone g benar2 sgt revolutioner, yg blm ada sama sekali sebelumnya, lbh k evolusi aja karena cm kaya smartphone palm diilangin keyboardnya. Bagi Clarkson, toyota old supra (2000gt), nyolong konsep n designnya jaguar e-type. N lagi teknologi jet ameriki, nyolong paksa teknologi jetnya german. Lagi, teknologi jet supersonik ameriki, nyolong teknologi jet ruski, waktu ada pilot kuminis geblek yg belot k korsel pas perang korea. Nyolong menyolong teknologi ini batesnya imho legal standing, kl secara legal produk itu masih bisa d jual, nyolongnya legal
Kayanya beda kalo niru konsep dengan unauthorized reverse engineering. Kalo mocin mobcin banyak yang awalnya dari reverse engineering. Mesin dibelah untuk diliat dalemnya dan dibuat hampir plek (ngga bisa 100%) karena ada beberapa desain part ga ada di pasar karena sold exclusively ke pemilik brand asli.
Kalo ada temen di industri otomatif pasti tahu praktik reverse engineering begini di sana. Karena ga bisa 100% contek biasanya -at least di mocin- part daleman ngga bisa masuk plug n play.
Btw. Kalau ngomong mesin China jelek, kok sekarang banyak pabrikan pake mesin China buat proses produksinya yah?
Kalau cepat rusak/jebol, logikanya ga akan mereka investasi beli itu mesin produksi berkelanjutan. Walau mungkin dibilang lifespan ga se-lifetime merk terkemuka, namun yang penting kan dalam lifespan tersebut tidak boleh rusak/jebol berkepanjangan yang mengganggu proses produksi.
Balik bahas si cortez dr sudut pandang mobilnya sendiri, td pagi ngekor (masih plat putih kayaknya orang dealer) di daerang kemang pratama yang mana jalanannya paving blok garata n bnyk poldurnya, liat bantingannya mantep bener sepertinya, body blkg gak mantul mantul dan keliatan kelasnya tuh gak menggambarkan mobil seharga 250jtan, bandingin disebelahnya sama innova baru masih enak liat si cortez ini.... just my 2cent opinion