Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
sugenkthole wrote: Wed Dec 06, 2017 0:06
Pengalaman saya kemarin service 1000km pertama ANPS . saya langsung tunggu mobil dikerjakan dari ruang tunggu di lantai dua dan tetap dipantengin itu pergerakan mobil. itu mobil sama sekali gak dibuka kap mesin, langsung dibawa pergi sama mekaniknya keluar bengkel kira2 30menit (lamabener) terus balik langsung dibawa ke tempat bagian pencucian, selesai cuci langsung dipanggil saya katanya udah selesai. Notabene saya cuma dapat stempel di buku service tanpa dicek apapun, saat saya pertanyakan, mereka bilang sudah diperiksa pake komputer... dan itu sudah standar operasi kalo tidak ada keluhan. Alamak... kapan meriksanya? tapi ya sudahlah, gak bayar ini.
Ga dibuka itu kap mesin gan??
Masa iya ga pake cek2 dipstick oli,, air wiper,, coolant ato gmn gt..
Maaf ini,, amatir sprt ane aja msh cek2 itu bawah kap mesin seminggu sekali masa beres sprt itu..
Mohon pencerahan suhu2 disini..
[/quote]
Ini karena masih masa awal garansi, gak ada duitnya ... jadi "diservice" seadanya.
Lain cerita kalau service di luar masa garansi, pasti diminta ganti ini - ganti itu, jasa ini - jasa itu
Biasanya serpis gretong ya cm gt doank. Lagian uda ga ada lg namanya inreyen menurut beres.
Sekedar info aja, anps baru dtng, kuras semua oli, gramnya banyak banget. Apakah tega utk ngga kuras?
Klo gw biasanya ke bengkel resmi klo dah mentok banget problemnya., cuman minta estimasi harga, kode serial sparepart, dan sebagainya. Trus kg dikerjain.
Bis itu cari sparepart sendiri ke sawah besar... wkwk harganya bisa beda 30-50% bengkel resmi. Abis itu balik ke bengkel resmi lagi, suru kerjain yg perlu dikerjain, bayar jasa doang. Spare part gw sediain smua.
ane juga ada pengalam sama nich
bulan november lalu service pertama
mobil 42ner punya bos ane
di bengkel toyota p**it
sejak awal ane liat kagak dicek apa"
buka kap mesin juga kagak
cuma diparkiran diidiamkan 30-40 menit lalu dibawa ke tempat cuci mobil haha...
pas ditanya ke SA kenapa gitu
jawabnya karena tidak ada keluhan dari pemilik mobil
padahal dibuku service banyak bener check list yg harus dikerjain
2 minggu lalu ganti oli + servis rem bunyi di tunas toyota jatiwaringin
Ga lama setelah servis mobil dibawa keluar
Trus balik lagi ke stall servis
Abis itu didiemin ada kali sampe 45 menit
Ya udah saya langsung turun ke bawah nemuin SA nya "pak mobil saya udah selesai?"
Baru deh SA nya ngomong "udah pak baru aja mau dipanggil"
Padahal mobil saya didiemin hampir sejam ga diapa2in di stall servis
Malah coolant di reservoir radiator ditambahin lagi padahal ga minta
Sekarang coolant di reservoir diatas FULL kalo mesin dingin
lonely1999 wrote: Thu Jan 11, 2018 5:55
ane juga ada pengalam sama nich
bulan november lalu service pertama
mobil 42ner punya bos ane
di bengkel toyota p**it
sejak awal ane liat kagak dicek apa"
buka kap mesin juga kagak
cuma diparkiran diidiamkan 30-40 menit lalu dibawa ke tempat cuci mobil haha...
pas ditanya ke SA kenapa gitu
jawabnya karena tidak ada keluhan dari pemilik mobil
padahal dibuku service banyak bener check list yg harus dikerjain
lonely1999 wrote: Thu Jan 11, 2018 5:55
ane juga ada pengalam sama nich
bulan november lalu service pertama
mobil 42ner punya bos ane
di bengkel toyota p**it
sejak awal ane liat kagak dicek apa"
buka kap mesin juga kagak
cuma diparkiran diidiamkan 30-40 menit lalu dibawa ke tempat cuci mobil haha...
pas ditanya ke SA kenapa gitu
jawabnya karena tidak ada keluhan dari pemilik mobil
padahal dibuku service banyak bener check list yg harus dikerjain
trus ngapain servis , apa ga sangat pembuangan waktu yang berharga dengan macet2an ke bengkel nunggu2 diruang tunggu, apa nggga sebaiknya begitu beli mobil baru langsung minta di cap buku servisnya sampe lembar paling belakang hany untuk keperlun syarat klaim kalo ada keluhan
Jambangan wrote: Tue Feb 06, 2018 3:46
2 minggu lalu ganti oli + servis rem bunyi di tunas toyota jatiwaringin
Ga lama setelah servis mobil dibawa keluar
Trus balik lagi ke stall servis
Abis itu didiemin ada kali sampe 45 menit
Ya udah saya langsung turun ke bawah nemuin SA nya "pak mobil saya udah selesai?"
Baru deh SA nya ngomong "udah pak baru aja mau dipanggil"
Padahal mobil saya didiemin hampir sejam ga diapa2in di stall servis
Malah coolant di reservoir radiator ditambahin lagi padahal ga minta
Sekarang coolant di reservoir diatas FULL kalo mesin dingin
bused, itu kalau jahil di video terus di viralkan di socmed bakalan heboh tuh hahaha... tapi ini si hal lama ya, balik lagi ke beres mana yang dituju, karena memang ada beres yang kaya gitu. ya mau ga mau jadi user di indo seperti biasa mesti pinter2an biar ga dikadalin.
kalau saya di sini pernah mekanik beres nissan tambahin air radiator pake air keran, sialnya, kena charge air aki biru.. kenapa ga itu air aki diisi aja ke reservoir coolant. sejak saat itu saya pantau terus end to end ngapain saja. untung bengkelnya kooperatif jadi cuek2 saja saya berkeliaran disitu.
Jambangan wrote: Tue Feb 06, 2018 3:46
2 minggu lalu ganti oli + servis rem bunyi di tunas toyota jatiwaringin
Ga lama setelah servis mobil dibawa keluar
Trus balik lagi ke stall servis
Abis itu didiemin ada kali sampe 45 menit
Ya udah saya langsung turun ke bawah nemuin SA nya "pak mobil saya udah selesai?"
Baru deh SA nya ngomong "udah pak baru aja mau dipanggil"
Padahal mobil saya didiemin hampir sejam ga diapa2in di stall servis
Malah coolant di reservoir radiator ditambahin lagi padahal ga minta
Sekarang coolant di reservoir diatas FULL kalo mesin dingin
bused, itu kalau jahil di video terus di viralkan di socmed bakalan heboh tuh hahaha... tapi ini si hal lama ya, balik lagi ke beres mana yang dituju, karena memang ada beres yang kaya gitu. ya mau ga mau jadi user di indo seperti biasa mesti pinter2an biar ga dikadalin.
kalau saya di sini pernah mekanik beres nissan tambahin air radiator pake air keran, sialnya, kena charge air aki biru.. kenapa ga itu air aki diisi aja ke reservoir coolant. sejak saat itu saya pantau terus end to end ngapain saja. untung bengkelnya kooperatif jadi cuek2 saja saya berkeliaran disitu.
Susah jg om jadi konsumen di indo
Servis di bengkel resmi untuk menghindari oli palsu n sparepart palsu malah dikerjain kyk saya
Ke bengkel umum takut kena sparepart n oli palsu (pengalaman pribadi)
Ke toko oli modern macam SnD harganya ga masuk akal
KielConstantine wrote: Thu Jan 11, 2018 5:29
Klo gw biasanya ke bengkel resmi klo dah mentok banget problemnya., cuman minta estimasi harga, kode serial sparepart, dan sebagainya. Trus kg dikerjain.
Bis itu cari sparepart sendiri ke sawah besar... wkwk harganya bisa beda 30-50% bengkel resmi. Abis itu balik ke bengkel resmi lagi, suru kerjain yg perlu dikerjain, bayar jasa doang. Spare part gw sediain smua.
Kalau saya malah kebalik, minta print estimasi part yang rusak di BeRes, beberapa parts yang saya rasa harus ori tetep beli di BeRes. Di toko luaran yang jujur, harga spare parts yang benar2 ori sangat dekat sama harga BeRes, gak bisa lebih murah jauh, bedanya di BeRes masih ditambah pajak 10% dari harga base nya. Itupun di toko luar masih bisa kena barang palsu. Oh iya ini pengalaman di merek H tegak ya (paling sering ngurusin merek ini), gatau perbedaan harga parts di merek lain.
Parts2 yang saya tau supply dari merek lain tapi oem saya beli di luar (misalnya tensioner NSK dan bearing NTN itu oem supplier H tegak, atau master kopling merek Nissin, dsb, harga bisa beda 50% dengan yang "bungkus" ATPM).
Abis itu bawa semua parts ke bengkel langganan deh, keluar uang jasa bisa hanya 1/4 dari BeRes :p
Total cost di BeRes biasanya 100-200k untuk minta estimasi. Kalau ane kerajinan biasanya sebelum ekse beli parts, ane crosscek ulang ke bengkel langganan.
gadjahalphien wrote: Tue Feb 06, 2018 10:17
Masih layak lah.
Barusan masukkin RM3 ke Beres Sunter buat service 30K & ganti oli berikut filternya, kena 1.2an.
Transmisi, tunggu 35K aja ntar di bengkel spesialis.
gadjahalphien wrote: Tue Feb 06, 2018 10:17
Masih layak lah.
Barusan masukkin RM3 ke Beres Sunter buat service 30K & ganti oli berikut filternya, kena 1.2an.
Transmisi, tunggu 35K aja ntar di bengkel spesialis.
Eh RM3 transmisi nya masalah apa om ?
Transmisinya g masalah kok om.
Hanya gantinya pengen pake metoda gerlong ala sm, dan di rutinkan aja di kelipatan 35k
1. kuras radiator >> udah bayar jasa dll dll item radiator bla bla, taunya di isi air doang
2. ganti kampas rem depan belakang, dah ada jasa nya plus break cleaner bla bla > kalo panas bunyi tak tok tak tok
KielConstantine wrote: Thu Jan 11, 2018 5:29
Klo gw biasanya ke bengkel resmi klo dah mentok banget problemnya., cuman minta estimasi harga, kode serial sparepart, dan sebagainya. Trus kg dikerjain.
Bis itu cari sparepart sendiri ke sawah besar... wkwk harganya bisa beda 30-50% bengkel resmi. Abis itu balik ke bengkel resmi lagi, suru kerjain yg perlu dikerjain, bayar jasa doang. Spare part gw sediain smua.
Kalau saya malah kebalik, minta print estimasi part yang rusak di BeRes, beberapa parts yang saya rasa harus ori tetep beli di BeRes. Di toko luaran yang jujur, harga spare parts yang benar2 ori sangat dekat sama harga BeRes, gak bisa lebih murah jauh, bedanya di BeRes masih ditambah pajak 10% dari harga base nya. Itupun di toko luar masih bisa kena barang palsu. Oh iya ini pengalaman di merek H tegak ya (paling sering ngurusin merek ini), gatau perbedaan harga parts di merek lain.
Parts2 yang saya tau supply dari merek lain tapi oem saya beli di luar (misalnya tensioner NSK dan bearing NTN itu oem supplier H tegak, atau master kopling merek Nissin, dsb, harga bisa beda 50% dengan yang "bungkus" ATPM).
Abis itu bawa semua parts ke bengkel langganan deh, keluar uang jasa bisa hanya 1/4 dari BeRes :p
Total cost di BeRes biasanya 100-200k untuk minta estimasi. Kalau ane kerajinan biasanya sebelum ekse beli parts, ane crosscek ulang ke bengkel langganan.
setuju nih, sy pengalaman mau ganti drive shaft suzuki ertiga, di bengkel umum harga nya malah lebih mahal
begitu ketemu yg lebih murah ternyata blg nya barang lelang / copotan ato sejenis nya yg ga jelas asal usul nya, sy coba pesen, begitu barang sampe ternyata buat mobil lain hahaha
akhir nya beli di bengkel resmi, lebih murah 200rb / pcs, dan pasti ori, pasti baru, pasti cocok parts nya
kenop wrote:
setuju nih, sy pengalaman mau ganti drive shaft suzuki ertiga, di bengkel umum harga nya malah lebih mahal
begitu ketemu yg lebih murah ternyata blg nya barang lelang / copotan ato sejenis nya yg ga jelas asal usul nya, sy coba pesen, begitu barang sampe ternyata buat mobil lain hahaha
akhir nya beli di bengkel resmi, lebih murah 200rb / pcs, dan pasti ori, pasti baru, pasti cocok parts nya
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
kenop wrote:
setuju nih, sy pengalaman mau ganti drive shaft suzuki ertiga, di bengkel umum harga nya malah lebih mahal
begitu ketemu yg lebih murah ternyata blg nya barang lelang / copotan ato sejenis nya yg ga jelas asal usul nya, sy coba pesen, begitu barang sampe ternyata buat mobil lain hahaha
akhir nya beli di bengkel resmi, lebih murah 200rb / pcs, dan pasti ori, pasti baru, pasti cocok parts nya
udah om, makanya balik ke beres juga kan akhir nya
awal uda cek di e-parts, kirain kan di luar bs lebih murah haha.. ada sih yg lebih murah tapi ya gitu deh
sy demen bener ini sm e-parts suzuki, mau cek ketersediaan parts via telpon pun gampang, tinggal sebut kode barang aja, ngga mungkin salah ato ketuker2 sm parts lain
saat ini...karena mobil sy masih dalam masa garansi, maka servis di beres sy tetap lakukan utk "menjaga" garansi. dan tiap kali saya ke beres sy wajib turun ke dekat mobil spy bener2 tahu apa yg dikerjain. sejak mobil masih baru sy dekati seorang SA saja scr personal plus pilih seorang mekanik yang kira-kira bagus kerjanya, pakai itu SA & mekanik tiap kali appointment ke beres, spy mrk lebih concern sama kitanya.
pengalaman seminggu kemarin ganti busi di beres, ketemunya bukan SA langganan krn lagi nggak masuk dan sy cm ada waktu di hari itu...pelayanannya SA ya beda lah, lanjut mobil dikerjain dan bukan dipegang mekanik langganan, walhasil pasang kabel koil kebalik urutannya, mesin goyang dombret, cengar-cengir dia waktu saya bilang "mas...kebalik nih urutannya!"
verry123 wrote: Wed Feb 07, 2018 0:40
pengalaman buruk di H miring cilandak
1. kuras radiator >> udah bayar jasa dll dll item radiator bla bla, taunya di isi air doang
2. ganti kampas rem depan belakang, dah ada jasa nya plus break cleaner bla bla > kalo panas bunyi tak tok tak tok
blacklist aja udah, gak layak di sebut beres
Saya kyknya pernah jg minta kuras radiator tapi ga dikerjakan tapi bukan di beres H miring. Tapi di beres H tegak
Jadi sebelumnya pake coolant warna hijau merek lain berhunung ga sesuai spek buku manual saya pengen kuras ganti ke coolant bawaan mobil warna biru
Pas sampe rumah cek tangki cadangan radiator warnanya masih kehijauan kyk coolant sebelumnya
Entah kurasnya kurang bersih atau jangan2 ga dikerjakan
Jambangan wrote: Wed Feb 07, 2018 9:44
Saya kyknya pernah jg minta kuras radiator tapi ga dikerjakan tapi bukan di beres H miring. Tapi di beres H tegak
Jadi sebelumnya pake coolant warna hijau merek lain berhunung ga sesuai spek buku manual saya pengen kuras ganti ke coolant bawaan mobil warna biru
Pas sampe rumah cek tangki cadangan radiator warnanya masih kehijauan kyk coolant sebelumnya
Entah kurasnya kurang bersih atau jangan2 ga dikerjakan
Coolant bawaan H tegak setau saya memang hijau om, CMIIW.