
Kebetulan juga sekarang pake New fortuner vrz,
yg untuk vrz ada beda lebarnya indikator timer dan casing perangkat elektroniknya
Apa yg edisi lama bisa dipake di vrz ?
Mohon informasinya
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
untuk apa ?apshwn wrote: Tue Jan 02, 2018 11:00 woah gak tau compatible atau kagak. cuman emang untuk apa pake turbo timer om di VRZ nya?
ya itu om, maksud ane turbo sekarang gak usah timer utk delay matiin mesin lagi. ane pake anps gak pake turbo timer tuh.basah wrote: Wed Jan 03, 2018 5:52untuk apa ?apshwn wrote: Tue Jan 02, 2018 11:00 woah gak tau compatible atau kagak. cuman emang untuk apa pake turbo timer om di VRZ nya?
turbo timer itu cara kerjanya mendelay arus listrik ke mesin sehingga menunda berhentinya mesin walaupun kunci kontak sdh off, tujuannya untuk menjaga sirkulasi oli ketika turbin turbo masih bekerja dan suhu masih tinggi walaupun mobil sdh berhenti.
Ada kecenderungan kita setelah sampe tujuan segera mematikan mesin dan meninggalkan mobil, bayangkan kalo kita segera mematikan mesin mobil yg otomatis menghentikan sirkulasi oli padahal turbin masih bekerja dan suhu masih tinggi ?
menurut ente gimana metal saling bergesek disuhu tinggi tanpa pelumasan, apa makin kinclong mengkilap atau gimana ?..........![]()
Nah turbo timer bisa megeliminasi kerugian yg terjadi dan kita bisa tetap bisa melakukan kebiasaan kita segera meninggalkan mobil.
Normatifnya kayak gitu............nah kalo ente bisa beropini compatible atau kagak berarti harusnya tau donk soal turbo timer, jadi apa ente punya informasi yg jelas kalo turbo vrz gak perlu turbo timer sampe nanya "untuk apa" ?
Share kalo ada info ya.
Nah itu..................ente sdh jawab sendiri, untuk pemakaian dalam kota model jakarta hampir gak relevan memang malah bikin boros kalo lupa setel waktu.apshwn wrote: Wed Jan 03, 2018 6:39ya itu om, maksud ane turbo sekarang gak usah timer utk delay matiin mesin lagi. ane pake anps gak pake turbo timer tuh.basah wrote: Wed Jan 03, 2018 5:52untuk apa ?apshwn wrote: Tue Jan 02, 2018 11:00 woah gak tau compatible atau kagak. cuman emang untuk apa pake turbo timer om di VRZ nya?
turbo timer itu cara kerjanya mendelay arus listrik ke mesin sehingga menunda berhentinya mesin walaupun kunci kontak sdh off, tujuannya untuk menjaga sirkulasi oli ketika turbin turbo masih bekerja dan suhu masih tinggi walaupun mobil sdh berhenti.
Ada kecenderungan kita setelah sampe tujuan segera mematikan mesin dan meninggalkan mobil, bayangkan kalo kita segera mematikan mesin mobil yg otomatis menghentikan sirkulasi oli padahal turbin masih bekerja dan suhu masih tinggi ?
menurut ente gimana metal saling bergesek disuhu tinggi tanpa pelumasan, apa makin kinclong mengkilap atau gimana ?..........![]()
Nah turbo timer bisa megeliminasi kerugian yg terjadi dan kita bisa tetap bisa melakukan kebiasaan kita segera meninggalkan mobil.
Normatifnya kayak gitu............nah kalo ente bisa beropini compatible atau kagak berarti harusnya tau donk soal turbo timer, jadi apa ente punya informasi yg jelas kalo turbo vrz gak perlu turbo timer sampe nanya "untuk apa" ?
Share kalo ada info ya.
apalagi pas masuk kompleks rumah, tuh turbo udah cooling juga.
yadah kalo gitu pake aja om. monggo.basah wrote: Wed Jan 03, 2018 9:21Nah itu..................ente sdh jawab sendiri, untuk pemakaian dalam kota model jakarta hampir gak relevan memang malah bikin boros kalo lupa setel waktu.apshwn wrote: Wed Jan 03, 2018 6:39ya itu om, maksud ane turbo sekarang gak usah timer utk delay matiin mesin lagi. ane pake anps gak pake turbo timer tuh.basah wrote: Wed Jan 03, 2018 5:52
untuk apa ?
turbo timer itu cara kerjanya mendelay arus listrik ke mesin sehingga menunda berhentinya mesin walaupun kunci kontak sdh off, tujuannya untuk menjaga sirkulasi oli ketika turbin turbo masih bekerja dan suhu masih tinggi walaupun mobil sdh berhenti.
Ada kecenderungan kita setelah sampe tujuan segera mematikan mesin dan meninggalkan mobil, bayangkan kalo kita segera mematikan mesin mobil yg otomatis menghentikan sirkulasi oli padahal turbin masih bekerja dan suhu masih tinggi ?
menurut ente gimana metal saling bergesek disuhu tinggi tanpa pelumasan, apa makin kinclong mengkilap atau gimana ?..........![]()
Nah turbo timer bisa megeliminasi kerugian yg terjadi dan kita bisa tetap bisa melakukan kebiasaan kita segera meninggalkan mobil.
Normatifnya kayak gitu............nah kalo ente bisa beropini compatible atau kagak berarti harusnya tau donk soal turbo timer, jadi apa ente punya informasi yg jelas kalo turbo vrz gak perlu turbo timer sampe nanya "untuk apa" ?
Share kalo ada info ya.
apalagi pas masuk kompleks rumah, tuh turbo udah cooling juga.
Selain banyak stop and go, kalaupun dibejek abis-abisan ditol maka jarak dan waktu dari keluar tol untuk sampe kerumah atau ketujuan yg banyak ketemu stop and go sdh cukup untuk mendinginkan suhu dan menghentikan putaran turbin..............kecuali ente bikin rumah ditol........![]()
Tapi penggunaan mobil khan gak selalu dalam kota, bisa aja dipake keluar kota, via tol, istirahat di rest area atau kalo di jalan arteri abis kerja berat di tanjakan salatiga atau geber-geberan di alas roban atau ungaran khan enak tuh buat jajal turbo...............nah kalo gini berani langsung matiin mesin ?................i don't think so..........too risky.
Bkin susah kalo harus nungguin di mobil 3 atau 5 menit sebelum matiin mesin hanya untuk mampir ngopi setelah geber-geberan.
Ndak perlu dan tidak rusak om.liemivan86 wrote:Kalo menurut saya, memang secara teori, mesin diesel sekarang tidak perlu turbo timer lagi, apalagi kalo menggunakan oli yang bagus, tapi kalo pakai turbo timer juga sebenarnya rugi nya apa sih?
Saya sih lebih baik keluar 1 jt, beli turbo timer, walaupun sebenarnya tidak perlu, daripada keluar 30 jt untuk ganti turbo baru seandainya turbo sampai rusak.
Siap om. Disesuaikan dengan kepercayaan masing-masing saja. Kalo memang merasa perlu, ya silahkan beli. Tidak perlu ya tidak usa beli.jemmyt wrote: Ndak perlu dan tidak rusak om.
di forum tetangga yg ane ikutin sih pada gak pasang om.bfront wrote: Fri Jan 05, 2018 6:22 sedikit oot. ada yang pasang turbo timer di ANPS?
baca di forum sebelah, ada yang pasang turbo timer malah lampu CE nyala.
Maybe yg bikin galau om ts karena mmg ada bawaan cacat turbo 2gd and kbneran punya turbo timer shg smoga ga cacat bawaan nya tidak makin parah (?). Toh mmg blm ad solusi yg pasti akan cacat bawaan transmisi and turbo 2GDliemivan86 wrote: Thu Jan 04, 2018 15:39 Kalo menurut saya, memang secara teori, mesin diesel sekarang tidak perlu turbo timer lagi, apalagi kalo menggunakan oli yang bagus, tapi kalo pakai turbo timer juga sebenarnya rugi nya apa sih?
Saya sih lebih baik keluar 1 jt, beli turbo timer, walaupun sebenarnya tidak perlu, daripada keluar 30 jt untuk ganti turbo baru seandainya turbo sampai rusak.
Nah ini variable penting, makanya pertanyaannya apakah turbo timer untuk fortuner generasi awal bisa dipake di fortuner vrz ?bfront wrote: Fri Jan 05, 2018 6:22 sedikit oot. ada yang pasang turbo timer di ANPS?
baca di forum sebelah, ada yang pasang turbo timer malah lampu CE nyala.
monggo kalo ente yakin om, apa ada statement resmi dari toyota ? Kalo ada statement resmi dari toyota bisa dibedah status kondisional statement itu. Kalo untuk kondisi dalam kota kayak jakarta yg turbo kadang jarang fitnes, memang gak perlu turbo timer. Tapi kalo turbo rajin fitnes ya ritual mesin tidak langsung mati itu menu wajib om.jemmyt wrote: Ndak perlu dan tidak rusak om.
Turbo timer itu sebenarnya untuk permudah driver untuk perilaku yg dibold itu om.liemivan86 wrote: Fri Jan 05, 2018 4:42 Siap om. Disesuaikan dengan kepercayaan masing-masing saja. Kalo memang merasa perlu, ya silahkan beli. Tidak perlu ya tidak usa beli.
Saya sih cuma mengikuti buku manual pajero sport exceed yang dulu, inti nya "diam kan mobil beberapa saat dalam keadaan idle setelah turbo bekerja keras". Paling tidak, itu di pajero sport saya dulu sih..
Btw, nda ada yang jawab TS nya ya, malah dibahas perlu tidak nya turbo timer.
gak cocok om ama namanya, masa penikmat_kopi malah minum es cendolPenikmat_Kopi wrote: Fri Jan 05, 2018 11:22 Habis kerja keras selonjoran dulu sambil minum es cendol
mantap djiwa...ginting wrote: Tue Jan 09, 2018 5:44 kalau menurut saya sih turbo timer itu nice to have saja.
kalau tidak pun, asal jangan intentionally abused mesin diesel zaman now masih mampu koq.
saya sendiri tidak pasang tyrbo timer di mux saya krn saya tertib menjaga agar mesin dimatikan sesudah sekian detik idle.
juga kondisi rumah saya dimana sejak gerbang ke rmh jalannya banyak poldur jadinya asal gelinding ajah.
antara 2 nih gendangnya :b8099ok wrote: Tue Jan 09, 2018 6:17 Jd gmn TS? Uda dipasang blm????? Hasil?? Pluk en crot gak? Pencetannya fit gak di bolongan dash? Looks oem??