Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Tadi dapatnya di 1700-1800rpm om , tapi bukan pas cruising ya pad akselerasi..di video youtube nya pas 80km/h juga di 1500rpm, kayaknya saya juga d gear ratio yang ini..oiya mesinya beda sama yg video, di video 184hp kode n, yg punya saya 191hp kode b, gak tau pengaruh atau ngga
Mungkin karena pas jalan 80 nya pakai gigi 7 nya lalu pas jalan 100 pakai gigi 8 nya jadi rpm nya sama2 di 1500 haha.
Kalau gearbox nya masih pakai gear ratio sama sih seharusnya tdk pengaruh...
atau mungkin pas om liat waktu akselerasi jadi torque converter nya belum benar2 fully lockup. Coba jalanin anteng di 100 km/h pasti bisa lebih rendah rpm nya.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Tadi dapatnya di 1700-1800rpm om , tapi bukan pas cruising ya pad akselerasi..di video youtube nya pas 80km/h juga di 1500rpm, kayaknya saya juga d gear ratio yang ini..oiya mesinya beda sama yg video, di video 184hp kode n, yg punya saya 191hp kode b, gak tau pengaruh atau ngga
Mungkin karena pas jalan 80 nya pakai gigi 7 nya lalu pas jalan 100 pakai gigi 8 nya jadi rpm nya sama2 di 1500 haha.
Kalau gearbox nya masih pakai gear ratio sama sih seharusnya tdk pengaruh...
atau mungkin pas om liat waktu akselerasi jadi torque converter nya belum benar2 fully lockup. Coba jalanin anteng di 100 km/h pasti bisa lebih rendah rpm nya.
Nah iya Om , make sense beda gear kayaknya .. n satu lagi beda seri transmisi f30 pre lci pake 8hp45, setelah lci pake 8hp50, jadi kemungkinan beda gear ratio
greyrevolver wrote:
Nah iya Om , make sense beda gear kayaknya .. n satu lagi beda seri transmisi f30 pre lci pake 8hp45, setelah lci pake 8hp50, jadi kemungkinan beda gear ratio
Yup ternyata memang beda. Yg zf80hp ratio nya bisa bikin rpm lebih rendah
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
POS VETT wrote: Sat Jan 06, 2018 11:45
Karena speedometer biasanya kurang akurat, kecepatan kalau bisa diukur dengan GPS. Tachometer biasanya cukup akurat.
Nah itu dia lebih jarang yang perhatikan. Karena ga semua orang buka aplikasi juga. Saya pernah bandingkan speedometer Peugeot dengan Android GPS, 40kpj speedometer sekitar 37 di GPS begitu 100kpj di GPS Androis sekitar 95kpj, Pernah 170kpj di speedo di GPS cuma 153kpj jadi makin kencang makin besar bedanya.
BTW mana neh data Corvet nya?
Untuk Corvettes sbb:
1985 Z51, Doug Nash 4+3 (4-sp MT with 2-sp AT), final 3.07 - 1673 rpm
2002 & 2003 Z06, 6-sp MT, final 3.42 - 1529 rpm
2008 Z06, 6-sp MT, final 3.42 - 1334 rpm
Fakta menarik - kecepatan 100kpj di 2008 Z06 bisa dicapai di gigi satu dan 7000 rpm (redline).
Data diambil dari internet dan nilai engine speed dihitung dengan asumsi diameter ban 26 inci (1985), 26,3 inci (2002 & 2003), dan 26,7 inci (2008).
Kalau untuk pikap2 GM full-size (Chevrolet Silverado dan GMC Sierra 1500) yang half-ton model tahun 2014-2018 sbb:
* Untuk 5.3l V8, 6-sp AT, final 3.42 - 1492 rpm
* Untuk 5.3l V8, 8-sp AT, final 3.42 - 1442 rpm
* Untuk 6.2l V8, 8-sp AT, final 3.23 - 1367 rpm
Datanya diambil dari internet dan nilai engine speed dihitung dengan asumsi diameter ban 32 inci (275/55/20) dan tidak ada selip di transmisi (torque converter lock up).
Bisa detail gitu Rpm-nya, diukur pakai apa Om? Apa iya tacho bawaan GM sedetail itu?
Btw keren juga ya gigi 1 bisa 100, berarti rasio agak berat mungkin ya..
Saya pernah nyoba redline mobil saya di gigi 1 sekitar 6500 cuma 50-60kpj dan cuma 2000cc juga.
Nah itu dia lebih jarang yang perhatikan. Karena ga semua orang buka aplikasi juga. Saya pernah bandingkan speedometer Peugeot dengan Android GPS, 40kpj speedometer sekitar 37 di GPS begitu 100kpj di GPS Androis sekitar 95kpj, Pernah 170kpj di speedo di GPS cuma 153kpj jadi makin kencang makin besar bedanya.
BTW mana neh data Corvet nya?
Untuk Corvettes sbb:
1985 Z51, Doug Nash 4+3 (4-sp MT with 2-sp AT), final 3.07 - 1673 rpm
2002 & 2003 Z06, 6-sp MT, final 3.42 - 1529 rpm
2008 Z06, 6-sp MT, final 3.42 - 1334 rpm
Fakta menarik - kecepatan 100kpj di 2008 Z06 bisa dicapai di gigi satu dan 7000 rpm (redline).
Data diambil dari internet dan nilai engine speed dihitung dengan asumsi diameter ban 26 inci (1985), 26,3 inci (2002 & 2003), dan 26,7 inci (2008).
Kalau untuk pikap2 GM full-size (Chevrolet Silverado dan GMC Sierra 1500) yang half-ton model tahun 2014-2018 sbb:
* Untuk 5.3l V8, 6-sp AT, final 3.42 - 1492 rpm
* Untuk 5.3l V8, 8-sp AT, final 3.42 - 1442 rpm
* Untuk 6.2l V8, 8-sp AT, final 3.23 - 1367 rpm
Datanya diambil dari internet dan nilai engine speed dihitung dengan asumsi diameter ban 32 inci (275/55/20) dan tidak ada selip di transmisi (torque converter lock up).
Bisa detail gitu Rpm-nya, diukur pakai apa Om? Apa iya tacho bawaan GM sedetail itu?
Btw keren juga ya gigi 1 bisa 100, berarti rasio agak berat mungkin ya..
Saya pernah nyoba redline mobil saya di gigi 1 sekitar 6500 cuma 50-60kpj dan cuma 2000cc juga.
Semua hasilnya dihitung dari data yang ada; ada rumusnya untuk cari putaran mesin (rpm) dari rasio gigi persneling, rasio gigi differensial, diameter ban (meter), dan kecepatan mobil (kpj). Kalau dilihat di tachometer, amannya dibulatkan ke 100 rpm ke atas, contohnya: 1442 rpm --> 1500 rpm dan 1529 rpm --> 1600 rpm.
Corvette C6 Z06 memang begitu karena mesinnya sangat besar, 7000cc V8 (kode LS7) yang outputnya 505 hp (di 7000 rpm) dan 475 ft-lbs (644 Nm).
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
Ikutan gerobak dirumah:
Honda Mobilio S 2016 - L15Z 1500cc - 5MT - kurang lebih di 3200-3300 rpm - BBM Pertamax - Suhu AC mentok paling atas+Kipas level 1 - Penumpang 2 orang (driver+bini).
Daihatsu Xenia Xi 2011 - K3VE 1300cc VVTi - 5MT - kalo ga salah inget di 3700-3800 rpm - BBM Pertalite
Pug 407 2.0 4at 100kpj @2600
rpm tertinggi dr mbl AT yg pernah d pake...malu sm model nya yg agresip n gaerah makin kendor liat torehan rpm ahond yg rendah"
2014 Nissan Grand Livina 1500 CC RPM Range 1700 - 1800
Just want share
MYTH: You have to drive a small car to get good fuel economy.
FACT: Advanced technologies like hybrid drivetrains, diesel engines, direct fuel injection, turbocharging, advanced transmissions, low rolling resistance tires and aerodynamic designs are allowing standard-sized vehicles to be very fuel efficient. For the 2018 model year, more than half of the top ten most efficient vehicles (the list that excludes EVs and PHEVs) are midsized or large cars.
2. MYTH: Manual transmissions always get better fuel economy than automatics.
FACT: Advances in automatic transmissions have improved their efficiency to the point that the automatic version of a vehicle often gets the same or better fuel economy than the version with a manual transmission. For vehicles offered in both automatic and manual transmissions.
POS VETT wrote: Sun Jan 07, 2018 13:02
Untuk Corvettes sbb:
1985 Z51, Doug Nash 4+3 (4-sp MT with 2-sp AT), final 3.07 - 1673 rpm
2002 & 2003 Z06, 6-sp MT, final 3.42 - 1529 rpm
2008 Z06, 6-sp MT, final 3.42 - 1334 rpm
Fakta menarik - kecepatan 100kpj di 2008 Z06 bisa dicapai di gigi satu dan 7000 rpm (redline).
Data diambil dari internet dan nilai engine speed dihitung dengan asumsi diameter ban 26 inci (1985), 26,3 inci (2002 & 2003), dan 26,7 inci (2008).
Kalau untuk pikap2 GM full-size (Chevrolet Silverado dan GMC Sierra 1500) yang half-ton model tahun 2014-2018 sbb:
* Untuk 5.3l V8, 6-sp AT, final 3.42 - 1492 rpm
* Untuk 5.3l V8, 8-sp AT, final 3.42 - 1442 rpm
* Untuk 6.2l V8, 8-sp AT, final 3.23 - 1367 rpm
Datanya diambil dari internet dan nilai engine speed dihitung dengan asumsi diameter ban 32 inci (275/55/20) dan tidak ada selip di transmisi (torque converter lock up).
Sebenernya ga heran si corvette bisa nyentuh 100 km/h di gigi 1
Jadi inget dulu jeremy clarkson pernah iseng pake corvette (lupa yg mana, zr1 kali ya) cobain start dari berhenti pake gigi 5/6
Saking gede torsi bawahnya bisa start dgn mudah sampe redline ahahaha
Sori sedikit oot, jadi inget dulu saya dikasih pinjem cbr1000rr 2014 sama temen saya
Pake gigi 1 bisa sampe 140 km/h, mungkin bisa lebih tp ga berani
Uniknya pake gigi 6 di 100 km/h putaran mesinnya agak tinggi, kira2 3500-4000an rpm
POS VETT wrote: Sun Jan 07, 2018 13:02
Untuk Corvettes sbb:
1985 Z51, Doug Nash 4+3 (4-sp MT with 2-sp AT), final 3.07 - 1673 rpm
2002 & 2003 Z06, 6-sp MT, final 3.42 - 1529 rpm
2008 Z06, 6-sp MT, final 3.42 - 1334 rpm
Fakta menarik - kecepatan 100kpj di 2008 Z06 bisa dicapai di gigi satu dan 7000 rpm (redline).
Data diambil dari internet dan nilai engine speed dihitung dengan asumsi diameter ban 26 inci (1985), 26,3 inci (2002 & 2003), dan 26,7 inci (2008).
Kalau untuk pikap2 GM full-size (Chevrolet Silverado dan GMC Sierra 1500) yang half-ton model tahun 2014-2018 sbb:
* Untuk 5.3l V8, 6-sp AT, final 3.42 - 1492 rpm
* Untuk 5.3l V8, 8-sp AT, final 3.42 - 1442 rpm
* Untuk 6.2l V8, 8-sp AT, final 3.23 - 1367 rpm
Datanya diambil dari internet dan nilai engine speed dihitung dengan asumsi diameter ban 32 inci (275/55/20) dan tidak ada selip di transmisi (torque converter lock up).
Sebenernya ga heran si corvette bisa nyentuh 100 km/h di gigi 1
Jadi inget dulu jeremy clarkson pernah iseng pake corvette (lupa yg mana, zr1 kali ya) cobain start dari berhenti pake gigi 5/6
Saking gede torsi bawahnya bisa start dgn mudah sampe redline ahahaha
Sori sedikit oot, jadi inget dulu saya dikasih pinjem cbr1000rr 2014 sama temen saya
Pake gigi 1 bisa sampe 140 km/h, mungkin bisa lebih tp ga berani
Uniknya pake gigi 6 di 100 km/h putaran mesinnya agak tinggi, kira2 3500-4000an rpm
0-150 mph in one gear, 5th. Mobilnya Corvette C6 Z06. Sebenarnya di gigi 5, mobilnya bisa sampai ke top speed, 198 mph, tapi dia kehabisan jalan karena diadakan di runway.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"