Pengin punya roda 4
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Tue Jan 02, 2018 0:51
- Location: Jakarta
Pengin punya roda 4
Hi semuanya
Kalo saya pengin punya mobil budget 100 jutaan lebih baik beli mobil baru macem agya ayla brio atau beli ertiga jazz second ya.
Kalo beli mobil matic tapi second resikonya apa? Karena kalau di motor matic jelas roller dan belt nya pada aus dan konsumsi bbm nya makin boros seiring bertambahnya umur motor.
Ini dulu aja pertanyaannya.. Maaf newbi
Kalo saya pengin punya mobil budget 100 jutaan lebih baik beli mobil baru macem agya ayla brio atau beli ertiga jazz second ya.
Kalo beli mobil matic tapi second resikonya apa? Karena kalau di motor matic jelas roller dan belt nya pada aus dan konsumsi bbm nya makin boros seiring bertambahnya umur motor.
Ini dulu aja pertanyaannya.. Maaf newbi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Pengin punya roda 4
Beli baru aja... less worry
Kalo budget nyampe sih brio satya / ignis oke lah buat mobil pertama

Kalo budget nyampe sih brio satya / ignis oke lah buat mobil pertama
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Sat Nov 17, 2012 1:47
Re: Pengin punya roda 4
sdh lancar nyetir? saran saya beli aja manual dan baru...kalau ngerti mesin bolehlah ambil sijuki r3 second usia max 2 thn jadi masih bisa klaim garansi? jangan modif2 biarkan saja standard semua...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Pengin punya roda 4
Kalau ga perduli qualitas ya beli baru saja, kalau mau yang lebih baik kualitasnya ya beli bekas, bawa orang yang paham mobil luar dalam biar dapat unit yang sehat. Ertiga Ok, atau mau yang lebih miring harganya Grand Livina..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 538
- Joined: Sun May 03, 2015 0:48
Re: Pengin punya roda 4
Ambil saja agya atau wagon r second, disekitar 80 jutaan, masih sehat mobilnya, cocok untuk mobil pertama dengan budget segitu
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Tue Jan 02, 2018 3:20
- Location: Sidoarjo
- Daily Vehicle: AllNewTeriosRMTDeluxe
Re: Pengin punya roda 4

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: Pengin punya roda 4
100 juta ga dapet semua itu ertiga & jazz ge.. kalopun ada ancur semua kondisinya.. minimal range 140jutaan baru dapet unit bagus.. itupun masih harus perbaikan sana sini..
Baru pindah dr motor? LCGC udah berasa surga bgt.. kecuali dulunya user biem / mercy LCGC langsung berasa neraka jahanam..
Dulu th 2006, mobil pertama saya aerio.. itu baru move on dr motor udah berasa bumi langit di banding supra x ..
Baru pindah dr motor? LCGC udah berasa surga bgt.. kecuali dulunya user biem / mercy LCGC langsung berasa neraka jahanam..
Dulu th 2006, mobil pertama saya aerio.. itu baru move on dr motor udah berasa bumi langit di banding supra x ..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1624
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: Pengin punya roda 4
mending beli mobkas tahun muda usia maks 2th dan odo maks 25rb biasanya masih sgt enak dan less problem
kalau 100jtan nya ada ke angka150jt bisa dpt ertiga gl at 2017 yg seharga agya / brio baru
kalau 100jt kecil misal 120an mending sirion /mirage second yg tahun muda jg
kalau 100jtan nya ada ke angka150jt bisa dpt ertiga gl at 2017 yg seharga agya / brio baru
kalau 100jt kecil misal 120an mending sirion /mirage second yg tahun muda jg
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Pengin punya roda 4
1. sudah mahir mengemudikan mobil di jalanan dan paham benar arti rambu-rambu lalin?
2. sudah siap mental?
3. sudah siap keuangan?
saya yakin anda sanggup membeli unit kendaraan baru, tapi apakah anda sanggup dengan biaya operasionalnya? semisal oli mesin saja yang paling wajip dan rutin diganti. mobil boleh saja murah, tapi mobil jaman sekarang tidak bisa pakai oli sembarangan. plus bahan bakar, tidak ada mobil jaman sekarang yang disarankan pakai oktan 88 dari pabriknya, semua wajip oktan tinggi. sanggup?
belum lagi perawatan lainnya semisal harus tune up, penggantian spare parts dan sebagainya.
punya mobil itu menguras isi dompet lho....
2. sudah siap mental?
3. sudah siap keuangan?
saya yakin anda sanggup membeli unit kendaraan baru, tapi apakah anda sanggup dengan biaya operasionalnya? semisal oli mesin saja yang paling wajip dan rutin diganti. mobil boleh saja murah, tapi mobil jaman sekarang tidak bisa pakai oli sembarangan. plus bahan bakar, tidak ada mobil jaman sekarang yang disarankan pakai oktan 88 dari pabriknya, semua wajip oktan tinggi. sanggup?
belum lagi perawatan lainnya semisal harus tune up, penggantian spare parts dan sebagainya.
punya mobil itu menguras isi dompet lho....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Pengin punya roda 4
bener banget ini, sisanya untuk simpenan perawatan & operasional biar ga terlalu kaget.keong wrote: Wed Jan 03, 2018 4:01 Ambil saja agya atau wagon r second, disekitar 80 jutaan, masih sehat mobilnya, cocok untuk mobil pertama dengan budget segitu
tapi cari byang kondisinya bagus ya, soalnya saya lihat LCGC ini gampang ancur

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
- Location: CID +6221
- Daily Vehicle: Kawa EX650E
Re: Pengin punya roda 4
keyword judul tritnya... "Pengin"
nah, bener banget kata om marmut... pengin doang tapi kalo ga berfaedah buat apa?
kalo emang udah ngerasa sanggup piara mobil tanpa ngap-ngap... go ahead.
bakal sering dipake ato dipake nguber? kalo iya beli baru. yang murah aja...
nyicil boleh, yang penting balik modal.
tapi kalo jarang pake, budget 100 ya udah beli seken aja. hunting sabar barengan temen yg ngerti mobil.
jangan nyicil. sekali lagi, jangan nyicil. rugi banyak.
nah, bener banget kata om marmut... pengin doang tapi kalo ga berfaedah buat apa?
kalo emang udah ngerasa sanggup piara mobil tanpa ngap-ngap... go ahead.
bakal sering dipake ato dipake nguber? kalo iya beli baru. yang murah aja...
nyicil boleh, yang penting balik modal.
tapi kalo jarang pake, budget 100 ya udah beli seken aja. hunting sabar barengan temen yg ngerti mobil.
jangan nyicil. sekali lagi, jangan nyicil. rugi banyak.
The Government wants Power! They rob it from our engines.
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Tue Jan 02, 2018 0:51
- Location: Jakarta
Re: Pengin punya roda 4
Ya satu2 saran2nya saya pelajari. Sangat berguna..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Pengin punya roda 4
Kalau buat mobil pertama mending ambil LCGC baru aja, worry free & peace of mind, tapi kalau budget ngepas yaa mending beli lcgc seken aja, lumayan dapet yang tahunnya ga terlalu tua kaya agya ayla , karimun wagon R / Datgo seken
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Sat May 06, 2017 11:04
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: XV40
Re: Pengin punya roda 4
Kalau baru mau punya mobil, beli baru saja, pakai selama masa warranty tidak usah khawatir.
Kalau memang terpaksa budget cuma cukup beli bekas usahakan yg masih dalam masa warranty kalau bisa.
Jaman sekarang beli mobil bekas belanja perbaikannya itu pure cuma buang waktu dan uang. Kecuali mobil untuk koleksi/mainan tidak dipakai harian.
Kalau memang terpaksa budget cuma cukup beli bekas usahakan yg masih dalam masa warranty kalau bisa.
Jaman sekarang beli mobil bekas belanja perbaikannya itu pure cuma buang waktu dan uang. Kecuali mobil untuk koleksi/mainan tidak dipakai harian.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed May 11, 2016 8:40
Re: Pengin punya roda 4
beli baru aja deh kalau pertama kali punya mobil. 90 buat DP, 10 juta buat ganti kaca film dan perintilan kecil. Kalau masih single atau belum nikah ambil brio sotong. Kalau udah ramean ambil Calya/Sigra. Gapapa nyicil asal maksimal 2 taun biar ga rugi amat sama bunga
kalau mau seken saya saranin ambil Avanza tipe S. 90 juta buat beli mobilnya, sisanya buat BBN dan perbaikan kecil. Kalau udah bosen, jual deh ganti yang lebih nyaman.
Grand Livina juga boleh, tapi cari yang harganya 85an. 10 juta buat perbaikan (terutama kaki-kaki biasanya udah pada glodakan) dan sisanya buat BBN dan balik nama.
Ertiga sama Jazz harga segitu barangnya busuk. Kecuali mau nyicil tapi....JANGAN BELI BEKAS NYICIL. Rugi di bunga. Banget
kalau mau seken saya saranin ambil Avanza tipe S. 90 juta buat beli mobilnya, sisanya buat BBN dan perbaikan kecil. Kalau udah bosen, jual deh ganti yang lebih nyaman.
Grand Livina juga boleh, tapi cari yang harganya 85an. 10 juta buat perbaikan (terutama kaki-kaki biasanya udah pada glodakan) dan sisanya buat BBN dan balik nama.
Ertiga sama Jazz harga segitu barangnya busuk. Kecuali mau nyicil tapi....JANGAN BELI BEKAS NYICIL. Rugi di bunga. Banget
-
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Mon Jan 01, 2018 7:21
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: D4D
Re: Pengin punya roda 4
Ambil yang agan suka.
Cuma.cari info sebanyak banyaknya twntang mobil incaran agan.
Kalo emnag pengwn beli baru, pilihannya emang mengerucut ke LGCC macam agya.ayla.calya.sigra.brio satya.ignis danwagon.
Kalo bekas, bisa ambil avanza
Cuma.cari info sebanyak banyaknya twntang mobil incaran agan.
Kalo emnag pengwn beli baru, pilihannya emang mengerucut ke LGCC macam agya.ayla.calya.sigra.brio satya.ignis danwagon.
Kalo bekas, bisa ambil avanza
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 707
- Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49
Re: Pengin punya roda 4
Klo buat user yg ga ngerti banget soal mobil, beli baru lebih disarankan sih. Apalagi nantinya buat mobil tempur (kerja tiap hari), pasti butuh yg selalu fit. 1-2th pertama jg ga jajan aneh2.
Klo beruntung, nemu mobil dgn status baru dr dealer tapi tahun dah lewat (2017), nah kayak gini biasanya diskonnya gede.. Sisa duit bisa buat yg laen.
Klo beruntung, nemu mobil dgn status baru dr dealer tapi tahun dah lewat (2017), nah kayak gini biasanya diskonnya gede.. Sisa duit bisa buat yg laen.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 559
- Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04
Re: Pengin punya roda 4
Nubie jawab poin no2 saja soal transmisi matic, krn yg no1 sdh diwakili rekan2 SM lainnya.
Resiko mobil matic 2nd lbh ke faktor pemakaian user sebelumnya yg kita tdk tahu cara pakai & perawatannya.
Contoh simple mobil matic di lampu merah tdk disarankan posisi D terlalu lama, jg u/ pindah shifter P-R-D mobil matic hrs total 100% berhenti baru pindah tuas, ini semua berpengaruh pd keawetan transmisi, blm lagi tap per 20k & kuras per 40k jg oli matic yg digunakan.
Nubie sendiri pakai unit yg matic 2nd tp dapat yg benar2 fresh setelah hunting yg kesekian kali, beberapa ada yg getar & nyentak, jd kl mo cari matic 2nd hrs extra sabar, teliti & semoga ga dapet lemon.
Biaya penggantian matic ( overhaul ) gak murah, silahkan di cek sendiri, sedikit gambaran nubie pernah tanya di BeRes biaya overhaul matic kurleb di bwh 20jt, inden sparepart semingguan pengerjaan 1/2 hari.
Resiko mobil matic 2nd lbh ke faktor pemakaian user sebelumnya yg kita tdk tahu cara pakai & perawatannya.
Contoh simple mobil matic di lampu merah tdk disarankan posisi D terlalu lama, jg u/ pindah shifter P-R-D mobil matic hrs total 100% berhenti baru pindah tuas, ini semua berpengaruh pd keawetan transmisi, blm lagi tap per 20k & kuras per 40k jg oli matic yg digunakan.
Nubie sendiri pakai unit yg matic 2nd tp dapat yg benar2 fresh setelah hunting yg kesekian kali, beberapa ada yg getar & nyentak, jd kl mo cari matic 2nd hrs extra sabar, teliti & semoga ga dapet lemon.
Biaya penggantian matic ( overhaul ) gak murah, silahkan di cek sendiri, sedikit gambaran nubie pernah tanya di BeRes biaya overhaul matic kurleb di bwh 20jt, inden sparepart semingguan pengerjaan 1/2 hari.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Pengin punya roda 4
Naahhh ... ini saya sangat setuju.setsuka09 wrote: Thu Jan 04, 2018 1:08 Nubie jawab poin no2 saja soal transmisi matic, krn yg no1 sdh diwakili rekan2 SM lainnya.
Resiko mobil matic 2nd lbh ke faktor pemakaian user sebelumnya yg kita tdk tahu cara pakai & perawatannya.
Contoh simple mobil matic di lampu merah tdk disarankan posisi D terlalu lama, jg u/ pindah shifter P-R-D mobil matic hrs total 100% berhenti baru pindah tuas, ini semua berpengaruh pd keawetan transmisi, blm lagi tap per 20k & kuras per 40k jg oli matic yg digunakan.
Nubie sendiri pakai unit yg matic 2nd tp dapat yg benar2 fresh setelah hunting yg kesekian kali, beberapa ada yg getar & nyentak, jd kl mo cari matic 2nd hrs extra sabar, teliti & semoga ga dapet lemon.
Biaya penggantian matic ( overhaul ) gak murah, silahkan di cek sendiri, sedikit gambaran nubie pernah tanya di BeRes biaya overhaul matic kurleb di bwh 20jt, inden sparepart semingguan pengerjaan 1/2 hari.
Kalau mobil pertama usahakan jangan matic karena bom waktu berjalan.
Saran saya jangan beli mobil LCGC, handlingnya acak-kadut dgn kualitas material seadanya
Dengan duit 100 juta bisa dapat Jazz GD3 i-DSI ambil yang manual tahun awal (2005) ; irit, perawatan mudah, spareparts murah dan banyak
Tapi budget segitu hanya dapat unit bekas belum bisa cover untuk biaya perbaikan
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Pengin punya roda 4
Betul, banyak orang kaget pindah dari miara motor ke mobil even LCGC sekalipun...marmut wrote: Wed Jan 03, 2018 6:31 1. sudah mahir mengemudikan mobil di jalanan dan paham benar arti rambu-rambu lalin?
2. sudah siap mental?
3. sudah siap keuangan?
saya yakin anda sanggup membeli unit kendaraan baru, tapi apakah anda sanggup dengan biaya operasionalnya? semisal oli mesin saja yang paling wajip dan rutin diganti. mobil boleh saja murah, tapi mobil jaman sekarang tidak bisa pakai oli sembarangan. plus bahan bakar, tidak ada mobil jaman sekarang yang disarankan pakai oktan 88 dari pabriknya, semua wajip oktan tinggi. sanggup?
belum lagi perawatan lainnya semisal harus tune up, penggantian spare parts dan sebagainya.
punya mobil itu menguras isi dompet lho....
Mobil klo apa-apa servis habis ga cuma duit ratusan ribu macem motor loh... jutaan bisa...
klo blom pernah miara mobil mending beli Ayla bekas aja deh dapet tuh 100jt...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 559
- Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04
Re: Pengin punya roda 4
Nah ini masuk kategori, jazz MT 2005 cek di 0lx pasaran masuk di 83-85 jt, tinggal up to TS apakah ingin yg worry free ( ambil mobil baru), atau sekalian belajar repair2 & hunting sparepart, krn 12 tahun penyusutan slow moving parts pasti ada, sisa budget cukup u/ restorasi jg ada pegangan u/ jaga2 darurat.Or4cle wrote:Naahhh ... ini saya sangat setuju.setsuka09 wrote: Thu Jan 04, 2018 1:08 Nubie jawab poin no2 saja soal transmisi matic, krn yg no1 sdh diwakili rekan2 SM lainnya.
Resiko mobil matic 2nd lbh ke faktor pemakaian user sebelumnya yg kita tdk tahu cara pakai & perawatannya.
Contoh simple mobil matic di lampu merah tdk disarankan posisi D terlalu lama, jg u/ pindah shifter P-R-D mobil matic hrs total 100% berhenti baru pindah tuas, ini semua berpengaruh pd keawetan transmisi, blm lagi tap per 20k & kuras per 40k jg oli matic yg digunakan.
Nubie sendiri pakai unit yg matic 2nd tp dapat yg benar2 fresh setelah hunting yg kesekian kali, beberapa ada yg getar & nyentak, jd kl mo cari matic 2nd hrs extra sabar, teliti & semoga ga dapet lemon.
Biaya penggantian matic ( overhaul ) gak murah, silahkan di cek sendiri, sedikit gambaran nubie pernah tanya di BeRes biaya overhaul matic kurleb di bwh 20jt, inden sparepart semingguan pengerjaan 1/2 hari.
Kalau mobil pertama usahakan jangan matic karena bom waktu berjalan.
Saran saya jangan beli mobil LCGC, handlingnya acak-kadut dgn kualitas material seadanya
Dengan duit 100 juta bisa dapat Jazz GD3 i-DSI ambil yang manual tahun awal (2005) ; irit, perawatan mudah, spareparts murah dan banyak
Tapi budget segitu hanya dapat unit bekas belum bisa cover untuk biaya perbaikan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 559
- Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04
Re: Pengin punya roda 4
Nah bahasan soal no 1 & 2 deh, om Chz sudah detail & jelas poin 3.marmut wrote:1. sudah mahir mengemudikan mobil di jalanan dan paham benar arti rambu-rambu lalin?
2. sudah siap mental?
3. sudah siap keuangan?
saya yakin anda sanggup membeli unit kendaraan baru, tapi apakah anda sanggup dengan biaya operasionalnya? semisal oli mesin saja yang paling wajip dan rutin diganti. mobil boleh saja murah, tapi mobil jaman sekarang tidak bisa pakai oli sembarangan. plus bahan bakar, tidak ada mobil jaman sekarang yang disarankan pakai oktan 88 dari pabriknya, semua wajip oktan tinggi. sanggup?
belum lagi perawatan lainnya semisal harus tune up, penggantian spare parts dan sebagainya.
punya mobil itu menguras isi dompet lho....
Sharing dikit dr nubie...realita yg nubie rasakan sewaktu pindah dr r2 ke r4 :
extra sabar dijln wkt macet, lebih toleran ketemu driver / rider sableng ugal2an kl ga mau stress & tensi naik, lewat jalan jelek lebih hati2, management wkt lbh baik spare time in case macet jahanam tiba, cari parkir lebih susah, sembarang parkir mending cuma baret tapi kl kaca pecah..bayar parkir lbh mahal ( ini absolut ), isi bensin ngantri ( kadang2) isi bensin jauh lbh banyak ( pasti ), waspada & siap kl abis ujan besar di area banjir, selalu siap spare dana u/ perbaikan / derek atau darurat apapun...
Nubie ga bahas kalo via tol, kepanjangan..
Sorry u/TS bukan bermaksud menakut2i / menjatuhkan mental, ini share realita yg kita semua hadapi jika membawa r4.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Pengin punya roda 4
Bisa juga tengok brand lain seperti Mazda 2, Suzuki Swift/Splash, Mitsu Mirage itu bisa dapat tahun lebih muda.setsuka09 wrote: Thu Jan 04, 2018 9:11Nah ini masuk kategori, jazz MT 2005 cek di 0lx pasaran masuk di 83-85 jt, tinggal up to TS apakah ingin yg worry free ( ambil mobil baru), atau sekalian belajar repair2 & hunting sparepart, krn 12 tahun penyusutan slow moving parts pasti ada, sisa budget cukup u/ restorasi jg ada pegangan u/ jaga2 darurat.Or4cle wrote:Naahhh ... ini saya sangat setuju.setsuka09 wrote: Thu Jan 04, 2018 1:08 Nubie jawab poin no2 saja soal transmisi matic, krn yg no1 sdh diwakili rekan2 SM lainnya.
Resiko mobil matic 2nd lbh ke faktor pemakaian user sebelumnya yg kita tdk tahu cara pakai & perawatannya.
Contoh simple mobil matic di lampu merah tdk disarankan posisi D terlalu lama, jg u/ pindah shifter P-R-D mobil matic hrs total 100% berhenti baru pindah tuas, ini semua berpengaruh pd keawetan transmisi, blm lagi tap per 20k & kuras per 40k jg oli matic yg digunakan.
Nubie sendiri pakai unit yg matic 2nd tp dapat yg benar2 fresh setelah hunting yg kesekian kali, beberapa ada yg getar & nyentak, jd kl mo cari matic 2nd hrs extra sabar, teliti & semoga ga dapet lemon.
Biaya penggantian matic ( overhaul ) gak murah, silahkan di cek sendiri, sedikit gambaran nubie pernah tanya di BeRes biaya overhaul matic kurleb di bwh 20jt, inden sparepart semingguan pengerjaan 1/2 hari.
Kalau mobil pertama usahakan jangan matic karena bom waktu berjalan.
Saran saya jangan beli mobil LCGC, handlingnya acak-kadut dgn kualitas material seadanya
Dengan duit 100 juta bisa dapat Jazz GD3 i-DSI ambil yang manual tahun awal (2005) ; irit, perawatan mudah, spareparts murah dan banyak
Tapi budget segitu hanya dapat unit bekas belum bisa cover untuk biaya perbaikan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: Pengin punya roda 4
Kalau tinggal di jakarta ambil mobil baru LCGC merk toyota, daihatsu atau suzuki yg matic. Kalau di luar jakarta dan daerahnya gak macet beli yg manual.
Sesehat-sehatnya mobil seken biasanya pasti ada yg masih perlu diberesin. Bakal keluar duit lagi tuh.
Sesehat-sehatnya mobil seken biasanya pasti ada yg masih perlu diberesin. Bakal keluar duit lagi tuh.