WTA Suzuki Escudo 1.6
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Tue Jan 02, 2018 2:54
- Location: Yogyakarta
- Daily Vehicle: kiapicanto
WTA Suzuki Escudo 1.6
Ijinkan Newbie Bertanya di mari
Newbie tertarik dengan Suzuki Escudo 1.6, yang ingin newbie tanyakan adalah :
1.Bagaimana Performa Mobil ini Apakah sebanding dengan Konsumsi BBMnya ?
2.Bagaimana perawatan mobil ini ? apakah sebandel dengan Toyota Kijang LGX ?
3.Bagaimana Ketersediaan Spare part di pasaran ? apakah murah dan banyak tersedia dipasaran ?
cukup sekian dan newbie ucapkan terima kasih
Newbie tertarik dengan Suzuki Escudo 1.6, yang ingin newbie tanyakan adalah :
1.Bagaimana Performa Mobil ini Apakah sebanding dengan Konsumsi BBMnya ?
2.Bagaimana perawatan mobil ini ? apakah sebandel dengan Toyota Kijang LGX ?
3.Bagaimana Ketersediaan Spare part di pasaran ? apakah murah dan banyak tersedia dipasaran ?
cukup sekian dan newbie ucapkan terima kasih
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1107
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: WTA Suzuki Escudo 1.6
ane pernah make nih mobil yg keluaran 2006 sekitar taun 2012-2013, jadi umurnya waktu ane pegang sekitar 6-7 taun. Overall nih mobil kuat sih. Kaki-kakinya juga kuat krn meskipun dipakein ban H/T 235/70/R15 akibat jalan sekitar rumah yg banyak lobang, empuk & nggak banyak masalah waktu ane pake.
Konsumsi BBM dengan ban di atas 1:8 (premium), jadi nggak bisa dibilang irit. Sparepart sih setau ane banyak di pasaran, tapi kalo nyari yg ori Suzuki biasanya rada mahal krn made in japan rata2.
Masalah yang pernah ane dapati waktu itu ada 2:
- tidak irit (mungkin krn bannya yg gede)
- overheating krn selang radiator pecah (mungkin karena udah umurnya)
- tongkat perseneling kadang pindah sendiri dari gigi 3 ke netral. Waktu itu akhirnya diperbaiki di beres S kotak2 tp ane lupa sparepart apa yg diganti.
Konsumsi BBM dengan ban di atas 1:8 (premium), jadi nggak bisa dibilang irit. Sparepart sih setau ane banyak di pasaran, tapi kalo nyari yg ori Suzuki biasanya rada mahal krn made in japan rata2.
Masalah yang pernah ane dapati waktu itu ada 2:
- tidak irit (mungkin krn bannya yg gede)
- overheating krn selang radiator pecah (mungkin karena udah umurnya)
- tongkat perseneling kadang pindah sendiri dari gigi 3 ke netral. Waktu itu akhirnya diperbaiki di beres S kotak2 tp ane lupa sparepart apa yg diganti.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: WTA Suzuki Escudo 1.6
Pernah make dulu brand new taun 2006 kalo ga salah.
Bandel jarang rusak, bensin ya std 1;8 lah tol paling 1:10.
Naikannya enak, tinggi, masalah cuma ada di syncormes gigi jd kalo di gigi 3 suka balik ke netral sendiri.
Bandel jarang rusak, bensin ya std 1;8 lah tol paling 1:10.
Naikannya enak, tinggi, masalah cuma ada di syncormes gigi jd kalo di gigi 3 suka balik ke netral sendiri.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: WTA Suzuki Escudo 1.6
Coba bantu jawab ya.
1. Sebanding, kalo gak kena macet
Dalkot 1:6-7. Lukot 1:10. Pernah lukot sekali dapet 1:12 krn jalanan benar2x lancar.
2. Selama ganti oli tepat waktu + mobil dibawa jalan tiap hari, gak ada masalah.
3. Krn sdh 10 tahun lebih sejak produksi terakhir (2006), part2x ori yg very2x slow moving harganya selangit. Tapi yg KW1 dan KW2 banyak kok.
1. Sebanding, kalo gak kena macet

2. Selama ganti oli tepat waktu + mobil dibawa jalan tiap hari, gak ada masalah.
3. Krn sdh 10 tahun lebih sejak produksi terakhir (2006), part2x ori yg very2x slow moving harganya selangit. Tapi yg KW1 dan KW2 banyak kok.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: WTA Suzuki Escudo 1.6
Mengenai gigi 3 yg suka balik ke netral sendiri, itu memang krn cacat desain di gearbox.
Cukup bawa ke beres, ganti bushing-nya.
Setau saya indomobil ada silent recall mengenai problem ini, tapi kayaknya banyak konsumen yg gak tau.
Cukup bawa ke beres, ganti bushing-nya.
Setau saya indomobil ada silent recall mengenai problem ini, tapi kayaknya banyak konsumen yg gak tau.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: WTA Suzuki Escudo 1.6
Oya satu lagi 
Radiator ori-nya dari kuningan. Rawan mampet walaupun sdh pake coolant ijo.
Tanda2x mampet, kalo kena macet agak lama terutama di siang bolong langsung overheat. Bikin dag-dig-dug
)
Solusinya, ganti dgn yg aluminium. Merk Koyorad atau yg lainnya.

Radiator ori-nya dari kuningan. Rawan mampet walaupun sdh pake coolant ijo.
Tanda2x mampet, kalo kena macet agak lama terutama di siang bolong langsung overheat. Bikin dag-dig-dug

Solusinya, ganti dgn yg aluminium. Merk Koyorad atau yg lainnya.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Wed Feb 08, 2017 1:47
Re: WTA Suzuki Escudo 1.6
Mobil ini kalau diubah jadi 4x4 butuh bajet berapa ya?? Cukup tangguhbkah untuk offroad ringan
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 168
- Joined: Mon Feb 15, 2016 15:48
Re: WTA Suzuki Escudo 1.6
Eyang ane yang udah hampir 90 tahun masih make mobil ini. Beli dari baru tahun 2005. Kalo keluar kota anak atau cucunya yang nyopirin. Kakek ane paling cuma nyetir buat sholat ke masjid yang ga sampe 300m. Katanya sih mobilnya masih enak, irit dan nyaman. Jalan-jalan ke pantai selatan Malang masih sanggup. Jalan ke Blitar, nyasar-nyasar via Donomulyo bahkan lewat jalan makadam. Jalan-jalan ke Pacet via Cangar bolak-bolik masih OK. Perawatan cuma ganti oli, ban dan aki
Kondisi terkini mobilnya, masuk gigi 1 porsnelingnya keras bawaan dari baru, masukin gigi 4 mesti mantap, kalo nggak giginya ga bakal masuk ada bunyi kreeek...kreeekk.. body mobil udah baret-baret. Selain itu OK.
Kondisi terkini mobilnya, masuk gigi 1 porsnelingnya keras bawaan dari baru, masukin gigi 4 mesti mantap, kalo nggak giginya ga bakal masuk ada bunyi kreeek...kreeekk.. body mobil udah baret-baret. Selain itu OK.
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Tue Jan 02, 2018 2:54
- Location: Yogyakarta
- Daily Vehicle: kiapicanto
Re: WTA Suzuki Escudo 1.6
hmm ane jadi bingung nih suhu , menurut para suhu dimari lebih worthed pelihara escudo 1.6 ini atau Kijang LGX 1.8 efi ?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Fri Mar 04, 2016 4:22
Re: WTA Suzuki Escudo 1.6
Pernah pake th. Keluaran 2004..minusnya mnrt ane :
- spare part orinya mahal benget (japan made), pernah beli motor power window ori harga 2.6 jt (rata2 penyakit esxudo)
- ac nya susah dingin...dah bolak balik ganti bengkel ac tetep aja ga maksimal kalo siang hari
- sama persneling yg pindah sendiri seperti disebutin di atas
- spare part orinya mahal benget (japan made), pernah beli motor power window ori harga 2.6 jt (rata2 penyakit esxudo)
- ac nya susah dingin...dah bolak balik ganti bengkel ac tetep aja ga maksimal kalo siang hari
- sama persneling yg pindah sendiri seperti disebutin di atas
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 340
- Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
- Daily Vehicle: terios
Re: WTA Suzuki Escudo 1.6
Ini maksudnya escudo yang angkatan vitara lama atau yang model baru (grand escudo?) ?
Kalo yg model baru pernah pakai dari baru di th 2004/5.
Cukup fun to drive. Kencang, boros, agak limbung, rem pakem, kabin kedap.
Masalah utama di AC yg sering trouble dan pengoperasian tuas persneling yg keras.
Selebihnya oke sekali untuk ukuran di jamannya.
Kalo yg model baru pernah pakai dari baru di th 2004/5.
Cukup fun to drive. Kencang, boros, agak limbung, rem pakem, kabin kedap.
Masalah utama di AC yg sering trouble dan pengoperasian tuas persneling yg keras.
Selebihnya oke sekali untuk ukuran di jamannya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14
Re: WTA Suzuki Escudo 1.6
1. Performa ok. Bandingamnya dgn escudo kotak ini borosnya sama (kombinasi 1: 8-9), tp tenaga lebih enak ini dikit, walaupun menurut ane sama2 lemot (gear ratio pendek2 n top speed pelan). Kaki2 jg empuk ini. Yg pasti transmisi suka balik ke netral pas gigi 3 masih ada di escudo kotak maupun ini, cuman injakan kopling "aneh" kayak di escudo kotak udah ga muncul lagi di escudo ini. Hal bagus lainnya yaitu setir klo abis belok masih bisa balik sendiri, klo escudo kota kok rasanya ga balik sendiri.
2 n 3. Perawatan dibanding lgx bisa dibilang setara. Cuman mgkn harga part nya lebih mahal dikit walaupun gampang dicari jg. Tp banyak kw meskipun ga sebanyak kijang. Tenang aja kok
Lain2nya:
- kabin baris 2 sempit
- interior ga downgrade banget dibanding 2.0 n xl7, paling ga design dashboard n doortrim nya sama, pelapisnya aja beda. Tetep pake softpad di dashboard, cuman ga ada aksen kayu n krom2an, tuas transmisi bentuknya sama kayak punya grand vitara
- ukuran pcd aneh, susah ganti velg
- ac kurang dingin, tp cukupan, masih lebih enak dibanding taruna
- ladder frame
- ga ada mid
- cuman ada transmisi manual
2 n 3. Perawatan dibanding lgx bisa dibilang setara. Cuman mgkn harga part nya lebih mahal dikit walaupun gampang dicari jg. Tp banyak kw meskipun ga sebanyak kijang. Tenang aja kok
Lain2nya:
- kabin baris 2 sempit
- interior ga downgrade banget dibanding 2.0 n xl7, paling ga design dashboard n doortrim nya sama, pelapisnya aja beda. Tetep pake softpad di dashboard, cuman ga ada aksen kayu n krom2an, tuas transmisi bentuknya sama kayak punya grand vitara
- ukuran pcd aneh, susah ganti velg
- ac kurang dingin, tp cukupan, masih lebih enak dibanding taruna
- ladder frame
- ga ada mid
- cuman ada transmisi manual
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: WTA Suzuki Escudo 1.6
Problem power window, terutama pintu belakang kiri kanan, motornya gampang kemasukan air shg lama2x menimbulkan kerak di dalam casing-nya yg akhirnya bikin macet armatur motornya. Saya punya 2 bangkai PW yg kondisinya demikian, tapi arangnya masih tebal. Blm kepikiran kira2x cairan apa yg ampuh melenyapkan kerak tapi aman buat metal krn keraknya benar2x keras kayak karang.galian wrote: Tue Jan 02, 2018 10:02 Pernah pake th. Keluaran 2004..minusnya mnrt ane :
- spare part orinya mahal benget (japan made), pernah beli motor power window ori harga 2.6 jt (rata2 penyakit esxudo)
- ac nya susah dingin...dah bolak balik ganti bengkel ac tetep aja ga maksimal kalo siang hari
- sama persneling yg pindah sendiri seperti disebutin di atas
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: WTA Suzuki Escudo 1.6
4-5 thn lalu sih 15jtan om.erwin95 wrote: Tue Jan 02, 2018 8:08 Mobil ini kalau diubah jadi 4x4 butuh bajet berapa ya?? Cukup tangguhbkah untuk offroad ringan

Bener2x plug n play.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: WTA Suzuki Escudo 1.6
Banyak yg bilang konsumsi bensinnya utk dalkot 1:8 .
Terus terang saya antara iri dan agak gak percaya, krn saya gak pernah dapet lebih dari 1:7 utk dalkot.

Terus terang saya antara iri dan agak gak percaya, krn saya gak pernah dapet lebih dari 1:7 utk dalkot.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1107
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: WTA Suzuki Escudo 1.6
hahaha, kalo saya sih bisa dapet 1:8 itu dengan catatan AC matiin biarpun baju basah keringetan di siang bolong, sama ganti gigi di sekitar 1800 rpm omadityabp wrote: Wed Jan 03, 2018 9:31 Banyak yg bilang konsumsi bensinnya utk dalkot 1:8 .
Terus terang saya antara iri dan agak gak percaya, krn saya gak pernah dapet lebih dari 1:7 utk dalkot.
![]()

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Sat May 06, 2017 11:04
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: XV40
Re: WTA Suzuki Escudo 1.6
bantu jawab ya, dulu pernah pakai ini mobil punya paman saya beberapa kaliadityajog91 wrote: Tue Jan 02, 2018 3:09 Ijinkan Newbie Bertanya di mari
Newbie tertarik dengan Suzuki Escudo 1.6, yang ingin newbie tanyakan adalah :
1.Bagaimana Performa Mobil ini Apakah sebanding dengan Konsumsi BBMnya ?
2.Bagaimana perawatan mobil ini ? apakah sebandel dengan Toyota Kijang LGX ?
3.Bagaimana Ketersediaan Spare part di pasaran ? apakah murah dan banyak tersedia dipasaran ?
cukup sekian dan newbie ucapkan terima kasih
1. Power so so lah konsumsi BBMnya agak boros berbanding powernya menurut saya, mungkin karena mobil paman saya emang jarang dirawat.
2. Perawatan mudah dan lumayan bandel (khas suzuki) engine 16a/b dipakai beberapa line up suzuki.
3. sparepart mudah didapat di bengkel pinggir jalan banyak, harga relatif murah.
selebihnya saya tidak bisa tambahkan, karena cuma pakai jangka waktu kurleb 1/2 tahun
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Tue Jan 02, 2018 2:54
- Location: Yogyakarta
- Daily Vehicle: kiapicanto
Re: WTA Suzuki Escudo 1.6
jadi kesimpulannya saya lebih baik meminang escudo 1.6 ini atau lgx yang suhu suhu sekalian
Terimakasih Pencerahanya hehehehe

Terimakasih Pencerahanya hehehehe



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: WTA Suzuki Escudo 1.6
itu dari locking pin, bukan sinkromes. bentuknya mirip perahu yg dilihat dari samping. bukan cuma escudo aja yang ngalamin seperti itu, mobil merk lain juga ada.farizfsa wrote: Tue Jan 02, 2018 5:15
-
, masalah cuma ada di syncormes gigi jd kalo di gigi 3 suka balik ke netral sendiri.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1107
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: WTA Suzuki Escudo 1.6
om TS butuh baris ketiga gak? Kalo nggak ya Escudo aja.adityajog91 wrote: Tue Jan 09, 2018 3:11 jadi kesimpulannya saya lebih baik meminang escudo 1.6 ini atau lgx yang suhu suhu sekalian
Terimakasih Pencerahanya hehehehe![]()
![]()
![]()
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Tue Jan 02, 2018 2:54
- Location: Yogyakarta
- Daily Vehicle: kiapicanto
Re: WTA Suzuki Escudo 1.6
ga begitu sih omqushay20019 wrote: Tue Jan 09, 2018 6:39om TS butuh baris ketiga gak? Kalo nggak ya Escudo aja.adityajog91 wrote: Tue Jan 09, 2018 3:11 jadi kesimpulannya saya lebih baik meminang escudo 1.6 ini atau lgx yang suhu suhu sekalian
Terimakasih Pencerahanya hehehehe![]()
![]()
![]()
yang jadi pertimbangan saya adala ketersedian part baik yang ori maupun kwnya om
karena saya suka escudo karena Modelnya tpi masih ragu di spare part dan kebandelanya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: WTA Suzuki Escudo 1.6
Saya pernah ganti koil krn patah.
Koil bawaan Escudo 1.6 900rb sebiji.
Ditawarin koil APV cuma 450rb sebiji!
Yaudah saya ambil koil APV.
Saya jadi curiga jgn2x jeroan G15A (APV) banyak yg sama ama jeroan G16A (Escudo 1.6).
Koil bawaan Escudo 1.6 900rb sebiji.
Ditawarin koil APV cuma 450rb sebiji!

Yaudah saya ambil koil APV.
Saya jadi curiga jgn2x jeroan G15A (APV) banyak yg sama ama jeroan G16A (Escudo 1.6).
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 212
- Joined: Fri Jun 27, 2008 6:36
Re: WTA Suzuki Escudo 1.6
Klo saya jika gak begitu butuh baris ketiga, pilih yang kondisinya paling baik yang ditemui..adityajog91 wrote: Tue Jan 09, 2018 3:11 jadi kesimpulannya saya lebih baik meminang escudo 1.6 ini atau lgx yang suhu suhu sekalian
Terimakasih Pencerahanya hehehehe![]()
![]()
![]()
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 262
- Joined: Thu Dec 07, 2017 6:47
- Location: sby
- Daily Vehicle: hrv
Re: WTA Suzuki Escudo 1.6
ini mobil saya pake th 2006 sampe 2010adityajog91 wrote: Tue Jan 02, 2018 3:09 Ijinkan Newbie Bertanya di mari
Newbie tertarik dengan Suzuki Escudo 1.6, yang ingin newbie tanyakan adalah :
1.Bagaimana Performa Mobil ini Apakah sebanding dengan Konsumsi BBMnya ?
2.Bagaimana perawatan mobil ini ? apakah sebandel dengan Toyota Kijang LGX ?
3.Bagaimana Ketersediaan Spare part di pasaran ? apakah murah dan banyak tersedia dipasaran ?
cukup sekian dan newbie ucapkan terima kasih
1. menurut saya tarikan ga enak (apa karena saya sudah kebiasaan pake mobil jaman now yg tarikanya jauh lbh enak)
2. mayan bandel kok..
3. sparepart kayaknya normal2 aja.. cuma mending kijang LGX sih
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Sat Mar 12, 2016 0:49
Re: WTA Suzuki Escudo 1.6
Konsumsi bbm 1:6-1:7? Mirip mirip xtrail ya? Padahal cc 1600 ya..