MPV Wuling

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

senbei
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Mon Nov 14, 2016 2:50

Re: MPV Wuling

Post by senbei »

Kalo cuma main di segmen MPV mungkin targetnya ngambil sedikit kue sebagai keuntungan,
tapi kalo sudah mau main di semua segmen sepertinya targetnya mau menggeser pasar ...
calonjenazah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Sat May 06, 2017 11:04
Location: Indonesia
Daily Vehicle: XV40

Re: MPV Wuling

Post by calonjenazah »

Joehard30 wrote: Fri Dec 29, 2017 6:37 Sebagai orang awam, saya g ngeh ada brand BlackBerry sampe tahun 2007-2008. Tiba2 booming. Kl ngomong smartphone, saya lbh kepikiran o2, palm dan sejenisnya. Dan RIM setau oe jg cm berjaya d north America, sama indo. Mirip2 kaya oppo, merk yg g tau drmn pas awal keluar, tiba2 orang udah pada pake

Btw emang om tau ada orang2 d sekitar om pake produk Blackberry pra 2007? :snipersmile:
hmm pra 2007 ya ? yg saya ingat sih sekitar tahun 2005an BlackBerry sudah populer di kalangan bos bos saya, ingetnya waktu itu yg dipake kalo ga salah yg 7730/7720/7710 (?) saya lupa pokoknya yg depannya 7 (biasa bawahan suka kepoin bos hehe), tapi mungkin mereka ini orang orang yg ga mikirin brand image kali ya lebih mentingin fungsi, makanya pada pake Blackberry yg ga punya brand image kaya kata mas tadi.

Kalau level babu seperti saya sih pakenya nokia 3310 mas taun segitu sampe sekarangpun masih hehe.

maaf ya jadi OOT nih di thread ini, ada yg bertanya baiknya saya jawab.
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: MPV Wuling

Post by liemivan86 »

senbei wrote:Kalo cuma main di segmen MPV mungkin targetnya ngambil sedikit kue sebagai keuntungan,
tapi kalo sudah mau main di semua segmen sepertinya targetnya mau menggeser pasar ...
Pasti mereka akan pasang target, "tahun 2017 makan sekian % pasar nasional", "tahun 2018 makan sekian % pasar nasional". Pasti ada target begitu. Kalo cuma target mendapatkan sedikit keuntungan, tidak mungkin berani investasi besar2an. Enak main aman seperti Hyundai, Kia, Mazda, dll, saja.

Kasus Mazda agak unik sih, karena memang di seluruh dunia dealer mereka sebagian besar di supply dari Jepang. Sebagian Asia dari Malaysia. Setau saya, Mazda belum punya pabrik di tempat lain.

Anyway, kalo saya sih yakin wuling akan bisa bertahan. Apalagi saya sudah lihat confero, dan build quality nya sih saya lebih suka daripada mobilio yang menyedihkan.
denmas8
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 20, 2016 0:54

Re: MPV Wuling

Post by denmas8 »

patrickstar wrote: Fri Dec 29, 2017 7:17
denmas8 wrote: Fri Dec 29, 2017 2:26 Yg sy rada2 mikir soal wuling itu.. jangan2 ini lbh cdrg sbg varian "produk kebijakan investasi" rezim pem skg?.. tau sndiri rezim skg lebih merapat kmn.. ntar kl udahan "supportnya" - gmn nasibnya - apa bakal kyk proton - chevy - ford - bajaj atw kyk toyodai/tam?
Yah mirip2 dgn hype si siomay redmi 5A bagi penggemar gadget mid-low yg dibilang murahnya di level "kebangetan" - bbrp reviewer lain pakai kalimat harganya lebih rasional (bacanya harga yg mengerti kaum jelata kl bisa lebih murah lagi atw gratis..) bila dibanding produk2 kompetitornya.. yah mirip dgn komen2 soal varian wuling2 ini.. jadi memang itulah karakter uasli kbykn rakyat yg selama ini sudah dimapping & diwariskan u/ dimainkan dgn cantik o/ stakeholder - akan spt itu terus.. maaf bila ada yg ga berkenan..
yang ngga rezim itu yg kaya gimana om
tujuan ngomong di atas itu buat sm members yg cinta forum & produk2 yg dibahas di mari kok om.. gada maksud lovers & hater suatu produk/merek.. krn nti bikin saya malu (serba salah nutupin kepribadian/gengsi) sndiri kl smpi ada yg salah krn kurang info atw berpaling ke produk yg sdh dibenci..

Begini.. varian wuling apalagi cortez kan secara harga & fitur sangat menarik sekali.. cuma spt yg byk dibahas di mari, yg namanya kendaraan bermotor ternyata sangat tergantung pada aspek2 jangka menengah - panjang..

bahasan populer di SM (mgk jg salah satu tujuan forum ini diadakan)- apa bakal/sudah ada suku cadang produk otomotif lain yg bisa plug & play di varian2 wuling - andai support dr tiongkok nanti terhenti? - Bgmpun tiongkok sndiri jg berencana membatasi populasi kendaraan bbm/busi (apa itu istilahnya?).. produsen otomotif2 global jg sdh bikin blueprint akan mengurangi produksi kendaraan jenis itu (& bisa jadi juga mempengaruhi suplai suku cadangnya) mulai 2020 mendatang.. jadi wuling datang ke Indo di saat pengembangan teknologi-nya sudah menjelang berakhir.. Tapi juga bisa jadi sebaliknya - malah MUNGKIN justru wuling lebih aman krn home industry tiongkok jago soal produksi printilan suku cadang - di luar bahasan soal kualitas ya..

info2 itu yg biasanya menyertai di forum begini.. tapi entah knp gada yg menyinggung ketika wuling hadir.. (brand sangat baru - sy yakin blm ada mekanik/bengkel umum yg tahu/ahli & bisa benerin jeroannya - blm jg ada toko suku cadang yg mendeklare bakal menyediakannya..).. hal yg mirip dgn mocin dulu.. untungnya kl mocin, bbrp masih substitusi (krn memang tiruan) produk2 yg laku di pasaran..

Bgmpun kenyataannya, kedudukan/perlindungan hak2 konsumen yg masih lemah di mari - nyaris tidak ada jg keberpihakan stakeholder u/ itu.. atw brgkl ada case yg konsumen awam yg berhasil dapat haknya dgn backup penuh stakeholder? (dimenangkan peradilan mgk iya - tapi apa haknya sdh full dipenuhi penjual/produsennya?.. brgkl hanya skdr menang di atas kertas.. Oom NR yg malang melintang di legal - litigasi jg sdh paham & ngasih kisi2 bhw smw mesti dikalkulasi di awal secermat mgk.. krn penyebab yg bisa bikin bolong kantong terbesar umumnya salah ambil keputusan di awal..

Kl boleh sy berharap byk jg yg beli 1-2 tahun ini.. jadi teman2 SM yg masih nimbang2 nunggu reliabilitasnya 2-3 tahun - jadi py byk referensi buat memutuskan membelinya.. termasuk jg saya.. kl kyk barang elektonik/hp gitu sih salah pilih dikit gpp - dibiarin jg gada biayanya.. lha kl barang kyk mobil/motor smpi ada perasaan gitu.. weks.. ruginya gede - mau dilepas depresiasinya mayan - ga dilepas jg mesti bayar pkb tiap tahun - mesti ganti pelumas/aki/rawat ban - perawatan rutin, meski doi cuma dibiarin di garasi krn malas/jarang pakai.. emang susah dikadalin industri2 otomotif di mari - transportasi massal jg masih byk bolongnya.. sebenernya apa ada/siapa yg layak disalahkan ya? mau nyalahin Tuhan jg malu - wong Dia ga minta tunjangan/dibiayai hidupnya/operasionalnya/kerjaannya.. piece..
jwid
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Fri Apr 03, 2015 3:56

Re: MPV Wuling

Post by jwid »

ini thread benar benar seru dan panjang , salam dashyat
User avatar
Joehard30
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28

Re: MPV Wuling

Post by Joehard30 »

calonjenazah wrote: Fri Dec 29, 2017 8:17
Joehard30 wrote: Fri Dec 29, 2017 6:37 Sebagai orang awam, saya g ngeh ada brand BlackBerry sampe tahun 2007-2008. Tiba2 booming. Kl ngomong smartphone, saya lbh kepikiran o2, palm dan sejenisnya. Dan RIM setau oe jg cm berjaya d north America, sama indo. Mirip2 kaya oppo, merk yg g tau drmn pas awal keluar, tiba2 orang udah pada pake

Btw emang om tau ada orang2 d sekitar om pake produk Blackberry pra 2007? :snipersmile:
hmm pra 2007 ya ? yg saya ingat sih sekitar tahun 2005an BlackBerry sudah populer di kalangan bos bos saya, ingetnya waktu itu yg dipake kalo ga salah yg 7730/7720/7710 (?) saya lupa pokoknya yg depannya 7 (biasa bawahan suka kepoin bos hehe), tapi mungkin mereka ini orang orang yg ga mikirin brand image kali ya lebih mentingin fungsi, makanya pada pake Blackberry yg ga punya brand image kaya kata mas tadi.

Kalau level babu seperti saya sih pakenya nokia 3310 mas taun segitu sampe sekarangpun masih hehe.

maaf ya jadi OOT nih di thread ini, ada yg bertanya baiknya saya jawab.
Hoo ya, oe yg katrok berarti. Kalo oe ibaratin BB ni kaya tesla, tesla merk yg tau2 bisa kasih mobil listrik range jauh, handling n accelerasi juara. Jd orang pada beli. BB pun gt, g ada jmn itu brand yg nawarin messenger senyaman BBM, walo brand nokia, Ericsson, Motorola dan lain2 lbh established, orang tetep milih BB krn lebih inovatif.

BB oe pernah baca pada masa keemasan nya, cuma bisa jd market leader yang negara GD (pengguna smartphone banyak) cma d US n Indo om. D Eropa jelas keok sama ios, kecuali d uk. Negara yang agak GD lain saudi, jg pernah jadi market leader.

Kalo petani2 di kampung setia beli dongfeng, gmn om? G dikomentarin jg brand image nya? Si tata jg om 😂

Kalo soal brand image, nanti waktu yg akan jawab. Se picky2 orang eropa barat, yg jauh lebih tajir dr orang kita, tetep tekuk lutut sama brand korea yang brand image nya pas awal ga karu2an. Tapi dg harga miring, full feature, plus warranty 5 -7 taun, sekarang brand hanguk jadi salah satu merk terlaris di sana.

Akselerasi cungkok dalam 10 taun kedepan saya pikir bisa lebih cepat dari brand korea 15an taun lalu yg masih fully pake mesin mitsu, design g karu2an. But let's see :big_smoking:
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 859
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: MPV Wuling

Post by mobilover »

Wuling memang fenomenal sampai dibahas ke mana2 thread ini hahaha.

Satu hal yg pasti kl mereka berani invest besar di indonesia pasti udah diperhitungkan matang2. Gak mungkin mereka hit and run dengan beban sebesar ini. Kl mereka mau main aman mah, import aja cbu full dr china. Toh di china wuling cortez ( alias baojun 730) dijual di kisaran 150 jutaan di sana. Kena pajak import cbu pun pun gak bakal jauh dr angka 300 jt. Tapi mereka decide buat bikin pabrik dan ckd karena mereka serius masuk pasar indonesia.

Paling tidak mereka lbh serius merek korea yg udah puluhan tahun di indonesia gak ada perkembangan sama sekali. Gak heran kalau suatu saat brand korea itu hengkang dr indonesia krn low sales dan minimum investment di sini
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: MPV Wuling

Post by newrubble »

GMC confero
GMC cortez ................................
Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: MPV Wuling

Post by Rundeer »

mobilover wrote: Fri Dec 29, 2017 9:55 Wuling memang fenomenal sampai dibahas ke mana2 thread ini hahaha.

Satu hal yg pasti kl mereka berani invest besar di indonesia pasti udah diperhitungkan matang2. Gak mungkin mereka hit and run dengan beban sebesar ini. Kl mereka mau main aman mah, import aja cbu full dr china. Toh di china wuling cortez ( alias baojun 730) dijual di kisaran 150 jutaan di sana. Kena pajak import cbu pun pun gak bakal jauh dr angka 300 jt. Tapi mereka decide buat bikin pabrik dan ckd karena mereka serius masuk pasar indonesia.

Paling tidak mereka lbh serius merek korea yg udah puluhan tahun di indonesia gak ada perkembangan sama sekali. Gak heran kalau suatu saat brand korea itu hengkang dr indonesia krn low sales dan minimum investment di sini
Setuju om, Wuling ini pasti udah planning untuk long term di Indonesia. Kalo Wuling ini CBU, pasti resiko "kabur"nya lebih besar karena gak invest besar-besaran buat bikin pabrik n dealer nyampe ke pelosok.

Selama ini kan kita ragu beli merk aneh" karena pada rentan kabur secara tiba" atpmnya
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:
ybyb
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Thu Jul 14, 2016 10:45

Re: MPV Wuling

Post by ybyb »

gerobak nippon wrote: Fri Dec 29, 2017 7:21
jemmyt wrote: Fri Dec 29, 2017 2:47
liemivan86 wrote:Seriously, saya pusing baca tulisan banyak singkatan gini.. [emoji29]
Ia berat tulisan om diatas.. Dari mobil tiba2 politik lagi.. Ndak sanggup bacanya
Omongan si om di atas itu ada benarnya, meski tak 100% benar..
Emang ada kebijakan otomotif yg tidak lahir dari produk politik ?

Produk otomotif 100% politik juga ada kok.. misal, esemka..

Maaf, saya tidak terafiliasi di kelompok manapun, just otomotif user..
hahahaha....pengamatan saya ekonomi dan politik itu 11-12 saling dimanfaatkan...jaman dulu perang pakai senjata jaman NOW perang secara bertahap pakai MODAL atau KAPITAL, japan and USA jg sama kok cara perangnya, malah yg hal ini dimulai dari revolusi industri...
Arlez
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sat Sep 23, 2017 1:39

Re: MPV Wuling

Post by Arlez »

Tantangan Wuling sih dia benar-benar harus bikin mobil yang mendekati sempurna.

yang gw liat, saat ini mobil mengalami kerusakan tertentu banyak yg menjudge secara keselurahan kalau itu biasalah produk dari negara sono emang murahan, partnya abal2, kualitas kw, cepet rusak dll.

apalagi forum yang di Medsos, jika ada yang posting mobil wuling rusak, lebih banyak yang komentar miring seperti itu daripada yang memberi solusi.

berbanding terbalik jika mobil merek jepang, us, or eropa yang rusak meski harus sampai berminggu-minggu nginep di dealer jarang sekali yang menjudge karena produk dari negara sono itu emang murahan, partnya abal2, kualitas kw dll.

So definisi reliable itu seperti apa ? apakah itu mobil harus gak ada kerusakan sama sekali atau cukup di bilang yang tahan lama karena bisa jalan sampai beratus2 ribu KM ?

Maybe gak ada mobil baru yang tidak mengalami masalah, bahkan yang jalan sampai beratus2 ribu KM pun besar kemungkinan pernah mengalami kerusakan juga.

Yang jadi masalah kan, kita ini sering memaklumi produsen dari Jepang, US, Eropa jika produk buatannya ada yang mengalami masalah.
Entah itu, ahh itu kan cacat produksi di beberapa unit saja, ahh tinggal klaim ke Beres aja, ahh tinggal di ganti partnya pakai yang ini dan itu biar lebih awet.
Sementara untuk produk-produk otomotif dari china jika ada kerusakan kebanyakan dari kita langsung menghakimi tanpa melihat dulu apakah itu karena kualitasnya emang murahan atau emang itu kerusakan wajar atau kesalahan user.

jadi gw yakin ini mobil gak sempurna dan suatu hari mungkin akan mengalami kerusakan juga.
tapi kembali lagi ke kita apakah kita akan memakluminya seperti yang kita lakukan ke prdusen dari jepang, US dan eropa atau kita akan langsung menghakiminya kalau ini produk emang dasarnya emang murahan dan gak reliable tanpa menelaahnya lebih lanjut ?

untuk case wuling, saat ini cara pandang kita lah yang menentukan kualitas produknya bukan kualitas produknya yang membentuk cara pandang kita terhadap itu produk.
gobale
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20

Re: MPV Wuling

Post by gobale »

denmas8 wrote: Fri Dec 29, 2017 8:45
patrickstar wrote: Fri Dec 29, 2017 7:17
denmas8 wrote: Fri Dec 29, 2017 2:26 Yg sy rada2 mikir soal wuling itu.. jangan2 ini lbh cdrg sbg varian "produk kebijakan investasi" rezim pem skg?.. tau sndiri rezim skg lebih merapat kmn.. ntar kl udahan "supportnya" - gmn nasibnya - apa bakal kyk proton - chevy - ford - bajaj atw kyk toyodai/tam?
Yah mirip2 dgn hype si siomay redmi 5A bagi penggemar gadget mid-low yg dibilang murahnya di level "kebangetan" - bbrp reviewer lain pakai kalimat harganya lebih rasional (bacanya harga yg mengerti kaum jelata kl bisa lebih murah lagi atw gratis..) bila dibanding produk2 kompetitornya.. yah mirip dgn komen2 soal varian wuling2 ini.. jadi memang itulah karakter uasli kbykn rakyat yg selama ini sudah dimapping & diwariskan u/ dimainkan dgn cantik o/ stakeholder - akan spt itu terus.. maaf bila ada yg ga berkenan..
yang ngga rezim itu yg kaya gimana om
tujuan ngomong di atas itu buat sm members yg cinta forum & produk2 yg dibahas di mari kok om.. gada maksud lovers & hater suatu produk/merek.. krn nti bikin saya malu (serba salah nutupin kepribadian/gengsi) sndiri kl smpi ada yg salah krn kurang info atw berpaling ke produk yg sdh dibenci..

Begini.. varian wuling apalagi cortez kan secara harga & fitur sangat menarik sekali.. cuma spt yg byk dibahas di mari, yg namanya kendaraan bermotor ternyata sangat tergantung pada aspek2 jangka menengah - panjang..

bahasan populer di SM (mgk jg salah satu tujuan forum ini diadakan)- apa bakal/sudah ada suku cadang produk otomotif lain yg bisa plug & play di varian2 wuling - andai support dr tiongkok nanti terhenti? - Bgmpun tiongkok sndiri jg berencana membatasi populasi kendaraan bbm/busi (apa itu istilahnya?).. produsen otomotif2 global jg sdh bikin blueprint akan mengurangi produksi kendaraan jenis itu (& bisa jadi juga mempengaruhi suplai suku cadangnya) mulai 2020 mendatang.. jadi wuling datang ke Indo di saat pengembangan teknologi-nya sudah menjelang berakhir.. Tapi juga bisa jadi sebaliknya - malah MUNGKIN justru wuling lebih aman krn home industry tiongkok jago soal produksi printilan suku cadang - di luar bahasan soal kualitas ya..

info2 itu yg biasanya menyertai di forum begini.. tapi entah knp gada yg menyinggung ketika wuling hadir.. (brand sangat baru - sy yakin blm ada mekanik/bengkel umum yg tahu/ahli & bisa benerin jeroannya - blm jg ada toko suku cadang yg mendeklare bakal menyediakannya..).. hal yg mirip dgn mocin dulu.. untungnya kl mocin, bbrp masih substitusi (krn memang tiruan) produk2 yg laku di pasaran..

Bgmpun kenyataannya, kedudukan/perlindungan hak2 konsumen yg masih lemah di mari - nyaris tidak ada jg keberpihakan stakeholder u/ itu.. atw brgkl ada case yg konsumen awam yg berhasil dapat haknya dgn backup penuh stakeholder? (dimenangkan peradilan mgk iya - tapi apa haknya sdh full dipenuhi penjual/produsennya?.. brgkl hanya skdr menang di atas kertas.. Oom NR yg malang melintang di legal - litigasi jg sdh paham & ngasih kisi2 bhw smw mesti dikalkulasi di awal secermat mgk.. krn penyebab yg bisa bikin bolong kantong terbesar umumnya salah ambil keputusan di awal..

Kl boleh sy berharap byk jg yg beli 1-2 tahun ini.. jadi teman2 SM yg masih nimbang2 nunggu reliabilitasnya 2-3 tahun - jadi py byk referensi buat memutuskan membelinya.. termasuk jg saya.. kl kyk barang elektonik/hp gitu sih salah pilih dikit gpp - dibiarin jg gada biayanya.. lha kl barang kyk mobil/motor smpi ada perasaan gitu.. weks.. ruginya gede - mau dilepas depresiasinya mayan - ga dilepas jg mesti bayar pkb tiap tahun - mesti ganti pelumas/aki/rawat ban - perawatan rutin, meski doi cuma dibiarin di garasi krn malas/jarang pakai.. emang susah dikadalin industri2 otomotif di mari - transportasi massal jg masih byk bolongnya.. sebenernya apa ada/siapa yg layak disalahkan ya? mau nyalahin Tuhan jg malu - wong Dia ga minta tunjangan/dibiayai hidupnya/operasionalnya/kerjaannya.. piece..

kalau anda sebagai pengamat dan peramal...silahkan bicara sesuka hati....kalau suka mobilnya beli, kalau gak suka ya sudah.....market akan menilai dengan sendirinya nanti....
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 859
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: MPV Wuling

Post by mobilover »

[emo-have-a-nice-day]
Arlez wrote: Fri Dec 29, 2017 10:52 Tantangan Wuling sih dia benar-benar harus bikin mobil yang mendekati sempurna.

yang gw liat, saat ini mobil mengalami kerusakan tertentu banyak yg menjudge secara keselurahan kalau itu biasalah produk dari negara sono emang murahan, partnya abal2, kualitas kw, cepet rusak dll.

apalagi forum yang di Medsos, jika ada yang posting mobil wuling rusak, lebih banyak yang komentar miring seperti itu daripada yang memberi solusi.

berbanding terbalik jika mobil merek jepang, us, or eropa yang rusak meski harus sampai berminggu-minggu nginep di dealer jarang sekali yang menjudge karena produk dari negara sono itu emang murahan, partnya abal2, kualitas kw dll.

So definisi reliable itu seperti apa ? apakah itu mobil harus gak ada kerusakan sama sekali atau cukup di bilang yang tahan lama karena bisa jalan sampai beratus2 ribu KM ?

Maybe gak ada mobil baru yang tidak mengalami masalah, bahkan yang jalan sampai beratus2 ribu KM pun besar kemungkinan pernah mengalami kerusakan juga.

Yang jadi masalah kan, kita ini sering memaklumi produsen dari Jepang, US, Eropa jika produk buatannya ada yang mengalami masalah.
Entah itu, ahh itu kan cacat produksi di beberapa unit saja, ahh tinggal klaim ke Beres aja, ahh tinggal di ganti partnya pakai yang ini dan itu biar lebih awet.
Sementara untuk produk-produk otomotif dari china jika ada kerusakan kebanyakan dari kita langsung menghakimi tanpa melihat dulu apakah itu karena kualitasnya emang murahan atau emang itu kerusakan wajar atau kesalahan user.

jadi gw yakin ini mobil gak sempurna dan suatu hari mungkin akan mengalami kerusakan juga.
tapi kembali lagi ke kita apakah kita akan memakluminya seperti yang kita lakukan ke prdusen dari jepang, US dan eropa atau kita akan langsung menghakiminya kalau ini produk emang dasarnya emang murahan dan gak reliable tanpa menelaahnya lebih lanjut ?

untuk case wuling, saat ini cara pandang kita lah yang menentukan kualitas produknya bukan kualitas produknya yang membentuk cara pandang kita terhadap itu produk.
Setuju sm om. Cara pandang atau mindset terhadap brand negara tertentu mmg menentukan image kualitas dari produk itu sendiri. Samsung invest jor joran di biaya promosi dan marketing untuk mengubah image elektronik korea dari yg jelek sampai ke premium. Wuling jg harus gesit marketingny kl hanya mengandalkan kekuatan produk aja pasti akan ada batasnya.
ybyb
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Thu Jul 14, 2016 10:45

Re: MPV Wuling

Post by ybyb »

mobilover wrote: Fri Dec 29, 2017 11:40 [emo-have-a-nice-day]
Arlez wrote: Fri Dec 29, 2017 10:52 Tantangan Wuling sih dia benar-benar harus bikin mobil yang mendekati sempurna.

yang gw liat, saat ini mobil mengalami kerusakan tertentu banyak yg menjudge secara keselurahan kalau itu biasalah produk dari negara sono emang murahan, partnya abal2, kualitas kw, cepet rusak dll.

apalagi forum yang di Medsos, jika ada yang posting mobil wuling rusak, lebih banyak yang komentar miring seperti itu daripada yang memberi solusi.

berbanding terbalik jika mobil merek jepang, us, or eropa yang rusak meski harus sampai berminggu-minggu nginep di dealer jarang sekali yang menjudge karena produk dari negara sono itu emang murahan, partnya abal2, kualitas kw dll.

So definisi reliable itu seperti apa ? apakah itu mobil harus gak ada kerusakan sama sekali atau cukup di bilang yang tahan lama karena bisa jalan sampai beratus2 ribu KM ?

Maybe gak ada mobil baru yang tidak mengalami masalah, bahkan yang jalan sampai beratus2 ribu KM pun besar kemungkinan pernah mengalami kerusakan juga.

Yang jadi masalah kan, kita ini sering memaklumi produsen dari Jepang, US, Eropa jika produk buatannya ada yang mengalami masalah.
Entah itu, ahh itu kan cacat produksi di beberapa unit saja, ahh tinggal klaim ke Beres aja, ahh tinggal di ganti partnya pakai yang ini dan itu biar lebih awet.
Sementara untuk produk-produk otomotif dari china jika ada kerusakan kebanyakan dari kita langsung menghakimi tanpa melihat dulu apakah itu karena kualitasnya emang murahan atau emang itu kerusakan wajar atau kesalahan user.

jadi gw yakin ini mobil gak sempurna dan suatu hari mungkin akan mengalami kerusakan juga.
tapi kembali lagi ke kita apakah kita akan memakluminya seperti yang kita lakukan ke prdusen dari jepang, US dan eropa atau kita akan langsung menghakiminya kalau ini produk emang dasarnya emang murahan dan gak reliable tanpa menelaahnya lebih lanjut ?

untuk case wuling, saat ini cara pandang kita lah yang menentukan kualitas produknya bukan kualitas produknya yang membentuk cara pandang kita terhadap itu produk.
Setuju sm om. Cara pandang atau mindset terhadap brand negara tertentu mmg menentukan image kualitas dari produk itu sendiri. Samsung invest jor joran di biaya promosi dan marketing untuk mengubah image elektronik korea dari yg jelek sampai ke premium. Wuling jg harus gesit marketingny kl hanya mengandalkan kekuatan produk aja pasti akan ada batasnya.
kultur manufacturing dgn QC ala jepang dan eropa di indonesia sdh familiar...tp cara RRC blm familiar jd dgn harga yg ratusan juta pembeli cenderung wait n see
jwid
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Fri Apr 03, 2015 3:56

Re: MPV Wuling

Post by jwid »

QC honda low price carsnya hebat sekali lho
senbei
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Mon Nov 14, 2016 2:50

Re: MPV Wuling

Post by senbei »

newrubble wrote: Fri Dec 29, 2017 10:30 GMC confero
GMC cortez ................................
Bahasan wuling confero blm selesai masuk model baru wuling Cortez, makin panjang bahasan tentang wuling makin hidup merk ini ..
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1327
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: MPV Wuling

Post by mr_mytplx »

jwid wrote: Fri Dec 29, 2017 12:40 QC honda low price carsnya hebat sekali lho
haha setuju. merek sebelah jg ada yg kaca belakangnya gampang pecah. belum lg putu jedug plus printilannya seperti rem, audio, rattle dll.

belum lg kl confero beneran jadi angkot bisa jadi spare partnya gampang di cari seperti carry atau katana.
munyuy2
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Fri May 03, 2013 17:00

Re: MPV Wuling

Post by munyuy2 »

Saya kebetulan kerja di bidang IT & Telco.. 10 tahun lalu merek china eg.Huawei dll. bukan apa2 dan orang anggap remeh.tp ga sampai 5 tahun mereka bisa mengalahkan pemain besar seperti nokia, erickson,siemens Dan bikin pemain besar lainnya bangkrut.
Kl produsen jepang tidak waspada saya yakin 5 tahun lg wuling bisa @least 3 besar. Dan diuntungkan
Kita sbg customer bisa beli harga wajar dengan fitur komplit.

Sama dengan operator telco/bank prefer pakai merek china karena murah, reliable,stabil. Karena di bidang technology biasanya 5 tahun pakai habis itu swap spya up to date. Mirip2 dengan mobil kecendrungan org pakai 5 tahun lalu swap/ganti
:big_okay:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: MPV Wuling

Post by newrubble »

di african killzones itu zhonghuan brands jadi raja brandnew cars ...... kalo pun ada jdm-cars (bukan cuma jpnese brands ya) itu pasti sampah jdm (non-roadworthy in jdm)

atau kalo brandnew selain zhonghuans ..... pasti punya relief/humanitarian agencies

kita sendiri yg beda krn bawa bbrp vw amarok k kandang monyet (10 udah total lost thn ini) meski tdk smua kita pake brand n lineup ini

tlc200series disini spt avanza kalo di jkt selain lwb bj70series ...... kapok bawa hilux dualcab krn abis di rocket atau di colong
User avatar
LTZ
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: Mon Feb 29, 2016 12:28

Re: MPV Wuling

Post by LTZ »

martinnn wrote: Fri Dec 29, 2017 7:08 ada panasbung juga ternyata :mky_07:
jiah, nyampe SM juga panasbung hahaha
LJ479QNE2
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2308
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: MPV Wuling

Post by PRBS »

denmas8 wrote: Fri Dec 29, 2017 4:11
mike22 wrote: Fri Dec 29, 2017 3:41 Taruhlah kalau memang benar rezim sekarang lebih merapat ke china, emangnya mending mana sama yang 32 tahun merapat ke amerika? Semua sumber daya alam kita aja dipegang mereka kok dan baru rezim yg sekarang subsidi bbm dihapuskan kan? Subsisi bbm itu kan dari apbn tapi kita belinya kemana coba? ☺️ Emang pantas kok orang malaysia meremehkan orang indonesia, kalau orang indonesia kayak anda gak malu kalau semua sda dikelola asing... tapi lebih sibuk nyari kesalahan orang lain lol....

Oh ya jangan anda kira saya senang ya bisa menanggapi tulisan anda, saya sangat malas sebenarnya bahas ginian... logikanya mau rezim siapapun, yang bisa membuat negara itu maju ya rakyatnya sendiri kok... kalo rakyatnya masih ber-mindset hidup mewah, kaya raya dengan cara instan, mudah, dan cepat yaudah, jangan bacot komentari orang lain yang lebih suka kerja dan lebih suka hidup sederhana... 🙂

Menurut saya wuling juga gabakal jadi market leader kok, ya ibarat smartphone tetep aja yg merajai itu samsung dan apple, tp liat aja kalau sehari2 banyak yg pake xiaomi, oppo, vivo, dsb...
sebenarnya agak gmn gitu komen di tulisan oom ini.. cuma 1 kalimat aj biar lebih bisa direnungkan bersama2 demi kebaikan bersama.. menurut oom, yg lebih byk "mempermainkan (bahasa populernya - menjajah)" penduduk nusantara dari dulu & dulunya dulu itu sebenarnya orang asing/aseng atau sesama sendiri (yg entah atasannya itu asing/aseng atw sesama)?.. dah itu udah bisa jawab kok knp bisa gini gitu.. :emo-flowerforyou:
To be honest ya, saya sendiri juga kurang suka dengan bahasa “rezim pem sekarang dkk” yg dilontarkan om denmas ini.. dan IMHO, bahasanya cenderung mengarah / membelokan kearah tertentu. No offense mate.

Menurut saya, effort pemerintah sekarang sudah bagus, ya detailnya ga usah dibahas..

Lebih baik bahas perkara wuling ini.. kenapa dia bisa murah? Ya karena semua spareparts dkk sudah ada pabriknya sendiri di indonesia.. untuk durabilty, dia sudah bersama dengan GM, hanya waktu yg bisa menilai, tapi saya yakin sih oke kok.. Dan kenapa dia baru serius di indo era skarang ini? Ya karena mereka sudah mulai melihat pasar indo Itu menarik untuk berjualan secara serius (terlihat dari market yg diincar adalah market MPV, yg notabene kue yg renyah di indo)

Jadi menurut saya ga ada tuh masalah karena “rezim ini rezim itu”..

Malah yg jadi pertanyaan, selama ini brand jepun dengan low spek kok bisa kasih harga tinggi?

:big_bored:
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: MPV Wuling

Post by Bulgogi »

munyuy2 wrote:Saya kebetulan kerja di bidang IT & Telco.. 10 tahun lalu merek china eg.Huawei dll. bukan apa2 dan orang anggap remeh.tp ga sampai 5 tahun mereka bisa mengalahkan pemain besar seperti nokia, erickson,siemens Dan bikin pemain besar lainnya bangkrut.
Kl produsen jepang tidak waspada saya yakin 5 tahun lg wuling bisa @least 3 besar. Dan diuntungkan
Kita sbg customer bisa beli harga wajar dengan fitur komplit.

Sama dengan operator telco/bank prefer pakai merek china karena murah, reliable,stabil. Karena di bidang technology biasanya 5 tahun pakai habis itu swap spya up to date. Mirip2 dengan mobil kecendrungan org pakai 5 tahun lalu swap/ganti
:big_okay:
Perlu di ingat konsumen ga cuma cari murah mereka juga nyari prestisge.. buat pamer ke keluarga, tetangga, kerabat, dsb. Mobil itu kan lambang kesuksesan..

Jadi selain murah & bandel, prestisius sebuah merk juga penting..
Ryukent
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Sun Jan 03, 2016 4:40

Re: MPV Wuling

Post by Ryukent »

saya setuju dengan yang diatas. gak usa jauh jauh, dari saya sendiri, 6-7 tahun lalu, kalau disuruh pake hp cina, saya mending gak punya hp sekalian dari pada make hp cina, tapi sekarang dua biji hp saya semuanya brand china dan kualitas nya ternyata gak kalah jauh dari brand besar lainnya. rekanan bisnis saya yang omset bulanannya puluhan miliar, saya perhatikan sebagian besar 70% brand opp* ama viv* dan gak ada rasa gengsi atau malu.

memang sich, agak kurang pas membandingkan hp dengan mobil, tapi harus diingat juga harga mobil jepang untuk level yang menengah harganya dari tahun ke tahun makin ga masuk akal ( kalau untuk yang level atas gak usa cerita, ini segmen yang duit orangnya uda gak berseri ) . kita bicara untuk segmen masyarakat yang menengah yang duit masih pas pas an tapi punya kebutuhan / keinginan untuk punya mobil. saya rasa kalau merk cina wuling bisa menjawab kekhawatiran orang mengenai service, ketersediaan sparepart, durability dengan baik, gak tertutup kemungkinan 10-15 tahun dari sekarang, mobil cina bisa sodok ke 5 besar ( untuk peringkat 1,2,3 itu uda dikontrak ampe kiamat di indonesia ama merek itu itu )
rito
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Mon Mar 12, 2012 4:28

Re: MPV Wuling

Post by rito »

Logo w nya Wuling itu kalo dibikin aga kecilkan dikit dari sekarang, mungkin kelihatan lebih manis ya. Kalo sekarang, logo w nya itu kegedean menurut saya.
f1r3f0x
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Wed Aug 09, 2017 7:26
Location: Jkt

Re: MPV Wuling

Post by f1r3f0x »

China global domination will happen sooner or later. Kita hanya perlu mempersiapkan diri saja berbenah untuk menghadapinya. Dimana ada threat disitu ada opportunity.
Untuk wuling sndiri, meski bahasan sudah kemana2, apakah ada yg sudah test drive? AMT nya gimana? Karena sptny kekurangan paling fatalnya adalah transmisinya, khususnya untuk pasar di DKI yg kudu matic. Kalau masalah underpower, hampir semua saingannya juga underpower, underpower masih acceptable asalkan smooth dan cukup responsif transmisinya.