C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 339
- Joined: Fri Jul 01, 2016 10:16
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
Bakal sering pacaran sama bengkel2 nih kalo dapet unit yang lemon.. Apalagi lebih suka naik motor kalo hari biasa.. Mending utk rutinitas sehari2 sekalian mobilnya, biar worth it..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1316
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
Corolla atau camry aja dulu om buat mobil pertama. Klo asa rejeki lagi baru beli mobil hobi impian... klo buat networking mah klab mobil ngga begitu oke kecuali klub supercars
Smileage lebih penting dari mileage 

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 199
- Joined: Sun Oct 01, 2017 12:40
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
Kalau untuk hobi, monggo saja.
Kalau untuk mobil pertama, baiknya jangan. Lebih baik ambil mobil yang "bodo" saja -- bisa dipakai kapan saja, sehat, tinggal starter langsung jalan, dan dapat diandalkan. Angkut mobil begini, sebagus apapun kondisinya, pasti ada saja PR-nya. Kalau keseringan ngebengkel, kapan cari kliennya? Hehe... Teman-teman di atas sudah menyarankan mobil lain (Accord, Camry, Teana, yang gak kalah gengsi tapi less rewel). Kalau ingin lebih ada gengsinya, pakai sopir jangan nyetir sendiri.
On another note, zaman sekarang nyari klien based on tunggangan rasanya kok nggak terlalu relevan ya. Orang akan lebih melihat pada portofolio kerjaan kita dan referensi/reputasi tentang kita dari orang lain. Kalau ingin impress klien, lebih baik pelajari dan perbaiki teknik kita saja (cara berbicara, body language, public speaking, presentation, negotiation skills, selling skills, dsb). Lebih baik networking dilakukan saja secara natural (boleh tahu Anda bisnisnya apa?), karena biasanya ada asosiasi industri, exhibitions, sertifikasi, dsb. yang diadakan khusus untuk industri/sektor bisnis tersebut. Kalau Anda beneran newbie, cari senior yang mau membimbing dan jadi mentor Anda, lalu ikuti cara dia. Hal-hal tersebut menurut saya lebih efektif untuk nyari klien daripada spend money on Merc or BMW.
Mengenai klub juga saya sependapat teman-teman di atas. Orang berduit punya komunitas bisnis mereka sendiri. Biasanya mereka tidak mencampur antara komunitas bisnis dan hobi/otomotif begini. Jujur saja, untuk mobil yang masih banyak beredar, saya malas join klub. Apalagi kalau lebih banyak didominasi oleh pedagang dan oportunis, bukan benar-benar pengguna/hobiist. Lebih baik Anda jadi member golf club saja. Hehe...
Kalau untuk mobil pertama, baiknya jangan. Lebih baik ambil mobil yang "bodo" saja -- bisa dipakai kapan saja, sehat, tinggal starter langsung jalan, dan dapat diandalkan. Angkut mobil begini, sebagus apapun kondisinya, pasti ada saja PR-nya. Kalau keseringan ngebengkel, kapan cari kliennya? Hehe... Teman-teman di atas sudah menyarankan mobil lain (Accord, Camry, Teana, yang gak kalah gengsi tapi less rewel). Kalau ingin lebih ada gengsinya, pakai sopir jangan nyetir sendiri.
On another note, zaman sekarang nyari klien based on tunggangan rasanya kok nggak terlalu relevan ya. Orang akan lebih melihat pada portofolio kerjaan kita dan referensi/reputasi tentang kita dari orang lain. Kalau ingin impress klien, lebih baik pelajari dan perbaiki teknik kita saja (cara berbicara, body language, public speaking, presentation, negotiation skills, selling skills, dsb). Lebih baik networking dilakukan saja secara natural (boleh tahu Anda bisnisnya apa?), karena biasanya ada asosiasi industri, exhibitions, sertifikasi, dsb. yang diadakan khusus untuk industri/sektor bisnis tersebut. Kalau Anda beneran newbie, cari senior yang mau membimbing dan jadi mentor Anda, lalu ikuti cara dia. Hal-hal tersebut menurut saya lebih efektif untuk nyari klien daripada spend money on Merc or BMW.
Mengenai klub juga saya sependapat teman-teman di atas. Orang berduit punya komunitas bisnis mereka sendiri. Biasanya mereka tidak mencampur antara komunitas bisnis dan hobi/otomotif begini. Jujur saja, untuk mobil yang masih banyak beredar, saya malas join klub. Apalagi kalau lebih banyak didominasi oleh pedagang dan oportunis, bukan benar-benar pengguna/hobiist. Lebih baik Anda jadi member golf club saja. Hehe...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed May 11, 2016 8:40
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
1. Buat klien yang ngerti mobil, mobil2 gini rasanya udah pada tau harganya sama avanza bekas aja mahalan avanza. Mending mobil begini buat hobi aja bukan buat ketemu klienajprasetyo wrote: Tue Dec 26, 2017 16:36 C180 W203 vs 318i
Halo mastah-mastah semua. Ini ane sedang bingung mau ambil mobkas impian ane pas masih kecil. Ane suka banget sama dua mobil ini, yaitu C180 dan 318i yang sama-sama keluar tahun 2002. Budget untuk narik ini mobil ada di 110 juta udah sama perkiraan service. Belakangan di *lx.co.id muncul yg harga 80-90 jutaan untuk si kedua mobil ini. Kondisi yg ane hadepin:
1. Tujuan untuk bisnis, untuk cari klien.
2. Antar jemput anak
3. Keluar sabtu-minggu selain ketemu klien. Bukan untuk mobilitas setiap hari, soalnya lebih suka naik motor. hehe
4. Mobil pertama, kira-kira nubi macem ane ini yg ngga ngerti mobil bisa cepet belajar buat ngurus dua mobil ini nda ya? yg nda rewel diantara dua ini yg mana ya?
5. Konsumsi BBM irit mana ya?
Mau curhat dikit nih mastah-mastah. Saya sedang buat start up kecil2an yg butuh ketemu banyak klien. Selain karena memang dua mobil ini mobil idaman sejak kecil, rencananya selain buat meeting, ane juga mau ikutan klub yg siapa tau bisa buka channel klien. Kalau dari profilnya, kayaknya organisasi atau klub mobil yg org2nya kebanyakan duit ya dua ini antara biem atau benz. bener nggak sih gan?
2. Oke lah buat anter jemput, tapi rada sayang aja sih konsumsi bbm 1:7 udah bagus?
3. Mobil begini biasanya nyita waktu. Belom tentu juga pas mau ketemu klien lagi siap jalan.
4. Mobil eropa tua yang ga rewel yang saya tau cuman W124. Itu juga yang masih bagus kondisinya

5. Beli mobil begini ga boleh mikirin konsumsi bbm om

Saran saya, beli Camry 2004-2005, atau Altis VVTi. Ga nyusahin dan ga semahal mobil di atas. Biaya perwatan masih di bawah mobil mobil tersebut tapi ga keliatan murahan. Bensin juga termasuk irit

-
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 538
- Joined: Sun May 03, 2015 0:48
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
Saya rasa untuk mobil pertama kok rasanya mending ambil yang mainstream saja, saya mau usul cukup lah sekedar LMPV saja, dengan catatan setiap ketemu client pastikan mobil bersih, itu saja cukup
Karena kalo saya piker liat merc jadul atau bmw jadul sudah tdk bisa lagi untuk naikkan gengsi, kecuali merc atau bmw yg anda pakai adalah mobil tua yg seluruhnya full original dan penampakannya sekelas mobil kolektor yg dikeluarin kalo ada meet up saja, baru pasti client anda akan berpikir 'ini orang main mobil bginian pasti mobilnya di rumah ga cuma satu' ... IMHO
Karena kalo saya piker liat merc jadul atau bmw jadul sudah tdk bisa lagi untuk naikkan gengsi, kecuali merc atau bmw yg anda pakai adalah mobil tua yg seluruhnya full original dan penampakannya sekelas mobil kolektor yg dikeluarin kalo ada meet up saja, baru pasti client anda akan berpikir 'ini orang main mobil bginian pasti mobilnya di rumah ga cuma satu' ... IMHO
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Tue Dec 26, 2017 16:10
- Location: DEPOK
- Daily Vehicle: All New Grand Livina 2013-akhir XV AT 1500 cc
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
waaaah terimakasih bosquuu. makin yakin untuk ganti mobil seken yg nggak mahal2 amat macem KIA RIO 2013 atau AVEO 2013 juga. doakan saya dapet mobil impian yg kondisinya paling kinyis2 ya gan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
Short answer: C-Class W203 lebih aman. C200 LBH simple utk dimaintain, atau C180K utk sensasi supercharger dgn konsumsi irit (pernah punya c180k, dan adik pakai c200)
Long answer: hanya cocok kl sampeyan memang enthusiast mobil, karena mobil Eropa berumur butuh perhatian ekstra dan biaya perbaikan yg lumayan.
Utk cari client, jangan di club lah krn paling malas tuh kl kenal di club lalu ujug2 nawarin produknya, biasanya asuransi (no offense utk insurance agents). Kita join club utk friendship, brotherhood bukan utk berbisnis.
Perihal sbg mobil pertama, tidak masalah sepanjang siap dgn konsekuensinya (seperti saya dl...nekat ambil cibo 202 tua sbg mobil pertama dan belajar banyak hehehe)
Long answer: hanya cocok kl sampeyan memang enthusiast mobil, karena mobil Eropa berumur butuh perhatian ekstra dan biaya perbaikan yg lumayan.
Utk cari client, jangan di club lah krn paling malas tuh kl kenal di club lalu ujug2 nawarin produknya, biasanya asuransi (no offense utk insurance agents). Kita join club utk friendship, brotherhood bukan utk berbisnis.
Perihal sbg mobil pertama, tidak masalah sepanjang siap dgn konsekuensinya (seperti saya dl...nekat ambil cibo 202 tua sbg mobil pertama dan belajar banyak hehehe)
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 223
- Joined: Fri Jun 08, 2012 4:22
- Location: South Jakarta
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
Nah, kalau gini berarti sudah dapet pencerahan kan dari rekan2 disini. daripada nyari mobil berumur tapi akhirnya bikin pusing karena mesti jajan terus buat perbaikan dan belum lagi biaya bensinnya, mending cari mobil yg memang produktif menunjang kegiatan usaha (urusan gengsi kesampingkan dulu deh). Dengan budget segitu (110 jt) bisa cari berbagai city car yg tahunnya masih sangat muda dan kondisinya masih oke tinggal pake aja serta tidak dipusingkan dengan urusan perbaikan ataupun konsumsi bensin.ajprasetyo wrote: Thu Dec 28, 2017 16:42 waaaah terimakasih bosquuu. makin yakin untuk ganti mobil seken yg nggak mahal2 amat macem KIA RIO 2013 atau AVEO 2013 juga. doakan saya dapet mobil impian yg kondisinya paling kinyis2 ya gan

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 339
- Joined: Fri Jul 01, 2016 10:16
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
Nah ini baru bener, rio and aveo, 2 mobil dengan value for money tinggi..ajprasetyo wrote: Thu Dec 28, 2017 16:42 waaaah terimakasih bosquuu. makin yakin untuk ganti mobil seken yg nggak mahal2 amat macem KIA RIO 2013 atau AVEO 2013 juga. doakan saya dapet mobil impian yg kondisinya paling kinyis2 ya gan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4385
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
Saya bisa merasakan kegelisahan oom TS.imanoff wrote:Kalau untuk hobi, monggo saja.
Kalau untuk mobil pertama, baiknya jangan. Lebih baik ambil mobil yang "bodo" saja -- bisa dipakai kapan saja, sehat, tinggal starter langsung jalan, dan dapat diandalkan. Angkut mobil begini, sebagus apapun kondisinya, pasti ada saja PR-nya. Kalau keseringan ngebengkel, kapan cari kliennya? Hehe... Teman-teman di atas sudah menyarankan mobil lain (Accord, Camry, Teana, yang gak kalah gengsi tapi less rewel). Kalau ingin lebih ada gengsinya, pakai sopir jangan nyetir sendiri.
On another note, zaman sekarang nyari klien based on tunggangan rasanya kok nggak terlalu relevan ya. Orang akan lebih melihat pada portofolio kerjaan kita dan referensi/reputasi tentang kita dari orang lain. Kalau ingin impress klien, lebih baik pelajari dan perbaiki teknik kita saja (cara berbicara, body language, public speaking, presentation, negotiation skills, selling skills, dsb). Lebih baik networking dilakukan saja secara natural (boleh tahu Anda bisnisnya apa?), karena biasanya ada asosiasi industri, exhibitions, sertifikasi, dsb. yang diadakan khusus untuk industri/sektor bisnis tersebut. Kalau Anda beneran newbie, cari senior yang mau membimbing dan jadi mentor Anda, lalu ikuti cara dia. Hal-hal tersebut menurut saya lebih efektif untuk nyari klien daripada spend money on Merc or BMW.
Mengenai klub juga saya sependapat teman-teman di atas. Orang berduit punya komunitas bisnis mereka sendiri. Biasanya mereka tidak mencampur antara komunitas bisnis dan hobi/otomotif begini. Jujur saja, untuk mobil yang masih banyak beredar, saya malas join klub. Apalagi kalau lebih banyak didominasi oleh pedagang dan oportunis, bukan benar-benar pengguna/hobiist. Lebih baik Anda jadi member golf club saja. Hehe...
soal pilihan, silahkan mana yg paling pas aja.
kisah nyata.
kakak iparku punya W203 thn 2003 C180 kompressor.
service besar kena 14 juta
selang dua bulan kena kompressor dan printilan. kena 27 juta.
istri mulai protes.
akhirnya dilego.
jadi inget pepatah lama.
kalau anda orang kaya, belilah mobil sesuai hati. (baca : masa bodo apa kata org, asal enjoy..rusak ya diganti).
kalo kere/social climber, belilah mobil sesuai logika.
otherwise bisa berakhir di kampakan parung itu mobil.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
Sependapat saya dgn comment tsb[emoji1]ginting wrote:Saya bisa merasakan kegelisahan oom TS.imanoff wrote:Kalau untuk hobi, monggo saja.
Kalau untuk mobil pertama, baiknya jangan. Lebih baik ambil mobil yang "bodo" saja -- bisa dipakai kapan saja, sehat, tinggal starter langsung jalan, dan dapat diandalkan. Angkut mobil begini, sebagus apapun kondisinya, pasti ada saja PR-nya. Kalau keseringan ngebengkel, kapan cari kliennya? Hehe... Teman-teman di atas sudah menyarankan mobil lain (Accord, Camry, Teana, yang gak kalah gengsi tapi less rewel). Kalau ingin lebih ada gengsinya, pakai sopir jangan nyetir sendiri.
On another note, zaman sekarang nyari klien based on tunggangan rasanya kok nggak terlalu relevan ya. Orang akan lebih melihat pada portofolio kerjaan kita dan referensi/reputasi tentang kita dari orang lain. Kalau ingin impress klien, lebih baik pelajari dan perbaiki teknik kita saja (cara berbicara, body language, public speaking, presentation, negotiation skills, selling skills, dsb). Lebih baik networking dilakukan saja secara natural (boleh tahu Anda bisnisnya apa?), karena biasanya ada asosiasi industri, exhibitions, sertifikasi, dsb. yang diadakan khusus untuk industri/sektor bisnis tersebut. Kalau Anda beneran newbie, cari senior yang mau membimbing dan jadi mentor Anda, lalu ikuti cara dia. Hal-hal tersebut menurut saya lebih efektif untuk nyari klien daripada spend money on Merc or BMW.
Mengenai klub juga saya sependapat teman-teman di atas. Orang berduit punya komunitas bisnis mereka sendiri. Biasanya mereka tidak mencampur antara komunitas bisnis dan hobi/otomotif begini. Jujur saja, untuk mobil yang masih banyak beredar, saya malas join klub. Apalagi kalau lebih banyak didominasi oleh pedagang dan oportunis, bukan benar-benar pengguna/hobiist. Lebih baik Anda jadi member golf club saja. Hehe...
soal pilihan, silahkan mana yg paling pas aja.
kisah nyata.
kakak iparku punya W203 thn 2003 C180 kompressor.
service besar kena 14 juta
selang dua bulan kena kompressor dan printilan. kena 27 juta.
istri mulai protes.
akhirnya dilego.
jadi inget pepatah lama.
kalau anda orang kaya, belilah mobil sesuai hati. (baca : masa bodo apa kata org, asal enjoy..rusak ya diganti).
kalo kere/social climber, belilah mobil sesuai logika.
otherwise bisa berakhir di kampakan parung itu mobil.

HR15DE 2014
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Mon Jul 14, 2014 9:32
- Daily Vehicle: BMW_E36_323i
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
Mantap, setuju banget sama om gintingginting wrote: Fri Dec 29, 2017 2:04 Saya bisa merasakan kegelisahan oom TS.
soal pilihan, silahkan mana yg paling pas aja.
kisah nyata.
kakak iparku punya W203 thn 2003 C180 kompressor.
service besar kena 14 juta
selang dua bulan kena kompressor dan printilan. kena 27 juta.
istri mulai protes.
akhirnya dilego.
jadi inget pepatah lama.
kalau anda orang kaya, belilah mobil sesuai hati. (baca : masa bodo apa kata org, asal enjoy..rusak ya diganti).
kalo kere/social climber, belilah mobil sesuai logika.
otherwise bisa berakhir di kampakan parung itu mobil.

kalau om TS tidak terlalu suka DIY, memang bener ambil yang umum2 saja om
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 617
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
jangan c180 deh mas, mobil pertama apalagi, banyakan ngeluhnya nanti
lebih baik cari 300e matic, yg terawat. didandan bisa, dipake enak
saya selalu saran ke temen2 yg mau main mb, beli yg mesinnya besar, paling tidak 3l supaya enaknya dapet
tapi ya kembali lagi ke individunya
kalau ditanya spare part ya gampang, ke beres pasti diorderin ada cuma kalau harga ya relatif
biasanya kalau keracunannya bener nambah terus mb nya mas hehe
lebih baik cari 300e matic, yg terawat. didandan bisa, dipake enak
saya selalu saran ke temen2 yg mau main mb, beli yg mesinnya besar, paling tidak 3l supaya enaknya dapet
tapi ya kembali lagi ke individunya
kalau ditanya spare part ya gampang, ke beres pasti diorderin ada cuma kalau harga ya relatif
biasanya kalau keracunannya bener nambah terus mb nya mas hehe
Ron Asheton Forever
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 735
- Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
Model bagus 318i, ortu pernah punya, disetirnya enak bgt, interior juga saya suka. Kalau handling & interior tdk tau ya kalau dibanding Merc, tp pernah baca2 handling menang BMW jauh. Taon ke 8 uda dijual karena kaki2 depan ud glodakan setelah abisin 8-10jtan, masih ada suara2.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
Mercy tua yg worthed mnrt saya yg era bruno sacco, ini beneran overengineering asalkan dpt barang yang rawatan ya bukan barang asal jalan. Tp balik lagi ini mbl tua butuh kecintaan dahulu supaya merawatnya g ngeluh ini itu dan susah buat yg tdk hobi.
Tapi better buat 2nd car hehehe, tetep g sesuai dgn kualifikasi TS
Tapi better buat 2nd car hehehe, tetep g sesuai dgn kualifikasi TS
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
Kalo kawan sy bilang, jgn beli mercy klo bkn s class, Mending beli lexus aja ato others jap cbu......entah apa tp emang level mobil sy dibawah dia (jauh)
Klo di komplek rumah.. paling mobil ya generic.. crv.. alphard.. innova... ato sekalian royce ato lambo.. rumah ny view golf y
Intinya logic ato hobi...
Klo di komplek rumah.. paling mobil ya generic.. crv.. alphard.. innova... ato sekalian royce ato lambo.. rumah ny view golf y
Intinya logic ato hobi...
engine roaring!
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Tue Dec 26, 2017 16:10
- Location: DEPOK
- Daily Vehicle: All New Grand Livina 2013-akhir XV AT 1500 cc
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
Waaah terima kasih Agan-agan, ini mencerahkan banget. biasalah anak muda pengennya yg wow nuruti nafsu. kalau dipikir baik2 bisa beli tapi nggak mampu ngerawat. wkwkkwkw. terima kasih bosquuuu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
jd mari rame" kita ambil mbl yg pasti" sj xixixi..
Ni tret rame n pd koment krn embel tittlenya ada benz sm biem....beda crita mungkin klo jdlnya nya " Pilih avega or kia rio", bc tersirat aslinya org banyak yg mw cb itu mbl sbnrnya, bbrp pertimbangan akhirnya ada yg go for it dan ada yg keep jgn d sentuh, beli yg aman" saja. N seumur idup jd nya ngga pernah d sentuh (berlaku sama di luar topic mbl). Kepala lbh cendrung bermain dg safety vs freedom/opsi lain yg lbh enak (with their risk attached on it)
*open minded sj. Tiap model/merk punya requiremntnya, cth mbl diatas...dsbt bth perhatian lbh n cost yg mayan...lanjutin sbrp besar perhatian n cost yg d maksud...gap perbedaanya dg merk lain yg sekelas significant/tdk?
* liat n ukur diri dg requirement diatas tsb, plus prioritas kita thd mbl dan hal lain yg terkait di dlmnya (cost dll) ada dmn?
Baru deh lanjut/tdknya
#pernah rawat A3 n Ist (basic entry car tyt) mechanical part d luar ecu/electitacal lbh ajib ist parts ori to ori, emejing
Ni tret rame n pd koment krn embel tittlenya ada benz sm biem....beda crita mungkin klo jdlnya nya " Pilih avega or kia rio", bc tersirat aslinya org banyak yg mw cb itu mbl sbnrnya, bbrp pertimbangan akhirnya ada yg go for it dan ada yg keep jgn d sentuh, beli yg aman" saja. N seumur idup jd nya ngga pernah d sentuh (berlaku sama di luar topic mbl). Kepala lbh cendrung bermain dg safety vs freedom/opsi lain yg lbh enak (with their risk attached on it)
*open minded sj. Tiap model/merk punya requiremntnya, cth mbl diatas...dsbt bth perhatian lbh n cost yg mayan...lanjutin sbrp besar perhatian n cost yg d maksud...gap perbedaanya dg merk lain yg sekelas significant/tdk?
* liat n ukur diri dg requirement diatas tsb, plus prioritas kita thd mbl dan hal lain yg terkait di dlmnya (cost dll) ada dmn?
Baru deh lanjut/tdknya
#pernah rawat A3 n Ist (basic entry car tyt) mechanical part d luar ecu/electitacal lbh ajib ist parts ori to ori, emejing

4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 204
- Joined: Sun Feb 22, 2015 13:01
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
Untk mesin m271 w203, ada bbrp parts yg perlu diperhatikan. Seperti adjuster timing chain, camshaft sensor sering rembes.
Overall mobil ini cukup reliable.
Untuk kompresaor m271 w203, sebenar.nya jebol sering karena pernah nerjang banjir hingga kena supercharge, suara kasar gak dicek oli kompressor nya..
Kalau pemakaian normal, sangat jaramg rusak, kecuali defect.
Konon w204 m271 kompressor ada revisi (lbh robust drpd w203 m271).
Dan info2 dari web luar, mesin m271 paling perfect m271 turbo, 2012 up. Uda banyak revisi di bbrp komponen.
AT 722.6 cukup kuat, asal dirawat (harus rawat ATF, walaupun claim nya lifetime) jangan salaj pemakaian.. rawat terus.
Overall mobil ini cukup reliable.
Untuk kompresaor m271 w203, sebenar.nya jebol sering karena pernah nerjang banjir hingga kena supercharge, suara kasar gak dicek oli kompressor nya..
Kalau pemakaian normal, sangat jaramg rusak, kecuali defect.
Konon w204 m271 kompressor ada revisi (lbh robust drpd w203 m271).
Dan info2 dari web luar, mesin m271 paling perfect m271 turbo, 2012 up. Uda banyak revisi di bbrp komponen.
AT 722.6 cukup kuat, asal dirawat (harus rawat ATF, walaupun claim nya lifetime) jangan salaj pemakaian.. rawat terus.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3059
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
hahahaha, kalo beli mercy lgs s-class boncos sih pak.walid_007 wrote: Fri Dec 29, 2017 3:42 Kalo kawan sy bilang, jgn beli mercy klo bkn s class, Mending beli lexus aja ato others jap cbu......entah apa tp emang level mobil sy dibawah dia (jauh)
Klo di komplek rumah.. paling mobil ya generic.. crv.. alphard.. innova... ato sekalian royce ato lambo.. rumah ny view golf y
Intinya logic ato hobi...
banyak yg blg mercedes starts from E-class
S-class itu pengalaman saya ngerawatnya 2-3x lipat ngerawat C dan E class, tp ngerawat A-Class lebih mahal drpd rawat C-Class haha.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 617
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
berawal dari E, berakhir dengan tak ada akhirnya he hefarizfsa wrote: Fri Dec 29, 2017 6:21hahahaha, kalo beli mercy lgs s-class boncos sih pak.walid_007 wrote: Fri Dec 29, 2017 3:42 Kalo kawan sy bilang, jgn beli mercy klo bkn s class, Mending beli lexus aja ato others jap cbu......entah apa tp emang level mobil sy dibawah dia (jauh)
Klo di komplek rumah.. paling mobil ya generic.. crv.. alphard.. innova... ato sekalian royce ato lambo.. rumah ny view golf y
Intinya logic ato hobi...
banyak yg blg mercedes starts from E-class
S-class itu pengalaman saya ngerawatnya 2-3x lipat ngerawat C dan E class, tp ngerawat A-Class lebih mahal drpd rawat C-Class haha.
setuju, racun memang dimulai dari E
dan ngerawat G 2xnya ngerawat S, untung saya ngga pegang A he he
Ron Asheton Forever
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
Bukan play safe karena liat list Benz dan BMW sih.
Tapi karena lagi rintis startup dan mau pake either Benz/BMW dari list buat kendaraan. Kalo objektifnya buat hobi, saya bakal dorong duluan sampe kecebur sebasahnya hahaha.
Tapi karena lagi rintis startup dan mau pake either Benz/BMW dari list buat kendaraan. Kalo objektifnya buat hobi, saya bakal dorong duluan sampe kecebur sebasahnya hahaha.
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
Mercy BMW, semakin sering dipake semakin bagus kondisinya. Cerita2 oli rembes (biasanya oli transmisi), elektrikal / sensor problem, dll.. itu kemungkinan besar malah karena terlalu 'disayang'. Saya punya pengalaman sendiri e90 lawas 2 bulan di garasi, saya cek oli transmisi berceceran di lantai. w204 nggak dipake sebulan, sensor perlu ganti. Tapi setelah dipakai harian (dan sekarang kalo saya pergi tetep saya jalanin mobilnya) nggak ada problem. Sama juga setelah cuci mobil, kampas rem asli itu kena air malah semakin lengket... (masuk akal, supaya kondisi ujan tetep pakem). Jadi kalau nggak segera dipakai jgn direm parkir supaya kampas rem nggak nempel ke piringan. Ada kejadian bimmer dicuci dan dipanasin doank tapi gak jalan... kampas rem nempel ke piringan, terpaksa harus ganti piringan nya.
Sebetulnya jepang kalau fitur2nya udah kaya eropa ya sama aja ribetnya. Alphard misal sunroof kebuka dikit pas ujan... macet, ya wajar wong kemasukan air, itu steering rack pasti gluduk2 stlh 10rb KM... Harrier lawas, dashboard rawan pecah, dll hehehe. Kalau mau yg simpel2 ya cari mobil yg minim fitur. Bukan karena teknologi engineering jepang lebih unggul dari eropa, tapi karena memang minim fitur dan biasanya niru fitur2 mobil eropa (misal gak ada fitur power backdoor, ya nggak mungkin rusak wong nggak ada).
Kayaknya ada stigma, mobil eropa rewel, spare part mahal... ya sama aja, mobil jepang kalau sekelas Lexus, GTR, NSX kalau sampai rewel juga nggak murah parts nya. Ada kenalan saya ECU Nissan GTR nya problem, biaya servis & parts - 60 jt (apa bisa dibilang murah?), harga GTR sama S class selevel kan... sama aja pas rusak juga sama2 mahal.. hehehe.
Sebetulnya jepang kalau fitur2nya udah kaya eropa ya sama aja ribetnya. Alphard misal sunroof kebuka dikit pas ujan... macet, ya wajar wong kemasukan air, itu steering rack pasti gluduk2 stlh 10rb KM... Harrier lawas, dashboard rawan pecah, dll hehehe. Kalau mau yg simpel2 ya cari mobil yg minim fitur. Bukan karena teknologi engineering jepang lebih unggul dari eropa, tapi karena memang minim fitur dan biasanya niru fitur2 mobil eropa (misal gak ada fitur power backdoor, ya nggak mungkin rusak wong nggak ada).
Kayaknya ada stigma, mobil eropa rewel, spare part mahal... ya sama aja, mobil jepang kalau sekelas Lexus, GTR, NSX kalau sampai rewel juga nggak murah parts nya. Ada kenalan saya ECU Nissan GTR nya problem, biaya servis & parts - 60 jt (apa bisa dibilang murah?), harga GTR sama S class selevel kan... sama aja pas rusak juga sama2 mahal.. hehehe.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Fri Apr 25, 2008 5:29
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
Wkwkwkk....marmut wrote: Wed Dec 27, 2017 4:10 kalo mau keliatan bonafid tapi duit pas-pasan ya ambil w124 e320 atau e230.
mau irit? pesen gocar atau uber atau grab. nggak pusing beli bensin, nggak pusing perawatan, dan tiap kali pasti gonta ganti mobil.
Betul bro,, pakai taxi online bisa gonta ganti mobil kayak orang tajir....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3059
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: C180 W203 vs 318i? Tua apa masih worth to buy?
Haha beli G nya aja udah 5x s class tahun yg sama om..thestoneroses wrote: Fri Dec 29, 2017 6:42berawal dari E, berakhir dengan tak ada akhirnya he hefarizfsa wrote: Fri Dec 29, 2017 6:21hahahaha, kalo beli mercy lgs s-class boncos sih pak.walid_007 wrote: Fri Dec 29, 2017 3:42 Kalo kawan sy bilang, jgn beli mercy klo bkn s class, Mending beli lexus aja ato others jap cbu......entah apa tp emang level mobil sy dibawah dia (jauh)
Klo di komplek rumah.. paling mobil ya generic.. crv.. alphard.. innova... ato sekalian royce ato lambo.. rumah ny view golf y
Intinya logic ato hobi...
banyak yg blg mercedes starts from E-class
S-class itu pengalaman saya ngerawatnya 2-3x lipat ngerawat C dan E class, tp ngerawat A-Class lebih mahal drpd rawat C-Class haha.
setuju, racun memang dimulai dari E
dan ngerawat G 2xnya ngerawat S, untung saya ngga pegang A he he