Kampas rem macam-macam jenis, bentuk, dan kualitas. Tapi ada kalanya ada yang bisa sama bentuk, ukurannya sehingga bisa dipakai sebagai alternatif. Meskipun dari lain merek kendaraan, tapi bisa diaplikasi.
Misalnya kampas belakang Satria tromol bisa diganti dengan punya Kaze. Sama plek, malah lebih bagus dan lebih empuk. Sehingga jarang keluar bunyi cit...cit... seperti kampas rem aslinya.
Ada yang punya pengalaman laen?
Tuker-tukeran kampas rem?!?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
Mungkin unsur2 dibawah ini bisa diperhatikan untuk memilih brake pads
1. Pilihlah brake pad dengan kontur pelat yang halus dan rapi. Hal itu menunjukkan presisi produk dan kinerjanya. Pinggiran pelat yang halus membuat brake pad bisa bergerak tanpa halangan saat terpasang di kaliper.
2. Pilihlah brake pad yang memiliki kandungan metal lebih sedikit. Hal itu bisa anda lihat dari warna yang muncul di permukaan. Kandungan metal bisa tampak dari kilauan logam pada permukaan.
3. Jangan memilih brake pad yang ada goresan-goresan atau serat-seratnya yang keluar jalur. Lapisan kampas harus solid, proses cuttingnya jangan sampai menyebabkan serat-seratnya keluar jalur.
4. Perhatikan marking yang terdapat pada komponen. Dari situ anda akan mendapatkan petunjuk keaslian produk. Brake pad yang asli pada umumnya ditandai oleh kode produksi yang dicetak rapi. Misalnya dalam bentuk ketrikan atau embos.
5. Perhatikan dengan baik kondisi brake pad, jangan sampai anda membeli yang retak.
1. Pilihlah brake pad dengan kontur pelat yang halus dan rapi. Hal itu menunjukkan presisi produk dan kinerjanya. Pinggiran pelat yang halus membuat brake pad bisa bergerak tanpa halangan saat terpasang di kaliper.
2. Pilihlah brake pad yang memiliki kandungan metal lebih sedikit. Hal itu bisa anda lihat dari warna yang muncul di permukaan. Kandungan metal bisa tampak dari kilauan logam pada permukaan.
3. Jangan memilih brake pad yang ada goresan-goresan atau serat-seratnya yang keluar jalur. Lapisan kampas harus solid, proses cuttingnya jangan sampai menyebabkan serat-seratnya keluar jalur.
4. Perhatikan marking yang terdapat pada komponen. Dari situ anda akan mendapatkan petunjuk keaslian produk. Brake pad yang asli pada umumnya ditandai oleh kode produksi yang dicetak rapi. Misalnya dalam bentuk ketrikan atau embos.
5. Perhatikan dengan baik kondisi brake pad, jangan sampai anda membeli yang retak.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Masalah bahan mungkin Daku kurang begitu tau bener. Tapi yg pernah denger, seperti pada motor Daku, Honda Karisma. Bahan brake padnya tidak mengandung asbes. Akibatnya daya remnya menurun, dibandingkan brake pad yg mengandung asbes. Namun penghilangan bahan asbes ini lebih disebabkan karena faktor kesehatan. Karena asbes seperti diketahui tidak baik bagi kesehatan.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Mon Nov 10, 2003 8:06
kampas rem
ente ga usah bingung2 udah ganti pake kampas rem punya KITAKO.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Sat Sep 27, 2003 3:36
- Location: MBOK EM - CHILLE DUCK 69