Konon menurut Mr. Conan mobil ini ada rencana masuk oleh Indomobil ? or type Dacia yg mana ya ?
Kabarnya memang begitu, Renault Group ada rencana untuk merakit mobil di Indonesia dengan merk baru, Dacia lah yang dimaksud. Model yang tampaknya akan dirakit adalah Dacia Logan MCV ini. Aku berharap versi sedannya juga masuk, karena akan menjadi sedan mini pertama bermesin commonrail diesel di Indonesia. Tapi kemungkinannya memang kecil karena paradigma disini yang memandang diesel sebelah mata, apalagi untuk sedan.
Mr. Turboman, aku sudah mengikuti perkembangan Dacia Logan ini sejak tahun 2004 lalu, setelah Renault mengambil-alih Dacia (yang memang sejak dulu merakit mobil2 Renault untuk pasar Eropa Timur) dan menjadikannya basis untuk meluncurkan Logan. Model pertama adalah Dacia Logan 4-door saloon (sedan), lalu 5-door MCV ini, dan nantinya juga akan ada versi SUV (concept pictured below).
Mengapa aku menyukai Dacia Logan, karena menurutku ini mobil berharga murah tapi not 'cheap', but 'inexpensive'.
Dari segi tampilan, Dacia Logan memang tidak didesain untuk tampil 'stylish', tapi more importantly is what lies underneath. Karena Dacia Logan ini ditujukan untuk pasar Eropa (terutama Timur, tapi dipasarkan juga di Barat). Masyarakat sana tidak mementingkan tampilan cantik atau accessories berlebihan yang tidak berhubungan dengan safety, tapi lebih mementingkan safety dan usability. Ini bertolak belakang dengan ciri masyarakat Asia yang lebih mementingkan tampilan luar dan beragam accessories yang terlihat mata, daripada technology dan safety features yang tidak terlihat mata.
Kalau dibandingkan dengan Livina yang sama2 produk Renault-Nissan group, menurutku Livina itu cantik di luar, sementara Dacia ini cantik di dalam (dan maksudku bukan interior, tapi 'jeroan' secara keseluruhan).
Beberapa contoh untuk menggambarkan maksudku.
Seperti telah disebut Mr. Turboman, Dacia Logan ini telah dilengkapi safety yang memadai sebagai standar (walaupun belum bisa dipastikan apakah versi rakitan Indo akan mengalami spec-down safety di sana sini).
Selain itu, dashboardnya yang tampilannya sangat sederhana, dirancang as one piece moulding, bukan terdiri dari beberapa part yang digabungkan. One-piece moulding reduces cost, rattles, fit and finish problems. And, it's more cost-efficient to manufacture.
Bagian-bagian yang digunakan, sebagian berasal dari model2 Renault. Instruments, door handles, wheel, column stalks dari Renault Clio. AC vents dan gear knob dari Renault Espace, sedangkan sistem AC dari Renault Modus. Mesin bensin 1.4L dari Renault Clio/Kangoo dan sudah memenuhi standar Euro4. Mesin diesel menggunakan mesin 1.5L dCi milik Renault, tapi yang telah tersedia baru versi low-power, tapi tampaknya yang lebih powerful juga eventually akan tersedia.
Layout mesin juga persis dengan Renault Clio.
Platform yang digunakan Dacia Logan ini adalah Renault-Nissan's B-platform, yang juga digunakan oleh Nissan Micra, Renault Modus, dan juga Renault Clio baru. Suspensi belakang Dacia Logan ini juga menggunakan milik Renault Modus. Suspensi depan menggunakan milik Renault Clio. Oh ya, konon suspensinya sangat tangguh, karena dirancang untuk Eropa Timur yang medannya very rough dan jalan2nya panjang2. Suspensi tangguh ini tidak berarti 'empuk', tapi stabil pada kecepatan tinggi dan mampu dibawa ke medan berat.
All in all, walaupun tampilan luarnya tidak cantik, but it has the inner beauties of a Renault. A brand new but cheap Renault without the badge, one might say.
Karena itu pula Dacia Logan sangat sukses di Eropa Timur, sehingga Renault juga mengincar pasar Rusia, India, China, Iran,dan Amerika Latin.

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.