Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Berbeda pendapat adalah hal yg wajar begitu pula user yg pake berbeda merk find find aja. Yang penting user nya nyaman dan sreg dgn mobil nya masing masing. PEACE

HR15DE 2014
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Sat May 06, 2017 11:04
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: XV40
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
hahaha "mau terjun ke jurang kok ngajak ngajak, lu sendiri aja sono"Zaxis wrote: Thu Dec 21, 2017 4:29 Yg ribut kan yg beli mobil merk laen tp was2 jg harga jual bekas nya takut jatoh
Jd ajak rame2 pindah merk dia jg biar sama2 rasain kalo jual bekas nya jatoh bkn dia aja yg rugi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 859
- Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Berarti mmg pasar indonesia mmg berbeda dgn pasar negera lain. Di negara lain merek2 otomotif semua berlomba2 bikin mobil bagus dgn teknologi dan fitur terdepan. Di Indonesia, mobil yg paling basic ( mesin transmisi teknologi jadul, fitur kopong ) malah paling laku dengan alasan mudah dimaintenance, tahan banting, gampang dijual lagi. Semua ini terlepas dr kebutuhan masyarakat indonesia yg melihat mobil sebagai alat transportasi untuk pindah dr titik A ke titik B semata, bukan sebagai kesenangan hobby ataupun manisfestasi kesuksesan.calonjenazah wrote: Thu Dec 21, 2017 5:13hehe pembeli biasanya membeli barang sesuai yang dibutuhkan (paling sesuai isi dompet), kalau memang butuh yang fiturnya lebih ya mereka akan ambil yg fitur lebih (lebih kuras isi dompet sampai habis). Makanya ada pasarnya masing masing.Mkresnap wrote: Thu Dec 21, 2017 3:26
haha setuju, berarti yang harusnya diubah tuh bukan mindset pembeli, tapi mindset para komentator ya gan haha, yang mintanya lebih dengan duit pas pasan, hello teknologi itu mahal dan toyota punya standar sendiribanyak fitur mubazir yang dikasih sama mazda contohnya, saya akuin keamanan mazda top punya, tapi di jalan indo pake scbs ngerem terus tuh mobil gara gara motor nyelip nyelip haha
kalo dikasih elektrikal banyak nanti komen lagi bensin boros lah nggak awetlah. HEY lu pikir sensor tahan berapa lama. Maunya barang yang sempurna tapi budget pas pasan gini ini nih HAHAHA
Nah yg lucunya kan biasanya orang orang sini bukan pembeli, bahkan calon pembeli saja bukan (tidak punya dompet), selalu membandingkan standard yg ada, dan meminta fitur lebih (padahal beli saja tidak), Begitu yang laku dipasaran yang featureless (paling jelek) menurut mereka, disalah salahin/dijelek jelekin yg pada beli featureless tadi mending beli yang ini mending yang itu (ingat padahal yg jelek jelekin punya dompet saja tidak), padahal hasil penjualan menunjukkan memang batas kebutuhan (kemampuan) mayoritas orang sini ya sekedar disitu (jaminan low price, low parts & maintenance price, low fuel consumption & quality, yg high durability).
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Sat May 06, 2017 11:04
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: XV40
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Ya ga bisa dipungkiri selama ekonomi indonesia berada di level sekarang (nyungsep) dan akan terus seperti sekarang keadaan pasar akan terus seperti itu (malah sedang bergeser ke tren mobil dari negara tirai palsu).mobilover wrote: Thu Dec 21, 2017 5:30
Berarti mmg pasar indonesia mmg berbeda dgn pasar negera lain. Di negara lain merek2 otomotif semua berlomba2 bikin mobil bagus dgn teknologi dan fitur terdepan. Di Indonesia, mobil yg paling basic ( mesin transmisi teknologi jadul, fitur kopong ) malah paling laku dengan alasan mudah dimaintenance, tahan banting, gampang dijual lagi. Semua ini terlepas dr kebutuhan masyarakat indonesia yg melihat mobil sebagai alat transportasi untuk pindah dr titik A ke titik B semata, bukan sebagai kesenangan hobby ataupun manisfestasi kesuksesan.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 171
- Joined: Sun Mar 05, 2017 7:05
- Location: Bandung
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Kebanyakan orang kan beli mobil agak maksain.. Bahkan cicilan buat mobilnya bisa sampe 50 % dari Pendapatan dia... Makanya secara mindset mereka akan mencari mobil yg Istilahnya "aman" alias nanti kalo butuh duit Gampang dijual.. Atau ingin ganti upgrade juga ngga susah jualnya..
Intinya orang kebanyakan di Kelas LMPV ini yg dipikirkan itu resale Value..Irit BBM.. Dan ASS nya...
Makanya Sy lihat penjualan avanza ternyata masih stabil..ya digerogoti sama Xpander justru calon konsumen nya mobilio,ertiga, brv, rush
Intinya orang kebanyakan di Kelas LMPV ini yg dipikirkan itu resale Value..Irit BBM.. Dan ASS nya...
Makanya Sy lihat penjualan avanza ternyata masih stabil..ya digerogoti sama Xpander justru calon konsumen nya mobilio,ertiga, brv, rush
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Tenang tenang.. bentar lagi masuk era electric vehicle.. kebijakan lagi digodok, charging spot lagi dibangun, sosialisasi media ttg EV juga mulai masif.. jadi penasaran apa avanza masih bertahan di masa depan?
Atau avanza malah di cangkok batterai lithium?
Atau avanza malah di cangkok batterai lithium?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
paling mobil elektrik yang laku sekitar ratusan mentok. gak mungkin lah sampe ribuan. lihat deh kondisi sekitar. imhoBulgogi wrote: Thu Dec 21, 2017 6:27 Tenang tenang.. bentar lagi masuk era electric vehicle.. kebijakan lagi digodok, charging spot lagi dibangun, sosialisasi media ttg EV juga mulai masif.. jadi penasaran apa avanza masih bertahan di masa depan?
Atau avanza malah di cangkok batterai lithium?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Selama premium and solar masi terjangkau ngapain susah2 pindah EV/hybrid/apapun yg nonsubsidi hahaaaa
Hidup makin susah bozzzz, persaingan makin berat....
Hidup makin susah bozzzz, persaingan makin berat....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7654
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
pasar domestik indo sama spt lower-middle 3rd world pd umumnya spt (kalo south asia) pakistan ...... beda nya cuma di pakistan octane level ikut negara negara normal (euro std) bahkan octane level di killzones juga normal tdk spt indomobilover wrote: Thu Dec 21, 2017 5:30
Berarti mmg pasar indonesia mmg berbeda dgn pasar negera lain. Di negara lain merek2 otomotif semua berlomba2 bikin mobil bagus dgn teknologi dan fitur terdepan. Di Indonesia, mobil yg paling basic ( mesin transmisi teknologi jadul, fitur kopong ) malah paling laku dengan alasan mudah dimaintenance, tahan banting, gampang dijual lagi. Semua ini terlepas dr kebutuhan masyarakat indonesia yg melihat mobil sebagai alat transportasi untuk pindah dr titik A ke titik B semata, bukan sebagai kesenangan hobby ataupun manisfestasi kesuksesan.
di firstworld market advanced tech / safety bukan krn mrk (brands) itu generous tapi lbh kpd safety n enviro compliance (ingat di amriki contohnya 1980s kita sdh dengar bhw zero emission policy yg di mulai di california akan memberi incentive pd siapapun yg sanggup n penalty pd siapapun yg tdk / blm sanggup) ......
mobil dacia sandero yg mrp sedan / hatch termurah (euro 7,500 onroad incl insurance krn skrg lg year-end special offer) sdh ada itu in-cabin heater; 'panic button' (emergency locator beaming) atau lane change alert atau (u yg radio-less) traffic info radio channel (single band auto change on crossborder passing) ...... krn itu semua hrs ada (kalo tdk, pasti tdk bole jualan di EU)
yg blm pasti ada itu AC dan ..... kaca felem (maksut nya tinted windows) n video mundur
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Mindset kompetitornya yg perlu.dirubah supaya lebih laku berdasarkan kebutuhan pembeli, bukan mindset pembelinyarajapb wrote: Wed Dec 20, 2017 17:30Atau mindset beberapa pembeli nya harus dirubah?Penikmat_Kopi wrote: Wed Dec 20, 2017 15:23 Intinya sih kalau mobilnya gak laku ya jangan nyalahin pembelinya. Pembeli itu punya pertimbangan sendiri-sendiri kenapa memutuskan membeli produk tersebut. Kalau kompetitor avanza gak bisa bersaing dengan avanza, yang salah ya si kompetitornya, salah sendiri gak bisa jualan produknya berdasarkan apa yg calon pembeli butuhkan.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Sat May 06, 2017 11:04
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: XV40
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
kebijakan EV apalagi yg barusan dipamerin untuk resmikan tol (Ezzy : perpaduan ford fiesta GE8 jadi CRZ dikasih batre ABC harga 500jt) sama dengan dulu mainan mobnas goals sebatas poles pilkada & pilpres nanti, penerapan disini absolutely myth, selama yg main di indonesia masih cungko cungko minyak ya memble saja.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Pendapat saya kalau melihat realitas kita yg dulu pengekspor minyak mentah dan yg sdh cukup lama jg jadi net importer minyak bumi yg merupakan sumber daya alam yg tidak bisa diperbaharui dan tidak banyak cadangan terbukti minyak bumi baru yg ditemui maka sumber energi alternatif non fossil fuel utk otomotif merupakan sesuatu yg tak terelakan lagi tinggal tunggu waktu nya aja hadir di IDM.

HR15DE 2014
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 260
- Joined: Mon Dec 04, 2017 13:57
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Sebenernya produsen sih bisa aja masukin semua telnologi keamanan tapi banyak hambatan pertama mercedez waktu itu mau masukin kalo gasalah lane keeping assist tapi bentrok sama frekuensi radio di indo, kedua kalo dikasih fitur lengkap pasti harga naik luar biasa, siapa yang mau beli? Kecuali orang orang dengan keuangan yang cukup banyak, ketiga kalo rusak atpm dihujat karena maunya sparepart murah padahal mobil sekelas chevy nissan yang kemanan cukup perawatan lumayan mahal dan sparepartnya itu bikin kantong bolong
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Mon Nov 14, 2016 2:50
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Nanti juga akan runtuh dengan sendirinya seiring dengan kesadaran customer indonesia menyadari penting nya resiko keselamatan dan menempatkan safety risk diurutan teratas dan RV risk diurutan paling bawah.
tapi pertanyaannya kapan ??? heheheee
tapi pertanyaannya kapan ??? heheheee
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
so, semua orang harus beli mobil yang gampang ngerawat nya, boring to drive, sparepart dan aftersales terjamin, resale value bagus gitu? gak bisa lah.Penikmat_Kopi wrote: Thu Dec 21, 2017 8:18Mindset kompetitornya yg perlu.dirubah supaya lebih laku berdasarkan kebutuhan pembeli, bukan mindset pembelinyarajapb wrote: Wed Dec 20, 2017 17:30Atau mindset beberapa pembeli nya harus dirubah?Penikmat_Kopi wrote: Wed Dec 20, 2017 15:23 Intinya sih kalau mobilnya gak laku ya jangan nyalahin pembelinya. Pembeli itu punya pertimbangan sendiri-sendiri kenapa memutuskan membeli produk tersebut. Kalau kompetitor avanza gak bisa bersaing dengan avanza, yang salah ya si kompetitornya, salah sendiri gak bisa jualan produknya berdasarkan apa yg calon pembeli butuhkan.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Boring to drive? Bagi orang2 yg beli mungkin enggak lho, nyatanya paling laris.rajapb wrote: Fri Dec 22, 2017 8:20so, semua orang harus beli mobil yang gampang ngerawat nya, boring to drive, sparepart dan aftersales terjamin, resale value bagus gitu? gak bisa lah.Penikmat_Kopi wrote: Thu Dec 21, 2017 8:18Mindset kompetitornya yg perlu.dirubah supaya lebih laku berdasarkan kebutuhan pembeli, bukan mindset pembelinya
Nah kalau kebanyakan orang milih avanza dengan pertimbangan sparepart dan aftersales terjamin, resale value bagus, harga terjangkau dan muat banyak, ya karena mungkin itulah yg mereka butuhkan dibanding dengan fitur2 yg bertebaran.
Ini konteksnya kan kenapa susah meruntuhkan dominasi avanza? Karena suka atau tidak suka ya harus diakui kalau avanza lebih mengerti kebutuhan pembelinya, dibanding kompetitornya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7654
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
at commercial level dimanapun kapanpun u kasih yg (diliat org lain bagus) itu hrs:
-di paksa; atau
-ter paksa; atau 2 2 nya
-di paksa; atau
-ter paksa; atau 2 2 nya
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 152
- Joined: Wed Jul 28, 2010 9:05
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
setuju kurleb ama pendapat ini. harus diingat penduduk indonesia yng beli mobil bukan cm di Jakarta ato di kota besar pulau Jawa. Di daerah-daerah meski idealnya orang pasti milih mobil yang value for money (harga vs fitur dan driving experences lainnya) tapi realita di lapangan gak bisa dihindari, yakni beli mobil tetap harus dipikirin ASSnya. kayaknya gak ada orang di daerah selain kota besar kyk Jakarta mau beli mobil cuma pake rusak trus ganti. Ini yang perlu dikikis secara gradual sama kompetitor avanza-innova khususnya pabrikannya. TAM juga mulai bisa ampe ke pelosok kan bukan 1 hari atau 1 tahun, tapi dicicil sudah berpuluh tahun untuk dpt reputasi dan persepsi merek kayak sekarang.Penikmat_Kopi wrote: Fri Dec 22, 2017 9:01Boring to drive? Bagi orang2 yg beli mungkin enggak lho, nyatanya paling laris.rajapb wrote: Fri Dec 22, 2017 8:20so, semua orang harus beli mobil yang gampang ngerawat nya, boring to drive, sparepart dan aftersales terjamin, resale value bagus gitu? gak bisa lah.Penikmat_Kopi wrote: Thu Dec 21, 2017 8:18
Mindset kompetitornya yg perlu.dirubah supaya lebih laku berdasarkan kebutuhan pembeli, bukan mindset pembelinya
Nah kalau kebanyakan orang milih avanza dengan pertimbangan sparepart dan aftersales terjamin, resale value bagus, harga terjangkau dan muat banyak, ya karena mungkin itulah yg mereka butuhkan dibanding dengan fitur2 yg bertebaran.
Ini konteksnya kan kenapa susah meruntuhkan dominasi avanza? Karena suka atau tidak suka ya harus diakui kalau avanza lebih mengerti kebutuhan pembelinya, dibanding kompetitornya.
Kalo saya pribadi berharap banyak sama Mitsubsihi bisa jadi game changer untuk ngatasin dominasi TAM dan produk turunannya, khususnya selepas luncurin pajero sport dan skrg xpander. Hal ini karena setidaknya dia merek Jepang dan jaringan ASSnya sudah lumayan mapan meski lebih condong untuk kendaraan niaga. Setidaknya modal awalnya sudah bagus bagi Mitsubishi untuk mengulang duel seru dengan TAM di masa lalu.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Sat May 06, 2017 11:04
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: XV40
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
mungkin ada kok orang yang beli mobil fun to drive, susah ngerawatnya, sparepart susah, after sales tidak ada yg jamin (contoh: opel vectra atau subaru r1, silahkan tanya kalau pesen parts gimana), resale value hancur (contoh: kia carnival). Antara orang khilaf atau sial hahahaha
padahal semua orang disini pertimbangan membeli mobil "pribadi" ya awet gampang dirawat, sparepart & aftersales terjamin, resale value bagus. masa mau beli mobil yang nyusahin (padahal hidup disini saja sudah susah) untuk dipake (kecuali koleksi/pajangan).
saya senang baca baca fun logic yang terbalik balik disini.
padahal semua orang disini pertimbangan membeli mobil "pribadi" ya awet gampang dirawat, sparepart & aftersales terjamin, resale value bagus. masa mau beli mobil yang nyusahin (padahal hidup disini saja sudah susah) untuk dipake (kecuali koleksi/pajangan).
saya senang baca baca fun logic yang terbalik balik disini.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 327
- Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Harga papanja n ipah itu mungkin lbh dr 30% harga durability n ass. Problem nya g ada rival yg cukup kuat krn manufaktur global lain ogah masuk allout. Mesin mereka bsa remuk kl minum bbm busuk. Pertama biar orang indo dpt bareng bagus harga kompetitif, bbm busuk harus d enyahkan dulu. Bbm busuk konon sarang korupsi krn impor bbm bagus, malah d proses jd jelek n krn d pojok dunia lain g ada yg pake, harganya g ada standarnya
.
Oe jg curiga, orang2 bandar papanja tuh kolaborasi sm antek2 minyak biar terus jual bbm busuk. Markup lancar, jualan barang dibawah standar juga lancar, g ada kompetisi keras. Jd sama2 hepi deh
Kl bbm udah bagus, manufaktur global jd rame2 deh mau ikut kompetisi. Bisa liat india, ngerasain mobil2 bagus mcm skoda, dacia, vw dll dg harga kompetitif. Atoyot baru bisa insaf deh hbs gt

Oe jg curiga, orang2 bandar papanja tuh kolaborasi sm antek2 minyak biar terus jual bbm busuk. Markup lancar, jualan barang dibawah standar juga lancar, g ada kompetisi keras. Jd sama2 hepi deh

Kl bbm udah bagus, manufaktur global jd rame2 deh mau ikut kompetisi. Bisa liat india, ngerasain mobil2 bagus mcm skoda, dacia, vw dll dg harga kompetitif. Atoyot baru bisa insaf deh hbs gt
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 139
- Joined: Sat Jul 01, 2017 15:23
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Jd diskusi 92 halaman ini udah ada kesimpulannya belum??
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 260
- Joined: Mon Dec 04, 2017 13:57
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
boring to drive menurut perspektif siapa? toh kalo menurut anda toyota boring to drive, kan ada merk lain kayak mazda, bmw, mercedes, setiap brand punya positioning masing masing, sebenernya kalo ditanya kenapa avanza innova mendominasi jawabannya gampang, ya karena konsumennya banyak yang butuh, selesai, kalo mau fun to drive beli yang lain kelar kan ngapain di perdebatkanrajapb wrote: Fri Dec 22, 2017 8:20so, semua orang harus beli mobil yang gampang ngerawat nya, boring to drive, sparepart dan aftersales terjamin, resale value bagus gitu? gak bisa lah.Penikmat_Kopi wrote: Thu Dec 21, 2017 8:18Mindset kompetitornya yg perlu.dirubah supaya lebih laku berdasarkan kebutuhan pembeli, bukan mindset pembelinya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 260
- Joined: Mon Dec 04, 2017 13:57
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
nah kalo ini baru mindset pembeli, kalo bbm dihilangin yang busuk emang pada nggak demo? nanti teriak teriak pemerintah tidak memperhatikan kesejahteraan rakyat, karena yang butuh mobil fun to drive siapa? mungkin orang orang di forum SM yang berduit ini jadi nggak butuh lagi beli bbm busuk kayak premium pertaliteJoehard30 wrote: Fri Dec 22, 2017 10:50 Harga papanja n ipah itu mungkin lbh dr 30% harga durability n ass. Problem nya g ada rival yg cukup kuat krn manufaktur global lain ogah masuk allout. Mesin mereka bsa remuk kl minum bbm busuk. Pertama biar orang indo dpt bareng bagus harga kompetitif, bbm busuk harus d enyahkan dulu. Bbm busuk konon sarang korupsi krn impor bbm bagus, malah d proses jd jelek n krn d pojok dunia lain g ada yg pake, harganya g ada standarnya.
Oe jg curiga, orang2 bandar papanja tuh kolaborasi sm antek2 minyak biar terus jual bbm busuk. Markup lancar, jualan barang dibawah standar juga lancar, g ada kompetisi keras. Jd sama2 hepi deh![]()
Kl bbm udah bagus, manufaktur global jd rame2 deh mau ikut kompetisi. Bisa liat india, ngerasain mobil2 bagus mcm skoda, dacia, vw dll dg harga kompetitif. Atoyot baru bisa insaf deh hbs gt![]()


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Seperti yg bro nr post, antara terpaksa atau dipaksa, di sini biaya jalan rupiah per kilometer pake premium pertait or bisolar tu paling murah, wajar sebagian besar tetep setia pakai, seaindainya itu pertamax 92 harganya 6550 and dex harganya 5150 dengan dihapusnya produk kualitas dibawahnya tentu smua orang pun (dipaksa) beralih masalahnya kenapa jomplang sekali harga bbm pertamina vs petronas di malay or negara lain lah, hhmmm smua di sini juga dah pada tau ya wkwkkwkwkkw.... juga selain durable thd bbm busuk, jaringan serpisnya cuma toyota yg bner2 memanjakan konsumen, kembarannya aja ga segitunya ngasi layanan, so wajar si irit nan kenchang 12 tahun berturut2 juara penjualan nasional hahahaaaaaa
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Berarti kalo merk2 yang menjual mobil2 fun to drive tersebut jadi pasar yang niche gak salah dong. Iya emang gak mungkin sih semua orang beli mobil2 segmented kaya gitu. Tapi misal.merk kaya mazda gitu punya idealis sendiri terus disuruh jual mobil yang diinginkan konsumen kebanykan? Udah bener kan jadi pasar niche. Dan merk2 niche tersebut juga ngerti dong pasar yang dituju mereka emang bukan pasar mainstream.Penikmat_Kopi wrote: Fri Dec 22, 2017 9:01Boring to drive? Bagi orang2 yg beli mungkin enggak lho, nyatanya paling laris.rajapb wrote: Fri Dec 22, 2017 8:20so, semua orang harus beli mobil yang gampang ngerawat nya, boring to drive, sparepart dan aftersales terjamin, resale value bagus gitu? gak bisa lah.Penikmat_Kopi wrote: Thu Dec 21, 2017 8:18
Mindset kompetitornya yg perlu.dirubah supaya lebih laku berdasarkan kebutuhan pembeli, bukan mindset pembelinya
Nah kalau kebanyakan orang milih avanza dengan pertimbangan sparepart dan aftersales terjamin, resale value bagus, harga terjangkau dan muat banyak, ya karena mungkin itulah yg mereka butuhkan dibanding dengan fitur2 yg bertebaran.
Ini konteksnya kan kenapa susah meruntuhkan dominasi avanza? Karena suka atau tidak suka ya harus diakui kalau avanza lebih mengerti kebutuhan pembelinya, dibanding kompetitornya.