liemivan86 wrote: Mon Dec 18, 2017 9:02
Ralat, diskon 65 jt.. Ha2... *saya yang beli soalnya*
Saya sih yakin mereka masih profit ya walaupun dipotong segitu besar, karena ongkos produksi mobil dan hp itu murah (lainnya saya kurang tahu), yang mahal itu ongkos riset nya, overhead, dll.
Tapi memang Nissan ini parah, saya lihat showroom nya aja uda bosan, soalnya produk nya lama semua, tidak ada pembaruan. Padahal produk Nissan terkenal dengan kenyamanan, mesin canggih dan build quality yang lebih baik dibanding yang lain, tapi ya itu, entah di Indonesia koq mati suri. ATPM nya nda niat nih...
kemarin iseng nanya wkt pameran di mall dari dealer nissan sidoarjo sih 55jt om... mungkin bisa dipush lagi kali ya ampe 65.
Cuma dengan diskon segitu gede kalo memang nggak rugi ini yang serem... entah kualitas aftersales menurun atau memang dia ngambil untung kebanyakan, atau kualitas barangnya yang menurun buat jaga margin dealer dan ATPM. Secara pabrik cuma 30% kan gila juga.
Karena jujur T32 X-Trail ini gak terlalu bagus kalo dipikir-pikir... Banyak hal jelek yang gak worth mentioning sebagai ex-user T31 X-Trail dan ex user kompetitornya (CR-V RM). Contoh simpelnya, hal yang paling anti saya omongin selama ini : plat body, T32 rasanya lebih tipis plat body nya daripada T31 atau CR-V RM, entahlah ada yang disini ngerasain apa enggak, tapi saya sih ngerasa nutup pintu T32 gak berasa se-solid nutup pintunya T31. Belum ngomongin keawetan barangnya...
kunaskun wrote: Mon Dec 18, 2017 10:18
lebih parah lagi... tukang jait buat merek lain.. padahal aslinya induknya si tiga berlian.. cuma indomobil yang bisa gini kalau kejadian

padahal mana ada sejarahnya indomobil jadi tukang jait merek lain.. ada juga di-rebadge tiga berlian atau sempet mazda.
sebenernya bukan masalah obsolete tapi sejak evalia nyangsang dan nyungsep terus proyek2 habis2an di datsun cuma jalan sebentar saya rasa itu udah kaya kehabisan modal... jadi jual seadanya... budget buat R&D yang baru, promo marketing semua minim...
padahal nissan itu secara ngomongin obyek sebagai mobil kan ga jelek, ga ada yang bilang nissan lebih hancur dari driving experience duo kaleng? malah dibandingkan rival setara sekelas biasanya driving experience nissan itu yang oke, ga neko2... tapi urusan mobil di indo kan yang penting resale value. nah resale value itu dari image, image yg dibentuk opini publik = pedege mobkas. nah imaging aja kaya sekarang gitu gimana mau jualan. padahal ya urusan spare part so far sudah 5 tahun oke dan ga masalah, harga juga soal stok oke, di marketplace ada aja yang jualan spare part-nya.
btw paling ngeri itu kalau tiba2 indomobil cut-off... dan merek nissan out dari indo
![Yes / No [emo-yesno]](./images/smilies/2017-yesno.gif)
tapi kalau cut-off dan independen sebagai Nissan Motor Indonesia nah ini yang akan menarik.
Possible future buat NMI, akan di merger ama MMKSI atau independent. Karena yang ngeri sekarang kan Mitsubishi Motors dah under Nissan-Renault. Masalahnya MMKSI kok kayaknya nggak mungkin di take-over Indomobil meskipun 2 induknya (Nissan/Renault) di bawah Indomobil. Tinggal kebijakan induknya aja gimana. Klo prestasi NMI kayak gini gw rasa induknya juga gak akan tinggal diem.
Yup akar dari kenapa mobil Nissan terasa obsolete sebenernya ada di situ mungkin ya, saking nggak punya resource buat training produk baru dan marketing akhirnya mandek deh gak ngapa-ngapain 2 taun terakhir. Yang paling sedih kemarin di GIIAS September boothnya paling sepi pengunjung...
NMI kayaknya kalo mikir strategi terlalu short-term, cuma efektif di bulan-bulan sampe tahun awal mobilnya muncul, begitu kompetitor keluar yang lebih baru lagi kayak nggak siap... akhirnya K.O. , semua polanya kayak gitu. Livina, Juke, X-Trail.
Livina yang exist cukup lama soalnya hype LMPV baru dimulai sejak Ertiga dan Lio keluar... Sebelumnya kan dikuasai duo kaleng yang ajrut-ajrutan mengerikan itu dari 2003. Ibaratnya orang mau upgrade tengah-tengah antara kaleng dan Innova belinya Livina series. Cuma yang ngagetin ya klo cuma 197 unit di bulan lalu itu kalopun data wholesales, betapa overstock nya Livina di dealer - dealer. Kayak gimana istilahnya ya, orang mungkin di antara pilihan duo kaleng, ertiga, lio, xpander, wuling, lupa kalo masih ada Livina dengan range harga mirip... brand awarenessnya berkurang jauh dari 5 tahun yang lalu.
Juke itu apalagi pakabar rasanya hampir gak pernah liat Juke baru di jalan, sedangkan kompetitornya si Haerpi makin kayak kacang goreng banyak temennya biarpun masalahnya juga nggak kalah banyak.
