hbobo wrote: ↑Sun Jun 05, 2016 0:31
uda lama banget kaga review. kebetulan 2 mobil ini emang lagi fenomenal. ANF dan ANPS. Jujur pas mau beli bingung banget. maklum budget terbatas so gak bisa pilih dua duanya dan buat jadi mobil perang. pertama kali td di anps, pas mau td anf di senci buset yang ngantri banyak banget. padahal sama ss auto2000 uda dimasukin nama dulu. berhubung telat jadi musti antri lama dan gak jadi td anf. setelah anps launching dikasih td sama sales mitsu.
kesan pertama liat fisik secara langsung dan ini bener bener subjektif. depan cakep cuma kok too much chrome yah. kasar kata mirip angkot yang kebanyakan asesoris chrome. tapi tetep depannya cakep banget walo kebanyakan chrome masih tetep keren. liat kesamping...hmmm uda mulai ilfil. kegedean di pantat, pantatnya mirip kaya salat satu ketum parpol. wakakakakaka....trus liat bagian belakangnya. alamakkkkkk. ini yang design wuedan. kok lampu belakang dibikin kaya model bus antar kota. perhatiin bus antar kota dan liat lampunya. merasa ada kemiripan?
masuk ke dalam kabin. hmmm typical interior mitsu. boring dan terkesan murahan buat mobil hampir 500juta. material dipake all cheap plastic. tipis dan sangat terkesan murahan. liat baris tengah masih ok lah. cek ke baris belakang. ini yang gua suka bisa dilipat dan jadi flat. sayang belom power back door, kembali lagi ke depan, duduk dan setel jok. hmmm good driving position.
nyalain mesin, typical diesel engine suara ngeraung. pas nyetir loh kok mesin under power banget, gas diinjek mobil kurang responsif, lewatin jalan lubang, polisi tidur etc etc. sorry mitsu suspensi mu tidak nyaman. bisa mabok yang duduk dibelakang. body limbung, terlalu empuk kali yah sampe ngayun banget dan bikin pusink kepala. trus bagian spakbor ban belakang celahnya besar banget. setelah melewati jalan rusak, mulai deh masuk tol. nah disini baru berasa tenaga anps. mantep banget buat tenaga putaran atasnya. kesimpulan gua overall semua dari design exterior, design interior, engine, dan fitur. gua kasih 7.5 dari 10.
kebetulan gua tiap hari pasti lewat tol.
akhirnya punya kesempatan td ANF, liat depan...hmmm biasa banget. typical toyota yang designnya maen aman. liat samping, ah masih biasa juga, mirip vnt lama, still boring. ngeliat belakangnya. hmmm masih tetep typical toyota yang suka maen aman. tapi design belakangnya cakep banget. walo maen aman tapi simple dan cakep. seandainya depannya anps dan belakangnya anf. pasti keren. hahahaha...
masuk deh ke dalam kabin, one word wow...kesannya mewah. interior definetely ini jauh ngelewatin rivalnya. ada bagian dashboard dari kulit dan empuk. good job toyota. ini baru interior mobil seharga 500juta. gak kalah sama interior x3. masuk deh ke baris tengah, gak dikasih pegangan buat masuk ke dalem, buat orang tua bisa kesulitan. pelit sekali kau toyota. rival mu saja kasih pegangan buat ngebantu masuk ke dalam mobil. liat baris ketiga, good ada power back door, gua gak suka baris ketiga dan bagasinya. dilipet kesamping dan gak bisa rata kaya di anps.
duduk dan setel jok, dunno nga dapet driving position yang enak. kaki bisa pegel. anyway kita jalan deh, amazing tenaga putaran bawahnya dapet banget, jauh dibanding anps, padahal spec tenaga dan torsi anf ini dibawah anps. lewatin jalan lubang, poldur dan lain lain. suspensi sangat nyaman. bokap di baris kedua gak ribut bilang pusink atau mual. pas di anps bokap gua ribut bikin pusink nih mobilnya. masuk deh ke tol, bejek gas, wuih berasa tarikannya. cuma pas di putaran atas baru deh berasa mesinnya p pasan. wakakakakaka...kalo uber uberan sama anps sih ini pasti kalah. anps tenaga putaran atasnya idup banget. ini putaran atasnya loyo. kalo ibarat pelari anf itu pelari sprinter kalo anps itu pelari marathon.
setelah td, jadi bingung milihnya. rayu bokap biar beli aja 2 2 nya. buat harian pergi kerja pake lah anps, kalo wiken pake anf. sayang gak bole. musti choose 1.
setelah menimang nimang banyak hal akhirnya diputusin ambil ANF. design luar gak terlalu penting. gua duduk di dalem, duduk dibaris kedua. supir yang setirin. so kenyamanan baris 2 itu wajib. anps sangat tidak nyaman baris keduanya. terlebih lagi bokap gua yang lebih pendek dari gua kepalanya pas lewatin poldur suka mentok. fyi bokap gua 178. kalo gua uda pasti mentok. gua 185. ini yang gua suka dari anf ada chargeran buat baris dua. biar wiken gua setir sendiri pun juga gak akan kebut, please mobil segede bagong begini yah masa mau buat diajak selip selipan. so interior baris depan penting biar gak bete liat macetnya jakarta. cuma bini protes liat bagasi nya yang naek turun kaga jelas di anf.
akhirnya unit dateng setelah pesan dari febuari. walah kaca kaya akuarium. hari kedua langsung ganti. berhubung sibuk mustinya windshield 40, baris 1 80, baris dua, tiga dan belakang 40. karena lupa, windshild 40, sisanya 80. jadi deh kaya mobil mesum. baris dua dan 3 gak tembus sama sekali biar jidat nempel. supir protes, pak vin, ini susah sekali melihat kaca belakang kalo malam. gak keliatan sama sekali. oiya supir gua gendut, tinggi 175 berat bisa 90 kali. katanya kakinya enak pak nga nyangkut. nga ngerti maksudnya apa sih. kemarenan pas td di anps, dia bilang kakinya nga nyaman. padahal menurut gua driving position anps lebih nyaman dibanding anf.
satu hal yang sangat menyebalkan sekali, auto lamp nya anf totally sux. dibawah pohon aja nyalain lampu. tanya ke auto2000 dijawab gak bisa setting. di buku pedoman tulis bisa. dibawa kesana suru setting uda ngabisin waktu 2 jem masih begitu juga.
buat toyota kudu training dulu deh mekaniknya sebelom launching produk baru.
sebenernya agak sayang beli anf, harga sama kaya anps, gak ada hill assist control, rem belakang masih tromol dan gak ada vehicle stability control. tapi overall gua nilai anf 7.8 dari 10.
sebenernya point ampir sama. cuma rv bagi orang gak penting, bagi gua penting. gua pake mobil max 4taon. bayangin rv kalo nyungsep. kemarenan jual outlander px. beli 300, pake 2 taon, km 15000. dihargain 200 aja. sakit ati rasanya.
jual crv baru 3.5 taon. km 21000. beli 400, jual 300. lebih nga sakit ati. buat yang beli dan gak dijual jual lagi. 2 ini akan jadi pilihan sulit. tinggal tergantung preferensi masing masing.
sekedar masukan, tadi supir gua bilang, pak kalo giginya dari R dan langsung dipindahin ke P trus dari P mau dipindahin lagi ke N atau gigi lainnya jadi keras dan ada bunyi krek. lagian dari R dipindahin ke P. dimana mana dari R juga ke N dulu. tarik hand brake dan baru pindahin ke P. cuma katanya itu aja.
coba buat yang punya anf di cek juga sama gak. sequencenya dari R ke P, trus pindahin lagi dari P ke R/N/D. pas saat pindahin dari P nya ada bunyi krek. cuma kalo dari N ke P trus P ke N, smooth aja. jadi pantangannya cuma dari R nga boleh langsung ke P.
overall anf ini fun and comfort.
saya bukan sales T dan M. semua pendapat adalah menurut pendapat saya dan sifatnya subjektif.