Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng
sama candi sukuh di gn. lawu ekstrim mana ya?
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 833
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Brio Dipanjangin
Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng
sudah jalan nanjak sampai atas, pas turun jgn lupa om kalau A/T lebih minim engine break. Dulu pakai jazz idsi cvt turun dari tangkuban perahu super cemas karena rem makin lama makin gak pakem karena panas.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng
jawaban nya jelas.. L300, kaga ada yang seperkasa L300 buat tanjakan di isi beban penuh =D
Swap ke AT =P
Becanda...
Matic2 jaman sekarang udah ok, saya pakai mobil sewa Xenia AT 1.3 baru juga ok2 aja saya pakai nanjak sampai 1700mdpl di Bali =)
Saya pakai mobil yang dibilang lemot dan underpower, artinya most car capable to do this simple job..
Swap ke AT =P
Becanda...
Matic2 jaman sekarang udah ok, saya pakai mobil sewa Xenia AT 1.3 baru juga ok2 aja saya pakai nanjak sampai 1700mdpl di Bali =)
Saya pakai mobil yang dibilang lemot dan underpower, artinya most car capable to do this simple job..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 229
- Joined: Wed Feb 10, 2016 13:57
Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng

Cuma jalan mundur nya itu loh hahaha
Beberapa kali pake fwd 1000cc kuat aja ke bukit tinggi Malaysia (Castle mirip2 perancis), lumayan curam tanjakan nya, baik2 aja. kayaknya mobil2 jaman now... Ga usah jalan mundur bisa aja

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng
Fwd kalo ada HSA rasanya ga bakal susah nanjak secara ecu ud mikir ga bole g kuat nanjak, driver tinggal gaspol aja
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 408
- Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35
Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng
Toyota Rush atau Terios terbaru sajah. Atau Papanjah Senia juga sudah ok


-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Tue Nov 21, 2017 9:56
Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng
Wah... Tengkyu brader atas semua masukannya
Poin yg saya tangkap
1. Hampir semua mobil at baru kuat menanjak di dieng dengan segala resiko terhadap mobil setelah trip berakhir dan seberapa sering mobil digunakan untuk rute semacam itu berefek terhadap mobil
2. Innova d4d mt untuk mobil seken masih yg terbaik secara kriteria, kenyamanan, dan budget.
Karena si baby masih baru lahir dan belum bisa diajak trip jauh-jauh jadi saya masih banyak waktu untuk mempertimbangkan masukan dari Suhu-suhu sekalian untuk membeli mobil yg terbaik dan ternyaman, daya tahan kuat buat tanjakan cukup ekstrim.
Barangkali ada suhu yg ingin memberikan masukan lagi saya sangat berterimakasih.
Saya buatin gambaran tentang dieng buat yg belum pernah trip kesana agar bisa memberi saya masukan jg.
Dieng medannya cukup curam dan panjang. Biasanya saya lewat magelang-temanggung-wonosobo-dieng. Dieng menurut saya lebih tinggi dan curam dibanding Bromo, batu malang, danau batur Trunyan kintamani via singaraja-catur (bali). Awan terlihat seperti diatas genteng kalo di dieng dan kadang kelihatan dibawah kalau dilihat dari jurang kadang jg hujan seperti salju. Se ekstrim apa dg gunung lawu ? Saya belum pernah ke gunung lawu
Poin yg saya tangkap
1. Hampir semua mobil at baru kuat menanjak di dieng dengan segala resiko terhadap mobil setelah trip berakhir dan seberapa sering mobil digunakan untuk rute semacam itu berefek terhadap mobil
2. Innova d4d mt untuk mobil seken masih yg terbaik secara kriteria, kenyamanan, dan budget.
Karena si baby masih baru lahir dan belum bisa diajak trip jauh-jauh jadi saya masih banyak waktu untuk mempertimbangkan masukan dari Suhu-suhu sekalian untuk membeli mobil yg terbaik dan ternyaman, daya tahan kuat buat tanjakan cukup ekstrim.
Barangkali ada suhu yg ingin memberikan masukan lagi saya sangat berterimakasih.
Saya buatin gambaran tentang dieng buat yg belum pernah trip kesana agar bisa memberi saya masukan jg.
Dieng medannya cukup curam dan panjang. Biasanya saya lewat magelang-temanggung-wonosobo-dieng. Dieng menurut saya lebih tinggi dan curam dibanding Bromo, batu malang, danau batur Trunyan kintamani via singaraja-catur (bali). Awan terlihat seperti diatas genteng kalo di dieng dan kadang kelihatan dibawah kalau dilihat dari jurang kadang jg hujan seperti salju. Se ekstrim apa dg gunung lawu ? Saya belum pernah ke gunung lawu
-
- SM Moderator
- Posts: 812
- Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
- Location: Mampang Prapatan
- Daily Vehicle: Gerobak sayur
Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng
Nih ane langsung kasih barang buktinya, silahkan pilihSweetCoffee wrote: Mon Dec 04, 2017 12:50 Hai agan agan SM yg GANTENGMAKSIMAL and ladies.
Saya ingin cari mobil at yg enak buat tanjakan dieng, bromo, cafe coffee di gunung ungaran, guci.. pokoknya tanjakan cukup ekstrim.
Kriteria : Row 3 seat, nyaman, irit, perawatan gampang dan gk merepotkan, budged 200jt bs di up dikit lah..
Saya tinggal di Surabaya , mobil saya sebelumnya fotuner 2012 blm vnt d4d mt jadi gk ada masalah melibas tanjakan tersebut diatas. Dan beberapa kali menggunakan innova diesel mt lagi milik mertua dan ayah saya untuk tanjakan tersebut dan enteng2 aja, tapi nyampe lokasi capek banget karena mt dan dari surabaya ke lokasi banyak jalan merambat di jogja dll.
Jadi ceritanya sekarang saya baru jadi seorang ayah.. karena alasan ada bayi, kenyamanan cost, safety cost, dll fortie akhirnya dilego dan ganti jazz.....mt jg. [emoji28] [emoji28] [emoji28]
Mohon saran dari suhu-suhu SMers untuk pilihan mobilnya.. diutamakan pendapat dari para Suhu yg pernah ke Dieng dan Cafe Coffee ungaran menggunakan mobil at.
Kenapa hanya dieng dan cafe ungaran yg jadi acuan ? Karena tanjakan dieng cukup curam dan panjaaang. Dan cafe ungaran medannya cukup ekstrim buat saya. Jika mobil bisa lewat 2 lokasi itu maka saya yakin bisa lewat manapun.
Oh ya biasanya mobil diisi 4 orang dewasa dan 2 anak SD.
Dan untuk penutup saya mengucapkan "HAIL D4D" [emoji8]
itu rombongan roadtrip ke Gunung Papandayan kmren

---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng
kl sudah dijual sepertinya nissan e power cocok. torsi gede mulai rpm 0.
paling kelemahannya ground clearance yg agak rendah.
paling kelemahannya ground clearance yg agak rendah.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50
Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng
numpang oot mumpung trit dieng 
pernah ke dieng tapi dari jalur pekalongan belok kanan, pake ertiga manual, km 35rb.
sekitar 15km mau nyampe ditengah hutan, tahu2 ga mau digas, untuk dibantu dorong sama pemuda2 setempat ( orangnya masih baik2 ).
akhirnya ngadem 1 jam, balik kanan.
mohon infonya, apakah karena kopling panas & kondisi ini masih termasuk normal ?
atau kopling mau habis ? terimakasih suhu2 SM.

pernah ke dieng tapi dari jalur pekalongan belok kanan, pake ertiga manual, km 35rb.
sekitar 15km mau nyampe ditengah hutan, tahu2 ga mau digas, untuk dibantu dorong sama pemuda2 setempat ( orangnya masih baik2 ).
akhirnya ngadem 1 jam, balik kanan.
mohon infonya, apakah karena kopling panas & kondisi ini masih termasuk normal ?
atau kopling mau habis ? terimakasih suhu2 SM.
Santai dijalan, nikmati hidup.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng
Kata2 penutupnya aja sudah tau mau beli apa.
Ini mah buat trit cuma untuk perlu keyanikan tambahan.
Ini mah buat trit cuma untuk perlu keyanikan tambahan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng
Kalau gunung lawu cobain solo tawangmangu sarangan lewat jalur lama. Duluu pakai L300 diesel merayap +zig zag. Atau coba wisata ke candi cetho,naiknya dr karanganyar.Tanjakan terakhir ngeri. Dulu pake motor bebek aja rasanya mau kebalik wkwkwSweetCoffee wrote: Wed Dec 06, 2017 4:49 Wah... Tengkyu brader atas semua masukannya
Poin yg saya tangkap
1. Hampir semua mobil at baru kuat menanjak di dieng dengan segala resiko terhadap mobil setelah trip berakhir dan seberapa sering mobil digunakan untuk rute semacam itu berefek terhadap mobil
2. Innova d4d mt untuk mobil seken masih yg terbaik secara kriteria, kenyamanan, dan budget.
Karena si baby masih baru lahir dan belum bisa diajak trip jauh-jauh jadi saya masih banyak waktu untuk mempertimbangkan masukan dari Suhu-suhu sekalian untuk membeli mobil yg terbaik dan ternyaman, daya tahan kuat buat tanjakan cukup ekstrim.
Barangkali ada suhu yg ingin memberikan masukan lagi saya sangat berterimakasih.
Saya buatin gambaran tentang dieng buat yg belum pernah trip kesana agar bisa memberi saya masukan jg.
Dieng medannya cukup curam dan panjang. Biasanya saya lewat magelang-temanggung-wonosobo-dieng. Dieng menurut saya lebih tinggi dan curam dibanding Bromo, batu malang, danau batur Trunyan kintamani via singaraja-catur (bali). Awan terlihat seperti diatas genteng kalo di dieng dan kadang kelihatan dibawah kalau dilihat dari jurang kadang jg hujan seperti salju. Se ekstrim apa dg gunung lawu ? Saya belum pernah ke gunung lawu![]()
Coba googling/youtube daihatsu ayla melorot disini. 2 meninggal.
kalau terjal2 mending parkir di bawah trus tracking aja,lebih sehat. Atau pilih diesel & rwd. Pengalaman untuk tanjakan tinggi yang panjang fwd seperti kehabisan nafas.Imho
Lagi nginjek rem..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng
r12qiSonH4ji wrote: Wed Dec 06, 2017 5:24Nih ane langsung kasih barang buktinya, silahkan pilihSweetCoffee wrote: Mon Dec 04, 2017 12:50 Hai agan agan SM yg GANTENGMAKSIMAL and ladies.
Saya ingin cari mobil at yg enak buat tanjakan dieng, bromo, cafe coffee di gunung ungaran, guci.. pokoknya tanjakan cukup ekstrim.
Kriteria : Row 3 seat, nyaman, irit, perawatan gampang dan gk merepotkan, budged 200jt bs di up dikit lah..
Saya tinggal di Surabaya , mobil saya sebelumnya fotuner 2012 blm vnt d4d mt jadi gk ada masalah melibas tanjakan tersebut diatas. Dan beberapa kali menggunakan innova diesel mt lagi milik mertua dan ayah saya untuk tanjakan tersebut dan enteng2 aja, tapi nyampe lokasi capek banget karena mt dan dari surabaya ke lokasi banyak jalan merambat di jogja dll.
Jadi ceritanya sekarang saya baru jadi seorang ayah.. karena alasan ada bayi, kenyamanan cost, safety cost, dll fortie akhirnya dilego dan ganti jazz.....mt jg. [emoji28] [emoji28] [emoji28]
Mohon saran dari suhu-suhu SMers untuk pilihan mobilnya.. diutamakan pendapat dari para Suhu yg pernah ke Dieng dan Cafe Coffee ungaran menggunakan mobil at.
Kenapa hanya dieng dan cafe ungaran yg jadi acuan ? Karena tanjakan dieng cukup curam dan panjaaang. Dan cafe ungaran medannya cukup ekstrim buat saya. Jika mobil bisa lewat 2 lokasi itu maka saya yakin bisa lewat manapun.
Oh ya biasanya mobil diisi 4 orang dewasa dan 2 anak SD.
Dan untuk penutup saya mengucapkan "HAIL D4D" [emoji8]
itu rombongan roadtrip ke Gunung Papandayan kmren
![]()
wah ada mobil gw ipah D4D tapi.....................
manual

2015 - 2KD
2024 - K15B

2024 - K15B

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 561
- Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25
Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng
dipilih bang dipilih...harga cocok...bawa pulang...kayanya 60-70%an itu mobil udah sampe dieng..heheher12qiSonH4ji wrote: Wed Dec 06, 2017 5:24Nih ane langsung kasih barang buktinya, silahkan pilihSweetCoffee wrote: Mon Dec 04, 2017 12:50 Hai agan agan SM yg GANTENGMAKSIMAL and ladies.
Saya ingin cari mobil at yg enak buat tanjakan dieng, bromo, cafe coffee di gunung ungaran, guci.. pokoknya tanjakan cukup ekstrim.
Kriteria : Row 3 seat, nyaman, irit, perawatan gampang dan gk merepotkan, budged 200jt bs di up dikit lah..
Saya tinggal di Surabaya , mobil saya sebelumnya fotuner 2012 blm vnt d4d mt jadi gk ada masalah melibas tanjakan tersebut diatas. Dan beberapa kali menggunakan innova diesel mt lagi milik mertua dan ayah saya untuk tanjakan tersebut dan enteng2 aja, tapi nyampe lokasi capek banget karena mt dan dari surabaya ke lokasi banyak jalan merambat di jogja dll.
Jadi ceritanya sekarang saya baru jadi seorang ayah.. karena alasan ada bayi, kenyamanan cost, safety cost, dll fortie akhirnya dilego dan ganti jazz.....mt jg. [emoji28] [emoji28] [emoji28]
Mohon saran dari suhu-suhu SMers untuk pilihan mobilnya.. diutamakan pendapat dari para Suhu yg pernah ke Dieng dan Cafe Coffee ungaran menggunakan mobil at.
Kenapa hanya dieng dan cafe ungaran yg jadi acuan ? Karena tanjakan dieng cukup curam dan panjaaang. Dan cafe ungaran medannya cukup ekstrim buat saya. Jika mobil bisa lewat 2 lokasi itu maka saya yakin bisa lewat manapun.
Oh ya biasanya mobil diisi 4 orang dewasa dan 2 anak SD.
Dan untuk penutup saya mengucapkan "HAIL D4D" [emoji8]
itu rombongan roadtrip ke Gunung Papandayan kmren
![]()
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng
Dieng ya, saya pernah juga ke arah candi Ceto pakai Kijang LGX MATIC! Nanjak2 aja gak masalah hehehe..
Pada dasarnya bisa2 aja kok nanjak, yang penting itu sense dari driver nya =)
Pada dasarnya bisa2 aja kok nanjak, yang penting itu sense dari driver nya =)
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng
Yang repot mobil manual, stop n go, driver capek. Feeling terhadap kopling jadi hilang, bisa ndlosor juga
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng
apa hubungannya FWD sama kehabisan nafas om?MitshuToyo wrote: Wed Dec 06, 2017 7:41Pengalaman untuk tanjakan tinggi yang panjang fwd seperti kehabisan nafas.Imho
BTW untuk mobil di daerah tinggi, lebih baik sih pakai mobil yang udah berturbo, disamping menambah torsi, pada tempat tinggi kepadatan udaranya lebih renggang ketimbang di daerah yang rendah, otomatis suplay udara ke mesin juga lebih kecil,, pada ketinggian 1500m itu kepadatan udara hanya sekitar 85% daripada di pantai. Dieng itu 3000an meter dpl kepadatan udara sekitar 70%.
ini lebih berasa banget kalo pake mesin karbu,, di daerah tinggi pasti tenaga loyo walaupun nggak nanjak,, kalau injeksi sedikit lebih terbantu
dengan adanya turbo lebih mebantu menambah volume udara ke dalam ruang bakar.
untuk itu saran saya: Pajero sport, MU-X, atau captiva, fortuner vnt (kalau dapat)

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1646
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng
Pertanyaan saya sama persis omdaftar wrote: Wed Dec 06, 2017 12:00apa hubungannya FWD sama kehabisan nafas om?MitshuToyo wrote: Wed Dec 06, 2017 7:41Pengalaman untuk tanjakan tinggi yang panjang fwd seperti kehabisan nafas.Imho

Nampaknya masih banyak yang berpikiran kalau FWD bikin mobil gak kuat nanjak.
Padahal dengan mesin yg sama, losses power mesin ke ban di FWD lebih kecil drpd RWD, CMIIW.
Yang benar masalah FWD pada saat nanjak itu adalah TRAKSI ban. Ini terkutuk banget memangnya

Saya beberapa kali bawa mobil FWD dan harus stop di tengah2 tanjakan. Dan sialnya, ban depan harus stop di pasir/jalan basah. Alhasil saat mau jalan lagi, ban depan cuma spin di tempat dan mobil cenderung melorot

Knp ban depan kehilangan traksi di tanjakan? Karena di tanjakan beban mobil lebih banyak di poros roda belakang karena posisi kemiringan mobil.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 106
- Joined: Wed Aug 02, 2017 4:51
- Location: Boyolali, Jawa Tengah
- Daily Vehicle: ANPS Dakar 2017
Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng
Ini yg saya pernah lewat daerah itu 2 tahun lalu. Dari karanganyar ke candi cetho. Mampir sebentar di kebun teh. Trus lanjut ke sarangan via tawangmangu cemoro sewu lewat jalur lama. Penumpang 6 dewasa 4 anak2.MitshuToyo wrote:Kalau gunung lawu cobain solo tawangmangu sarangan lewat jalur lama. Duluu pakai L300 diesel merayap +zig zag. Atau coba wisata ke candi cetho,naiknya dr karanganyar.Tanjakan terakhir ngeri. Dulu pake motor bebek aja rasanya mau kebalik wkwkwSweetCoffee wrote: Wed Dec 06, 2017 4:49 Wah... Tengkyu brader atas semua masukannya
Poin yg saya tangkap
1. Hampir semua mobil at baru kuat menanjak di dieng dengan segala resiko terhadap mobil setelah trip berakhir dan seberapa sering mobil digunakan untuk rute semacam itu berefek terhadap mobil
2. Innova d4d mt untuk mobil seken masih yg terbaik secara kriteria, kenyamanan, dan budget.
Karena si baby masih baru lahir dan belum bisa diajak trip jauh-jauh jadi saya masih banyak waktu untuk mempertimbangkan masukan dari Suhu-suhu sekalian untuk membeli mobil yg terbaik dan ternyaman, daya tahan kuat buat tanjakan cukup ekstrim.
Barangkali ada suhu yg ingin memberikan masukan lagi saya sangat berterimakasih.
Saya buatin gambaran tentang dieng buat yg belum pernah trip kesana agar bisa memberi saya masukan jg.
Dieng medannya cukup curam dan panjang. Biasanya saya lewat magelang-temanggung-wonosobo-dieng. Dieng menurut saya lebih tinggi dan curam dibanding Bromo, batu malang, danau batur Trunyan kintamani via singaraja-catur (bali). Awan terlihat seperti diatas genteng kalo di dieng dan kadang kelihatan dibawah kalau dilihat dari jurang kadang jg hujan seperti salju. Se ekstrim apa dg gunung lawu ? Saya belum pernah ke gunung lawu [emoji3]
Coba googling/youtube daihatsu ayla melorot disini. 2 meninggal.
kalau terjal2 mending parkir di bawah trus tracking aja,lebih sehat. Atau pilih diesel & rwd. Pengalaman untuk tanjakan tinggi yang panjang fwd seperti kehabisan nafas.Imho
Terus pernah juga dari boyolali ke magelang via selo n ketep. Penumpang 6 dewasa 4 anak2.
Tahun 2016 ke umbul sidomukti, bandungan. Penumpang 6 dewasa 2 anak2. Inilah roadtrip terakhir pake freed sebelum mobil dijual ganti yg lebih besar.
Mobil freed E PSD 2013 tanpa modifikasi apapun. Perawatan di beres. Mobil dipake istri saya tiap hari utk antar jemput anak.
Semua road trip diatas lancar dan tanpa kendala. Termasuk juga trip2 ke tempat2 lain semua lancar. Yg penting kondisi mobil sehat. Pengemudi sehat, mengerti karakteristik mobil yg dikendarai dan kenal medan.
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Tue Nov 28, 2017 2:41
- Location: Purwokerto
- Daily Vehicle: Honda
Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng
Uda nyoba rute yg lewat banjar om??
Medan lbh kerasa nanjaknya n mobil bs lbh keliatan krjanya dibanding jalur wonosobo. Biasa lewatin rute itu pake mobil kntr strada, panther, apv, inova, emg yg pake turbo lbh greget dan lbh terasa "kerjanya".
Kl medan yg dilewatin sbnrnya lbh greget "aspal" kaltim, dulu wktu sering mbolang disana mobil favorit kl gak d4d ya vnt meskipun secara ketinggian gak ada apa2nya dibanding dieng tp medannya msh yg plg menantang menurut ane, apalagi dgn "aspal" jalanan kaltim yg "ajib" itu
Medan lbh kerasa nanjaknya n mobil bs lbh keliatan krjanya dibanding jalur wonosobo. Biasa lewatin rute itu pake mobil kntr strada, panther, apv, inova, emg yg pake turbo lbh greget dan lbh terasa "kerjanya".
Kl medan yg dilewatin sbnrnya lbh greget "aspal" kaltim, dulu wktu sering mbolang disana mobil favorit kl gak d4d ya vnt meskipun secara ketinggian gak ada apa2nya dibanding dieng tp medannya msh yg plg menantang menurut ane, apalagi dgn "aspal" jalanan kaltim yg "ajib" itu

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 106
- Joined: Wed Aug 02, 2017 4:51
- Location: Boyolali, Jawa Tengah
- Daily Vehicle: ANPS Dakar 2017
Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng
Klo ga salah yg lewat Karangkobar ya Om?koenam wrote:Uda nyoba rute yg lewat banjar om??
Medan lbh kerasa nanjaknya n mobil bs lbh keliatan krjanya dibanding jalur wonosobo. Biasa lewatin rute itu pake mobil kntr strada, panther, apv, inova, emg yg pake turbo lbh greget dan lbh terasa "kerjanya".
Kl medan yg dilewatin sbnrnya lbh greget "aspal" kaltim, dulu wktu sering mbolang disana mobil favorit kl gak d4d ya vnt meskipun secara ketinggian gak ada apa2nya dibanding dieng tp medannya msh yg plg menantang menurut ane, apalagi dgn "aspal" jalanan kaltim yg "ajib" itu
Pernah lewat dgn penumpang 5 orang dewasa.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng
Maksudnya gimana om? Digas mobil gak mau jalan, ATAU, digas rpm mesin gak naik?patrickstar wrote: Wed Dec 06, 2017 6:32 numpang oot mumpung trit dieng
pernah ke dieng tapi dari jalur pekalongan belok kanan, pake ertiga manual, km 35rb.
sekitar 15km mau nyampe ditengah hutan, tahu2 ga mau digas, untuk dibantu dorong sama pemuda2 setempat ( orangnya masih baik2 ).
akhirnya ngadem 1 jam, balik kanan.
mohon infonya, apakah karena kopling panas & kondisi ini masih termasuk normal ?
atau kopling mau habis ? terimakasih suhu2 SM.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng
Saya koq jadi langsung teringat suatu spot yang berada antara Samarinda dan Bontang, yg bernama Tanjakan Menangis.koenam wrote: Wed Dec 06, 2017 16:44 Uda nyoba rute yg lewat banjar om??
Medan lbh kerasa nanjaknya n mobil bs lbh keliatan krjanya dibanding jalur wonosobo. Biasa lewatin rute itu pake mobil kntr strada, panther, apv, inova, emg yg pake turbo lbh greget dan lbh terasa "kerjanya".
Kl medan yg dilewatin sbnrnya lbh greget "aspal" kaltim, dulu wktu sering mbolang disana mobil favorit kl gak d4d ya vnt meskipun secara ketinggian gak ada apa2nya dibanding dieng tp medannya msh yg plg menantang menurut ane, apalagi dgn "aspal" jalanan kaltim yg "ajib" itu![]()
Konon karena disana mobil mobil pada menangis (baca : meraung bunyi gasnya) karena tanjakan panjang.
Jalan ke arah Kutabangun, Melak, Sendawar, Muara Bunyut juga gak terlalu extreme. Asal jangan lewat jalan motong kawasan logging yang Samoja (Bukit Suharto) belok kiri...kalau itu dilewati saat hujan, bisa bisa seminggu gak keluar dari sana karena kepater. Saya dulu lewati itu waktu pulang saat kering. debu semua.
Sisanya sih gak ada extreme lah...Kecuali mungkin ke arah Tanjung Selor, Bukungan, Muara Wahau yang saya belum jajal.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng
Mantap penjelasanya umpengendiesel wrote: Wed Dec 06, 2017 12:19 .....cut
Yang benar masalah FWD pada saat nanjak itu adalah TRAKSI ban. Ini terkutuk banget memangnya![]()
....cut
Knp ban depan kehilangan traksi di tanjakan? Karena di tanjakan beban mobil lebih banyak di poros roda belakang karena posisi kemiringan mobil.

apalagi klo trek jln licin/basah hbs d guyur ujan...merangkak k parkiran mall yg basah aja spin terkadang.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 264
- Joined: Tue Oct 06, 2015 0:59
- Location: Bogor
- Daily Vehicle: Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Limited
Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng
pernah coba test drive ford everest om?? coba deh test drive dl yg matic, 200jt lebih dpt yg thn muda (2014 matic 4x2), kl MT 4x4 mesti ny lbh murah lg