Mobil listrik
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Sat Jul 23, 2016 14:19
Mobil listrik
Diem2 kepikiran mobil listrik
Kira2 kapan ya mobil listrik bisa mulai masuk di Indonesia?
Seharusnya presiden kita kan sudah instruksikan untuk insentif mobil listrik, kok belum ada perkembangannya ya? Semoga aja ntar akhir periode jabatab presiden, mobil listrik sudah mulai banyak masuk.
Kepikiran aja bagaimana enaknya mobil listrik, yang mana jalan tanpa suara. Selama ini pernah coba camry hybrid, dimana suaranya halus, bensin irit. Halusss banget dehh
Yang pengen ane tau, bagaimana ya kalau bener2 mobil listrik (seperti tesla, bmw i, nissan note e power --> liat di youtubenya autonetmagz) dari segi:
- perbandingan keiritan dengan mobil bensin --> bensin pasti irit, tapi listriknya hitungannya bgm ya?
- waktu charge --> butuh daya berapa ya?
- perawatan mobil listrik --> perlu ganti oli dll ga ya?
Ane sih kepinginnya mobil listrik, yang sekali charge bisa jalan sampai 100km. Speed ga usah tinggi2 80 atau 100 kpj. Rasanya enak buat dipakai keliling harian dalam kota.
Harga mobil listrik di luar paling murah berapa ya?
Mungkin suhu2 di SM, bisa sharing pengalaman tentang mobil listrik dan perawatannya. Mungkin ada yang punya tesla atau bmw i8 atau yang lainnya.
Sorry kalau tulisannya agak berantakan, karena masih nubie dan angan2 yang tiba2 muncul
Kira2 kapan ya mobil listrik bisa mulai masuk di Indonesia?
Seharusnya presiden kita kan sudah instruksikan untuk insentif mobil listrik, kok belum ada perkembangannya ya? Semoga aja ntar akhir periode jabatab presiden, mobil listrik sudah mulai banyak masuk.
Kepikiran aja bagaimana enaknya mobil listrik, yang mana jalan tanpa suara. Selama ini pernah coba camry hybrid, dimana suaranya halus, bensin irit. Halusss banget dehh
Yang pengen ane tau, bagaimana ya kalau bener2 mobil listrik (seperti tesla, bmw i, nissan note e power --> liat di youtubenya autonetmagz) dari segi:
- perbandingan keiritan dengan mobil bensin --> bensin pasti irit, tapi listriknya hitungannya bgm ya?
- waktu charge --> butuh daya berapa ya?
- perawatan mobil listrik --> perlu ganti oli dll ga ya?
Ane sih kepinginnya mobil listrik, yang sekali charge bisa jalan sampai 100km. Speed ga usah tinggi2 80 atau 100 kpj. Rasanya enak buat dipakai keliling harian dalam kota.
Harga mobil listrik di luar paling murah berapa ya?
Mungkin suhu2 di SM, bisa sharing pengalaman tentang mobil listrik dan perawatannya. Mungkin ada yang punya tesla atau bmw i8 atau yang lainnya.
Sorry kalau tulisannya agak berantakan, karena masih nubie dan angan2 yang tiba2 muncul
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7389
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Mobil listrik
di negara yg electric distribution subject to max quota/household (klo kita bicara private use) dgn multi tariff on multiclass of usage sy yakin 50 atau 60 thn dari skrg akan byk EV di indo sebagai mobil mewah
n tentu nya kalo org org bisa di paksa (di wajip kan) beli ..... tdk terbayang brapa ribu quadrillion rupiah tax collection bisa di ambil govt di indo sehingga ovt di indo bs jauh lbh kaya drpd govt manapun di dunia
tentu kita sbg jelata akan bangga punya govt superkaya .... spt (skrg ini) govt dr botswana n mauritius
apalagi tax collection di indo terpandang di dunia, sama terhormat spt swazi gold ex swaziland
tesla s series p60 tentunya perlu 6,000 watts (x 8 jam) per charging from zero .... yg 95 ya 9,500 nissan leaf perlu skitar 8.000 watts, nissan e-nv200 perlu 6,600 watts x 8 jam (jgn sering sering pake quick charge mode tar rusak)
power recharging ini juga bisa jadi income govt sehingga apa yg sy omong bs achieved in real life
n tentu nya kalo org org bisa di paksa (di wajip kan) beli ..... tdk terbayang brapa ribu quadrillion rupiah tax collection bisa di ambil govt di indo sehingga ovt di indo bs jauh lbh kaya drpd govt manapun di dunia
tentu kita sbg jelata akan bangga punya govt superkaya .... spt (skrg ini) govt dr botswana n mauritius
apalagi tax collection di indo terpandang di dunia, sama terhormat spt swazi gold ex swaziland
tesla s series p60 tentunya perlu 6,000 watts (x 8 jam) per charging from zero .... yg 95 ya 9,500 nissan leaf perlu skitar 8.000 watts, nissan e-nv200 perlu 6,600 watts x 8 jam (jgn sering sering pake quick charge mode tar rusak)
power recharging ini juga bisa jadi income govt sehingga apa yg sy omong bs achieved in real life
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2941
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Mobil listrik
Disini aja...
nyari aki yg umur diatas 2 tahun diketawain orang2
Bisa bayangin ga? Make mobil baterainya puluhan juta
Beberapa tahun kemudian rusak... siapa yg mau bayarin tuh rusaknya?
nyari aki yg umur diatas 2 tahun diketawain orang2
Bisa bayangin ga? Make mobil baterainya puluhan juta
Beberapa tahun kemudian rusak... siapa yg mau bayarin tuh rusaknya?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Wed May 25, 2016 3:09
Re: Mobil listrik
Semoga aja era full mobil listrik masih lama.. krn kalo saya lbh suka mobil bermesin piston hehe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2941
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Mobil listrik
Kabar baiknya
Tesla sudah bikin baterai yang jauh lebih bagus dibanding generasi sebelumnya
lebih gede kapasitasnya, tetapi ongkos produksinya ga lebih mahal
Kabar buruknya? Kapasitas naik = demi jarak tempuh semakin jauh
Anggapannya kaya hp kapasitas baterai lebih gede, daya tahan nyala lebih lama, tetapi harganya juga mahal
Jadi ya mungkin masih harus bersabar buat mobil listrik
Tesla sudah bikin baterai yang jauh lebih bagus dibanding generasi sebelumnya
lebih gede kapasitasnya, tetapi ongkos produksinya ga lebih mahal
Kabar buruknya? Kapasitas naik = demi jarak tempuh semakin jauh
Anggapannya kaya hp kapasitas baterai lebih gede, daya tahan nyala lebih lama, tetapi harganya juga mahal
Jadi ya mungkin masih harus bersabar buat mobil listrik
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1398
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Mobil listrik
kendaraan listrik murni masih blm cocok disini. mending hybrid misal nissan note epower aja lah. tetep pake mesin bensin hanya untuk charging aja. jadi pertamina gak kehilangan sumber pendapatan dan user juga dapat irit nya. pln disini kan mirip pabrik lilin dimana gak ada angin gak ada hujan sering byar preeeettttttt
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1220
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Mobil listrik
Not a fan of EV. Lebih suka hybrid atau malah nunggu alternatif fuel buat ICE yang lebih ramah lingkungan.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3454
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Mobil listrik
nyambungin listrik ke pelosok aja belum 50%, itupun dah makan waktu >70 tahun.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Mobil listrik
ppnbm moge hapus dulu dah baru ngomongin mobil listrik ....mesin2 canggih baik mobil atau motor aja sedikit yg masuk sini kok ngarep langsung jump ke listrik
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 779
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Brio Dipanjangin
Re: Mobil listrik
wah baru tau mobil pure listrik chargenya pakai watt gede. dengan kapasitas listrik rumah sekarang sekali mau charge langsung drop mcbnya. lebih realistis kyknya hybrid.newrubble wrote: ↑Mon Nov 27, 2017 18:00 di negara yg electric distribution subject to max quota/household (klo kita bicara private use) dgn multi tariff on multiclass of usage sy yakin 50 atau 60 thn dari skrg akan byk EV di indo sebagai mobil mewah
n tentu nya kalo org org bisa di paksa (di wajip kan) beli ..... tdk terbayang brapa ribu quadrillion rupiah tax collection bisa di ambil govt di indo sehingga ovt di indo bs jauh lbh kaya drpd govt manapun di dunia
tentu kita sbg jelata akan bangga punya govt superkaya .... spt (skrg ini) govt dr botswana n mauritius
apalagi tax collection di indo terpandang di dunia, sama terhormat spt swazi gold ex swaziland
tesla s series p60 tentunya perlu 6,000 watts (x 8 jam) per charging from zero .... yg 95 ya 9,500 nissan leaf perlu skitar 8.000 watts, nissan e-nv200 perlu 6,600 watts x 8 jam (jgn sering sering pake quick charge mode tar rusak)
power recharging ini juga bisa jadi income govt sehingga apa yg sy omong bs achieved in real life
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Mobil listrik
For sure.. Model S perlu 6000Watts, sekarang 6000watt dari PLN perlu punya listrik 3phase juga.. Dari sebagian orang punya listrik 3 fase itu barang sangat mewah, belum lagi control box untuk ampere meter (RST) dan gak semua installer tau listrik jenis ini harus yang tau betul dan lagi listrik 3 fase itu kena minimum charge tiap bulan.. Kalau 6000watt untuk charging artinya perlu langganan 7700watt minimal!!!
Mau mobil listrik? Benerin dulu listriknya, masukin listrik sampai ke pelosok supaya semua masyarakat dapat aliran listrik..
Buat saya mobil listrik itu masa depan, yang belum kita dapatkan itu memang power resource nya.. Untuk kedepan mungkin hidrogen/fuelcell car jauh lebih masuk akal karena untuk membuat hidrogen nya bisa di buat lewat tenaga lain, contoh kincir atau air terjun.. Lebih masuk akal daripada baterai, secangih2 nya baterai punya masa pakai.. China dan Korea punya masalah dengan menumpuknya limbah baterai lithium, bingung bagaimana di daur ulang..
Mau mobil listrik? Benerin dulu listriknya, masukin listrik sampai ke pelosok supaya semua masyarakat dapat aliran listrik..
Buat saya mobil listrik itu masa depan, yang belum kita dapatkan itu memang power resource nya.. Untuk kedepan mungkin hidrogen/fuelcell car jauh lebih masuk akal karena untuk membuat hidrogen nya bisa di buat lewat tenaga lain, contoh kincir atau air terjun.. Lebih masuk akal daripada baterai, secangih2 nya baterai punya masa pakai.. China dan Korea punya masalah dengan menumpuknya limbah baterai lithium, bingung bagaimana di daur ulang..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Sat Jul 23, 2016 14:19
Re: Mobil listrik
Baru tau juga kalau charge butuh daya 6000 watts.
Kalau dengan daya segitu, kayanya ga worthed memilih mobil listrik supaya lebih irit. Pengeluaran bensin menurun tapi pengeluaran untuk listrik malah bengkak. Hahahahha
Kalau dengan daya segitu, kayanya ga worthed memilih mobil listrik supaya lebih irit. Pengeluaran bensin menurun tapi pengeluaran untuk listrik malah bengkak. Hahahahha
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Tue Feb 09, 2016 2:03
Re: Mobil listrik
paling ideal kalau setiap area/region punya mini power plantnya sendiri, entah itu hydro, atau solar cell, utk ngecharge masing2 daerah punya EV, ya ini jadi ada 2 income tambahan buat pemda, tax dan electric fee, kalau tergantung sama PLN mah uda keburu rusak tuh Tesla, listrik PLN gak stabil sering naik turun, belum lg tiba2 mati listrik.. tentunya ini butuh support dari regulasi pemerintah pusat, dan support dari pemda jg...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7389
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Mobil listrik
electric distribution policy hrs di bikin sesuai dulu ...... masa hrs cantol ke tiang listrik
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Oct 26, 2017 12:08
Re: Mobil listrik
Mata sama pandangan beda...
1 hari 24 jam kali 60 menit kali 60 detik....
Ada sekian detik di suatu zona over supply....
Over supply disimpan di "Super Batrai" (gue yaqqin akan tercipta suatu soaat nanti)...
Regulasi perlistrikan nanti pasti akan berubah...
Kalau pake visi kekinian ya impossible... ;big_slap:
Jadi inget dulu waktu taon 73...
Di daerah gue bicara mobil truk sama bus akan di ganti dari bensin ke diesel...
Hampir semua bilang impossible sambil ketawa... tapi blum lima taon impossible jadi possible...
Berapa taon lagi ya boil listrik possible di die'k...
#nungguin boil listrik sambil ngopi arabika solok rajo, sembari baca baca es em ers...
1 hari 24 jam kali 60 menit kali 60 detik....
Ada sekian detik di suatu zona over supply....
Over supply disimpan di "Super Batrai" (gue yaqqin akan tercipta suatu soaat nanti)...
Regulasi perlistrikan nanti pasti akan berubah...
Kalau pake visi kekinian ya impossible... ;big_slap:
Jadi inget dulu waktu taon 73...
Di daerah gue bicara mobil truk sama bus akan di ganti dari bensin ke diesel...
Hampir semua bilang impossible sambil ketawa... tapi blum lima taon impossible jadi possible...
Berapa taon lagi ya boil listrik possible di die'k...
#nungguin boil listrik sambil ngopi arabika solok rajo, sembari baca baca es em ers...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Mobil listrik
saya sendiri lebih suka electric car buatan jepang/Asia yang ukurannya mini, ketimbang yang high performance macam Tesla,, karena kesan GREEN Car nya lebih dapet
saya nggak sukanya sama tesla karena ukurannya yang terlalu besar, mirip seperti mobil konvensional. EV kan tanpa mesin pengapian, jadi harusnya bisa bikin mobil ukurannya jadi lebih kompak ketimbang mobil mesin biasa.
untuk indo mungkin cocoknya kayak nissan note e Power kali ya
saya nggak sukanya sama tesla karena ukurannya yang terlalu besar, mirip seperti mobil konvensional. EV kan tanpa mesin pengapian, jadi harusnya bisa bikin mobil ukurannya jadi lebih kompak ketimbang mobil mesin biasa.
untuk indo mungkin cocoknya kayak nissan note e Power kali ya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 610
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: Mobil listrik
Calculation untuk NV-200
- 6.6 kW * 8 H * Rp. 1500 /kWH = Rp. 79200
- Range-nya sekitar 100 mil --> 160 km
- Cost / km = Rp. 495 / km
Angka ini ekivalen dengan 1:13 (premium) / 1:11 (biosolar). Artinya, running-cost tidak jauh beda dengan menggunakan ICE ber-bahan bakar murah. Angka konsumsi BBM diatas tentunya teman-teman lebih tahu, apakah achievable atau tidak.
Plus-nya ICE, bensin habis cuma perlu 10 menit untuk refuel. Sudah termasuk bayar dan ke WC
- 6.6 kW * 8 H * Rp. 1500 /kWH = Rp. 79200
- Range-nya sekitar 100 mil --> 160 km
- Cost / km = Rp. 495 / km
Angka ini ekivalen dengan 1:13 (premium) / 1:11 (biosolar). Artinya, running-cost tidak jauh beda dengan menggunakan ICE ber-bahan bakar murah. Angka konsumsi BBM diatas tentunya teman-teman lebih tahu, apakah achievable atau tidak.
Plus-nya ICE, bensin habis cuma perlu 10 menit untuk refuel. Sudah termasuk bayar dan ke WC
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Oct 26, 2017 12:08
Re: Mobil listrik
Listrik atau bbm yang disubsidi ???
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: Mobil listrik
Bukannya justru ini visi nya pemerintah, karena itu kapasitas listrik yang di rumah dinaikkan menjadi 4400, dst, yang dibahas di thread sebelah..NYoman wrote:For sure.. Model S perlu 6000Watts, sekarang 6000watt dari PLN perlu punya listrik 3phase juga.. Dari sebagian orang punya listrik 3 fase itu barang sangat mewah, belum lagi control box untuk ampere meter (RST) dan gak semua installer tau listrik jenis ini harus yang tau betul dan lagi listrik 3 fase itu kena minimum charge tiap bulan.. Kalau 6000watt untuk charging artinya perlu langganan 7700watt minimal!!!
Mau mobil listrik? Benerin dulu listriknya, masukin listrik sampai ke pelosok supaya semua masyarakat dapat aliran listrik..
Buat saya mobil listrik itu masa depan, yang belum kita dapatkan itu memang power resource nya.. Untuk kedepan mungkin hidrogen/fuelcell car jauh lebih masuk akal karena untuk membuat hidrogen nya bisa di buat lewat tenaga lain, contoh kincir atau air terjun.. Lebih masuk akal daripada baterai, secangih2 nya baterai punya masa pakai.. China dan Korea punya masalah dengan menumpuknya limbah baterai lithium, bingung bagaimana di daur ulang..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7389
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Mobil listrik
disini listrik nyaris gratis krn ambil dr geothermal ..... spy gunung tdk meledak
sebagian listrik juga ambil dr septic tank ....krn itu makanan minuman di subsidy
awal thn ini (sy lg di jpn) septic tank tetangga terdekat (5km dr rumah sy) meledak krn rumah nya jarang ada org ..... pressure terlalu tinggi jadi skrg di pasang auto-pressure valve dgn tiang tinggi spy tdk bau
heater juga dr septic tank krn itu gratis n tetap idup meski di rumah tdk ada org ..... mobil egolf istri sy recharge gratis n sy pasang recharge outlet di depan rumah spy siapapun yg perlu bisa recharge (n sy dpt xtra subsidy krn contribute to public)
sebagian listrik juga ambil dr septic tank ....krn itu makanan minuman di subsidy
awal thn ini (sy lg di jpn) septic tank tetangga terdekat (5km dr rumah sy) meledak krn rumah nya jarang ada org ..... pressure terlalu tinggi jadi skrg di pasang auto-pressure valve dgn tiang tinggi spy tdk bau
heater juga dr septic tank krn itu gratis n tetap idup meski di rumah tdk ada org ..... mobil egolf istri sy recharge gratis n sy pasang recharge outlet di depan rumah spy siapapun yg perlu bisa recharge (n sy dpt xtra subsidy krn contribute to public)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Sat May 06, 2017 11:04
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: XV40
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7389
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Mobil listrik
gayung di ganti ember pdhl perlu nya satu tengkiliemivan86 wrote: ↑Tue Nov 28, 2017 9:06 ......karena itu kapasitas listrik yang di rumah dinaikkan menjadi 4400, dst, yang dibahas di thread sebelah..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Mobil listrik
4400 itu masih dalam kategori 1 fase yang mana gak perlu rubah2 instalasi.. Kalau pindah ke 3 fase matilah yang punya rumah, harus cabut semua instalasi lama pasang baru dan pasang panel box dan grounding baru dan itu tidak murah apalagi kabel2 yang ditanam di tembok.. Migrasi dari 1 fasa ke 3 fasa itu tidak semudah naik daya yang cuma ganti MCCB.. Dan PLN gak akan mau pasang listrik 1 fasa 7700 sekarang (rata2 kabel dirumah tangga dipasang untuk beban 2200-4400)..liemivan86 wrote: ↑Tue Nov 28, 2017 9:06Bukannya justru ini visi nya pemerintah, karena itu kapasitas listrik yang di rumah dinaikkan menjadi 4400, dst, yang dibahas di thread sebelah..NYoman wrote:For sure.. Model S perlu 6000Watts, sekarang 6000watt dari PLN perlu punya listrik 3phase juga.. Dari sebagian orang punya listrik 3 fase itu barang sangat mewah, belum lagi control box untuk ampere meter (RST) dan gak semua installer tau listrik jenis ini harus yang tau betul dan lagi listrik 3 fase itu kena minimum charge tiap bulan.. Kalau 6000watt untuk charging artinya perlu langganan 7700watt minimal!!!
Mau mobil listrik? Benerin dulu listriknya, masukin listrik sampai ke pelosok supaya semua masyarakat dapat aliran listrik..
Buat saya mobil listrik itu masa depan, yang belum kita dapatkan itu memang power resource nya.. Untuk kedepan mungkin hidrogen/fuelcell car jauh lebih masuk akal karena untuk membuat hidrogen nya bisa di buat lewat tenaga lain, contoh kincir atau air terjun.. Lebih masuk akal daripada baterai, secangih2 nya baterai punya masa pakai.. China dan Korea punya masalah dengan menumpuknya limbah baterai lithium, bingung bagaimana di daur ulang..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 779
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Brio Dipanjangin
Re: Mobil listrik
Setuju sekali instalasi listrik tidak murah, karena baru renovasi rumah dan ganti full instalasi listrik yang lama jadi tahu harga-harga mcb, rccb, kabel-kabel dan komponen2 listriknya plus jasa tukang listriknya.NYoman wrote: ↑Tue Nov 28, 2017 10:08liemivan86 wrote: ↑Tue Nov 28, 2017 9:06Bukannya justru ini visi nya pemerintah, karena itu kapasitas listrik yang di rumah dinaikkan menjadi 4400, dst, yang dibahas di thread sebelah..NYoman wrote:For sure.. Model S perlu 6000Watts, sekarang 6000watt dari PLN perlu punya listrik 3phase juga.. Dari sebagian orang punya listrik 3 fase itu barang sangat mewah, belum lagi control box untuk ampere meter (RST) dan gak semua installer tau listrik jenis ini harus yang tau betul dan lagi listrik 3 fase itu kena minimum charge tiap bulan.. Kalau 6000watt untuk charging artinya perlu langganan 7700watt minimal!!!
Mau mobil listrik? Benerin dulu listriknya, masukin listrik sampai ke pelosok supaya semua masyarakat dapat aliran listrik..
Buat saya mobil listrik itu masa depan, yang belum kita dapatkan itu memang power resource nya.. Untuk kedepan mungkin hidrogen/fuelcell car jauh lebih masuk akal karena untuk membuat hidrogen nya bisa di buat lewat tenaga lain, contoh kincir atau air terjun.. Lebih masuk akal daripada baterai, secangih2 nya baterai punya masa pakai.. China dan Korea punya masalah dengan menumpuknya limbah baterai lithium, bingung bagaimana di daur ulang..
4400 itu masih dalam kategori 1 fase yang mana gak perlu rubah2 instalasi.. Kalau pindah ke 3 fase matilah yang punya rumah, harus cabut semua instalasi lama pasang baru dan pasang panel box dan grounding baru dan itu tidak murah apalagi kabel2 yang ditanam di tembok.. Migrasi dari 1 fasa ke 3 fasa itu tidak semudah naik daya yang cuma ganti MCCB.. Dan PLN gak akan mau pasang listrik 1 fasa 7700 sekarang (rata2 kabel dirumah tangga dipasang untuk beban 2200-4400)..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: Mobil listrik
Yup, setuju. Memang harus perbaikan instalasi listrik di rumah.NYoman wrote:
4400 itu masih dalam kategori 1 fase yang mana gak perlu rubah2 instalasi.. Kalau pindah ke 3 fase matilah yang punya rumah, harus cabut semua instalasi lama pasang baru dan pasang panel box dan grounding baru dan itu tidak murah apalagi kabel2 yang ditanam di tembok.. Migrasi dari 1 fasa ke 3 fasa itu tidak semudah naik daya yang cuma ganti MCCB.. Dan PLN gak akan mau pasang listrik 1 fasa 7700 sekarang (rata2 kabel dirumah tangga dipasang untuk beban 2200-4400)..
Tapi terlepas dari detail teknis itu, menurut saya sih, setidaknya pemerintah sudah memulai langkah pertama untuk mewujudkan kendaraan listrik. Paling tidak, dengan 4400 watt, masih bisa charge sepeda motor listrik, dan mobil2 plug in hybrid yang batere kecil.
Sementara yang mampu beli Tesla, saya yakin banget rumah nya lebih dari 4400 watt.