Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Sesuai judul, saat saya mau panasin mobil mid ngaco kedap kedip dan mesin tidak nyala. Saya pikir masa akinya habis( usia baru mobil 1 thn 2bulan). Sbg informasi pemakaian mobil hanya tiap sabtu dan minggu. Mobil dipanaskan tiap minggu pas mau dipakai saja. Kira2 100-150km/minggu. Odo skrg 11.[cencored].
Kemudian saya tlp shop n drive delivery. Aki saya diganti dgn merk syg sama yaitu GS. Namun tipe ^dTAKSI^ 55AH. Lalu tekan start button. Engine nyala tapi indikator pada nyala dan mobil tidak bisa dijalankan.
Apakah harus reset ecu om? Jika iya caranya gimana ya?
Saya kesulitan upload foto mid dr seraya gallery. Maap gaptek. Hehe. https://www.serayagallery.com/image/8ERQ
Thx om
cicidanqimy wrote: Thu Sep 21, 2017 12:52
Halo om
Maaf kalo salah tempat posting.
Sesuai judul, saat saya mau panasin mobil mid ngaco kedap kedip dan mesin tidak nyala. Saya pikir masa akinya habis( usia baru mobil 1 thn 2bulan). Sbg informasi pemakaian mobil hanya tiap sabtu dan minggu. Mobil dipanaskan tiap minggu pas mau dipakai saja. Kira2 100-150km/minggu. Odo skrg 11.[cencored].
Kemudian saya tlp shop n drive delivery. Aki saya diganti dgn merk syg sama yaitu GS. Namun tipe ^dTAKSI^ 55AH. Lalu tekan start button. Engine nyala tapi indikator pada nyala dan mobil tidak bisa dijalankan.
Apakah harus reset ecu om? Jika iya caranya gimana ya?
Saya kesulitan upload foto mid dr seraya gallery. Maap gaptek. Hehe. https://www.serayagallery.com/image/8ERQ
Thx om
Kok gak bisa lihat image/foto nya ya?
Mobil jarang pakai ya?
Gak ada kabel yg di gigit tikus?
Sekring gak ada yg putus?
cicidanqimy wrote: Thu Sep 21, 2017 12:52
Halo om
Maaf kalo salah tempat posting.
Sesuai judul, saat saya mau panasin mobil mid ngaco kedap kedip dan mesin tidak nyala. Saya pikir masa akinya habis( usia baru mobil 1 thn 2bulan). Sbg informasi pemakaian mobil hanya tiap sabtu dan minggu. Mobil dipanaskan tiap minggu pas mau dipakai saja. Kira2 100-150km/minggu. Odo skrg 11.[cencored].
Kemudian saya tlp shop n drive delivery. Aki saya diganti dgn merk syg sama yaitu GS. Namun tipe ^dTAKSI^ 55AH. Lalu tekan start button. Engine nyala tapi indikator pada nyala dan mobil tidak bisa dijalankan.
Apakah harus reset ecu om? Jika iya caranya gimana ya?
Saya kesulitan upload foto mid dr seraya gallery. Maap gaptek. Hehe. https://www.serayagallery.com/image/8ERQ
Thx om
Kok gak bisa lihat image/foto nya ya?
Mobil jarang pakai ya?
Gak ada kabel yg di gigit tikus?
Sekring gak ada yg putus?
update info om,
-semalem setelah ganti aki, saya coba cabut aki selama 30 menit, pas saya pasang masih tetap muncul indikatornya.
-lalu saya tlp honda care 24 jam dan tanya mekanik, utk dijalankan tekan parking brake agak lama, lalu mobil bisa dijalankan dan saya coba keliling komplek. indikator masih tetap nyala meski sempat mesin di coba on/off beberapa kali.
-pagi ini saya tlp mekaniknya, katanya ini terjadi jika ganti aki ketika mesin mati. seharusnya mesin dinyalakan saat ganti aki. dan disarankan dibawa ke beres utk reset ecu.
1. iya om sesuai yg saya info diatas. usia aki wajar gak om cuma 1 tahun 2 bulan ?
2. kemaren saya cek gak ada yg digigit tikus sih/gak keliatan kayanya. tapi deket aki saya liat ada 1 kotoran tikus(sepertinya).
3. sekring yang di kotak hitam ya om ? kemaren saya buka pas malam gak keliatan jelas.
Sy sudah beberapa kali pasang aki hrv punya orng, kl sy pasang aki ngg pernah dlm kondisi mesin nyala. Khawatir korslet ( kabel positif nempel k bodi mobil) pd saat aki d cabut karena getaran mesin. Biasanya sy pake alat yg d colok via lighter spy listrik ttp mengalir walaupun aki sdh d lepas.
Tp sudah sering jg pasang aki baik oleh sy ( ketika darurat) ato pemilik mobilnya langsung, tanpa prosedur d atas tetap normal2 aj. Pengalaman sy utk mobil2 sekelas crv,hrv,mobilio dll prosedur lepas akinya ngg perlu aneh2... Walaupun sebaiknya ttp ad listrik mengalir k ecu.
Jagonyaaki wrote: Fri Sep 22, 2017 7:58
Sy sudah beberapa kali pasang aki hrv punya orng, kl sy pasang aki ngg pernah dlm kondisi mesin nyala. Khawatir korslet ( kabel positif nempel k bodi mobil) pd saat aki d cabut karena getaran mesin. Biasanya sy pake alat yg d colok via lighter spy listrik ttp mengalir walaupun aki sdh d lepas.
Tp sudah sering jg pasang aki baik oleh sy ( ketika darurat) ato pemilik mobilnya langsung, tanpa prosedur d atas tetap normal2 aj. Pengalaman sy utk mobil2 sekelas crv,hrv,mobilio dll prosedur lepas akinya ngg perlu aneh2... Walaupun sebaiknya ttp ad listrik mengalir k ecu.
Cmiiw
Om, saya awalnya penasaran krn tidak tau masalahnya dimana, lalu saya DIY cabut aki sendiri dgn kondisi mesin mati niatnya saya mau poto akinya dan mau beli ke shopndrixx. setelah saya pasang kembali akinya dan coba start engine, indikator hampir semua nyala dan mesin tetap tidak menyala.
lalu saya tlp shopndrixx ternyata bisa delivery dan sekalian dipasangkan akinya dan aki dipasang dlm kondisi mesin mati.
setelah dipasang, mesin bisa idup namun beberapa indikator di foto msh tetap nyala. Lalu saya DIY lagi cabut aki barunya selama 30 menit, kemudian sy pasang lg akinya dan indikator tetap muncul.
bsk rencana mau sy bawa ke beres utk minta di reset sesuai saran mekanik honda via tlp.
1. apakah aman om bawa mobil dgn kondisi spt itu ?
2. lalu apakah masih masuk warranty/free bila hanya reset ecu ?
3. bila ternyata disebabkan oleh tikus apakah tidak masuk warranty ?
kmrn pas saya ajak jalan biasa, pas kira2 sejauh 5km semua indikator tiba2 mati/hilang dengan sendirinya(sesuai dgn info dr mekanik honda care 24jam). cuma ada 1 indikator yang masih nyala. pas baca manual book, indikator tsb merupakan EPS(electronic power steering).
pas sampe tujuan, saya matiin mesin lalu ane nyalain lagi dan ternyata indikator EPS juga ikutan mati/hilang jadi MID jd normal seperti biasa .
padahal saya rencana mau ke beres tuh, hehehe.
cicidanqimy wrote: Mon Sep 25, 2017 0:55
update om.
kmrn pas saya ajak jalan biasa, pas kira2 sejauh 5km semua indikator tiba2 mati/hilang dengan sendirinya(sesuai dgn info dr mekanik honda care 24jam). cuma ada 1 indikator yang masih nyala. pas baca manual book, indikator tsb merupakan EPS(electronic power steering).
pas sampe tujuan, saya matiin mesin lalu ane nyalain lagi dan ternyata indikator EPS juga ikutan mati/hilang jadi MID jd normal seperti biasa .
padahal saya rencana mau ke beres tuh, hehehe.
cicidanqimy wrote: Mon Sep 25, 2017 0:55
update om.
kmrn pas saya ajak jalan biasa, pas kira2 sejauh 5km semua indikator tiba2 mati/hilang dengan sendirinya(sesuai dgn info dr mekanik honda care 24jam). cuma ada 1 indikator yang masih nyala. pas baca manual book, indikator tsb merupakan EPS(electronic power steering).
pas sampe tujuan, saya matiin mesin lalu ane nyalain lagi dan ternyata indikator EPS juga ikutan mati/hilang jadi MID jd normal seperti biasa .
padahal saya rencana mau ke beres tuh, hehehe.
cicidanqimy wrote: Mon Sep 25, 2017 0:55
update om.
kmrn pas saya ajak jalan biasa, pas kira2 sejauh 5km semua indikator tiba2 mati/hilang dengan sendirinya(sesuai dgn info dr mekanik honda care 24jam). cuma ada 1 indikator yang masih nyala. pas baca manual book, indikator tsb merupakan EPS(electronic power steering).
pas sampe tujuan, saya matiin mesin lalu ane nyalain lagi dan ternyata indikator EPS juga ikutan mati/hilang jadi MID jd normal seperti biasa .
padahal saya rencana mau ke beres tuh, hehehe.
sampe skrg normal ?
regards,
singachu
udh om.
pas servis rutin ke beres bulan lalu aman aja om, gak ditanyain beres.
cicidanqimy wrote: Mon Sep 25, 2017 0:55
update om.
kmrn pas saya ajak jalan biasa, pas kira2 sejauh 5km semua indikator tiba2 mati/hilang dengan sendirinya(sesuai dgn info dr mekanik honda care 24jam). cuma ada 1 indikator yang masih nyala. pas baca manual book, indikator tsb merupakan EPS(electronic power steering).
pas sampe tujuan, saya matiin mesin lalu ane nyalain lagi dan ternyata indikator EPS juga ikutan mati/hilang jadi MID jd normal seperti biasa .
padahal saya rencana mau ke beres tuh, hehehe.
sampe skrg normal ?
regards,
singachu
udh om.
pas servis rutin ke beres bulan lalu aman aja om, gak ditanyain beres.
jadi trouble sebenarnya karena apa om?
btw, berarti yang benar pas pasang aki, kondisi mesin nyala atau mati ya?
saya punya 2,5th HRV, jarang dipakai sering nongkrong di garasi, kilometer masih 8rban.kadang beberapa minggu ga saya panasin, so far aki baik baik saja
kariage wrote: Fri Nov 17, 2017 6:47
saya punya 2,5th HRV, jarang dipakai sering nongkrong di garasi, kilometer masih 8rban.kadang beberapa minggu ga saya panasin, so far aki baik baik saja
Om. Aki bawaan pabrik merk apa?
Ada yg bilang panasonic.
Koq saya gs astra ya?
Wah kok om awet bgt ya.
cicidanqimy wrote: Mon Sep 25, 2017 0:55
update om.
kmrn pas saya ajak jalan biasa, pas kira2 sejauh 5km semua indikator tiba2 mati/hilang dengan sendirinya(sesuai dgn info dr mekanik honda care 24jam). cuma ada 1 indikator yang masih nyala. pas baca manual book, indikator tsb merupakan EPS(electronic power steering).
pas sampe tujuan, saya matiin mesin lalu ane nyalain lagi dan ternyata indikator EPS juga ikutan mati/hilang jadi MID jd normal seperti biasa .
padahal saya rencana mau ke beres tuh, hehehe.
sampe skrg normal ?
regards,
singachu
udh om.
pas servis rutin ke beres bulan lalu aman aja om, gak ditanyain beres.
sip
daftar wrote: Fri Nov 17, 2017 3:47
om singachu ini yang punya blog oto-diy ya?
Saya ada HRV 1.5 th 2015, aki bawaan tahan 2 tahun, pas mati di garasi saya lepas dan beli sendiri di luar lalu pasang sendiri tidak ada masalah. Bahkan kalau cuti panjang aki selalu saya lepas dan saya simpan.
Untuk melepas aki biasanya cabut yg (-) dulu baru yg (+), untuk masangnya kutub (+) dulu baru yg (-).
hmmmm.. beberapa bulan yang lalu, hrv kakak saya juga mengalami low voltage sehingga tidak bisa distarter. Segeralah kami tlp shop & drive untuk delivery aki. Sebelum aki yang baru dipasang, mobil kakak saya dinyalakan dahulu menggunakan kabel jumper yang dihubungkan ke mobil saya. Setelah hrv kakak saya nyala, aki yang sudah low voltage segera diganti dengan aki yang baru (pada saat keadaan mobil menyala). Setelah beberapa saat mobil saya matikan dan nyalakan kembali, semuanya normal. Yidak ada indikator-indikator yang menyala terus menerus.
nescafe wrote: Tue Nov 21, 2017 9:20 hmmmm.. beberapa bulan yang lalu, hrv kakak saya juga mengalami low voltage sehingga tidak bisa distarter. Segeralah kami tlp shop & drive untuk delivery aki. Sebelum aki yang baru dipasang, mobil kakak saya dinyalakan dahulu menggunakan kabel jumper yang dihubungkan ke mobil saya. Setelah hrv kakak saya nyala, aki yang sudah low voltage segera diganti dengan aki yang baru (pada saat keadaan mobil menyala). Setelah beberapa saat mobil saya matikan dan nyalakan kembali, semuanya normal. Yidak ada indikator-indikator yang menyala terus menerus.
ini yang masih "pro/contra" melepas aki dalam kondisi mesin nyala.
Aki seperti capacitor bank yang gede, bisa turut meredam spike voltage.
bulan lalu baru ganti aki di shop n drive, kondisi aki masih bisa buat starter mobil, tapi sudah lemah, pas starter butuh waktu lebih lama dan semua lampu dan indikator kedap kedip.
Sama mekanik juga gantinya dalam kondisi mesin hidup. baru kali ini sih ganti aki mobil dalam keadaan begini, sebelumnya selalu dalam kondisi mesin mati karena aki sudah koit duluan tidak sanggup buat nyalain mesin.
Sempat kaget juga lihat montirnya sudah main lepas baut aki padahal mesin masih hidup
Sebenarnya tidak berhubungan langsung, tapi pernah punya Honda Jazz 2005, kalau tidak salah 2 tahun kemudian aki lemah pas daerah Sunter, ganti aki di Shop and Drive dalam keadaan mesin hidup juga. Saya sampai bingung juga kenapa harus dalam keadaan hidup.
katanya sih ganti pas keadaan idup biar aliran listrik ke ECU selalu ada jadi gk perlu reset gegara simbol nyala segala
udah 2x ganti aki di CRV selalu pas keadaan idup dan abis aki baru kepasang langsung tes matiin trus kontak on, kalo pas kontak on gk ada yg aneh baru starter lagi
kalo pas mesin idup gk ada masalah, dah tinggal bawa pergi tuh boil deh dari toko