Jadi inget papan di exit tol pasteur, bayar pake uang pas sekian detik, pake 10 ribuan sekian detik, 20 ribuan sekian detik, dst. Makin gede pecahan duitnya, makin lama waktunya.iwidiyanto wrote: Fri Nov 17, 2017 9:58 Pengalaman yang lalu2....paling cepat itu bayar cash dengan uang pas....blm ada yg ngalahin waktunya
Etoll Card bikin macet 2 kali lipat.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 110
- Joined: Sat Sep 17, 2016 11:58
Re: Etoll Card bikin macet 2 kali lipat.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Wed Apr 20, 2016 16:23
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: C180 W204
Re: Etoll Card bikin macet 2 kali lipat.
Kalo trik saya om di gardu GTO:
1. M-2 (dibelakang 2 mobil) udah megang kartu
2. M-1 buka kaca, tangan udah keluar siap2
3. pas M-1 udah jalan, dan giliran saya, langsung tapping kartu srosot ke itu mesin
lumayan bisa sama kayak pake orang, tiga detik
kalo dari pengamatan saya ya, ini pada baru keluarin kartu pas disamping mesin. ya jadi penyebab bottlenecknya ya disitu. buka kaca dulu, ambil kartu/tongkat, baru tempel... balik lagi ke kesigapan pribadi masing2
dan kalo liat kebelakang juga kan itu awalnya karena monopoli mandiri, abis itu baru ikut bumn lainnya, baru swasta satu ikutan (bca). sistem kartunya beda2 gak unified... tak attach aja pembicaraan saya di reddit tentang ini...
1. M-2 (dibelakang 2 mobil) udah megang kartu
2. M-1 buka kaca, tangan udah keluar siap2
3. pas M-1 udah jalan, dan giliran saya, langsung tapping kartu srosot ke itu mesin
lumayan bisa sama kayak pake orang, tiga detik
kalo dari pengamatan saya ya, ini pada baru keluarin kartu pas disamping mesin. ya jadi penyebab bottlenecknya ya disitu. buka kaca dulu, ambil kartu/tongkat, baru tempel... balik lagi ke kesigapan pribadi masing2
dan kalo liat kebelakang juga kan itu awalnya karena monopoli mandiri, abis itu baru ikut bumn lainnya, baru swasta satu ikutan (bca). sistem kartunya beda2 gak unified... tak attach aja pembicaraan saya di reddit tentang ini...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sun Jul 13, 2014 6:23
Re: Etoll Card bikin macet 2 kali lipat.
Sebenarnya Jasa Marga sadar kalau dengan menggunakan sistem sekarang ini masih belum optimal. mereka sebenarnya sudah ada teknologi RFID dengan sistem tapless kalau gak salah namanya Multi Lane Free Flow. jadi MLFF ini bisa lari dalam kecepatan tinggi juga terbaca. kabarnya sedang di coba pada beberapa kenderaan terpilih (limited) dan belum tersebar. Jadi pengelola tol ini ngakunya hendak bertahap.
Kalau pendapat saya sih lebih suka langsung saja pake MLFF ini dari pada harus dua kali sosialisasi. semoga cepat tereliasasikan.
Kalau pendapat saya sih lebih suka langsung saja pake MLFF ini dari pada harus dua kali sosialisasi. semoga cepat tereliasasikan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 670
- Joined: Thu May 17, 2012 16:30
Re: Etoll Card bikin macet 2 kali lipat.
well,, ini bener juga sih, saya udah beberapa kali pengalaman ditabrak mobil di gerbang, semua ngakunya nyari duit buat bayar karcis (satu kali karena rebutan jalur sama mobil di belakang, tak acungin kunci setir dari jendela langsung tobat dia)adhika wrote: Fri Nov 17, 2017 10:14 Tapi saya akui emang praktis sih. Pertama, ga perlu sortir2 duit atau nyari2 recehan pas mendekati gerbang tol, tinggal konsentrasi jaga jarak pas antre di GT. Kedua, tinggal cabut etoll dari card holder (seperti di rusteri), tempel terus taro lagi.

mau nulis apa ya...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Etoll Card bikin macet 2 kali lipat.
Kalau buat saya dari sepengamatan..
Yang bikin macet itu orang yang lambat ngeluarin kartu (sebenernya sama, yg lambat nyiapin duit juga) dan kedua yang ngetap tapi saldo ga cukup..
Di Surabaya yang saya lihat sih begitu rata2, terutama mobil2 kecil. Untuk masalah RFID kartu kita itu juga sistemnya RFID, bedanya cuma tranmisi wireless nya jauh atau dekat.. Kalau mau beli alatnya ada saya lupa sekitar sejutaan untuk di mobil jadi kita tinggal ngelongos aja udah di baca kartunya..
Yang bikin macet itu orang yang lambat ngeluarin kartu (sebenernya sama, yg lambat nyiapin duit juga) dan kedua yang ngetap tapi saldo ga cukup..
Di Surabaya yang saya lihat sih begitu rata2, terutama mobil2 kecil. Untuk masalah RFID kartu kita itu juga sistemnya RFID, bedanya cuma tranmisi wireless nya jauh atau dekat.. Kalau mau beli alatnya ada saya lupa sekitar sejutaan untuk di mobil jadi kita tinggal ngelongos aja udah di baca kartunya..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 130
- Joined: Fri Feb 28, 2014 6:39
Re: Etoll Card bikin macet 2 kali lipat.
Disuruh beli kartu 20 ribu saja banyak yang protes, minta digratisin, disuruh beli alat rfid 400 ribu keatas, mencak-mencaknya kayak gimana tuh...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 729
- Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
- Location: Semarang
Re: Etoll Card bikin macet 2 kali lipat.
Percuma pake sistem RFID di Indonesia. Lah banyak yang plat nomor nya palsu, atau mobil sudah dijual tidak langsung ganti balik nama, dll. Ntar kecolongan, yang nanggung resikonya siapa?jwong wrote:Sebenarnya Jasa Marga sadar kalau dengan menggunakan sistem sekarang ini masih belum optimal. mereka sebenarnya sudah ada teknologi RFID dengan sistem tapless kalau gak salah namanya Multi Lane Free Flow. jadi MLFF ini bisa lari dalam kecepatan tinggi juga terbaca. kabarnya sedang di coba pada beberapa kenderaan terpilih (limited) dan belum tersebar. Jadi pengelola tol ini ngakunya hendak bertahap.
Kalau pendapat saya sih lebih suka langsung saja pake MLFF ini dari pada harus dua kali sosialisasi. semoga cepat tereliasasikan.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Etoll Card bikin macet 2 kali lipat.
Biar cepat, dari jauh2 udh pegang kartu & buka jendela, posisi tangan dikeluarin kyk supir angkot. Ssdh tap kartu gk usah disimpen di tempat yg rapi, lempar aja ke atas dashboard (jika bentuk dashboard memungkinkan utk kartunya gk lari kemana2 saat mobilnya jalan)
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Etoll Card bikin macet 2 kali lipat.
1. Aturan bank emang harus bikin virtual account khusus buat kartu etol jadi segala transaksi kelihatan disana
Dan isi pulsa gampang tinggal transfer
Mau tarik juga gampang tinggal transfer juga
Kalau kartunya hilang juga gampang masih bisa pindahin dananya
2. Kartu lama bikin tol jadi lemot, kalau alamin hal kaya begitu saran saya ganti kartu
Dan isi pulsa gampang tinggal transfer
Mau tarik juga gampang tinggal transfer juga
Kalau kartunya hilang juga gampang masih bisa pindahin dananya
2. Kartu lama bikin tol jadi lemot, kalau alamin hal kaya begitu saran saya ganti kartu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: Etoll Card bikin macet 2 kali lipat.
Itu bukan asal pasang lalu langsung tinggal jalan aja pak. Jadi alat itu akan komunikasi dengan sensor, biasanya ditaruh di tiang tulisan GTO itu. Sensor itu yang baca, bukan sensor yang biasanya di mesin tap itu.NYoman wrote:Kalau buat saya dari sepengamatan..
Yang bikin macet itu orang yang lambat ngeluarin kartu (sebenernya sama, yg lambat nyiapin duit juga) dan kedua yang ngetap tapi saldo ga cukup..
Di Surabaya yang saya lihat sih begitu rata2, terutama mobil2 kecil. Untuk masalah RFID kartu kita itu juga sistemnya RFID, bedanya cuma tranmisi wireless nya jauh atau dekat.. Kalau mau beli alatnya ada saya lupa sekitar sejutaan untuk di mobil jadi kita tinggal ngelongos aja udah di baca kartunya..
Di Surabaya memang belum bisa dipakai alat itu, bisa nya di Jakarta, itu pun hanya gate tertentu..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Etoll Card bikin macet 2 kali lipat.
Saya pernah bikin studi kasus pas masih jaman kuliah, lokasi studi di gerbang tol lt agung arah pd indah dengan jumlah sampel ada 100 mobil (per hari) selama 3 hari di jam rush hour sore hari..
kesimpulan dari studi saya:
- pembayaran paling cepat itu adalah memakai uang pas, cuma butuh waktu (dalam rata2) 3 detik
- pemakaian emoney itu waktu rata2nya 4-5 detik, belom lagi kalo kartu ama alat gak mau ngebaca
saya suka sih bayar pake eMoney, gak perlu urusin uang kembalian..tapi ada yang bikin keselnya juga
Saya suka dibikin gedeg ama alat OBU kampret itu, kenapa saya bilang kampret ? saya tau kalo ada alat kotak hitam diatas GTO berarti itu OBU ready, dan bacaan di display ada tulisan "eToll OK", yang artinya bisa transaksi pake OBU (kalo gak ada, tulisan OK nya jadi XX)..nah ini sering kejadian OBU nya lama baca atau gak baca sama sekali, yang ada saya malah diklaksonin orang belakang, akhirnya mau gak mau keluar mobil buat nempel kartu cadangan ke mesin..
saya pernah liat di depan saya, BMW X6 nabrak plang depan gara2 si alat OBU nya nggak ngebaca, padahal saya liat di displaynya "eToll OK", tp si OBU gak mau ngebaca..
kadang emang bajingan [cencored] nih OBU, gimana sih ? mau buat gampang yang ada malah bikin susah dan emosi, saya pernah sekali tendang kenceng itu alatnya karena saking keselnya gak mau ngerespon, bahkan ketika akhirnya nyerah ama OBU dan bayar pake kartu tempel aja butuh 10 detikan baru mau ngebaca..[cencored]...emang bukan indo kali ya kalo gak "kalo bisa disusahin kenapa gak ?"
catatan:
buat yang antri di GTO, kasi jarak agak jauh ama mobil paling depan yang lagi mau bayar, takutnya kalo dia pake OBU dan OBU nya gak mau ngebaca dan kalo dia mau mundur untuk nempelin kartu nya di alat tempel, ada jarak buat dia mundur, saya selalu kasi jarak ama depan takutnya bakalan ada skenario begitu
kesimpulan dari studi saya:
- pembayaran paling cepat itu adalah memakai uang pas, cuma butuh waktu (dalam rata2) 3 detik
- pemakaian emoney itu waktu rata2nya 4-5 detik, belom lagi kalo kartu ama alat gak mau ngebaca
saya suka sih bayar pake eMoney, gak perlu urusin uang kembalian..tapi ada yang bikin keselnya juga
Saya suka dibikin gedeg ama alat OBU kampret itu, kenapa saya bilang kampret ? saya tau kalo ada alat kotak hitam diatas GTO berarti itu OBU ready, dan bacaan di display ada tulisan "eToll OK", yang artinya bisa transaksi pake OBU (kalo gak ada, tulisan OK nya jadi XX)..nah ini sering kejadian OBU nya lama baca atau gak baca sama sekali, yang ada saya malah diklaksonin orang belakang, akhirnya mau gak mau keluar mobil buat nempel kartu cadangan ke mesin..
saya pernah liat di depan saya, BMW X6 nabrak plang depan gara2 si alat OBU nya nggak ngebaca, padahal saya liat di displaynya "eToll OK", tp si OBU gak mau ngebaca..
kadang emang bajingan [cencored] nih OBU, gimana sih ? mau buat gampang yang ada malah bikin susah dan emosi, saya pernah sekali tendang kenceng itu alatnya karena saking keselnya gak mau ngerespon, bahkan ketika akhirnya nyerah ama OBU dan bayar pake kartu tempel aja butuh 10 detikan baru mau ngebaca..[cencored]...emang bukan indo kali ya kalo gak "kalo bisa disusahin kenapa gak ?"
catatan:
buat yang antri di GTO, kasi jarak agak jauh ama mobil paling depan yang lagi mau bayar, takutnya kalo dia pake OBU dan OBU nya gak mau ngebaca dan kalo dia mau mundur untuk nempelin kartu nya di alat tempel, ada jarak buat dia mundur, saya selalu kasi jarak ama depan takutnya bakalan ada skenario begitu
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 262
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:36
Re: Etoll Card bikin macet 2 kali lipat.
tahun 2019 ntar, on board unit jd fitur standard di mobil baru, biar gak usah tapping etoll card secara manual dan bikin macet...
jasa marga hrs investasi utk pasang sensornya di tiap2 gerbang toll.
ngarep.com![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
jasa marga hrs investasi utk pasang sensornya di tiap2 gerbang toll.
ngarep.com
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
|ertelu gx 13||miras glx 14|
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Etoll Card bikin macet 2 kali lipat.
nah ini indonesia banget, yang atas dan bikin aturan taunya bagus2 aja, pas di lapangan berantakan, middle management yang pontang panting nutupin kekurangan di lapanan, biar keatas dapet laporan bagus2.haristk7 wrote: Sat Nov 18, 2017 9:34 Saya pernah bikin studi kasus pas masih jaman kuliah, lokasi studi di gerbang tol lt agung arah pd indah dengan jumlah sampel ada 100 mobil (per hari) selama 3 hari di jam rush hour sore hari..
kesimpulan dari studi saya:
- pembayaran paling cepat itu adalah memakai uang pas, cuma butuh waktu (dalam rata2) 3 detik
- pemakaian emoney itu waktu rata2nya 4-5 detik, belom lagi kalo kartu ama alat gak mau ngebaca
saya suka sih bayar pake eMoney, gak perlu urusin uang kembalian..tapi ada yang bikin keselnya juga
Saya suka dibikin gedeg ama alat OBU kampret itu, kenapa saya bilang kampret ? saya tau kalo ada alat kotak hitam diatas GTO berarti itu OBU ready, dan bacaan di display ada tulisan "eToll OK", yang artinya bisa transaksi pake OBU (kalo gak ada, tulisan OK nya jadi XX)..nah ini sering kejadian OBU nya lama baca atau gak baca sama sekali, yang ada saya malah diklaksonin orang belakang, akhirnya mau gak mau keluar mobil buat nempel kartu cadangan ke mesin..
saya pernah liat di depan saya, BMW X6 nabrak plang depan gara2 si alat OBU nya nggak ngebaca, padahal saya liat di displaynya "eToll OK", tp si OBU gak mau ngebaca..
kadang emang bajingan [cencored] nih OBU, gimana sih ? mau buat gampang yang ada malah bikin susah dan emosi, saya pernah sekali tendang kenceng itu alatnya karena saking keselnya gak mau ngerespon, bahkan ketika akhirnya nyerah ama OBU dan bayar pake kartu tempel aja butuh 10 detikan baru mau ngebaca..[cencored]...emang bukan indo kali ya kalo gak "kalo bisa disusahin kenapa gak ?"
catatan:
buat yang antri di GTO, kasi jarak agak jauh ama mobil paling depan yang lagi mau bayar, takutnya kalo dia pake OBU dan OBU nya gak mau ngebaca dan kalo dia mau mundur untuk nempelin kartu nya di alat tempel, ada jarak buat dia mundur, saya selalu kasi jarak ama depan takutnya bakalan ada skenario begitu
sebenernya problem GTO ini kan udah lama, scan kartu gituan mau berapa cepet dan reliable si? dan di luar negeri, ga usah jauh2 nyeberang pake kapal aja ke negera sebelah itu ERP udah tinggal lewatin doang, tinggal copas aja systemnya, secara mirip2 kondisinya. tapi ya susah, tilang elektronik aja ga ada, bikin sim aja masih gitu2 aja, ujung2nya ya muter2 lagi kaya telor sama ayam mana duluan.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Etoll Card bikin macet 2 kali lipat.
Orang disini kan maunya sesuatu yang baru dibuat dari nol.. Mau niru sistem orang tengsin~
EMoney ini seingat saya sudah ada sejak saya SMA 2008 silam atau sebelum itu malah.. Kenapa tidak ada perubahan berartii di sistemnya, katanya harus ngejar teknologi, ini sistem dari sebelum 2010 artinya diatas 7th tidak ada perubahan berarti..
EMoney ini seingat saya sudah ada sejak saya SMA 2008 silam atau sebelum itu malah.. Kenapa tidak ada perubahan berartii di sistemnya, katanya harus ngejar teknologi, ini sistem dari sebelum 2010 artinya diatas 7th tidak ada perubahan berarti..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Etoll Card bikin macet 2 kali lipat.
Tar kalau mesinnya ngadat, gantian jangan mau disuruh bayar Cash kaya yang kemarin itu..
Saya pakai e-money jauh dari sebelum adanya kewajiban tapi ada saat saya kadang suka bayar cash biar dapat kembalian untuk ngumpulin logam buat pak ogah.. Apalagi kalau dekat lebaran, kembalian pasti dapat uang cetakan baru
Saya pakai e-money jauh dari sebelum adanya kewajiban tapi ada saat saya kadang suka bayar cash biar dapat kembalian untuk ngumpulin logam buat pak ogah.. Apalagi kalau dekat lebaran, kembalian pasti dapat uang cetakan baru
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 803
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: Etoll Card bikin macet 2 kali lipat.
Barusan terjadi nih, ibu ibu naek fortuner, berhentinya kejauhan, terus dia pinggirin lagi, eh kartunya jatoh, karena terlalu mepet dia jadi gabisa buka pintu untuk ngambil, akhirnya penumpang sebelah kirinya yg turun untuk ngambil itu kartu dan nge tap ke mesinnya. Ada 1-2 menitan lah, Untung sepi, kalo lagi rush hour bakal kyk gimana macetnya



It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 98
- Joined: Thu Jul 09, 2015 3:48
Re: Etoll Card bikin macet 2 kali lipat.
Saya ada interesting personal experience to share case etoll sekitar pertengahan 2017, lha saya curiga kenapa mobil depan saya (kijang lgx Plat A) driver nya tap kartu ga bisa bisa di gerbang tol Tomang Saturday Morning agak siang sekitar jam 9am/jam 10am, setelah saya focus ke card nya tau nya warna biru muda alis ektp!
Oalaaahhh, mbaksus anak2 bilang yowis dibantu aja pak nantian dapet rejeki balik. She had a good point dan saya happily complied. Saya turun and saya baik baik bilang ke bapak driver kijang lgx (sekitar late 60s perkiraan saya) kalau itu ektp bukan etoll dan etoll itu seperti ini (saya kasih lihat etoll saya), bapak driver kijang lgx kasih tatapan kosong alias blank stares ke saya dan mata kelip kelip like this:
Saya tap etoll saya untuk dia, gate opened, langsung tancep gas itu bapak driver kijang lgx, no thank you, no matur nuwun, nothing, tapi gapapa, senang bisa membantu
Sorry kalo ceritanya ngelantur tapi; Point nya? I know ini anomaly dan jarang kejadian tapi dengan tingkat stress dijalan, belum lagi salip salip ga sabar ngantri di tol gates, nambah unneeded stress
Oalaaahhh, mbaksus anak2 bilang yowis dibantu aja pak nantian dapet rejeki balik. She had a good point dan saya happily complied. Saya turun and saya baik baik bilang ke bapak driver kijang lgx (sekitar late 60s perkiraan saya) kalau itu ektp bukan etoll dan etoll itu seperti ini (saya kasih lihat etoll saya), bapak driver kijang lgx kasih tatapan kosong alias blank stares ke saya dan mata kelip kelip like this:

Saya tap etoll saya untuk dia, gate opened, langsung tancep gas itu bapak driver kijang lgx, no thank you, no matur nuwun, nothing, tapi gapapa, senang bisa membantu


Sorry kalo ceritanya ngelantur tapi; Point nya? I know ini anomaly dan jarang kejadian tapi dengan tingkat stress dijalan, belum lagi salip salip ga sabar ngantri di tol gates, nambah unneeded stress

-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sun Jul 13, 2014 6:23
Re: Etoll Card bikin macet 2 kali lipat.
Setahu saya yg di baca bukan plat tapi ada alat seperti OBU. Yah tidak takut plat palsu lah, u beli alat itu kan terdaftar, lagi pula deposit dulu seperti e-money. jadi klo liat MLFF di youtube sudah tidak ada toll gate, sensor terpasang di jalan.Koddy wrote: Sat Nov 18, 2017 3:51Percuma pake sistem RFID di Indonesia. Lah banyak yang plat nomor nya palsu, atau mobil sudah dijual tidak langsung ganti balik nama, dll. Ntar kecolongan, yang nanggung resikonya siapa?jwong wrote:Sebenarnya Jasa Marga sadar kalau dengan menggunakan sistem sekarang ini masih belum optimal. mereka sebenarnya sudah ada teknologi RFID dengan sistem tapless kalau gak salah namanya Multi Lane Free Flow. jadi MLFF ini bisa lari dalam kecepatan tinggi juga terbaca. kabarnya sedang di coba pada beberapa kenderaan terpilih (limited) dan belum tersebar. Jadi pengelola tol ini ngakunya hendak bertahap.
Kalau pendapat saya sih lebih suka langsung saja pake MLFF ini dari pada harus dua kali sosialisasi. semoga cepat tereliasasikan.
Klo gak salah pernah baca berita jasa marga sedang di uji coba di bbrp kenderaan.
Mereka, jasa marga, hendak bertahap. Kabarnya akhir 2018 baru mau sosialisasi. Tp menurut saya lebih cepat lebih baik.
Salam,
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Sat Nov 18, 2017 21:44
- Location: Jakarta Barat
- Daily Vehicle: Suzuki
Re: Etoll Card bikin macet 2 kali lipat.
Setuju banget!adiputra4 wrote: Fri Nov 17, 2017 4:26 Menurut gue lebih baik kaya dulu aja sih, tunai ada, E-Toll juga ada. Dulu kan sblm ada kebijakan ini E-Toll masih sepi tuh, jadi buat yg mau cepet ya silahkan melalui gardu yg ada GTO nya, kalo yg mau tunai ya tunai.
Gue lebih seneng tunai soalnya ga perlu2 isi saldo dulu, kadang kartu nya terselip di dlm mobil, trs ribet ngepas2innya ke mesin scan takut mentok kena bumper / velg secara gw bawa sedan, kalo kejauhan jd ribet juga nempelinnya. Lebih enak tunai kalo buat gw tinggal ngeluarin duit aja dan bablas.
Lebih enak dulu sih, tunai ada, E-Toll juga ada![]()
Tol arah bandara Soetta sekarang sering bnget macetnya sejak e-toll, diperparah lagi dengan proyek pelebaran jalannya. Dulu enak pas ada tunai + e-toll, kalau macet saya tinggal pilih jalur yang e-toll aja, pasti lebih lancar. Lah sekarang, semua jalur macetttt

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Etoll Card bikin macet 2 kali lipat.
Makanya om, ingat selalu pepatah ini : Don't judge the book by its cover.lmaleke wrote: Sat Nov 18, 2017 11:28 Saya ada interesting personal experience to share case etoll sekitar pertengahan 2017, lha saya curiga kenapa mobil depan saya (kijang lgx Plat A) driver nya tap kartu ga bisa bisa di gerbang tol Tomang Saturday Morning agak siang sekitar jam 9am/jam 10am, setelah saya focus ke card nya tau nya warna biru muda alis ektp!
Oalaaahhh, mbaksus anak2 bilang yowis dibantu aja pak nantian dapet rejeki balik. She had a good point dan saya happily complied. Saya turun and saya baik baik bilang ke bapak driver kijang lgx (sekitar late 60s perkiraan saya) kalau itu ektp bukan etoll dan etoll itu seperti ini (saya kasih lihat etoll saya), bapak driver kijang lgx kasih tatapan kosong alias blank stares ke saya dan mata kelip kelip like this:![]()
Saya tap etoll saya untuk dia, gate opened, langsung tancep gas itu bapak driver kijang lgx, no thank you, no matur nuwun, nothing, tapi gapapa, senang bisa membantu![]()
![]()
Sorry kalo ceritanya ngelantur tapi; Point nya? I know ini anomaly dan jarang kejadian tapi dengan tingkat stress dijalan, belum lagi salip salip ga sabar ngantri di tol gates, nambah unneeded stress![]()

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Etoll Card bikin macet 2 kali lipat.
Iya, saya kalo pas masuk gerbang tunai, pas sampai depan loket baru buka laci dashboard buat ngambil duit. Itu pun kadang cuma ada recehan.adhika wrote: Fri Nov 17, 2017 10:14 Tapi saya akui emang praktis sih. Pertama, ga perlu sortir2 duit atau nyari2 recehan pas mendekati gerbang tol, tinggal konsentrasi jaga jarak pas antre di GT. Kedua, tinggal cabut etoll dari card holder (seperti di rusteri), tempel terus taro lagi. Kekuarangannya, ya memang harus diplaning setiap jalan lewat tol biar saldo ga tekor, mampir ke minimarket buat top up dan jadi harus disiplin monitor dan top up saldo dan mending punya rekening yang sama dengan penerbit kartu.
Saran saya sih, pombensin juga ada fasilitas top up saldo, jadi isi bensin sekalian top up. Orang juga ga mungkin kan lupa isi bensin?

Males kelamaan pegang duit.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Etoll Card bikin macet 2 kali lipat.
Sama persis dgn yg ngambil kartu tol doank!medkintos wrote: Fri Nov 17, 2017 15:32 ..cut..
kalo dari pengamatan saya ya, ini pada baru keluarin kartu pas disamping mesin. ya jadi penyebab bottlenecknya ya disitu. buka kaca dulu, ambil kartu/tongkat, baru tempel... balik lagi ke kesigapan pribadi masing2
..cut..
Makanya gak heran gerbang tol cibubur (sebelum dibongkar) kalo pas sabtu/minggu pagi macetnya bisa 8-10km.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: Etoll Card bikin macet 2 kali lipat.
Luar biasa... lemah teles Gusti Allah sing mbaleslmaleke wrote: Sat Nov 18, 2017 11:28 Saya ada interesting personal experience to share case etoll sekitar pertengahan 2017, lha saya curiga kenapa mobil depan saya (kijang lgx Plat A) driver nya tap kartu ga bisa bisa di gerbang tol Tomang Saturday Morning agak siang sekitar jam 9am/jam 10am, setelah saya focus ke card nya tau nya warna biru muda alis ektp!
Oalaaahhh, mbaksus anak2 bilang yowis dibantu aja pak nantian dapet rejeki balik. She had a good point dan saya happily complied. Saya turun and saya baik baik bilang ke bapak driver kijang lgx (sekitar late 60s perkiraan saya) kalau itu ektp bukan etoll dan etoll itu seperti ini (saya kasih lihat etoll saya), bapak driver kijang lgx kasih tatapan kosong alias blank stares ke saya dan mata kelip kelip like this:![]()
Saya tap etoll saya untuk dia, gate opened, langsung tancep gas itu bapak driver kijang lgx, no thank you, no matur nuwun, nothing, tapi gapapa, senang bisa membantu![]()
![]()
Sorry kalo ceritanya ngelantur tapi; Point nya? I know ini anomaly dan jarang kejadian tapi dengan tingkat stress dijalan, belum lagi salip salip ga sabar ngantri di tol gates, nambah unneeded stress![]()
Emg sih typical driver2 yg 'udik' sering spt itu. Saat saya kasih jalan biasanya driver2 yg ngerti lambaikan tangan tanda terima kasih. Tapi banyak juga yg cuek bebek seolah gada apa2. Doing good may not get you a simple thank you, but do good anyway.
Di perempatan macet saya selalu kasih space buat kendaraan dari samping karena toh kalau saya nekad masuk juga sama2 gak bisa jalan. Di bunderan juga sama.. kasih jalan kendaraan dari kanan (yg sudah di dlm bunderan) kalau inj ada aturannya. Hal2 simpel spt ini bisa mengurangi kemacetan. Sayangnya blm ada edukasi utk hal2 semacam ini. Kebanyakan driver2 terutama (maaf) yg pendidikan rendah main selonong aja pokoknya dia sampe duluan gak mikir kalau nutup jalan orang sebetulnya bikin macet.
Kemacetan di indonesia seringkali karena hal2 sepele semacam ini. Di jalan sempit banyak resto ada tukang parkir, mobil2 yg jemput tamu brenti di tengah jalan tunggu penumpang dibiarin aja sama tk parkirnya - pdhl penumpang sehat - hanya demi ngirit jalan 10m aja sampe brenti 2-3 menit bikin semua kendaraan di belakang brenti. Oh well... masih ada konsep bahwa jalan milik bersama artinya bisa suka2 brenti di mana aja.
Semoga ke depan tambah baik (pilihan alternatifnya ya macet total)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Wed May 03, 2017 6:33
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Jazz
Re: Etoll Card bikin macet 2 kali lipat.
Idemjwong wrote: Fri Nov 17, 2017 17:25 Sebenarnya Jasa Marga sadar kalau dengan menggunakan sistem sekarang ini masih belum optimal. mereka sebenarnya sudah ada teknologi RFID dengan sistem tapless kalau gak salah namanya Multi Lane Free Flow. jadi MLFF ini bisa lari dalam kecepatan tinggi juga terbaca. kabarnya sedang di coba pada beberapa kenderaan terpilih (limited) dan belum tersebar. Jadi pengelola tol ini ngakunya hendak bertahap.
Kalau pendapat saya sih lebih suka langsung saja pake MLFF ini dari pada harus dua kali sosialisasi. semoga cepat tereliasasikan.
Emg lebih praktis kek gini sih
Chester Bennington 1976-2017, gone but not forgotten
"I've become so numb, I can't feel you there. Become so tired, so much more aware"
"I've become so numb, I can't feel you there. Become so tired, so much more aware"
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 130
- Joined: Fri Feb 28, 2014 6:39
Re: Etoll Card bikin macet 2 kali lipat.
Sekarang jasa marga lagi ujicoba sistem pambayaran tapless dengan OBU yang baru, dan kemungkinan besar akan menggantikan OBUnya bank Mandiri, jadi ya sabar saja nunggusaridin wrote: Sat Nov 18, 2017 9:38 tahun 2019 ntar, on board unit jd fitur standard di mobil baru, biar gak usah tapping etoll card secara manual dan bikin macet...
jasa marga hrs investasi utk pasang sensornya di tiap2 gerbang toll.
ngarep.com![]()
JAKARTA—PT Jasa Marga (Persero) Tbk bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk dan Perum Damri melakukan hji coba sistem pembayaran tol berbasis On Board Unit (OBU) di ruas jalan tol Sedyatmo.
Uji coba JM Access OBU di GT Prof. Dr. Ir. Soedijatmo, Ruas Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Cengkareng dilakukan dengan memasangkan 300 unit OBU pada bus Damri tujuan Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan kendaraan khusus yang dilengkapi OBU.
Jasa Marga melakukan uji coba alat pembayaran tol yang dinamakan JM Acces berbasis on board unit (OBU) di Gerbang Tol Kapuk ruas Tol Jakarta-Tangerang-Cengkareng.
Uji coba pembayaran tol dengan sistem OBU itu merupakan kerja sama sinergi antar-Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni Jasa Marga, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Persero) atau Telkom, dan Perum Damri.