Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Wah wara-wiri di SM, baru ngeh ada thread bahas detailing.
mamat wrote: Fri Oct 27, 2017 14:47
Selamat malam om om semuanya
Saya ada rencana mau beli alat alat untuk poles mobil harian, kebetulan mobilnya warna silver, biar kelihatan tidak capek mobilnya dan jadi fresh
Rencananya saya mau beli DA Shinemate, cuma kemarin sempat liat mesin rotary kok harganya ada yang di bawah DA, jadi menurut om om sekalian mendingan ambil DA apa rotary baiknya ya?
Untuk obatnya, rencananya pakai megs ultime compoun atau chemical guys v38 atau vss, selanjutnya baru pakai chemical guys jetseal, yang tentunya saya clay bar dulu sebelum pengerjaannya. Untuk obatnya apa kurang tepat atau ada saran lainnya dari om om semuanya.
Bukan pro tapi enthusiast hobbyist saja bantu jawab:
Saya ga familiar dengan lineup CG (chemical guys), tapi kalo om ada nyebut mau megs ultimate compound pastinya maksimal itu pake DA. Kalau masih awal2 dan ada perasaan ngeri-ngeri sedap, mendingan ambil DA aja dulu om. Pake rotary salah2 malah burn catnya atau pun malah menghasilkan hologram (buffer trail). Nah biar pengerjaan pake DA-nya bisa lebih cepat, pakai lah yang orbit gede semacem Shinemate EX610 atau cari second Rupes LHR15.
Tapi kalo om insist mau pake rotary, obatnya paling nggak Menzerna series aja, mungkin starting dengan stok PF2500 (sekarang keknya jadi MC2500) yakni medium cut polish setara Ultimate Compound (jangan kaget Meguiars nyebut ultimate compound, padahal itu cuman setara Medium Cut Polish atau tepatnya Meguiars M105 yang ditweak sehingga bisa longer play time tapi daya cutting menurun) dan juga finishing polish macem SF3500/3800.
Sealant/wax mah apa aja sesuaikan budget dan preferensi.
Permisi om, ada yg pernah pake produk co*ting factory yg buatan lokal? (Solo kalo ga salah). Saya ikutin instagramnya kayanya hasilnya bagus dan murmer. Kalo ada yg pernah pake mohon reviewnya.
Satu lg, gimana cara mengembalikan mobil warna putih yg mulai kekuningan. Apa dengan detailing bisa kembaliin warna putih mbl? Trims
kenop wrote: Sat Oct 28, 2017 7:47
pake meguiars sih harus nya oke ya.. tapi ngga murah sih kayak nya
klo saya sih biasa pakai APC (all purpose cleaner), bs beli di ace jg ada
ato beli di online shop aja, kayak megs d101, jual eceran juga klo takut ngga abis dipake semua (krn kemasan asli nya 1 gallon - 3.7 liter)
pake yg lokalan juga bagus, kayak punya nya coating_factory (bisa kontak via instagram nya), murah juga
jgn lupa di dilute (encerin) dl sm air, baca rasio nya, biasa sih 1:4-10 sm air klo buat interior yg ngga terlalu kotor (tergantung merk dan kondisi bagian yg mau dibersihinnya)
tinggal semprot2, sikat pakai sikat agak kaku tapi halus, trs lgsg di lap sama lap microfiber, ulangin terus sampe kotor nya ilang
Nah itu dia... harganya gak murah soalnya, makanya nanya dulu supaya yakin oke apa ngga... tapi kalo ada suggestion yg lebih ekonomis juga lebih baik tentunya
Jadi pake all purpose cleaner juga aman ya om utk jok fabric? Okedeh noted om. Tdnya takut salah2 malah jadi belang atau brudul fabricnya....
akbrn wrote: Sat Oct 28, 2017 8:04
Kl mau murah & hasil lumayan (menurut sy). Coba pakai stp tuff & stuff foam (1 klg harganya kurang lebih 50 - 60 rb.
Sy selalu pakai untuk bersihkan headliner brio yg warnanya beige.
Wah menarik juga nih. 1 kaleng kira2 cukup kah buat 2 kursi depan? Applicationnya juga apakah sama pake sikat kaku & halus lalu dilap pake microfiber?
kenop wrote: Sat Oct 28, 2017 7:47
pake meguiars sih harus nya oke ya.. tapi ngga murah sih kayak nya
klo saya sih biasa pakai APC (all purpose cleaner), bs beli di ace jg ada
ato beli di online shop aja, kayak megs d101, jual eceran juga klo takut ngga abis dipake semua (krn kemasan asli nya 1 gallon - 3.7 liter)
pake yg lokalan juga bagus, kayak punya nya coating_factory (bisa kontak via instagram nya), murah juga
jgn lupa di dilute (encerin) dl sm air, baca rasio nya, biasa sih 1:4-10 sm air klo buat interior yg ngga terlalu kotor (tergantung merk dan kondisi bagian yg mau dibersihinnya)
tinggal semprot2, sikat pakai sikat agak kaku tapi halus, trs lgsg di lap sama lap microfiber, ulangin terus sampe kotor nya ilang
Nah itu dia... harganya gak murah soalnya, makanya nanya dulu supaya yakin oke apa ngga... tapi kalo ada suggestion yg lebih ekonomis juga lebih baik tentunya
Jadi pake all purpose cleaner juga aman ya om utk jok fabric? Okedeh noted om. Tdnya takut salah2 malah jadi belang atau brudul fabricnya....
akbrn wrote: Sat Oct 28, 2017 8:04
Kl mau murah & hasil lumayan (menurut sy). Coba pakai stp tuff & stuff foam (1 klg harganya kurang lebih 50 - 60 rb.
Sy selalu pakai untuk bersihkan headliner brio yg warnanya beige.
Wah menarik juga nih. 1 kaleng kira2 cukup kah buat 2 kursi depan? Applicationnya juga apakah sama pake sikat kaku & halus lalu dilap pake microfiber?
Kl untuk jok depan aja, 1 kaleng lebih dr cukup.
Sebelum aplikasi lsg ke objek, ada baiknya baca aturan pakai di kalengnya, sebenernya sih supaya irit jg.
Pemakaiannya, kocok dulu kalengnya sampai tdk ada suara cairan. Terus semprot ke noda, diamkan 1 - 2 menit (kl 3 - 4 menit malah jd hilang obat pembersihnya) setelah itu, di gosok pelan2 dgn lap microfiber bersih sampai noda benar2 hilang.
Kl masih blm puas dgn hasilnya, bisa diulang lg prosesnya dr awal.
Kl ada noda di spot2 yg sulit dijangkau, sy biasa pakai sikat gigi baru grade soft. Kl sikat gigi bekas malah bisa bikin bahan jd mrudul.
kendibocor wrote: Sat Oct 28, 2017 14:32
Permisi om, ada yg pernah pake produk co*ting factory yg buatan lokal? (Solo kalo ga salah). Saya ikutin instagramnya kayanya hasilnya bagus dan murmer. Kalo ada yg pernah pake mohon reviewnya.
Satu lg, gimana cara mengembalikan mobil warna putih yg mulai kekuningan. Apa dengan detailing bisa kembaliin warna putih mbl? Trims
Ijin om, kebetulan sy lagi rutin pakai produknya CF.
Produk CF yg pernah dan masih rutin dipakai SPP, SiO dan SPG.
Hasilnya bagus menurut sy om, sesuai keinginan sy.
SPP dan SiO tiap sebulan atau 2bulan sekali dipakai. SPG tiap habis cuci mobil atau seminggu sekali.
Kebetulan mobil sy warna putih, sy pribadi cocok pakai SiO krn warna putihnya jd lebih enak dipandang dan cara pakainya lebih simpel dr SPP.
SPG sy pakai setelah 2x cuci mobil.
Pernah nyoba seminggu mobil kena hujan dan panas selama seminggu, setelah dicuci gak ada jamur di kaca/bodi mobil.
Kalau sy pribadi, puas sm produknya CF dan yg utama ngerawat cat mobil jadi lebih simpel.
nugroho bagor wrote: Fri Oct 27, 2017 15:47
Kalau baca2 yang paling aman,pakai Dual action,tapi lebih lambat dari rotarry ,IMHO
Berarti lebih baik pakai da ya om, terima kasih masukannya om Bagor
josomba wrote: Sat Oct 28, 2017 13:21
Bukan pro tapi enthusiast hobbyist saja bantu jawab:
Saya ga familiar dengan lineup CG (chemical guys), tapi kalo om ada nyebut mau megs ultimate compound pastinya maksimal itu pake DA. Kalau masih awal2 dan ada perasaan ngeri-ngeri sedap, mendingan ambil DA aja dulu om. Pake rotary salah2 malah burn catnya atau pun malah menghasilkan hologram (buffer trail). Nah biar pengerjaan pake DA-nya bisa lebih cepat, pakai lah yang orbit gede semacem Shinemate EX610 atau cari second Rupes LHR15.
Tapi kalo om insist mau pake rotary, obatnya paling nggak Menzerna series aja, mungkin starting dengan stok PF2500 (sekarang keknya jadi MC2500) yakni medium cut polish setara Ultimate Compound (jangan kaget Meguiars nyebut ultimate compound, padahal itu cuman setara Medium Cut Polish atau tepatnya Meguiars M105 yang ditweak sehingga bisa longer play time tapi daya cutting menurun) dan juga finishing polish macem SF3500/3800.
Sealant/wax mah apa aja sesuaikan budget dan preferensi.
Apa da aman dari buffer trail om?
Kalau beda compound medium cut dengan heavy cut, apakah heavy cut lebih banyak mengikis cat daripada medium cut om? Trus satu lagi, dari compound apakah boleh langsung pakai sealant, atau pakai finishing polish om? Atau sealant itu sama dengan finishing polish?
Terima kasih sebelumnya om josomba sudah berbagi ilmunya
kendibocor wrote: Sat Oct 28, 2017 14:32
Permisi om, ada yg pernah pake produk co*ting factory yg buatan lokal? (Solo kalo ga salah). Saya ikutin instagramnya kayanya hasilnya bagus dan murmer. Kalo ada yg pernah pake mohon reviewnya.
Satu lg, gimana cara mengembalikan mobil warna putih yg mulai kekuningan. Apa dengan detailing bisa kembaliin warna putih mbl? Trims
Ijin om, kebetulan sy lagi rutin pakai produknya CF.
Produk CF yg pernah dan masih rutin dipakai SPP, SiO dan SPG.
Hasilnya bagus menurut sy om, sesuai keinginan sy.
SPP dan SiO tiap sebulan atau 2bulan sekali dipakai. SPG tiap habis cuci mobil atau seminggu sekali.
Kebetulan mobil sy warna putih, sy pribadi cocok pakai SiO krn warna putihnya jd lebih enak dipandang dan cara pakainya lebih simpel dr SPP.
SPG sy pakai setelah 2x cuci mobil.
Pernah nyoba seminggu mobil kena hujan dan panas selama seminggu, setelah dicuci gak ada jamur di kaca/bodi mobil.
Kalau sy pribadi, puas sm produknya CF dan yg utama ngerawat cat mobil jadi lebih simpel.
*bukansalesCF*
Makasih om infonya. Bisa jd ammo alternatif buat sehari-hari ya. Mbl om warna putih bisa dipertahanin om putihnya?
nugroho bagor wrote: Fri Oct 27, 2017 15:47
Kalau baca2 yang paling aman,pakai Dual action,tapi lebih lambat dari rotarry ,IMHO
Berarti lebih baik pakai da ya om, terima kasih masukannya om Bagor
josomba wrote: Sat Oct 28, 2017 13:21
Bukan pro tapi enthusiast hobbyist saja bantu jawab:
Saya ga familiar dengan lineup CG (chemical guys), tapi kalo om ada nyebut mau megs ultimate compound pastinya maksimal itu pake DA. Kalau masih awal2 dan ada perasaan ngeri-ngeri sedap, mendingan ambil DA aja dulu om. Pake rotary salah2 malah burn catnya atau pun malah menghasilkan hologram (buffer trail). Nah biar pengerjaan pake DA-nya bisa lebih cepat, pakai lah yang orbit gede semacem Shinemate EX610 atau cari second Rupes LHR15.
Tapi kalo om insist mau pake rotary, obatnya paling nggak Menzerna series aja, mungkin starting dengan stok PF2500 (sekarang keknya jadi MC2500) yakni medium cut polish setara Ultimate Compound (jangan kaget Meguiars nyebut ultimate compound, padahal itu cuman setara Medium Cut Polish atau tepatnya Meguiars M105 yang ditweak sehingga bisa longer play time tapi daya cutting menurun) dan juga finishing polish macem SF3500/3800.
Sealant/wax mah apa aja sesuaikan budget dan preferensi.
Apa da aman dari buffer trail om?
Kalau beda compound medium cut dengan heavy cut, apakah heavy cut lebih banyak mengikis cat daripada medium cut om? Trus satu lagi, dari compound apakah boleh langsung pakai sealant, atau pakai finishing polish om? Atau sealant itu sama dengan finishing polish?
Terima kasih sebelumnya om josomba sudah berbagi ilmunya
Aman, DA ga menimbulkan panas. Tapi untuk mencapai hasil seperti rotary butuh waktu yg jauh lebih lama.
kendibocor wrote: Sat Oct 28, 2017 14:32
Permisi om, ada yg pernah pake produk co*ting factory yg buatan lokal? (Solo kalo ga salah). Saya ikutin instagramnya kayanya hasilnya bagus dan murmer. Kalo ada yg pernah pake mohon reviewnya.
Satu lg, gimana cara mengembalikan mobil warna putih yg mulai kekuningan. Apa dengan detailing bisa kembaliin warna putih mbl? Trims
Ijin om, kebetulan sy lagi rutin pakai produknya CF.
Produk CF yg pernah dan masih rutin dipakai SPP, SiO dan SPG.
Hasilnya bagus menurut sy om, sesuai keinginan sy.
SPP dan SiO tiap sebulan atau 2bulan sekali dipakai. SPG tiap habis cuci mobil atau seminggu sekali.
Kebetulan mobil sy warna putih, sy pribadi cocok pakai SiO krn warna putihnya jd lebih enak dipandang dan cara pakainya lebih simpel dr SPP.
SPG sy pakai setelah 2x cuci mobil.
Pernah nyoba seminggu mobil kena hujan dan panas selama seminggu, setelah dicuci gak ada jamur di kaca/bodi mobil.
Kalau sy pribadi, puas sm produknya CF dan yg utama ngerawat cat mobil jadi lebih simpel.
*bukansalesCF*
Makasih om infonya. Bisa jd ammo alternatif buat sehari-hari ya. Mbl om warna putih bisa dipertahanin om putihnya?
Iya om. Cara pakainya juga gampang kecuali SPP om.
SPP semprot ke MF dulu baru apply ke bodi mobil lalu mesti di lap lagi pakai MF bersih(daya tahannya memang lebih dr SiO).
SiO semprot ke MF lalu apply ke bodi mobil tanpa perlu di lap lagi spt SPP.
Begitu juga dgn SPG, bisa langsung semprot ke body lalu lap/ratakan pakai MF.
Warna putih nya bisa dipertahanin om.
Oya om, kalau mobil putih rajin2 pakai waterspot remover aja om. Utk angkat kerak dan waterspot yg bikin cat kusem.
Cukup pakai 2minggu sekali atau sebulan sekali tergantung kondisi mobil.
Di CF juga jual om, tp minta dijelasin sedetail mungkin cara pakainya.
k1493nk wrote: Sun Oct 29, 2017 2:04
Aman, DA ga menimbulkan panas. Tapi untuk mencapai hasil seperti rotary butuh waktu yg jauh lebih lama.
Noted om, berarti DA butuh waktu lebih lama dan tenaga yang lebih banyak, apakah penggunaan obatnya juga lebih banyak daripada rotary om untuk kondisi objek yang sama?
Apa da aman dari buffer trail om?
Kalau beda compound medium cut dengan heavy cut, apakah heavy cut lebih banyak mengikis cat daripada medium cut om? Trus satu lagi, dari compound apakah boleh langsung pakai sealant, atau pakai finishing polish om? Atau sealant itu sama dengan finishing polish?
Terima kasih sebelumnya om josomba sudah berbagi ilmunya
Aman dari buffer trail om.
Compound betul lebih mengkikis lebih banyak. Compound lgsg tiban sealant fine2 aja, kalo dirasa sudah cukup kinclong setelah proses compounding. Kalau mobil hitam biasanya sih butuh finishing polish sekali lagi. Tapi kalo warna silver atau putih sih lgsg sealant aja. Tapi ada beberapa compound yang menghasilkan hasil seperti habis di-finishing polish, contohnya menzerna FG400.
Btw, saya bukan sales menzerna ya tapi sejauh ini saya merasa cocok dan nyaman dengan menzerna. pernah coba 3M dan IPO saya ga cocok dengan karakter obatnya serta debunya, meguiars compound macem m105 atau polish macem m205 juga kurang suka dengan sistem SMAT-nya yang cepet ngering. Untuk lebih jelasnya bisa googling menzerna lineup chart, nanti keliatan cut-nya level berapa dan gloss-nya level berapa (dalam skala 1-10)
Apa da aman dari buffer trail om?
Kalau beda compound medium cut dengan heavy cut, apakah heavy cut lebih banyak mengikis cat daripada medium cut om? Trus satu lagi, dari compound apakah boleh langsung pakai sealant, atau pakai finishing polish om? Atau sealant itu sama dengan finishing polish?
Terima kasih sebelumnya om josomba sudah berbagi ilmunya
Aman dari buffer trail om.
Compound betul lebih mengkikis lebih banyak. Compound lgsg tiban sealant fine2 aja, kalo dirasa sudah cukup kinclong setelah proses compounding. Kalau mobil hitam biasanya sih butuh finishing polish sekali lagi. Tapi kalo warna silver atau putih sih lgsg sealant aja. Tapi ada beberapa compound yang menghasilkan hasil seperti habis di-finishing polish, contohnya menzerna FG400.
Btw, saya bukan sales menzerna ya tapi sejauh ini saya merasa cocok dan nyaman dengan menzerna. pernah coba 3M dan IPO saya ga cocok dengan karakter obatnya serta debunya, meguiars compound macem m105 atau polish macem m205 juga kurang suka dengan sistem SMAT-nya yang cepet ngering. Untuk lebih jelasnya bisa googling menzerna lineup chart, nanti keliatan cut-nya level berapa dan gloss-nya level berapa (dalam skala 1-10)
Ada temen nih pengguna menz...
Menurut saya worth drpd megs yg mihul...
Amo menz: fg400, aio, power sealant - beli eceran semua, blm abis2...
da sh*nem*te, lama nya... ngerjain minibus bisa lebih dr sehari...
Masih belajar moles...
mohon saran & masukan nya...
Apa da aman dari buffer trail om?
Kalau beda compound medium cut dengan heavy cut, apakah heavy cut lebih banyak mengikis cat daripada medium cut om? Trus satu lagi, dari compound apakah boleh langsung pakai sealant, atau pakai finishing polish om? Atau sealant itu sama dengan finishing polish?
Terima kasih sebelumnya om josomba sudah berbagi ilmunya
Aman dari buffer trail om.
Compound betul lebih mengkikis lebih banyak. Compound lgsg tiban sealant fine2 aja, kalo dirasa sudah cukup kinclong setelah proses compounding. Kalau mobil hitam biasanya sih butuh finishing polish sekali lagi. Tapi kalo warna silver atau putih sih lgsg sealant aja. Tapi ada beberapa compound yang menghasilkan hasil seperti habis di-finishing polish, contohnya menzerna FG400.
Btw, saya bukan sales menzerna ya tapi sejauh ini saya merasa cocok dan nyaman dengan menzerna. pernah coba 3M dan IPO saya ga cocok dengan karakter obatnya serta debunya, meguiars compound macem m105 atau polish macem m205 juga kurang suka dengan sistem SMAT-nya yang cepet ngering. Untuk lebih jelasnya bisa googling menzerna lineup chart, nanti keliatan cut-nya level berapa dan gloss-nya level berapa (dalam skala 1-10)
Ada temen nih pengguna menz...
Menurut saya worth drpd megs yg mihul...
Amo menz: fg400, aio, power sealant - beli eceran semua, blm abis2...
da sh*nem*te, lama nya... ngerjain minibus bisa lebih dr sehari...
Masih belajar moles...
mohon saran & masukan nya...
samaan nih, sy jg demen pake menzerna.. play time nya lebih lama dari pada line up nya meguiars yg sy pake
jd klo kerja siang2, panas, ngga cepet kering
Masalah DA panas tergantung DA itu sendiri. Kalau DA macem yang merek made in China rata rata memang tidak panas.
Kalau DA powerful macem Flex VRG-3401 dan Rupes 21mm itu bisa panas koq. Coba aja berhentiin power Flex, ga akan bisa walaupun speed paling rendah.. hehehe..
Kalau DA yang bisa di setop pakai tangan, nah itu ga akan panas..
@paidjho:
Iya pak, menzerna hasil polesannya sebelum lanjut sealant dah sangat mantep sih biasanya. Ya mungkin dia tinggi glossing agent juga kali ya.
@kenop:
betul play time bisa lama jadinya flexible mau berapa pass sebelum di-buff out. hehe
@vp920b:
hehehe ada harga ada barang lah ya om. Tapi pernah pinjem 21mm Rupes, karena orbit gede jadi gampang stall ya kalo dah maen di daerah lekuk2. Tapi kalo dah kena panel flat sih cepet sih obat bisa breakdown. Hampir secepet rotary tanpa perlu pusing mikirin holo.
Newbie mau tanya, untuk pemakaian meguiars nxt wax manual pakai tangan bagaimana ya?
Dari padnya harus ditekan atau tidak? Lalu, berapa lama menggosoknya per satu tempat?saya pakai ini, tapi belum 1 bulan wax sudah hilang, padahal cuma dicuci pakai air biasa. Apa ada proses yg salah?
Makasih
adri31 wrote: Mon Nov 13, 2017 14:03
Newbie mau tanya, untuk pemakaian meguiars nxt wax manual pakai tangan bagaimana ya?
Dari padnya harus ditekan atau tidak? Lalu, berapa lama menggosoknya per satu tempat?saya pakai ini, tapi belum 1 bulan wax sudah hilang, padahal cuma dicuci pakai air biasa. Apa ada proses yg salah?
Makasih
ditekan sedikit sambil gerakan memutar aja pak. Mengenai berapa lama, kalo wax apapun manual mode gitu saya sih biasa overlap 2x aja asalkan merata. Dulu taun 2011 pernah pake nxt sih memang durabilitynya jelek. Musim panas/jarang hujan sebulan setengah, musim hujan 2-3 minggu juga dah ilang beadingnya. Padahal kalo abis apply, looksnya menurut saya sangat oke n beadingnya ciamik banget. Coba pakai Ultimate Wax aja pak kalo doyan meguiars, belinya di marketplace atau toda biar reasonable harganya. Ultimate wax sih (sekarang kembali icip lagi) bisa 3 bulan sih kalo ngukur based on beading n sheeting.
adri31 wrote: Mon Nov 13, 2017 14:03
Newbie mau tanya, untuk pemakaian meguiars nxt wax manual pakai tangan bagaimana ya?
Dari padnya harus ditekan atau tidak? Lalu, berapa lama menggosoknya per satu tempat?saya pakai ini, tapi belum 1 bulan wax sudah hilang, padahal cuma dicuci pakai air biasa. Apa ada proses yg salah?
Makasih
btw mobil nya umur berapa taun om?
klo udah agak lama (lebih dari 2 taun), bs coba diilangin dulu kontaminan yg nempel di panel, di clay dulu
coba aj diraba pake tangan, kasar ngga body nya, klo kasar coba dl di clay
biar lebih sip lagi sih bs pakai tar remover dl sm iron remover
body klo misal nya blm "bersih", wax / sealant nya ngga akan tahan lama krn nempel nya bukan di clear coat tapi di kontaminan di atas clear coat nya
dan udah diikutin petunjuk pemakaian nya? ada yg abis apply lgsg di lap, ada jg yg minta di diemin dulu 5-15 menit sampe haze baru di lap
klo yg minta didiemin dulu, tapi abis apply lgsg di lap, itu jg bs ngurangin daya tahan