Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16676
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by ChZ »

Puffy wrote: Fri Nov 03, 2017 16:18 Kalo org yg block jalan buat nikahan gmn ya??
Bikin tenda seenaknya dijalanan.
Paling bete kalo ud weekend sering dpt suprise dijalan.
Trus sebutanya apa ya org yg ga berkendara tp pd nongkrongnya dijalan. Wkwkwkwk
Sorry OTT ops OOT
Ngeselin juga nih... kadang kesel jalan kek punya maknya ditutup - tutup...

sebenernya ada hukumnya dan standarnya setau saya... tapi ya ngeselin juga sih kalo misal ada hajatan mesti nyusahin satu kampung...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by newrubble »

kalo jaman sy kecil dulu pas di menteng ada nutup jalan lsg satu mini truck ada yg di depan tulisan 'tibum' datang (tibum = team penertipban umum) n mrk biasa ber 6 datang nya n tanya ..... mana TO nya (TO = tijdelijke onderbrekingslicentie) di londo sampe detik ini juga kalo di kampung kampung ada acara yg nutup jalan (misal nya road construction atau movie shooting) juga harus punya TO

kalo di indo skrg kan polisi punya TO dlm arti lain ya
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1464
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by Pugman »

adityabp wrote: Fri Nov 03, 2017 1:52
diidoot wrote: Fri Nov 03, 2017 1:18 buat jalur kanan, sebagai pengguna jalan tol jakarta cikampek yang cukup tinggi intesitasnya, kok saya merasa sering tiba tiba ada ngerem mendadak di jalur kanan ya? Ga harus tol cikampek sih, di JORR atau tol dalkot Jakarta juga sering. Dan yang saya sering alami itu hampir selalu terjadi di jalur kanan.
Betul om.
Makanya saya agak ngeri kalo kelamaan di lajur paling kanan.
Entah kenapa reflek hard braking tiba2x berasa lenyap kalo di lajur paling kanan.
Ternyata sama ya, saya di Tol jarang-jarang jalan di paling kanan kecuali sepi atau jalannya cuma 2 lajur. Karena selain sering tiba2 berhenti ternyata justru paling lambat.
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by adrevolution »

bensinsolar wrote: Fri Nov 03, 2017 12:13 Kalau di OZ, walaupun uda sesuai speed limit, tetap di jalur paling kanan namanya LANE HOGGING apalagi ada mobil dibelakang yg dekat dengan kita, makanya byk signage disana terutama freeway ada tulisan "KEEP LEFT unless OVERTAKING". Ini orang2 bule pada kesal karena kalau saya liat lane hogging itu kebanyakan ya "ASIAN" yg mkgn peraturan dinegaranya gaq gitu spesifik atau not up to WESTERN standard. Terkadang saya liat org2 nyetir pake otak aja tp gaq pake hati, uda dikasih jalan eh tiba2 jalan pelan didepan mbl kita atau tiba2 berhenti (dikasih hati minta yg lain) atau belok ke kiri, sein uda nyala tapi beloknya dari tengah jalan gaq buru2 mepet jalur kiri walaupun kosong. [emo-yesno] Itulah menyetir tanpa HATI.
Ini saya pernah liat di pacific highway nsw dulu pas ke aussie... ada lane khusus utk overtaking bener2 kosong kalo gak ada yg overtake, jadi kalo gak salah di segmen tertentu ada 3 lajur, 1 utk arah berlawanan, yg tengah buat overtaking (either jalur kita or jalur berlawanan, tergantung garisnya).
Tapi orang sono emang niat sih kalo overtaking, speed limit di 100 km/h overtaking gaspol ampe 130 km/h haha (mana waktu itu saya numpang orang sana naik outlander V6 6B31, mantap suaranya), tapi setelah kelar balik lagi ke 100 km/h di jalur kiri. Lbh dari itu memang bahaya sih krn cukup sering kasus kangguru nyebrang jalan ketabrak...
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by kompresorz »

martinnn wrote: Fri Nov 03, 2017 6:55 sudah sudah tidak usa sok paling benar dan paling suci di jalanan...

di indon ini mobil. motor , bus , becak , sepeda , gerobak , bajaj , pejalan kaki semuanya gak bener...mau pejabat sampe kisminer juga mentalnya sama
:big_biglaugh: ....

:wkkk:
jwid
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Fri Apr 03, 2015 3:56

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by jwid »

mulut diusahakan tersenyum sabar namun hati mau jotos jotosan, siksaan batin yang tak ada obatnya dijalanan indon
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by daftar »

jangan cuman nyalahin LCGC yang suka pelan di lajur kanan.
Mobil gede SUV & dcab yang arogan selap selip juga banyak, padahal SUV & dcab bukanlah mobil untuk selap selip, tiba2 masuk ke kiri jalur lambat / roda 2, lalu kalo udah mentok tiba2 ke kanan potong ambil jalur orang, yang lain terpaksa ngalah karena kalah gagah apalagi dipasang bullbar
kalo mau nyempil2 kayak gitu kan bisa naik hatchback aja, pasti kebanyakan bisa beli, itu namanya pengen mobil All in One, bisa buat gagah2an tapi juga buat selap selip nyempil2. Masih mending calya malah kalo dia selap selip tapi gak makan space banyak juga gak mengintimidasi orang yang diambil jalurnya
:ngacir:
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2308
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by PRBS »

daftar wrote: Sat Nov 04, 2017 4:26 jangan cuman nyalahin LCGC yang suka pelan di lajur kanan.
Mobil gede SUV & dcab yang arogan selap selip juga banyak, padahal SUV & dcab bukanlah mobil untuk selap selip, tiba2 masuk ke kiri jalur lambat / roda 2, lalu kalo udah mentok tiba2 ke kanan potong ambil jalur orang, yang lain terpaksa ngalah karena kalah gagah apalagi dipasang bullbar
kalo mau nyempil2 kayak gitu kan bisa naik hatchback aja, pasti kebanyakan bisa beli, itu namanya pengen mobil All in One, bisa buat gagah2an tapi juga buat selap selip nyempil2. Masih mending calya malah kalo dia selap selip tapi gak makan space banyak juga gak mengintimidasi orang yang diambil jalurnya
Biasanya yg saya bold, yg disalip sama calya jadi terpicu emosinya hahaha.. jadi bales nyalip.. Sering saya lihat kejadian kek gini di jalan toll, mungkin ga suka kalo disalip lcgc kali ya...
f1r3f0x
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Wed Aug 09, 2017 7:26
Location: Jkt

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by f1r3f0x »

Pertama, menurut saya yg jln 60 mau overtake 65 sah2 aja overtake, yg salah itu kalau sudah overtake dgn speed 65 maupun sampai 100 (max speed limit) dan anda masi ngotot mau stay di kanan terus padahal ada mobil yg lebih cepat (yg melanggar max speed, dgn alasan mrka masing2 bisa saja mau ke RS dsb) dan dgn speed bisa saja 120 bisa 250, yg penting kalau ada yg lebih cepat dari anda di belakang anda minta jalan, ya anda give way, pindah ke lane sebelah kiri, etikanya begitu, jika anda tetap di kanan krn merasa sudah paling cepat di kanan sesuai dgn aturan, itu anda tidak melanggar aturan, tp anda tidak tahu etika berkendara, egois, tidak mau kalah, dan mungkin pridenya hurt karena ada yg mau overtake, ga terima, dsb. Tolong konsep ini jgn dibelokin jd mobil italy yg kebut2an lari 250km dsb, liat yg real terjadi skr aja, apakah anda tidak pernah berusaha overtake yg lari 100 dgn speed 120? Saya rasa pasti pernah, apakah anda otomatis rem dan ubah speed jd 100 jg krn merasa oh yg depan saya udh max speed neh udh bener? Jgn munafik, saya yakin tidak akan seperti itu kejadiannya.
Kedua, Diatas ada yg bilang harusnya yg mau overtake yg sudah cruising 100 di kanan ya lewat kiri saja overtakenya, sorry saya strongly disagree. Konsep berkendara kita di indo, kendaraan d sebelah kiri jalan dgn stir di sisi sebelah kanan mobil, dan harus overtake di sisi kanan itu semua ada alasannya, untuk menghindari blindspot ketika menyusul/overtake yg dapat terjadi jika menyusul dari sisi kiri/penumpang, jika konsep itu saja anda tidak mengerti sebaiknya anda jgn berkendara. Sorry no offense ya, maap klo saya agak pedes, tp ignorance di jalan raya itu means death. Please CMIIW
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by jivos »

f1r3f0x wrote: Sat Nov 04, 2017 11:47............cut.....Konsep berkendara kita di indo, kendaraan d sebelah kiri jalan dgn stir di sisi sebelah kanan mobil, dan harus overtake di sisi kanan itu semua ada alasannya, untuk menghindari blindspot ketika menyusul/overtake yg dapat terjadi jika menyusul dari sisi kiri/penumpang, jika konsep itu saja anda tidak mengerti sebaiknya anda jgn berkendara.
Point bagus um :off_good_job: :big_exellent:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 803
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by Duvebriliant0 »

PRBS wrote: Sat Nov 04, 2017 5:16
daftar wrote: Sat Nov 04, 2017 4:26 jangan cuman nyalahin LCGC yang suka pelan di lajur kanan.
Mobil gede SUV & dcab yang arogan selap selip juga banyak, padahal SUV & dcab bukanlah mobil untuk selap selip, tiba2 masuk ke kiri jalur lambat / roda 2, lalu kalo udah mentok tiba2 ke kanan potong ambil jalur orang, yang lain terpaksa ngalah karena kalah gagah apalagi dipasang bullbar
kalo mau nyempil2 kayak gitu kan bisa naik hatchback aja, pasti kebanyakan bisa beli, itu namanya pengen mobil All in One, bisa buat gagah2an tapi juga buat selap selip nyempil2. Masih mending calya malah kalo dia selap selip tapi gak makan space banyak juga gak mengintimidasi orang yang diambil jalurnya
Biasanya yg saya bold, yg disalip sama calya jadi terpicu emosinya hahaha.. jadi bales nyalip.. Sering saya lihat kejadian kek gini di jalan toll, mungkin ga suka kalo disalip lcgc kali ya...
Ini betul sekali, sering ada fortuner atau mobil sekelasnya lagi anteng di lajur tengah pas saya salip (lewat lajur kanan dengan kecepatan tidak melebihi batas kecepatan) tiba tiba tiba langsung ngambil kanan terus nempel dibelakang... seakan akan bilang "get back to where you belong" alias kembali ke lajur lambat :mky_07:
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by Profith83 »

Jalanan itu dipakai untuk umum.
Kalau ada yang mau balap mobil kita yah diberi jalan.
Misal jalan 2 lajur, kita di lajur kanan dan kiri kosong ... Ada mobil yang bell/kasih lampu dim .. yah harus pindah jalur ke kiri biarpun kita misal sudah 100-120 KM/jam.

Itu aturan yang harusnya dipakai bersama.

Ingat jalanan itu milik umum ... jadi yah harus share atau berbagi ... jangan egois.
Kalau mobil ada yang mau nyalip dan kiri kosong panjang ... yah harus diberi jalan.

Sama sama bayar pajaknya ...
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1646
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by pengendiesel »

f1r3f0x wrote: Sat Nov 04, 2017 11:47 Pertama, menurut saya yg jln 60 mau overtake 65 sah2 aja overtake, yg salah itu kalau sudah overtake dgn speed 65 maupun sampai 100 (max speed limit) dan anda masi ngotot mau stay di kanan terus padahal ada mobil yg lebih cepat (yg melanggar max speed, dgn alasan mrka masing2 bisa saja mau ke RS dsb) dan dgn speed bisa saja 120 bisa 250, yg penting kalau ada yg lebih cepat dari anda di belakang anda minta jalan, ya anda give way, pindah ke lane sebelah kiri, etikanya begitu, jika anda tetap di kanan krn merasa sudah paling cepat di kanan sesuai dgn aturan, itu anda tidak melanggar aturan, tp anda tidak tahu etika berkendara, egois, tidak mau kalah, dan mungkin pridenya hurt karena ada yg mau overtake, ga terima, dsb. Tolong konsep ini jgn dibelokin jd mobil italy yg kebut2an lari 250km dsb, liat yg real terjadi skr aja, apakah anda tidak pernah berusaha overtake yg lari 100 dgn speed 120? Saya rasa pasti pernah, apakah anda otomatis rem dan ubah speed jd 100 jg krn merasa oh yg depan saya udh max speed neh udh bener? Jgn munafik, saya yakin tidak akan seperti itu kejadiannya.
Kedua, Diatas ada yg bilang harusnya yg mau overtake yg sudah cruising 100 di kanan ya lewat kiri saja overtakenya, sorry saya strongly disagree. Konsep berkendara kita di indo, kendaraan d sebelah kiri jalan dgn stir di sisi sebelah kanan mobil, dan harus overtake di sisi kanan itu semua ada alasannya, untuk menghindari blindspot ketika menyusul/overtake yg dapat terjadi jika menyusul dari sisi kiri/penumpang, jika konsep itu saja anda tidak mengerti sebaiknya anda jgn berkendara. Sorry no offense ya, maap klo saya agak pedes, tp ignorance di jalan raya itu means death. Please CMIIW
IMHO, anda benar2 mispersepsi maksud saya. Dari awal saya nggak membenarkan cruising di lajur kanan, meskipun sdh 100kmh.
Yg selalu saya tekankan adalah berhati2lah dgn apa yang anda pikirkan, karena selalu ada 2 sisi koin. Asumsi anda belum tentu benar menurut orang lain, krn kebenaran ini sifatnya relatif, tergantung siapa yg lihat. Tp keselamatan, sifatnya mutlak.

Yg saya bold, ini adalah salah satu contoh asumsi yg mana sepertinya anda yakin 100% benar, tp belum tentu saya melakukan apa yg anda "tuduh"kan ke saya, kita ketemu saja blm pernah kan?
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by adityabp »

bensinsolar wrote: Fri Nov 03, 2017 12:13 ..cut..
Terkadang saya liat org2 nyetir pake otak aja tp gaq pake hati, uda dikasih jalan eh tiba2 jalan pelan didepan mbl kita atau tiba2 berhenti (dikasih hati minta yg lain) atau belok ke kiri, sein uda nyala tapi beloknya dari tengah jalan gaq buru2 mepet jalur kiri walaupun kosong. [emo-yesno] Itulah menyetir tanpa HATI.
Hahahahaha... kirain saya doank yg merasakan hal yg sama. :mky_03: