Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1646
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by pengendiesel »

Thread bergizi, penuh dengan asumsi pribadi.

Mulai dari asumsi ajaran ortu (emang ada data bahwa semua ortu ngajarin anaknya harus jadi no 1? Kenapa ortu saya nggak ya :ungg: ), dogma di sekolah, stress di kerjaan, kecepatan di jalur paling kanan yg terlalu pelan (dari asumsi tukang ngebut), melaju di jalan tol yg terlalu kencang (dari asumsi driver santai), sampai masalah agama segala :off_no:

Emang yg paling benar adalah quotesnya SM : di jalan itu cari keselamatan, bukan cari kebenaran. Krn kebenaran itu relatif tergantung dari sudut pandang, sedangkan keselamatan itu mutlak :big_exellent:
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1059
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by michaelgiri93 »

pengendiesel wrote: Wed Nov 01, 2017 14:00 -cut-

Emang yg paling benar adalah quotesnya SM : di jalan itu cari keselamatan, bukan cari kebenaran. Krn kebenaran itu relatif tergantung dari sudut pandang, sedangkan keselamatan itu mutlak :big_exellent:
Saya baru tahu ada quote ini di sm
Setuju banget om diesel
Di jalan Indonesia jujur aja masih abu2 jika terjadi sesuatu siapa yang salah siapa yang bener.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
Nainggolan21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 518
Joined: Fri Aug 12, 2016 6:31
Location: Bekasi, Jawa Barat
Daily Vehicle: Satria FU

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by Nainggolan21 »

Pembiaran pelanggaran di jalan raya dan kemudahan dalam memiliki kendaraan, mungkin adalah salah satu cara untuk menghambat pertumbuhan penduduk yg makin gak terkontrol... Hukum rimba sangat kental dijalanan negeri ini. Kalo gak nabrak ya ditabrak
"Bukan yang paling baik, tapi satu diantara yang terbaik"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by haristk7 »

iwing wrote: Wed Nov 01, 2017 1:57 btw om ts, itu kan ngambil contoh di jepang. saya malah penasaran, jika org jepang mengendarai mobil disini selama 1-2 tahun saja (jakarta misalnya), apakah sikap di jepang itu akan tetap bertahan..??
kebanyakan expat Jepang disini dikasih sopir om, di perusahaan jepang yang ada kantor cabang di Indonesia, tempat sepupu saya bekerja, expat Jepangnya sudah dijatah sopir..karena orang lokal tau mereka pada puyeng ama macetnya Jakarta, lebih enak distirin dan bobok sepanjang jalan..jarang2 kan dikasi kesempatan punya sopir
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by newrubble »

tapi kalo kita liat u theoritical org org di indo ada di level atas n mgkn paling atas ..... baca sj thread ini dr awal sampe sblm sy ...... sy baca rasanya spt sy blm pernah skolah n perlu lbh byk skolah lg ....... trmsk skolah u omong
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by Omnibus »

Ga bisa ..... mau diajarin mau dikasih ngerti juga tetap ga bisa. Soalnya sehari-hari memang tuntutan hidup hrs berlumba2 kl ga tdk kebagian

- kl diundang hajatan pas dibagiin berkat dulu2an
- di kondangan kebanyakan makan dulu baru salaman sm mempelai
- lowongan kerja 1 direbutin sm seribu orang
- bulan puasa sejam sebelum buka meja kursi di foodcourt/resto sdh habis
- sampai layangan putus aja yg ngerebutin segitu banyak

jd mentalnya yg terbentuk srabat srebet takut ngga kebagian .... yg penting gue dulu, org lain egp
ToyodaX
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Oct 11, 2017 19:52
Location: Central Jakarta

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by ToyodaX »

MONKEY SEE, MONKEY DO

Satu melanggar, followernya banyak benerrrr

Kalau melanggar sendirian = SALAH

Kalau melanggar rame-rame = TETEP SALAH, tp at least bareng-bareng (KEBERSAMAAN)
teretenteng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Fri Nov 18, 2016 13:10

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by teretenteng »

ni ada kejadian adu jotos di toll, kacau..... kwakakakak
https://oto.detik.com/catatan-pengendar ... ta-jakarta
Screen Shot 2017-11-02 at 12.31.13 AM.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3908
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by kendibocor »

Uda kebiasaan turun temurun gamau ngantri, mau menang sendiri, berasa paling jago, dll. Jalanan kota2 besar ga jauh beda ma medan perang. Saya di jkt, sehari-hari pulan kerja lewat kemayoran ke arah ancol. Pintu masuk kemayoran bisa macet 1 km ngantri masuk tol. Harusnya cuman 2 line paling kiri yg bwat antri pintu masuk, 2 line paling kanan bwat ke arah ancol. Tp banyak dumbass and moron yg gamau ngantri di jalur 1-2, mau enaknya aja ngambil jalur 3-4 trus di depan tinggal motong. Parahnya lg banyak pak ogah yg menyediakan jasa mengelak jalur bwat para moron n dumbass ini. Saya rasa ga ada hubungannya antara pendidikan dan perilaku di jln. Toh dr yg saya lihat banyak mbl2 bagus jg pada gamau antri. Pasti bnyk jg yg pendidikan tinggi tapi tetep ga bisa sabar. Saya sih lebih setuju karena memang pendidikan dari kecil yg lebih mementingkan nilai di atas kertas daripada pendidikan untuk act like a proper civilized people. Karena basednya dari kecil diajarin untuk ngejar niali doang, makanya sampe gede yg dikejar ya hasilnya doang, mau pake cara apa ga peduli.

NB: di jalur lambat padahal ada kantor polkis yg notabene tuh “perang” terjadi di depan mata mereka, tp saya ga pernah liat mereka ngatur. Mungkin enakan diam di ruangan ber AC drpd panas2an ngantur lalin.....
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by newrubble »

sy jadi ingat crita bekas supir sy, ramses .... pertama x dia dpt sim di eropa ..... ssdh 11 kali dia ujian n sy bilang wkt itu btapa bodoh nya jaman dulu kamu steer mobil n dia jwp ..... kan di jkt bawa metromini (mmg betul dia bekas supir s604 yg dulu lewat sudirman, pancoran n xbata)

dia bilang ...... ongkos u urusan ujian ujian sim jaman itu kalo di kumpulin bisa beli satu mobil n itupun masih ada lebih wang
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by newrubble »

teretenteng wrote: Wed Nov 01, 2017 17:33 ni ada kejadian adu jotos di toll, kacau..... kwakakakak
sy senang skali kalo liat org org indo pd brantem .... di jalanan n jugapula trmsk brantem tulisan di forum n acara siram teh ke muka org di live tv broadcasting ..... krn mmg pintar nya di level itu ..... mmg ada yg bilang sih org indo sdh pintar bikin pesawat yg bisa terbang (meski blm pintar menjual nya laris) tapi itukan bs di itung

kan yg penting sy tdk pernah suruh siapapun brantem .... mrk kesadaran sendiri itu
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by martinnn »

Taun 2018 Dan 19 berantem Dan siram teh kayaknya bakal sering om tungguin aja sampe mayat juga disalah salahin
:big_biglaugh:
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by efact »

jd cuma bisa berdoa,

semoga sarana transportasi massal yang baru cepet2 terselesaikan,
semoga berjalan sesuai harapan,
supaya bisa mengurangi kemacetan di Jekarda tercintah,
yang ujung2 nya (mudah-mudahan) mengurangi keluarnya petarung-petarung jalanan seperti ini..
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by Rundeer »

efact wrote: Thu Nov 02, 2017 1:13 jd cuma bisa berdoa,

semoga sarana transportasi massal yang baru cepet2 terselesaikan,
semoga berjalan sesuai harapan,
supaya bisa mengurangi kemacetan di Jekarda tercintah,
yang ujung2 nya (mudah-mudahan) mengurangi keluarnya petarung-petarung jalanan seperti ini..
Petarung jalanannya bakal berpindah ke MRT dan ujung-ujungnya ya gitu lah...

Kalo dasar sifatnya pada gak mau ngalah dan gak peduli sama sekitar ya mau diletakkan ke manapun tetap saja buat masalah

Jadi inget ada istilah begini:
"Peraturan sebagus apapun kalo diterapin di Indonesia tetep aja gak bakal berhasil"
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1422
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by iwing »

haristk7 wrote: Wed Nov 01, 2017 15:48
iwing wrote: Wed Nov 01, 2017 1:57 btw om ts, itu kan ngambil contoh di jepang. saya malah penasaran, jika org jepang mengendarai mobil disini selama 1-2 tahun saja (jakarta misalnya), apakah sikap di jepang itu akan tetap bertahan..??
kebanyakan expat Jepang disini dikasih sopir om, di perusahaan jepang yang ada kantor cabang di Indonesia, tempat sepupu saya bekerja, expat Jepangnya sudah dijatah sopir..karena orang lokal tau mereka pada puyeng ama macetnya Jakarta, lebih enak distirin dan bobok sepanjang jalan..jarang2 kan dikasi kesempatan punya sopir
apakah artinya sikap disiplin yang diterapkan/berjalan di sana tidak bisa bertahan disini ya :mky_01:
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by adityabp »

Ada yg pernah kena tilang gara2x kejebak di marka kotak kuning perempatan?
Saya kok blm pernah lihat ya?
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by IGedeAmat »

Kalo kesimpulan saya, perilaku orang dijalan itu;
Bukannya membiasakan kebenaran, malah membenarkan kebiasaan...
motormatic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: Fri Feb 28, 2014 6:39

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by motormatic »

adityabp wrote: Thu Nov 02, 2017 2:03 Ada yg pernah kena tilang gara2x kejebak di marka kotak kuning perempatan?
Saya kok blm pernah lihat ya?
karena fungsinya bukan sebagai marka larangan, fungsi marka kuning itu kan sebagai penanda bahwa selama masih ada kendaraan didalamnya, traffic dari arah lain tidak boleh berjalan dulu meski lampu sudah hijau. cmiiw

tapi balik lagi masih banyak orang yang ga tahu dan ga mau tahu fungsinya.
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 735
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by bensinsolar »

Kalau nyetir di Indonesia harus bisa adaptasi (secara pegalaman nyetir overseas saya >9yrs exp & lulus sim luar) yg penting nyetir disini masih utamakan keselamatan & masih pakai logika (important aspect: lampu sein, norma jalur kanan, berhenti traffic light). Ikutin gaya luar, bisa gaq kebagian space & bisa darah tinggi sehari2nya. Diluar sana saya benar2 strict antri (secara lalin & kehidupan sehari2) karena kebiasaan & juga ajaran ortu dari kecil, walaupun some people (mostly Asians) jump the queue. Tapi mulai macetnya jalanan & makin byknya yg nyerobot, disana saya liat terjadi peningkatan juga yg gaq antri. Kelebihan nyetir disini karena macet & mkgn karena cc kecil, saya tidak pernah lihat yg burnout di traffic light, perempatan jalan & tikungan.
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3056
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by farizfsa »

menurut ane sih tingkat stress + nilai tgjawab seseorang membentuk perilaku nyetir di indonesia karena hasil nya beda-beda di setiap kota.

bisa diliat di kota2 besar seperti jakarta vs bandung vs jogja vs surabaya vs bali, tingkat stress + nilai tgjawab nya beda-beda dan hasil traffic nya beda2

cmiiw
teppey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 536
Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by teppey »

newrubble wrote: Wed Nov 01, 2017 23:25
teretenteng wrote: Wed Nov 01, 2017 17:33 ni ada kejadian adu jotos di toll, kacau..... kwakakakak
sy senang skali kalo liat org org indo pd brantem .... di jalanan n jugapula trmsk brantem tulisan di forum n acara siram teh ke muka org di live tv broadcasting ..... krn mmg pintar nya di level itu ..... mmg ada yg bilang sih org indo sdh pintar bikin pesawat yg bisa terbang (meski blm pintar menjual nya laris) tapi itukan bs di itung

kan yg penting sy tdk pernah suruh siapapun brantem .... mrk kesadaran sendiri itu
Saya seneng ni liat komen komen om yg pedes haha

Menurut saya sih pendidikan cuma half of the equation, kalo pendidikan bagus pun kalo prakteknya pada kacau ya percuma juga belajar bertahan tahun.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by adityabp »

motormatic wrote: Thu Nov 02, 2017 2:38
adityabp wrote: Thu Nov 02, 2017 2:03 Ada yg pernah kena tilang gara2x kejebak di marka kotak kuning perempatan?
Saya kok blm pernah lihat ya?
karena fungsinya bukan sebagai marka larangan, fungsi marka kuning itu kan sebagai penanda bahwa selama masih ada kendaraan didalamnya, traffic dari arah lain tidak boleh berjalan dulu meski lampu sudah hijau. cmiiw

tapi balik lagi masih banyak orang yang ga tahu dan ga mau tahu fungsinya.
Terbalik om.
Fungsi marka kotak kuning memang utk menjebak.
Kalo kita stuck di dalam kotak kuning, kemudian lampu dari arah lain sudah hijau, maka kita melanggar marka tsb. Bisa ditilang.
Dan sampai hari ini, saya BELOM PERNAH lihat/denger polisi nilang pelanggar marka kotak kuning. :mky_01:
motormatic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: Fri Feb 28, 2014 6:39

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by motormatic »

adityabp wrote: Thu Nov 02, 2017 4:03
motormatic wrote: Thu Nov 02, 2017 2:38
adityabp wrote: Thu Nov 02, 2017 2:03 Ada yg pernah kena tilang gara2x kejebak di marka kotak kuning perempatan?
Saya kok blm pernah lihat ya?
karena fungsinya bukan sebagai marka larangan, fungsi marka kuning itu kan sebagai penanda bahwa selama masih ada kendaraan didalamnya, traffic dari arah lain tidak boleh berjalan dulu meski lampu sudah hijau. cmiiw

tapi balik lagi masih banyak orang yang ga tahu dan ga mau tahu fungsinya.
Terbalik om.
Fungsi marka kotak kuning memang utk menjebak.
Kalo kita stuck di dalam kotak kuning, kemudian lampu dari arah lain sudah hijau, maka kita melanggar marka tsb. Bisa ditilang.
Dan sampai hari ini, saya BELOM PERNAH lihat/denger polisi nilang pelanggar marka kotak kuning. :mky_01:
Seperti dilansir dari Divisi Humas Mabes Polri lewat akun Facebooknya, Selasa (25/5), Kotak tersebut disebut Yellow Box Junction (YBJ). YBJ adalah marka jalan yang bertujuan mencegah kepadatan lalu lintas di jalur dan berakibat pada tersendatnya arus kendaraan di jalur lain yang tidak padat. Dengan YBJ, diharapkan kepadatan di persimpangan tidak terkunci.

Yellow Box Junction sangat berguna di persimpangan-persimpangan jalan yang padat. Pada jalan-jalan utama serta saat waktu puncak kepadatan lalu lintas.

Banyak pengguna kendaraan bermotor tetap menerobos lampu (traffic light) merah, saat antrean kendaraan di depannya belum terurai. Adanya YBJ ini walaupun lampu traffic light sudah hijau pengguna jalan yang belum masuk YBJ harus berhenti ketika ada kendaraan lain di dalam YBJ. Mereka baru bisa maju jika kendaraan di dalam YBJ sudah keluar.

Bagi pengendara yang tetap memaksa memasukkan kendaraannya ke dalam YBJ, padahal masih ada kendaraan lain di dalamnya, maka akan ditilang, ini sama saja melanggar marka jalan.
Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by Rundeer »

JAKARTA, KOMPAS.com — Saat melintas di beberapa persimpangan jalan di DKI Jakarta, pernahkah Anda melihat garis kuning berbentuk persegi dan berukuran besar di aspal? Jika lihat, perkenalkan, garis itu bernama yellow box junction (YBJ).

Di Ibu Kota, kita dapat melihat YBJ di sejumlah persimpangan, antara lain di persimpangan Sarinah di Jalan MH Thamrin, persimpangan Tugu Tani dari arah Jalan Kebon Sirih, persimpangan Mampang, dan persimpangan-persimpangan lain yang kerap terjadi kepadatan arus lalu lintas.

Meski begitu, masih banyak pengendara yang tidak mengetahui apa arti garis itu. Jangankan mengetahui, 'ngeh' pun tidak.

Yavet Masan (26) misalnya. Ketika Kompas.com bertanya perihal YBJ, pria yang setiap hari mengendarai sepeda motor dari rumahnya di Permata Hijau ke kantornya di Kebon Jeruk mengaku baru kali pertama mendengarnya.

"Nggak merhatiin deh, asli. Paling liatnya lampu lalu lintas dan papan petunjuk jalan," ujar dia.

Adji Virdian (25) yang setiap hari melewati sejumlah persimpangan dari rumahnya di Lenteng Agung ke kantornya di bilangan Kuningan juga mengaku tidak menyadari ada garis YBJ.

"Garis yang mana, sih? Yang putih? Enggak pernah lihat garis kuning kayaknya," ujar dia.

Yanny Donna (29), karyawati di bilangan Kelapa Gading, mengatakan pernah melihat garis kuning itu. Namun, dia lupa, di mana pernah melihatnya. Dia pun mengira garis kuning kotak tersebut adalah area untuk pemberhentian sepeda motor.

"Tahu ada kotak kuning itu, tetapi kirain itu untuk berhenti motor," ujar Yanny.

Yanny mempertanyakan apa fungsi garis itu sebenarnya. Jika garis tersebut dibuat demi kelancaran arus lalu lintas, dia sangat menyayangkan masih banyak pengguna jalan, termasuk dirinya, yang tidak mengetahui fungsi YBJ.

Ia juga lebih menyayangkan tidak adanya sosialisasi soal garis tersebut. Lantas, apa sih sebenarnya YBJ itu?

YBJ adalah marka jalan yang mulai digunakan di Indonesia sejak 2010. Dikutip dari situs Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, Sabtu (20/6/2015), YBJ berfungsi untuk mencegah agar arus lalu lintas (lalin) di persimpangan tidak terkunci saat kepadatan terjadi.

Saat arus lalin padat, pengendara cenderung untuk terus menerobos lampu lalu lintas, meski merah. Nah, garis YBJ ini menjadi semacam garis pembatas yang tidak boleh dilintasi oleh pengendara ketika antrean kendaraan di area persimpangan padat.

Pada sisi jalan lain ketika lampu lalu lintas menyala hijau pun, pengguna kendaraan tidak diperbolehkan melewati garis tersebut jika masih ada kepadatan di dalam area YBJ. Mereka baru bisa melanjutkan perjalanan jika YBJ telah kosong, dan tentunya jika warna lampu lalu lintas sudah hijau.

Menurut Pasal 287 ayat (2) juncto Pasal 106 ayat (4) huruf a, b dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, hukuman pidana bagi pelanggar YBJ adalah kurungan dua bulan penjara atau denda Rp 500.000.

------
Intinya masih banyak yg gak ngerti gunanya YBJ... Jadi jangan heran kalau pas macet YBJ cuma keliatan kaya "hiasan jalan" doang :off_bored:
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33

Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil

Post by ipat »

Saya ada temen gangster,tingkat emosi dijalan parah,dimobil bawa senpi+tongkat baseball+samurai tenggantung siapa musuhnya, pernah jalan di smg kota yg macet dia berantem sama orang 4x gara2 senggolan spion sama motor, 3 orang kalah,akhirnya yg ke 4 maen kroyokan temen saya pake samurai, mereka ber4 lari sambil berdarah karna ke bacok.. emosinya nurun ke anaknya yg paling nekat di ngebacok polantas yg lagi nulis surat tilang karna ga pake helm dan cluritnya dibiarkan menempel di punggung pak pol.. dan temen saya ga pernah ber urusan sama hukum, sayang temen saya meninggal karna od,dan anaknya dibunuh orang karna nakal