Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil
Kira" ada korelasi ngga yah dg tingk pendidikan yg diterima, asumsi: smkin lama d bangku pendidikan..semakin tahu/blajar/mengolah banyak hal (meski materi pendidikan msh miris)
....sepintas liat mayoritas yg melakukanya pd tatanan kelompok ekonomi tsb. Dr strata mid-up ada sih satu dua/bbrp yg nyetir model monyet begini...ntah krn kondisi ekonomi nya yg mendadak kaget naik ke atas ato brasal dr dinas/bidang kerja tertentu yg di amini sah utk sedikit pongah d jalanan, ato sekedar ngikut" mbl yg d depannya.
....sepintas liat mayoritas yg melakukanya pd tatanan kelompok ekonomi tsb. Dr strata mid-up ada sih satu dua/bbrp yg nyetir model monyet begini...ntah krn kondisi ekonomi nya yg mendadak kaget naik ke atas ato brasal dr dinas/bidang kerja tertentu yg di amini sah utk sedikit pongah d jalanan, ato sekedar ngikut" mbl yg d depannya.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
- Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan
Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil
Intinya orang disini tuh pada gamau ngalah
Gw pernah dilajur paling kanan ( lajur paling cepat ) bawa 140 tp masih dipepet dr belakang, gw sen kiri aja dr lajur 2 gamau ngasih, sedangkan dibelakang ngelakson terus ga sabaran . Serba salah ...
Gw pernah dilajur paling kanan ( lajur paling cepat ) bawa 140 tp masih dipepet dr belakang, gw sen kiri aja dr lajur 2 gamau ngasih, sedangkan dibelakang ngelakson terus ga sabaran . Serba salah ...
- yang kenceng kalah sama yang wet look
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Mon Oct 23, 2017 9:19
- Location: Medan
Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil
Wah bisa jadi bahan skripsi mahasiswa ini om 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil
Sy pernah dengar cerita dr supir seorang rektor yg disuruh nyetir seruntulan krn si rektor orangnya selalu buru2. Mungkin dia merasa sangat sibuk.....jivos wrote: Tue Oct 31, 2017 15:14 Kira" ada korelasi ngga yah dg tingk pendidikan yg diterima, asumsi: smkin lama d bangku pendidikan..semakin tahu/blajar/mengolah banyak hal (meski materi pendidikan msh miris)
....sepintas liat mayoritas yg melakukanya pd tatanan kelompok ekonomi tsb. Dr strata mid-up ada sih satu dua/bbrp yg nyetir model monyet begini...ntah krn kondisi ekonomi nya yg mendadak kaget naik ke atas ato brasal dr dinas/bidang kerja tertentu yg di amini sah utk sedikit pongah d jalanan, ato sekedar ngikut" mbl yg d depannya.
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Wed Mar 23, 2016 2:59
Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil
driver jaman now..
memang mengganggu itu yg di lajur kanan tapi larinya kayak siput wkwkw
no offense
)
memang mengganggu itu yg di lajur kanan tapi larinya kayak siput wkwkw
no offense

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 396
- Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38
Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil
Secara teori harusnya YES, Secara praktek NO (berdasarkan setiap pengalaman yg sy alami). Karena tdk semua org yg menuntut ilmu (di indonesia) benar2 mengerti filosofi dan manfaat dr ilmu yg mereka peroleh selama sekolah.jivos wrote:Kira" ada korelasi ngga yah dg tingk pendidikan yg diterima, asumsi: smkin lama d bangku pendidikan..semakin tahu/blajar/mengolah banyak hal (meski materi pendidikan msh miris)
....sepintas liat mayoritas yg melakukanya pd tatanan kelompok ekonomi tsb. Dr strata mid-up ada sih satu dua/bbrp yg nyetir model monyet begini...ntah krn kondisi ekonomi nya yg mendadak kaget naik ke atas ato brasal dr dinas/bidang kerja tertentu yg di amini sah utk sedikit pongah d jalanan, ato sekedar ngikut" mbl yg d depannya.
Banyak yg mengaku berpendidikan tinggi, tp untuk masalah attitude masih bar bar spt org dr jaman batu. Tiap menyelesaikan masalah lebih mengutamakan otot dr pada otak.
Malah skrg ini sudah melenceng, semakin tinggi gelar academic yg diperoleh seseorang ternyata tujuannya seperti untuk mendapat pengakuan (penghormatan) dr public. *sorry contohnya bs dilihat skrg tiap profil ig selalu saja dicantumkan gelar akademik mereka. (padahal buat apa)
Sorry bkn bermaksud apa2, colek mr. newrubble untuk menambahkan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1059
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil
"manner maketh man"


'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil
nah ini om, mumpung masih kecil harus dibina, karena masih kecil mereka masih berkembang dan bisa lebih mudah dipengaruhi hal yang positif, rasa ingin menang sendiri itu disetiap orang pasti ada, tapi harus diberi tahu kalau pada saat menggunakan fasilitas umum seperti jalanan, stasiun kereta, di kasir, atau hal lainnya, harus punya rasa memikirkan orang lain juga sehingga bisa membuat suatu kondisi yang kondusif'Mengenai didikan masa kecil dgn budaya antri, menurut saya memang naluri anak2 pada dasarnya tdk mau antri & ingin menang sendiri. Sy masi ingat kok 20an tahun yg lalu ketika saya balita, ada aja teman2 seumuran yg hobinya nyerobot. Nah didikan orang tua dan guru yg harusnya berperan menghapus naluri kekanak2an itu
i'd say bullcrap kalo pemikiran "gak usah mikirin orang lain, orang lain belom tentu mikirin kita" dan "this is Indonesia, not Europe, not USA, we do it Indonesian way", katanya pengen Indonesia maju, tapi kalo pemikiran asu kayak katak dalam tempurung begini masih bertebaran gimana mau maju ? mulailah dari diri sendiri, gak usah dengerin kata orang lain kalo kita berbuat hal yang bener, masuk telinga kanan dan keluarin di telinga kiri aja cibiran para makhluk gila, udah saatnya yang waras harus ngelawan..
Jalanan itu bisa jadi cerminan suatu masyarakat loh, gak malu apa dikatain jalanannya kayak sirkus, belom lagi liat ketika orang luar ngeliat orang Indonesia kalo di jalanan "serba kacau balau", gak mobil, gak motor, gak bus, gak truk, kacau semua, menandakan pada susah tertib dan disiplin..saya aja malu rasanya kalo ada temen orang asing bilang "jalanannya kacau ya", mungkin mereka pikir kita dapetin sim dari website macam eBay atau OLX..
"Where the hell do you guys get your driving license ? eBay ?"
Kayaknya gak juga, banyak buktinya yang berpendidikan sampai sarjana kelakuannya di jalan kagak mencerminkan orang berpendidikan tinggi. Yang kayak begini kelakuannya mah mending ijazahnya dipake buat bungkus gorengan ajaKira" ada korelasi ngga yah dg tingk pendidikan yg diterima, asumsi: smkin lama d bangku pendidikan..semakin tahu/blajar/mengolah banyak hal (meski materi pendidikan msh miris)
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Tue Jan 24, 2017 14:11
Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil
siang ini di exit wiyoto wiyono - cawang - jagorawi @120kph sy ambil jalur kanan, (kiri arah cikampek - bandung) tiba2 ada fortie VNT B XXXX SJE maksa banget ngedim, sy ambil kiri sepersekian detik ada Primajasa yg klakson panjang... (blindspot)
ya cuma bisa pasrah aja sambil pertahankan jalur...
ada chance minggir itu fortie tetep aja mepet
sy jadi mikir ini orang pasti lupa ke toilet sebelum jalan padahal udah full load, hahaha...
ya cuma bisa pasrah aja sambil pertahankan jalur...
ada chance minggir itu fortie tetep aja mepet
sy jadi mikir ini orang pasti lupa ke toilet sebelum jalan padahal udah full load, hahaha...
-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil
Topik seru yang juga sudah sempat saya bahas di blog pribadi saya...
http://chzautos.com/2017/10/26/the-driv ... nd-bikers/
Banyaknya pengemudi bodoh (sorry, dah capek pake kata kata halus, gak ada kata lebih halus buat gambarin mereka) itu karena minim kesadaran. Kesadaran apa ?
Sadar kalo jalan bukan punya mak bapaknya. Jalanan itu fasilitas umum buat memudahkan dari tempat satu ke tempat lain. Karena namanya fasilitas "umum", berarti kesadaran untuk gak menganggap jalanan punya sendiri itu penting banget.
Problemnya bukan sistem percaloan atau SIM ikut ujian... kampret ya kampret aja... Coba liat ujian SIM yang diujikan apa sih ? Di ruang terisolasi dengan rintangan kayak diajarin balapan, maju mundur nanjak parkir...
Terus nyambungnya ke kurikulum kursus mengemudi... orang ikut kursus mengemudi supaya diajari "trik" lulus ujian SIM... akhirnya kursus mengemudi cuma ngajarin hal teknis begituan... coba bandingkan dengan kursus nyetir di negara luar... bahkan ujian SIMnya aja di jalan umum, cara ngambil haluan, cara belok, cara ngambil jalur, kewaspadaan driver semua diliat...
Di sini ? Yang penting bisa maju mundur nanjak parkir dah lulus... Manner dan safety di jalan ? Nol gede. Mikirin orang lain ? Ah nanti dulu, kepentingan gue nomer satu. Makanya kalo nyetir ala sembalap pada jago semua... tapi giliran disuruh mikirin orang males banget.
Hubungannya sama pendidikan masa kecil ? Dari kecil juga mentalnya "belajar buat lulus" bukan "belajar biar makin ngerti" ... Sama aja akar masalahnya. Belajar nyetir pun tujuannya lulus ujian SIM... makanya yang gak ujian ma yang ujian kelakuannya ya sama aja bodonya lah... tingkat kebodohannya aja yang beda...
Safety awareness yang rendah, karena dari kecil juga pendidikan isinya dogmatis bukan sesuatu yang bikin kita mikir dampaknya apa kalo melakukan / tidak melakukan... "harus rajin belajar biar nanti nilai kamu gak jelek dan juara kelas" bukan "harus rajin belajar supaya nanti kamu bisa jadi orang yang berguna kalo dah gede"... Mindsetnya apa ? "gua belajar biar nilai gua bagus" bukan "gua pengen jadi orang yang berguna bagi orang lain".
Sama kan, orang tua bilang nyetir jangan ngebut - ngebut, tanpa diajarin dan disuruh mikir siapa aja yang dirugikan waktu kita ngebut... cuma dibilang "jangan ngebut, bahaya, nanti kamu mati" ... bukan "kalo kamu ngebut nanti gak cuma kamu yang mati tapi juga bisa matiin orang lain" kasarnya gitu.
Di jalanan pelanggar lalu lintas itu cuma 2 jenis : yang gak sayang nyawa sendiri dan gak sayang nyawa orang lain, yang sedihnya, dua entitas ini biasanya orang yang sama. Krn orang gak bisa hargai nyawanya sendiri apalagi hargai nyawa orang lain.
http://chzautos.com/2017/10/26/the-driv ... nd-bikers/
Banyaknya pengemudi bodoh (sorry, dah capek pake kata kata halus, gak ada kata lebih halus buat gambarin mereka) itu karena minim kesadaran. Kesadaran apa ?
Sadar kalo jalan bukan punya mak bapaknya. Jalanan itu fasilitas umum buat memudahkan dari tempat satu ke tempat lain. Karena namanya fasilitas "umum", berarti kesadaran untuk gak menganggap jalanan punya sendiri itu penting banget.
Problemnya bukan sistem percaloan atau SIM ikut ujian... kampret ya kampret aja... Coba liat ujian SIM yang diujikan apa sih ? Di ruang terisolasi dengan rintangan kayak diajarin balapan, maju mundur nanjak parkir...

Terus nyambungnya ke kurikulum kursus mengemudi... orang ikut kursus mengemudi supaya diajari "trik" lulus ujian SIM... akhirnya kursus mengemudi cuma ngajarin hal teknis begituan... coba bandingkan dengan kursus nyetir di negara luar... bahkan ujian SIMnya aja di jalan umum, cara ngambil haluan, cara belok, cara ngambil jalur, kewaspadaan driver semua diliat...
Di sini ? Yang penting bisa maju mundur nanjak parkir dah lulus... Manner dan safety di jalan ? Nol gede. Mikirin orang lain ? Ah nanti dulu, kepentingan gue nomer satu. Makanya kalo nyetir ala sembalap pada jago semua... tapi giliran disuruh mikirin orang males banget.
Hubungannya sama pendidikan masa kecil ? Dari kecil juga mentalnya "belajar buat lulus" bukan "belajar biar makin ngerti" ... Sama aja akar masalahnya. Belajar nyetir pun tujuannya lulus ujian SIM... makanya yang gak ujian ma yang ujian kelakuannya ya sama aja bodonya lah... tingkat kebodohannya aja yang beda...
Safety awareness yang rendah, karena dari kecil juga pendidikan isinya dogmatis bukan sesuatu yang bikin kita mikir dampaknya apa kalo melakukan / tidak melakukan... "harus rajin belajar biar nanti nilai kamu gak jelek dan juara kelas" bukan "harus rajin belajar supaya nanti kamu bisa jadi orang yang berguna kalo dah gede"... Mindsetnya apa ? "gua belajar biar nilai gua bagus" bukan "gua pengen jadi orang yang berguna bagi orang lain".
Sama kan, orang tua bilang nyetir jangan ngebut - ngebut, tanpa diajarin dan disuruh mikir siapa aja yang dirugikan waktu kita ngebut... cuma dibilang "jangan ngebut, bahaya, nanti kamu mati" ... bukan "kalo kamu ngebut nanti gak cuma kamu yang mati tapi juga bisa matiin orang lain" kasarnya gitu.
Di jalanan pelanggar lalu lintas itu cuma 2 jenis : yang gak sayang nyawa sendiri dan gak sayang nyawa orang lain, yang sedihnya, dua entitas ini biasanya orang yang sama. Krn orang gak bisa hargai nyawanya sendiri apalagi hargai nyawa orang lain.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil
Pada dasarnya korelasi dengan pendidikan rendah bisa ya bisa tidak.. Tapi kita lihat orang tersebut tampil perlente seperti itu setidaknya pernah mengenyam bangku PT.. Yang jadi masalah adalah pendidikan di sekitarnya termasuk para orang tua pendamping mereka ataupun para pendamping saat menyetir..
Eh itu jangan sampai di salip, eh potong itu biar gak diambil etc, etc.. Itu pedidikan kurang baik yang akan terus menurun ke anak2 jaman sekarang bahkan nantinya kita bisa jadi yang menurunkan hal tersebut ke generasi selanjutnya..
Selain itu pemahaman kepemilikan SIM yang masih salah arah, ah penting punya SIM supaya tidak di tilang padahal esensi punya SIM itu juga pertanda kematangan mental bukan umur nya yang sudah cukup atau sudah bisa nyetir.. That's why I really restricted to somebody when try to buy their kid a vehicle such as bike or car (anda bisa lihat ada thread di SM yang saya sempat balas bahkan TS gak jawab pertanyaan saya padahal itu pertanyaan dasar)..
Selama penggunanya tidak tahu apa itu etika berkendara di jalan alias asal punya SIM.. Kejadian macam ini juga bakal berlanjut.
Bukan nya jadi tontonan bagus karena bisa lihat UFC, kita yang sudah dewasa bisa mencerna itu hal yang tidak wajar, tapi kalau yang kita bawa anak2 itu akan jadi tontonan yang gak bagus karena apapun yang anda katakan yang lebih terngiang di kepala mereka adalah hal yang pertama dilihat..
Eh itu jangan sampai di salip, eh potong itu biar gak diambil etc, etc.. Itu pedidikan kurang baik yang akan terus menurun ke anak2 jaman sekarang bahkan nantinya kita bisa jadi yang menurunkan hal tersebut ke generasi selanjutnya..
Selain itu pemahaman kepemilikan SIM yang masih salah arah, ah penting punya SIM supaya tidak di tilang padahal esensi punya SIM itu juga pertanda kematangan mental bukan umur nya yang sudah cukup atau sudah bisa nyetir.. That's why I really restricted to somebody when try to buy their kid a vehicle such as bike or car (anda bisa lihat ada thread di SM yang saya sempat balas bahkan TS gak jawab pertanyaan saya padahal itu pertanyaan dasar)..
Selama penggunanya tidak tahu apa itu etika berkendara di jalan alias asal punya SIM.. Kejadian macam ini juga bakal berlanjut.
Bukan nya jadi tontonan bagus karena bisa lihat UFC, kita yang sudah dewasa bisa mencerna itu hal yang tidak wajar, tapi kalau yang kita bawa anak2 itu akan jadi tontonan yang gak bagus karena apapun yang anda katakan yang lebih terngiang di kepala mereka adalah hal yang pertama dilihat..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil
mungkin karena sedari kecil sudah diajarin untuk berkompetisi, jadi orangnya pada gak mau ngalah



-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 131
- Joined: Thu Apr 27, 2017 14:43
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota
Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil
Sering banget ketemu driver yg suka tetap d lajur kanan tapi kecepatan 60-70km/jam dan depannya kosong.
Suka heran apa si yg dipikirkan pas nyetir, apa dikira cm dia yg punya mobil?
Lebih baik di jalur tengah kalo mau ecodriving shingga tdk menyulitkan pengguna jalan lainnya.
Apa mungkin krn indonesia iklim tropis jadi pengguna jalan gampang emosi karna panas.
Coba kali iklim subtropis dan lg musim salju.
Barangkali mau marah2 ga bs karna banget dinginnya .
Tetap waspada dan selalu hati2 di jalan
Suka heran apa si yg dipikirkan pas nyetir, apa dikira cm dia yg punya mobil?
Lebih baik di jalur tengah kalo mau ecodriving shingga tdk menyulitkan pengguna jalan lainnya.
Apa mungkin krn indonesia iklim tropis jadi pengguna jalan gampang emosi karna panas.
Coba kali iklim subtropis dan lg musim salju.
Barangkali mau marah2 ga bs karna banget dinginnya .
Tetap waspada dan selalu hati2 di jalan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 559
- Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04
Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil
Ya, nubie sering lakukan itu plus pakai lampu sign jika belok & pindah jalur, pengecualian di tol jalan kosong juga situasi pas cocok( kalo bisa krn makin kesini makin jarang lowongnya ) berusaha mentokin speedometer.Koddy wrote:Jujur saja bahwa di Indonesia, menaati peraturan = dianggap aneh = dianggap salah.
Mudah saja, pernahkah kita naik mobil misal dari rumah ke kantor dengan full di lajur yang benar? Pernahkah kita berjalan sesuai batas kecepatan yang ada?
Dalkot 50 km/h, ya jalan segitu, jangan cuma 30 atau malah 20.
Tol 80-100km/h, ya jalan segitu, dan sesuai lajur yang ada, jangan too slow dibawah 60 km/h dan ambil lajur tengah atau malah kanan....
Nubie selalu manfaatkan lampu sign u/ belok ganti jalur baik saat merayap maupun kecepatan normal, jujur menyebalkan liat roda 2 roda 4 makin kesini semakin jarang yg menyalakan sign & seenaknya pindah jalur, dulu sih selalu diklaksonin dgn ritme emosi tapi akhirnya sadar kl ga bisa atur org lain atur diri sendiri aja, jangan turutin gaya low level driver2 brengsek.
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Fri Mar 03, 2017 21:21
Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil
Mau share pengalaman saya waktu road trip eropa 2 taun lalu. Buat saya itu rasanya kaya di surga dibanding nyetir di jakarta. Yang sya inget di tol belgia-prancis, jalur pling kiri (pling kanan klo di indo) itu cuma digunakan untuk menyalip. Jadi kalo mau nyetir santai ya hanya di jlur tengah dan lambat. Tapi ada beberapa mobil yg stay di jalur cepat dgn jaga speed tinggi antara 140-160 kmh (trmasuk saya maklum mental indo blom hilang hahaha). Tapi ya mereka kalo lihat ada mobil lbh cepat di blakang pasti minggir ketengah, kadang tanpa harus di dim dulu. Satu lagi truk besar selalu ada jalur pling lambat, bahkan di slah satu tol ada jalur khusus truk yang biar macet, gak ada truk nyalip pakai jalur tengah(susah ni diterapin di indo). Yang gila si si itali, saya jalan 140 aj gak berani nahan di jalur cepat, pasti ada aja alfa romeo yg jalan diatas 160 hahaha. Mungkin mslah utama org indo tu harga diri yang kegedean. Kadang gak sadar klo ganggu org
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: Sun Apr 02, 2017 8:35
- Location: Bandung
Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil
Di russia walau dingin juga kacau om hahahahaAk01382 wrote: Tue Oct 31, 2017 16:57 Sering banget ketemu driver yg suka tetap d lajur kanan tapi kecepatan 60-70km/jam dan depannya kosong.
Suka heran apa si yg dipikirkan pas nyetir, apa dikira cm dia yg punya mobil?
Lebih baik di jalur tengah kalo mau ecodriving shingga tdk menyulitkan pengguna jalan lainnya.
Apa mungkin krn indonesia iklim tropis jadi pengguna jalan gampang emosi karna panas.
Coba kali iklim subtropis dan lg musim salju.
Barangkali mau marah2 ga bs karna banget dinginnya .
Tetap waspada dan selalu hati2 di jalan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1646
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil
Newbie nggak setuju bahwa dogma 'harus jadi nomor satu' bikin mental pengemudi ugal2an. Kyknya tampang dan perilaku pegemudi ugal2an tsb jauh deh dari posisi nomor 1 di sekolahnya dulu
Yg jadi masalah adalah mindset dan budaya untuk tertib di Indo. Dibandingkan negara2 lain, level tertib di Indo ini jauh sekali. Dan nggak cuma di jalan, tp hampir di setiap sektor kehidupan.

Yg jadi masalah adalah mindset dan budaya untuk tertib di Indo. Dibandingkan negara2 lain, level tertib di Indo ini jauh sekali. Dan nggak cuma di jalan, tp hampir di setiap sektor kehidupan.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 288
- Joined: Sun Oct 23, 2016 15:48
Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil
Kalau saya mencoba mencermati kondisi di jalanan indo, yg mayoritas pemotor pemula, atau pemobil yg kebanyakan waktunya pemotor pemula juga.
Mind set mereka masih "pejalan kaki". Motor adalah hanya alat bantu buat pindah dari point A ke point B.
Ndak ada aturan buat mereka.
Puter balik di no u turn sign.
Lawan arah dengan alasan lebih deket.
Pakai pedestrian buat lebih cepet menembus kemacetan.
Parkir se kena nya.
Jalan pelan di sisi kanan jalan.
Dst, dsb.
Karena bila ditanya, pemobil yg jalan pelan di fast lane, mereka bilang biasa pakai motor sehari2.
Jadi, mind set pejalan kaki, melekat pada tindakan mereka berkendara.
Bila dirujuk pada materi penerbitan SIM, saya setuju dengan pendapat2 diatas.
Masak materi ujian antara lain:
1. Berapa DB suara klakson.
2. Berapa tekanan ban dalam satuan PSI.
3. Sebutkan peralatan bantu yg harus tersedia di mobil.
4. What the hell bull [cencored] lainnya...
Pantas aja...
Karena ndak ada edukasi misalnya:
1. Memberikan jalan bagi kendaraan yg lebih cepat dari sisi kanan.
2. Malu kalau membuat traffic padat (terutama truck yg masa bodo frustasinya driver di belakangnya), malah di bak nya ditulis: Kalau mau cepat, berangkat lah kemaren...
3. Malu melanggar rambu2 dijalan.
Dst dsb.
Kesimpulannya:
Semua diawali ketidak-cakapan penyelenggara negara dalam memberikan layanan bagi warganya, dalam segala bidang.
Tapi sekali lagi...
Apalah arti suara kita, inilah Indonesia.
Bila mau menikmati hidup disini, ber kompromi lah dengan keadaan disini, tapi jangan ikut menjadi sumber masalah itu.
Sorry OOT.
Mind set mereka masih "pejalan kaki". Motor adalah hanya alat bantu buat pindah dari point A ke point B.
Ndak ada aturan buat mereka.
Puter balik di no u turn sign.
Lawan arah dengan alasan lebih deket.
Pakai pedestrian buat lebih cepet menembus kemacetan.
Parkir se kena nya.
Jalan pelan di sisi kanan jalan.
Dst, dsb.
Karena bila ditanya, pemobil yg jalan pelan di fast lane, mereka bilang biasa pakai motor sehari2.
Jadi, mind set pejalan kaki, melekat pada tindakan mereka berkendara.
Bila dirujuk pada materi penerbitan SIM, saya setuju dengan pendapat2 diatas.
Masak materi ujian antara lain:
1. Berapa DB suara klakson.
2. Berapa tekanan ban dalam satuan PSI.
3. Sebutkan peralatan bantu yg harus tersedia di mobil.
4. What the hell bull [cencored] lainnya...
Pantas aja...
Karena ndak ada edukasi misalnya:
1. Memberikan jalan bagi kendaraan yg lebih cepat dari sisi kanan.
2. Malu kalau membuat traffic padat (terutama truck yg masa bodo frustasinya driver di belakangnya), malah di bak nya ditulis: Kalau mau cepat, berangkat lah kemaren...
3. Malu melanggar rambu2 dijalan.
Dst dsb.
Kesimpulannya:
Semua diawali ketidak-cakapan penyelenggara negara dalam memberikan layanan bagi warganya, dalam segala bidang.
Tapi sekali lagi...
Apalah arti suara kita, inilah Indonesia.
Bila mau menikmati hidup disini, ber kompromi lah dengan keadaan disini, tapi jangan ikut menjadi sumber masalah itu.
Sorry OOT.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 171
- Joined: Sun Mar 05, 2017 7:05
- Location: Bandung
Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil
Opinion saya banyak orang yg ngga mampu secara financial buat kredit mobil tapi dipaksakan ambil mobil akhirnya malah Stress bayar cicilan dan stress nya itu kebawa bawa ke jalanan 
Kemudian memang benar kayaknya karena begitu mudahnya dapat SIM di Indonesia.. Bayar sekian kelar.. Skill mungkin sudah pada menguasai tapi attitude di jalanan belom bisa dinilai... Ya itulah resiko nya kalo SIM nya Gampang
Karena Sy orang usaha.. Sy kalo kluar rumah buat urusan kerjaan Sy atur waktu pas bukan jam sibuk.. Enak bisa nikmati jalanan lengang
Kalo pas jam sibuk wah memang semrawut deh terutama angkot nya itu loh bandung wkwkkw...

Kemudian memang benar kayaknya karena begitu mudahnya dapat SIM di Indonesia.. Bayar sekian kelar.. Skill mungkin sudah pada menguasai tapi attitude di jalanan belom bisa dinilai... Ya itulah resiko nya kalo SIM nya Gampang
Karena Sy orang usaha.. Sy kalo kluar rumah buat urusan kerjaan Sy atur waktu pas bukan jam sibuk.. Enak bisa nikmati jalanan lengang

Kalo pas jam sibuk wah memang semrawut deh terutama angkot nya itu loh bandung wkwkkw...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil
Maaf saya newbie mau ikutan koment. Saya SIM dapat setelah kursus mengemudi, kalo saya nyetir cari aman ajalah. Pepatah Minang, urang sampai awak tibo. Biarlah lambat sedikit yang penting selamat. Orang lari 80 kpj biarlah awak 60 kpj.

. Orang nglakson / ngedim kalo memungkinkan ya awak kasih jalan, positif thingking aja mana tahu dia lagi kepepet / buru-buru
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 374
- Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: GNA G 1300 AT
Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil
Mungkin ini efek nyata dari lebih lajunya isi dompet ketimbang isi kepala.
Sudah kondisi begitu, skill tidak punya, pengetahuan aturan lalu lintas nol besar. Hancur sudah jalanan Jakarta.
Kalo sepeda motor parkir ngawur saat mampir warung sih udah biasa lah ya. Nah kemaren sore ada Brio di depan saya berhenti di depan warung bakso, turun dari mobil...kunci pintu. Padahal jalanan sempit sekali. Hasilnya saya sama mobil dari arah depan yang kerepotan.
Pernah juga liat orang bungkus nasi padang, tapi mobilnya ya udah berhenti aja di jalan sempit itu. Ga nyari parkir atau apa, cuma pasang hazard.
Sudah kondisi begitu, skill tidak punya, pengetahuan aturan lalu lintas nol besar. Hancur sudah jalanan Jakarta.
Kalo sepeda motor parkir ngawur saat mampir warung sih udah biasa lah ya. Nah kemaren sore ada Brio di depan saya berhenti di depan warung bakso, turun dari mobil...kunci pintu. Padahal jalanan sempit sekali. Hasilnya saya sama mobil dari arah depan yang kerepotan.
Pernah juga liat orang bungkus nasi padang, tapi mobilnya ya udah berhenti aja di jalan sempit itu. Ga nyari parkir atau apa, cuma pasang hazard.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11779
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil
Bukan cuma latar blkg pendidikan tp sdh terlalu banyak orang ..... kepadatan pasti menghasilkan chaos
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Mon Jul 03, 2017 5:47
Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil
Kendaraan bertambah jalan ga bertambah jadinya macet. Di atm atau minimarket ga bisa antri apalagi dijalan. Orang indonesia pada umumnya ga sabaran.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil
Point yg di highlight di thread ini, menurut saya bukan cepat atau lambatnya berkendara.. tapi awareness akan pemakaian lajur yg tepat.supriyadi wrote: Tue Oct 31, 2017 19:47 Maaf saya newbie mau ikutan koment. Saya SIM dapat setelah kursus mengemudi, kalo saya nyetir cari aman ajalah. Pepatah Minang, urang sampai awak tibo. Biarlah lambat sedikit yang penting selamat. Orang lari 80 kpj biarlah awak 60 kpj.. Orang nglakson / ngedim kalo memungkinkan ya awak kasih jalan, positif thingking aja mana tahu dia lagi kepepet / buru-buru
Misal kecepatan cruising (60-80) ya di lajur kedua (tengah).. saya juga hobinya cruising kok om, speed 70an.. tapi di lajur yg tepat biar ga ganggu orang.
Kadang emang banyak orang kebelet pup atau lupa pup dijalan.. sing waras ngalah’ae lah kita hahaha
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Perilaku pengemudi di Indonesia dan korelasinya dengan pendidikan masa kecil
btw om ts, itu kan ngambil contoh di jepang. saya malah penasaran, jika org jepang mengendarai mobil disini selama 1-2 tahun saja (jakarta misalnya), apakah sikap di jepang itu akan tetap bertahan..??