Serba Serbi Busi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sat Mar 04, 2017 14:23
Re: Serba Serbi Busi
Salam, saya mau tanya, barangkali ada yang bisa bantu jawab disini. Ceritanya tadi bawa City VTEC ke bengkel buat ganti busi, busi standarnya NGK ZFR6K11. Terus kata orang bengkelnya barangnya kosong, ditawarin pake Denso K20PR-U11, langsung ane iyain aja. Stlh googling ternyata itu denso equivalentnya sama NGK BKR6E11 standarnya i-DSI punya. Kira2 aman gak ya pake itu busi? Atau lebih baik ganti pake yg standar VTECnya aja? Terima kasih
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11865
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Serba Serbi Busi
Hellkaiser wrote: Tue Sep 26, 2017 11:17 Salam, saya mau tanya, barangkali ada yang bisa bantu jawab disini. Ceritanya tadi bawa City VTEC ke bengkel buat ganti busi, busi standarnya NGK ZFR6K11. Terus kata orang bengkelnya barangnya kosong, ditawarin pake Denso K20PR-U11, langsung ane iyain aja. Stlh googling ternyata itu denso equivalentnya sama NGK BKR6E11 standarnya i-DSI punya. Kira2 aman gak ya pake itu busi? Atau lebih baik ganti pake yg standar VTECnya aja? Terima kasih
nggak masalah. sama-sama ada resistor dan nilai panasnya sama.
angka 6 di NGK sama dengan angka 20 di denso.
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sat Mar 04, 2017 14:23
Re: Serba Serbi Busi
Oh gitu ya hu. Yg penting nilai panas sama gapnya sama aja ya. Soalnya kemaren ragu, kalo sama kenapa dibikin 2 macem 1 buat idsi 1 buat vtec. Terima kasih atas pencerahannya suhu marmut.marmut wrote: Sat Sep 30, 2017 10:12Hellkaiser wrote: Tue Sep 26, 2017 11:17 Salam, saya mau tanya, barangkali ada yang bisa bantu jawab disini. Ceritanya tadi bawa City VTEC ke bengkel buat ganti busi, busi standarnya NGK ZFR6K11. Terus kata orang bengkelnya barangnya kosong, ditawarin pake Denso K20PR-U11, langsung ane iyain aja. Stlh googling ternyata itu denso equivalentnya sama NGK BKR6E11 standarnya i-DSI punya. Kira2 aman gak ya pake itu busi? Atau lebih baik ganti pake yg standar VTECnya aja? Terima kasih
nggak masalah. sama-sama ada resistor dan nilai panasnya sama.
angka 6 di NGK sama dengan angka 20 di denso.

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 291
- Joined: Mon Nov 19, 2012 6:45
Re: Serba Serbi Busi
salam.,
Mau tanya Om sesepuh2 .
busi standar saya ngk FR6F-11K , bisa pakai ngk iridium IZFR6K-11 ?
Mohon masukkan nya .
Trima kasi
Mau tanya Om sesepuh2 .
busi standar saya ngk FR6F-11K , bisa pakai ngk iridium IZFR6K-11 ?
Mohon masukkan nya .
Trima kasi
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Sat Dec 02, 2017 11:37
- Location: BTH-CGK
- Daily Vehicle: Veloz 3SZ-VE Brio L12
Re: Serba Serbi Busi
Veloz 3SZ ku pake Busi NGK Iridium yg Heat Range 7 kyknya...padahal pake Pertalite aja...ganti pas mobil masih baru (umur masih 1 tahunan dan 6ribuan Kilometer)....itu harus disetel lgi ga sih gap nya? Tkutnya malah harus disetel...soalny pnya ane cmn gnti aja ga di setel apa2...dan feel nya mesin nya ga ad perubahan yg signifikan deh kyknya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Serba Serbi Busi
Mau tanya, disini ada yg pakai Denso Iridium Power gk?
Nah iseng2 td buka website Denso waktu cari busi livina, ngebaca kalau busi Denso Iridium Power itu lifespan nya hanya 15.000-20.000 km saja.

Saya ud pakai Denso Iridium Power IK20 di SX4 (kondisi ud jalan 36rb dan 3 tahun an pakai busi tsb) tp blm ada gejala busi nya bermasalah.
Bagaimana menurut om om disini? Mungkin ada jg yg lagi/pernah pakai busi Denso Iridium Power yg lebih lama dari saya jam terbang nya?
Nah iseng2 td buka website Denso waktu cari busi livina, ngebaca kalau busi Denso Iridium Power itu lifespan nya hanya 15.000-20.000 km saja.

Saya ud pakai Denso Iridium Power IK20 di SX4 (kondisi ud jalan 36rb dan 3 tahun an pakai busi tsb) tp blm ada gejala busi nya bermasalah.
Bagaimana menurut om om disini? Mungkin ada jg yg lagi/pernah pakai busi Denso Iridium Power yg lebih lama dari saya jam terbang nya?
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11865
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Serba Serbi Busi
diperiksa aja gap-nya. kalau terlalu renggang, tinggal dirapetin.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Serba Serbi Busi
Bkn nya busi iridium gk boleh di otak atik celah nya?
Maklum kurang begitu ngerti ttg busi ane..
CMIIW
Maklum kurang begitu ngerti ttg busi ane..
CMIIW
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11865
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Serba Serbi Busi
boleh. asal ekstra hati-hati karena elektroda tengahnya rentan patah.
kalau lifespan, saya kurang paham.
kalau lifespan, saya kurang paham.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4359
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Serba Serbi Busi
saya baru tahu iridium power itu umur pakainya lebih pendek dari iridium biasa. dan baru tahu juga ada namanya iridium biasa, karena biasanya kalau lihat2 yang dijual itu biasanya iridium power. malah kalau yang julan sering bilang: denso iridium itu untuk performance, ngk iridium itu untuk lifetime.arfs wrote: Wed May 30, 2018 10:47 Saya ud pakai Denso Iridium Power IK20 di SX4 (kondisi ud jalan 36rb dan 3 tahun an pakai busi tsb) tp blm ada gejala busi nya bermasalah.
Bagaimana menurut om om disini? Mungkin ada jg yg lagi/pernah pakai busi Denso Iridium Power yg lebih lama dari saya jam terbang nya?
kalau saya, kalau memang gampang diakses ya dibuka dan dicek saja, memang susah si ngelihat itu iridium habisnya gimana. karena memang itu kecil banget elektrodanya. jadi mesti dibandingkan dengan yang barunya. kalau sulit diaksesnya ya pake terus saja sampe nanti ngaco

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 124
- Joined: Wed Apr 18, 2018 14:05
- Location: Jakarta
Re: Serba Serbi Busi
hampir senasib kasusnya nih , saya pake hrv 1.5 kode busi bawaannya ZFR6FIX Kalau ga salahHellkaiser wrote: Tue Sep 26, 2017 11:17 Salam, saya mau tanya, barangkali ada yang bisa bantu jawab disini. Ceritanya tadi bawa City VTEC ke bengkel buat ganti busi, busi standarnya NGK ZFR6K11. Terus kata orang bengkelnya barangnya kosong, ditawarin pake Denso K20PR-U11, langsung ane iyain aja. Stlh googling ternyata itu denso equivalentnya sama NGK BKR6E11 standarnya i-DSI punya. Kira2 aman gak ya pake itu busi? Atau lebih baik ganti pake yg standar VTECnya aja? Terima kasih
diganti ke busi ngk iridium BKR6EIX
itu gimana ya? aman atau tidak ya?
Cars more than just a tools to some 

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Thu Aug 09, 2018 0:36
- Location: Jkt-Tgr
- Daily Vehicle: Ipah
Re: Serba Serbi Busi
Misi suhu,
Ada yg pernah pake busi Brisk Super A-Line ?
Bagus mana ya sama Denso Iridium Power ?
Beda nya apa ?
Makasih.
Ada yg pernah pake busi Brisk Super A-Line ?
Bagus mana ya sama Denso Iridium Power ?
Beda nya apa ?
Makasih.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 84
- Joined: Sun Dec 13, 2015 14:40
Re: Serba Serbi Busi
iya nih..sya penasaran juga..blm dpet review yg bener2 lengkap...Windsnow wrote: Thu Aug 09, 2018 0:38 Misi suhu,
Ada yg pernah pake busi Brisk Super A-Line ?
Bagus mana ya sama Denso Iridium Power ?
Beda nya apa ?
Makasih.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Serba Serbi Busi
Walaupun bukan pake A-Line, saya pakai Brisk yang Premium Evo. Boleh sumbang review mengenai ni merk? Marketing gimmicknya pada seller sih....increase HP with dyno proven. Bisa minta ke sellernya buat hasil dyno-nya. Real life sih.....terasa seperti baru ganti busi aja. Butt-o-meter (dengan sangat2 amat dirasa) mengatakan hanya saat high speed aja baru terasa beda, 100-140 terasa lebih enteng aja (sekali lagi ini super subjektif ya) dibandingkan OEM pabrikan.nekosaiyajin wrote: Mon Aug 13, 2018 4:16
iya nih..sya penasaran juga..blm dpet review yg bener2 lengkap...

-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Wed Jun 13, 2018 14:47
- Location: Jakarta Selatan
- Daily Vehicle: Lexus RX330
Re: Serba Serbi Busi
Beda tipe sih bos. Kalo busi BRISK A-line itu terbuat dari bahan copper sedangkan iridium ya bahan iridium. Iridium sih fungsinya untuk tahan lama sedangkan copper bagus untuk performa sehingga pembakaran justru meningkat.Windsnow wrote: Thu Aug 09, 2018 0:38 Misi suhu,
Ada yg pernah pake busi Brisk Super A-Line ?
Bagus mana ya sama Denso Iridium Power ?
Beda nya apa ?
Makasih.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07
Re: Serba Serbi Busi
ZFR6FIX & BKR6EIX sama2 busi iridium.Carbro wrote: Fri Jun 29, 2018 5:39hampir senasib kasusnya nih , saya pake hrv 1.5 kode busi bawaannya ZFR6FIX Kalau ga salahHellkaiser wrote: Tue Sep 26, 2017 11:17 Salam, saya mau tanya, barangkali ada yang bisa bantu jawab disini. Ceritanya tadi bawa City VTEC ke bengkel buat ganti busi, busi standarnya NGK ZFR6K11. Terus kata orang bengkelnya barangnya kosong, ditawarin pake Denso K20PR-U11, langsung ane iyain aja. Stlh googling ternyata itu denso equivalentnya sama NGK BKR6E11 standarnya i-DSI punya. Kira2 aman gak ya pake itu busi? Atau lebih baik ganti pake yg standar VTECnya aja? Terima kasih
diganti ke busi ngk iridium BKR6EIX
itu gimana ya? aman atau tidak ya?
Heat range sama, diameter thread dan panjangnya juga sama.
Bedanya cuma di panjang center electrode.
ZFR series lebih panjang.
Kalau mesin yg standarnya pakai ZFR series diganti ke BKR series relatif aman.
Paling rasio kompresi jadi turun dikit, ntah bakal signifikan efeknya atau gak signifikan.
Yg patut diwaspadai kalau standarnya pakai BKR series tapi diganti pakai ZFR series.
Kuatirnya electrodenya kepentok piston
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 49
- Joined: Sun Mar 18, 2018 4:14
- Location: jatim
- Daily Vehicle: mobilio - agya - sienta - civic vtis
Re: Serba Serbi Busi
Salam...veloz dual vvti businya pake denso sc16hr11...kira2 bisa diganti ngk ato denso type apa ya...soalnya di beres harganya lumayan mahal..trims
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Fri Aug 10, 2018 3:54
- Location: Jakarta Selatan
- Daily Vehicle: Soon
Re: Serba Serbi Busi
Ada yg pernah coba Denso Iridium TOUGH ? ini benar busi lifetime ?
cocok gk untuk mobil harian standar
harga satuan sih sekitar 180k kurang lebih
cocok gk untuk mobil harian standar
harga satuan sih sekitar 180k kurang lebih
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 100
- Joined: Fri Jan 05, 2018 12:35
Re: Serba Serbi Busi
Ums subes, kalo pemilihan heat range busi itu dipengaruhi sama kondisi temperatur lingkungan juga nggak ya?
Misal, kalo di daerah pesisir boleh pake busi yang 1 tingkat lebih dingin dari standard nya, demikian juga kalo di daerah pegunungan boleh pake 1 tingkat lebih panas dari standar nya tidak?
Ini buat motor yang belum pake radiator, kondisi masih standard ting ting..
Misal, kalo di daerah pesisir boleh pake busi yang 1 tingkat lebih dingin dari standard nya, demikian juga kalo di daerah pegunungan boleh pake 1 tingkat lebih panas dari standar nya tidak?
Ini buat motor yang belum pake radiator, kondisi masih standard ting ting..
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27641
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Serba Serbi Busi
Udah om, stelah didiemin 2 taon, kmaren kumpulin niat, tekat ama nyali.. hasilnya..tuh si busi laknat, aneh bsa ampe karatan sendiri ama gosong gt Dihentak2 ga bsa lgs kebuka, tp muter dikit2 maju mundur..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11865
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Serba Serbi Busi
DOHC wrote: Sat Jan 19, 2019 22:25
Udah om, stelah didiemin 2 taon, kmaren kumpulin niat, tekat ama nyali.. hasilnya..tuh si busi laknat, aneh bsa ampe karatan sendiri ama gosong gt IMG-20190111-WA0007.jpg
Dihentak2 ga bsa lgs kebuka, tp muter dikit2 maju mundur..
wah, musti bikin bubur merah putih slametan.....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 100
- Joined: Fri Jan 05, 2018 12:35
Re: Serba Serbi Busi
Emang mau ganti nama?marmut wrote:DOHC wrote: Sat Jan 19, 2019 22:25
Udah om, stelah didiemin 2 taon, kmaren kumpulin niat, tekat ama nyali.. hasilnya..tuh si busi laknat, aneh bsa ampe karatan sendiri ama gosong gt IMG-20190111-WA0007.jpg
Dihentak2 ga bsa lgs kebuka, tp muter dikit2 maju mundur..
wah, musti bikin bubur merah putih slametan.....
Wkwkwkwkwk
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27641
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Serba Serbi Busi
Ud ga sanggup bkin bubur nya lg, saking pegel nya ini pundak ama punggung.. buka 1 busi laknat ampir satu stengah jem ngebungkuk..marmut wrote: Sun Jan 20, 2019 1:46DOHC wrote: Sat Jan 19, 2019 22:25
Udah om, stelah didiemin 2 taon, kmaren kumpulin niat, tekat ama nyali.. hasilnya..tuh si busi laknat, aneh bsa ampe karatan sendiri ama gosong gt IMG-20190111-WA0007.jpg
Dihentak2 ga bsa lgs kebuka, tp muter dikit2 maju mundur..
wah, musti bikin bubur merah putih slametan.....
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Serba Serbi Busi
salah kunci busi kali?
the right tools on the right job.
the right man on the right job.
the right tools on the right job.
the right man on the right job.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11865
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Serba Serbi Busi
DOHC wrote: Sun Jan 20, 2019 7:22
Ud ga sanggup bkin bubur nya lg, saking pegel nya ini pundak ama punggung.. buka 1 busi laknat ampir satu stengah jem ngebungkuk..

sedari awal 2017 ampe sekarang awal 2019 itu busi betah banget nempel di mesin. masih untung kaga mati......
saya ngalamin busi lengket gamau kebuka ampe 2 hari baru kebuka, jaman masih pake putih abu-abu. wd40 habis hampir sekaleng saking jengkelnya.