Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
josomba wrote: Thu Oct 26, 2017 4:17
Hmm kenapa ya mesin L-series ini. Saya pun juga ganti seal crankshaft dan input CVT, tapi setelah 78K dan udah lewat 3 tahun. Harga seal sih 300 ribuan untuk kedua jenis sealnya, tapi harga jasanya 1,135 juta dong. Makjang dah.
Anyway adakah yang mengalami bunyi klok/klek/deg saat abis gas? Sudah ada solusi paten kah selain greasing ulang CV Joint atau driveshaftnya? Nanya ke 2 BeRes semua jawabnya bunyi itu normal (karena ga terus2an juga, biasa di tanjakan atau abis rem mendadak), bawa ke bengkel spesialis honda dibilang biasa ngalamin itu HRV dan setelah ganti driveshaft jadi normal. Apa bener harus ganti?
Saya mulai kerasa om.. waktu abis tancap gas dari berhenti, terus lepas gas, bunyi duk dr dpn bawah (mode akselerasi pindah ke mode engine break),
sama kalau rem mendadak, pas hampir berhenti bunyi duk.. sempet kaget juga, saya pikir nabrak mobil depan.
Yonatanw wrote: Tue Oct 24, 2017 12:53
Om piko, di mobilio keluaran 2017 apa masih ada speed limit? Kemarin saya naik uber dapat brio RS, drivernya bilang ga ada limiter, sampe 160 masih naik.
Trims
Waduh masih blm 100km om, ini kan rencana jangka panjang. Abis 1000 lah mukn. Rencana cm pgn lepas speed limit, sama tenaga samajn BRV. Toh L15 sewajarnya 120 di
Atas kertas kan
om @osbert dan @yonatan ; mengalami juga ternyata ya. Semoga ga makin parah deh ya. Saya udah cek kaki2, arm, shock dll pada normal soalnya. Kalo dari transmisi both BeRes dan bengkel spesialis honda bilang ga mungkin, pasti suaranya terus menerus atau laju kendaraan agak aneh atau pun juga pindah dari N ke R misalkan, bisa bunyi keras.
Kalau yang saya alami adalah :
1. Habis akselerasi, gas dilepas masih belum bunyi.
2. Tidak sampai 1 detik kita gas lagi untuk overtake mobil ... nah ada bunyi deg ...
Profith83 wrote:Kalau yang saya alami adalah :
1. Habis akselerasi, gas dilepas masih belum bunyi.
2. Tidak sampai 1 detik kita gas lagi untuk overtake mobil ... nah ada bunyi deg ...
Tiap kali begitu selalu bunyi ... kenapa yah?
Om profith.. kasus rembes tempo hr gmn kelanjutannya?
josomba wrote:Hmm kenapa ya mesin L-series ini. Saya pun juga ganti seal crankshaft dan input CVT, tapi setelah 78K dan udah lewat 3 tahun. Harga seal sih 300 ribuan untuk kedua jenis sealnya, tapi harga jasanya 1,135 juta dong. Makjang dah.
Anyway adakah yang mengalami bunyi klok/klek/deg saat abis gas? Sudah ada solusi paten kah selain greasing ulang CV Joint atau driveshaftnya? Nanya ke 2 BeRes semua jawabnya bunyi itu normal (karena ga terus2an juga, biasa di tanjakan atau abis rem mendadak), bawa ke bengkel spesialis honda dibilang biasa ngalamin itu HRV dan setelah ganti driveshaft jadi normal. Apa bener harus ganti?
Sy pernah di brio drive shaft & cv joint di grease ulang. Tetep aja ngga ada perubahan. Bedanya di brio mt sy bunyinya grek grek grek. Ada yg bilang kena shyncromesh nya, tp sy blm cek ke beres lg. Memang agak ghoib kualitas logo H skrg ini.
Profith83 wrote: Thu Oct 26, 2017 8:05
Kalau yang saya alami adalah :
1. Habis akselerasi, gas dilepas masih belum bunyi.
2. Tidak sampai 1 detik kita gas lagi untuk overtake mobil ... nah ada bunyi deg ...
Tiap kali begitu selalu bunyi ... kenapa yah?
Bunyi deg kira2 sumbernya dari mana kalau posisi driver om? gak pernah perhatiin juga mobilio saya, kayaknya musti ngolong jg cek ada rembesan tida.
Kendala yang ada pny saya sampai saat ini hny bunyi di bagian belakang pas turun dari polisi tidur kalau gak pelan2. terus berasa lewatin jalan gak rata atau lubang mulai row 2 dan 3 goncangannya dahsyat, tapi blm sempat bawa ke bengkel spesialis kaki2 untuk cek.
Profith83 wrote: Thu Oct 26, 2017 8:05
Kalau yang saya alami adalah :
1. Habis akselerasi, gas dilepas masih belum bunyi.
2. Tidak sampai 1 detik kita gas lagi untuk overtake mobil ... nah ada bunyi deg ...
Tiap kali begitu selalu bunyi ... kenapa yah?
Nah ini persis yang saya alami om dengan kondisi yang om sebut. Tambahan lagi kalo abis lewat polisi tidur belum mendarat ban belakang lalu saya gas, maka akan dug juga.
@akbrn; wah ga ada perubahan ya... sepertinya harus lapang dada nih terima ada bunyi clunking kek gini.
Profith83 wrote: Thu Oct 26, 2017 8:05
Kalau yang saya alami adalah :
1. Habis akselerasi, gas dilepas masih belum bunyi.
2. Tidak sampai 1 detik kita gas lagi untuk overtake mobil ... nah ada bunyi deg ...
Tiap kali begitu selalu bunyi ... kenapa yah?
Nah ini persis yang saya alami om dengan kondisi yang om sebut. Tambahan lagi kalo abis lewat polisi tidur belum mendarat ban belakang lalu saya gas, maka akan dug juga.
@akbrn; wah ga ada perubahan ya... sepertinya harus lapang dada nih terima ada bunyi clunking kek gini.
Iya sama sekali ngga ada improve dr kondisi sebelum di tambah grease.
Haha, jgn diterima dgn lapang dada jg, takutnya defect ke komponen yg lain. Kl masih garansi coba cari2 info beres di kota tempat tinggal skrg, yg pelayanan claim garansi nya mudah & kl pun hrs indent spare part datangnya cepat.
Tp hrs ngorbanin wkt minimal seharian, buat diobservasi dulu sumber bunyi2an nya. Kl pihak beres nawarin grease ulang, tolak aja. Terus minta ganti unit parts yg mengalami defect dgn parts yg baru. Lalu bilang ke SA nya, di grup jg ada yg pernah ditambah grease nya, tp ngga ada efek apa2.
Kl bisa bawa bukti2 statement dari berbagai forum & grup yg usernya mengalami kejadian serupa.
Profith83 wrote: Thu Oct 26, 2017 8:05
Kalau yang saya alami adalah :
1. Habis akselerasi, gas dilepas masih belum bunyi.
2. Tidak sampai 1 detik kita gas lagi untuk overtake mobil ... nah ada bunyi deg ...
Tiap kali begitu selalu bunyi ... kenapa yah?
Nah ini persis yang saya alami om dengan kondisi yang om sebut. Tambahan lagi kalo abis lewat polisi tidur belum mendarat ban belakang lalu saya gas, maka akan dug juga.
@akbrn; wah ga ada perubahan ya... sepertinya harus lapang dada nih terima ada bunyi clunking kek gini.
Iya sama sekali ngga ada improve dr kondisi sebelum di tambah grease.
Haha, jgn diterima dgn lapang dada jg, takutnya defect ke komponen yg lain. Kl masih garansi coba cari2 info beres di kota tempat tinggal skrg, yg pelayanan claim garansi nya mudah & kl pun hrs indent spare part datangnya cepat.
Tp hrs ngorbanin wkt minimal seharian, buat diobservasi dulu sumber bunyi2an nya. Kl pihak beres nawarin grease ulang, tolak aja. Terus minta ganti unit parts yg mengalami defect dgn parts yg baru. Lalu bilang ke SA nya, di grup jg ada yg pernah ditambah grease nya, tp ngga ada efek apa2.
Kl bisa bawa bukti2 statement dari berbagai forum & grup yg usernya mengalami kejadian serupa.
Mengenai takut defect merembet iya sih pak, tapi saya sudah bawa ke Union Serpong dan Trimegah, dua2nya bilang bunyi "normal". Garansi sudah kelar om, udah lewat 3 tahun. hehe. Nanya ke toko sparepart honda, driveshaft kiri saja kena 3.5 juta, kalo sepasang jadi 7. Btw, driveshaft bukannya part 1 assy gitu ya, baru tau kiri-kanan.
Profith83 wrote:Kalau yang saya alami adalah :
1. Habis akselerasi, gas dilepas masih belum bunyi.
2. Tidak sampai 1 detik kita gas lagi untuk overtake mobil ... nah ada bunyi deg ...
Tiap kali begitu selalu bunyi ... kenapa yah?
Om profith.. kasus rembes tempo hr gmn kelanjutannya?
Sudah solve om... gak rembes lagi...
Padahal saya tidak pernah mau engine cleaning (masukkan cairan di mesin untuk membersihkan sisa sisa oli)
josomba wrote:
Nah ini persis yang saya alami om dengan kondisi yang om sebut. Tambahan lagi kalo abis lewat polisi tidur belum mendarat ban belakang lalu saya gas, maka akan dug juga.
@akbrn; wah ga ada perubahan ya... sepertinya harus lapang dada nih terima ada bunyi clunking kek gini.
Iya sama sekali ngga ada improve dr kondisi sebelum di tambah grease.
Haha, jgn diterima dgn lapang dada jg, takutnya defect ke komponen yg lain. Kl masih garansi coba cari2 info beres di kota tempat tinggal skrg, yg pelayanan claim garansi nya mudah & kl pun hrs indent spare part datangnya cepat.
Tp hrs ngorbanin wkt minimal seharian, buat diobservasi dulu sumber bunyi2an nya. Kl pihak beres nawarin grease ulang, tolak aja. Terus minta ganti unit parts yg mengalami defect dgn parts yg baru. Lalu bilang ke SA nya, di grup jg ada yg pernah ditambah grease nya, tp ngga ada efek apa2.
Kl bisa bawa bukti2 statement dari berbagai forum & grup yg usernya mengalami kejadian serupa.
Mengenai takut defect merembet iya sih pak, tapi saya sudah bawa ke Union Serpong dan Trimegah, dua2nya bilang bunyi "normal". Garansi sudah kelar om, udah lewat 3 tahun. hehe. Nanya ke toko sparepart honda, driveshaft kiri saja kena 3.5 juta, kalo sepasang jadi 7. Btw, driveshaft bukannya part 1 assy gitu ya, baru tau kiri-kanan.
Memang efeknya ngga akan terasa lsg, mungkin kl pemakaian longterm baru terasa efek dr bunyi2an itu.
Selalu aja oleh SA di beberapa beres bunyi2an dibilang "normal". Malah sy dulu pernah iseng bilang ke SA mau upgrade ke H**, dan SA nya bilang "jgn kaget ya mas kl ada bunyi2an di kaki2 sama di rem blkg, karena itu bunyi rem elektrik". Pulang dr beres sy lsg ketawa2 sendiri
Sy curiganya, jangan2 bunyi nya makin keras pas garansi nya habis. Untuk parts nya lumayan tinggi harganya ya. Dan biasanya sy kl belanja parts honda, terkadang suka beda harga untuk bagian kanan dan kiri. Hahaha
Profith83 wrote:Kalau yang saya alami adalah :
1. Habis akselerasi, gas dilepas masih belum bunyi.
2. Tidak sampai 1 detik kita gas lagi untuk overtake mobil ... nah ada bunyi deg ...
Tiap kali begitu selalu bunyi ... kenapa yah?
Om profith.. kasus rembes tempo hr gmn kelanjutannya?
Sudah solve om... gak rembes lagi...
Padahal saya tidak pernah mau engine cleaning (masukkan cairan di mesin untuk membersihkan sisa sisa oli)
Om profith betulin di beres / bengkel biasa? Habis berapa om kalau boleh tau? Saya khawatirnya warranty saya uda ngga jalan, soalnya sejak km 30k uda ga pernah servis dan ganti oli di beres lagi..
Trims om profith
Yonatanw wrote: Fri Oct 27, 2017 5:51
Om profith betulin di beres / bengkel biasa? Habis berapa om kalau boleh tau? Saya khawatirnya warranty saya uda ngga jalan, soalnya sejak km 30k uda ga pernah servis dan ganti oli di beres lagi..
Trims om profith
Om, saya yang lalu nanya perbocoran via PM (pun juga nanya ke om profith). Saya bawa ke beres kena 1.3an juta. Seal2nya sendiri 250 ribuan, tapi biaya turun transmisi dll kena 1,135 juta.
Yonatanw wrote: Fri Oct 27, 2017 5:51
Om profith betulin di beres / bengkel biasa? Habis berapa om kalau boleh tau? Saya khawatirnya warranty saya uda ngga jalan, soalnya sejak km 30k uda ga pernah servis dan ganti oli di beres lagi..
Trims om profith
Om, saya yang lalu nanya perbocoran via PM (pun juga nanya ke om profith). Saya bawa ke beres kena 1.3an juta. Seal2nya sendiri 250 ribuan, tapi biaya turun transmisi dll kena 1,135 juta.
vp920b wrote: Fri Oct 27, 2017 13:03
Nanya dong, mobilio itu menurut buku service pke busi biasa apa iridium apa platinum?
Thanks
busi standar alias copper ---> berdasarkan buku manual 2014 ya. Ganti tahun ada item yang berubah juga soalnya si mobilio ini semacem pergantian oli cvt kalo di buku 2014 setiap 40k KM tapi di buku 2016 udah tertulis setiap 120k KM. warbyasah bedanya jauh sekali
vp920b wrote: Fri Oct 27, 2017 13:03
Nanya dong, mobilio itu menurut buku service pke busi biasa apa iridium apa platinum?
Thanks
busi standar alias copper ---> berdasarkan buku manual 2014 ya. Ganti tahun ada item yang berubah juga soalnya si mobilio ini semacem pergantian oli cvt kalo di buku 2014 setiap 40k KM tapi di buku 2016 udah tertulis setiap 120k KM. warbyasah bedanya jauh sekali
kalau oli mesin saya pakai 10,000 KM atau 6-7 bulan yang 5W-30. Kalau tiap 5000 KM cuma 3 bulan.
CVT sebaiknya tiap 20,000 KM. Di buku setahu saya tiap 40,000 KM.
Oh iya kemarin mobil dipakai hari sabtu dari Mayjend Sungkono ke Klapmis bunyi klonteng 2x. Seperti besi beradu.
Buyinya tidak spesifik karena apa.
Coba gas kadang bunyi kadang tidak
Coba rem kadang bunyi kadang tidak
Coba belok setir ke kiri kadang bunyi kadang tidak
Coba belok ke kanan kadang bunyi kadang tidak.
Bunyinya di bawah mesin sisi driver.
Tadi pagi coba ke Bengkel Resmi eh gak bunyi dari Klampis sampai Jemursari tidak bunyi sekalipun. Padahal kemarin dari Mayjend sampai klampis tiap menit bisa berbunyi 2-3 kali.
Punya saya. 2014 dari baru sudah bunyi CV jointnya.. bunyi nya Deg mirip kasusnya HRV sampai skrg KM 76rb bunyi ttep ada dan ga bertambah kencang atau gimana.. percuma jg sih diganti kan materialnya sama.. cuma skrg masalah ada di Setir yg kdg kalau digoyang-goyangin kanan kiri ada suara kletek2 tapi kalau tilt steering di stel turun lebih dr setengah dari stelan tertinggi suara hilang.. sumbernya sih dari balik dashboard..
Overall mobil ini ckup handal.. bahkan lebih handal dari avanza.. kaki2 blm ada yg ganti sampe skrg
Osc wrote: Sun Oct 29, 2017 10:07
Punya saya. 2014 dari baru sudah bunyi CV jointnya.. bunyi nya Deg mirip kasusnya HRV sampai skrg KM 76rb bunyi ttep ada dan ga bertambah kencang atau gimana.. percuma jg sih diganti kan materialnya sama.. cuma skrg masalah ada di Setir yg kdg kalau digoyang-goyangin kanan kiri ada suara kletek2 tapi kalau tilt steering di stel turun lebih dr setengah dari stelan tertinggi suara hilang.. sumbernya sih dari balik dashboard..
Overall mobil ini ckup handal.. bahkan lebih handal dari avanza.. kaki2 blm ada yg ganti sampe skrg
Osc wrote: Sun Oct 29, 2017 10:07
Punya saya. 2014 dari baru sudah bunyi CV jointnya.. bunyi nya Deg mirip kasusnya HRV sampai skrg KM 76rb bunyi ttep ada dan ga bertambah kencang atau gimana.. percuma jg sih diganti kan materialnya sama.. cuma skrg masalah ada di Setir yg kdg kalau digoyang-goyangin kanan kiri ada suara kletek2 tapi kalau tilt steering di stel turun lebih dr setengah dari stelan tertinggi suara hilang.. sumbernya sih dari balik dashboard..
Overall mobil ini ckup handal.. bahkan lebih handal dari avanza.. kaki2 blm ada yg ganti sampe skrg
Waduh, bau2nya rack steer kena nih keknya.
Kalau racksteer sih kyknya bukan soalnya ada hubungannya sama tinggi rendahnya stelan ketinggian setir.. saya curiganya malah Joint steer yg di intermediate shaft