SX-4/X-Over atau Mirage atau March

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

vanzard
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Wed Sep 07, 2016 4:26

SX-4/X-Over atau Mirage atau March

Post by vanzard »

Halo suhu2 semua..
Mau minta saran dong buat memilih mobil pertamax ane buat harian ane domisili jakarta dan ngincernya yg second aja biar masuk budget 100-120..
Yang masuk dalam list ane sebenernya adalah:
- Ayla 1.2 R Matic (baru) (suka eksteriornya tapi pada review gak nyaman mengendarai ini dan banyak yg bilang terkesan murah interiornya, lumayan suka karena lega dan ada headrest baris ke-2, dan katanya kekedapannya kurang jadi harus nambah peredaman)
- SX-4/X-Over (agak bingung juga bedanya apa antara SX-4 dan X-Over, jadi pertimbangan karena banyak yg prefer ini di forum dan bilang tangguh)
- Mirage (suka dengan iritnya tapi katanya mesinya berisik dan bergetar, apa cukup dengan nambahin peredam aja yah, sama kurang sreg dengan baris ke 2 gak ada headreastnya cuman separo)
- March (banyak yg bilang nyaman tapi kok baris ke 2 gak ada headreastnya cuman separo)

Mobil akan ane gunakan tiap harinya ngantor pp 40km dan weekend jalan2 ama keluarga, anak ane baru 1 usia 2thn..

Mohon masukan dan sarannya yah gan ane sih prefer mobil yg kuat gak mudah ratle2 dan kuat secara jalanan jakarta ancur2 (kek ayla katanya ringkih-tapi suka ama eksteriornya)..
terima kasih buat yang sudah berpartisipasi
matra
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: Mon Feb 15, 2016 23:56

Re: SX-4/X-Over atau Mirage atau March

Post by matra »

sudah berkeluarga go for wuling 128 jeti
fuchu92
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Sun Jan 15, 2017 15:15

Re: SX-4/X-Over atau Mirage atau March

Post by fuchu92 »

Kalo uda berkeluarga mending cari yg muat banyak aja om, takutnya kalo uda nambah momongan uda semakin sempit aja ntar kalo 5 seater, pilihan banyak kok kalo seken, calsig avania taun agak lama, ertiga kalo ada yg jual murah
Atau boil baru juga banyak wuling jg bisa jd pertimbangan
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 789
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: SX-4/X-Over atau Mirage atau March

Post by Duvebriliant0 »

SX4 itu ada dua versi oom, X-road sama X-over. Kalo yang x road itu luarnya kalem kyk neo baleno. Kalo x ovet ditambahin bodykit ala ala crossover. (Kyk heykers tapi much better) :big_peace:
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: SX-4/X-Over atau Mirage atau March

Post by Bulgogi »

Kalo soal tangguh SX4 mutlak menang kemana2.. engine nya udah legend bgt dah ampe 300rb kilometer jg masih sehat..

Tapi nyari unit bekas sx4 yg bagus rada2 susah sih.. banyakan kilometernya udh tinggi2 bener.. harus sabar..

March 1.2 baru kalo ga salah ada diskon sampe 40jt.. jadi harganya cm 140jutaan.. baru lho ya.. tapi lumayan kelas di atas agya tp lebih murah dr agya..

Istri saya pake march 1.5 belom ada kerusakan.. rattle jg ga kedengeran.. maklum sih kilometer masih 15rb ..


Last edited by Bulgogi on Thu Oct 26, 2017 5:35, edited 1 time in total.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15576
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: SX-4/X-Over atau Mirage atau March

Post by ChZ »

SX4 ada 3 jenis : X-road, X-over, Sedan (Neo Baleno)

Perbedaan X-road dan X-over :
- X-road tampilan luar lebih kalem tanpa over-fender, tanpa foglamp, lebih pendek kayak hatchback biasa
- velg X-road 15inch X-over 16inch
- interior X-road dan X-over beda di head unit X-road masih belum model terintegrasi dan setir tidak ada tombol - tombolnya.

Kalo Neo Baleno jelas beda bentuk kayak X-road ada buntutnya... velg 15 inch kayak X-road... fitur sama kayak X-over dan tone warna interior 2-tone beige dan hitam.

X-over ada 2 versi : non-facelift (2008-2010) dan facelift (2010-2013). Versi facelift dibagi 2 lagi yang X-over standar dan RC-1 (versi upgrade bodykit dan velg). Perbedaan versi facelift dan tidak : versi facelift sudah projector lamp, motif grill berbeda, velg sama palang 5 r16 tapi motifnya lebih kekar (sedikit mirip velgnya Toyota Harrier)... interiornya beda di center speaker, speedometer optitron dengan MID terintegrasi (yang non-Facelift masih warna merah biasa dan MID nya di tengah dasbor bukan di speedo).

Semua tipe ada versi MT dan AT...

kalo budget 100 - 120 lebih baik ambil X-over versi facelift saja... kalo dibanding LCGCs jelas jauh...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
adityamurti
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sat Aug 26, 2017 11:42

Re: SX-4/X-Over atau Mirage atau March

Post by adityamurti »

wah, pertimbangannya hampir sama dgn saya om di dana segitu

ikut mantau saran sepuh semua
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: SX-4/X-Over atau Mirage atau March

Post by IGedeAmat »

Sebagai pengguna March dengan kondisi keluarga mirip (1 anak umur 3 tahun), saya rada nyesel ambil March,
bukan soal rewel, boros, maintenance mahal,
dari sisi ini mah March so so aja, not so good, not so bad either..
tapi, walau niat awalnya nih mobil cuma dipakai bertiga, tapi actualnya tiap jalan2 weekend ada aja anggota tambahan yang ikut,
mertua lah, adik ipar lah, ponakan lah, ujung2 nya jadi berasa sempit banget nih mobil,
tau gini mending dulu ambil mobil 3 row aja.
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: SX-4/X-Over atau Mirage atau March

Post by arfs »

Kelemahan sx4: yg matic rada lemot, setir nya rada berat (walau saya suka, tetapi blm tentu semua orang suka setir yg rada berat), kursi baris kedua rada tegak, dudukan steering rack sering bermasalah seiring berjalan nya odo dan waktu (sering bunyi dug dug2 halus di jalan bergelombang).
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
ABEDUL
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Sat Oct 15, 2016 22:21

Re: SX-4/X-Over atau Mirage atau March

Post by ABEDUL »

Kalau sudah berkeluarga, ambil saja calya-sigra. Sudah jelas baru, fitur keamanan lengkap di Calya, mau paket terjangkau pilih Sigra. Ini merek mainstream dan tidak perlu perbaikan sana-sini, cukup service seperlunya.

Kalau mau yang lebih besar, bisa pilih Wuling Confero S...
andisyah
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 97
Joined: Fri Jun 24, 2011 6:40

Re: SX-4/X-Over atau Mirage atau March

Post by andisyah »

Beberapa waktu lalu pernah kaya om nih, nyari mobil range segituan dan musti matic.. Ini hasil pencarian saya, semoga bisa jadi masukan:

- Sigra X A/T baru : mobil ini enak, empuk suspensi, tenaga cukup lah, muat banyak, handling cukup, safety cukup, fitur cukup (namanya juga LCGC)..tapi karena diatas budget, kepaksa coret

- SX-4 2009 : ngincer mobil ini karena di beberapa review tangguh mesinnya, safety feature cukup, ada audio control di steer, pilarnya gede banget buat saya mengganggu, daan kemaren dapet kilometer yang tinggi.. Jadi coret

Ayla 1.0 A/T baru : nyoba bareng sigra, dapet tawaran diskon 10jta, karena penasaran ane coba test drive, saat buka pintu, mulai ilfeel, ringan banget! Coba duduk di depan terus kebelakang, jok tipis, daan saat starter bunyi mesin agak berisik ya.. Saat coba jalan, perpindahan gigi nya kasar.. Itu tadi semua perbandingannya sama avega ane ya yg harga nya gak sampe setengahnya ayla baru ini.. Jadi ane coret tuh mobil

Nissan March XS 2012 : buat ane minusnya hanya di jok ke 2, gak ada senderan, tapi karena baru punya anak 1 umur 4 tahun buat ane gak masalah...

Yang ane suka dari march ini bantingan empuk, ac digital, tilt steering, kalo masalah boros, service yang katanya mahal, ya itumah relatif kali yaa..

sasx4
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Fri Jun 23, 2017 16:12
Location: kalteng
Daily Vehicle: sx4

Re: SX-4/X-Over atau Mirage atau March

Post by sasx4 »

arfs wrote:Kelemahan sx4: yg matic rada lemot, setir nya rada berat (walau saya suka, tetapi blm tentu semua orang suka setir yg rada berat), kursi baris kedua rada tegak, dudukan steering rack sering bermasalah seiring berjalan nya odo dan waktu (sering bunyi dug dug2 halus di jalan bergelombang).
Kata orang Beres, setir nya ikut aki , bener gak nih? Jadi berat...
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: SX-4/X-Over atau Mirage atau March

Post by arfs »

sasx4 wrote: Thu Oct 26, 2017 12:07 Kata orang Beres, setir nya ikut aki , bener gak nih? Jadi berat...
Ikut aki maksud nya gmn?
Setau saya sx4 lawas steer nya pakai EPS (eletronic power steering) cuman memang sepertinya bawaan nya memang sudah berat. CMIIW
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: SX-4/X-Over atau Mirage atau March

Post by daftar »

ambil Ertiga gen awal aja Pak, dijamin puas
:ngacir:
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: SX-4/X-Over atau Mirage atau March

Post by qushay20019 »

ChZ wrote: Thu Oct 26, 2017 5:36 SX4 ada 3 jenis : X-road, X-over, Sedan (Neo Baleno)

Perbedaan X-road dan X-over :
- X-road tampilan luar lebih kalem tanpa over-fender, tanpa foglamp, lebih pendek kayak hatchback biasa
- velg X-road 15inch X-over 16inch
- interior X-road dan X-over beda di head unit X-road masih belum model terintegrasi dan setir tidak ada tombol - tombolnya.

Kalo Neo Baleno jelas beda bentuk kayak X-road ada buntutnya... velg 15 inch kayak X-road... fitur sama kayak X-over dan tone warna interior 2-tone beige dan hitam.

X-over ada 2 versi : non-facelift (2008-2010) dan facelift (2010-2013). Versi facelift dibagi 2 lagi yang X-over standar dan RC-1 (versi upgrade bodykit dan velg). Perbedaan versi facelift dan tidak : versi facelift sudah projector lamp, motif grill berbeda, velg sama palang 5 r16 tapi motifnya lebih kekar (sedikit mirip velgnya Toyota Harrier)... interiornya beda di center speaker, speedometer optitron dengan MID terintegrasi (yang non-Facelift masih warna merah biasa dan MID nya di tengah dasbor bukan di speedo).

Semua tipe ada versi MT dan AT...

kalo budget 100 - 120 lebih baik ambil X-over versi facelift saja... kalo dibanding LCGCs jelas jauh...
penjelasan mod Chris udah lengkap banget tuh soal SX4, ane aja yang pengguna X Over MT dari 2012 baru tau kalo punya ane udah facelift :mky_01:
arfs wrote: Thu Oct 26, 2017 14:09
sasx4 wrote: Thu Oct 26, 2017 12:07 Kata orang Beres, setir nya ikut aki , bener gak nih? Jadi berat...
Ikut aki maksud nya gmn?
Setau saya sx4 lawas steer nya pakai EPS (eletronic power steering) cuman memang sepertinya bawaan nya memang sudah berat. CMIIW

Yang maksudnya power steering ikut di aki juga udah bener yg dijelasin om arfs, itu namanya electronic power steering alias EPS. Namanya electronic, power di dapat dari aki. Ini yang paling sering ane rasakan kalo pas mau nyuci ruang roda SX4 ane. Kan setir dibanting pol tuh saat mesin masih hidup. Nah pas mesin dimatiin, setirnya rada nendang balik dikit karena udah EPS nya udah gak nyala lagi. Mungkin itu yg dimaksud mekanik beres dengan "setirnya ikut aki"

Setting EPS SX4 ini emang rada berat dibandingin mobil2 power steering lain. Tapi ane akalin dengan kasih tekanan ban 35 psi, jadi gak tlalu berat rasanya, hehehe
sasx4
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Fri Jun 23, 2017 16:12
Location: kalteng
Daily Vehicle: sx4

Re: SX-4/X-Over atau Mirage atau March

Post by sasx4 »

qushay20019 wrote:
ChZ wrote: Thu Oct 26, 2017 5:36 SX4 ada 3 jenis : X-road, X-over, Sedan (Neo Baleno)

Perbedaan X-road dan X-over :
- X-road tampilan luar lebih kalem tanpa over-fender, tanpa foglamp, lebih pendek kayak hatchback biasa
- velg X-road 15inch X-over 16inch
- interior X-road dan X-over beda di head unit X-road masih belum model terintegrasi dan setir tidak ada tombol - tombolnya.

Kalo Neo Baleno jelas beda bentuk kayak X-road ada buntutnya... velg 15 inch kayak X-road... fitur sama kayak X-over dan tone warna interior 2-tone beige dan hitam.

X-over ada 2 versi : non-facelift (2008-2010) dan facelift (2010-2013). Versi facelift dibagi 2 lagi yang X-over standar dan RC-1 (versi upgrade bodykit dan velg). Perbedaan versi facelift dan tidak : versi facelift sudah projector lamp, motif grill berbeda, velg sama palang 5 r16 tapi motifnya lebih kekar (sedikit mirip velgnya Toyota Harrier)... interiornya beda di center speaker, speedometer optitron dengan MID terintegrasi (yang non-Facelift masih warna merah biasa dan MID nya di tengah dasbor bukan di speedo).

Semua tipe ada versi MT dan AT...

kalo budget 100 - 120 lebih baik ambil X-over versi facelift saja... kalo dibanding LCGCs jelas jauh...
penjelasan mod Chris udah lengkap banget tuh soal SX4, ane aja yang pengguna X Over MT dari 2012 baru tau kalo punya ane udah facelift :mky_01:
arfs wrote: Thu Oct 26, 2017 14:09
sasx4 wrote: Thu Oct 26, 2017 12:07 Kata orang Beres, setir nya ikut aki , bener gak nih? Jadi berat...
Ikut aki maksud nya gmn?
Setau saya sx4 lawas steer nya pakai EPS (eletronic power steering) cuman memang sepertinya bawaan nya memang sudah berat. CMIIW

Yang maksudnya power steering ikut di aki juga udah bener yg dijelasin om arfs, itu namanya electronic power steering alias EPS. Namanya electronic, power di dapat dari aki. Ini yang paling sering ane rasakan kalo pas mau nyuci ruang roda SX4 ane. Kan setir dibanting pol tuh saat mesin masih hidup. Nah pas mesin dimatiin, setirnya rada nendang balik dikit karena udah EPS nya udah gak nyala lagi. Mungkin itu yg dimaksud mekanik beres dengan "setirnya ikut aki"

Setting EPS SX4 ini emang rada berat dibandingin mobil2 power steering lain. Tapi ane akalin dengan kasih tekanan ban 35 psi, jadi gak tlalu berat rasanya, hehehe
Ic, semua EPS memang pakai power dari aki, gitu mungkin maksud nya. Ternyata EPS di sx4 ini memang lain drpd lain, karakter nya memang berat. Karena pakai EPS di mirage istri enak enak aja tuh. Kata org Beres kemarin , stir nya memang berat pak krn ikut arus aki, jadi semakin berat beban aki seperti tambahan audio , semakin berat setir nya. Keadaan ini kayanya khusus sx4 lama wkwkwk, krn scross katanya tidak seberat sx4 lama.

Kalau ban jadi 35 psi lumayan bantingan nya om, hehehe yg ada sy bikin 30 aja berasa lewat speed bumper
saridin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:36

Re: SX-4/X-Over atau Mirage atau March

Post by saridin »

Mobil akan ane gunakan tiap harinya ngantor pp 40km dan weekend jalan2 ama keluarga, anak ane baru 1 usia 2thn..
dg situasi seperti diatas, kalo saya ambil ayla. mobil baru lebih peace of mind, tinggal pakai dan isi bensin. apalagi ts udah suka desainnya. mengenai intrusi ruang kabin, bisa nambah peredaman sendiri yg gak mahal. mirage itu mmg agak berisik, tapi terutama kalo dari luar. kalo dr dalam gak gitu beda kok (kondisi ditambah peredam)... dibanding lmpv ya... (er3), bukan dibanding mobil yg lbh proper...

diantara pilihan lain, sx4 adalah mobil yg baik dr semua sisi, beda kelas dg yg lain. tapi ya usia ndak bohong... bisa saja tiba2 minta jajan... kalo siap dg situasi itu sih gpp, bgmnpun ini adalah mobil paling baik dan paling instagrammable...

nissan march dan mirage dptnya tetep mobil seken, lbh aman mobil baru. tp kalo mirage-nya dpt yg exceed, bisa dipertimbangkan... paket exceed bagus...
|ertelu gx 13||miras glx 14|
adiguna
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sun Sep 19, 2010 0:28

Re: SX-4/X-Over atau Mirage atau March

Post by adiguna »

arfs wrote: Thu Oct 26, 2017 14:09
sasx4 wrote: Thu Oct 26, 2017 12:07 Kata orang Beres, setir nya ikut aki , bener gak nih? Jadi berat...
Ikut aki maksud nya gmn?
Setau saya sx4 lawas steer nya pakai EPS (eletronic power steering) cuman memang sepertinya bawaan nya memang sudah berat. CMIIW
Betul sx4 emang steernya berat meskipun dia udah eps ( electric power steering ) tp akan terasa mantap klo lagi ngebut tapi rada kurang nyaman kalo lagi parkir apalagi kalo parkirannya paving blok atau tanah, kalo lantainya licin kayak di mall sih rada mending...
vanzard
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Wed Sep 07, 2016 4:26

Re: SX-4/X-Over atau Mirage atau March

Post by vanzard »

makasih sepuh2 yang udah mau kasih masukan, kalo ane boleh simpulkan bahwa sebenernya mending sekalian ertiga aja yah karena nyaman untuk keluarga..ane emang naksir sih ama ertiga secara suka naik taxi online berasa bgt nyaman kursinya tebel n empuk jadinya kalo duduk lama diperjalanan sayangnya gak masuk budget sih..

dibanding 3 pilihan ane keknya cenderung ke sx-4 yah, tapi kemarin ane lihat2 review di youtube kok fc boros amat yah ampe 5km/l dan 7km/l padahal dah campuran dalam n luar kota.. hmm..keknya emang harus nabung lg buat beli ertiga aja deh kalo gitu..

makasih sepuh2 disini dah kasih2 sarannya..
adrianwill
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Mon Jun 16, 2014 16:13

Re: SX-4/X-Over atau Mirage atau March

Post by adrianwill »

saya pengguna march nih ada 2 yg 1 manual tahun 2012 yg 1 lagi yang facelift tipe xs matic 2016, dua2nya masih dipake sampe skrg

yang model baru udah ada headrest di jok baris ke2 nya kok, klo yg tipe lama emang gak ada
pengalaman punya mobil ini overall puas ,gak rewel, gak nyusahin, enak dipake buat dalkot jkt soalnya lincah, dlmnya lapang, bantingan empuk, dll

sedikit catatan dr saya:
1. suara kolong klo kena aspal yg kasar itu rada berisik
2. yg matic iritnya so so, boros banget juga ngak, dibilang irit banget juga engga ( 1:9-10 an)
3. yg matic tarikannya mesti kudu sabar, beda banget sama yang manual ganas tarikan bawahnya, yg matic kek ketahan
4. yg manual konsumsi bbmnya bisa irit bgt 1:13 an dalkot jkt
koncomanilo
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Sat Sep 16, 2017 2:24
Location: tangsel
Daily Vehicle: ertiga

Re: SX-4/X-Over atau Mirage atau March

Post by koncomanilo »

yaris bakpao aja om, mesin jelas sudah teruji di taksi2
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: SX-4/X-Over atau Mirage atau March

Post by kunaskun »

vanzard wrote: Fri Oct 27, 2017 4:41 makasih sepuh2 yang udah mau kasih masukan, kalo ane boleh simpulkan bahwa sebenernya mending sekalian ertiga aja yah karena nyaman untuk keluarga..ane emang naksir sih ama ertiga secara suka naik taxi online berasa bgt nyaman kursinya tebel n empuk jadinya kalo duduk lama diperjalanan sayangnya gak masuk budget sih..

dibanding 3 pilihan ane keknya cenderung ke sx-4 yah, tapi kemarin ane lihat2 review di youtube kok fc boros amat yah ampe 5km/l dan 7km/l padahal dah campuran dalam n luar kota.. hmm..keknya emang harus nabung lg buat beli ertiga aja deh kalo gitu..

makasih sepuh2 disini dah kasih2 sarannya..
sebenernya kalau ga butuh 5 + 2 ngapain ambil ertiga tahun tua? karena 120 jutaan dapet 5 seater dengan tahun lebih muda?

coba aja cek hatchback 1200 cc, itu ada banyak banget pilihan dengan segala kelebihan dan kekurangan.
adrianwill wrote: Fri Oct 27, 2017 7:03 saya pengguna march nih ada 2 yg 1 manual tahun 2012 yg 1 lagi yang facelift tipe xs matic 2016, dua2nya masih dipake sampe skrg

yang model baru udah ada headrest di jok baris ke2 nya kok, klo yg tipe lama emang gak ada
pengalaman punya mobil ini overall puas ,gak rewel, gak nyusahin, enak dipake buat dalkot jkt soalnya lincah, dlmnya lapang, bantingan empuk, dll
bused, jarang2 ada di SM yang ga kapok pake nissan :mky_08:

soal ga rewel si relatif karena saya kena evap + bearing depan belakang + sok bagasi = klaim semua. yang apes: motor starter matot + extra fan oblak, ganti sendiri... :mky_02:

tapi sisanya saya setuju, sebetulnya ini paling refined di kelasnya, tapi ya itu keburu kalah di merek dan image, yang kayanya emang dibiarin aja tuh sama NMI.. :mky_07:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: SX-4/X-Over atau Mirage atau March

Post by josomba »

Sesuai dengan om konco, yaris gen 2 (apakah ini maksudnya yg bakpao atau malah yg gen 1?) atau pun jazz GE8 ga jadi pertimbangan juga kah? Keduanya fun to drive menurut saya yg nubie ini. Ertiga tapi juga not bad sih untuk urusan kenyamanannya.

Kalo ada opsi March better ambil seri 2013 ke atas deh. Saya dulu pake versi 2011 dapet kebetulan unit defect jadinya trauma. Ada mungkin 10x ke bengkel di luar servis berkala mulai dari bearing ban belakang, drum brakes kiri belakang bikin getar n bunyi kek kereta api lg ngerem suaranya, fan motor depan 2x ganti, alternator tau2 patah di tengah jalan (paling rese nih lagi di tol), ganti flywheel karena ilang tenaga tiap kali pulang dari Bandung ke jakarta (urusan ilang tenaga ini ampe 4-5x sendiri).

Tapi ada pak adrianwill di atas marchnya awet2 saja. Jadi tergantung pas dapet unit bagus atau nggak.
Image
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: SX-4/X-Over atau Mirage atau March

Post by geofreyap »

Kalau untuk kuda harian sih lebih tenang ambil unit baru ya.
Calya mungkin tepat. Karena safety lebih baik sedikit dari sigra.
Mengingat om juga ada toddler, mungkin Isofix di calya bakal kepake.
Dan row ke 3 bisa di lipat untuk bawa keperluan anak². :big_smile]

Yaris bakpao ok sih sebenarnya.
Cukup reliable. Cukup irit. Ketersediaan part & harganya cukup ok.

Kalo scross memang ok. Tapi M15A + 4AT mungkin tidak terlalu efisien ya.

Mirage sebenernya bagus. Cuma sayang orang² masih berpikir mesin 3 cylinder itu kurang baik. Padahal sih ga ada masalah.
Soal getaran juga mirage itu salah 1 yg sangat baik untuk mesin 3 cylinder.

Kalau mau yaris, oe ada nih Yaris punya customer. Barang masih bagus.
Kontek² oe aja om kalo tertarik :D
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15576
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: SX-4/X-Over atau Mirage atau March

Post by ChZ »

saridin wrote: Fri Oct 27, 2017 0:22
Mobil akan ane gunakan tiap harinya ngantor pp 40km dan weekend jalan2 ama keluarga, anak ane baru 1 usia 2thn..
dg situasi seperti diatas, kalo saya ambil ayla. mobil baru lebih peace of mind, tinggal pakai dan isi bensin. apalagi ts udah suka desainnya. mengenai intrusi ruang kabin, bisa nambah peredaman sendiri yg gak mahal. mirage itu mmg agak berisik, tapi terutama kalo dari luar. kalo dr dalam gak gitu beda kok (kondisi ditambah peredam)... dibanding lmpv ya... (er3), bukan dibanding mobil yg lbh proper...

diantara pilihan lain, sx4 adalah mobil yg baik dr semua sisi, beda kelas dg yg lain. tapi ya usia ndak bohong... bisa saja tiba2 minta jajan... kalo siap dg situasi itu sih gpp, bgmnpun ini adalah mobil paling baik dan paling instagrammable...

nissan march dan mirage dptnya tetep mobil seken, lbh aman mobil baru. tp kalo mirage-nya dpt yg exceed, bisa dipertimbangkan... paket exceed bagus...
Hahahahahaha betul nih... modelnya instagrammable banget itu SX4... :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7