Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Newbie mau minta saran nih mobil tangguh buat dipake sehari hari harga 80jt an. Yg utama sih musti irit dan bandel karena sehari hari jarak tempuh bisa sampe 40 km, dan juga harus bertenaga karena weekend sering keluar kota terutama jakarta-bandung.
Sampai sekarang sih pilihan antara di neo baleno atau vios gen1. Monggo jika ada saran atau sharing pengalaman agan agan yg punya case serupa.
Mobil gak harus sedan kok, apa aja yg penting memenuhi kriteria saya sikaaat.
neo baleno menarik sih. unitnya masih lebih banyak yg seger dibanding vios karena taun juga lebih muda.
sepantauan saya sih vios gen 1 kalo bukan tipe G barangnya banyak yg kacau euy
alternatif coba liat corolla altis 2002-2003 deh, harga mirip vios tapi kelas diatasnya.
Vote avega.. Ambil yg tahun 2012 , sebelum ganti grand avega..
Umur mah ngak akan bohong, daripada ambil vios yg 10 tahun lebih tua, mending yang mudaan..
Ane pernah pake avega 2009, dijual bulan kemaren tahun 2017 ini cuma gara2 pengen matic, selama pemakaian ngak ada kerusakan yg berarti..perawatan relatif murah
Avega bukan mobil kencang tapi cukup bertenaga, bukan mobil yg paling nyaman, tapi kalo diajak perang, ane rasa mobil ini kuat..
Irit ngak nya itu relatif ya, kalo buat ane cukup lah.. 1:10 dalkot, 1:16 lukot (mostly tol road). Itu dah ane itung sendiri dengan metode full to full.. Buat yg lukot ane test dari bandung sampe merak..
Sekarang mobil lcgc juga sudah banyak berbenah kok.
Mending kalau untuk kuda perang, ambil mobil baru aja.
80 dipakai untuk DP, cicilan bakal sangat ringan.
Pilihannya :
- agya 1.2
- brio
Avega lama. 1500cc badak abis itu, pakai sampe 199000km pergantian part fast moving saja. transmisi manual 1:10 - 12 lebih irit dr yg matic. Stik transmisi matic nya ringkih. Klo bisa cari limited edition warna putih. pajak masuk minibus 1,3juta per tahun.
Ada lagi nih saran lain: xenia gen 2 vvti 1300cc.. Pilih trim paling std (pelek kaleng, spion manual).
Super bandel juga.
Kalo berani bejek redline bisa 180. It's true. Kalo gak bisa meraih segitu artinya mesin kurang sehat.
Bensin memang gak seirit fwd.
Tapi kalo jalan santai 80an luar kota bisa dapet 1:16. Dalam kota paling boros 1:8 paling irit bisa 1:11 (tergantung kaki).
Dimodalin:
1. Header 421 request torsi
2. Injektor 10h
3. Strutbar+lowerbar+swaybar
4. Per belakang pake grand veloz
5. Shok depan belakang pake kayaba excel g
Dijamin enak buat luar kota.
Bandel+stabil gak mentul2+bertenaga dapat semua, plus-plus lagi sparepart murah bertebaran dimana2
Kalo ada dana, nabung lagi buat nambah pelek grand veloz sama spion retract cakep dah.
Tapi balik lagi, kalau ts nya gak demen utak atik ya mungkin kurang cocok hehehe..
Mobil second, Irit dan manual: bisa tengok limo ex BB, mesin Vios yang badak sekali.
Avega jga bIsa.
Atau di pake dp buat ambil mobil baru sekelas LCGC
Tapi harus modal rekondisi lg supaya gak bolak balik masuk bengkel.
Benar mobl seken pasti ada aja perbaikan, tapi kalo ambil ex taksi lumayan sering.
Ane bilang begini karena ane pemakai limo ex bb tahun 2008. Beli di tahun 2013 lgs lewat pool BB dan masih dipake sampe skr dng km sudah menunjukkan 350an ribu.
Awal2 pakai sering bolak balik rekondisi. Ya maklum mbl ngukur jalan. Tapi setelah beberapa part di ganti alhamdulillah tokcer sampai skr.
Part yg uda ane ganti:
1. Set kaki2 termasuk shok
2. Kampas kopling
3. Kampas rem
4. Pompa bensin set gelondong ori
5. Kompressor ac
Plus perawatan awal:
1. Ganti semua cairan: oli, minyak rem, radiator
2. Carbon clean
Jadi, kalo beli limo ex BB terus melakukan todolist ane diatas tadi, Insya Allah aman dipakai jarak jauh dalam jangka lama..
40 km lumayan juga paling ngga satu jam non stop. berarti mesti yang nyaman untuk driver. kalau duo kaleng atau lcgc mungkin relatif ga nyaman buat driver. ya vios a good choice.
Neo Baleno se diliat dari keseluruhan mendingan daripada vios 1 gen.
Kalau budget naik sedikit di 90jutaan bisa dapet Mazda 2 V manual 2012, review dari beberapa pemakai Mazda pada bilang cukup puas overall kecuali bangku 2nd row yang agak sempit.
Toyota IST? Ada 1 biji di rumah nih, FC 1:12 rute kombinasi JKT, malah lebih irit dari daily aku, Nissan March. Tangguh juga, udah piara 10+ tahun bebas rattle interiornya.
BrianK3 wrote: Sat Oct 21, 2017 11:13
Toyota IST? Ada 1 biji di rumah nih, FC 1:12 rute kombinasi JKT, malah lebih irit dari daily aku, Nissan March. Tangguh juga, udah piara 10+ tahun bebas rattle interiornya.
Kira2 sebagus apa ya ist ini soal driving impressionnya?
BrianK3 wrote: Sat Oct 21, 2017 11:13
Toyota IST? Ada 1 biji di rumah nih, FC 1:12 rute kombinasi JKT, malah lebih irit dari daily aku, Nissan March. Tangguh juga, udah piara 10+ tahun bebas rattle interiornya.
Kira2 sebagus apa ya ist ini soal driving impressionnya?
Dan bedanya yg mesin 1.3 dan 1.5 kalau om tahu
Belum pernah megang 1.3 jadi no comment soal itu. Saya punya yg 1.5.
Karakter mirip2 ama Yaris bakpao overall. Tuningan suspensi sedikit lebih stiff jadi less limbung kalau digeber 120+ tapi trade off bantingan agak keras. Dia body sedikit lebih panjang dan lebar juga jadi roomier interior. Karakter mesin sih klasik 1NZ, lebih main ke torsi bawah jadi buat nyalip2 di jalanan biasa lumayan enak.
Oh, power steering dia masih hydraulic jadi agak berat.
Kalo maunya ga neko2,pilih Vios udah paling bener..
Mesin badak,perawatan ga susah,jarak jauh siap,mau dimodif juga banyak pilihan barang..
Tapi ya ituu kalo udah sering bawa toyota series,ngebosenin interiornya..
40 km di kota sehari ya ditambah weekend ke bandung
As Hyundai Avega user, sebenernya saya sangat menyarankan mobil ini. Maticnya alus, kalau cruising 100 km/j di tol cuman di rpm 2200. BBM pake pertalite 1:7 kalau macet parah di jakarta, kalau kombinasi 1:10, luar kota 1:14. Suspensi cukup nyaman dan stabil, tenaga cukup, fitur aja yang kopong
TAPI
berhubung ada 80 juta, saya saranin cari Hyundai i20 bensin aja. Mobil ortu saya, bukan mobil rewel, bbm ga boros (tapi ga irit banget juga, kalau mau irit ambil yang CRDi diesel). Kalau dibawa di tol enak banget ini handlingnya.