Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ANKI D4D AT 2016
Rute: Bintaro-alam sutera-kebon nanas-Serang Barat-Jl. Raya Macak PP
BBM PertaDex
Di tol kecepatan 100an km/jam
Odo 7000an km
FC dari MID 14,5 km/liter
Pagi hari: Alam Sutera - Tol kebon jeruk - slipi - senayan = 1:15.5 - 17 ; kalo sial kesiangan kena macet turun jadi 1:13.5
Malam hari: Senayan - cipulir - tol lingkar luar - alam sutera = 1:10-11
Kalo lagi ke bandung jalanan lancar, pergi: 1:13an pulang bisa 1:16-17.
Abis ganti ban dari 185/65 r15 jadi 195/65 r15, saya perhatikan 3 bulan terakhir malah jadi turun sekitar 0,2-0,3 km/l. Karena lebar nambah atau karena diameter lebih gede jadi bikin turun ya sedikit?
g36 wrote:All new swift a/t
Rute dalkot surabaya
Pertamax
MID 1:14an-15
Full to full 1:10-11
Pertamax turbo
MID 1:15an-16
Full to full ga pernah itung hehe
Modif ringan full exhaust (no cat) dan gas diurut... kadang kalo kosong bejek dikit
Jauh amat beda di MID sama full to full nya... [emoji55]
Saya pakai sx4 lawas biasa beda di MID sama full to full plg cuman beda 1, 5 km/l an....
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
g36 wrote:All new swift a/t
Rute dalkot surabaya
Pertamax
MID 1:14an-15
Full to full 1:10-11
Pertamax turbo
MID 1:15an-16
Full to full ga pernah itung hehe
Modif ringan full exhaust (no cat) dan gas diurut... kadang kalo kosong bejek dikit
Jauh amat beda di MID sama full to full nya... [emoji55]
Saya pakai sx4 lawas biasa beda di MID sama full to full plg cuman beda 1, 5 km/l an....
Iya jauh banget om...saya itung full to full karena ga percaya ada mobil 1.4 matic bisa lebih dari 1:10 jauhhh kaya gitu. Skrg saya pake patokan 1:14 MID = 1:10 in real life.
batu makam maret tuwir 2012, warung jambu bogor - aero 8 - citra 5, 1:23 (full toll), avg speed 70-80 kpj, max.90 kpj
bawa si mungil ini udah 10 bulan, menepis mitos boros, emang ngegas nya cukup ditowel pake jempol kaki aja klo cruising, pulse and glide harus super alus dan pantau rpm.
tapi jangan ditanya sih klo macet model cililitan - kuningan di senin pagi gitu, pernah AVG nunjukin 1:2
hitung real life harian full to full, di AVG MID 1:13, tapi nyata nya sedikit di atas itu 1:14
daily route warung jambu - sentul city + puter2 dalkot bogor sehari rata2 100km, maklum.. tukang ukur aspal...
2 hari terakhir bogor macet parah krn ada tamu negara, masih di seputaran 1:10,8
bbm campur2, mulai pertabo, pertalite campur pertabo, pertamax, total 92, seadanya yg dilewatin...
adityamurti wrote:
sx4 lawas dpt brp di MID n brp realnya om?
saya lg nimbang nimbang x over last facelift soalnya, tq [emoji16]
Horror om buat mobil 1.5L automatic
Dalkot 1:8-9an
Lukot 1:14-15an
Gk bisa dapet bagus karena mmg versi indo sx4 lama sebetulnya underpower lalu ditambah lg sama karakter matic nya yg rada rada...
Tp semenjak saya ganti header nya, tarikan enakan dan konsumsi bbm nya naik sekitar 1 km/l untuk dalkot dan lukot nya. (data yg saya tulis diatas bedasarkan saat sudah ganti header nya).
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
josomba wrote: Wed Oct 18, 2017 1:44
Mobilio 2014 cvt
Mostly pertamax terkadang pertalite
Pagi hari: Alam Sutera - Tol kebon jeruk - slipi - senayan = 1:15.5 - 17 ; kalo sial kesiangan kena macet turun jadi 1:13.5
Malam hari: Senayan - cipulir - tol lingkar luar - alam sutera = 1:10-11
Kalo lagi ke bandung jalanan lancar, pergi: 1:13an pulang bisa 1:16-17.
Abis ganti ban dari 185/65 r15 jadi 195/65 r15, saya perhatikan 3 bulan terakhir malah jadi turun sekitar 0,2-0,3 km/l. Karena lebar nambah atau karena diameter lebih gede jadi bikin turun ya sedikit?
Numpang jawab om.
Lebar ban bertambah, jadi gesekan roda ke jalan semakin besar, jadi butuh lebih banyak tenaga buat bawa gelinding.
Apalg secara lebar bertambah, pasti ada kenaikan berat ban biar cuma beberapa ons, juga buat tambah boros dikit.
sintoni wrote: Thu Oct 19, 2017 2:48
Numpang jawab om.
Lebar ban bertambah, jadi gesekan roda ke jalan semakin besar, jadi butuh lebih banyak tenaga buat bawa gelinding.
Apalg secara lebar bertambah, pasti ada kenaikan berat ban biar cuma beberapa ons, juga buat tambah boros dikit.
Iya sih sepertinya gaya hambat meningkat karena bidang ban yang kontak dengan aspal lebih banyak.
Bukan cuma itu aja. Ingat, angka 65 itu adalah perbandingan lebar dibanding tinggi (atau kebalik ya? Lupa). Jadi semakin lebar Ban nya, ada perubahan tinggi Ban juga. Perubahan tinggi ban ini akan mengubah diameter roda, yang akhirnya juga mengubah pergerakan odometer. Jadi kalo metode full to full ya pasti berubah.
Misal, sebelum ganti ban, 1 kali putaran Ban itu setara 1 km (misal ya..), setelah diganti Ban, 1 putaran bisa jadi 1.05 atau 1.1 km, sedangkan odometer tetap baca 1 km, jadi ya hasil perhitungan full to full pasti berubah.
Suzuki Ignis K12M MT
Tiap hari pp Pamulang - Alam Sutera. Hampir tiap hari kena macet di BSD. Driving style moderate lah..
Realnya 16,7 km/liter
Oiya running on RON 98
2015 CTHD - Total Ineo MC3 5w30
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20