Mitsu kan pemain lama, sdh exist, pas produk passanger (sedan) nya ancur mrk bs tetap exist dgn commercial cars,trucks,12valves wrote: Sun Oct 08, 2017 15:29 Ngga juga. Buktinya Wuling & Mitsu berani masuk sini utk menantang monopoli Toyodai.
Makin kesini sebenernya kita harus pakai mobil rakitan negeri sendiri, memprioritaskan CKD drpada CBU. Tujuan meninggikan pajak impor kan salah satunya utk memproteksi pabrik2 yg berinvestasi di Indonesia.
Dengan memakai mobil CKD kita membantu menghidupkan pabrik2 lokal yg menghidupi karyawan2 lokal pula.
pabrik & jaringan udah ada tinggal diperluas aja klo ada CKD model baru
yg terhitung 'berani' (kalo liat nasib motor & bbrpa mobil china) ya Wuling, masuk dr nol lgs CKD dgn mengandalkan MPV, kelas yg paling digemari di indo, sm kyk Chevy, yg 'cuma' rerun pabrik dgn MPV-Spin, toh akhirnya tumbang (lagi..)
klo nasib Wuling kyk motor china gak tau deh gimana tuh investasi nya
tp berharap brand lain yg cm punya sales puluhan-ratusan unit buka pabrik disini ya susah, hampir semua yg punya pabrik itu sales nya ribuan
klo liat 20besar mobil terlaris brand nya itu2 aja ya susah brand lain mau buka pabrik