Selama saya pakai Innova ortu dari 2005, sama aja sih kayaknya shift point nya. Mungkin kalo transmisi di posisi selain D, gaya setir berubah, karena mengharapkan tenaga lebih, jadi injak gas lebih dalam, Akhir nya shift point berubah. Mungkin ya...adrevolution wrote:
Seinget saya, shift point gigi 1->2 dan 2->3 kalo di posisi 3 lebih tinggi rpmnya ketimbang di D, makanya kalo di GNKI bensin berasa lebih ngacir di posisi 3. Di 2 sih lbh ngacir lagi tp rpm agak tinggi, dan shiftingnya berasa lbh nyentak terutama di speed rendah. Cmiiw.
Oh, sama engine brake jauh lebih terasa di gigi posisi selain D. Kalo di D ngeloyor aja tanpa ada engine brake sama sekali.
Yang malah lucu, kalo lihat gaya setir sopir di Jepang. Beberapa sopir hi ace yang saya lihat, untuk membantu rem, mereka pakai engine brake, jadi sambil di rem masuk ke gigi 3, 2, lalu masuk D lagi. Dan ini dilakukan setiap kali rem. Kalo saya sih sayang transmisi nya ya kalo dipakai gitu..