Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Sebelumnya ane pernah tanya tentang Mark X vs Golf MK6 TSI buat ane (dan istri & 1-2 anak), yang akhirnya ane decide go for Mark X.
Tapiiiii..... di saat udah hampir deal, ownernya batal jual!
Jadilah ane hunting lagi, dan sekarang tertarik sama Peugeot 308 hatchback tahun 2012 yang bermesin 1.6 turbo.
Ane buta banget tentang brand 1 ini, ada yang bisa share tentang gimana sih reliability, ketersediaan spare parts, fun to drive-nya, boros banget atau enggak, dll?
Minta pencerahannya ya
mesin 1.6t (prince engine) enak kok, reliabilty lumayan oke. di pake di ampir semua range pug zaman sekarang dr 208-508, 3008 dan 5008 juga pake.
kalo tinggal di jakarta selatan atau selatan jakarta sih gausah pusing, refi auto cilandak dan bengkel resmi pug tb simatupang bisa, otoklinik kayanya jg bs.
mesin kalo ga salah sharing sama citroen mini dan bmw.
kalo keluarga kecil sih seneng lah pake pug 308 ini, build quality oke, glass roof pula, dalem juga luas, ambience mbl perancis lebih enak drpd mbl german yg kaku dan serius. ambience nya cantik dan kalem.
ga perlu takut rusak matic DSG pula. lebih tenteram. itu sih ada yg lg jual 308 SW rare bgt, coba liat di olxxx aja.
bonus nya, beres pug suka bazaar barang2 stoknya, diskon up to 90%, kalo member atau klub biasanya suka dikirimin list barang diskon bazarnya duluan. jd pas disana tinggal order.
*ex pemake pug tp berhenti di 406, sisanya cuma cicip2
Fookyoo wrote: Wed Oct 04, 2017 5:40
Dear Para Suhu dan SM-ers,
Sebelumnya ane pernah tanya tentang Mark X vs Golf MK6 TSI buat ane (dan istri & 1-2 anak), yang akhirnya ane decide go for Mark X.
Tapiiiii..... di saat udah hampir deal, ownernya batal jual!
Jadilah ane hunting lagi, dan sekarang tertarik sama Peugeot 308 hatchback tahun 2012 yang bermesin 1.6 turbo.
Ane buta banget tentang brand 1 ini, ada yang bisa share tentang gimana sih reliability, ketersediaan spare parts, fun to drive-nya, boros banget atau enggak, dll?
Minta pencerahannya ya
Yups, EP6 engine dipakai diberbagai model, jarang terdengar ada problem besar. Paling banyak terjadi di masalah engine depolution sensor. Mesin halus dan bertenaga (pernah coba di 5008), irit selayaknya mobil kelas 1500cc dan cukup powerfull seperti 2000cc.
Bengkel langganan saya di Bobby Pamulang. Kadang dari refi suka di bawa kesitu juga.
Fookyoo wrote: Wed Oct 04, 2017 5:40
Dear Para Suhu dan SM-ers,
Sebelumnya ane pernah tanya tentang Mark X vs Golf MK6 TSI buat ane (dan istri & 1-2 anak), yang akhirnya ane decide go for Mark X.
Tapiiiii..... di saat udah hampir deal, ownernya batal jual!
Jadilah ane hunting lagi, dan sekarang tertarik sama Peugeot 308 hatchback tahun 2012 yang bermesin 1.6 turbo.
Ane buta banget tentang brand 1 ini, ada yang bisa share tentang gimana sih reliability, ketersediaan spare parts, fun to drive-nya, boros banget atau enggak, dll?
Minta pencerahannya ya
Yups, EP6 engine dipakai diberbagai model, jarang terdengar ada problem besar. Paling banyak terjadi di masalah engine depolution sensor. Mesin halus dan bertenaga (pernah coba di 5008), irit selayaknya mobil kelas 1500cc dan cukup powerfull seperti 2000cc.
Bengkel langganan saya di Bobby Pamulang. Kadang dari refi suka di bawa kesitu juga.
farizfsa wrote: Wed Oct 04, 2017 8:59
mesin 1.6t (prince engine) enak kok, reliabilty lumayan oke. di pake di ampir semua range pug zaman sekarang dr 208-508, 3008 dan 5008 juga pake.
kalo tinggal di jakarta selatan atau selatan jakarta sih gausah pusing, refi auto cilandak dan bengkel resmi pug tb simatupang bisa, otoklinik kayanya jg bs.
mesin kalo ga salah sharing sama citroen mini dan bmw.
kalo keluarga kecil sih seneng lah pake pug 308 ini, build quality oke, glass roof pula, dalem juga luas, ambience mbl perancis lebih enak drpd mbl german yg kaku dan serius. ambience nya cantik dan kalem.
ga perlu takut rusak matic DSG pula. lebih tenteram. itu sih ada yg lg jual 308 SW rare bgt, coba liat di olxxx aja.
bonus nya, beres pug suka bazaar barang2 stoknya, diskon up to 90%, kalo member atau klub biasanya suka dikirimin list barang diskon bazarnya duluan. jd pas disana tinggal order.
*ex pemake pug tp berhenti di 406, sisanya cuma cicip2
Makasih Om Pugman dan Om Farizfsa.
Jadi overall cukup reliable ya?
Bagaimana dengan ketersediaan spare parts dan perawatannya? Cukup mudah gak?
Saya belum coba sih 308, barusan malah coba 508 enak dan nyaman sih, tarikan mantap walau gak seresponsif Golf MK6 TSI, tapi mungkin karena bodynya besar. konsumsi BBM sekitar 1:8 saya lihat tadi (harusnya 308 dengan body lebih kecil bisa lebih irit ya?).
Jadi ya 508 ini dipertimbangkan juga, walau kaget pajaknya 2x lipatnya 308
Ada yang share pernah kena masalah di 308 karena kena high fuel pump atau apa gitu, setelah dicari penyebabnya, karena isi Sh*l* V-P*w*r.
Jadi disarankan isi P*rt*m*x T*rb* selalu.
Apa bener bisa gitu ya, Om?
Fookyoo wrote: Wed Oct 04, 2017 5:40
Dear Para Suhu dan SM-ers,
Sebelumnya ane pernah tanya tentang Mark X vs Golf MK6 TSI buat ane (dan istri & 1-2 anak), yang akhirnya ane decide go for Mark X.
Tapiiiii..... di saat udah hampir deal, ownernya batal jual!
Jadilah ane hunting lagi, dan sekarang tertarik sama Peugeot 308 hatchback tahun 2012 yang bermesin 1.6 turbo.
Ane buta banget tentang brand 1 ini, ada yang bisa share tentang gimana sih reliability, ketersediaan spare parts, fun to drive-nya, boros banget atau enggak, dll?
Minta pencerahannya ya
Yups, EP6 engine dipakai diberbagai model, jarang terdengar ada problem besar. Paling banyak terjadi di masalah engine depolution sensor. Mesin halus dan bertenaga (pernah coba di 5008), irit selayaknya mobil kelas 1500cc dan cukup powerfull seperti 2000cc.
Bengkel langganan saya di Bobby Pamulang. Kadang dari refi suka di bawa kesitu juga.
farizfsa wrote: Wed Oct 04, 2017 8:59
mesin 1.6t (prince engine) enak kok, reliabilty lumayan oke. di pake di ampir semua range pug zaman sekarang dr 208-508, 3008 dan 5008 juga pake.
kalo tinggal di jakarta selatan atau selatan jakarta sih gausah pusing, refi auto cilandak dan bengkel resmi pug tb simatupang bisa, otoklinik kayanya jg bs.
mesin kalo ga salah sharing sama citroen mini dan bmw.
kalo keluarga kecil sih seneng lah pake pug 308 ini, build quality oke, glass roof pula, dalem juga luas, ambience mbl perancis lebih enak drpd mbl german yg kaku dan serius. ambience nya cantik dan kalem.
ga perlu takut rusak matic DSG pula. lebih tenteram. itu sih ada yg lg jual 308 SW rare bgt, coba liat di olxxx aja.
bonus nya, beres pug suka bazaar barang2 stoknya, diskon up to 90%, kalo member atau klub biasanya suka dikirimin list barang diskon bazarnya duluan. jd pas disana tinggal order.
*ex pemake pug tp berhenti di 406, sisanya cuma cicip2
Makasih Om Pugman dan Om Farizfsa.
Jadi overall cukup reliable ya?
Bagaimana dengan ketersediaan spare parts dan perawatannya? Cukup mudah gak?
Saya belum coba sih 308, barusan malah coba 508 enak dan nyaman sih, tarikan mantap walau gak seresponsif Golf MK6 TSI, tapi mungkin karena bodynya besar. konsumsi BBM sekitar 1:8 saya lihat tadi (harusnya 308 dengan body lebih kecil bisa lebih irit ya?).
Jadi ya 508 ini dipertimbangkan juga, walau kaget pajaknya 2x lipatnya 308
Ada yang share pernah kena masalah di 308 karena kena high fuel pump atau apa gitu, setelah dicari penyebabnya, karena isi Sh*l* V-P*w*r.
Jadi disarankan isi P*rt*m*x T*rb* selalu.
Apa bener bisa gitu ya, Om?
Kalau orang bengkel pernah bilang problem sekitar fuel itu yang pernah terjadi fuel pressure regulator, harga part sekitar 4jt tapi bukan kasus yang sering ditemui juga alias jarang. BBM selama diatas Ron 92 harusnya ga masalah. Tapi kalau oli, standar pabrikan pakai Total memang enak dan pernah lihat ada 306 pakai oli kerang suara mesin malah jadi aneh.
Kalau dah coba 508 biasanya nanti jadi ga mau nengok 308 hihihi..
Peugeot yang pakai ep6 ini memang ga dikejar performance-nya hanya balance saja.
Neh lawan corolla aja lama nyalipnya..
Yups, EP6 engine dipakai diberbagai model, jarang terdengar ada problem besar. Paling banyak terjadi di masalah engine depolution sensor. Mesin halus dan bertenaga (pernah coba di 5008), irit selayaknya mobil kelas 1500cc dan cukup powerfull seperti 2000cc.
Bengkel langganan saya di Bobby Pamulang. Kadang dari refi suka di bawa kesitu juga.
farizfsa wrote: Wed Oct 04, 2017 8:59
mesin 1.6t (prince engine) enak kok, reliabilty lumayan oke. di pake di ampir semua range pug zaman sekarang dr 208-508, 3008 dan 5008 juga pake.
kalo tinggal di jakarta selatan atau selatan jakarta sih gausah pusing, refi auto cilandak dan bengkel resmi pug tb simatupang bisa, otoklinik kayanya jg bs.
mesin kalo ga salah sharing sama citroen mini dan bmw.
kalo keluarga kecil sih seneng lah pake pug 308 ini, build quality oke, glass roof pula, dalem juga luas, ambience mbl perancis lebih enak drpd mbl german yg kaku dan serius. ambience nya cantik dan kalem.
ga perlu takut rusak matic DSG pula. lebih tenteram. itu sih ada yg lg jual 308 SW rare bgt, coba liat di olxxx aja.
bonus nya, beres pug suka bazaar barang2 stoknya, diskon up to 90%, kalo member atau klub biasanya suka dikirimin list barang diskon bazarnya duluan. jd pas disana tinggal order.
*ex pemake pug tp berhenti di 406, sisanya cuma cicip2
Makasih Om Pugman dan Om Farizfsa.
Jadi overall cukup reliable ya?
Bagaimana dengan ketersediaan spare parts dan perawatannya? Cukup mudah gak?
Saya belum coba sih 308, barusan malah coba 508 enak dan nyaman sih, tarikan mantap walau gak seresponsif Golf MK6 TSI, tapi mungkin karena bodynya besar. konsumsi BBM sekitar 1:8 saya lihat tadi (harusnya 308 dengan body lebih kecil bisa lebih irit ya?).
Jadi ya 508 ini dipertimbangkan juga, walau kaget pajaknya 2x lipatnya 308
Ada yang share pernah kena masalah di 308 karena kena high fuel pump atau apa gitu, setelah dicari penyebabnya, karena isi Sh*l* V-P*w*r.
Jadi disarankan isi P*rt*m*x T*rb* selalu.
Apa bener bisa gitu ya, Om?
Kalau orang bengkel pernah bilang problem sekitar fuel itu yang pernah terjadi fuel pressure regulator, harga part sekitar 4jt tapi bukan kasus yang sering ditemui juga alias jarang. BBM selama diatas Ron 92 harusnya ga masalah. Tapi kalau oli, standar pabrikan pakai Total memang enak dan pernah lihat ada 306 pakai oli kerang suara mesin malah jadi aneh.
Kalau dah coba 508 biasanya nanti jadi ga mau nengok 308 hihihi..
Peugeot yang pakai ep6 ini memang ga dikejar performance-nya hanya balance saja.
Neh lawan corolla aja lama nyalipnya..
Jadi ya jangan terlalu berharap performanya meski tetap lumayan kencang.
I see... Begitu ya.
308 udah coba akhirnya... Dan ya jauh lebih enak 508 sih.. Hahaha... Jadi bingung deh. Cuma si 508 ini velg nya ancur baret2 dalam semua.. Plus ada bunyi mesin cit.. cit... Kayak ada tikus... Katanya udah tanya bengkel resmi, gak ketahuan... Om ada pengalaman? OK lah, udah coba 2-2nya, cuma tinggal decide. Makasih Om!
Betul kata Om Fariz, bunyi bisa dari belt atau pulley dan memang rawat pug 508/308 itu secara elektronik dan mesin mirip jadi biaya di sektor ini ga akan beda jauh. Ya berbeda paling komponen kaki2 tapi bagian braking system masih banyak komponen yang sama. Pengalaman saya untuk kampas rem termasuk awet, lebih dari 5 tahun saja itu kampas tebalnya masih lebih dari setengah. Tapi jeleknya, itu kampas rem untuk roda depan banyak ninggalkan serpihan serbuk hitam di velg. Sisi baiknya saya tahu itu yang kemakan/tergerus kampasnya bukan piringannya. Saya juga melihat serbuk hitam dibeberapa mobil eropa tapi belum pernah lihat di mobil Jepang
farizfsa wrote: Wed Oct 04, 2017 8:59
ga perlu takut rusak matic DSG pula. lebih tenteram. itu sih ada yg lg jual 308 SW rare bgt, coba liat di olxxx aja.
*ex pemake pug tp berhenti di 406, sisanya cuma cicip2
Lihat 308 SW di OLX baru 3 hari dah ilang aja, dah laku kali ya..